KA-40 – Kidung Agung 5:2-6 Ditinggalkan sang Kekasih

KID 5:2-3 KELALAIAN DARI KEKASIH PEREMPUAN

KID 5:2A. AKU TIDUR, TETAPI HATIKU BANGUN

TIDUR

Tubuhnya tertidur, tetapi hatinya berjaga, tahu. Hati berkehendak, tahu, tetapi tubuh lemah untuk mentaati kasih Mat 26:41. Jangan menuruti daging, tetapi taat akan suara dan pimpinan Roh. Sudah tahu tetapi tidak berbuat menurut Roh, tetapi me-nuruti daging 1Yoh 3:17-18. Ini kasih yg tertidur, tak berbuah apa2, sebab tahu tetapi tidak mau taat.  Jatuh dari kasih yg mula2 itu ada sebabnya. Biasanya karena cinta akan daging dan dunia ini, apalagi kalau dosa yg timbul makin besar, sehingga kasihnya akan Tuhan jadi bocor, berkurang, bisa sampai habis.  Kasihnya menjadi ke-ring, habis, dan lemah Wah 2:4-5.

Kekasihnya datang tidak lagi men-dapat tempat, ditinggal tidur, dibiar-kan di luar.  Mengapa? Ada sebabnya, dan itu harus dibuang,harus diberes-kan dahulu, baru kasihnya akan ber-api2 kembali oleh Roh Kudus kalau mau taat dan kalau hatinya sudah disucikan (ingat ini kasih ilahi, bukan kasih jasmani, tetapi dalam tubuh rohani, orang dalam yg berkenan pada Tuhan. Sebab secara jasmani, kalau belum resmi nikah tidak boleh hidup bersama. Maria adalah istri tunangan Yusuf (bethroted atau espoused wife, KJV), sudah didaftarkan resmi sebagai istri Yusuf, tetapi belum ada hu-bungan tubuh Mat 1:25. Tetapi Maria sebelumnya sudah hamil dari Roh Kudus. 

Kalau kasihnya tidak tidur, ia akan membuka pintu hatinya dan menyam-but Yesus, Firman Yoh 14:23. Orang yg tidak suka akan FT akan lemah dan tidur kasihnya, tidak punyakekuatan untuk berbuat apa yg Tuhan ke-hendaki. 

KID 5:2B. INILAH SUARA KEKASIHKU YG MENGETUK-NGETUK PINTU

Tuhan ketok2 pintu Wah 3:20, tetapi tidak mau menerima suara Tuhan, tetap tidur. Yg menerima suara Tuhan yg cinta Firman Tuhan, akan bangkit dan bangun dgn kasih yg ber-api2.

Karena tidak dibukai pintu, Mempelai laki2 pergi, maka hati ke-kasih perempuan jadi tawar dan kosong. Tanpa kasih Kristus, maka tidak ada kesukaan yg penuh. Akan ada ketawaran dan kehampaan hidup. Kristus, kekasihnya harus dicari kem-bali, ia harus bertobat supaya kasih dipulihkan, bukan hanya bicara kasih, tetapi ada perbuatan kasih, jangan hanya bicara, tetapi ada perbuatan kasih.Harus membereskan hidupnya di hadapan Allah, dan baru dosa dapat dilepaskan dan mendapat perseku-tuan yg manis dan kembali diisi dgn kasih yg mula2.

* Kesempatan yg di-buang2, belum tentu kembali lagi, sebab itu jangan main2 dgn kesempatan yg ada 2Kor 6:2(Ibr 3:15).

Jangan dibiarkan hati kosong dari Kasih, isilah se-penuh2nya, sebab sekali dibiarkan kosong, maka dosa masuk, iblis masuk dan banyak duka-cita dan kepahitan akan mengisinya dan biasanya hati yg kosong akan mudahterisi dgn kebencian dan kepa-hitan, tanda2 pekerjaan setan; atau terang, atau gelap, tidak ada cam-puran, Tuhan tidak mau.

Biar hati kita penuh dgn kasih akan Allah dan sesama, itulah pengikat ke-sempurnaan yg indah, penuh kesu-kaan dan tanda2 hidup iman yg betul.

KID 5:2C. KATANYA, BUKAKAN AKU ADINDA

TUHAN tidak pernah memaksa, ke-cuali untuk meneguhkan keadilan, menghukum, dll. Tetapi Tuhan selalu minta kita mengambil keputusan untuk taat kepadaNya Luk 12:57. Kalau kita memutuskan memilih taat kepadaNya pasti untung besar.

Iblis menipu dan membutakan mata orang2 beriman. Cara kerja iblis berbeda! Menipu, menyesatkan dgn dustanya, menjerat dan memaksakan, sebab dia pembohong, pencuri dan pembunuh Yoh 8:44; 10:10. Jangan tertipu oleh umpan manis dari ma-laikat terang 2Kor 11:14. Tipu daya iblis cocok dgn kehendak daging. Seperti Simson, Amnon, Daud tertipu oleh nafsu sex, Yudas dll oleh cinta uang, Kain, Absalom, Saul oleh iri, tersinggung dan cinta kepujian dan kehormatan manusia dst.

Manusia adalah mahkluk bebas, Tuhan ingin mencelikkan mata kita lalu memilih Tuhan dan mencintaiNya sekalipun ditekan dan diancam dgn banyakresiko oleh iblis dan kaki ta-ngannya. Lebih berat resiko dan an-camannya, mutu pilihannya lebih ber-arti dan besar (bukan memilih karena terpaksa atau tidak ada resiko). Ambil keputusan yg betul, tegas dan setia sampai akhir, sekalipun ada resiko, itu harganya besar dan mulia sampai kekal. Tuhan mengasihi kita, jangan kasih kita luntur oleh tipu daya iblis.

KID 5:2D. KEKASIHKU, MERPATIKU YG SEMPURNA

Kekasihku seperti merpati. Merpati itu tulus Mat 10;16, bahkan lambang dari Roh Kudus Mat 3:16, Luk 3:22, Yoh 1:32.

Dalam kitab Kidung Agung suara kekasih perempuan disebut sebagai merpati yg baik Kid 1:15; 2:14; 4:1; 5:2,12; 6:9. Roh Kudus yg memberi hidup kita tulus, cerdik dan elok seperti merpati. Orang yg dipimpin Roh matanya akan bisa melihat dgn jelas, hidupnya akan suci dan tulus, kata2nya, ada di celah2 bukit batu dalam banyak kesukaran dan bahaya, tetapi sempurna (tidak bercacat-cela) seperti merpati.

Dipimpin Roh itu luar biasa, hidupnya indah, manis, bahkan berkemenangan luar biasa, sebab mau terus dipimpin Roh dalam kesucian dan rencana Allah, selalu mematikan daging sebab taat dipimpin Roh. Hidup seperti ini akan tanpa cacat cela, sesuai dgn Firman Tuhan. Belajar dipimpin Roh dalam perkara kecil-besar dan terus menerus sampai ke akhir, sebab Dia ada di dalam kita, kita sanggup sebab Dia Allah yg Maha besar dan mulia. Jangan ambil keputusan sendiri, selalu ber-tanya2 sampai mengerti dan taat, itu hidup yg luar biasa dan tidak bercacat-cela.

KID 5:2E. KARENA KEPALAKU PENUH EMBUN DAN IKAL-IKAL RAMBUTKU BERTETESAN EMBUN MALAM

Jikalau tengah malam kepalanya ba-sah, tentu tidak enak. Jangan sampai kita mendukakan hati Tuhan, sebab menuruti daging, itu jadi perkara yg tidak enak, dan tidak menyenangkan bagi Tuhan, makan hati. Kalau tidak bertobat tentu ada akibatnya sebab menuruti daging, tidak mau menurut Roh, itu mendukakan hati Tuhan. Se-gala dosa kedagingan akan bermun-culan Gal 5:19-21. Kalau tidak berto-bat, dosa akan tumbuh makin banyak, makin besar dan akhirnya binasa!

Sempurna itu berarti sama seperti Kristus dalam semua segi hidup, semuanya menjadi sempurna, sebab dalam segi hidup itu ada kasih. Segala segi hidup kita akan jadi sempurna, kalau ada kasih dan kasihnya terus bertambah sampai penuh, sempurna. Jadi dgn demikian satu per satu segi hidup kita bisa tumbuh jadi sempurna dgn kasih, pengikat kesempurnaan.

Dgn demikian seorang akan tumbuh jadi sempurna, kalau semua segi hidupnya (sejak dari pikiran, kata2 dan perbuatannya, bahkan cita2nya) semua berisi dan diikat dgn kasih yg penuh. Memang ukurannya adalah kasih. Begitu juga diantara suami-istri. Tubuh istri milik suami dan tubuh suami milik istri 1Kor 7:1-4. Sebab itu dalam kasih daging atau naluri sex, diantara suami-istri sendiri bukan dosa, sebab tubuh istri adalah milik suami dsb.

Bagaimana dgn rohnya? Rohnya menjadi satu diantara suami dan istri = 1+1=1 Mat 19:4-5.

Milik bersama sebab cinta, mau menyerahkan diri untuk istri dan istri untuk suami. Sebab itu dgn senang hati suami berani berkorban untuk istri dan sebaliknya Ef 5:25.

KID 5:3. ALASAN KEKASIH PEREMPUAN

1. Sudah didengar, tetapi tidak ber-tindak, masih pikir2, mendua, padahal Tuhan cinta kita. Jangan ragu2, kalau yakin dari Tuhan, langsung taat, itu indah, tidak sampai kehilangan waktu, kesempatan dan rencana Allah yg terindah.

2. Kalau menunda, ruginya besar.

a. Kesempatan hilang, tidak bisa kembali penuh, bahkan hilang semua.

b. Bagian yg tertinggi dan ter-indah dari rencana Tuhan biasanya hilang dahulu, yaitu yg sempurna (ayat 2), seperti Daud. Betul Daud bertobat sungguh2, tetapi puncak rencana Allah (yaitu jadi sempurna dan ikut kebangkitan sulung hilang, kuburan dan tulang2nya masih ada, tidak seperti Yusuf yg diperhitungkan tulang2nya, mungkin sekali ikut kebangkitan sulung Kej 50:25).

c. Makin lama makin sulit untuk bertobat kembali dan kesempatan untuk bertobat makin habis. Mengapa Miryam, Naaman bisa pulih dari kustanya, tetapi Gehazi, Aza dll tidak bisa pulih. Sebab keras hati dan menunda, sehingga kesempatan itu makin kecil dan makin sulit untuk kembali. Seperti Yudas dan Saul, tidak bisa “kembali dari Neraka”!

d. Makin lama makin banyak pengorbanan terbuang sia2. Misalnya korban dalam usaha untuk tumbuh 10%, untuk pemulihan 40%,  untuk memperbaiki yg rusak 50%,  maka 90% pengorbanan dan usahanya sia2. Hanya 10% untuk tumbuh, itupun sulit dan lambat sebelum pulih! Kalau tidak berdosa atau dari permulaan langsung taat, maka 90% dari usaha dan pe-ngorbanannya untuk pemulihan dan memperbaiki kerusakanbisa dipakai semua (90% + 10% = 100%) untuk pertumbuhan, sehingga bisa tumbuh cepat dan indah, dan itu untuk selanjutnya sampai kekal.

Jadi kalau tidak langsung taat atau bertobat, maka kerusakan bisa makin berat dan banyak pengorbanan sia2, rugi besar. Jangan lambat, kalau yakin itu dari Tuhan, langsung bangkit dan taat. Kesempatan yg terindah, juga tingkatan yg sempurna (jadi mempe-lai) itu bisa hilang sebab menunda untuk taat, karena:

a. Gugur dalam ujian.

b. Sebab dosa.

c. Sebab mendua, setengah hati.

Jangan tunda, lakukan yg dikehendaki Tuhan atau kalau bertobat, langsung bertobat. Ini adalah kehendak Tuhan, tetapi menunggu dan menunda ada-lah kehendak iblis. Rugi dan celaka!

KID 5:3A. SAYA SUDAH MELEPASKAN BAJUKU, BAGAIMANA SAYA AKAN MEMAKAINYA KEMBALI?

Ada dua macam baju: baju tidur dan baju kerja. Secara jasmani mutlak per-lu tidur, tetapi secara rohani tidak perlu rohani kita tidur, kita bisa pakai waktu kita yg ada semuanya untuk bekerja buat Tuhan! Ini bisa digam-barkan seperti lima gadis bijak, tidak punya baju tidur, tetapi lima gadis bodoh punya baju tidur bahkan bisa banyak dipakai (baju tidur), sehingga  merugikan. Seorang yg cinta Tuhan dan taat dipimpin Roh akan berusaha selalu ber-jaga2 Mat 24:42, terus pakai baju kerja, hidup untuk Tuhan Fil 1:21. Orang yg dipimpin Roh, selalu berjalan dgn Tuhan dalam kesucian dan taat akan pimpinan Roh, ini seperti lima gadis bijak yg selalu siap, taat melakukan Firman Tuhan dalam pimpinan Roh, ini indah, akan ikut dalam pengangkatan. Tetapi orang yg punya baju tidur = istirahat, rileks, tidakmelakukan pekerjaan dan pim-pinan Tuhan, biasanya menuruti kehendaknya sendiri. Baju tidur ini bisa netral, tetapi bisa tiba2 jadi dosa sebab menuruti daging, tidak dipimpin Roh. Dan kalau timbul dosa, tidak langsung bertobat dgn tegas Ibr 3:15, dosanya akan cepat bertumbuh dan merusakkan banyak hal. Hati2, jangan buang waktu dgn baju tidur, tidak memakai baju kerja, padahal Tuhan sudah bicara tetap pakai baju tidur, tidak mau ganti baju kerja. Meskipun istirahat sekedar untuk “intermeso” atau selingan hal untuk menyegarkan, tetaplah dipimpin oleh Roh supaya jangan dijerat atau dijerumuskan da-lam dosa sebab setan punya banyak cara dan jerat untuk menjatuhkan dan jadi celaka. Sekalipun istirahat atau waktu2 untuk selingan jangan netral, tetap dipimpin Roh. Misalnya jalan2 dgn keluarga, rekreasi yg tidak ber-dosa, berkeliaran dalam medsos, te-tap dipimpin Roh, sebab kalau tidak, mudah ditipu dan dijerat keinginan daging, dosa, dunia dan iblis. Bersu-kacitalah selalu dalam Roh Fil 4:4,7, sehingga kita selalu dipimpin Roh dan kalau ada “perintah” Roh Kudus untuk melakukan sesuatu, kita langsung taat, baik dalam senang atau susah 2Tim 4:2, tetap taat. Sukacita kita di dalam Tuhan itu indah dan kita akan tetap tumbuh dalam rencana Allah. Jangan pakai baju tidur lepas dari pimpinan Roh, nanti dipimpin daging dan setan,sehingga timbul dosa dan merusakkan hidup kita, lebih2 ting-kat2 yg tinggi dan indah, bisa hilang! Jangan seperti kekasih perempuan ini yg pakai baju tidur dan menolakTuhan (tetap pakai baju tidur, tidak mau bangun) sebab suam, ragu2, dan jatuh dalam dosa.

Pakai terus baju kerja untuk Tuhan (Fil 1:21), sehingga tetap berjalan dgn Tuhan dalam segala sikon dan boleh terus tumbuh dalam rencana Allah yg indah untuk selamanya.

Kadang2 Marta tampaknya aktif, melakukan pelayanan, tetapi sebe-tulnya selingan2 daging/ duniawi yg menarik untuk orang yg suam dan hidup dalam dosa (sebab tidak punya kesukaan dari Tuhan Yoh 4:13-14). Tetapi jadilah seperti Maria, Henokh, Musa yg selalu hidup dgn Tuhan, pakai baju kerjasehingga tumbuh dgn indah dalam rencana Allah.

KID 5:3B. SAYA SUDAH MENCUCI KAKIKU, BAGAIMANA SAYA BISA MENGOTORINYA LAGI?

Kalau keluar, jalan, resiko kaki jadi kotor kembali. Kekasih perempuan ini tidak mau ambil resiko kotor, tinggal tidur saja. Begitu hidup dalam dunia ini suatu peperangan dgn iblis Ay 7:1, sehingga kalau kalah, hidup jadi kotor karena dosa. Perempuan ini tidak mau perang dgn iblis, tidak mau mengha-dapi pencobaan dll supaya tidak resiko kotor! Setiap perjalanan hidup di mana2 saja, selalu ada resiko jadi kotor, timbul dosa. Iblis selalu siap menyerang seperti singa mencari mangsa 1Pet 5:8.

Juga dunia dan daging ini ingin dituruti sehingga jatuh dalam dosa. Jangan takut keluar menghadapi per-gumulan dan penuh dgn iblis dalam segala segi, apalagi dalam tugas. Dgn Tuhan kita pasti menang dan ber-tumbuh makin rohani Rom 8:31,37. Hadapi segala kemungkinan dgn berjalan dalam Roh, jangan semau kita sendiri. Kalau toh terjadi apa2 yg tidak menyenangkan, itu tidak kebe-tulan dan dgn Tuhan kita pasti me-nang. Jangan takut jalan dalam dunia ini, sekalipun banyak tantangan, lebih2 tantangan akhir zaman!

KID 5:4-6. TERLAMBAT MENJAWAB TUHAN

Akhirnya perempuan ini sadar dan mau bangun dan mau menjumpai kekasihnya yg sudah lama me-ngetuk2 dan menunggu di muka pintu. Ia bangun tetapi terlambat.

KID 5:4A. KEKASIHKU MEMASUKKAN TANGANNYA PADA LUBANG PINTU

Lubang apakah ini? Ini lubang hanya cukup untuk tangan. Dalam Terje-mahan Lama: kisi2 atau ruji2, hanya tangan bisa masuk, orangnya tidak masuk, sampai akhirnya ia pergi. Ia hanya mengetuk pintu dan beri tan-da2 dgn tangan yg masuk lubang yg ada, kekasihnya mendengar, tetapi mula2 ragu2, baru lama kemudian hatinya tergerak, tetapi waktu ba-ngun, sudah terlambat, kekasihnya sudah pergi. Ada satu ukuran yg pen-ting kita ketahui, yaitu kalau sudah habis waktunya, itu berarti terlambat, ia sudah pergi dan kesempatan itu hilang! Jangan sampai terlambat.

Seringkali Tuhan bicara melalui macam2 jalan dan cara, ada yg mau dengar, ada yg tetap ragu2 dan menunda, ada yg tidak peduli.

Kadang2 lewat mimpi, lewat khot-bah, lewat peristiwa yg enak atau tidak enak dll. Biasanya cara yg umum, Roh Kudus langsung bicara dalam hati kita (harus bisa dibedakan dari suara hati, suara dunia dan setan) atau dalam doa dan pembacaan Fir-man Tuhan. Kalau sudah yakin itu kehendak dan suara Tuhan, kita harus taat, tetapi kadang2 seorang tetap ragu2, tentu ini berbahaya, sebab setan, daging dan dunia juga banyak berbicara, jangan sampai keliru se-perti Petrus mendengar suara hati nuraninya dan menasehati Putra ma-nusia Yesus dgn manis, tahu2 ia ditegur, bahwa itu suara iblis dan Petrus terkejut Mat 16:22-23.

Ada seorang mobilnya kena ke-serempet di jalanan, langsung ia sadar itu dari Tuhan, ia langsung pulang dan membatalkan rencananya yg salah.

KID 5:4B. MAKA HATIKU TERGERAK KARENA DIA

Akhirnya hatinya tergerak lalu mulai mau bertindak mentaatinya, ia ba-ngun dan dgn tegas membuka pintu, tetapi terlambat!

Tidak ada orang di depan pintu, kekasihnya sudah pergi dan ia tidak menemukan apa2. Jangan bereaksi sesudah terlambat, jangan menunda. Tuhan menunggu reaksi ketaatan kita, jangan tunda, jangan sampai ter-lambat. Juga kita kadang2 menunggu Tuhan cepat atau lama, tentu kita ingin Tuhan segera menjawab. Yere-mia ditanya orang Israel (Yohanan dll) ia berdoa, kemudian 10 hari baru dijawab Yer 42:7. Allah tidak pernah salah atau terlambat, Dia datang pada waktu yg tepat pada sikon yg tepat. Tetapi bagi kita, istimewa kalau ber-dosa, maka segera kita dengar sua-raNya, segera bertobat dan taat Ibr 3:15, tetapi yg paling baik jangan sampai berdosa; Ingat kebenaran Fir-man Tuhan Maz 119:11, dan langsung ambil tindakan yg betul dgn bersandar pada Tuhan, pasti Tuhan tolong dan kita terhindar dari jerat daging, dunia dan iblis.

Scroll to Top