M4520 – Zakaria 10:1 Minta Hujan Akhir

I. MENGAPA TUHAN MENYURUH KITA MINTA?

Bukankah Tuhan tahu waktu yang tepat, Dia sanggup dan tidak pernah terlambat? Sebab:

1. Pihak Tuhan. Sebab dengan demikian kita ikut serta mempercepat kedatangan Tuhan, dan kita bersedia 2 Pet 3:12. Memang hujan Akhir yang kita alami sekarang belum sampai penuh, belum sampai puncaknya. Menurut Ul 11:14, Tuhan memberi hujan Awal ( zaman rasul-rasul ) untuk mulai membangunkan Gereja dan sekarang sudah sampai global, tetapi hujan Akhir untuk membuat gandum yang sudah keluar mayangnya menjadi matang, siap untuk dituai, berarti kedatangan Tuhan. Lebih-lebih kalau sikon sudah panas dan global, dosa sudah meningkat tinggi Wah 22:11, maka Gereja-gereja akan minta pertolongan Tuhan, istimewa hujan Akhir untuk menguatkan umat Tuhan, bisa bersedia dan meningkat, siap untuk acara penamatan rencana Allah Rom 9:28. Acara ini dahsyat, dosa meningkat tinggi, kesukaran, ancaman, bahaya sangat banyak, sebab itu persiapan rohani setiap orang beriman sangat penting!

2. Pihak umat Tuhan harus bersedia, istimewa dengan minta hujan Akhir kita makin sadar dan sungguh-sungguh bersedia seperti lima gadis bijak. Akan muncul hari-hari yang sangat sulit ( Wah 22:11 ), mereka yang tidak bersedia akan jatuh dan menjadi sangat jahat. Kalau tidak bersedia akan dipecah pedang Tuhan, pedang pemisah Mat 10:34 antara orang yang siap ikut pengangkatan dan yang tumbuh dengan kuat dalam dosa yang sampai puncak-puncaknya.

II. KEGERAKAN ROH KUDUS PRIBADI

Ini bisa terjadi sewaktu-waktu dimana saja, tetapi untuk kegerakan besar dalam satu kota, negeri atau global, lebih-lebih untuk menghadapi penamatan rencana Allah hanya ada satu kegerakan Roh Kudus global yang puncaknya mulai terjadi menjelang Minggu ke-70 Daniel, yaitu masa penamatan rencana Allah Wah 3:10.

Sebetulnya Allah lebih dahulu mengharapkannya dan betapa sukacita hatinya kalau bisa timbul kegerakan global dalam Luk 12:49 ( TL ). orang-orang yang bersedia dan rindu, minta hujan Akhir adalah orang-orang yang mengalami kegerakan Roh Kudus pribadi, dari permulaan dan bisa sampai kepada kesempurnaan rencana Allah. tanda-tandanya adalah sbb:

1. Lahir baru ( Pintu Gerbang sampai Pintu Kemah ) oleh air dan Roh, sampai penuh Roh Kudus Kis 2:38.

Seharusnya lahir baru diselesaikan dengan baptisan Roh Kudus, kalau belum dapat, usaha, minta dan Gereja Tuhan perlu menyediakannya seperti Kis 8:15-17. Kita perlu berusaha dan menolong supaya saudara-saudara kita yang sudah percaya, sudah lahir baru yang lengkap sampai penuh Roh Kudus seperti orang-orang Samaria itu, ini langkah pertama dari iman Kis 2:38.

2. Hidup dipimpin Roh Rom 8:14.

Sesudah penuh Roh Kudus, kita harus hidup dipimpin Roh. Penuh dan dipimpin Roh itu berbeda. Orang yang mau menyangkal diri, mematikan daging supaya bisa dipimpin Roh, maka ia bisa hidup dipimpin Roh, tidak lagi dipimpin daging seperti dahulu Gal 5:16-17. Ini adalah ciri-ciri anak-anak Allah Yoh 1:12, yaitu orang yang terus mau hidup dipimpin Roh, tidak lagi menurut daging seperti hidup yang lama. Ini cara hidup orang baru, yaitu mau taat dipimpin Roh.

3. Makin mahir dipimpin Roh. Jangan berhenti dalam satu tingkat, Tuhan menghendaki kita tumbuh terus, sebab selalu ada hal-hal baru kalau kita tumbuh, makin indah, tetap suci bahkan juga meningkat dalam kesucian, dengan sejahtera dan sukacita Roh dalam segala keadaan Fil 4:4,7 seperti Petrus, Paulus dalam penjara tetap sejahtera dan sukacita Kis 16:25. Cara untuk mahir dipimpin Roh adalah mematikan daging Luk 9:23, Rom 6:4,6 dan terus taat menuruti pimpinan Roh Kudus, maka kalau kita makin taat, kita akan makin peka mendengar suara Roh dan makin mahir dipimpin Roh Mrk 4:23. Saul tidak taat, ia jadi tuli, tidak bisa mendengar suara Roh dan Roh Kudus tidak lagi mau bicara kepadanya lewat siapapun 1 Sam 28:6. Kalau kita taat dipimpin Roh, pasti ada hikmat, kuasa, buah dan karunia-karunia Roh bekerja dalam hidup, ibadah dan pelayanan kita, juga dalam pekerjaan sekuler, sebab disini juga Tuhan ingin kita tetap suci dan menjadi berkat, jadi garam dan terang. Ini hidup yang indah yang bisa menyelamatkan banyak orang Mat 5:14-16.

4. Berjalan dengan Allah = Walk with God. Ini adalah lanjutan dari dipimpin Roh, yaitu cara hidup Henokh, Nuh, Elia, Musa sehingga mereka bisa terus tumbuh sampai sempurna Kej 5:22,24.

Apa bedanya dengan dipimpin Roh?

a. Berjalan dengan Allah itu terus menerus bersama-sama selalu dan bercakap-cakap, bertanya-tanya dan dikuatkan. Meskipun demikian bisa tetap hidup biasa selagi hidup di dunia, tetapi hidup suci terus menerus, seperti Henokh yang juga hidup dengan istrinya dan beranak banyak, juga makan, tidur, istirahat dsb tetapi dalam semuanya ia tetap berjalan dengan Allah dalam kesucian sesuai Firman Tuhan.

b. Dipimpin Roh lebih pasif, tetapi berjalan dengan Allah itu lebih aktif dari diri kitasendiri, mau, ingin, berusaha melakukan semua yang dapat menyenangkan hati Tuhan. Tuhan juga bekerja dalam hatinya seperti dalam Fil 2:13.

Kita bukan saja menjadi hamba yang taat penuh pada Tuhan Yesus, sebagai Tuhan ( tuan ) dan kepala kita, tetapi juga dengan dorongan hati kita sendiri berusaha tahu kehendak Allah dan melakukannya. Ini setingkat lebih tinggi, lebih indah dan lebih berkenan kepada Allah.

Israel terus menerus berjalan menurut pimpinan tiang awan dan tiang api, sebab di luarnya mereka bisa mati kepanasan atau kedinginan, tetapi disini mereka aman terpelihara dan selamat, tetapi tidak semua sukacita, sebagian, bahkan lebih besar melakukannya dengan terpaksa atau bersungut-sungut. Tetapi Yosua dan Kaleb dengan bersukacita mempunyai inisiatif sendiri berjalan dengan Allah, mau masuk Kanaan dan dengan iman berani mengalahkan mereka dengan segenap kehendak hatinya sendiri. Selain taat, ada pengorbanan penuh, kemauan, sukacita dan dorongan, inisiatif dari mereka sendiri karena percaya dan karena dipimpin Roh.

Kalau seorang tekun berjalan dengan Allah, dengan segenap hati, jiwa dan kesukaannya, akhirnya dagingnya mati total dan jadi sempurna, langsung berubah seperti Henokh, Elia, naik dan masuk ke tahta Allah. Hasilnya menjadi sempurna. Dalam Wasiat Baru, lebih-lebih pada masa penamatan rencana Allah akan ada banyak orang berhasil menjadi sempurna ( Wah 14:1 ).

Hidup seperti ini sangat indah, puncak rencana Allah yang maha besar, penuh sukacita dan limpah dengan kemenangan ( pawai kemenangan 2 Kor 2:14) dan perkara-perkara yang baru 1 Kor 2:9. Contoh dalam hidup Musa memimpin Israel keluar dari Mesir sampai Kanaan, sangat indah, selalu baru setiap hari, ajaib, senang, indah, tetap penuh kemenangan dalam pencobaan dari orang-orang Israel dan iblis yang terus menerus.

Sebaliknya orang beriman yang berjalan menurut daging, tidak mau dipimpin Roh atau hanya sebentar-sebentar saja, hidupnya akan mendua dengan dunia ini ( Zak 4:4 berzina dengan dunia ini ), jadi suam, tidak ada gairah dan semangat dalam ibadah, pelayanannya dan hidupnya kering, akhirnya berbalik seperti Saul, Gehazi hidup dipimpin daging Gal 3:3-4.

Biasanya masih ibadah, bahkan pelayanan, tetapi hatinya penuh dengan dunia dan dosa serta terus minum air kesukaan dunia ini Yoh 4:13, Ibr 11:25, dan terus berjalan dalam daging. Dosa makin meningkat, setan-setan makin banyak masuk dalam hatinya Mat 12:43-45, sehingga dosanya terus meningkat, sampai akhirnya dosanya menjadi sempurna dan menjadi seperti iblis, antikristus, seperti Yudas, sebab itu ia mudah berkhianat, bahkan membunuh umat Tuhan tanpa merasa bersalah, tetapi sukacita, dinikmati seperti iblis dan antikris ( mungkin jumlahnya 10 kali dari orang sempurna dalam kesucian, lebih kurang 1,5 juta di seluruh dunia ). Dalam masa penamatan Allah, dalam perang Harmagedon, mereka akan langsung dilempar hidup-hidupan dalam tasik Api Wah 19:20, sebab dosanya sempurna, bisa langsung berubah dalam roh dan dalam tubuh yang rusak seperti mayat hidup Yes 66:24. Justru Antikris itu datangnya dari orang beriman, bukan dari bangsa atheis 1Yoh 2:18-19. Memang orang tidak bisa menjadi sempurna dalam dosa kalau belum tahu, belum percaya akan Allah seperti iblis Yak 2:19.

III. MENGAPA PERAN ROH KUDUS PENTING DI AKHIR ZAMAN?

Dalam Wasiat Lama Roh Kudus bekerja terbatas, sehingga cara hidup orang Wasiat Lama adalah ibadah cara lahir, belum bisa penuh, menunggu sampai dosa-dosa manusia ditebus Tuhan Yesus. Sesudah Yesus bangkit baru Roh Kudus bisa bekerja penuh, sebab segala kuasa yang di bumi dan di Surga diberikan pada-Nya Mat 28:18.

Apa artinya?

Putra Allah adalah Allah, turun ke bumi menjelma menjadi Putra manusia Yesus, tetapi segala keilahian-Nya ditinggal di Surga Fil 2:7 ( Kenosis ). Untuk apa Ia diberi semua kuasa di bumi dan di Surga sebagai Putra manusia Yesus. Sebagai Putra Allah Ia adalah Allah yang Maha kuasa. Tetapi sebagai Putra manusia sesudah bangkit, naik dan duduk di Surga, di kanan Bapa. Putra Allah sekarang punya tubuh seperti manusia, yaitu tubuh kemuliaan ( tubuh kebangkitan Fil 3:21 ). Bapa dan Roh Kudus tidak punya tubuh, juga malaikat dan setan-setan dan makhluk surgawi lainnya. Orang beriman sesudah bangkit, pakai tubuh kebangkitan atau tubuh kemuliaan seperti Kristus dan ada dalam Surga Bumi Lama, lalu sesudah kiamat masuk dalam Surga Bumi Baru.

Untuk apa Putra manusia Yesus diberi kuasa oleh Bapa? Sebab Ia sudah menang dan menebus umat manusia. Kuasa yang diberikan adalah Roh Kudus dan Ia memberikan pada kita Yoh 14:16,26.

Kalau manusia ditebus oleh Tuhan Yesus, menjadi anak Allah ( Yoh 1:12 ), rohnya jadi baru, itulah roh anak-anak Allah yang bisa tetap hidup suci dan Roh Kudus yang diberikan karena Kristus akan masuk dalam kita, tinggal untuk selamanya dalam kita.

Tuhan Yesus naik ke Surga, murid-murid dan umat-Nya kehilangan besar, sebab Putra manusia Yesus tidak lagi bisa menyertai mereka, sebab ini disertai secara manusiawi, terbatas.

Biasanya anak-anak ayam berlindung dalam induknya Mat 25:37, Luk 13:34, tetapi kalau induknya mati, anak-anak ayam tidak punya perlindungan. Kalau Roh Kudus masuk dalam setiap orang percaya itu tidak terbatas, itu sama seperti Putra manusia Yesus dengan murid-muridNya.

kadang-kadang Putra manusia Yesus hanya membawa 3 murid saja waktu di rumah Yairus, di Getsemani dll, tidak bisa membawa 12 murid. Tetapi sekarang waktu naik ke Surga, Roh Kudus diberikan oleh Bapa kepada-Nya dan Ia memberikan-Nya kepada kita, dan Roh Kudus terus tingal di dalam kita.  Terima Roh Kudus berarti terima kuasa Allah Kis 1:8. Ini menjadi kekuatan kita, hidup kita Zak 4:6.

Inilah kuasa Allah. Jangan takut, jangan di sia-siakan, sebab kalau Roh Kudus di dalam kita, Roh Kudus itu Allah yang maha kuasa, lebih-lebih kalau kita terus berdoa dalam Roh dan kebenaran, kuasa-Nya akan nyata dalam kita. Jangan hanya berdoa dalam bahasa Roh, tetapi hidup dalam dosa; Roh Kudus tidak mau tinggal dalam orang seperti ini, seperti Simson sesudah ditinggalkan Roh Kudus, itu seperti syndrom botol minyak wangi kosong, bisa bahasa lidah, sebab hafal, tetapi tidak ada kuasanya, sebab Roh Kudus tidak ada, seperti Simson sesudah ditinggalkan Roh Kudus, tidak ada kuasanya.

Menerima Roh Kudus itu menerima kuasa Allah, bahkan juga hikmat, karunia, buah Roh ( yang menumbuhkan tabiat baru dalam hidup orang-orang yang sudah hidup baru ). Hidup dipenuhi Roh Kudus itu luar biasa, sebab Roh Kudus tinggal untuk seterusnya dalam kita ( tidak seperti dalam Wasiat Lama, Roh Kudus hinggap dan pergi seperti pada Simson, sebab dosanya belum hilang, masih ada, hanya ditutup oleh darah binatang, yang hanya menutup dosa, tetapi tidak bisa menghapuskannya Ibr 10:4).

Sebab itu orang-orang Wasiat Baru yang disertai Roh Kudus itu luar biasa, bisa tumbuh sampai seperti Kristus, sebab Roh Kudus ada di dalam kita dan kita mau taat dipimpin Roh dalam kesucian melakukan kehendak Allah, bahkan sampai berjalan dengan Allah!

Ini perkara yang besar dan luar biasa, sebab itu semua orang Wasiat Baru yang mau, bisa masuk dalam rencana kesempurnaan Allah, sangat indah dan bahagia, Roh Kudus itu luar biasa. Kalau kita berdoa dalam bahasa lidah ( berdoa dalam Roh 1 Kor 14:14 ) dan hidup dalam kebenaran, ( itu berarti Roh Kudus ada dalam kita. Ia berdoa syafaat dengan tepat kepada Bapa ) untuk semua keperluan kita dan Bapa akan menjawab doa syafaat Roh Kudus dengan jawaban yang tepat juga, dan hasilnya akan luar biasa Rom 8:26-27.

Sebab itu murid-murid sesudah penuh Roh Kudus jadi luar biasa dan Gereja bisa lahir. Orang jahat, pembunuh Putra manusia Yesus, begitu banyak yang berbalik menjadi anak-anak Allah dan khotbah pertama Petrus bisa menghasilkan 3.000 orang yang bertobat dan dibaptis. Roh Kudus beri kuasa, hikmat, pimpinan, karunia-karunia dan buah Roh, luar biasa. Sebab itu belajar selalu hidup penuh dan dipimpin Roh, bahkan sampai berjalan dengan Allah seperti Henokh sehingga jadi sempurna Kej 5:22, 24. Begitu besar artinya Putra manusia Yesus dapat kuasa di Surga, untuk diberikan pada manusia di dunia yang mau taat menurut Roh Kudus. Sangat besar artinya Putra manusia Yesus dapat kuasa di Bumi dan di Surga.

Mengapa Roh Kudus tidak langsung diberi oleh Bapa? Sebab manusia harus ditebus lebih dahulu oleh darah Yesus. Orang Wasiat Lama hanya bisa terima sementara Roh Kudus, hanya hinggap dan pergi berulang-ulang, baru sesudah ditebus jadi anak Allah, Roh Kudus bisa tinggal untuk selamanya dalam anak-anak Allah, bahkan tumbuh sampai sempurna.

IV. HASIL PEKERJAAN ROH KUDUS

Sekalipun dalam Wasiat Lama hasil pekerjaan Roh Kudus luar biasa, apalagi dalam Wasiat Baru. Seperti jalan di laut Merah, hidup di dalam tiang awan dan tiang api, ada manna dan air minum dll. Juga dalam menghadapi musuh, orang-orang jahat dan sikon apa saja, misalnya waktu Yacob menghadapi Esau yang sudah beberapa puluh tahun dikuasai dendam yang besar. Waktu mendatangi Yacob, Esau membawa 400 laki-laki yang mahir perang untuk membantai semua keluarga Yacob tanpa sisa. Tetapi heran, sesudah Yacob berdoa ( bergumul dengan Tuhan semalam-malaman ) sikon dan Esau musuhnya berubah total, yaitu dari benci menjadi cinta, dari marah menjadi rindu sehingga Yacob tidak mati, tetapi diberkati limpah dengan segala kebutuhannya. Luar biasa. Kita harus limpah dengan hikmat, kuasa, pengurapan, pimpinan Roh Kudus dengan buah Roh dan karunia-karuniaNya, sehingga waktu kita tidak berdaya, kuasa Roh Kudus yang bekerja, dan kita menjadi seperti janji Allah!

Begitu juga pada masa penamatan rencana Allah dan tahun-tahun menjelangnya, jumlah orang sempurna dalam dosa ( yang sangat kejam dan benci seperti iblis, dengan segala kuasa, kekuatan dan senjata biasa, occultisme, kebencian, dll mengancam umat Tuhan. Tetapi mereka bisa dikalahkan dengan kuasa Allah. Jangan lupa, orang-orang yang akan ikut pengangkatan, apalagi yang menjadi sempurna, itu harus lulus pencobaan-pencobaan yang begitu dahsyat Wah 3:10, Luk 21:34-36, Wah 12:12, luar biasa, teraniaya seperti akan mati, tetapi tidak ada yang mati, semua terangkat tanpa kematian. Semua lepas dari pencobaan-pencobaan besar akhir zaman, bukan dengan kuasa manusia, tetapi dengan kuasa Allah yang luar biasa. muijizat-mujizat terjadi begitu besar dan luar biasa dan belum pernah terjadi ( lebih dari Petrus, Paulus dalam penjara dilepaskan oleh kuasa Allah ). Dalam masa penamatan lebih hebat lagi, sebab kuasa Allah itu tanpa batas, tetapi aniaya, sengsara, ancaman yang datang sangat dahsyat oleh orang-orang yang sempurna dalam dosa, lebih jahat dari semua orang jahat yang pernah hidup, bahkan seperti iblis, tetapi semua lolos, kecuali mereka yang tidak bersedia akan mati (ini mempengaruhi suasana yang jadi sikon yang menakutkan, tetapi orang yang dipimpin Roh, lebih-lebih yang berjalan dengan Allah, tidak takut, tetapi mengalami kuasa dan mujizat Allah yang besar.

Ini bagian Allah dengan segala mujizat dan kuasa yang lmpah, tetapi bagian kita, harus bersedia seperti lima gadis bijak bukan seperti lima gadis bodoh yang mendua, suam dan kemudian limpah dengan dosa di tengah-tengah pelayanan seperti Hofni Pinehas, Nadab Abihu, Korah Datan Abiram, 10 pengintai dll. Kita harus bersedia dan menjadi seperti Yosua dan Kaleb, hidup yang suci dan tumbuh terus dipimpin Roh, bahkan berjalan dengan Allah, aktif mau memperkenankan Tuhan dengan kuasa Roh Kudus dan Firman Tuhan. Jangan lupa persiapan kita harus seperti Maria jangan seperti Marta. Kita harus limpah dengan 7 KPR istimewa selalu penuh dipimpin Roh bahkan berjalan dengan Allah dan terus tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan. Orang yang dipimpin Roh ( kuncinya bertekun berdoa dalam Roh dan hidup benar 1 Tes 5:17, Yoh 4:23 dsb ) mata rohaninya celik dan dapat mengerti rahasia Firman Tuhan yang meterainya sudah dibuka ( dan akan terus dibuka sampai seluruhnya Dan 12:4, Mat 10:26-27 ). Bahkan pada orang kecil secara duniawi bisa mengerti Luk 10:21 seperti Petrus orang sederhana yang tidak bergelar Kis 4:13, tetapi mengerti rahasia Firman Tuhan yang dalam dan bisa menjadi pemimpin rasul-rasul di Yerusalem.

Sebelum penamatan rencana Allah ( kedatangan Tuhan Yesus ) maka rahasia itu akan dibuka dahulu. Sebab sampai dimana kita mengerti rahasia Firman Tuhan, sampai disitu kita bisa tumbuh dan berbuah-buah Mat 13:23. ( Baik dalam perkara sehari-hari, kalau kita mengerti tentang rahasia uang, kesehatan, pekerjaan, pergaulan, nikah, dll kalau kita mengerti dan taat, kita akan mendapatkan janji-janji Allah yang limpah ). Misalnya masa tua bagi banyak orang dunia itu masa kekeringan Yer 17:8. Percayalah, Tuhan tidak memberi jatah umur untuk sakit, cacat, pikun, jasmani rusak maka rohaninya juga tidak bisa tumbuh. Kalau rohani dipelihara sehat, juga jasmani akan sehat 3 Yoh 2, sebab tubuh yang sehat, sembuh dan umur, semua ada dalam tangan Tuhan 1 Sam 2:6. Mer-deka dari dosa dan penyakit sudah dibayar lunas oleh Tuhan dan sudah disediakan bagi kita 1 Pet 2:24.

Kalau kita mengerti hal-hal ini dari Roh kudus, akan timbul iman dan kita akan mengalaminya sehingga bisa tumbuh sampai tua, terus berbuah-buah dan terus meningkat sampai terakhir. Ukuran terakhir akan menjadi ukuran kemuliaan kita di Surga untuk kekal.

Begitu juga tentang rahasia kesempurnaan dan rahasia akhir zaman itu sudah banyak dibuka dan kalau kita terus dipimpin Roh kita akan dapat jalan untuk mendapat pembukaan rahasia-rahasia itu dan mengerti dan bisa bersedia dengan baik, sehingga bisa masuk dalam rencana Allah yang mulia untuk kekal.

Henokh yang hidup dalam zaman Adam bisa mengerti rahasia akhir zaman Jud 14. Pasti dia tahu rahasia menjadi sempurna dan juga mengerti rahasia akhir zaman, meskipun lebih banyak tentang menjadi sempurna. Juga Daniel sampai hampir pingsan misalnya Dan 9:15. Luar biasa, Tuhan menceritakan banyak rahasia akhir zaman istimewa visoen Minggu ke-70 Daniel dll, sangat dahsyat. Semua ditulis tetapi dimeteraikan sampai saatnya, akan dibuka supaya orang akhir zaman mengerti dan bisa mengalami masuk dalam rencana Allah yang dahsyat dan mulia itu.

lebih-lebih kita sekarang. Kalau kita hidup suci, taat, terus dipimpin Roh ( tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran, lebih-lebih kalau bisa berjalan dengan Allah ), maka kita juga akan bisa mengerti rahasia-rahasia untuk tumbuh sampai sempurna dan rahasia akhir zaman, sehingga bisa menghadapi kesukaran-kesukaran akhir zaman dan bisa mengalami rencana Allah yang indah pada penamatan rencana Allah. Tetapi bukan saja rencana Allah itu indah, mulia, ajaib, tetapi sikonnya juga akan dahsyat, banyak ancaman dan bahaya sebab sikon akan menjadi ujian akhir yang dahsyat, namun dengan Tuhan, kita akan tetap menang. Misalnya Luk 21:34-36.

Keadaan begitu dahsyat sampai orang-orang yang tidak berjaga-jaga, bisa takut dan rebah mati mendengar berita-berita yang dahsyat itu Luk 21:26-27.

Jangan hanya pikir bahwa pada waktu kedatangan-Nya ada tanda-tanda orang hilang, itu sudah terlambat; tetapi akan ada arus dosa yang besar menenggelamkan semua orangyang tidak bersedia akan hanyut dalam dosa atau mati ketakutan atau mati dalam pencobaan yang dahsyat, sebab ini waktunya ujian tingkat sempurna, sangat dahsyat tetapi indah untuk yang lulus. Pekerjaan setan-setan luar biasa Wah 12:12 dan Antikris yang sudah berkuasa pada permulaan Minggu ke-70 Daniel. Tetapi orang yang bersedia lulus ujian Akhir itu dan masuk dalam proses penamatan rencana Allah, lalu ikut pengangkatan.

V. BERSEDIA UNTUK MASUK RENCANA PENAMATAN ALLAH

Kita tidak tahu tanggal yang tepat dari hari Tuhan, tetapi sejak Tuhan Yesus diangkat ke Surga ( 2.000 tahun yang lalu ) semua sudah berjaga-jaga, siap menunggu kedatangan-Nya Kis 1:11.

Kalau kita bersedia tidak akan rugi. Orang yang bersedia, berarti rohani tumbuh setinggi-tingginya dipimpin Roh, selalu siap dalam pimpinan Roh Kudus seperti lima gadis bijak. Kalau toh kita mati sebelumnya tetap tidak rugi, sebab tingkat tertinggi yang kita capai pada akhir umur kita, itu menjadi ukuran kemuliaan untuk kekal dan kita akan juga ikut bangkit dari kematian lalu ikut pengangkatan bahkan bangkit lebih dahulu 1 Tes 4:16-17.

VI. PUNCAK KEGERAKAN HUJAN AKHIR

Gereja Tuhan harus minta dengan sungguh-sungguh hujan Akhir sebelum rencana penamatan Allah dimulai, jangan sesudahnya, terlambat. Hidup benar, penuh dipimpin Roh dan terus tumbuh dalam Firman Tuhan dan persekutuan dalam Roh dan dalam Firman Tuhan, bukan bersekutu cara dunia, menurut perasaan hati dan daging melulu. Apa yang kita harapkan dan akan terjadi?

1. Kegerakan Roh Kudus membuat banyak orang mengakui dosa dan bertobat sungguh-sungguh masuk dalam hidup suci dan tekun belajar Firman Tuhan. Semua yang salah dan kejahatan diakui. Pengakuan, penyucian terjadi di mana-mana, dan orang-orang ini akan kembali bertumbuh dalam kesucian. lebih-lebih yang sudah tetap hidup suci dan tumbuh, sebagian bisa tumbuh menjadi sempurna atau makin tinggi dan makin indah. Ini bukan kegerakan hanya karena cari tontonan yang menyegarkan perasaan hati, gembira ria, akrab tetapi tetap hidup dalam macam-macam dosa ( hidup nikah, kesucian bujang, uang, benci, berkelahi, dll ). Ini bukan kegerakan yang betul. Ini seperti kegerakan Tabut Hofini Pinehas, tetapi yang mati banyak ( 30.000 orang ) 1 Sam 4:5-7, 10-11, atau seperti persembahan Nadab Abihu atau banyak kegerakan besar dan akhirnya kematian besar di dalam orang Israel.

2. Gereja yang ajaib-ajaib. Dalam puncak kegerakan Roh Kudus ini timbul banyak pertobatan ( dan pengalaman serta pemberesan seperti Zakheus ) sehingga merelakan apa saja asal sungguh-sungguh menjadi suci dan diterima Tuhan. Tetapi juga karena adabanyak orang tetap hidup suci dan berjalan dengan Allah, maka banyak pembukaan rahasia-rahasia Firman Tuhan, hal-hal baru terjadi, sehingga Gereja menjadi ajaib Wah 12:1. Doa, belajar Firman Tuhan dan persekutuan yang kuat dalam Roh dan Firman Tuhan itu limpah.

3. Tetapi jangan lupa juga pedang Tuhan akan memisahkan orang yang sungguh-sungguh dan yang tidak peduli Mat 10:34-36. Orang tingkat Halaman akan hilang, sebab yang suci makin suci ( yang bertobat sungguh-sungguh bertobat dan meningkat dalam kesucian ) tetapi yang berdosa, akan habis-habisan meningkat dalam dosa yang keji. Sampai bahkan terjadi pembunuhan dalam keluarga Mat 10:21 dan perpecahan. Kalau sekarang janji Tuhan untuk kesatuan keluarga tidak dipakai Kis 16:31, kesempatan untuk bertobat dan dipulihkan tidak dipakai, maka keluarga dan umat Tuhan dipecah oleh pedang pemisah ini, sebab yang lulus ujian Akhir akan masuk dalam proses penamatan rencana Allah dan yang makin berdosa dibina iblis dan semua orang sempurna dalam dosa dipimpin Antikris yang sudah muncul saat ini di seluruh dunia. Ada persatuan yang suci dan ada persatuan orang-orang jahat dengan segala tipu daya, kekejian dan perbuatannya, tetapi mereka yang masuk dalam golongan yang akan diangkat akan terpelihara dengan ajaib Wah 12:1. Timbul persekutuan tubuh Kristus global dalam Roh dan Firman Tuhan, ini jadi nyata. Ini juga menggenapi Luk 5:36-39.

Ayat 36. Kalau tidak hidup baru, maka sia-sia menambal pakaian yang lama, koyaknya makin besar, makin jahat dan makin keji.

Ayat 37. Orang yang tidak bertobat ( kerbat yang lama ) akan pecah pada waktu kegerakan hujan Akhir ini, sehingga jadi begitu jahat bahkan saling berbunuh-bunuhan, tetapi mereka yang akan terangkat akan tetap terpelihara.

Ayat 38. Mereka yang hidup suci akan meningkat luar biasa dalam kesucian yang heran.

Ayat 39. yang suka anggur lama, tidak akan bertobat, tetapi justru mabuk dan kerbat imannya pecah.

Semua ini pendahuluan dari Wah 11:2, yang akan nyata sesudah pengangkatan. Sebab itu kita harus bersedia baik-baik, jangan sampai terlambat.

4. Timbul Nabi dan rasul yang berani bicara melawan dosa dan pekerjaan setan-setan. Guru-guru, gembala, dan penginjil yang sudah ada, makin indah dan makin diurapi dengan limpah. Ini adalah proses penamatan dan penyem-purnaan Gereja Tuhan Ef 4:11-13.

KESIMPULAN

yang penting sekarang kita harus betul-betul bersedia dan terus penuh dan dipimpin Roh bahkan kalau bisa berjalan dengan Allah setiap saat. lebih-lebih kalau mengerti dan tekun minta hujan Akhir, minta pekerjaan Roh Kudus dengan terus berdoa dan puasa, orang-orang ini akan makin dikuatkan, sehingga dalam masa menjelang Minggu ke-70 Daniel itu bisa lulus dalam semua ujian, pencobaan dan mereka yang tetap dalam kesucian yang makin meningkat akan masuk dalam golongan pengangkatan. Jadi pengangkatan tidak ditentukan tanggal hari pengangkatan, tetapi 3,5 tahun sebelumnya sudah lulus dalam hari penentuan, waktu pedang datang memisahkan. Kalau sekarang tidak meningkat dalam 7 KPR ( Ruangan Suci ) main-main di Halaman ( 2 Pet 2:22 ) akan terseret dalam arus dosa yang dikendalikan orang-orang dosa sempurna dan Antikris masuk dalam golongan yang celaka untuk kekal.

Scroll to Top