YS176 Yes 40:26-31 Tidak lelah, loyo, kehabisan akal.

YS176 Yes 40:26-31 Tidak lelah, loyo, kehabisan akal.
 
YESAYA 40:26-31. TIDAK LELAH, TIDAK LOYO, TIDAK KEHABISAN AKAL.
 
YES 40:26. ALLAH YANG MAHA KUASA DAN MAHA TAHU.
 
ANGKATLAH MATAMU KE ATAS DAN LIHATLAH.
Lihat ke atas kepada Tuhan. Dia yang menciptakan semesta alam ini bahkan semua yang tampak dan yang tidak tampak. Ibr 11:3.
SIAPAKAH YANG MENCIPTAKAN SEMUANYA INI?
Kita hanya ciptaanNya, Dia Sang Pencipta, sangat besar bedanya. Murid dan guru, pegawai dan majikan, rakyat dan raja, dll itu bedanya sudah sangat besar, bahkan kadang2 bisa berarti mati, sebab raja menvonis kematian lawannya (entah benar atau salah). Perbedaan ciptaan (kita) dan Penciptanya (Allah) itu jutaan kali lebih besar dan memang Allah berkuasa penuh atas semua ciptaanNya, tetapi Allah 100% adil, Ia tidak akan berbuat yang salah sedikitpun; bahkan Allah selain adil juga mengasihi setiap orang 2Pet 3:9. Asal kita hidup benar apalagi memperkenankan Dia (Kol 1:10), pasti Sang Pencipta akan memihak dan membela kita, lebih2 dalam melawan iblis. Yak 4:7.
 
YANG MEMBAWA KELUAR TENTARANYA MENURUT JUMLAHNYA. IA MEMANGGIL MEREKA SEMUA DENGAN NAMANYA OLEH KEBESARAN KUASANYA.
Allah mengenal jumlah dan nama semua tentaraNya.
Luar biasa, Ia tahu semua yang ada, berapa jumlahnya dan namanya satu per satu, dan apapun yang terjadi, apalagi mahluk2 yang diciptakan, sedangkan yang mati tidak bangkit lagi (yaitu binatang dan tanaman) juga dipelihara oleh Allah dengan ajaib Mat 6:26-30. Sebab itu orang percaya yang mau hidup benar itu bisa bebas kuatir dalam hal apapun, asal mau tetap suci dan dipimpin Roh dalam jalan Allah.
 
KARENA IA KUAT DI DALAM KUASA, TIDAK SATUPUN YANG GAGAL.
Allah sanggup memelihara kita, Dia Sang Pencipta yang maha kuasa, maha tahu.
Ia sangat besar kuasa dan hikmatNya, sehingga tidak ada satupun yang gagal dari apa yang dibuat atau direncanakan Ay 42:2. Rencana Allah itu menamatkan bumi ini juga pasti akan digenapkan. Kalau kita mau taat kepadaNya dengan segenap hati, pasti bisa ikut dalam rencana kemuliaanNya yang amat besar.
Sebab itu jangan bodoh dan melawan Tuhan, tetapi taat dengan segenap hati, jangan menuruti daging atau kehendak sendiri. Lebih baik taat pada Sang Pencipta, pasti hidup berkemenangan.
 
YES 40:27. YAKUB DAN ISRAEL YANG BODOH.
 
MENGAPA ENGKAU BERKATA O YAKUB DAN BICARA ORANG ISRAEL,
Beda Yakub dan Israel.
Yakub itu cacing kecil, tidak berarti Yesaya 41:14. Cacing seribupun tidak berarti bagi Tuhan. Yakub tidak berdaya melawan kakaknya Esau.
Israel adalah bangsa yang keluar dari Yakub, jauh lebih besar dan ini oleh berkat2 Tuhan. Meskipun begitu, kalau tidak taat, tidak ada artinya di hadapan Tuhan. Jangan sesudah menjadi besar, jadi sombong dan berani melawan Allah. Israel biarpun sudah menjadi besar, di hadapan Allah, tetap kecil dan tidak berarti, bahkan seluruh bangsapun tidak ada artinya bagi Tuhan, hanya sebesar 1 tetes air dalam timba Yes 40:15. Jangan sombong apalagi melawan Allah atau manusia. Nebukadnezar pun direndahkan seperti binatang; Juga raja Asyur, Sanherib, 185.000 tentaranya mati dalam semalam dan ia juga mati dibunuh dalam kuilnya. 2Raj 19:35,37. Tetap rendah hati dan taat akan Firman Tuhan, jangan berdosa kepada Allah dan manusia meskipun sudah diangkat sangat besar.
 
JALANKU TERSEMBUNYI DARI TUHAN DAN KEPUTUSANKU ITU KELEWATAN OLEH ALLAHKU.
Tuhan dan Allah itu uga berbeda 1Kor 6:8. Biasanya Tuhan adalah Tuhan Yesus Kristus dan Allah adalah Bapa di Surga.
Jalanku tersembunyi dari Tuhan. Tuan kita tahu segala keadaan kita lengkap, Maz 139:1-15. Segala perbuatan kita nyata di hadapanNya, sia2 disembunyikan atau membodohi diri sendiri dengan berkata Tuhan tidak tahu, lalu berani berbuat dosa semaunya sendiri, bisa celaka! Kita harus taat pada Tuhan untuk melakukan kehendakNya dengan tulus dalam pimpinan Roh Kudus Mat 7:21.
Semua keputusan (belum dilakukan) itu juga diketahui Allah dengan tepat, tidak ada yang kelewatan. Bapa menyediakan rencana yang indah bagi setiap anak2Nya sejak lahir baru Yer 29:11, Ef 2:11, 1Kor 2:6. Kalau kita dengan tulus melakukan kehendak Allah, terus taat dipimpin Roh dalam jalan Alalh (jalan sempit) sampai dalam angan2, pikiran kita, maka rencana Allah akan jadi dalam hidup kita, bukan besar di dunia saja tetapi yang utama di Surga. Untuk apa menjadi besar di dunia tetapi tidak masuk Surga Mat 16:26. Dia sanggup membuat Israel yang sudah menjadi besar, bisa dihabisi Allah dalam sesaat dan diganti dengan Musa. Kel 32:10. Kalau Tuhan sudah membesarkan kita dalam hal jasmani dan rohani, tetap rendah hati dan berkenan di hadapanNya dan segala hidup dan rencana kita dicocokkan terus dengan Firman Tuhan supaya bisa tumbuh terus sampai puncaknya dalam kekekalan.
 
YES 40:28. TIDAK PERNAH LEMAS, LELAH DAN TIDAK TERSELIDIKI PENGERTIANNYA.
 
TIDAKKAH ENGKAU TAHU? TIDAKKAH ENGKAU DENGAR BAHWA ALLAH YANG KEKAL,
Ada ber-macam2 cara untuk menceritakan Tuhan Allah yang maha besar, tetapi semua itu masih belum cukup, sebab memang Dia maha besar dan beruntunglah kita kalau kita mendapatkan Dia! Betul2 untung besar.
 
TUHAN PENCIPTA UJUNG2 BUMI
Berapa besarnya bumi? Ujung2 bumi menceritakan tentang besarnya bumi Kis 1:8. Allah yang menciptakannya. Kita hanya tahu tempat kita, tidak tahu semuanya, tetapi Tuhan bukan hanya tahu, Dia Penciptanya dari tidak ada menjadi ada dan akhirnya menjadi tidak ada lagi.
 
TIDAK PERNAH LEMAS, JUGA TIDAK PERNAH LELAH, TIDAK TERSELIDIKI SEGALA PENGERTIANNYA.
Mengurusi satu desa saja sudah repot, apalagi satu pulau, satu negeri, satu benua dan satu bumi, tidak mungkin bisa, tetapi Tuhan sanggup. Dia terlalu besar. Dia sanggup mengurus semua dengan baik, adil, tepat dan berkemenangan, ia tidak pernah lemas, loyo (tidak lagi berdaya), tidak lelah dan tidak pernah habis akal, pengertianNya tidak terselidiki.
Untuk apa Tuhan mengatakan demikian? Supaya kita tahu, kalau kita melakukan pekerjaan Tuhan dan mau dipimpin Roh Tuhan dan selalu berkenan pada Tuhan, maka kita juga bisa demikian. Sekalipun  beban yang Tuhan beri itu besar, tidak akan kitakehabisan daya, lelah atau habis akal sebab Allah di dalam kita itu luar biasa. Jangan sedikit2 sudah putus asa dan menyerah. Bukan kita yang menanggung dan mengatur semua beban pekerjaan Tuhan,tetapi Tuhan yang bekerja, bergumul dan berperang untuk kita.
Musa kalau memimpin Israel dengan kekuatan sendiri bisa lekas putus asa, lemas, lelah dan mati. Tetapi dengan Tuhan ia bisa melakukan semuanya dengan baik bahkan sempurna sebab Tuhan yang bekerja Zak 4:6. Dengan Tuhan kita tidak pernah kehabisan akal. Yusuf anak desa, Daud gembala domba yang diafkir bapaknya sendiri, tetapimereka bisa mengatur seluruh negeri dengan bijak dan berhasil.
Kita tidak perlu kehabisan akal, doa terus dalam Roh dan tetap hidup benar, maka Roh Kudus akan memberi jawaban atau pimpinan tentang apa yang harus kita lakukan dan kalau dari Roh Kudus itu selalu benar dan akan berhasil. Lihat hidup Putra manusia Yesus yang dipimpin Roh, tidak pernah kehabisan akal dan selalu punya jalan, selalu ada jawaban dan selalu terlepas dari jerat, jebakan, ancaman apa saja. Dia contoh dan jalan bagi kita, sebab Allah itu tidak pernah lemas, lelah atau kehabisan akal, luar biasa, selalu menang bahkan lebih dari pemenang! Rom 8:37. Sebab itu hiduplah dengan Roh Allah sampai dalam pikiran dan angan2 kita dan perkenankan Dia, pasti Ia akan menolong, membela dan memberkati kita seperti Putra manusia Yesus yang heran itu.
 
YES 40:29. TUHAN MEMBERI KUASA DAN KEKUATAN.
 
IA MEMBERI KUASA KEPADA YANG LEMAS DAN KEPADA MEREKA YANG TIDAK BERDAYA, IA MENAMBAHKAN KEKUATAN.
Allah kita itu terlalu baik bahkan kasih, sampai rela mengorbankan Putra Allah yang tunggal untuk keselamatan kita, apalagi segala yang lain yang kita perlukan, pasti Ia memberikannya Rom 8:31,32 asal Allah bisa memihak kita. Allah tidak memaksa. Kalau seorang menurut kehendak daging atau kehendak iblis itu berarti menolak Allah dan Allah tidak mau memaksakan untuk masuk di pihakNya. Sebab Dia sendiri menciptakan manusia sebagai mahluk berkemauan bebas. Tetapi kalau kita mau hidup di pihak Dia (Dia maha tahu, tidak bisa ditipu), betul2 melakukan kehendak Allah, pasti beres semua, asal jangan bodoh dan ngawur.
Begitu mudah! Kalau kita tulus mau memperkenankan Allah, Allah sanggup menolong kita sebab Dia maha kuasa, maha tahu, tahu cara yang paling tepat untukmenolong dan menguatkan kita. Kita bisa menjadi kuat dan segar terus, tidak mengalami kelemahan atau kelelahan.
Sebab itu kanak2 dan orang bodoh atau sederhana, asal tulus, mau, pasti bisa diubah Allah menjadi kuat dan berkemenangan sebab disertai Allah. Kuasa untuk menang atas dosa, daging, iblis, dunia, kuasa untuk mengusirpenyakit, untuk berbuat mujizat dll semua bisa kita terima dengan limpah asal tulus dan mau taat sungguh2. Tidak perlu teori yang sulit, asal mau taat dengan tulus (tetapi orang yang taat dipimpin Roh itu suka terus belajar dan tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan 2Pet 3:18, sebab rencana Allah adalah hendakterus meningkatkan setiap umatNya sampai menjadi seperti Kristus yang sempurna tanpa cacat cela. Bekas buta huruf, kanak2 dan siapa saja bisa diolah menjadi lebih dari raja dan para ahli. Percayalah dan nikmati pertolonganNya.
 
YES 40:30. MANUSIA TERBATAS.
 
BAHKAN ORANG MUDA MENJADI LEMAS DAN LELAH DAN TARUNA2 AKAN JATUH HABIS2AN.
Orang yang paling kuat adalah orang muda (dibandingkan kanak2 dan orangtua) tetapi mereka tetap ada batasnya, bisa menjadi lemas, lelah bahkan jatuh habis2an. Bukan saja kekuatn, tetapi segala kemampuan manusia itu terbatas, juga orang2 pintar bisa kehabisan akal tetapi Tuhan Allah selalu punya jawaban, cara, jalan dan kemenangan! Luar biasa. Sebab itu jangan mengandalkan apa saja yang indah dan kuat dari manusia, semuanya terbatas dan bisa celaka. Yer 17:5. Ingat manusia itu Yakub (kecil) dan Israel (besar) tetapi tetap terbatas, tetapi Tuhan Allah itu kekal dan tidak terselidik dan maha besar. Percayalah dan biarlah Allah yang menguasai seluruh hidup kita. Gal 2:20.
 
YES 40:31. MENUNGGU TUHAN ITU LUAR BIASA.
 
TETAPI MEREKA YANG MENUNGGU TUHAN.
Orang yang menunggu Tuhan itu untung, berhasil dan berkemenangan Maz 25:3. Untuk apa kita menunggu Tuhan? Apalagi terus menerus sampai menjadi way of life kita untuk terus menunggu Tuhan.
Orang yang menunggu Tuhan itu:
1. Hidup benar, berkenan pada Tuhan. Kalau hidup dalam dosa, tidak akan mau menunggu Tuhan, tidak cocok dan hanya dapat hukuman, sebab Allah itu maha suci, tidak berkenan akan dosa.
2. Menunggu pimpinan Tuhan. Orang yang sungguh2 percaya dan menunggu Tuhan, tidak akan berbuat apa2 kalau Tuhan tidak memberi komando atau pimpinan. Kadang2 Putra manusia Yesus harus menunggu sebab belum ada pimpinan, misalnya Yoh 8:6. Juga Elisa tidak diberitahu apa2 oleh Tuhan, waktu perempuan Sunami datang kepadanya 2Raj 4:27, sebab itu terpaksa Elisa harus menunggu. Tuhan tidak pernah keliru menyuruh kita menunggu lambat atau cepat, semua ada perhitungan yang tepat supaya:
1. Kita siap sedia untuk bisa mentaati pimpinanNya.
2. Keadaan yang tepat untuk Tuhan bertindak! Sebab itu kalau belum ada pimpinan (berarti harus menunggu) maka berdoalah dalam Roh dan hidup benar, jangan ada dosa, terus berdoa dalam bahasa lidah sampai datang waktunya Tuhan beri pimpinan. Jangan emosi, marah, menurut daging. Sekalipun orang atau keadaannya menjengkelkan, jangan terpancing untuk berkata atau bertindak sendiri, nanti gagal dan kalah. Orang yang bicara jahat, maki2 (itu berarti sudah berdosa) atau emosi, pasti celaka, sebab itu bukan dari Tuhan, Tuhan tidak memimpin untuk berbuat dosa, dan Tuhan tidak besertanya. Sebab itu tunggu dan untuk menunggu kita harus menyangkali daging, jangan bereaksi sendiri, jangan emosi, marah, tamak dll, tetapi mutlak tunggu Tuhan.
Kalau Roh Kudus sudah bicara, kita akan mengerti, yakin dan ada sejahtera, dalambertindaklah (atau berkata) sesuai pimpinan Roh Kudus. Hasilnya akan sempurna penuh kemenangan dan kemuliaan Allah turun.
 
AKAN MEMPERBARUI KEKUATANNYA.
Kekuatan kita jadi baru, bukan kekuatan sendiri, tetapi kekuatan dari Allah. Misalnya waktu Daud  menghadapi Goliat, Simson menghadapi singa atau musuh lain, ia menunggu Roh Kudus turun atasnya. juga Daniel, Elia, Elisa dll. Bisa menunggu dan mendengar suara Tuhan dan taat, itu membuat kita menjadi luar biasa.
 
MEREKA AKAN MENDAKI NAIK DENGAN SAYAP RAJAWALI.
Bukan memakai kekuatan sendiri tetapi dengan sayap rajawali yang berari kemampuan ilahi Kel 19:4. Ini luar biasa. Mengapa Tuhan memakaiburung rajawali? Ay 42:30-33. Ini orang yang hidupnya tinggi dalam kesucian, tidak bisa dijamah oleh dosa2 atau cara hidup duniawi tidak bisa dijamah oleh banjir dosa se-olah2 sudah tidak mungkin lagi berdosa. Ia bisa melihat mangsanya dari jauh, pasti kena. Mata rohaninya tajam, dari jauh ia sudah tahu segala tipu daya iblis dan lepas dengan aman, bahkan juga dalam pikirannya ia juga tetapsuci. Inilah orang2 yang makan tubuh dan minum darah bersekutu dengan Tuhan dengan sangat erat menjadi satu 1Kor 6:16 dalam Perjamuan Suci Yoh 6:56, Pil 1:21, Gal 2:20. Orang2 ini akan tumbuh pesat dan melakukan hal2 yang besar sebab selalu lekat dengan Tuhan Yes 60:14.
Merekalah yang kuat menghadapi kedatangan Tuhan yang dahsyat Luk 17:37 (saat pengangatan itu dahsyat sekali, orang yang tidak bersedia, tidak akan tahan). Tetapi orang2 yang punya sayap burung rajawali bisa tahan bahkan ikut pengangkatan, mungkin sebagian menjadi sempurna. Naik dengan sayap burung rajawali, luar biasa.
 
MEREKA AKAN LARI DAN TIDAK MENJADI LELAH, MEREKA AKAN BERJALAN DAN TIDAK LEMAS.
Jalan tidak lemas, lari tidak lelah tetapi kuat terus. Bukan main, jalan atau lari tetap kuat dan berkemenangan. Orang seperti ini tidak akan lemah, lemas dan tidak berdaya tetapi kuat terus dan selalu berkemenangan.
 
KESIMPULAN.
Ada waktunya Gereja dan umat Tuhan akan mengalami goncangan yang besar, istimewa dalam Minggu ke-70 Daniel (3,5 tahun sebelum pengangkatan). Tetapi orang2 yang seperti ini, yang mau dan bisa menunggu Tuhan akan bisa tahan bahkan tumbuh dengan luar biasa dengan sayap rajawali dan akan menang, ikut pengangkatan.
Allah Bapa adalah Pencipta yang luar biasa, taatlah kepadaNya. Belajar taat sehingga perbuatan kita tetap di jalan Nya dan pikiran, angan2 kita cocok dengan Tuhan, Tuhan tahu.
Di dalam Tuhan tidak ada lemas (loyo), lelah atau kehabisan akal sampai putus asa, sebab Tuhan yang memberi kekuatan dan kuasa bagi orang yang sungguh2 mau taat dengan tulus. Kekuatan dan kemampuan manusia terbatas tetapi Tuhan tidak terbatas, sebab itu tunggu Tuhan sampai Ia bicara, kita mendengar dan taat betul2, maka kita akan menjadi kuat seperti Putra manusia Yesus, maka dengan sayap burung rajawali kita akan naik tanpa lemas, atau lelah atau kehabisan akal, tetap segar, kuat, lekat dengan Tuhan sehingga kuat menghadapi kedatangan Tuhan yang dahsyat sampai tumbuh dengan ajaib dan menang, ikut pengangkatan.
 
Nyanyian:
Tunggu dan berdoa dalam RohNya
Tunggu sampai dengar suaraNya.
Dengan pimpinanNya bertindak dengan taat
Trus menang dengan hikmat kuasaNya.
 
;co�F#ba��`�
 
1. Umur kita dalam tangan Tuhan, pergunakan baik2 seperti arti rohani dari tanda waktu dari Hizkia, sehingga kita sekarang sudah tumbuh dalam kesucian Tuhan dan besok tumbuh dalam rencana kesempurnaan Allah.
2. Orang yang mau taat seperti Hizkia, Tuhan akan sanggup menumbuhkannya dalam rencana Allah. Juga sekalipun ada kekurangan kecil (atau besar) asal bertobat kembali sungguh2, Tuhan sanggup memulihkan dan menumbuhkan dalam rencana Allah yang mulia.
 
Nyanyian: Gal 2:20.
Hidupku bukannya aku lagi,
tapi Kristus dalam ku.