KA-03 – Kidung Agung 1:5-7 Kekasih yang Hitam

KID 1:5. HITAM, MANIS SEPERTI KEMAH KEDAR, TIRAI SALOMO

KID 1:5A O, ENGKAU PUTRI-PUTRI YERUSALEM

Putri2 Yerusalem adalah orang2 yg sudah percaya dan sudah lahir baru. Tetapi ini belum cukup, harus terus tumbuh Ibr 6:1 sampai menjadi seru-pa dgn Tuhan Yesus, sebab ini rencana dan kehendak Allah Yoh 10:34-35, Mat 5:48, 1Kor 11:1 dll. Ini rencana Allah sejak dari permulaan Kej 1:27.

Orang yg hanya merasa selamat dan tak butuh apa2 lebih lanjut, itu seperti putri2 Yerusalem yg baik2, ak-hirnya terseret dalam dosa Yes 1:8. Tetapi kalau seperti Paulus, yg sadar akan kekurangan2nya, sebab itu kita memerlukan Roh Kudus sebagai Peno-long dan kekuatan bagi roh kita, se-hingga ada jalan untuk lebih mening-kat terus sampai akhirnya menjadi seperti Kristus.  

KID 1:5B. AKU HITAM, TETAPI CANTIK

Putri ini mengaku ia hitam. Hitam adalah warna dari hidup dosa Nud Yer 4:6-8. Banyak kali orang tidak mau mengaku, sebab kita masih dapat mengelabui manusia dan mendapat “faedah” dari penipuan itu, namun dgn Tuhan menipu itu sia2, sebab Tu-han tahu tepat keadaan – kita. Karena itu orang yg mengelabui Tuhan itu celaka, ketahuan dan tetap kena hukuman. Itu sebabnya orang yg me-ngaku lebih baik, ia mendapat kasihan Ams 28:13. Nampaknya pengakuan itu merendahkan kita, tetapi di hadapan Allah justru ini yg membuat orang hitam ini “manis”. Paulus yg juga “hitam”, ia  mengakui ia hitam pekat 1Kor 15:9, Ef 3:8. Bukan saja dalam perbuatan2 luar, tetapi sampai ke da-lam batin. Ia sadar batinnya pun le-mah Rom 7:18-19. Keinsyafan ini adalah dasar pertama yg kelak akan diubahkan Tuhan menjadi suatu hidup rohani yg manis. Orang yg merasa di-rinya putih Luk 18:11-12 itu mempu-nyai dasar yg rapuh, sebab ia tak sadar siapa dirinya sendiri dan mem-besarkan diri. Tak dapat menjadi ma-nis di hadapan Tuhan Allah. Sungguh kita perlu sadar se-dalam2nya bahwa kita ini lemah shg kita bergantung kpd Tuhan 2Kor 12:9, tak dpt berguna apa2 sehingga mudah mengakui se-bagai hamba yg tak berguna Luk 17:10.

Tanpa Tuhan kita tidak bisa ber-buat apa2, kita sangat terbatas, se-mua dari Tuhan 1Kor 4:7, semua yg jadi dalam hidup kita itu adalah kare-na anugerah Tuhan 1Kor 15:10. Tetapi sebaliknya, dgn Tuhan, dgn iman akan janji2Nya, kita jadi berarti Fil 4:13, bahkan jadi pemenang Rom 8:31, dan amat besar, karena Tuhan Maz 60:14.

“Tahu diri hitam” adalah permulaan dari perkara2 besar bagi orang yg sungguh2 bertobat.

Orang2 yg tahu merendahkan diri (sebetulnya lebih tepat tahu diri, se-bab memang betul, tanpa Tuhan, keadaan kita ini hina dan najis Yes 1:8) ada harapan melihat perkara2 besar dikerjakan Tuhan dlm hidupnya asal hubungan dgn Tuhan tetap terpeli-hara (tetap hidup suci). Sungguh ke-murahan Tuhan itu besar, yg mening-gikan orang2 percaya dan sadar bah-wa tanpa Tuhan, ia tidak bisa berbuat apa2 Maz 8:5. Memang rencana Allah bagi kita terlalu besar, sebab itu kalau kita ti-dak tahu diri, tidak sadar dan me-ngerti bahwa semua itu dari Tuhan, dapat menjadi sombong dan jatuh spt Lucifer Yeh 28:17.

KID 1:5C. SEPERTI KEMAH2 KEDAR, SEPERTI TIRAI2 SALOMO

Anak2 Ismael ada 4 orang (disini 12 Kej 13:16), semua tetap melawan dan berperang dgn Israel, tetapi Kedar dan Nebayot berubah Kej 16:11; 25:13,16, 1Taw 1:29-31

Tenda2 Kedar dan Tirai2 Salomo.

Tenda atau kemah Kedar itu mence-ritakan tentang tempat tinggal orang2 Kedar (juga orang Israel) dan Kemah suci yg ada di tengah2 orang Israel. Tirai Salomo ini menceritakan tentang Tirai (Curtains) yg ada dalam Kemah Suci dari Pintu Gerbang, Pagar Hala-man, sampai Pintu Kemah dan Tirai.

Jadi Kedar dan Salomo ini dalam Wasiat Lama adalah gambaran dari dua anak Abraham yg berasal dari dua perempuan, yaitu Sarah dan Hagar (karena kebodohan Sarah dan Abra-ham). Ini diceritakan dalam Gal 4:21-31, panjang lebar. Sebab ini jadi per-bedaan besar dalam Wasiat Lama dan Wasiat Baru yg perlu kita ketahui baik2. Ini perbedaan antara Taurat dan Injil, antara lahir rohani (lahir baru) dan lahir daging, ibadah jasmani dan rohani, bahkan yg daging meng-aniaya yg rohani seperti dalam Gereja mula2, orang2 yg memegang Taurat menganiaya orang yg percaya akan Injiil, bahkan Putra manusia dll dibu-nuh olehnya Mat 27:(23-)25.

Ini juga menjadi gambaran lain yaitu orang2 Kedar yg melawan Injil, sebab hidup cara jasmani seperti Wa-siat Lama, seperti Israel jasmani, te-tapi satu kali kelak akan ada per-ubahan besar, dua kandang domba ini akan menjadi satu Yoh 10:16.

Dikatakan bahwa mereka tidak suka damai, tetapi suka perang mela-wan Israel Maz 120:5-7, TB,KJ: Akhir-nya mereka dihukum Allah sehingga habis para pemanah dan pahlawan2-nya Yes 21:16-17. Tetapi heran dalam Yes 42:11-12 disebutkan bahwa mere-ka me-muji2 Tuhan. Mengapa? Satu2-nya sebab, karena bertobat kpd Tu-han, sekalipun bukan bangsa Israel, sebab Tuhan merindu semua bangsa selamat se-banyak2nya Yoh 3:16, 2Pet 1:9.

Dalam Yes 60:7-8 mereka sudah berubah begitu jauh dan ikut peng-angkatan. Ini akan terjadi  kalau sudah waktunya, akan ada banyak perto-batan dari bangsa Ismael, sehingga mereka akan menjadi satu kandang Yoh 10:16, bahkan dari seluruh dunia global Yes 60:1-6. Semua akan ber-sukacita dan tumbuh bersama di dalam Tuhan dan akhirnya banyak yg ikut dalam pengangkatan. Kalau ini sudah terjadi, maka ini menjadi tanda bahwa kedatangan Tuhan sudah dekat. Ini cerita tentang Kemah Kedar.

Tirai Salomo

Tertulis dalam Alkitab, bahwa sesudah kejatuhan Salomo yg sangat parah, pada akhirnya ia bertobat kembali, meskipun sudah banyak cacat dan rusak, dan sudah dihajar 2Sam 7:14-15.

KID 1:6. JANGAN MELIHAT YG HITAM

KID 1:6A. JANGAN MELIHAT KEPADAKU, SEBAB AKU HITAM,

Hidup yg lama harus dikubur. Jangan beri kesempatan iblis memakai hidup lama kita untuk bangun kembali, itu akan mencelakakan kita. Juga disini, jangan sampai mereka melihat bahwa ia hitam. Jangan membuat dan mem-pengaruhi orang2 lain untuk hidup separuh-separuh, kembali ke dlm do-sa. Jangan sampai jadi batu sontohan dan jangan mau dipakai iblis (Mat 16:23) untuk menjadi contoh yg salah di tengah2 Sidang Tuhan, sebab itu hiduplah cara baru, tinggalkan yg lama Kol 1:13.

KID 1:6B. SEBAB MATAHARI TELAH MEMANDANG KEPADAKU

Matahari cerita tentang Allah  yg membuatnya menjadi hitam. Ini cerita tentang orang yg ada dalam terang Firman Tuhan sadar, bahwa ia tidak akan tahan dgn “sinar matahari”, menjadi hitam; akan nyata siapa dia sebenarnya. Di hadapan Allah kita nyata adalah orang dosa dan tidak berdaya menyelamatkan diri kita sen-diri, yg lahir dalam dosa. Orang seperti ini, makin lama hidupnya dalam dunia, makin banyak dosanya.

Tidak ada orang yg bisa hidup suci.  Sebab semua manusia itu daging Yes 31:3, 2Taw 32:8, Yer 17:5, Kej 2:23; 6:3., dan selalu condong pada daging Yoh 3:19. Dalam daging, manusia ti-dak ada harapan, hanya diusir dari Surga. Tetapi sesudah ditebus oleh da-rah Yesus, lahir baru, kita bukan lagi daging, tetapi jadi anak2 Allah Yoh 1:12 yg punya sifat, tabiat baru seperti Kristus dan bisa hidup dalam Roh, tidak lagi dalam daging (tetapi tubuh yg belum ditebus itu hidup dalam daging dan menarik orangnya untuk menurut daging, sebab itu perlu di-sangkali, dimatikan Gal 5:16-17).

KID 1:6C. ANAK2 IBUKU MARAH KEPADAKU, MEREKA MEMBUATKU MENJADI PENJAGA KEBUN ANGGUR,TETAPI KEBUN ANGGURKU SENDIRI TIDAK KUJAGA

Ini adalah pergumulan dalam diri kita dan dalam pergaulan hidup se-hari2.

Ada dua kebun anggur, juga kebun anggur keluarga jasmani dan kebun anggur rohani (sesudah lahir baru). Ini adalah anggur lama (dari manusia daging) dan anggur baru dari Roh Ku-dus di dalam manusia rohani. Sukacita dari Roh Kudus (Rom 14:17) yg terus mengalir dalam hati kita Yoh 4:14; 7:38, Yez 47:1-5.

Anggur lama (hasil kebun anggur manusiawi) adalah kesukaan yg dicari manusia, tetapi itu akan cepat kem-bali haus Yoh 4:13, sia2; Jalan yg dikira betul (mencari anggur), ternyata salah dan sia2 Ams 14:12-14. Dalam jalan daging, manusiawi, dosa, tidak ada sejahtera Rom 3:17.

Persekutuan daging bisa dgn pura2 atau ada maksud2 tertentu, seperti semua persekutuan dalam dunia, sela-lu tercampur dgn dosa. Tetapi perse-kutuan dalam Kristus itu indah, dalam Roh dan Firman Tuhan, dalam kesu-cian dan kasih Kristus 1Yoh 1:7. Ada kasih ilahi, bisa saling mengampuni dan hidup dalam terang, bukan lagi sebagai musuh tetapi sebagai sahabat Ams 16:7. Seringkali sebab meng-utamakan kebun anggur lama, maka kebun anggur baru tidak dipelihara, ini suatu kesalahan. Biar kita perha-tikan dalam keluarga2, jangan hanya bisa bersekutu cara jasmani, tetapi secara rohani tidak bisa bersekutu da-lam Roh dan Firman, ini tanda2 jelek. Begitu juga dalam kelompok sel, Ge-reja, Synode, yg dijaga dan dipelihara, jangan hanya persekutuan jasmani yg menghasilkan anggur kepuasan jas-mani dari luar, tetapi tidak ada per-sekutuan dalam tubuh Kristus, yaitu persekutuan dalam Roh Ef 4:3, dan Firman Tuhan Maz 119:63.

Anggur dari persekutuan daging, jasmani itu seperti palungan retak, satu kali akan habis Yer 2:19. Tetapi persekutuan (dgn anggur kesukaan Roh, anggur baru) itu indah, seperti dalam Maz 133:1-2.

Dan itu akan tahan sampai dalam Surga, sebab di dalam Kristus, ada anggur baru. (Nyanyian: Duduk bersa-ma, bersambung di Surga, untuk sela-manya). Persekutuan yg betul, yaitu dgn anggur baru, yg satu kali akan jadi persekutuan global, Gereja Kristus da-lam masa penamatan rencana Allah (Wah 12:1) adalah persekutuan yg bisa duduk bersama dalam Roh dan Firman Tuhan dan yg akan bersam-bung terus sampai kekal di Surga.

Jangan mengutamakan anggur la-ma, yaitu anggur dunia, yaitu berse-kutu karena keluarga, karena macam2 keuntungan dan kesukaan, atau re-kreasi2 dunia seperti yg diusahakan oleh Marta, tetapi Maria lain, ber-sekutu dalam Firman Tuhan dan doa yaitu doa dalam Roh dan kebenaran.

Kebun anggur daging, manusiawi, keluarga itu isinya anggur lama, ke-sukaan makan minum, golongan, ke-luarga, rekreasi2 duniawi, ini akan le-kas bocor, habis, harus cari yg lain lagi, sebab sesudah minum akan haus lagi Yoh 4:13. Bahkan akan limpah dgn segala kesukaan dunia, daging, dan ber-macam2 dosa, seperti dalam Tit 3:3. Apakah kesukaan persekutuan kita (kebun anggur kita seperti ini, lekas bocor dan terus perlu cari lagi yg baru; Tuhan berkata: Marta ber-susah2 dari banyak hal, tetapi yg in-dah dan penting adalah seperti yg di-lakukan oleh Maria Luk 10:41-42. Per-sekutuan dalam Tuhan itu sederhana, tetapi indah dan anggur baru akan terus mengalir, sebab ini kesukaan dan sejahtera dari Roh Kudus Rom 14:17, Fil 4:4,7, tidak akan habis. Se-kalipun ada banyak kesukaran, masih ada saldo Yoh 16:22. Sekalipun dalam penjara kesukaran seperti Paulus, masih bisa menyanyi Kis 16:25.

KID 1:7. DI MANA KEKASIHKU?

KID 1:7A. KATAKANLAH KEPADAKU, O ENGKAU YG DIKASIHI OLEH JIWAKU

Ini hati yg rindu mendambakan keha-diran kekasihnya. Ia mencari dan men-cari. Orang yg mempunyai hati kasih akan terus mencari sampai mendapat dan memegangnya erat2. Hati yg haus dan rindu akan Tuhan itu adalah motor utk tumbuh dlm kesucian dan iman Maz 42:2-3.

Ini akan membuat seorang haus dan lapar akan Firman Tuhan Mat 5:6, merindu tinggal dlm rumah kesucian Tuhan Maz 27:4, terus bersekutu dgn Tuhan, yaitu selalu dipimpin Roh, ber-jalan dgn Tuhan terus menerus, dan bergemar dgn segala keindahan kesu-cian Tuhan, yaitu perkara2 dari Atas (Kol 3:1-4) yg terus menyala dalam hatinya.

KID 1:7B. DIMANA ENGKAU MENGGEMBALAKAN (memberi makan = feed).

Kesukaan atau rindu akan Allah jangan dibiarkan padam di tengah2 timbunan kesibukan dan keinginan hawa nafsu. Arahkanlah mata kita utk mencari di mana kekasih kita memberi makan! Dlm Alkitab, dlm F.T.! Rindu akan Allah hrs diarahkan dlm kepuasan akan Firman Tuhan Maz 1:2;  Maz 119:97.

Isi se-banyak2nya dlm kesukaan akan Firman Tuhan dan usaha untuk melakukan dan mentaatiNya. Disinilah tempatnya kekasih kita memberi makan. Limpahlah dgn F.T. sepanjang hari Maz 1:1-3. Ambillah sebanyak mungkin, lebih2 kalau kita ada waktu (atau dari menebus waktu), itu tidak akan ber-lebih2 Kel 16:18. Maka ke-rinduan ini akan bertumbuh dgn baik! Dia mem-bagi2kan Firman Tuhan le-wat kita, yaitu orang yg limpah dan penuh dgn cinta akan Firman Tuhan, ada banyak Firman Tuhan dalam ha-tinya dan dapat terus keluar dari mulutnya kelimpahan Firman Tuhan itu Mat 12:34.Banyak orang rindu dan senang mendengar F.T. (ini pekerjaan Roh Kudus, bahkan Herodes yg ja-hatpun dapat rindu Mrk 6:20), tetapi tidak mendatangkan hasil apa2, ban-tut, sebab tidak dilakukan dan tidak di-bagi2kan. Hamba yg baik itu akan selalu memberi makan umat Tuhan Mat 24:45-46. Mari bagi2kan Firman Tuhan dalam jumlah kecil dan besar, dalam segala keadaan dan pada se-mua orang di sekitar kita, apalagi orang2 yg menjadi tanggungan kita, misalnya anak2, terus didik dgn Fir-man Tuhan, inilah tempat Tuhan memberi makan umatNya, lewat kita.

KID 1:7C. DIMANA ENGKAU MEMBUAT KAWANAN DOMBAMU BERISTIRAHAT

Juga ke sini hati kita harus diarahkan, yaitu di bawah kaki Tuhan Yes 30:7,15 seperti Maria. Ini tempat yg akan mempertemukan atau mempererat hubungan kita dgn Sang Kekasih. Juga rindu berdoa sudah dikerjakan Roh Kudus di dlm banyak orang; Ini hu-bungan atau percakapan dua arah. Selain kita berdoa kepadaNya, kita ju-ga harus bisa mendengar suaraNya yg akan memimpin kita dalam renca-na2Nya yg indah Mrk 4:23. Tetapi se-bagian (besar) orang malas melaku-kannya, bahkan kadang2 dipadamkan, dikalahkan oleh segala perkara sia2 lainnya dan hasilnya tentu rugi besar atau celaka! Kalau Abraham tidak me-nurut perintah Tuhan, jadi apakah Abraham? Baik perintah dan pimpinan untuk keluar dari Urkasdim, terus ber-macam2 perintah lainnya, sampai me-nyuruh mengorbankan Ishak. Ba-yangkan kalau Abraham tidak melaku-kannya, hidup Abraham jadi kosong, sia2, rencana Allah yg sangat besar dan mulia untuk kekal, itu batal, rugi besar dan jiwanya terhilang. Dgn duduk diam2 dan mau taat, kita juga diperlengkapi dgn kuasa dari tempat yg Maha tinggi Luk 12:49.

KID 1:7D. WAKTU TENGAH HARI

Ini bukan waktu tidur, meskipun siang, terus bersekutu dgn Tuhan. Memang Tuhan menyuruh kita berdoa dalam Roh dan kebenaran senantiasa 1Tes 5:17. Ini perlu kita lakukan, berdoa te-rus menerus dalam Roh dan kebe-naran. Ini menjadi kunci kekuatan dan kemenangan kita. Juga setiap kali ke Gereja, bukan hanya waktu kebaktian doa kita bisa berdoa, tetapi juga wak-tu Firman Tuhan dll, kita tetap bisa berdoa terus dalam Roh dan kebe-naran dgn tenang, tetapi bersekutu dgn Tuhan. Dalam segala sikon ber-doalah senantiasa dalam Roh dan ke-benaran, sebab kita sangat membu-tuhkan kuasa, hikmat dan pimpinan Roh Kudus dalam segala saat dan sikon. Segera ada waktu, ada kesem-patan kita terus bersekutu dgn Tuhan.

* Ada orang yg sudah mencintai Fir-man Tuhan, tetapi kemudian cepat padam kerinduannya karena tidak mau berbuat sesuai dgn Firman Tu-han. Beberapa org yg ber-api2 bebe-rapa bulan pertama/ tahun pertama lalu menjadi bantut dan mati, sebab berhenti mentaatinya dan tidak mau mem-bagi2kan Firman Tuhan sebagai seorang hamba yg baik (Mat 24:45). Mereka yg tidak mengarahkan kerin-duan hatinya untuk mem-bagi2nya, makin lama makin habis Ams 11:25-26. Gereja yg mula2 bertekun dlm hal ini Kis 2:42, sehingga mereka maju & ber-tambah2 besar dgnpesat dan tumbuh. Orang Kristen yg tahu arah, terus mem-bagi2kan, terus bersaksi, tidak akan bosan malah lebih indah dan puas, sebab melihat kuasa Tuhan bekerja dalam ketaatannya. Tetapi yg tidak cinta Firman Tuhan dan tidak mem-bagi2kannya akan makin habis, lebih2 kalau iatertarik pada macam2 keramaiannya (perayaan2, retreat2, ramai2 duniawi dll) akan padam kerin-duannya dan menjadi jemu ibadatnya. Di dalam segala perayaan & perte-muan2 Kristen yg meriah pun, 2 per-kara ini hrs menjadi pusat dan intinya, kesukaan dalam Roh Luk 10:21 (Rom 14:17). Dan kesukaan dalam Firman Tuhan Yer 15:16. Ini jalan yg betul dan akhirnya akan membawa kita makin erat bersekutu dgn Tuhan kekasih kita dan dgn anggota2 tubuh Kristus, se-hingga satu kali boleh bertemu dgn Tuhan atau pengangkatan 1Yoh 3:2.

…..Bersambung

Scroll to Top