M3446 – KisahParaRasul2:4 (1-13), Yohanes14:12 Luar Biasa

I. TUJUAN HARI PENTAKOSTA

Pada hari ini Roh Kudus dicurahkan pada 120 orang di loteng Yerusalem. Ini peristiwa besar yang sepatutnya harus di-ingat2 sebab menjadi dasar bagi Gereja, karena oleh Roh Kudus ini (dan Firman Tuhan) Gereja dan anggota2nya menjadi luar biasa, bahkan dalam Hujan Akhir yang lebih besar dari Hujan awal, Gereja Tuhan menjadi suatu ajaib, sangat luar biasa Wah 12:1.
Dalam Yoh 7:37-38 dikatakan bahwa pada waktu itu Roh Kudus belum ada, padahal jelas2 dalam Wasiat Lama dikatakan bahwa Roh Kudus turun ke atas Musa, Yusuf, imam besar, imam2, nabi2, raja2 seperti Saul, Daud dsb. Tetapi mengapa pada waktu itu (sebelum Pentakosta) dikatakan Roh Kudus belum turun? Yang belum adaadalah baptisan Roh Kudus yang menjadi permulaan dari hidup dipimpin Roh versi Perjanjian Baru. Yohanes Pembaptis mengatakan bahwa Tuhan Yesus adalah Pembaptis dengan Roh dan api, Yohanes membaptis dengan air Mat 3:11. (Baptisan api diterangkan tersendiri dalam pelajaran akhir zaman). 50 hari sesudah kebangkitan Tuhan Yesus, Roh Kudus dicurahkan dan mulailah baptisan Roh Kudus seperti yang disebutkan Yohanes Pembaptis dan dijanjikan oleh Tuhan Yesus dalam Kis 1:5. Dalam baptisan Roh Kudus, Roh Kudus turun ke atas manusia cara (versi) Wasiat Baru yaitu Roh Kudus tinggal dalam manusia untuk seterusnya (dimulai dengan baptisan Roh Kudus) Yoh 14:16; 16:7. Ini sesuatu yang luar biasa sebab itu dijanjikan dan dikatakan ber-kali2 dalam Firman Tuhan dan ditunggu oleh rasul, sesuai dengan perintah Tuhan Yesus Luk 24:49.
Untuk apa Roh Kudus dicurahkan?

  1. Supaya Roh Kudus bisa tinggal terus menerus, untuk selamanya dalam umat Tuhan; bukan seperti cara Wasiat Lama dimana Roh Kudus hanya hinggap ber-kali2 atas hamba2Nya, misalnya datang ber-ulang2 pada Simson, sebab sesudah selesai menolong Simson maka Roh Kudus pergi lagi, Dia tidak tinggal untuk seterusnya. Mengapa? Sebab Roh Kudus tidak tahan untuk terus tinggal dalam orang Wasiat Lama, karena dosa2nya masih banyak, belum terhapus, baru ditutup dengan darah binatang sebagai “pembayaran muka atau voorsekot. Dengan darah binatang, dosa2 itu masih ada Ibr 10:14 dan Roh Kudus bisa melihatnya. Baru sesudah Tuhan Yesus mati untuk dosa kita, dosa2 itu hilang, dihapus sama sekali sebab itu Roh Kudus bisa terus menerustinggal dalam hati kita, kecuali orang itu berdosa lagi dan tidak mau bertobat, keras hati, maka akhirnya Roh Kudus tidak tahan lagi dan pergi daripadanya! Jangan mendukakan hati Roh yaitu dengan tetap hidup suci (= mematikan daging) dan taat akan pimpinanNya.Lalu untuk apa Roh Kudus tinggal di dalam kita? Supaya kita bisa hidup dan berbuat seperti Putra manusia Yesus, bahkan lebih lagi Yoh 14:12 dan itu berarti lebih dari biasa. Bisa hidup seperti Putra manusia Yesus itu luar biasa (Putra manusia itu manusia, Ia tidak hidup sebagai Allah, semua sifat dan kuasa ilahiNya ditinggalkan di Surga dan hidup seperti kita Pil 2:6,7, Ibr 2:17).Sebagai manusia kita tidak mungkin bisa hidup luar biasa seperti Putra manusia Yesus, tetapi sesudah lahir baru dan dengan pertolongan Roh Kudus hal ini menjadi mungkin, betul2 bisa, dengan Roh Kudus Zak 4:6. Seharusnya kita belajar hidup seperti Kristus, dan pasti bisa, makin lama makin sempurna seperti Kristus, bukan lagi seperti diri kita sendiri. Orang baru dengan Roh Kudus bisa melakukannya, kita harus meningkat terus makin seperti Kristus, itu hidup yang luar biasa. Roh Kudus belum pernah dicabut dari Gereja dan umatNya, baru nanti dalam 2Tes 2:6-7, baru pada waktu itu Roh Kudus diangkat tetapi yang diangkat bukan seluruhnya, hanya Roh Kudus versi Wasiat baru tetapi Roh Kudus versi Wasiat Lama masih ada, yaitu ada dalam 2 Saksi yang penuh Roh Kudus, tetapi seperti orang2 dalam Wasiat Lama, hanya sedikit orang yang mendapatkanNya Wah 11:4.Sekarang Roh Kudus masih diberikan dengan limpah dan Allah sangat merindukan kita bisa bekerjasama dengan Roh Kudus sehingga hidup kita tetap berada dalam kesucian dan bisa melakukan kehendak Allah seperti Kristus, luar biasa!

II. SYARAT KERJASAMA DENGAN ROH KUDUS

Roh Kudus itu lemah lembut sekalipun Dia Allah yang maha kuasa. Dia tidak memaksa kita, dan hanya mau bekerjasama dalam hidup kita, kalau kita memenuhi syarat2Nya danmau taat sepenuhnya kepadaNya dan Roh Kudus menguasai kita. Sebab itu kita harus:

  1. Hiduplah dalam kesucian, yang sungguh dan penuh sebab Roh kudus tahu kalau ada dosa yang disembunyikan. Roh Kudus tidak gemar dengan hal2 dosa Yak 4:5, 1Tes 4:7. Memang ada orang2 yang penuh Roh Kudus tetapi masih belum mengerti kebenaran Firman Tuhan, kadang2 masih berbuat dosa atau hidup lama, apalagi seperti Saul yang mulai di dalam Roh tetapi berakhir dalam daging Gal 3:3-4.Dalam orang2 seperti ini yang sudah dibaptis Roh kadang2 masih tampak beberapa dosa dan kesalahan, tetapi itu bukan dari Roh, melainkan dari orang itu sendiri yang bodoh atau keras hati dalam dosa dan tabiat lama, maka lama2 Roh Kudus akan meninggalkan dia seperti pada Saul 1Sam 16:14. Tandanya kalau hidup dalam kesucian, ada sejahtera dari Allah menjagai hati dan pikiran kita dalam Kristus Pil 4:7. Kadang2 masih ada pikiran bercabang atau keinginan dosa, biasa Roh Kudus tidak suka dan sejahtera itu berubah menjadi kegelisahan, suatu tanda ada pergumulan dalam hati. Kalau tetap menuruti daging, sejahtera itu akan hilang, kalau taat pada Roh, sejahtera itu akan menguasai hati kita. Ini tanda Roh Kudus ada dalam hati dan kita harus peka dan mengerti tentang sejahtera Allah dalam hati.
  2. Mau taat, tidak keras hati. Jangan melawan Roh Kis 7:51, mendukacitakan Roh Ef 4:30, mendustai Roh Kis 5:3, memadamkan Roh 1Tes 5:19, menghojat Roh Mat 12:31.Kita harus mau taat akan semua kehendak Roh. Jangan takut/ kuatir tidak mampu melakukan, sebab Roh Kudus sendiri yang memberi kekuatan untuk melakukannya.

III. CARA KERJA ROH KUDUS

Kalau kita mau hidup suci dan maumentaati kehendakNya, maka Roh Kudus akan bekerja dalam hidup kita. Ia akan memberikan:
a. Sejahtera, kalau kita tetap hidup dalam kesucian, Roh Kudus tinggal terus dalam hati kita dan tandanya ada sejahtera Allah Pil 4:7.
b. Suara Roh. Ini adalah dasar dari pekerjaan Roh Kudus, sebab untuk segala perkara yang dibuat Roh Kudus, Ia selalu bekerjasama dengan kita dan Ia memberitahu kita dengan suaraNya. Kita bisa makin peka terhadap suara Roh kalau :

  1. Kita makin taat akan setiap suara Roh.
  2. Orang yang makin mengerti dan percaya akan Firman Tuhan itu makin peka. Sebab itu orang yang dipimpin Roh itu lapar dan haus akan Firman Tuhan, supaya makin jelas mengerti kehendak Roh.
  3. Makin lekat dengan Tuhan dan mati dari daging Gal 6:14, ia akan makin peka mendengar suara Roh.

c. Roh Kudus mengingatkan Firman Tuhan yang bersangkutan.Firman Tuhan menjadi dasar dari suara dan kehendak Roh yang harus kita lakukan Yoh 14:26 sehingga kita makin yakin untuk mentaatinya.

IV. TAAT AKAN SUARA ROH, HASILNYA LUAR BIASA.

Kalau kita mau taat, maka Roh Kudus akan mengerjakan hal2 besar dalam hidup kita Maz 60:14.
Mengapa hasilnya luar biasa, ajaib dan besar? Sebab Allah tidak pernah keliru, tidak pernah batal, tidak pernah kalah, semua yang dikehendaki dan dikatakanNya pasti jadi Luk 1:37, Ay 42:2. Asal kita bisa peka mendengar suaraNya dan taat dengan penuh, hasilnya itu juga penuh, sesuai dengan kehendak dan suara Roh. Jadi kalau kita mau taat dengan betul, maka pasti timbul karya Roh Kudus yang heran. Misalnya Petrus yang taat dipimpin Roh, maka ia melihat mujizat yang besar di rumah Kornelius Kis 11:12. Juga Paulus yang mendengar dan taat akan suara Roh, melakukan hal2 yang luar biasa Kis 13:4; 16:10. Waktu raja Saul taat dipimpin Roh, ia menjadi luar biasa, tetapi waktu ia melawan Roh ia menjadi celaka dan akhirnya mati.
Dalam seluruh Alkitab diceritakan hasil2 yang luar biasa dari orang2 yang taat akan suara Roh, tidak tergantung dari sikon, misalnya Musa, Yusak, Daud, hakim2 dll. Apalagi dalam Perjanjian Baru, Roh Kudus terus tinggal dalam kita dan kalau Dia diizinkan bekerja penuh dalam kita, kita taat sepenuhnya, hidup ini akan menjadi luar biasa jasmani dan rohani. Perhatikan, juga dalam hal2 sekuler, se-hari2, jasmani (pekerjaan, sekolah, rumah tangga dll) kalau kita mau terus dipimpin Roh sesuai dengan Firman Tuhan, pasti hasilnya juga luar biasa dan diberkati Tuhan.
Orang yang sepenuhnya dipimpin Roh itu seperti alat atau robotnya Allah, hidupnya menjadi luar biasa, rencana Allah kelas 1 akan jadi dalam hidupnya seperti Yusuf, Daniel, Ibrahim, Musa dan bisa menjadi sempurna seperti Kristus. Robot itu berarti tidak ada perlawanan sama sekali, taat sepenuhnya waktu dikendalikan oleh Roh Kudus. Dan ini kunci hidup dari Putra manusia. Kunci Putra manusia ini diberikan kepada kita sejak hari Pentakosta dan Tuhan ingin semua kita menjadi seperti Dia, luar biasa 1Kor 11:1.

V. APA FAEDAH BAHASA LIDAH.

Mula2 bahasa lidah menjadi tanda dari baptisan Roh Kudus, tetapi kemudian sesudah itu, bahasa lidah menjadi bahasa doa untuk seterusnya sehingga kita bisa berdoa dengan cara yang sangat canggih dan tehnologi ilahi yang heran, yang memberi hasil2 yang luar biasa, ajaib, yang tidak bisa didapatkan dengan cara berdoa biasa dengan pikiran kita sendiri, yaitu bahasa lidah ini, ini menjadi saluran dari banyak faedah yang sudah disediakan Tuhan lewat bahasa lidah ini, baik faedah2 yang langsung atau tidak langsung.
Mengapa disebut bahasa lidah bukan bahasa pikiran (bahasa yang keluar dari pikiran seperti bahasa2 kita yang biasa), juga bukan bahasa hati (bahasa yang keluar dari perasaan kita) tetapi ini adalah bahasa lidah karena timbul oleh Roh Kudus yang memakai lidah kita tanpa kita mengerti. Kita hanya menyediakan bunyi dan lidah, Roh Kudus yang menggerakkan lidah ini, kita hanya taat mengucapkannya,sehingga menjadi suatu bahasa yaitu bahasa lidah; Ini prinsip dari alat atau robot Tuhan, lebih2 lidah itu memegang peran penting sebagai kemudi hidup kita Yak 3:2-3. Kalau ini dikendalikan, seluruh hidup bisa dikuasai.
Untuk apa Tuhan mengilhamkan bahasa lidah ini? Allah tidak pernah berbuat yang sia2 tanpa arti. Justru ada arti dan faedah yang begitu banyak dalam bahasa lidah, lebih dari 31 faedah bisa kita dapatkan (lihat buku “31 faedah bahasa lidah). Kita perlu mengerti semuanya supaya kita bisa memakai dan mendapatkan se-banyak2nya dari semua faedah yang unik, heran dan ini menyebabkan hidup kita menjadi lebih dari biasa, bahkan luar biasa.

  1. TANDA BAPTISAN ROH KUDUS Ini satu2nya tanda baptisan Roh Kudus Kis 2:4,33; 10:46, yaitu bahasa lidah.Apa bahasa lidah itu? Waktu seorang dibaptis dengan Roh, maka ia mulai ber-kata2 Kis 2:4 dalam bahasa yang tidak dimengerti 1Kor 14:2 se-olah2 gagap Yes 28:11, suatu bahasa yang lain sebab tidak, tetapi itu suatu bahasa (ada suatu berita atau maksud) yang diilhamkan oleh Roh Kudus, dikatakan kepada Bapa Surgawi Rom 8:26-27.
  2. TANDA ADA ROH KUDUS DI DALAMNYA Kalau kita bicara dengan, berarti Roh Kudus ada di dalam kita, sebab bahasa lidah itu dikerjakan oleh Roh Kudus Kis 2:4. Seperti kalaukita mendengar suara anak kita di dalam telepon, maka tahulah kita bahwa anak kita ada di telepon tersebut.Apa tanda2 lainnya kalau Roh Kudus ada di dalam hati kita? Selain bahasa lidah, juga ada sejahtera dan sukacita dan pada saat2 tertentu kita mendengar suaraNya. Ini tanda2 yang bisa kita rasakan sendiri, tetapi orang lain melihat buah2nya bagaimana ia dipimpin Roh dan hidup dalam kesucian. Memang kadang2 ada orang berbahasa lidah tetapi Roh Kudus tidak ada di dalamnya, sebab ia hidup dalam dosa. Tetapi kadang2 orang ini masih bisa berbahasa lidah? Mengapa? Karena ia ingin orang menganggapnya tetap rohani sekalipun hidup dalam dosa dan karena ia lama berbahasa lidah, ia menjadi hafal dan tetap ber-kata2 seperti bahasa lidah tetapi Roh Kudus sudah tidak ada di dalam hatinya. Ini seperti botol parfum yang masih berbau harum, tetapi sudah kosong. Ini orang yang mulai di dalam Roh, tetapi berakhir dengan daging GAl 3:3-4 dan seringkali karena perbuatan2 dosanya, orang2 menghina bahkan menghojat Tuhan Rom 2:24. Seperti Saul, Simson yang penuh dengan Roh Kudus tetapi berakhir dalam daging, hidupnya menjadi olok2 banyak orang, bahkan Tuhan sendiri meninggalkan mereka sehingga mengalami celaka dan kepahitan yang dahsyat. Jagalah supaya kita tetap dipimpin Roh dalam kesucian, jangan menuruti daging, sebab akhirnya kalau tetap berkeras hati dalam daging, Roh Kudus terpaksa pergi.
  3. TANDA ADA HUBUNGAN BAIK DENGAN ALLAH 1Tes 5:10 yang sudah mati bagi kita, sehingga baik kita terjaga atau tidur, kita hidup bersama-sama dengan Dia. (KJI)Kalau seorang ber-kata2 dalam bahasa lidah dengan betul (biasanya kita bisa merasakan karena dipimpin Rohdan bisa membedakan roh yang ada pada orang itu) maka itu menjadi suatu tanda bahwa ada hubungan yang baik dengan Allah 1Tes 5:10.Kalau ada hubungan baik dengan Allah, hati tidak tertuduh 1Yoh 3:21 dan kita berasa sejahtera dan sukacita, itu indah, harganya mahal, sebab sejahtera seperti ini tidak didapat di dunia.
    Banyak orang memelihara hubungan baik dengan orang2 penting (misalnya guru, kepala sekolah, direktur, lurah, walikota dsb) bahkan mau berkorban apa saja untuk memelihara hubungan baik ini, sebab hubungan baik ini pada saatnya bisa mendatangkan faedah yang besar. Apalagi hubungan baik dengan Allah Penguasa alam yang nyata dan yang tidak tampak. Kalau kita bisa lancar ber-kata2 bahasa lidah dengan sejahtera, hubungan baik ini terpelihara dan ini berfaedahbahkan mutlak perlu mutlak perlu untuk segala segi hidup kita. Punya hubungan baik dengan Alalh berarti mempunyai penolong ilahi dalam segala perkara jasmani dan rohani.Kadang2 hati begitu bingung, susah, tawar hati dll. Kita harus memeriksa diri, berdoa tanya Tuhan, mengapa saat ini terjadi? Kalau kita tulus, Tuhan pasti memberitahu. Kalau ada dosa, bereskan, lalu sesudah beres berdoa dalam bahasa lidah, maka sejahera, dan sukacita Tuhan akan kembali dalam kita. Sebaliknya kalau ada sejahtera Allah dalam hati, itu menjadi tanda bahwa kita ada dalam hubungan baik dengan Tuhan, atau ada di jalan Tuhan dan ini pasti membuat hidup menjadi indah dalam rencana Allah! Juga segala kuatir atau takut akan lenyap, sebab kalau Allah beserta kita, siapa lawan kita. Roh 8:31.Hidup seperti ini enak, di-mana2 dan dalam sikon apapun kita bisa selalu senang, misalnya Kis 16:25.
  4. BAHASA DOA Tuhan minta murid2, sekalipun sudah lelah dan ngantuk, untuk tekun ber-sama2 berdoa 1 jam saja. Ini adalah ukuran minimum berdoa bukan 5 atau 10 menit. Mat 26:40. Sering ada orang yang heran mendengar bahwa ada orang2 berdoa ber-jam2. Apa yang didoakan? Tetapi kalau kita berdoa dalam Roh dan kebenaran yaitu dengan berbahasa lidah, maka kita bisa berdoa ber-jam2 dengan sukacita dalam hadirat Tuhan, sehingga hati kita dikuatkan dan diisi dengan kuasa Allah Luk 24:49.Berdoa itu seperti menyetrom (charge) accu. Orang yang suka dan banyak berdoa itu terasa penuh dengan kuasa Allah sehingga dengan kuasa Allah yang limpah ia mudah mengalahkan daging Rom 8:13 dan terus hidup dalam hadirat Tuhan yang indah Kej 17:1. Sebab itu kita perlu berdoa lama dan dengan bahasa lidah, hal ini menjadi mudah dan betul. Jadi dengan bahasa lidah kita bisa berdoa dengan betul, penuh sukacita, lama dan mendapat hasil2 doa. Doa merupakan bagian penting dari hidup orang beriman. Sebab itu orang2 yang bisa berbahasa lidah (sudah dibaptis Roh Kudus) biasanya suka dan bisa berdoa dengan betul dan tekun. Suatu keuntungan yang sangat besar, mempunyai hidup doa, itu dan mutlak diperlukan setiap orang Kristen yang ingin kuat bertahan sampai akhir dan ber-buah2. Orang yang bisa berdoa dalam Roh dan kebenaran dan bisa tahan terus menerus itu seperti lima gadis bijaksana, pasti nasibnya jadi baik.Bisa berdoa dalam Roh dan kebenaran dengan tekun, membuat hidup rohani kita tumbuh dengan indah dalam rencana Allah yang heran. Bisa berdoa lama dalam Roh dan kebenaran itu perlu untuk pertumbuhan, untuk doa syafaat, untuk menghadapi problem dll. Berdoalah dalam Roh dan kebenaran terus menerus. Mungkin waktu suami bekerja dan anak2 sekolah,isteri di rumah berdoa, juga untuk pekerjaan Tuhan seperti Musa berdoa syafaat waktu Israel perang melawan Amalek, menghadapi serangan kuasa gelap, jalan buntu, kebingungan dll. Pakai setiap kesempatan untuk berdoa dan dalam menghadapi perkara2 apapun dengan doa. Orang Kristen yang bisa berdoa akan kuat rohaninya dan jasmani keberkatan, tidak mudah ditipu iblis atau hanyut dalam dosa.
  5. DOA OTOMATIS Rom 8:26 Demikian juga Roh itu menolong kelemahan kita. Sebab kita tidak tahu apa yang harus kita doakan dengan sepatutnya, tetapi Roh itu sendiri bersyafaat untuk kita dengan erangan yang tidak terkatakan. (KJI)Seringkali dalam problem dan kesukaran, kita tidak tahu harus berdoa bagaimana?Kalau bisa berdoa dalam bahasa lidah, maka kita tahu jawaban pertanyaan ini yaitu dengan doa dengan bahasa lidah. Doa ini seperti doa tekan tombol otomatis. Apakah artinya doa otomatis?Kadang2 dalam jalan buntu, problem yang sulit, menghadapi pencobaan dan macam2 perkara yang sulit, kita tidak tahu harus berbuat apa, berdoa saja, maka Roh Kudus berdoa bagi kita kepada Bapa Rom 8:26-27. Kalau kita tidak tahu apa yang harus kita doakan. Pasrahkan saja problem itu sepenuhnya pada Roh Kudus, sebab yang berdoa dalam bahasa lidah adalah Roh Kudus dan Roh Kudus sendiri yang mengangkat doa untuk kitakepada Bapa. Kita terus berdoa sampai terasa hati sejahtera dan cukup, baru kita berhenti maka problem kita sudah pindah ke dalam tangan Allah dan kita hanya menunggu diperintah oleh Roh Kudus untuk berbuat atau mengambil keputusan yang mana.
    Yang perlu kita perhatikan adalah:
    1). Tetap hidup benar Yak 5:16, dan permintaan kita harus juga benar. 1Yoh 5:14, Yoh 4:3.
    2). Terus tekan tombol doa otomatis, artinya terus tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran.
    3). Terus minta dan menunggu pimpinan Roh Kudus lebih lanjut sambil berdoa dantetap berhubungan baik dengan Tuhan. Pelihara supaya hati kita tetap sejahtera sekalipun problem belum selesai. Tetapi jangan lupa ber-tanya2 Tuhan terus dalam menunggu pimpinanNya lalu taat! Seperti anak kecil yang sudah melaporkan danmenyerahkan problemnya pada orangtuanya, maka ia menjadi sejahteralalu tinggal diam dan lekat terus dengan orangtuanya dan menunggu apa yang akan dibuat bapaknya dan apa yang ia sendiri harus berbuat. Begitu indah, kalau kita mau berdoa otomatis dengan bahasa lidah dalam segala problem dan kebutuhan kita.
  6. BISA BERDOA DALAM ROH. 1Kor 14:14.Banyak orang memberi ber-macam2 definisi doa dalam Roh antara lain dengan tenang, konsentrasi seperti semedi dll, semua itu salah. Firman Tuhan berkata doa dalam Roh adalah dengan bahasa lidah 1Kor 14:14. Kita tidak mengerti arti bahasa lidah, tetapi kalau kita berdoa dalam Roh Kudus, itu luar biasa, ini menjadi suatu kemampuan yang luar baisa. Keistimewaan doa dalam Roh adalah kita bisa masuk dalam dunia roh dengan pertolongan Roh Kudus. Kita bisa menghadapi iblis dengan kuasa Allah untuk memerangi dan mengusirnya dankita juga bisa mencapai Allah, dengan kata lain ber-kata2 langsung dengan Allah, bukan main! 1Kor 14:2. Sebab itu Allah berkenan pada orang yang menyembahNya dalam Roh dan kebenaran, sebab Allah itu Roh dan maha suci. Yoh 4:23-24. Siapa yang bisa ber-kata2 langsung dengan presiden? Kita bisa ber-kata2 langsung dengan Allah dan Dia mau mendengarkan dengan sabar, kasih dan penuh perhatian seperti bapak terhadap anak. Bukankah doa dalam bahasa lidah ini ajaib dan besar hasilnya? Kita bisa berdoa ber-jam2 dan Allah sabar mendengar semuanya, sebab itu orang yang suka berdoa dalam Roh dan kebenaran itu kuat rohaninya, penuh pengurapan dan setan2 menjauh!
  7. PEMBICARAAN DUA ARAH. 1Kor 14:2.Kalau kita berdoa dengan bahasa lidah, kita bicara kepada Allah dan Allah juga bisa bicara kepada kita 1Kor 14:2. Bagaimana cara Allah bicara kepada kita? Juga di dalam bahasa lidah itu. Jadi bahasa lidah itu berisi doa Roh Kudus untuk kita kepada Allah dan jawaban Allah kepada kita, itu sudah ada di dalam bahasa lidah yang kita katakan. Memang ini pembicaraan Bapa dengan Roh Kudus dan Roh Kudus mewakili kita. Roh Kudus yang tahu jawaban Allah Bapa, menyatakannya kepada kita 1Kor 2:10-11. Ini bisa berupa ilham, pikiran Allah, karunia2, kuasa, dll, sehingga kita bisa lebih mudah mendengar suara Roh sebab mengerti dan lebih mudah dipimpin Roh sesuai dengan kehendak Allah.
  8. SUATU RAHASIA ILAHI 1Kor 14:2 Karena orang yang berkata-kata dalam bahasa lidah, tidak berkata-kata kepada manusia, tetapi kepada Allah, karena tidak seorangpun mengerti, melainkan di dalam Roh ia mengatakan rahasia-rahasia. (KJI)Percakapan antara Roh Kudus yang mewakili kita dan memakai lidah kita (kalau kita mau bertekunberdoa dalam bahasa lidah) membicarakan dengan Bapa dan pembicaraan ini adalah rahasia ilahi untuk kita 1Kor 14:2.Memang kita tidak tahu isinya tetapi pasti itu untuk keuntungan dan pertolongan kita. Rencana Allah yang paling indah sudah disediakan bagi kita Ef 2:10, Yer 29:11, 1Kor 12:6 tetapi itu bisa merosot atau kacau oleh perbuatan2 dosa dan ketidaktaatan kita.Rahasia ini tidak dibuka, kecuali kalau Allah merasa perlu baru Roh Kudus menerjemahkanbagi kita sebagian daripadanya sehingga kita bisa mengerti artinya (tetapi sebagian besar kita tidak mengerti artinya, tetapi rahasia itu tetap tentang faedag kita). Biasanya ini tidak diartikan supaya melatih kita berjalan dengan iman. Seperti Yosua mengelilingi Yerikho 13x, Gideon dengan 300 orang tanpa senjata pergi perang, seperti Daud melawan Goliat hanya dengan 5 batu dll, semua tidak mengerti bagaimanaakhirnya, tetapi dengan iman mereka taat dan akhirnyamenang. Kalau diberitahu lengkap bagaimana Tuhan akan bekerja, maka imannya tidak diolah, tidak tumbuh. Misalnya Yakub waktu mau bertemu dengan Esau, ia takut sekali dan ia bertekun berdoa di Pniel, akhirnya Tuhan membuat kemenangan, hatinya sejahtera meskipun belum tahu bagaimana jadinya kelak. Kita harus percaya dan taat, sekalipun tidak mengerti arti bahasa lidah, tetapi kita tetap yakinTuhan pasti bisa menolong dengan sempurna, itu iman!
  9. BISA BERDOA NON STOP 1Tes 5:17 Berdoalah tanpa berhenti. (KJI)Mungkin? Tetapi ini perintah Tuhan. Memang ini tidak masuk akal, se-olah2 hidup ini seluruhnya harus untuk berdoa, baru bisa berdoa non stop. Tetapi ini dimungkinkan dan dilaksanakan baik2 dengan adanya doa bahasa lidah. Ini terlaksana dengan:1. Memelihara hubungan baik dengan Tuhan, sekalipun tidur terus berjalan 1Tes 5:10. Sebab itu meskipun mulut kita berhenti berdoa, misalnya waktu bicara atau makan atau tidur dll, tetap ada hubungan baik dengan Tuhan karena kita hidup dalam kesucian dan Roh Kudus ada dalam kita, maka doa dan hubungan baik itu seperti asap dupa yang naik terus kepada Allah dari Mezbah Dupa. Adanya Roh Kudus di dalam kita itu tanda hubungan baik dengan Allah sebab Roh Kudus itu sendiri Allah.
    Dengan demikian kita ini menjadi sangat kuat sebab menjadi satu dengan Allah 1Kor 6:17 seperti carang lekat pada pokok Yoh 15:5, 1Kor 6:17, 1Tes 5:10.
    2. Doa dalam bilik Mat 6:6. Dengan memakai bahasa lidah, kita berdoa dengan betul dan bebas dalam kamar sendiri Yoh 4:23-24.
    3. Doa senantiasa, setiap ada kesempatan kita berdoa dalam Roh dan kebenaran 1Kor 14:14,18. Sambil berjalan, antri, naik kendaraan, cuci2, mandi, dll kita bisa terus berdoa dalam Roh dan kebenaran dan ini “mencharge” iman kita makin kuat.
    Tuhan berkenan kalau asap dupa dari hidup doakita tidak putus2 naik kepada Tuhan. Itulah doa non stop dalam Roh dan kebenaran, sehingga selalu ada damai, sejahtera, kuasa, pertolongan, pemeliharaan Allah dsb.
  10. DOA YANG SEMPURNA DAN BERKENAN KEPADA ALLAH Rom 8:26 Demikian juga Roh itu menolong kelemahan kita. Sebab kita tidak tahu apa yang harus kita doakan dengan sepatutnya, tetapi Roh itu sendiri bersyafaat untuk kita dengan erangan yang tidak terkatakan. (KJI)Seringkali kita tidak bisa berdoa dengan betul atau tepat menghadapi banyak hal, tetapi Roh Kudus berdoa untuk kita. Dan kalau Roh Kudus yang berdoa, pasti sempurna sebab Dia Allah.Hanya berdoa dengan bahasa lidah, lalu Roh Kudus menaikkan doa kita kepada Bapa untuk kita, sebagai doa yang sempurna, dan ini memperkenankan Allah. Ini semua karena kita berdoa dalam bahasa lidah!
  11. DOA SYAFAAT OTOMATIS Rom 8:26-27Waktu kita berdoa syafaat untuk seseorang kita bisa berdoa dengan baik, bahkan sempurna dengan otomatis yaitu dengan bahasa lidah. Sambil pikiran kita memikirkan tentang orang itu dan menghadapkannya kepada Allah, mulut kita berbahasa lidah, maka Roh Kudus yang mengangkat doa syafaat untuk orang yang kita doakan. Inilah doa syafaat otomatis, yaitu dengan bahasa lidah, sambil pikiran kita berdoa menghadapkan orang itu dan memohon untuk dia kepada Bapa. Ini bisa terjadi dengan berdoa dalam bahasa lidah.
  12. BISA MENJADI RUMAH DOA Mat 21:13 Lalu Ia berkata kepada mereka: Telah tertulis: Rumah-Ku akan disebut rumah doa, tetapi kamu telah menjadikannya gua penyamun. (KJI)Rumah doa adalah rumah yang dipakai khusus untuk doa. Tetap ada semua aktivitas dan pelayanan rohani lainnya tetapi pusatnya adalah dalam doa, sebab ini menjadi nafasnya hidup rohani kita. Tanpa ini, orang2 Kristen akan kalah, jatuh dalam dosa dan terseret segala hawa nafsunya dan percintaan dunia sehingga menjadi gua penyamun, penuh dengan segala perbuatan iblis. Kita harus memilih mau menjadi rumah doa atau gua penyamun dan itu ditentukan oleh adanya Mezbah Dupa di dalam hidup kita. Kalau ada Mezbah Dupa maka kita menjadi rumah doa, kalau tidak ada doa dalam Roh dan kebenaran, maka dengan mudah orang jatuh dalam dosa menjadi gua penyamun.Jadi Tuhan menghendaki hidup kita menjadi rumah doa seperti Mezbah Dupa yang terus mengeluarkan asap dupa kehadirat Allah seperti Wah 5:8. Masing2 dari 24 tua2 di hadapan Allah mempunyai kecapi dan bokor pedupaan yaitu doa orang suci. Ini kehendak Jadi untuk menjdai rumah doa itu bisa dilakukan dengan doa dalam Roh dan kebenaran, sebab Roh Kudus sendiri tinggal dalam kita dan menolong kita hidup dalam kesucian, melakukan kehendak Allah dan menjadi rumah doa.
    Allah bertahta dalam rumah doa dan ini jaminan dari semua yang indah dan berkemenangan. Sebab Allah menjadi pusat hidup. Kalau seorang menjadi goa penyamun maka iblis bertahta dalam hidupnya seperti Yerobeam yang beribadah, tetapi iblis yang bertahta dalam ibadahnya yaitu 2 lembu emas di Dan dan di Bethel. Juga Gereja Pergamus, iblis bertahta di dalamnya. Mereka semua masih orang Kristen, tetapi menjadi gua penyamun.
  13. BISA BERDOA BERSAMA DALAM ROH Seperti paduan suara, menyanyi ber-sama2, begitu waktu berdoa ber-sama2 dengan bahasa lidah, maka Roh Kudus yang memimpin semua orang yang bisa berdoa dalam Roh dan kebenaran, ber-sama2 menaikkan doa dengan sepakat, naik kepada Bapa, sehingga doanya menjadi kuat dan Bapa menjawab. Mat 18:19-20. Tentu semua harus hidup benar, tidak boleh ada benci atau permusuhan (ini dituntut Allah dalam semua hal), maka akanada persatuan yang kuat dalam Roh dan bisa bersepakat dalam doa, apalagi sebab dipimpin Roh. Kalau paduan suara yang dipimpin manusia, bisa menyanyi dengan harmonis itu sedap didengar apalagi paduan doa yang dipimpin olehRoh Kudus itu sedap dan diperkenan Allah dan dijawab! Berdoalah ber-sama2 dalam Roh dengan bahsa lidah.
  14. BISA BERNYANYI DALAM ROH 1Kor 14:15 Lalu sekarang bagaimana? Saya akan berdoa dengan Roh dan saya juga akan berdoa dengan akal, saya akan menyanyi dengan Roh dan saya akan juga menyanyi dengan akal. (KJI)Paulus suka menyanyi dengan akal dan dengan Roh 1Kor 14:15. Nyanyian sebagai korban puji2an itu indah Ibr 13:15 Maz 69:31,32. Apalagi kalau kita menyanyi dalam Roh, itu lebih indah lagi, sebab pujian kita menjadi sempurna, karena memang Roh Kudus sudah ada di dalam kita dan hadirat Tuhan makin kuat. Nada dari nyanyian dalam Roh tidak sama dengan nyanyian manusiawi biasa.Paulus hendak menyanyi dengan akal dan dalam Roh. Kalau dengan akal ia harus belajar nyanyian rohani, kalau dalam Roh hatinya menyanyi, lebih2 dengan musik hati (Ef 5:19) dan akan keluar nyanyian dalam Roh, yaitu di dalam bahasa lidah. Kadang timbul kehendak menyanyi dalam Roh, lakukan dengan musik hati, faedahnya lebih dari nyanyian biasa, kita ini lekat dengan Tuhan.
  15. MENGUATKAN IMAN Orang yang berdoa dalam bahasa lidah itu menguatkan imannya 1Kor 14:4. Begitu indah, kita punya “alat” untuk menguaktan iman yaitu dengan berdoa bahsa lidah. Kita ini justru harus hidup dengan iman Rom 1:17, kalau iman lemah, hidupnya akan berantakan. Orang yang mempunyai iman kuat, hidupnya berkemenangan dan janji2 Allah bisa jadi dalam hidupnya. Sebetulnya orang yang sudah dibaptis Roh itu tidak perlu mengalami kelemahan rohani, sesudah periksa diri (kalau ada, bereskan!), lalu berdoa saja dalam bahasa lidah, maka iman menjadi kuat. Kalau setiap hari ada 1 jam atau lebih berdoa dalam bahasa lidah, iman menjadi kuat terus bahkan tumbuh dan seluruh hidup menjadi indah, sukacita, penuh kemenangan. Pakai bahasa lidah baik2. Jangan bodoh, jangan lemah, kalau mau pasti bisa, sebab Tuhan menyediakan pemompa iman dalam bahasa lidah, luar biasa!
  16. DIISI DENGAN KUASA ALLAH Kita berperang dengan iblis, mutlak perlu kuasa Allah Ef 6:12.Untuk mengalahkan keinginan daging dan dunia, serta kekuatan untuk melakukan kehendak Allah; kita bisa mendapatkan limpah dengan berdoa dalam Roh (bahasa lidah) dan kebenaran Kis 1:8, Luk 24:49. Dengan bahasa lidah kita bisa mendapatkan banyak hal2 dari Atas Kol 3:1-2, sebab itu berdoalah terus menerus dalam Roh dan kebenaran.
  17. MEMBUAT PERHENTIAN DALAM JIWA Di dalam bahasa lidah ada perhentian jiwa. Yes 28:11-12. Ini sudah dinubuatkan dalam Wasiat Lama dan mengalir begitu indah dan teduh sebagai sungai air hayat dan ini jelas2 tentang bahasa lidah dari Roh Kudus versi Perjanjian Baru Yoh 7:38-39. Orang yang lahir baru sebetulnya tidak perlu gelisah atau stress, depresi dll sebab kalau mau hidup benar dan berdoa terus menerus mak aia mempunyai sungai pribadi yang mengali terus menerus sampai hidup yang kekal, luar biasa karya Roh Kudus.
  18. MEMBERI PENGHIBURAN Roh Kudus itu Roh Penolong, dalam KJI dll disebut Roh Penghibur Yoh 14:16. Orang beriman pasti pernah dibiarkan (diizinkan) Tuhan mengalami ber-macam2 pencobaan yang seringkali mendukacitakan hatinya sedikit atau sangat banyak. Tetapi kita tidak perlu sedih, kita mempunyai Roh Kudus sebagai Penghibur. Yang membuat orang sedih sekali ialah tidak bisa keluar dari kesusahannya tetapi Roh Kudus tahu jalan keluar yang terbaik sehingga kita bisa menang atas penderitaan itu, tidak sampai jatuh dalam dosa seperti Ny. Ayub. Roh Kudus memberi hikmat, pimpinan dalam penghiburanNya sehingga kita bisa mengatasi dan keluar dengan kemenangan. Roh Kudus tidak akan meninggalkan kita sendiri, Dia sellau siap menolong kita Yoh 14:18 (Piatu = tanpa penghiburan, KJ). Berdoalah terus dengan bahasa lidah, maka semua fungsi Roh Kudus akan nyata dalam hidup kita.
  19. MEMBERI SUKACITA Roh Kudus bukan saja menghibur, tetapi juga memberi sukacita sehingga kita bisa pindah dari dukacita menjadi sukacita. Orang yang berdoa terus dalam bahasa lidah akan bersukacita seperti mabuk anggur manis padahal tidak ada anggur Kis 2:13,15. Ini sebab Roh Kudus di dalam kita itu penuh dengan sukacita Yoh 16:12, bahkan ada yang tertawa ter-bahak2 waktu berdoa dalam bahasa lidah. Juga Paulus dan Silas dalam penjara bisa menyanyi bersukacita memuji Tuhan Kis 16:25, luar biasa. Sebab itu bersukacitalah terus dengan berdoa dengan bahasa lidah terus menerus, wajah akan berseri dengan sukacita Surgawi.
  20. TANDA DARI MACAM2 HAL2 ROHANI Kalau seorang berdoa dalam bahasa lidah, itu bukan hanya berarti ia dibaptis dalam Roh (ini cukup satu kali), tetapi itu bisa menjadi tanda dari banyak hal, misalnya:1. Tanda baptisan Roh Kudus Kis 2:4; 10:46; 19:6.2. Bahasa doa 1Kor 14:14, Ef 6:18, Jd 20.
    3. Salah satu karunia Roh Kudus 1Kor 2:10.
    4. Salah satu jawaban dari Tuhan 1Kor 12:28-30.
    5. Tanda ada rahasia Allah 1Kor 14:2.
    6. Tanda Roh Kudus ada di dalamnya, dll.
    Sebagai karunia (ada ber-macam2 bahasa lidah, macamnya banyak) dan sebagai jawaban, itu perlu diterjemahkan sebab biasanya ini untuk melayani orang lain, atau untuk seluruh jemaat. Pelayanan dengan kata2 dari Roh Kudus itu indah, sebab tepat pada sasaran dan akan jadi. Kadang2 kalau kita tetap dipimpin Roh, meskipun tidak ber-kata2 dengan bahasa lidah, tahu2 kita sudah mengatakan terjemahannya pada orang itu dan itu pasti jadi berkat baginya, sebab Roh Kudus bicara kepadanya. Pesan raja atau presiden itu besar artinya dan dihargai, apalagi pesan Roh Kudus, sebab itu akan menjadi indah pelayanan kita kalau sembah, selama dan sesudah pelayanan kita terus berdoa dalam Roh dan kebenaran.