M3846 – Wahyu 6:7-8. Sungai Kematian Dalam Minggu Ke-70 Daniel.

NUBUATAN FIRMAN TUHAN.

Ayat2 ini menubuatkan bahwa akan ada suatu aliran atau sungai atau tsunami kematian yang akan mengalir di akhir zaman ini. Dalangnya adalah iblis Yoh 8:44.

Dalam ayat2 ini (Meterai IV) maut akan ber-edar2 di seluruh bumi, bahkan naik kuda abu2 dan membawa Hades (alam maut) menerkam atau menyeret 1/4 penduduk bumi masuk dalam Hades yang mengikutinya, dahsyat sekali. Kalau kita memperhatikan dan mentaati Firman Tuhan, kita bisa lepas daripada sungai Hades ini dan bisa menolong orang2 lain juga.

Pada waktu Israel keluar dari Mesir, ini juga terjadi, malaikat maut itu mengambil semua anak sulung, sehingga semua rumah di Mesir kena sampai putra sulung Firaun dan juga binatang2nya. Kel 12:22-23, 29-30. Kalau satu rumah tangga terdiri dari 4 orang, maka jumlahnya juga 25%. Ini merupakan bala 10 dari Mesir. Exodus ini juga membayangkan keluarnya umat Tuhan dari dunia.

Memang dalam banjir dosa itu ada banjir (tsunami) kematian sebab upah dosa itu maut. Rom 6:23.

Jadi dari nubuatan dalam Wah 6:7-8 itu akan ada sungai kematian di seluruh dunia yang dalam 7 tahun makan habis seluruh penduduk dunia, tetapi “Nuh dan keluarga” yaitu tubuh Kristus global akhir zaman masuk dalam “bahtera keselamatan” yaitu pengangkatan. Tidak seperti zaman Nuh dan Lot, orang2 berdosa yang melebihi batas itu dibinasakan ber-sama2 sekaligus, tetapi dalam Minggu ke-70 Daniel yang berakhir dengan perang Harmagedon, itu terjadi bertahap dan baru habis sesudah 7 tahun. Sebab itu tampaklah sungai kematian itu mengalir dalam 7 tahun, begitu mengerikan sampai akhirnya seluruh dunia masih di dalamnya, kecuali yang ikut pengangkatan (dan yang lolos masuk kerajaan 1000 tahun sebab tidak ada cap Antikris).

RINGKASAN WAH 6:8.

  1. Kelabu campuran putih dan hitam. Norma2 benar dan salah, kabur dan campur baur, tetapi orang yang cinta Firman Tuhan tetap benar di hadapan Allah.
  2. Mengapa semua berakhir dengan maut? Ini tabiat iblis, benci dan pembunuh Yoh 8:44. Semua dosa selalu ada benci dan akhirnya jadi pembunuh. Makin tinggi tingkat dosa, kebencian itu makin cepat berubah menjadi pembunuhan. Bayangkan kalau semua benci berubah menjadi pembunuhan, akan ada begitu banyak pembunuhan; sehingga akhirnya jumlahnya 1/4 penduduk dunia, bahkan lebih. Tuhan tidak ingin seorangpun binasa.
  3. Maut diikuti Hades = alam maut, tetapi Gereja akhir zaman tidak mati, ikut pengangkatan.
  4. Sebab kematian.
  5. Pedang, benci dan bunuh, istimewa oleh 3 Antikris.
  6. Kelaparan, kesulitan akhir zaman. Jangan takut Mat 6:33, Yes 60:5; 61:6.
  7. Kematian, yang tidak wajar lebih banyak, juga oleh occultisme.
  8. Binatang buas, penyakit, malapetaka dan tabiat binatang.

Semua ini bala2 yang makan korban dan membuat sungai kematian mengalir selama 7 tahun sampai semua binasa.

 

III. BAGAIMANA BISA LEPAS DARI SUNGAI KEMATIAN?

Goal, lepas dari maut dan neraka, selamat dan tumbuh dalam kemuliaan Tuhan.

Hanya ada 2 golongan yaitu gelap dan terang, Tuhan dan iblis. Sekarang masih campuran, juga dalam Gereja masih campuran, tetapi pada waktunya umat Tuhan akan terpisah dalam 2 golongan besar, yaitu golongan keluarga Nuh dan orang banyak yang akan ikut dalam sungai Hades seperti hukuman Allah turun atas Sodom Gomora dan zaman Nuh. Kita akan lepas kalau kita masuk dalam golongan Gereja akhir zaman yang dinubuatkan dalam Wah 12:1.

Rencana Allah akan ditamatkan, baik dosa dihukumkan dan Gereja akan disempurnakan, lalu Tuhan Yesus datang dan selesailah rencana Allah sepanjang zaman. Bagaimana kita bisa ikut serta dalam rencana penamatan Allah ini?

Kita hanya bisa lulus dan sekaligus diolah masuk dalam zaman keemasan Gereja, yaitu kalau kita menjadi seperti Wah 12:1. Ini kunci yang ajaib untuk lolos dan lulus dari zaman ini.

Orang2 yang bisa masuk dan tergolong dalam perempuan ini, yaitu Gereja akhir zaman, tubuh Kristus global, ini adalah orang2 yang melewati Polarisasi Wah 22:11 dan lulus dalam masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17, Yez 9:6. Bagaimana syarat2nya atau model orang yang lulus ini, yaitu anggota tubuh Kristus global ini?

  1. Dipimpin Roh dengan mahir, yaitu punya mahkota 12 bintang. Dalam zaman yang dahsyat dan sulit ini, salah sedikit dipimpin Roh,bisa celaka. Sebab itu mulai sekarang kita sudah harus belajar siap mahir berjalan dalam Roh; baik dalam perkara2 besar, jugadalam perkara2 kecil, sebab gagal dalam perkara2 kecil ruginya hanya sedikit dan bisa bangun kembali. Meskipun dilatih dalam perkara2 kecil, tetapi pengolahan ini membuat kita menjadi mahir berjalan dengan Roh Kudus, sehingga kita juga akan mahir berjalan dalam Roh dalam perkara2 besar yang dahsyat yang akan datang (kalau gugur dalam perkara besar ini, akibatnya besar,bisa binasa. Misalnya kalau seorang berdusta zaman sekarang itu dosa, tetapi masih bisa ditanggung, tetapi dusta dalam zaman Ananias langsung mati Kis 5:1-12, dahsyat 2Kor 10:6. Apalagi berdosa dalam perkara2 besar.Berdoalah selalu dalam Roh dan hidup benar mulai sekarang. Pakai balita (bahasa lidah dan tafsirannya) sehingga hidupnya betul2 taat dipimpin Roh sehingga berkenan pada Tuhan, maka kita akan terus menang menghadapi segala problem dan peperangan yang dahsyat dalam Minggu ke-70 Daniel. Hidup taat dipimpin Roh terus menerus itu luar biasa, seperti perempuan bermahkotakan bintang2. Oleh karena itu Tuhan memberi Hujan Akhir, pengurapan yang limpah bahkan sampai tidak terbatas. Sebab itu ligabo tidak memenuhi syarat sehingga tertinggal. Yang bisa masuk dalam Gereja akhir zaman, hanya ligabis. Belajar selalu penuh dengan pengurapan (doa limpah dalam Roh dan kebenaran Yoh 4:23-24) dan makin mahir dipimpin Roh sebab salah sedikit saja dalam Minggu ke-70 Daniel bisa celaka besar, Harus mahir, baik ber-kata2, berpikir, bertindak dalam pimpinan dan karunia2 Roh seperti Putra manusia di dunia; meskipun Ia mengalami tantangan2 dan ancaman terus menerus, tetapi sebab dipimpin Roh, Ia menang terus sebab limpah dengan 9 karunia, 9 buah Roh, hikmat dan kuasa Allah yang terus memimpin dengan sejahtera, sukacita dan kuasa yang besar. Orang yang seperti ini akan jadi kuat dan luar biasa Maz 60:14.
  2. Berpakaian matahari, hidup benar dan suci, Ams 4:18, Mat 5:48 tidak ada dosa dimana pun dalam mata Allah, bahkan terus meningkat dalam kesucian dan kasih sampai menjadi sempurna seperti Kristus. 2Pet 1:10, Jd 24.

Tidak ada dosa di hadapan Allah, bukan hanya waktu Perjamuan Suci, tetapi setiap hari dan setiap saat. Memang dalam Minggu ke-70 Daniel ada Perjamuan Suci setiap hari Kis 2:4b, supaya terus disucikan. Suci dalam segala perkara MAK (di Mana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja) dan DSS (Dahulu, Sekarang, dan Se-lama2nya dalam hari2 yang akan datang) sehingga bisa terus meningkat sampai puncak bukit kesucian Maz 48:2 menjadi seperti Kristus, seperti Bapa Mat 5:48. Kalau kita suci, lebih2 dalam tingkat tinggi, penyertaan Allah itu juga lebih besar, selalu menang Rom 8:31, 1Yoh 4:4.

  1. Berdiri di atas bulan, Hidup di atas Firman Tuhan (bulan yang jadi darah, dengan penuh penyangkalan diri), limpahFirman Tuhan yang akan terbuka semua dengan sempurna, luar biasa sehingga ketakutan hilang Mat 10:26-27.Semua rahasia terbuka, misalnya 1Kor 15:51 tidak mungkin mati dalam aniaya atau ancaman tetapi harus tetap berjalan dalam Roh. Juga kita bisa menghadapi segala tipu daya iblis dan Antikris dan anak buahnya dengan kemenangan. Belajar terus FT dan taat sehingga kita limpah dengan 2 gomer manna. Ini membuat kita matang sehingga jabatan2 muncul untuk menyempurnakan Gereja Ef 4:11-12.
  2. Anggota tubuh Kristus global, yaitu Perempuan ini yang adalah Gereja akhir zaman yaitu tubuh Kristus global yang bersekutu dalam Roh, bukan dengan cara2 organisasi manusiawi. Kita harus belajar bisa bersekutu dalam Roh Ef 4:3, harus bisa membedakan roh. 2Kor 11:4; 12:18. Mulai sekarang kita harus belajar bersekutu dalam Roh. Jangan bersekutu dengan kelompok, golongan sendiri, tetapi belajar bersekutu dengan siapa saja asal di dalam Roh. Tentu kita minta pimpinan Roh Kudus untuk tahu siapa yang dipimpin Roh atau tidak. Kalau kita bisa bersekutu dengan betul, kekuatan akan naik dengan luar biasa, berlipat kali ganda Im 26:8 yang diperlukan dalam hidup di akhir zaman ini.Anggota2 Gereja akhir zaman ini sudah mahir hidup dalam tabiat baru, misalnya bisa rendah hati, tidak pernah tersinggung lagi, tidak bereaksi dosa, bisa mengampuni, tidak benci tetapi cerdik menghadapi orang2 jahat dan keji dll. Seperti kehidupan Putra manusia Yesus waktu di dunia diancam dari segala segi oleh segala macam godaan dan pencobaan tetapi terus lulus. Berubah dan meningkatlah sekarang.

Termasuk dalam keuangan bisa hidup bersama seperti dalam Kis 4:32-37; 2:44-45 yaitu tidak lagi cinta uang, bisa berpada dan tidak berdosa karena uang. Juga mahir dalam pikul salib, ibadah, pelayanan, persekutuan, semua tanpa salah. Orang yang mau hidup suci, dengan Kristus (apalagi penuh dan dipimpin Roh), pasti bisa bersekutu dalam Roh dan kebenaran dalam tubuh kristus global ini.

Dengan singkat, rohani rata2 sudah meningkat tinggi, tidak lagi kanak2 atau jatuh bangun dalam dosa, sebab kalaujatuh dalam dosa, akan ditertibkan dengan keras dalam Gereja. Juga di luar Gereja kalau jatuh dalam dosa akan dikalahkan Antikris dan segala musuh2 Gereja sehingga dihukum dengan keras dalam dunia.

Fasilitas akhir zaman. Tuhan mengizinkan 3 Antikris untuk 3,5 tahun I, dan Antikris ke-4 keluar sesudah pengangkatan, tetapi untuk ini Tuhan juga menyediakan fasilitas akhir zaman bagi Gereja untuk menghadapi dan mengalahkan 3 Antikris dan membuat Gereja siap untuk pengangkatan.

Untuk menghadapi Antikris ke-4, Tuhan menyediakan hanya 2 Saksi sekedar untuk menguatkan orang2 yang tertinggal supaya tekun dan tetap setia sampai mati sehingga jiwanya selamat.

Mata kita harus melihat hal2 indah, mulia dan kekal dalam akhir zaman ini (Kej 49:14-15) yaitu Wah 12:1, supaya jangan kita terjerat oleh daging, dunia dan iblis, sebab yang tidak mau sungguh2 bersedia akan jatuh bahkan mati dalam hari2 yang sulit ini. Jangan kuatir akan semua kebutuhan jasmani dan rohani, itu akan ditambahkan oleh Tuhan Mat 6:33.

  1. BAGAIMANA ALLAH MEMPERSIAPKAN GEREJANYA.
  2. Polarisasi Wah 22:11. Nubuat ini pasti digenapi, sekaligus dengan penggenapan 3 Angka kedatangan Tuhan (lihat buku: “Target Ilahi” oleh Pdt. Jusuf BS). Orang yang suci makin suci dan yang najis makin najis sehingga bedanya sangat besar, tidak bisa cocok satu sama lain, jadi terpisah 1Kor 11:19, yaitu Gereja jalan lebar dan Gereja jalan sempit dan tidak bisa pindah2 lagi. Sekarang Gereja masih campuran tetapi tendens ini sudah mulai tampak (orang sempurna dalam dosa dan kesucian dalam Wasiat Lama hanya sedikit, tetapi dalam Wasiat Baru bertambah, misalnya dosa zina, mulai banyak dosa S 1000 (Salomo 1000) dan homo, itu tanda2 masuk tingkat dosa tertinggi.Begitu dengan dosa2 lain.

Semua dosa termasuk occultisme, kejahatan, kebencian, keduniawian dll sudah makin meningkat. Kita harus mahir pikul salib, dipimpin Roh, bisa hidup suci dan melakukan kehendak Allah (taat menurut Firman Tuhan dan taat dipimpin Roh mengerjakan kehendak Allah) dalam zaman sekarang. Kalau sekarang tidak bisa hidup suci dan taat, apalagi hari2 yang akan datang. Sebab itu hiduplah benar, berkenan pada Tuhan mulai sekarang.

Hukuman mulai berlaku dalam rumah Allah

1Pet 4:17. (Mis: Ananias dan Safira dalam Kis 5). Tanda2 ini tampaknya belum jelas, hari2 ini baru beberapa kasus. Ini bersamaan dengan peningkatan ketertibandalam Gereja 2Kor 10:6. Yang dihukum adalah orang2 beriman yang keras hati, main2, pura2, yang tidak mau bertobat. Ini juga sudah dinubuatkan dalam Yehezkiel, dimana banyak orang dalam bait Allah yang dihukum mati. Yez 9:6-8.

Sebab itu sekarang kita sudah harus belajar menertibkan diri kita sendiri, supaya pada saat itu kita sudah bisa menertibkan diri kita, mematikan daging untuk taat dengan penuh dan tertib dan makin tumbuh pada saat2 yang sangat tertib pada waktu itu.

3.Tubuh Kristus Global akan terbentuk (Wah 12:1) dan: a. Pada waktu ini kita sudah harus bisa bersekutu dalam Roh Ef 4:3 dengan betul dengan kasih KJristus dan kesucian 1Yoh 1:7. Kasih, bisa mengampuni, bisa bersekutu dengan siapa saja asal mau hidup benar sekalipun bukan dari golongan kita sendiri atau latar berlakang yang sama. Jangan hanya kumpul golongan sendiri tetapi dengan siapa saja yang dipimpin Roh Allah Ef 4:3, Yoh 1:29, bisa membedakan roh dan bersekutu dalam Roh 2Kor 11:4; 12:18.

  1. Tetapi sebaliknya kita juga harus punya pendirian yang teguh dalam kesucian, tidak hanyut dalam dosa “saudara2 palsu” yang lain, tetapi bisa menyalahkan Ef 5:11 mengingatkan Yak 4:17, melepaskanJud 23, Yoh 5:19-20.
  2. Juga harus dapat bekerjasama dengan sehati, sejiwa, sepikir, diatas kebenaran Firman Tuhan. 1Kor 1:10.
  3. Bersedialah, sebab kalau sekarang tidak bisa menghadapi problem2 lahir batin dengan kemenangan, apalagi dalam hari2 yang gelap itu. Belajar makin mahir dipimpin Roh dengan karunia2 dan buah Roh, jadi matang dan setia. Bahkan bisa berjalan dalam lembah bayang2 maut dengan selalu dipimpin Roh Maz 91:7. Paulus dahulu mengalami begitu banyak penderitaan lahir batin 2Kor 11:33, tetapi setiap kali lolos sampai datang saat kematiannya, baru dia mati syahid, setia sampai mati seperti Kristus Pil 2:8.

Jangan lupa selalu penuh dan dipimpin Roh dalam kesucian dan taat melakukan pimpinan atau kehendak Roh, sebab kita bisa lolos dan lulus dalam semua kasus, keadaan yang sulit bagaimanapun Wah 3:10, dengan taat dipimpin Roh.

  1. Tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan dengan betul 2Pet 3:18. Akhi zaman banyak kekacauan pengajaran Ef 4:14, sehingga yang tidak berakar dalam Firman Tuhan akan mudah tersesat dalam macam2 kekacauan ajaran sesat.

Akan datang banyak pengenceran, penipuan dan pemalsuanajaran, sebab memang iblis lihai menipu dan berdusta. Jangan hanya 1 segi ajaran yang dipegang, tetapi seluruh kebenaran Firman Tuhan Kis 20:20,27. Seluruh Alkitab jadi satu2nya dasar yang teguh (jangan keluar dari Alkitab) dan Kemah Suci dalam Kel 25-40 menjadi patokan lengkap untuk seluruh pelajaran Firman Tuhan. Lebih2 dalam belajar Firman Tuhan, Roh Kudus adalah Guru pribadi 1Yoh 2:20,27 yang memimpin kita sampai kepada segala kebenaran Yoh 16:13, sebab kita harus mengerti dan mentaati Firman Tuhan dalam semua segi2 hidup kita, suka atau tidak suka. Roh Kudus yang akan menyatakan kebenaran dan rahasia Allah yang dalam2, dalam pikiran kita sehingga kita bisa mengerti 1Kor 2:10 dan berubah seperti apa yang sudah kita mengerti 2Raj 2:10.

  1. Ikut serta menggenapkan 3 Angka kedatangan Tuhan sebagai garam dan terang Tuhan. Banyak orang melalaikan untuk memenangkan jiwa, istimewa dalam “panci” dan orang2 sekitar kita yang dikirim Tuhan. Meskipun ini tugas penginjil, tetapi ini juga tugas kita semua danperlu untuk cepat menumbuhkan kita dalam pelayanan dan sesuai dengan kehendak dan kasih Allah.Cabang yang tidak berbuah akan dipotong dan dibakar habis Yoh 15:2,5. Tidak semua menjadi penginjil tetapi semua harus dapat menjadi garam dan terang untuk sekitarnya, kalau tidak, garam yang tidak asin akan diracuni oleh dunia sekitarnya dan rusak. Orang yang taat melakukan kehendak Allah menggenapi 3 Angka ini (Mat 7:21), ia sendiri akan tumbuh dan mendapat upah untuk ketaatannya itu sekaligus menggenapkan rencana penamatan Allah bagi dunia dan Gereja. Orang yang tidak tumbuh rohaninya tidak akan tahan di akhir zaman ini.

KESIMPULAN.

Api ikut akan menyala Luk 12:49 seluruh dunia akan diuji, masuk dalam baptisan api Luk 12:49, Mat 3:11, Wah 2:10. Kalau tidak siap akan gugur dalam arus kematian terbesar.

Caranya untuk menghadapi kesukaran dahsyat itu.

Gereja = tubuh Kristus global terbentuk.

Bintang = Pengurapan dobel, dipimpin Roh.

Matahari = Hidup benar, naik sampai puncak bukit kesucian.

Bulan = FT terbuka, penuh dengan kejatuhan sehingga Gereja disempurnakan.

Ini bentuk Gereja akhir zaman, kita harus masuk di dalamnya.

Tuhan izinkan 3 Antikris dahsyat tetapi Tuhan juga memberi fasilitas akhir zaman, pelayanan orang sempurna, hujan akhir dsb untuk mengalahkan 3 Antikris ini.

Gereja akan menang, 3 Antikris satu per satu kalah, lalu terjadi pengangkatan.

Antikris ke-4 keluar 30 hari sebelum pengangkatan melawan Gereja yang tertinggal.

Disini Antikris menang dan semua yang tertinggal dibunuh, Gereja yang tertinggal dikuatkan 2 Saksi sekedar supaya tahan sampai mati.

Jadi faslitas akhir zaman dari Allah diberikan pada Gereja supaya Gereja menjadi sempurna dan menang melawan Antikris dan masuk dalam zaman keemasan Gereja.

Nyanyian:

Serta Tuhan kujalan dalam pimpinanNya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top