M4290 – Pencegahan dan Kesembuhan

I.PENDAHULUAN

Orang beriman masih bisa sakit, tetapi beda dengan orang dunia sebab:

  1. Sehat adalah kehendak Tuhan, bukan sakit2an3Yoh2. Kita pasti bisa hidup sehat, jangan kuatir. Kalau sakit biasanya ada sebabnya.
    2.Mereka tetap dalam pantauan (diketahui) Allah. Misalnya Elisa yang penuh mujizat dan bisa membangkitkan anak perempuan Sunami, tetapi ia sendiri sakit yang membawa matinya 2 Raj 13:14

Tidak ada yang kebetulan, bahkan Tuhan menghitung setiap rambut kita begitu teliti Luk 21:18 , Mat10:30.

3.Sehat, sembuh dan umur kita ada dalam tangan Tuhan Allah. Ia sanggup menjaga kita tetap sehat 3 Yoh 2, dan kalau sakit disembuhkan 1 Pet 2:24 juga mati hidup itu ditentukan Allah 1 Sam 2:6, jadi sehat, sembuh dan umur dari anak-anak Allah ada dalam tangan Allah.
Pencegahan secara umum, ini lebih baik daripada pengobatan .

Perlu usaha2 pencegahan supaya:

1.Tidak sampai sakit.
2. Kalau toh mulai sakit, segera diobati itu jauh lebih mudah daripada kalau sudah terlambat.

Pencegahan bagi umat Tuhan. Bagi Tuhan : sudah termasuk dalam kehendak Tuhan, Dia sanggup mencegah.

Tuhan dapat mencegah penyakit seperti pada orang Israel lepas dari bala-bala Mesir, baik secara  umum Kel 11:7 atau secara pribadi. Kel 23:25.

Bagi kita , adalah kewajiban kita memelihara kesehatan dan mencegah jangan sampai sakit, pelihara tubuh dengan baik, bukan merusakkan tubuh ini. Misalnya minuman keras, rokok, napsa. 1 Kor 3:17.

kita wajib memelihara tubuh kita tetap sehat dengan cara-cara yang sudah kita ketahui misalnya cara hidup sehat jangan diabaikan, kita lakukan dengan secukupnya, bukan dengan ketakutan atau berlebih-lebih. Misal makan minum sepantasnya (Mat 15:32), beristirahat (Mrk 6:31).
Apa yang baik yang sudah kita tahu, perlu kita lakukan sepantasnya untuk menjaga tetap sehat Pil 4:8-9 makan minum dengan patut, pencegahan dalam masa wabah dengan protokol kesehatan dan lain-lain yang kita tahu.

Tinggallah dalam pengurapan Roh Kudus yang makin limpah Yoh 3:34, di dalamnya sudah termasuk segala kemenangan iIlahi, juga tubuh yang sehat dan pencegahannya.

CARA MENYEMBUHKAN

  1. Secara jasmani,

Memakai obat yang tepat boleh, Misal 1Tim 5:23, tetapi jangan hanya bersandar dan harap pada obat, nanti kecewa. Tetap berharap pada Tuhan, sebab sehat, sembuh, umur itu dalam tangan Tuhan yang tidak terbatas

Semua yang baik boleh kita pakai, tetapi semua itu tetap  terbatas, tetapi Allah dan janji2Nya tidak terbatas.

Perhatikan jangan memakai kuasa gelap atau hal2 yang tidak jelas.

  1. Secara rohani. Tetap hidup benar dihadapan Tuhan (MAK DSY) sebab kalau hidup dalam dosaakan kena hajaran Ibr 12:6 antara lain dengan penyakit ringan atau berat dll, kalau mau bertobat, darah Yesus mengampuni dosanya, itu menyembuhkannya, kecuali dosanya sudah melewati batas 1Kor 5:5.
  2. Tetapi orang yang hidup benar masih bisa mengalami hal-hal yang celaka (misalnya sakit) sebagai pengolahan dan ujian baginya! Jangan bereaksi dosa, hadapi dengan iman sampai sembuh 1Pet 2:24

III. EMPAT MACAM PELAYANAN KESEMBUHAN

1.Setiap orang percaya bisa disembuhkan, baik untuk dirinya sendiri atau orang lain dengan percaya. Mrk 16:17-18

2.Semua pelayan Tuhan dan pimpinan dalam pelayanan bisa mendoakan untuk kesembuhan. Yak 5:4. Mrk 6:12-13, Mat 10:1,8 layani dengan iman dan tulus.
3.Dengan salah satu karunia karunia Roh Kudus,yaitu karunia kesembuhan 1Kor 12:9. Kalau seorang penuh dan dipimpin Roh, pada saat yang diperlukan, Roh Kudus menggerakkan nya untuk mendoakan kesembuhan orang-orang yang dilayaninya, juga bisa untuk dirinya sendiri.
4.Jabatan kesembuhan 1 Kor 12:30 (29-30).

Orang ini pelayanan selalu tentang kesembuhan, bukan untuk mengajar, bukan untuk pelayanan nabi atau rasul dll, tetapi selalu melayani untuk menyembuhkan orang sakit yang mau percaya Tuhan Yesus.

Berapa persen yang sembuh, tergantung dari imannya, sebab itu jangan ragu2, percayalah.

BERAPA WAKTU YANG DIBUTUHKAN?

Ada yang langsung sembuh (ada banyak contoh, ini yang utama) ada yang tidak langsung, menunggu beberapa waktu misalnya Mat 8:3, Luk 17:4 ada yang disuruh melakukan sesuatu lebih dahulu misalnya Yoh 9:7. Naaman harus mencelupkan tubuhnya di sungai Jordan 7 kali 2 Raj 5:10 dll, tetapi jangan putus asa, asal hidup benar atau kalau ada dosa bertobat sungguh-sungguh, kalau belum sembuh, tunggu dan minta lagi pada Tuhan sampai sembuh kecuali jatah umur hidupnya habis seperti Elisa , Hizkia dan lain-lain.

SEMBUH DENGAN IMAN

Semua janji-janji firman Tuhan, termasuk janji kesembuhan dalam Alkitab, itu kita dapatkan dengan iman. Jadilah sesuai dengan imanmu Mat 8:13; 9:29. Misal: perempuan yang sakit pendarahan, ia percaya, kalau menjamah kelim jubah Yesus, maka ia akan sembuh, maka tanpa didoakan Putra manusia Yesus, ia menjamah saja dan sembuh Mat 9:20,21; 14:3 dll. Jangan ragu-ragu, sebab yang bimbang tidak dapat apa-apa Yak 1:6-7.

Bahkan apa yang selalu dikuatirkan atau ditakuti itu akan jadi baginya. Ini percaya yang negatif, maka celaka yang dikuatirkan itu, justru terjadi padanya.Ayb 3:25. Sebab itu orang2 beriman, jangan sampai punya iman negatip, tetapi iman yang betul, sesuai Firman Tuhan sehingga menerima janji-janji Allah yang tertulis dalam FirmanNya.

Tetapi sebaliknya, jangan mencobai Tuhan, jangan sengaja menantang bahaya (“njarak”).Mat 4:7.

  1. BAGAIMANA BISA MENDAPATKAN IMAN?

Iman itu barang impor, diterima dari Tuhan. Kalau buatan orang itu sendiri namanya: optimisme, percaya dirinya atau iman akal, ia yakin menurut perhitungan akalnya. Hasilnya lumayan sesuai dengan kemampuannya ( sebab manusia itu ciptaan Allah yang tertinggi) tetapi tetap terbatas, bahkan sangat terbatas, apalagi kalau terganggu oleh sikon, orang lain iblis dll. Jangan bergantung kekuatan sendiri, terbatas,  bisa celaka Yer 17:5, haraplah pada Tuhan.

Jangan menuruti kuatir, takut, itu iman negatif, harus dibuang dengan pertolongan Tuhan yaitu dengan pengertian Firman Tuhan dan kuasa Roh Kudus, teruslah berdoa dalam Roh dan kebenaran.

Untuk punya iman kita harus:
1.Minta dari Tuhan Luk 17:5, sebab itu kita terus lekat denga Tuhan dengan rutin hidup suci, dipimpin Roh. Maka proses medapatkan iman, menjadi mudah.

  1. Dari Firman Tuhan, datang iman Rom 10:17. Orang yang cinta Firman Tuhan itu untung, sebab Firman itu “bahan mentah” yang jadi iman oleh pekerjaan Roh Kudus 2Raj 3:6.

Sebab itu perlu membaca, mengerti dan memegang Firman Tuhan, istimewa disini tentang kesembuhan dalam pengurapan Roh Kudus.
3. Dengan pertolongan Roh Kudus, Firman Tuhan akan dihidupkan dalam hati kita, sehingga menimbulkan iman 2Kor 3:6. Sebab itu kita perlu baptisan Roh Kudus (sehingga bisa berkata-kata dalam bahasa lidah Kis 2:4,38. Tidak heran kalau orang Kristen yang berkata-kata dalam bahasa lidah, frekuensi kesembuhan ilahi jauh lebih banyak daripada yang menolak atau tidak mau berkata-kata dengan bahasa lidah sebab Roh Kudus yang membuat Firman Tuhan hidup dalam hati kita dan menjadi iman yang hidup.

(Kadang-kadang orang yang belum kenal Tuhan, punya iman, sebab dia mencari dan berharap Tuhan, Ia tahu dari kesaksian dan penjelasan yang pernah didapatnya sehingga timbul iman dari Tuhan ( Roh Kudus yang selalu standby, tahu dan menimbulkan uman didalamnya

M4290/ 17 Jan 21

Roh Kudus memberikan iman dalam hati kita dengan

3a. Mengingatkan janji-janji Allah dalam ayat-ayat Firman Tuhan yang tepat untuk kebutuhan kita. Yoh 14:26, dan Roh Kudus menghidupkan ayat itu dalam hati kita, sehingga timbul iman. Kalau kita suka mengingat-ingat, membaca dan merenungkan Firman Tuhan, itu jauh lebih untung; pada saat kita memerlukan akan lebih mudah ingat janji Firman Tuhan dan mempercayainya.

3b. menghidupkan huruf-huruf Firman Tuhan yang mati 2Kor 3:6. Seringkali kita tidak mengerti dan tidak bisa mempercayai ayat-ayat Firman Tuhan, seolah-olah huruf-huruf yang mati , seperti huruf2 pada umumnya. Tetapi kalau kita penuh, dan mau taat dipimpin Roh, maka huruf2 yang mati itu bisa hidup, bisa bercerita, menggerakkan pikiran kita sehingga kita bisa mengerti. Memang Roh Kudus yang membawa kita pada segala kebenaran Yoh 16:13 sehingga bisa mengerti, sebab Roh Kudus adalah Allah, yang menyatakan  rahasia-rahasia Firman Tuhan yang kita perlukan dan  menjelaskannya pada kita, sehingga timbul iman! 1Kor 2:10.

Sebab itu kalau kita selalu bersedia seperti ligabis, maka kita akan lebih mudah mengerti Firman Tuhan, sebab pengertian Firman Tuhan itu bukan semata2 oleh kepintaran manusiawi, tetapi diberikan oleh Roh Kudus. Belajar sampai pintar itu baik (itu mengasah otak kita), tetapi kita mengerti Firman Tuhan bukan karena kepintaran manusiawi semata2, tetapi sebagai karunia, pemberian dari Tuhan Luk 10:21 1Kor 1:25,27. Tuhan

memberi karunia mengerti rahasia kerajaan Surga tidak pada semua orang Mat 13:11 tetapi pada mereka yang “ada di dalam” Mrk 4:11 yaitu yang lekat kepadanya seperti carang dalam pokok dan penuh dipimpin Roh.

3.c. Dengan doa dalam Roh (dengan bahasa lidah) dan kebenaran. Yoh 4:23-24.

Ini banyak faedahnya antara lain: iman jadi kuat 1Kor 14:4 TL). Kalau imannya lemah, kita tidak dapat memperoleh janji2 Allah, rugi. Kalau kita menghadapi hal-hal yang  sulit dan berat, rasa2nya mau gagal, jangan menuruti rasa susah atau putus asa,

tapi bergumul, berperang, bangkitlah dengan Tuhan, berdoalah dengan bahasa lidah terus-menerus maka iman kita akan dikuatkan, sehingga dengan iman kita bisa menang.

Begitu Indah bahasa lidah dan hidup benar (Yak 5 16), sebab ini bukan doa kita sendiri, tetapi ber-sama2 dengan Roh Kudus yang berdoa untuk kita kepada Bapa Roma 8:29, kita hanya bekerjasama dengan lidah kita dalam hidup yang benar. Ini doa yang luar biasa, iman kita jadi kuat.

Kita bisa mengambil kesembuhan dengan iman yang sudah dikuatkan waktu berdoa dalam Roh dan kebenaran!

  1. Tolong menolong menguatkan iman.

1Kor 14:26 yaitu dengan nasehat, kesaksian, Firman Tuhan, mendoakan, pelayanan dalam Roh, kalau perlu menegur dan lain-lain, supaya imannya dikuatkan dalam persekutuan tubuh Kristus. Dalam persekutuan, jangan malah ditakut-takuti dan dilemahkan. Kalau kita bisa bersekutu dalam Roh itu yang seharusnya dan itu akan lebih banyak menguatkan iman masing-masing. Dalam Tubuh Kristus kita perlu saling mendoakan, seperti Musa Hur Harun berdoa Kel 17 11, maka Yusak yang berperang di bawah dengan orang-orang Israel yang lain beroleh kemenangan. Begitu kalau iman dikuatkan, kita bisa menerima kesembuhan dengan iman.

 

  1. Tumbuh dalam pelayanan2Tim 2:20-21, lebih2 pelayanan dalam pimpinan Roh Kudus, iman akan makin kuat.

VII. TINDAKAN IMAN.

Kalau sudah yakin, bertindaklah dengan iman Yak 2:17,20,22 dengan kata-kata iman Rom 10:17 (bukan dengan kata-kata negatif, ingat Ayub 3:25.  Juga jangan mengeluh sebab tidak percaya dan putus harap, apalagi dengan kata-kata yang melawan Firman Tuhan dan Allah!) Bertindaklah dengan iman, tinggalkan rasa sakit dan lemah dan lain-lain.

Kalau belum bisa bertindak dengan iman, imannya terasa lemah, jangan bingung, minta Iman dari Tuhan, lebih-lebih dengan berdoa lagi dalam Roh dan kebenaran.

Allah kita adalah Bapa, pasti akan menolong anak-anaknya dengan cinta, pasti, jangan ragu-ragu, jangan ditipu iblis. Percayalah Dia baik Lukas 11 10-13; 17:5.

Terus berdoa, lebih-lebih dalam Roh dan kebenaran, terus, Dia pasti akan menolong dengan kasih. Tentu kalau ada dosa, jangan keras hati, itu penyebab celaka besar sampai ke neraka.

Kalau masih ragu-ragu, jangan mengatakan kata-kata atau melakukan tindakan iman, tetapi doa lagi dalam Roh dan kebenaran sampai yakin lalu bertindaklah, kesembuhan akan terjadi dengan iman.

VIII. Perang lawan iblis Ef 6 12

Kita tahu atau tidak, iblis akan selalu bekerja sebab iblis tidak pernah libur, cuti , dia selalu ikut bekerja, sebab itu kita harus selalu disertai Roh Kudus sebab itu berarti selalu ada hikmat dan kuasaNya.

Sekalipun kita tidak tahu, tidak merasa, kalau kita berdoa dalam Roh dan kebenaran, itu sudah termasuk melawan pekerjaan setan. Sebab Roh Kudus tidak seperti kita, Dia melihat dengan jelas gerak iblis, bahkan tahu semua rencana dan keinginannya. Sebab itu ngototlah terus berdoa dalam Roh dan kebenaran.

Kalau tahu, merasa yakin atau diingatkan Roh Kudus ada serangan2 langsung dari setan, lawan dia dengan kuasa, dan kata-kata dari Roh Kudus. Jangan obral kata-kata yang sia-sia tetapi minta pimpinan Roh, usir pekerjaan iblis dengan yakin. Mrk 16:17. Akan tampak perubahan.Jangan takut, tetapi tetap dipimpin Roh.

  1. TETAP DALAM JALUR RENCANA ALLAH.

Tidak ada yang terjadi kebetulan bagi umat Tuhan Lk 21:18, selalu diatur Allah dengan sempurna, tidak lebih dari kekuatan kita 1Kor 10:13 dan kalau kita lulus, itu semua akan menjadi kebaikan bagi kita Rom 8:28 dalam rencanaNya yang heran dan besar Ef 2:10 1Kor 12:6 Yer 29:11, sebab itu tetaplah dalam kesucian (MAK DSY). Dan kalau sudah berhasil, tetaplah rendah hati, dan hidup dalam kesucian terus minta pimpinan Roh, rutin dalam kesucian dan 7KPR.

Kita tidak tahu detil rencana Allah, tetapi kita tahu ril rencana Allah yaitu hidup sesuai FT, maka kita akan masuk stasiun2 rencana Allah, sehingga kita bisa menggenapi setiap bagian dari rencana Allah bagi kita. Lebih banyak bagian2 rencana Allah yang kita genapkan, lebih lengkap, hasilnya akan lebih indah.

 

Rencana Allah itu termasuk hidup buat yang sehat, bukan sakit2an dalam rintihan sakit atau tidak bisa berbuat apa2, atau pikun, sebab berjalan dalam rencana Allah berarti akan terus tumbuh, terus maju. Jangan sampai ada bagian2 dari rencanaNya kelewatan, apalagi batal!

Bahkan kalau kita termasuk generasi akhir zaman, kita akan tetap sehat, tetap hidup tanpa kematian untuk ikut pengangkatan.

Kalau problem plus pencobaan yang kita hadapi makin dahsyat keadaannya, berarti ujiannya makin berat, kalu lulus, kita akan meningkat makin tinggi dan makin besar rencana Allah yang akan kita alami.

Apalagi dalam kesukaran kesukaran global, itu berarti rencana Global Allah mulai digenapkan.

(Iblis sudah lama ingin menguasai seluruh dunia, tetapi tidak akan berhasil kalau belum diizinkan Allah, yaitu dalam M70D. Tetapi Tubuh Kristus global juga adalah salah satu rencana Allah dan akan terbentuk lebih dahulu, ini tanda2 mendekati M70D ! )

Untuk tinggal dalam rel rencana Allah, kita perlu (selain yang diatas) perlu  bersekutu dalam Roh Yoh 17:23, dalam kesucian dan kasih dalam tubuh Kristus 1Yoh 1:7. Persekutuan ini akan terus meluas sampai akhirnya masuk persekutuan Tubuh Kristus global.

Masih ada banyak hal2 yang akan terjadi, kalau setiap ujian kita lulus, itu indah, sebab kita bisa mengalami lebih banyak rencana Allah dengan lengkap, lebih2 kalau kita mengerti jadwal akhir zaman yang sudah ditulis dalam Firman Tuhan Mat 13:23, 2Raj 2:10.

Berjaga2lah, sebab kalau M70D mulai, hanya tinggal 3,5 th lagi !)

Memang sekarang belum, tetapi waktunya pasti datang sekalipun kita belum tahu saatnya. Tumbuhlah terus dengan efektip dan lebih cepat dengan ber-buah2, itu berarti dengan menyelamatkan jiwa2 dan saling tolong menolong dalam tubuh Kristus, sehingga tumbuh bersama dalam Kristus.

Kesimpulan.

Sehat jasmani rohani adalah salah satu rencana dan kehendak Allah. Sebab itu dengan iman, tetaplah dalam  keadaan jasmani dan rohani yang sehat. Jangan ragu2, percayalah, bahwa adalah kehendak Allah bahwa kita tetap sehat sebagaimana roh kita juga sehat 1Yoh 3:2. Hadapi semua penyakit dengan iman, juga untuk saling mendoakan dan menguatkan iman saudara2 kita.

Dengan rohani dan tubuh yang sehat kita melakukan kehendak Allah, sekaligus berbuah jiwa2 ( 3 angka kedatangan Tuhan) dan tumbuh bersama, makin tinggi sampai puncak rencana Allah.

Nyanyian: BilurNya 3x sungguh heran

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top