M4438 – 2 Pet 3:12, Mat 24:22 Waktu Dipersingkat, Kedatanganya Dipercepat

I. WAKTU DIPERSINGKAT

Mengapa? Bagaimana? Ada dua macam:

A. Dalam zaman aniaya Antikris.

Mat 24:21-22

21. Karena sesudah itu terja-dilah sengsara yang besar (untuk orang2 yang terting-gal dalam pengangkatan), seperti yang demikian belum terjadi sejak permulaan du-nia hingga sekarang ini, dan tidak akan pernah terjadi lagi.

22. Dan kecuali hari-hari itu di-singkatkan (oleh Tuhan), maka tidak akan ada daging yang selamat, dan karena orang-orang yang terpilih itu, hari-hari itu akan dising-katkan. (KJI)

Ini adalah masa aniaya Antikris untuk orang beriman (tingkat Halaman) yang kembali berto-bat karena shock pengangkat-an. Aniaya hebat oleh orang2 sempurna dalam dosa, antara lain Antikris yang memimpin-nya, pengikut Antikris, iblis, se-gala setan yang keluar dari segala segi Neraka, juga hukum-an Allah (7 Meterai, 7 Sangka-kala, dan 7 Bokor), dan aniaya disini sebab (2Tes 2:7) tanpa batas sebab Allah (yang ada dalam perempuan dalam Wah 12:1) yang menahan iblis, Anti-kris dll, sudah meninggalkan dunia, sehingga Antikris dll te-rang2an dengan tabiat pembu-nuh yang jahat menyiksakan orang yang tertinggal 2Tes 2:7.

Ini aniaya seperti Neraka, algojo2 Neraka lengkap ada di sini. Belum pernah ada aniaya seperti ini, inilah Neraka di du-nia, padahal orang2nya masih pakai tubuh biasa, sangat me-ngerikan, mereka tidak tahan.

Kalau tidak dipersingkat maka tidak ada seorangpun yang se-lamat. Kok aneh? Bukankah de-ngan Tuhan kita sanggup me-nang? Rom 8:31,37, bahkan lebih dari pemenang. Mengapa tidak ada yang tahan. Sebab Tuhan sudah meninggalkan me-reka; hanya 2 Saksi yang seke-dar menguatkan sedikit, sebab mereka sudah undur terlalu jauh dalam dosa, dan sesudah tertinggal mereka bertobat, tetapi kekuatan mereka sendiri terbatas (ini orang2 Halaman yang dianiaya Antikris dkk)

Siapa orang2 pilihan disini, diantara orang yang tertinggal? Ini pilihan Allah yang Maha mu-rah,  yaitu orang beriman yang undur, tertinggal, tetapi pada akhirnya mau sungguh2 ber-tobat (ada banyak) dan mereka yangdipelihara Tuhan tetap hidup sesudah pengangkatan (kalau mati dalam dosa, binasa di Neraka). Mereka diserahkan kepada Antikris untuk dianiaya Wah 13:7.

Mengapa dibiarkan Tuhan? Supaya nyata bahwa mereka betul2 mau bertobat sekalipun dianiaya karena bertobat kem-bali, dan mau menyangkal diri, mematikan daging. Tetapi ini sangat dahsyat.

Tuhan menjanjikan me-nyingkatkan masanya. Cara-nya? Ini tidak sulit. Kalau sudah cukup menderita sebagai tanda pertobatan, Tuhan cabut nya-wanya, mati seperti 1Kor 5:5.

Semua mereka ini tingkat Ha-laman dan mereka selamat lewat aniaya yang dahsyat, se-perti menerusi api, tanpa pa-hala, hanya dapat jubah putih (bertobat, dosanya diampuni) dan daun palem (tanda suka-cita). Ini dilakukan Tuhan de-ngan mudah. Mungkin baru di-aniaya 1 tahun, mati. Bisa be-rapa saja, kalau cukup pende-ritaan sebagai tanda pertobat-annya, Tuhan cabut nyawanya seperti 1Kor 5:5.

B. Menunggu kedatangan Tu-han. 2Pet 3:12a. Begitu juga kedatangan Tuhan akan diper-cepat. Kita yang menantikan Tuhan, kita juga yang memper-cepat kedatangan Tuhan (tentu dengan pertolongan Tuhan). Orang2 yang masih hidup sam-pai kedatanganNya (golongan Kristus II), yang sungguh2 me-nunggu kedatangan Tuhan, me-reka yang dipakai Tuhan untuk mempercepatnya! Tuhan sang-gup menolong mereka untuk mempercepat kedatanganNya.

Mengapa perlu dipercepat? Tuhan memakai orang2 yang bersedia sungguh2 untuk me-nunggu kedatanganNya untuk mempercepat kedatanganNya. Sudah pasti Minggu ke-70 Da-niel akan dipercepat mulainya, ini sudah  termasuk dalam rencana Allah.

Di sini ada 2 bagian, yaitu:

B.1. Menunggu Tuhan datang dan,

B.2. Mempercepat kedatangan Tuhan.

(Ayat 12a dan 12b berbeda jauh sama seperti ayat 10a dan 10b, kedua bagian:

a. Itu terjadi pada waktu keda-tangan Tuhan dan bagian “b” sesudah 1003,5 tahun berikut-nya, baru terjadi kiamat, Surga Bumi Lama diganti Surga Bumi Baru).

Kalau tidak mau ikut dalam rencana Allah, untuk mempercepat kedatanganNya, maka kesempatan itu akan diambil, diberikan pada orang lain yang mau ikut mempercepat Mat 21:43. Juga orang yang tidak ikut dalam rencana Allah, akan hanyut dalam dosa dunia yang sangat meningkat (sebab ini di-izinkan Allah sebagai peng-olahan dan ujian akhir untuk tumbuh jadi sempurna).

II. MENGAPA KEDATANGAN TUHAN DIPERCEPAT?

1. Ini termasuk dalam kehen-dak dan rencana Allah seperti tertulis dalam 2Pet 3:12 dan Rom 9:28. Kalau kita bisa me-ngerti, pasti lebih baik, sebab ini adalah hikmat Allah.

Keadaan akhir zaman itu amat dahsyat, dosa dunia sudah me-ningkat sampai sempurna, yang menjadiujian yang jadi sangat berat sebagai ujian akhir global (supaya bisa lulus jadi sempur-na, ujiannya juga sangat berat, pencobaan dari keadaan yang sangat jahat karena dosa dunia yang meningkat sampai sem-purna). Kalau ini dipercepat, maka ini berarti kita harus lebih cepat tumbuh untuk bisa lulus ujian yang lebih berat, dan ini menguntungkan. Sebab rohani harus cepat meningkat, misal-nya SMA harus lulus dalam 2 tahun, berarti harus lebih cepat jadi pintar dan Allah akan me-nolong sehingga dapat melaku-kannya. Sebab kita yang diberi bagian ikut mempercepat, ten-tu dengan pimpinan dan perto-longan Tuhan yang lebih besar. Mengapa Ayub mengalami ujian yang begitu dahsyat dan besar. Sebab Ayub sudah sa-ngat indah (Ay 1:1,8) dan ini ujian untuk meningkat lebih tinggi lagi yaitu sampai akhirnya menjadi sempurna, sebab itu ujiannya juga dahsyat, supaya lulus (kelihatannya Ayub akhir-nya menjadi sempurna dan mungkin ikut dalam kebanya-kan sulung bagi orang2 Wa-siat Lama yang meningkat sampai sempurna Mat 27:52-53).

Putra manusia Yesus sendiri di Getsemani berdoa 3 kali untuk minta lepas dari ujian ini sebab amat sangat dahsyat Mat 26:39,42. Tetapi Putra manusia Yesus lulus, sebab Ia mau taat, malaikat (utusan) datang me-nguatkan, mungkin juga ini Elia atau Musa yang kembali datang menguatkan Mat 17:3-4, dan Luk 22:42-43. Tetapi Bapa tetap menghendaki Putra manusia Yesus minum cawan itu, Ia disesah, disalib lalu jam 15.00 mati. Ia berperang dengan iblis dan meremukkan kepala iblis serta merebut kunci maut dan alam maut dari tangan iblis Wah 1:18.

Ini cara Tuhan yang sem-purna, kita tahu inirencana dan kehendak Allah, dan kita harus taat seperti Yusuf, Ayub, Yoha-nes Pembaptis, murid2, Putra manusia Yesus dll. Tuhan tahu lebih dahulu hasilnya bahwa dipercepat. Tetapi sampai ka-pan, kita tidak tahu (kecuali sudah masuk Minggu ke-70 Daniel).

2. Pada akhir zaman, kalau kita ikut mempercepat kedatangan Tuhan, kita sendiri akan tum-buh dalam masa restitusi Kis 3:21 dengan amat cepat seperti kilat (Mat 24:27), sehingga kita tumbuh maksimal dan semua umat Tuhan (lebih kurang 1 miliar orang), tumbuh jadi ma-tang untuk ikut dalam peng-angkatan.

Sebab itu kita perlu:

1. Ikut dalam rencana Allah, yaitu dengan hidup dalam ke-sucian dan hidup berkenan pada Tuhan Kol 1:10.

2. Ikut mempercepat keda-tangan Tuhan.

Kalau keduanya kita lakukan, kita juga akan ikut dalam peng-angkatan.

Kalau seorang hidup dalam dosa, maka ia:

2.1. Ikut dalam rencana iblis. Orang seperti ini akan tumbuh dalam dosa dan bersikap.

2.2. Tidak peduli akan keda-tangan Tuhan, tidak percaya dan tidak ikut apa2 dalam mempercepat kedatangan Tuhan. 2Pet 3:4.

Jadi orang yang berkenan pada Tuhan itu masuk dalam rencana Allah dan ikut dalam masa ujian supaya tumbuh jadi matang dan sebagian jadi sempurna.

Ujiannya akan meningkat sampai tingkat puncak kesem-purnaan dosa oleh Antikris dan orang2 sempurna dalam dosa. Untuk menjadi sempurna, ujiannya juga tingkat sempurna.

Sebab itu semua dipercepat dan kalau tetap hidup dipimpin Roh dengan fasilitas akhir zaman yang limpah, kita akan lulus (tidak jatuh dalam dosa) dan ikut pengangkatan. Sebab itu kita diberi bagian untuk ikut mempercepat kedatanganNya.

III. MENGAPA KITA HARUS IKUT MEMPERCEPAT KEDATANGAN TUHAN

Sebab hanya ada dua pihak yaitu Allah dan iblis, terang dan gelap. Pada akhir zaman kedua-nya meningkat sampai pada puncak2nya sebab keduanya akan menamatkan rencanaNya, istimewa Allah Wah 22:11. Beda antara orang yang taat ikut Tuhan, dan yang tidak taat (ikut iblis) akan jadi makin besar dan mereka yang tidak ikut da-lam rencana penamatan Allah akan terseret dan hanyut dalam tsunami dosa iblis sehingga binasa jiwanya. Sebab itu kita tidak boleh suam, mendua, atau di tengah2, itu semua akan terseret tsunami dosa. Kita harus taat dan bergairah mela-kukan kehendak Allah yaitu ikut dalam proyek penamatan ren-cana Allah, dengan menyegera-kannya.

Ikut mempercepat itu berarti ikut dalam rencana penamatan Allah yaitu ikut pengangkatan.

Mereka yang tidak ikut mem-percepat akan terseret dalam rencana iblis dalam kegelapan dan tertinggal tidak ikut dalam pengangkatan, sebab itu ikutlah dalam rencana Allah untuk mempercepat kedatanganNya.

Sebab itu kalau kita ikut mem-percepat, kita sendiri juga tum-buh lebih cepat, lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel yang sa-ngat dahsyat, supaya bisa lulus dan bisa masuk golongan yang ikut pengangkatan.

Ujian terakhir itu sangat berat (harus bersedia Mat 24:42) seperti Ayub, Abraham, Putra manusia Yesus.

Juga Abraham, ujian akhir-nya begitu berat, ia harus ber-jalan 3 hari 3 malam. Tentu ini menjadi masa pergumulan bagi Abraham, lebih2 putranya (yaitu Ishak) yang taat ikut menyertainya, yang akan dikor-bankannya (lebih mudah ia mengorbankan dirinya sendiri daripada mengorbankan anak-nya, tetapi dalam 3 hari itu ia tetap taat pada Allah). Ini se-perti menerusi Tirai untuk ma-suk dalam Ruangan Maha Suci.

Juga Putra manusia Yesus untuk ujian akhir, sampai Ia minta lepas karena sangat beratnya Mat 26:39

Putra manusia Yesus minta ini sebab Ia hidup sebagai ma-nusia biasa seperti kita, rasa2-nya tidak tahan, tetapi Ia tetap taat kepada BapaNya, bukan kehendakNya sendiri yang jadi, tetapi Ia taat akan kehendak Bapa.

IV. BAGAIMANA CARA MEMPERCEPAT KEDATANGAN TUHAN

Ada bagian Tuhan dan ada bagian umatNya. Bagian Tuhan itu menentukan penamatan ini? Dengan membuat jalan bagi manusia lewat Putra manusia Yesus yang sudah dikorbankan di Golgota, menjadi jalan, kebenaran, dan hidup. Yoh 14:6.

Waktu Putra manusia Yesus menyelesaikan jalan ini, maka Tirai bait Allah terbelah jadi dua dari atas ke bawah dan jalan kepada kesempurnaan terbuka Ibr 10:20.

Bagian Allah sudah selesai, sekarang bagian kita juga harus diselesaikan. Bagian manusia ini, menentukan nasib masing2 sendiri2, sebab yang tidak ikut dalam rencana Allah, akan ikut (terseret)dalam rencana iblis (sebab iblis selalu menipu dan memaksa), sehingga binasa dalam Neraka.

Ada beberapa bagian kita dalam rencana Allah.

A. PATOKAN WAKTU KEDA-TANGAN TUHAN, yaitu semua yang sudah dinubuatkan dalam Firman Tuhan genap lalu Tuhan datang, antara lain 3 Angka kedatangan Tuhan, yaitu:

1. Injil sampai ke seluruh dunia Mat 24:12.

2. Juga jumlah orang yang per-caya genap Rom 11:25.

3. Gereja matang, jumlah setiap bagian genap, istimewa orang sempurna 144.000 genap Wah 14:1. Kalau angka2 ini genap, maka Tuhan datang. Kalau ini bisa dipercepat penggenapan-nya, maka juga kedatangan Tu-han dipercepat. Selain ini kita akan melihat beberapa patok-an2 lainnya lagi yaitu:

B. UMUR (WAKTU)

Setiap orang punya jatah umur dari Tuhan, ini bisa dikurangi atau ditambah tergantung per-buatan dan keputusan masing2. Kita harus memakai umur ini baik2 supaya bisa memper-cepat pertumbuhan rohani kita sesuai dengan rencana Allah sampai selesai, genap dan Tu-han segera datang. Misalnya jatah umur kita 80 tahun dan rencana Allah yang dibuat un-tuk kita pribadi selesai dalam 80 tahun itu baik sekali, tetapi kalau kita mempercepatnya da-lam 75 tahun (dipercepat 5 tahun), maka dengan demikian kita sudah ikut mempercepat 5 tahun. Ini kehendak Tuhan. Ka-lau rencana Allah tidak selesai, berarti kedatanganNya tidak bisa dipercepat, bisa tetap, atau terlambat. Proyek ini adalah antara Allah dengan manusia, bukan hanya Allah. Bagian Allah sudah selesai, jalan kepada puncak rencana Allah sudah terbuka Ibr 10:20.

Kalau kita tidak mau, maka Allah memberikan kesempatan ini pada orang lain Mat 21:43 (Wah 2:5).

B.1. Masa restorasi. Kis 3:21.

Waktu penamatan rencana Allah Rom 9:28, maka umur semua orang dipotong, sehing-ga rugi; sebab misalnya ia masih punya 40 tahun, maka dalam waktu itu ia bisa bertumbuh ba-nyak sekali apalagi kalau bisa berjalan dalam Roh. Untuk kompensasi diberi waktu resto-rasi untuk semua golongan yaitu 3,5 tahun dan dalam masa penamatan rencana Allah, yaitu dalam masa restorasi, semua tumbuh dengan cepat sehingga dalam waktu ini tingkat2 yang hilang dalam 40 tahun, bisa didapat kembali dalam waktu restorasi ini, dengan demikian kedatangan Tuhan jadi lebih cepat, dipersingkat!

B.2. Kalau sejak muda taat pa-da Tuhan seperti Daud, Daniel cs, Yosia dll, maka mereka tum-buh sangat indah dan cepat, sehingga dengan pertolongan Roh Kudus mereka bisa menca-pai target rencana Allah lebih cepat dan itu berarti ikut mem-percepat kedatangan Tuhan, indah! Masa persiapan sangat penting. Yusuf dipersiapkan di rumah lebih kurang 17 tahun lalu dalam perhambaan lebih kurang 13 tahun dan pada umur 30 tahun ia naik ke istana Firaun. Juga Daud dipersiapkan 30 tahun. Yohanes Pembaptis dan Putra manusia Yesus, se-mua dipersiapkan selama 30 tahun. Lebih besar dan berat beban yang akan dipercayakan Tuhan, lebih lama dipersipakan, apalagi Putra manusia Yesus yang tidak boleh bercacat cela sedikitpun Yoh 1:29, Ibr 4:15. Persiapan yang baik bisa mun-cul tepat pada waktunya, bah-kan juga bisa dipercepat. Sebab itu pendidikan anak itu sangat berarti dan tidak boleh dire-mehkan, diabaikan atau diku-rangi oleh orangtua. Begitupula penggembalaan jiwa2 baru de-ngan betul dapat melahirkan banyak orang2 indah seperti Daud, Yusuf, Yosia, Daniel dll pada waktunya atau bahkan dipercepat.

B.3. Lebih banyak waktu untuk rohani Mat 6:33.

Apalagi kalau jadi full timer ka-rena panggilan Tuhan. Kalau full timer bisa memakai setiap hari penuh untuk Tuhan dan terus menerus setiap hari dan setiap tahun, maka pasti pertum-buhan rohaninya, lebih bagus dan bisa mengalami rencana Allah dengan baik, bahkan bisa dipercepat, sebab ini adalah kehendak Allah yang tertulis dalam FirmanNya.

Ada seorang hamba Tuhan part time yang bisa memakai waktunya lebih banyak untuk Tuhan daripada yang full timer, sebab ia cinta pekerjaan Tuhan, cinta Firman dan taat. Orang seperti ini bisa dipakai Tuhan untuk ikut mempercepat keda-tanganNya, apalagi kalau full timer, betul2 waktunya untuk melakukan kehendak Tuhan. Beberapa orang tunggu pensiun atau cukup uang baru mau menjadi full timer, supaya tidak timbul kesukaran dalam segi keuangan. Seringkali maksud-nya baik dan tulus tetapi rugi waktu sebab kurang iman Maz 23:1. Kita harus bisa berpada 1Tim 6:8, 1Kor 7:31, baik dalam kekurangan atau kelimpahan Fil 4:11-13, apalagi full timer, su-paya seluruh waktunya neto untuk Tuhan, sehingga limpah waktu untuk Tuhan, dan de-ngan demikian Tuhan dapat memakai kita mempercepat ke-datanganNya dan kita masuk dalam rencana Tuhan yang indah bahkan sampai puncak.

Tuhan Allah sudah tahu lebih dahulu sampai seberapa banyak waktu kita bisa dipercepat dan kalau kita tidak mau, Tuhan memberikan kesempatan itu pada orang lain yang mau. Orang yang ikut mempercepat sekaligus akan tumbuh cepat dalam kemuliaan Allah.

Yosia umur 8 sampai 16 diper-siapkan Tuhan dengan cepat sesuai dengan nubuatan Firman Tuhan 1Raj 13:2, 2Raj 23:16. Umur 18 tahun ia sudah jadi reformator kerajaannya, mem-perbaiki kaabah 2Raj 22:3-5. Justru waktu itu kitab Taurat ditemukan dan reformasi ber-jalan lebih nyata sesuai Firman Tuhan 2Raj 22:8,11,19-20. Dalam usia yang sangat muda ia melakukan hal2 besar yang direncanakan Tuhan. Yang ingin dipakai Tuhan untuk memper-cepat kedatanganNya, buang semua cita2 dan angan2 du-niawi (yang ber-lebih2, harus mau berpada, tanya Tuhan), sekalipun itu netral, itu akan makan habis waktunya dengan sia2. Tuhan bisa memakai anak usia 8 tahun seperti raja Yosia, asal tulus dan mau taat di-pimpin Roh, bisa efektif dipakai Tuhan, sebab Tuhan yang bekerja di dalamnya, bukan dia.

B.4. Tebus waktu, dipimpin Roh Ef 5:16. Hal2 rohani itu mulia dan kekal, bukan kepujian manusia itu fana dan seringkali menyesatkan, sehingga jadi sombong, sehingga direndah-kan Tuhan Rom 2:29b.

Ini cara hidup yang mutlak perlu untuk ikut mempercepat kedatangan Tuhan dan masuk dalam kemuliaanNya. Minta pimpinan Tuhan atau nasehat orang yang betul2 dipakai dan diurapi Tuhan, seperti Yosia. Ia bertanya kepada nabiah Hulda (2Raj 22:14). Jangan salah jalan, bisa celaka Hos 4:6. Selalu hidup benar dipimpin Roh melakukan kehendak Allah Rom 8:14, Luk 4:1,18.

C. EFISIENSI.

Hidup paling efisien kalau kita taat dipimpin Roh sesuai Fir-man Tuhan, sebab ini efisiensi dari Allah dalam hidup kita, ini yang sempurna. Waktu Daud melawan Goliat, para profesio-nal perang melengkapi dengan perlengkapan raja (paling baik dari tentara Israel), tetapi Daud menolak dan pakai cara ilahi, sangat efisien. Ia mengumpul-kan 5 batu di tepi sungai (dari apa yang ada, bukan dari yang tidak ada) dan dengan satu batu ia menang mutlak dan seluruh Israel menang besar! Belajar mahir dipimpin Roh da-lam perkara kecil dan besar, sebab Roh Kudus bisa memakai perkara kecil untuk kemenang-an terbesar seperti Daud. Le-bih2 menghadapi akhir zaman yang sangat dahsyat, dengan new normal dosa seperti orang2 yang sempurna dalam dosa yang tingkatnya seperti iblis dan pimpinannya yaitu antikris akan memerintah dunia dalam Minggu ke-70 Daniel.

C.1. Hidup suci dengan tabiat baru seperti Kristus.

Ini dasar untuk bisa hidup de-ngan efisiensi ilahi. Jalan dalam dosa dan tabiat daging atau tabiat lama me-rem dan me-nyabot semua pekerjaan Roh dalam diri kita. Ini dimulai dan ditingkatkan dengan buah dan karunia2 Roh 1Kor 12:7-11, Gal 5:21-23. Dengan cara dan pim-pinan Roh Kudus, tabiat baru akan bertumbuh sampai penuh seperti Kristus Ef 4:13.

Tetap dalam kesucian seperti Kristus dalam segala segi hidup, maka kita akan hidup dan mela-yani dengan efisiensi ilahi, se-hingga bisa ikut mempercepat kedatangan Tuhan dengan hi-dup berkemenangan.

Contoh terbaik adalah pela-yanan Putra manusia Yesus dalam segala seginya, sehingga netto dalam 3,5 tahun semua selesai dengan sempurna.

Juga pada penamatan ren-cana Allah (Minggu ke-70 Da-niel) Perjamuan Suci setiap hari bahkan di rumah2 itu meme-lihara dan menumbuhkan kesu-cian dan tabiat baru seperti Kristus. Dalam hujan Awal (Kis 2:46), dalam hujan Akhir ini le-bih efisien, pengangkatan akan terjadi di sekitar Perjamuan suci Luk 17:(34-)37, Mat 24:28.

C.2. Mahir pikul salib Yes 53:3. Orang yang mahir pikul salib seperti Kristus, sudah matang, berhenti berbuat dosa 1Pet 4:1.

Kalau hidup dalam kesucian, pimpinan Roh Kudus jadi tepat dan mengalami efisiensi ilahi yang penuh. Dosa sekalipun dalam pikiran itu merusakkan pimpinan Roh Kudus,   menga-caukan rencana Allah dan me-nyesatkan jalan hidupnya. Seka-lipun dalam penjara, Paulus te-tap berjalan dalam Roh, mau menderita dalam tubuh, sehing-ga ia bisa mengatasi rasa jeng-kel, tetap sejahtera dan dengan cepat dan tepat ia tertolong dengan ajaib dan Gereja Filipi berdiri, pelayanannya sangat efektif. Bahkan dalam penjara yang lain, keluar banyak surat2 yang ditulis Paulus, hidup bisa sangatefisien sekalipun sikon jelek.

Waktu Naaman datang, Elisa dipimpin Roh; mula2 tampak-nya sikap dan cara Elisa tidak cocok, sampai Naaman marah, sebab Elisa tidak mau keluar, tetapi itu cara yang tepat, sehingga hasilnya penuh dan Naaman bertobat. (Itu men-dorong Naaman untuk me-rendahkan diri kepada Tuhan-nya Elisa). Pimpinan Roh setiap kali berbeda dan ini memper-cepat semua rencana Tuhan istimewa hari kedatanganNya. Memang dipimpin Roh itu ha-rus mematikan daging, tidak sulit asal mau dan terus taat akan suara Roh Gal 5:16-17. Tidak ada kebetulan, tanya Tuhan terus menerus dan minta pimpinanNya.

C.3. Bersekutu dalam Roh Ef 4:3, dan Firman Tuhan Maz 119:63.

Ini persekutuan dalam kesucian dan kasih 1Yoh 1:7, karena sama2 dipimpin Roh dan sama2 cinta dan taat akan Firman Tu-han. Persekutuan ini membuat:

a. Kesalahan masing2 berku-rang sampai habis karena saling menasehati dan melayani dalam Roh Mat 7:2-5.

b. Kekuatannya meningkat sa-ngat besar Im 26:8 sampai 100 kali, sehingga ber-sama2 kita bisa lebih efisien menghadapi semua problem dengan keme-nangan dan bisa mengalami rencana Allah yang indah de-ngan tepat bahkan dengan lebih cepat.

c. Juga bisa saling melayani dalam Roh, sehingga bisa saling menguatkan dan jadi kuat ber-sama2.

d. Pembagian kerja dalam pe-layanan bersama, membuat hasil makin besar, lebih2 de-ngan adanya perbedaan jabat-an Ef 4:11-12, lebih2 di akhir zaman akan jadi ajaib Wah 12:1. maka tubuh Kristus akan tumbuh dengan cepat menjadi sempurna. Sebab itu supaya ki-ta bisa ikut mempercepat keda-tangan Tuhan, kita perlu berse-kutu ber-sama2 dalam Kristus sebagai tubuh Kristus yang sehat dan benar.

C.4. Tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran terus menerus. Yoh 4:22-23, 1Tes 5:17. Ini adalah kunci untuk bisa ber-jalan dalam Roh. Ini motornya untuk seluruh segi hidup di dalam Kristus.

C.5. Ibadah bersama, tatap muka dalam persekutuan tu-buh Kristus Ibr 10:25, membuat Tuhan makin nyata dalam hidup kita masing2 dan tubuh Kristus Mat 18:18-20, sehingga ber-sama2 dapat mempercepat kedatangan Tuhan.

C.6. Tekun dalam Firman Tu-han dalam pengurapan Roh Ku-dus dan dengan limpah, 2 gomer, maka kita akan makin mengerti rahasia2 Firman Tu-han Mat 13:11, bahkan sampai pembukaan2 yang baru Mat 10:26-27. Sampai dimana Roh Kudus membukakan Firman Tu-han sehingga kita bisa mengerti secara rohani, sampai di sana kita bisa tumbuh dan ber-buah2 Mat 13:23, dan hidup ini makin efisien dan bisa mempercepat kedatangan Tuhan. Kita perlu terus tumbuh dalam seluruh kebenaran Firman Tuhan da-lam pimpinan Roh Kudus Kis 20:20,27, sehingga seluruh segi hidup kita diterangi dan ditum-buhkan sesuai dengan Firman Tuhan. Dengan demikian Roh Kudus dapat selalu mengingat-kan Firman Tuhan yang tepat, yang kita perlukan Yoh 14:26, menjadi pedang Roh Ef 6:17, Firman yang tepat untuk ke-adaan kita (Rhema), maka de-ngan pedang Roh ini kita bisa mengalahkan musuh. Jangan lupa saling mem-bagi2 Firman Tuhan Mat 24:45, Ams 11:24-25, sehingga bisa saling mengisi dan melengkapi dan hidup makin efisien ber-buah2 makin banyak Mat 13:23.  Kita bisa bertindak benar, dengan kuasa Roh Kudus danFirman Tuhan, bisa berhasil dan mempercepat kedatanganNya.

C.7. Melayani bersama dalam persekutuan yang betul, ha-silnya sampai 100 kali ganda, itu luar biasa!Dengan demikian semua bisa berjalan sesuai kehendak Allah dan memper-cepat kedatangan Tuhan.

Jangan hidup dalam dosa, jangan bodoh dan memakai kekuatan atau akal kita sendiri, akan jadi mangsa iblis yang jauh lebih kuat dari akal atau ke-kuatan manusia yang mana-pun! Tetapi kalau kita betul2 dipimpin Roh, maka hidup ini akan tumbuh dan ber-buah2 dengan cepat dan ikut memper-cepat kedatangan Tuhan dan kita mengalami berkat dan ke-muliaan yang luar biasa.

C.8. Selesaikan semua beban kita baik2 Kis 20:24, 2Tim 4:7, jangan menunda. Baik dalam keluarga dan dalam Gereja, mu-lai dari kelompok kecil, dalam Gereja lokal sampai global. Waktu kita terbatas, 70-80 ta-hun, jangan remehkan, me-nyia2kan kesempatan yang ha-nya satu kali ini, dahulukan kerajaan Allah dan kebe-naranNya, dan berpada dengan yang fana!

Jangan dosa dan (percinta-an) yang fana membuat tujuan kita bercabang atau kabur, kita akan kehilangan kesempatan dan bisa terseret dalam tsuna-mi dosa. Tetapi berusahalah untuk terus menerus dipimpin Roh sesuai Firman Tuhan, maka kita akan sampai kepada sa-saran yang tepat dalam rencana Allah dan mempercepat keda-tanganNya Fil 3:12-15.

KESIMPULAN

1. Jangan sampai tertipu menu-rut daging, dunia dan iblis, pasti binasa, tetapi bergairah dipim-pin Roh ikut dalam rencana Allah, bahkan bisa ikut mem-percepat kedatanganNya de-ngan menggenapkan 3 angka kedatanganNya dan memakai waktu  dengan baik, bahkan bi-sa tebus waktu dan hidup de-ngan efisiensi ilahi yang tinggi dengan 7 KPR dalam Roh, maka kita tumbuh dengan cepat dan bisa ikut mempercepat keda-tangan Tuhan yang heran. Jangan kena laknat dosa, tetapi mengalami Maranatha, Tuhan datang dan dipercepat. 1Kor 16:22.

Jangan buang waktu dan kesempatan seperti Yacob (le-bih kurang 22 tahun) atau Abraham 13 tahun Kej 16:16-17:1. Abraham umur 86 tahun sampai 99 tahun, 13 tahun kosong, sia2.

Pakai setiap waktu, umur baik2 dengan efisiensi rohani, yaitu dipimpin Roh sehingga semua boleh selesai pada waktunya atau malah lebih cepat dengan Roh Kudus; sebab ini adalah kehendak Allah, supaya kita ikut mempercepat kedatangan Tu-han sehingga kita sendiri tum-buh. Kalau tidak ikut dengan Tuhan, akan terseret dalam tsu-nami dosa yang sangat kuat di akhir zaman, sehingga binasa.

Sebab itu biar kita kerjakan baik2 tugas, beban kita dan tumbuh terus dalam pimpinan Roh Kudus, kalau kita hidup dipimpin Roh dengan baik2, maka kita bisa ikut memper-cepat kedatangan Tuhan dan ikut pengangkatan.

Scroll to Top