M3364 – 1Samuel 28:6; 30:7-8. Suara Urim dan Tumim

Apakah Urim Tumim Itu?

Adalah dua barang yang sama sekali tidak diketahui apa2 tentang Urim Tumim dalam Alkitab, baik bagaimana bentuknya, warna dsb. Ada macam2 pendapat tetapi sama sekali tidak ada bukti2 tentang Urim Tumim, hanya fungsinya yang diceritakan dalam Alkitab. Arti nama Urim = terang dan Tumim = Penyempurnaan.
Barang2 yang tidak dikenal ini ditaruh dalam lipatan lempeng dada yang lekat di Efod (baju pelayan) imam besar Kel 28:30, Im 8:8. Urim Tumim ini harus disimpan dalam lempeng dadanya, tidak boleh dikeluarkan atau dilepaskan.
Ini dipakai imam besar dalam Efodnya di hadapan Tuhan sehingga Ia bisa menyampaikan suara Tuhan pada umatNya melalui ini Bil 17:21. Bagaimana caranya, tidak diketahui, tetapi pasti imam besar itu bisa mengerti dengan jelas, entah dengan suara yang kedengaran atau langsung dalam hati/pikirannya tidak diketahui.

Faedahnya Bagi Orang Israel

Pada waktu Israel kembali dari pembuangan, mereka mulai menyusun kembali Imamat dalam bait Allah dan susunan imam2Nya, tetapi mereka tidak tahu lagi, siapa yang keturunan Harun dan dari anak yang mana, dll (70 tahun dalam tawanan itu dalam keadaan panik, takut, di-kejar2 mau dibunuh. Banyak anak kehilangan orangtuanya (dibunuh) seperti Daniel cs, Ester dll, sebab itu mereka tidak lagi memikirkan turunannya, apalagi anak2 yang kehilangan orangtuanya, mereka tidak tahu lagi berasal dari turunan yang mana dan siapa). Pelayanan dalam bait Allah dibagi menurut keturunan anak2 Harun.

Kalau tidak tahu, Imamat tidak bisa dilakukan.

Tidak ada surat/ arsip yang bisa membuktikan asal usul keturunannya, sebab itu terjadi kemacetan, sehingga mereka harus menunggu sampai timbul seorang imam besar yang ada Urim Tumim berdiri di hadapan Tuhan sebab hanya imam besar inilah yang bisa mengetahui dengan tepat tentang hal ini, lalu Imamat bisa dimulai.
Ezr 2:63
Dan tentang mereka diputuskan oleh kepala daerah, bahwa mereka tidak boleh makan dari persembahan maha kudus, sampai ada seorang imam bertindak dengan memegang Urim dan Tumim. (Neh 7:65)

Arti Rohani

Suara Urim Tumim ini adalah suara dari Allah, yaitu suara Roh yang berbicara kepada imam besar dan imam besar harus meneruskannya kepada umat Tuhan.
Imam besar ini menceritakan tentang Putra manusia Yesus atau orang2 sempurna.
Lalu apa arti suara Urim Tumim ini?
Ini adalah suara Roh yang didengar oleh orang2 yang sempurna, yaitu orang2 yang ada dalam Ruangan Maha Suci.
Dengan adanya suara ini, orang2 sempurna bisa melayani dengan luar biasa, inilah pelayanan orang sempurna bagi Gereja akhir zaman. Pelayanan orang sempurna itu ada dalam Minggu ke-70 Daniel dalam 3,5 tahun I, yang dimaksudkan untuk menyempurnakan Gereja.
Lalu apa artinya bagi kita?
Meskipun sekarang belum ada orang sempurna, kita belum sampai tingkatan orang sempurna, tetapi kita sudah harus bisa mendengar suara Roh dan pada masa itu, yang menjadi orang sempurna, juga akan mengalami dan mendengar suara Urim Tumim ini.
Jadi pada saat ini kita juga bisa mendengar suara Roh Tuhan, meskipun dalam tingkatan yang lebih rendah yaitu suara Roh Tuhan bagi umat Tuhan di dalam Ruangan Suci.
Ini salah satu fasilitas yang harus kita miliki Mrk 4:23, sebab ini mutlak perlu dalam hidup dan pelayanan yang berkenan kepada Tuhan. Kita harus belajar makin mahir mendengar suara Tuhan dan mentaatiNya, sampai akhirnya bisa menjadi sempurna dan bisa mendengar suara Tuhan seperti suara Urim Tumim dalam pelayanan orang2 sempurna (tingkat Ruangan Maha Suci).
Suara Urim Tumim ini juga untuk orang2 biasa seperti Saul (1Sam 28:6) dan Daud (1Sam 30:7-8), seperti yang diceritakan dalam contoh2 ayat ini.
Kalau kita tidak bisa mendengar suara Tuhan, maka dalam hidup dan pelayanan kita, kita akan mudah berjalan sendiri, dengan kekuatan dan pengertian kita sendiri, tidak dipimpin dan ditolong Allah, dan itu menjadi mangsa empuk dari iblis. (Kapan lagi iblis yang seperti singa meng-aum2, bisa menerkam orang2 beriman, sebab kalau orang beriman berjalan dengan Tuhan, iblis sama sekali tidak berani dan tidak berdaya). Kalau kita bisa mendengar suara Tuhan dan kita taat melakukannya, maka kita disertai Tuhan dalam melakukan kehendakNya (Mat 7:21) dan kalau kita taat dengan betul, pasti berhasil atau menang, siapapun musuh kita, karena Allah yang beserta kitatidak pernah kalah, gagal atau keliru.
Ini perlu dalam hidup rohani, pelayanan, dan juga dalam hidup se-hari2, sebab kita berharap dan memerlukanpertolongan Tuhan; Juga dalam hidup se-hari2 seperti sekolah, pekerjaan, nafkah, problem, kesukaran, jalan buntu dsb. Sebab itu semua orang beriman, sekalipun yang kurang sungguh2 dan undur, harus mau dan bisa mendengar suara Tuhan.
Tujuh Gereja akhir zaman tidak semua baik, bahkan 4 hidup di jalan lebar tetapi meskipun demikian Tuhan minta mereka semua (semua yang sudah percaya pada Tuhan termasuk yang undur, yang tidak sungguh2, bahkan yang mati rohani, semuanya) untuk bisa mendengar suaraNya supaya Tuhan bisa menolong dan menyelamatkan mereka dan meningkatkan yang sudah sungguh2. Wah 2:7,11,17,29; 3:6,13,22).
Ternyata Tuhan mau dan bisa ber-kata2 pada segala macam orang, tetapi dengan orang2 dosa, terutama untuk menyelamatkannya.

  1. Pada orang2 berdosa (di Luar Halaman) Roh Kudus masih mau bicara seperti kepada Firaun Nero, bahkan juga pada seekor keledai.
  2. Halaman. Orang Kristen kanak2 yang terus menerus jatuh bangun dalam dosa, Tuhan masih mau berbicara kepadanya supaya ia bertobat dan mau tumbuh dalam kesucian. Termasuk orang2 dalam Gereja jalan lebar di Wah 2 dan 3.
  3. Ruangan Suci. Ini orang2 yang dipimpin Roh dan sering mendengar suara Roh supaya tetap terpelihara dalam kesucian, tumbuh dan bisa melakukan kehendak Tuhan dengan tepat dan berhasil.
  4. Ruangan Maha Suci. Ini suara Roh seperti Urim Tumim, terang dan sempurna, suara Roh yang rutin bagi orang2 yang sempurna sehingga pelayanannya menjadi berkat yang luar biasa indahnya bagi Gereja akhir zaman.

Orang Kristen yang bisa mendengar suara Tuhan, akan mengerti kehendak Allah dan kalau ia taat, ia akan mengalami pertolongan Allah yang indah dalam semua segi hidupnya Maz 1:3.
Memang ada sebagian orang yang salah mendengar, orang ini harus belajar terus tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan, sebab ketepatan mendengar suara Roh memerlukan pengertian Firman Tuhan yang limpah dan terus bertambah sebab Roh Kudus selalu mengatakan hal2 yang sama dengan Firman Tuhan dan memberi lapar dan haus akan Firman Tuhan juga. Ada juga yang mencatut nama Tuhan dengan sengaja, katanya dipimpin Roh, mendengar suara Allah tetapi sebetulnya itu kehendaknya sendiri. Misalnya ada orang berkata: Roh Tuhan berkata, engkau adalah isteriku atau Roh Tuhan berkata mobilmu itu harus kau berikan padaku.Hasilnya akan mengakibatkan kekacauan, batu sontohan dan penyesatan sebab setan ikut bekerja.Kita bisa melihat kepalsuan nubuatan ini dari buah2 kehidupannya dan isi nubuatnya dari kecocokannya dengan Firman Tuhan. Orang seperti ini, kalau tidak bertobat, bisa menjadi nabi palsu Mat 7:15-16. Memang orang yang tidak jujur, tidak tulus dan ingin puji, orang itu dalam segala hal tidak berguna dan menjadi celaka. Tit 1:16. Pasti hukumannya dahsyat Yez 13:8, 19-20. Seringkali yang menjadi nabi palsu kebanyakan adalah perempuan Yez 13:17.
Tuhan bisa bicara pada semua orang, tetapi Urim Tumim adalah tingkatan yang tertinggi, yaitu suara Roh yang rutinberbicara pada orang2 sempurna, yang menghasilkan pelayanan orang sempurna (pada akhir zaman) yang ajaib. Keindahan pelayanan orang sempurna disebabkan karena ada suara Urim Tumim ini yaitu suara Roh yang rutin, terang bisa ditangkap dan disampaikan dengan sempurna.
Mengapa kita masih belum mengalami hal2 yang ajaib dan sempurna, padahal Roh Kudus ada di dalam kita dan sudah berbicara kepada kita? Sebab kita belum bisa mendengar dengan sempurna.
Mengapa orang2 sempurna bisa mendengar suara Roh dengan sempurna sehingga hasilnya luar biasa? Urim Tumim ada dalam imam besar, bukan pada imam2 atau orang lewi. Suara Roh di dalam orang sempurna itulah suara Urim Tumim, terang dan sempurna.
Suara Roh itu kurang lebih sama, tetapi yang berbeda adalah orang2 yang mendengar suara Roh itu. Orang yang sempurna selalu dapat mendengar dengan rutin dan benar sebab sempurna, karena itu mereka terus menerus mendapat suara Roh dengan lengkap dan terus menerussehingga tidak ada satu kata yang terlewat, sebab itu hasilnya luar biasa.
Jadi suara Roh yang sempurna itu bukan tergantung dari Allah yang memimpin kita, tetapi tergantung dari kita, apakah kita sempurna atau belum. Kalau kita meningkat naik ke atas gunung kesucian Allah, maka tetap suara Roh yang sama yang kita dengar tetapi kita sendiri lebih meningkat, lebih mahir dalam kesucian, lebih stabil, tidak lengah sehingga tidak ada suara Roh yang kelewatan. Biarpun penuh Roh Kudus seperti Daud, tetapi kalau ia mau ditarik daging, maka pikirannya menjadi lengah, sehingga beberapa kata2 terlewat sehingga suara Roh menjadi tidak lengkap dan tidak jelas, sebab itu tidak dimengerti, sehingga saat itu tidak lagi dipimpin Roh sebab menuruti daging.
Seperti sambungan telepon yang hubungannya ter-putus2 (seperti HP yang baterynya habis, suaranya juga ter-putus2, tidak jelas akhirnya berhenti) karena itu suara roh juga ter-putus2 dan tidak bisa menangkap pikiran Roh yang penuh sehingga kacau.
Kalau ada pikiran yang salah, misalnya tamak, sombong atau perzinaan dengan orang2 yang kita hadapi, maka suara Roh pada saat itu ter-putus2 atau terlewatatau Roh tidak mau bicara sehingga kita melangkah sendiri dan melangkah sendiri, hasilnya sangat terbatas, banyak kesalahan, bisa2 celaka. Bahkan kalau kita jengkel, sakit hati (seringkali ini dianggap biasa dan tidak diperhatikan), maka hubungan kita dengan Tuhan terganggu, ter-putus2, sehingga saatsuara Roh tidak jelas atau biasanya terlewat, tidak ada suara Roh, sehingga kita berjalan sendiri dan mudah terjerumus dalam perangkap iblis sehingga rugi, gagal, kacau bahkan rusak,jatuh dalam dosa. Ini disebabkan hubungan dengan Tuhan ter-putus2 hanya karena perkara yang “kecil”, tetapi akibatnya tidak kecil, bisa besar, bisa dahsyat! Sebab berjalan sendiri dan rawan menjadi mangsa empuk iblis. Seperti orang yang membidik panah, sedikit goyang akan meleset dan gagal dan itu bedanya besar.
Beda sedikit, tidak tepat sedikit, goyang sedikit di atas busurnya, maka sasarannya akan luput. Mungkin panah itu beda hanya 1 menit dari yang betul, tetapi hasilnya nyata sekali, sangat berbeda, tidak kena, gagal, bisa2 celaka atua mati. Beda sedikit dalam mendengar suara Roh, hasilnya bisa sangat besar dan dahsyat.
Suara Roh itu begitu penting, seperti HP hampir semua orang sekarang mempunyai HP, bahkan banyak yang mempunyai lebih dari satu.
Hampir seluruh dunia limpah dengan Handphone, baik anak kecil, dewasa atau kuatir, orang kecil dan orang besar, semua sangat membutuhkan HP untuk bisa mendengar sendiri orang lain. Apalagi kalau kita bisa mendengar suara Roh Allah yang maha kuasa, cinta dan baik, itu mutlak diperlukan semua orang2 beriman.
Apalagi kalau orang itu sudah kuat menuruti daging (dosa sudah menguasainya) seperti Daud dengan Betsyeba, Roh Kudus memang tidak bisa bicara lagi sebab daging atau iblis yang sudah menguasainya pada saat itu.
Apalagi kalau ada dosa2 yang besar dan kasar sudah bercokol dalam hati.
Kalau kita dalam posisi yang benar, hati yang suci, Roh Kudus bicara dan kita bisa mendengar dengan jelas dan lengkap dan kalau kita taat, kita akan melakukan hal2 yang indah dan besar dari Tuhan baik dalam hal2 rohani dan jasmani.
Sebab itu kita harus memelihara persekutuan yang baikdengan Tuhan terus menerus (tidak membiarkan ter-putus2 oleh pegel, jengkel, marah, tamak dan dosa2 lain), maka kita bisa melakukan perkara2 yang besar dengan Tuhan Maz 60:14. Sebab itu belajar terus mendengar suara Roh dengan tepat, jangan berbedsa sedikit akibatnya dahsyat. Kita perlu terus menerus mematikan daging, jangan menuruti daging, supaya jangan suara Roh terganggu, tetapi terus memelihara hubungan yang baik dengan Tuhan, maka hasilnya akan besar dan segala yang kita perbuat semuanya beruntung jua Maz 1:3.

Dalam Pelayanan Akhir Zaman

Yoh 1:51
Lalu kata Yesus kepadanya: “Aku berkata kepadamu, sesungguhnya engkau akan melihat langit terbuka dan malaikat-malaikat Allah turun naik kepada Anak Manusia.” (malaikat = utusan, itulah orang2 sempurna yang diutus Allah ke dunia sebelum pengangkatan, untuk pelayanan orang sempurna, menyempurnakan Gereja akhir zaman)
Pelayanan orang sempurna adalah pelayanan yang langsung dari tahta Allah seperti yang dinubuatkan dalam Yoh 1:51. Pada saat ini Surga terbuka dan hubungan umat Tuhan dengan tahta Allah begitu erat. Ini bisa terjadi sebab Tirai sudah terbuka oleh pengorbanan Tuhan Yesus Ibr 10:20. Sekarang pun orang2 yang ada dalam Ruangan Suci (dipimpin Roh) sudah bisa melihat ke dalam Ruangan Maha Suci, yaitu tahta Allah, meskipun Tirai belum terbuka sepenuhnya.
Dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan, Gereja akan mengalami masa keemasan Gereja Wah 12:1, Hag 2:10. Sebab Surga terbuka penuh dan hubungannya begitu erat dengan Gereja akhir zaman lewat pelayanan orang sempurna. Orang sempurna diutus langsung dari tahta Allah, naik turun dari tahta Allah ke atas tubuh Kristus yaitu tubuh dari Putra manusia Yesus. Ini masa yang gilang gemilang dan banyak orang yang taat dipimpin Roh menjadi sempurna.
Gereja yang dipimpin Roh tidak akan bangkrut tetapi justru tumbuh sampai sempurna, tetapi Gereja yang tertinggal akan hancur dan di-injak2 Antikris Wah 11:2. Kita tidak perlu takut atau kuatir, sebab rencana Allah tidak pernah gagal; memang tetap ada banyak sengsara dan penderitaan, tetapi sebab Tuhan ada dalam Gereja dan Tuhan tidak pernah bisa dikalahkan maka Gereja yang taat dipimpin Roh akan tetap berkemenangan terus menerus. Rencana Allah dalam Gereja pasti jadi, Gereja akan disempurnakan.
Yang penting kita harus memelihara kesucian, terutama dari dosa zina, sebab ini dosa istimewa 1Kor 6:18 yang menyebabkan najis tubuh 2Kor 7:1. Sebab tubuhnya najis, maka kenajisan ini menjadi penghalang dalam proses perubahan tubuh pada saat pengangkatan atau saat menjadi sempurna, sehingga terganggu atau batal, tidak ikut pengangkatan. Memang dosa ini merajalela dalam dunia, istimewa pada saat akhir zaman ini bahkanjuga dalam Gereja2 jalan lebar, tetapi selama kita berjalan dalam Roh kita tidak akan menggenapi keinginan daging Gal 5:16-17. Kita bisa tetap merdeka dari dosa Yoh 8:36, tetap tinggal suci dan ikut pengangkatan.
Juga tentu semua dosa2 lain. Juga membuat pekerjaan Roh Kudus terhalang dalam diri orang beriman, sehingga tidak bisa mengubahnya menjadi tubuh kemuliaan yang merupakan inti dari proses pengangkatan (lihat buku pengangkatan oleh Pdt. Jusuf B.S. tentang proses dan cara2 terjadinya pengangkatan). Sebab semua dosa itu melawan Roh dan akibatnya adalah kematian rohani lalu jasmani Rom 6:23.
Jangan takut akan ancaman dan godaan dari dosa yang ber-tambah2 terus sampai puncaknya dan jangan takut akaniblis dalangnya yang ada di belakang semua pergolakan dosa yang keji dan hebat ini, sebab Tuhan di dalam kita lebih besar dari pada semua yang ada dalam dunia. Rom 8:31, 1Yoh 4:4; Asal kita tetap hidup dalam ketaatandipimpin Roh, maka Roh Kudus yang menjadi kekuatan dan kemenangan kita. Roh Kudus yang menghadapi semua kemarahan iblis seperti waktu Firaun dengan tentaranya yang marah besar, mendekati orang Israel hendak membinasakannya, maka tiang api dari Tuhan (pekerjaan Roh Kudus) pindah diantara Firaun cs dan orang Israel, sehingga mereka tidak bisa menjamah seorangpun dari orang Israel Kel 14:20. Yang penting kita harus menggenapi bagian kita yaitu taat akan Firman Tuhan, dipimpin Roh, tidak berjalan dengan daging tetapi dalam Roh, maka Roh Kudus akan memimpin kita sehingga Gereja Tuhan akan terpelihara, sekalipun dalam masa2 yang sulit. Dalam 3,5 tahun pertama dari Minggu ke-70 Daniel, 3 Antikris pendahulu sudah muncul, sudah keluar dan memerangi Gereja sesuai dengan Dan 7, dengan dahsyat mereka beraksi dengan marah dan menyerang Gereja, tetapi jangan takut, sebab Gereja tidak mungkin dikalahkan, karena ada Allah di dalamnya. Kalau Gereja sudah terangkat, baru Gereja yang tertinggal (tanpa Tuhan) bisa dikalahkan oleh Antikris, istimewa oleh binatang ke-4).
Orang2 sempurna akan melayani Gereja masa ini dengan kelimpahan ilahi yang besar dari tahta Allah. Segala kelimpahan perkara2 dari atas Kol 3:1-3 yaitu kelimpahan ilahi akan limpah dalam Gereja yang mengalami Hujan-akhir yang indah. Dan Roh Kudus akan memakai orang2 sempurna ini dengan cara yang sempurna dan penuh, sehingga hasilnya luar biasa, banyak orang yang mau taat akan menjadi sempurna.
Pertumbuhan akan menjadi sangat cepat. Apa yang biasanya dicapai dalam waktu tahunan, dalam masa ini bisa terjadi dalam beberapa bulan atau beberapa minggu, cepat sekali. Pertumbuhannya begitu cepat, sehingga dalam kurang dari 3,5 tahun sudah timbul 144.000 orang yang sempurna, belum lagi orang2 yang berada pada tingkat2 di bawahnya jauh lebih banyak lagi seperti bentuk kerucut atau gunung kesucian Maz 48:2.
Surga terbuka lebar, semua rahasia di dalamnya akan terbuka dengan jelas untuk orang2 yang ada di dalam (yaitu dipimpin Roh, seperti lima gadis bijaksana) Mrk 4:11, tidak ada lagi rahasia Firman Tuhan yang tertutup semua, terbuka, sebab itu banyak orang yang dipimpin Roh menjadi sempurna. Mat 10:26-27. Pembukaan Firman Tuhan yang penuh, total dan pengurapan yang luar biasa (tanpa batas Yoh 3:34) mempercepat pertumbuhan orang beriman sehinggamenjadi sempurna dan juga menggenapkan 3 angka kedatangan Tuhan, lalu tiba2 terjadi pengangkatan.
Sekarang kita sudah harus bersedia Mat 24:42 seperti lima gadis bijaksana, jangan seperti lima gadis bodoh Mat 25:3-4.
Ada kesukaan yang besar se-olah2 sudah di Surga, padahal masih di bumi dunia ini. Sebab Surga terbuka lebar, saat2 ini menjadi saat2 yang amat indah. Jangan menukarkan saat ini (yang ditunggu2 Tuhan Yesus Ibr 12:2) dengan kesukaan dunia fana yang sesaat Ibr 11:25 dan menjerat Luk 5:39 dan meracuni Ul 32:32-33. Tetap tinggal tetap di jalan sempit, jangan pindah ke jalan lebar, meskipun banyak orang dan Gereja sudah pindah ke jalan lebar dan mereka mengajak dan merayu orang2 beriman di jalan sempit untuk ikut. Lebih2 godaan dan tarikkan yang kuat dari dunia yang sudah menjadi seperti Sodom Gomora.
Kita harus tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan yang betul, sehingga pendirian kita kuat dalam pimpinan dan pengurapan Roh Kudus, dan tetap dalam kesucian dipimpin Roh untuk melakukan kehendak Tuhan saja. Kalau kita dipimpin Roh terus, jangan kuatir, kita akan lebih puas dan lebih bersukacita dari orang dunia, kita akan mengalami sukacita seperti di Surga, penuh dengan sukacita yang dari hadirat Tuhan Maz 16:11 mengalir dengan limpah dalam hati kita Yoh 4:14; 7:38, yaitu sukacita Roh Kudus Rom 14:17. Ini menjadi kekuatan kita Neh 8:11 disamping persekutuan tubuh Kristus yang indah Im 26:8.

1Sam 28:6. Urim Tumim Tidak Bicara Kepada Saul

Sekarang kita sudah mendengar suara Roh, meskipun belum sempurna seperti suara Urim Tumim.
Saul berusaha ber-tanya2 (seperti Daud 1Taw 16:11) tetapi tidak ada jawaban. Bahkan lewat apapun Tuhan tidak mau menjawab. Kalau Tuhan sudah tidak mau berbicara pada seseorang,itu berarti orang itu tidak mau bertobat, maka suara iblis yang akan memenuhi hatinya dan merusak hidupnya, seperti yang kita lihat dalam hidup Saul. 1Sam 16:14.
Ia dibuat setan yakin akan kehendak hatinya sendiri dan melakukannya, padahal itu didekte iblis (sebaliknya oleh Roh Kudus di dalam orang2 yang dipimpinNya Pil 2:13, Gal 2:20).Saul berbuat banyak perkara2 yang jahat, misalnya 9x mengejar untuk membunuh Daud yang tidak bersalah. Ini semua adalah dorongan daging dan suara iblis.
Kalau Allah bicara hasilnya luar biasa, termasuk seluruh alam semesta ini dan isinya terjadi hanya dengan suara Allah Ibr 11:3. Dari tidak ada apa2 menjadi ada, segenap alam semesta ini. Sangat hebat! Dalam Maz 29 dirinci hasil yang ajaib terjadi kalau suara Tuhan berbicara Maz 29:3-11. Kalau kita bisa mendengar suara Tuhan dan taat, hasilnya luar biasa, sebab suara Tuhan itu mutlak jadi, tidak ada yang mustahil; suara Tuhan menghasilkan perkara2 yang besar. Suara Tuhan memberi kehidupan sampai rusa betinapun beranak karena mendengar suara Tuhan.
Tetapi kalau tidak ada suara Tuhan, maka kematian mulai masuk dan iblis merajalela. Sebab itu tinggallah “di dalam” (dipimpin Roh), jangan “di luar” (dipimpin daging), sebab hanya di dalam ada suara Allah dengan limpah, di luar hanya ada suara sendiri, suara pikiran manusiawi dan suara iblis Mrk 4:11. Orang yang tidak mendapat Firman Tuhan atau suara Roh, tidak akan hidup tetapi justru mati.
Jangan hidup dalam dosa, itu akan menyebabkan suara Tuhan tidak datang, sekalipun ia ada di dalam Gereja, sebab suara Tuhan datang secara pribadi. Saul tidak lagi mendapat Firman Tuhan. Sebab itu akhirnya ia mati rohani dan kemudian mati jasmani.Sebetulnya pada permulaan, suara Tuhan datang kepada Saul, sebab itu ia tumbuh dan naik sampai posisi yang tinggi dan bisa melakukan semua dengan sukses karena ada suara Tuhan di dalamnya dan ia taat. Tetapi waktu suara Tuhan hilang, terjadi degradasi, kerusakan dan kematian mulai bekerja di dalam dirinyanya dan iblis merajalela 1Sam 16:14. Sebab itu semua tindakannya adalah tindakan kejahatan dari setan, sebab tidak ada suara Tuhan yang masuk.

1Sam 30:7-8. Daud Mendengar Suara Urim Tumim

Urim Tumim berbicara kepada Daud meskipun Daud belum sempurna.
Pada waktu Daud harap Tuhan dengan tulus dan benar, ia mendengar suaraNya lalu taat, hasilnya luar biasa. Semua miliknya dan milik tentaranya yang hilang, semua kembali total, tidak ada satu jiwa yang mati, bahkan mereka ditambahi dengan jarahan yang sangat besar sebab Daud mendengar suara Urim Tumim dan taat.
Hubungan kita dengan Roh Kudus tidak boleh terganggu supaya kita bisa mengerti dan taat akan suara Roh dan mengalami kemenangan yang besar dan terus menerus, istimewa dalam menghadapi dosa yang meningkat dan pekerjaan setan yang limpah pada akhir zaman ini apalagi sesudah iblis dilempar keluar dari Surga Wah 12:8-9 dengan kemarahan yang besar ia memerangi Gereja, ini tantangan yang besar yang akan dialami oleh Gereja. Mereka yang tidak bersedia, akan jatuh semua 1Tim 4:1. Sebab itu belajar berjalan dalam Roh dan terus mendengar suara Roh serta taat. Ini yang membuat kita menang terus dan tumbuh dengan pesat.

Kesimpulan

Urim Tumim dalam imam besar menghasilkan banyak hal yang besar2, istimewa dalam akhir zaman, terutama untuk masuk dalam kesempurnaan rencana Allah. Juga dari suara Roh kita mengetahui segala tipu daya iblis dan siasatnya.
Urim Tumim adalah suara Roh yang bisa ditangkap dengan sempurna dalam hati orang2 yang sempurna, sebab itu waktu dilakukan (ditaati) timbul perkara2 yang besar sehingga pelayanannya menjadi berkat besar bagi Gereja akhir zaman yang cepat tumbuh menjadi sempurna. Belajar mahir mendengar suara Tuhan danmelakukannya dan kita juga tidak akan sampai tertipu oleh daging, dunia dan iblis.
Juga dalam berbicara, kita bisa lebih banyak menyampaikansuara Roh dan itu yang terbaik (ini dikehendaki Tuhan 1Kor 14:1) dan juga dalam semua tingkah laku, kalau kita lakukan sesuai suara Roh, hasilnya luar biasa, seperti Tuhan Yesus sendiri yang hidup dan bekerja di dalam kita Gal 2:20. Kalau hubungan kita dengan Tuhan terganggu, suara Roh juga terganggu dan hasilnya cacat, sebab itu pelihara hubungan baik dengan Tuhan terus menerus (dengan berdoa senantiasa dalam Roh dan kebenaran 1Tes 5:17), sehingga kata2 dan tindakan kita betul, baik dalam hal2 jasmani dan juga dalam hal2rohani, terus berhasil, berkemenangan dan sukacita dari Tuhan memenuhi hati dan hidup kita.

Nyanyian

Orang diam dan dengar suara Roh Tuhanmu,
Jangan t’rus dengan hidup kasar
Dengar dan taat ‘kan suara Roh Tuhanmu,
Dia sertamu, b’ri sejahtera s’lalu.