M3369 – Wahyu 14:11 Celaka & Penderitaan di Neraka

I. TINGKAT-TINGKAT PERUBAHAN PENDERITAAN NERAKA

  1. NERAKA DI DUNIA
    Suasana Surga dan Neraka itu sudah dimulai di dunia yaitu peri hidup di jalan lebar dan sempit, hidup dalam dosa dan hidup dalam kesucian. Meskipun ukurannya lebih kecil tetapi ini sudah sama dengan Surga Neraka yang sesungguhnya. Memang suasana Surga itu dikurangi oleh perlawanan daging dan macam-macam sengsara dunia(tetapi selalu ada saldo sukacita Yoh 16:22) dan suasana Neraka itu ditambah dengan kesukaan daging sehingga lebih meriah tetapi tetap terasa kepahitan Neraka. Ini kesukaan sesaat Ibr 11:25 tetapi tidak ada sejahtera Rom 3:17 dan hati sakit Ams 14:12 serta tersiksa Ams 8:36, terikat Luk 5:39, makin haus Yoh 4:13, hidupnya seperti mati 1Tim 5:6, seperti racun Ul 32:32-33 sehingga timbul banyak kerusakan Pkh 9:18 dan kematian rohani lalu jasmani Rom 6:23. Contoh pertama yang jelas yaitu Hawa yang dimotivasi (ditipu) iblis, sesudah makan buah larangan senang sesaat (mungkin hanya 10 menit) lalu ketakutan, gelisah, tidak ada sejahtera dan penderitaan batin terjadi terus sampai dihukum dan diusir, masih menderita bahkan sepanjang umur hidupnya, penyesalannya tiada hentinya. Untung Tuhan memberi pengampunan sesudah mengakui dosanya, tetapi hidupnya menjadi pahit. Orang dunia (anak2 iblis 1Yoh 3:10) matanya buta, ditipu setan, dikira itu indah dan senang, tetapi sebetulnya celaka dan sengsara. Lebih2 Saul yang tidak bertobat menderita di dunia dan di Neraka.
    PERUBAHAN PUNCAK PADA AKHIR ZAMAN
    Baik jalan sempit atau jalan lebar akan sampai pada puncak2nya di akhir zaman sebelum semuanya selesai yaitu dalam Minggu ke-70 Daniel.
    Puncak jalan sempit di dunia dalam 3,5 tahun pertama Minggu ke-70 Daniel; Disini Gereja menjadi sempurna, mengalami masa keemasannya sehingga rasanya seperti sudah di Surga tetapi masih di bumi.
    Puncak jalan lebar adalah dalam kerajaan Antikris itulah kerajaan iblis di dunia dan ia berkuasa penuh di seluruhdunia (memang diizinkan Allah) sehingga dunia begitu gelap dan menjadi sama seperti Neraka hanya tanpa api dan ulat dan sementara (hanya 1260 hari) tetapi semua algojo Neraka ada disini semua dengan kemarahan, kekejaman dan nafsu jahat yang tidak terkendali, mereka dengan bebas dan berkuasa sepenuhnya atas se-gala2nya di dunia,menyiksa semua manusia, mula2 Gereja yang tertinggal (orang Kristen yang tertinggal) dan kemudian semua orang.
    Di sini tabiat setan yang jahat dan keji dan semua dosa kejahatan itu dianggap mulia dan jadi pahlawan. Misalnya pembunuh yang paling kejam dan banyak itu menjadi raja, berzina paling berani, menipu, mengkhianati, durhaka pada orangtua, kekejaman yang paling sadis, penipu paling lihai dll, itu semua indah dan mulia untuk zaman ini. Juga yang mahir gendam, guna-guna, dll itu termasuk sarjana Neraka dari iblis.
    Ukurannya adalah iblis, siapa yang lebih keji danlebih jahat seperti iblis itu lebih mulia dalam kerajaan Antikris, dahsyat! Siksaan, aniaya,pembunuh, perkosaan, perkelahian, pengkhianatan dll dilakukan sebagai kesukaan dan tontonan yang menyenangkan seperti di Neraka. Ini betul2 seperti neraka tetapi masih di dunia.

  2. NERAKA HADES. Waktu mati, langsung diadili dalam sesaat secara ilahi Ibr 9:27 dan langsung dibuang (ditarik iblis) ke Neraka; disini iblis bebas menyiksanya (di dunia sangat dibatasi oleh Allah), sebab itu penderitaan di Neraka dahsyat Luk 16:23-25. Lebih hebat lagi semua yang masuk neraka menjadi celik, mengerti kalau mereka tertipu dan tersesat seperti orang kaya itu, juga masih bisa melihat ke Surga dan dunia dan itu makin menyiksa mereka dengan penyesalan yang mendalam. Disini kekekalan dalam sengsara sudah mulai dan sama sekali tidak bisa keluar. Disini rohnya menderita sengsara seperti setan2, sangat menderita, tetapi menderita lebih hebat dari setan sebab setan masih mendapat kesenangan dari melampiaskan nafsunya dengan menyiksa manusia. Tetapi manusia tidak lagi punya kesukaan, bahkankesukaan yang sesaat (umpan) itupun sudah tiada, sebab setan disini terang2an menyiksa mangsanya yang tidak bisa lari dan tidak perlu diberi umpan kesukaan sesaat. Ini berlangsung sampai kiamat, kemudian orang dosa dibangkitkan dalam tubuh kebangkitan orang dosa yang kelihatannya seperti mayat atau bangkai hidup Yes 66:24; 14:19 dimana api dan ulatnya tidak mati.
  3. TASA (TASIK API = GEHENA)
    Sesudah sisa tubuh orang berdosa bangkit sebagai bangkai hidup yang kekal(rohnya dari neraka kembali dalam sisa2 tubuhnya) lalu diadili di Tahta Putih Yang Besar lalu kemudian dilempar dalam Tasik api (Gehena), masing2 dengan jumlah hukumannya untuk abadi.
    Dalam tubuh kebangkitan orang berdosa yang seperti bangkai hidup, mereka tersiksa lebih hebat dari di Neraka, sebab bisa merasakan sakit seperti tubuh manusiawi yang sekarang (sadar, tidak pingsan, bisa merasakan sakit seperti manusia biasa)tetapi hidup kekal seperti Allah 1Pet 4:6. Dahsyat, hidup di dunia diulangi tetapi hanya dengan sengsaranya sebab disini limpah dengan dosa, bahkan pusat dan sumbernya dosa dan ini untuk kekal (padahal di Surga juga memakai tubuh kebangkitan tetapi yang mulia dan hanya bisa merasakan sukacita sebab tidak ada dosa, begitu manis dan mulia untuk kekal). Jangan tukar kesukaan kekal dengan sukacita dosa sesaat yang menjadi sengsara yang dahsyat dan pahit  sampai kekal!
    Dalam Tasik api, tidak ada hubungan sama sekali dengan Surga Bumi Baru untuk kekal 2Tes 1:9. Kalau dalam pikiran orang2 di Gehena (Tasik api)mungkin masih bisa ingat orang2 di Surga, tetapi orang2 dalam Surga Bumi Baru termasuk Allah, pasti sama sekali tidak ada hubungan sampai dalam pikiranpun, itu semua terlupa untuk kekal Yes 65:17, betul2 senang dan tidak terganggu apa2 lagi untuk kekal. Juga Allah sudah lepas kontrol dari Gehena, tidak ikut campur lagi.

II. PERTEMUAN DAN PERMUSUHAN DI NERAKA DAN TASIK API

Di dunia jarang orang bertemu setan, biasanya kalau bertemu selalu bertemu penipu dalam bentuk malaikat terang, ada bentuk2 yang lain seperti “setan2 yang baik”, semua pura2 dan seringkali dengan ber-macam2 umpan manis. Tetapi waktu mati, tidak lagi perlu pura2 dan tidak lagi ada umpan2 manis, disitu orang berdosa bertemu setan yang sebenarnya, penuh dengan kebencian dan kejahatan yang keji2. Bayangkan kalau bertemu musuh yang sangat benci, jemawa, kejam, algojo sadis, tidak ada belas kasihan, rasa2nya mau lari tetapi tidak bisa, semua tinggal di rumah bapak iblis yang sama. Suami isteri, sahabat dan saudara yang baik semua berubah menjadi musuh yang kejam, jahat dengan kebencian yang me-nyala2 sebab semua disiksa iblis dan setan2, hilang kesabarannya dan semua menjadi jahat.
Dalam Neraka semua dosa menjadi sempurna karena:

  1. Pergaulan yang sangat jahat ada dalam Neraka 1Kor 15:33, Ams 1:10.
  2. Dicobai lebih dari kekuatannya 1Kor 10:13.
  3. Manusia lama, apalagi penuh kedagingan akan terus berdosa Yoh 3:19, lebih2 dalam gua penyamun yang paling top Mat 21:13.
  4. Di sini tidak ada rem dan terang itu sudah menjadi gelap, akan menjadi gelap total Mat 6:23. Tanpa Allah tidak ada rem untuk dosa Rom 1:28-32, 2Tes 2:11-12, Yeh 28:17.
  5. Semua anak2 (1Yoh 3:10) akan menjadi sama seperti bapaknya Yoh 8:44.
  6. Waktunya begitu banyak dalam kejahatan, sehingga semua menjadi sempurna dalam dosa.

Betapa ngeri dan dahsyat, terpaksa tinggal ber-sama2 dengan orang2 yang sangat jahat dan keji, juga dengan iblis dan setan2 (yang adalah algojo yang sangat kejam) serta tersiksa oleh api dan hukuman Allah (ulat yang tidak bisa mati dan api yang tidak terpadamkan).
Di Neraka dan Tasik api hanya ada permusuhan, perkelahian dan sengsara tanpa batas dan kekal, sampai timbul kertak gigi karena terlalu hebat penderitaannya, sampai orang2 menjadi seperti gila (tetapi tidak bisa menjadi gila betul atau mati di neraka). Sebab api tidak padam, asap siksanya terus naik ke atas se-lama2nya, dahsyat.

III. HUKUMAN DI NERAKA DAN TASIK API

  1. API YANG TIDAK BISA PADAM DAN ULAT YANG TIDAK BISA MATI
    Dalam Tahta Putih Yang Besar semua orang berdosa mendapat sejumlah hukuman yang terus mengikut ke mana saja mereka pergi dalam Neraka kekal, yaitu api dan ulat penyiksa yang tidak bisa mati. Mat 8:12; 22:13; 25:30, Mrk 9:48, Jd 13. Ulat luar biasa ini menyiksa terus menerus tanpa henti dan tidak bisa dibuang/ dimatikan. Ini dahsyat dan menyiksa untuk kekal. Masing2 menerima hukuman yang ber-beda2 Wah 22:12, Rom 2:16, Mat 16:27.
  2. IBLIS DAN SETAN-SETAN
    Semua adalah algojo penyiksa yang kejam dan jahatnya tiada taranya. Manusia yang di tasik api itu memakai tubuh kebangkitan orang dosa yang tidak bisa mati dan terus disiksa untuk kekal sehingga tampak seperti bangkai hidup atau seperti pakaian mayat Yes 14:19. Penyiksa2 ini bebas menyiksa semua orang tanpa berhenti dengan kuasa tidak terbatas, sangat brutal dan sadis dan terus menerus untuk kekal.
  3. SEMUA ORANG DOSA MENJADI SEPERTI IBLIS
    Semua orang di Neraka dicobai lebih dari kekuatan dan tidak ada penyangkalan diri, semua tumbuh dosanya dengan cepat sampai akhirnya semua orang di neraka itu sempurna dosanya, jadi seperti iblis. Mula2 hanya satu iblis, akhirnya orang2 dosa yang masuk neraka, semua menjadi seperti iblis, sehingga Neraka mempunyai ber-milyard2 iblis, mungkin lebih dari 5 Milyard. Dahsyat. Kalau ada satu iblis saja, dunia sudah kacau, apalagi begini banyak iblis2 di Neraka, setiap hari Neraka menjadi medan pertempuran dan tempat penyiksaan yang kejam dahsyat untuk kekal. Kalau orang berdosa di dunia, hukumannya mengikuti dia kemana saja ia pergi, hanya lambat, tidak ces pleng, tetapi di neraka, hukumannya terus menerus  lekat padanya, dahsyat untuk kekal, tidak bisa hilang atau berkurang.
  4. PENGERTIAN PENUH
    Pikiran mahluk dalam alam roh itu lebih dari alam nyata. Tidak ada sekolah tetapi mereka langsung mengerti. Luk 16:26. Orang kaya dalam Neraka langsung mengerti keadaannya dan mohon pada Ibrahim mengirim orang ke dunia tetapi ditolak. Semua dosa, nasehat, kesempatan dll teringat, tidak lupa, tetapi justru ini membuatnya lebih tersiksa seperti orang gila tetapi tidak ada orang yang bisa gila (sama seperti Ul 28:28,67, tetapi lebih dahsyat). Dalam tubuh kebangkitan tidak ada yang bisa mati tetapi tetap ada sampai kekal seperti Allah 1Pet 4:6. Semua di Neraka menjadi objek siksaan/ bulan2an iblis; Manusia yang masuk neraka itu menjadi bagian dan pusaka setan2 yang menggarapnya, menjadi pahala dan upah setiap setan untuk kesukaannya.
  5. KEGELAPAN YANG DILUAR DAN TEMPAT KERTAK GIGI. Mat 8:12; 23:12; 24:51; 25:30, Jd 13
    Semua orang berdosa tinggal dalam kegelapan yang “di luar” Wah 22:15. Tidak ada keadilan sama sekali. Ini juga tempat tangisan dan kertak gigi.Inilah orang2 yang tidak boleh masuk dalam kerajaan Surga. Disini sama sekali tidak ada kebenaran atau kesucian, tempat dosa dan kejahatan, begitu ngeri penuh dengan segala macam dosa dan kejahatan. Di dunia kadang2 ada tempat di mana tidak ada keadilan, tetapi itu baru gelap sedikit. Di Neraka itu gelap total, sama sekali tidak ada keadilan dan kebenaran.Dalam kerajaan Antikris itu sudah sama jahatnya, tetapi di Neraka dan Tasik api, ditambah dengan api dan ulat siksaan.
  6. KEKAL DALAM PENDERITAAN
    Semua orang dalam alam roh akan mengerti kekekalan, sebab semua sudah mengalaminya. Tidak ada harapan, biarpun sedikit, sehingga selain menderita, mereka juga putus asa, asap siksanya naik ke atas se-lama2nya, kekal. Semua seperti gila tetapi tidak ada orang gila. (sebagian orang gila tidak merasa, tetapi orang yang pikirannya sadar penuh makin teriksa). Mereka terpisah dari Allah untuk kekal se-lama2nya dan kena siksa kebinasaan kekal 2Tes 1:9. Kekal dalama sukacita itu sangat ajaib tetapi kekal dalam siksa kebinasaan itu sangat mengerikan untuk se-lama2nya. Sebagian besar belum dapat kita mengerti tetapi akan dialami baik di Surga atau di Neraka. Lebih2 dalam kekekalan itu tidak dapat ditangkap pikiran kita yang fana. Tetapi orang yang percaya sekalipun tidak mengerti, tetap percaya dan bersedia sehingga tidak kena hukuman yang dahsyat!
  7. SEMUA SAMA DAN MEMBOSANKAN
    Dalam penderitaannya tidak ada perubahan. Mereka bisa adaptasi dengan segala hal2 yang dahsyat itu, tetapi tetap menderita dengan dahsyat dan tidak ada perubahan. Tidak bisa keluar untuk kekal Mat 18:34.

What next? Apa yang akan terjadi hari2 yang akan datang? Perubahan yang ada, hanyalah tumbuh menjadi sempurna dalam dosa, sehingga menjadi setingkat dengan iblis dan perkelahian antara mereka tambah seru dan dahsyat untuk kekal. Tidak ada perubahan.
Tidak bisa lepas, tidak bisa berubah, tidak ada harapan untuk kekal, ini betul2 menyiksa orang2 di Neraka! Jangan main2.
Kemampuan kita sekarang terbatas, besok kita akan tahu, baik yang ada di Surga atau di Neraka, tetapi sekarang kita sudah harus percaya pada Firman Tuhan, Firman Tuhan itu kebenaran Yoh 17:17. Jangan percaya pada iblis dan semua sumber lain. Sumber ilmiahpun tidak bisa dipegang sebab sangat terbatas dan hanya tahu yang fana. Sebab itu hanya dengan percaya akan Firman Tuhan kita bisa dipersiapkan untuk hari2 yang akan datang. Jangan main2. Orang yang tidak percaya akan Firman Tuhan akan masuk dalam hukuman kekal se-lama2nya dan besok disana baru mengerti, tetapi terlambat dan tidak ada kesempatan lagi.

KESIMPULAN

Begitu dahsyat keadaan di Neraka, sehingga Tuhan Yesus berkata dalam Mat 18:8,9 lebih baik kamu mengerat tangan atau kaki yang menyebabkan perbuatan dosa, atau mengorek keluar matamu asal bisa masuk Surga daripada dengan tubuh lengkap (kesukaan mata, tubuh dll) tetapi masuk Neraka kekal yang sangat dahsyat. Bahkan banyak orang memilih lebih baik mati syahid daripada masuk neraka. Karena itu kita harus memperhatikan sungguh2 rohani kita, mau pikul salib dengan sukacita, jangan main2!
Putra manusia rela dan taat menderita sengsara salib yang begitu dahsyat, supaya orang yang mau percaya jangan sampai masuk neraka yang dahsyat. Sukacita dunia yang seberapa besarpun itu tidak ada gunanya kalau masuk dalam penderitaan kekal Luk 16:23. Sebab itu orang2 beriman harus taat bahkan mau pikul salib supaya bisa tetap dalam kesucian jalan sempit, sebab bukan saja masuk Surga yang kekal dan indah, mulia, tetapi juga di dunia kita sudah menikmati kesukaan Surgawi. Sebab itu tentukan sekarang supaya kita ada di jalur yang betul, di jalan sempit sesuai dengan Firman Tuhan (perhatikan syarat2 dalam Firman Tuhan) sebab kalau sudah terlalu jauh dalam jalan dosa, tidak bisa atau tidak mau kembali ke dalam jalan yang betul Luk 5:39, Pkh 12:1 itu sangat berbahaya, apalagi kalau sudah sampai dosa yang sempurna seperti Yudas, Saul, Achitofel, mereka tidak bisa pindah lagi ke jalur Surga untuk kekal! Binasa!
Apakah Allah adil membuat Neraka yang begitu dahsyat untuk kekal, padahal Allah itu kasih?
Allah membuat Neraka kekal itu adil, sebab:

  1. Neraka adalah tempat hukuman untuk iblis, setan dan semua pengikutnya Mat 25:41.
  2. Sudah tertulis dan diperingati ber-kali2 dan semua iblis dan manusia sudah tahu Mat 8:29; 5:22, Luk 12:5. Kita harus memilih sekarang Luk 12:57; 23:42-43.
  3. Tidak percaya itu memang sudah patut dihukumkan, sebab tidak percaya berarti jahat Yoh 3:19, Luk 16:28-29.
  4. Manusia itu roh, kekal, kalau jahat ia akan masuk kebinasaan yang kekal Luk 20:36, 1Pet 4:6.
  5. Dosa kecil akan tumbuh menjadi dosa besar Yez 28:2, sebab itu dosa tidak boleh masuk Surga Wah 21:27 (kecuali dilahirkan baru dan percaya) dan Allah yang maha tahu sudah melihat lebih dahulu bahwa dosa yang dituruti, dibiarkan apalagi didorong, semua akan tumbuh menjadi seperti iblis bapaknya Yoh 8:44, 1Yoh 3:10, jenisnya sama akan tumbuh sama seperti bapaknya. Kalau dosa boleh masuk Surga, dosa akan tumbuh dalam ukuran seperti iblis dan jadi rusak Yes 26:10.

ALLAH ITU KASIH TETAPI IA JUGA ADIL, BUKAN LALIM Rom 3:5-6, Maz 92:16. Sebab Ia harus memberi pembalasan pada perbuatan dosa Wah 22:12. Ini ukuran keadilan Allah. Luk 23:31, Yer 49:12. Kasih Allah itu suci, tidak ada dosa di dalamnya 1Pet 1:16, 1Yoh 1:5. Sebab itu tetap ada neraka untuk yang memilih iblis dan dosa.

Nyanyian

Di dalam dunia ada dua jalan (Surga Neraka sudah ditentukan sekarang di dunia)