YS174 Yes 40:16-25 Siapakah Tuhan Allah?

YS174 Yes 40:16-25 Siapakah Tuhan Allah?
 
YESAYA 40:16-25. SIAPAKAH TUHAN ALLAH?
 
YES 40:16. LIBANON YANG DIKORBANKAN, BELUM BERARTI.
 
DAN LEBANON TIDAK CUKUP UNTUK DIBAKAR, JUGA BINATANG2NYA TIDAK CUKUP UNTUK KORBAN BAKARAN.
Lebanon terkenal dengan hutan2 pohon Arasynya Hak 9:15, 1Raj 4:33 dll. Juga binatangnya banyak. Ini suatu kekayaan alam yang besar. Kayu Arasy itu sangat kuat dan mahal untuk mebel dan bangunan. Tetapi dipakai sebagai kayu bakar untuk korban, berarti sangat mewah dan mahal. Apalagi seluruh Arasy Libanon dan binatang2nya dikorbankan, ini lebih dari 22.000 lembu dan 120.000 kambing domba yang dikorbankan Salomo 2Taw 7:5. Tetapi semuanya itu tidak ada artinya kalau kita tidak percaya dan taat kepada Tuhan 1Sam 15:22. Beberapa orang bangga dengan korban yang besar sebab orang2 kagum dan me-muji2. Banyak orang tidak keberatan memberi korban besar asal dipuji, apalagi kalau ditanding atau dipuji dan dihormati. Seringkali orang2 yang memberi korban besar itu ditaruh di depan dan sangat VIP. Sebab itu cara2 menggalang dana dengan memberi ucapan terimakasih  dengan penghormatan yang besar itu terus berhasil, sebab orang suka puji dan hormat. Tetapi tanpa ketaatan itu semua tidak ada harga atau artinya di hadapan Tuhan. Sebab itu:
1. Kita harus selalu mengingatkan hal ini. Pelajaran untuk berkorban tanpa mengingatkan hal ini adalah seperti merampok hartanya, sebab korban sia2, tanpa ada pahalanya, karena sudah ditukar dengan pujian dan hormat manusia. Mat 6:1-2. Pahalanya duduk di depan atau tanda2 penghargaan lainnya, bahkan kebencian Allah Luk 16:15.
2. Korban besar tanpa taat itu sia2 di hadapan Tuhan; Saul korban begitu banyak domba2 yang gemuk, tetapi tidak taat akan perintah Tuhan, ia menghidupi Agag dan ternaknya. Tuhan menyesal dan membuang Saul lalu mencari orang lain sebagai gantinya. Bukan saja dibuang dari tahta tetapi juga dari Surga untuk kekal!
Sesungguhnya Tuhan tidak perlu korban, bahkan Ia bisa mencukupi kebutuhan umatNya sendiri tanpa siapapun. Misalnya untuk kehidupan Elia di sungai Kerith dan di janda Sarfat. Untuk menghidupi 2 juta orang Israel di padang gurun selama 40 tahun. Untuk memberi makan dengan tiba2, kurang lebih 20 ribu orang di padang gurun (dua kali pemecahan roti oleh Putra manusia Yesus) dll. Sama sekali tidak sulit memberi makan seluruh manusia di bumi, tidak lebih sulit dari memberi makan burung2 di udara. Dia sanggup memberi berapa saja bahkan tanpa batas.
Sebab itu kalau kita bisa memberi korban yang besar, jangan sombong, itu semua dari Tuhan dan bagi Tuhan tidak ada artinya bahkan meskipun Libanon  dikorbankan, itu tidak ada artinya bagi Tuhan. Yang diharapkan Tuhan adalah ketaatan dan tetap rendah hati, mengakui semua dari Tuhan. Sebab itu Tuhan mengukur korban manusia dari prosentasinya, sekedar untuk menilai kerelaan korban dibandingkan dengan apa yang sudah Tuhan berikan. Sebab itu jangan cari hormat, muka, kedudukan dengan korban yang besar nilainya (belum tentu prosentasinya besr Mrk 12:43). Jangan minta penghargaan lalu berbuat semaunya sendiri sebab besar korbannya, seperti yang diperbuat banyak orang yang besar korbannya seperti Salomo. Tetapi kita patut bersyukur kalau kita diberkati Tuhan banyak sehingga bisa berkorban banyak. Tetap rendah hati dan taat se-penuh2nya akan Firman Tuhan. Itu lebih harum daripada segenap Libanon dikorbankan. Yang harum itu bukan besarnya korban, tetapi besarnya ketaatan (meskipun korban sampai sakit) dan kasih sehingga berani korban berapapun bagi Tuhan. Korban janda yang hanya seduit 2 keping itu tidak ada artinya bagi manusia, tetapi sangat besar dan harum bagi Tuhan sebab ketaatan dan kasih yang besar sampai ia rela dan dengan sukacita mempersembahkan semua yang ada padanya.
Saul korban besar tetapi tidak taat, itu tidak ada artinya. Sekalipun Salomo korban 142.000 binatang, itu tidak berarti sebab sesudah itu ia berbuat sesuka hatinya melawan hukum2 Tuhan seenaknya. Hati Tuhan sedih bahkan jadi marah. Ingat, sekalipun Libanon dibakar dan semua binatangnya dikorbankan, itu tidak ada artinya kalau tidak disertai ketaatan, rendah hati dan kasih. Jangan pakai uang atau harta untuk cari puji, hormat dan menggerakkan orang untuk menuruti kehendak kita bukan kehendak Tuhan, itu jahat. (Orang suka memilih dan menghormati orang yang memberi banyak uang, sekalipun tidak tulus).Jangan salah pakai uang dan apa yang ada pada kita. Jangan menyenangkan Tuhan dengan jumlah uang yang besar, tetapi berilah karena kasih dan ketaatan yang ditandai dengan berani korban, menderita sengsara dan salib karena Dia, itu yang berkenan pada Tuhan. Ingat Lebanon tanpa taat dan kasih itu sia2.
 
YES 40:17. SEGALA BANGSA BUKAN APA2.
 
SEGALA BANGSA DI HADAPANNYA ITU BUKAN APA2 DAN MEREKA ITU DIHITUNG KURANG DARI BUKAN APA2 DAN SIA2.
Apakah Tuhan benci pada bangsa2. Mustahil! Dia cinta manusia Yoh 3:16, tidak ingin seorangpun binasa! Tetapi manusia kalau berhimpun menjadi banyak, seringkali lalu berani menuruti kehendaknya sendiri dan melawan Allah, itu jadi jahat, sia2 dan tidak ada artinya. Seperti dalam ayat 15, bangsa2 yang melawan Allah itu seperti 1 tetes air dalam ember, tidak ada artinya. Tetapi kalau bertobat, satu orangpun besar artinya dan Tuhan pelihara apalagi kalau hidupnya memperkenankan Tuhan. Lebih2 kalau satu bangsa mau ber-sama2 takut dan beribadah pada Allah, seperti Niniwe, sekalipun sudah divonis dengan hukuman  yang dahsyat, tetapi mereka dibebaskan. Belajar taat, berharap dan berkenan pada Tuhan maka kita jadi sangat indah di hadapan Tuhan, seperti biji mataNya Zak 2:8. Dijaga Tuhan baik2.
Sekalipun bangsa2 melawan orang benar, seperti orang Israel melawan Musa, Daud dll, jangan takut semua itu tidak ada artinya Maz 3:7-8. Asal kita di pihak Allah. Juga bangsa2 kalau hidup benar, di pihak Allah, pasti sangat indah di hadapan Tuhan seperti satu kali di dalam Surga Wah 21:24.
 
YES 40:18. TIDAK ADA YANG SAMA SEPERTI ALLAH YANG MAHA BESAR.
 
DENGAN SIAPAKAH KAMU MAU MENYAMAKAN ALLAH? ATAU SERUPA APAKAH KAMU HENDAK MEMBANDINGKAN DIA?
Allah kita tiada taranya, tiada yang sama dengan Dia, apalagi tiga Pribadi Allah itu ada dalam kita, bukan main. Allah di pihak kita Rom 8:31. Tuhan Yesus dan Bapa masuk dan tinggal dalam orang yang cinta Firman Tuhan Yoh 14:23. Roh Kudus terus tinggal dalam kita Yoh 14:16. Kalau kita mau tinggal dalam kesucian dan Allah tinggal dalam kita, kita pasti jadi luar biasa dan ajaib seperti Wah 12:1. Jangan hidup sembarangan, tetap dalam kesucian dan kebenaran. Jangan karena Rp. 100.000 sudah berdosa, bahkan sampai 100 Trilliun pun jangan berdosa sebab Allah kita yang di dalam kita itu luar biasa tidak terhingga. Tetap hidup suci dan taat melakukan kehendakNya, pasti luar biasa.
Ini bukan berarti selalu menang, tidak pernah dirugikan, dijahati, sampai menderita sangat, bukan begitu. Disertai Allah masih bisa menderita, bahkan ada yang sampai mati seperti kalah dan tidak berdaya. Ini memang keadaan di dunia, waktu sekolah dunia, diolah, supaya kita tumbuh makin indah. Jangan salah mengerti seperti Yohanes dan Yakobus Luk 9:54-55. Bukan menang dan ajaib seperti versi Yohanes Yakobus, tetapi seperti versi Putra manusia Yesus. Kalau seperti Putra manusia Yesus, itu sangat indah di hadapan Tuhan, kalau perlu Tuhan bisa bertindak dahsyat tetapi nomer 1 supaya kita diolah dan jadi sangat mulia di Surga untuk kekal.
 
YES 40:19. ALLAH BUKAN SEPERTI BERHALA EMAS PERAK.
 
TUKANG MENUANG SEBUAH PATUNG DAN PANDAI EMAS MELAPISINYA DENGAN EMAS, DAN MENUANG RANTAI PERAK (BAGINYA).
Berhala2 ini ditinggikan di mana2 di seluruh dunia, hasil tukang2 yang pandai. Sekarang hasil orang2 pandai itu lebih hebat, tehnologi, kemewahan, senjata, macam2 hasil kemajuan yang luar biasa. Ini berhala2 modern yang diandalkan manusia, tehnologi yang sangat canggih, tetapi Allah tetap berkuasa di atas semuanya. Misalnya tehnologi medis yang dahsyat, sampai sekarang umur manusia tetap saja 70-80 tahun sejak Daud (mati umur 70 tahun). Jangan mengandalkan berhala2 kuno (occultisme) atau modern. Allah kita lebih besar, jangan takut. Perhatikan dan permuliakan Dia yang maha mulia dan maha besar yang ada dalam kita, maka kita akan lebih besar dari semua yang ada dalam dunia 1Yoh 4:4. Jangan takut! Maju terus dalam pimpinan Roh Kudus seperti Putra manusia Yesus Luk 4:1,18.
 
YES 40:20. PATUNG KAYU YANG TIDAK TERGONCANGKAN.
 
ORANG YANG SANGAT KEKURANGAN, SEHINGGA TIDAK MEMPUNYAI PERSEMBAHAN, MEMILIH SEBUAH POHON YANG TIDAK MEMBUSUK, LALU IA MENCARI SEORANG TUKANG YANG AHLI UNTUK MEMBUAT SEBUAH PATUNG YANG TIDAK AKAN TERGONCANGKAN.
Orang ini miskin, tetapi tidak juga mencari dan berharap Allah, melainkan mencari pohon kayu yang tidak mudah rusak/ membusuk dan mengolah apa adanya menjadi patung2 berhalanya, yang kuat dan tidak tergoncangkan.
Pohon kayu ini menggambarkan tentang kemanusiaan. Mrk 8:24. Hidup miskin tidak punya emas atau perak, tetapi mempunyai kayu dan memahatnya jadi patung berhalanya. Ini orang2 yang mengandalkan kebaikan dirinya sendiri, hidup seperti orang miskin tidak punya apa2. Orang2 yang mengandalkan kebaikannya sendiri, hidup menyiksakan diri,dan jauh dari keduniawian, tetapi ini juga sia2 Yes 64:6. Kebaikan manusia itu sia2. Luk 18:9,19. Juga dengan kuasa gelap. Sekalipun namanya ilmu putih, semua itu tetap hamba dosa dan gelap. Tidak ada seorangpun bisa hidup benar dan menyelamatkan dirinya di luar Kristus Rom 3:23, 6:23. Hanya di dalam Tuhan ada keselamatan yang kekal dan yang sekarang Maz 3:9.
 
YES 40:21. MANUSIA ITU BODOH, BUTA DAN TIDAK MENGERTI.
 
TIDAKKAH KAMU TAHU?
Kita tidak bisa tahu kalau tidak diberitahu oleh Tuhan. Manusia itu buta oleh dosa dan iblis 2Kor 4:4. Sebab itu mereka tidak mencari Tuhan, tetapi Tuhan yang mencariorang berdosa dan kitalah kaki tangan Tuhan. Sebab itu cari orang2 berdosa, doakan, lepaskan dari ikatan iblis supaya mereka bisa mengerti dan percaya kepada Tuhan Yesus.
 
TIDAKKAH KAMU MENDENGAR?
Mereka tidak tahu dan tidak pernah mendengar, sebab itu mereka tidak butuh dan tidak mau dengar. Doakan mereka supaya mereka bisa mendengar. Menangkan jiwa itu harus dimulai dari kita yang terbeban, melepaskan dari ikatan dan tipu daya iblis, sehingga bebas lalu bisa mengambil keputusan Luk 12:57. Sebab itu penginjilan perlu disertai doa, kalau perlu puasa supaya disertai kuasa Allah Luk 24:49. Tunggu sampai penuh kuasa Allah, baru berangkat memenangkan jiwa Kis 1:8 lebih2 penuh dengan kuasa Roh Kudus. Terus berdoa dalam Roh maka “Zakheus” akan bertobat.
 
TIDAKKAH ITU DIKATAKAN PADA MU DARI MULANYA?
Manusia lahir dari dosa, tidak ada yang tahu. Tetapi sesudah kita mendengar Injil, jangan berdosa lagi, jangan menolak Tuhan, bisa celaka kekal seperti malaikat2, sebab sudah tahu, sudah dengar, sudah mengerti, tetapi berdosa, langsung dibuang dalam penghukuman 2Pet 2:4.
 
TIDAKKAH KAMU MENGERTI SEJAK DARI PONDASI BUMI DIPASANG?
Waktu bumi diciptakan, kita tidak tahu. Iblis tahu, tetapi ia tidak bertobat. Jangan keras hati, supaya jangan celaka seperti iblis yang sudah tahu, tetapi tetap berdosa!
Kalau belum tahu, masih ada kesempatan untuk bertobat dan diampuni, tetapi kalau sudah mengerti, sudah mendengar, sudah melihat, tetap tidak mau bertobat, itu kekal dosanya Yoh 9:41. Sudah tahu, mengerti, melihat jelas, tetapi tidak mau bertobat, terus berkeras hati dalam dosa, orang seperti itu akhirnya menghojat Roh (tahu jelas tetapi tidak mau bertobat) akan binasa, kekallah dosanya. Orang2 seperti ini tetap tidak mau bertobat, dengan banyak alasan dan kesempatan tetap tidak mau bertobat. Hati2 dengan orang seperti ini, mungkin dosanya kekal, tetapi kita belum tahu, namun jangan menurut dosa2nya, tetapi hidup suci, doakan mereka supaya bertobat tetapi jangan diracuni olehnya. Mrk 3:29, Ibr 6:5-6.
 
YES 40:22. ALLAH MENGUASAI BUMI, PERCAYALAH!
 
DIALAH YANG DUDUK DI ATAS LINGKARAN BUMI DAN SEGALA PENDUDUKNYA ITU SEPERTI BELALANG.
Segala kuasa di Surga dan di atas bumi adalah dalam tangan Alalh kita Mat 28:18.
10 pengintai berkata bahwa mereka di hadapan musuhnya seperti belalang yang ketakutan Ay 39:20 akan dimakan habis Bil 13:33; jumlah yang banyak seperti belalang Hak 6:5; 7:12. Begitu manusia itu hidup dalam segala macam ketakutan, sebab hidup dalam dosa itu dijajahiblis si pembunuh Yoh 8:44. Mengerti atau tidak, semua dicengkeram rajanya yaitu si pembunuh. Tetapi di dalam Kristus kita terlepas dari segala takut bahkan juga dari takut akan maut Ibr 2:15, 1Kor 15:55.
 
YANG MEMBENTANGKAN LANGIT SEPERTI GORDEN DAN MEMASANGNYA SEPERTI TENDA UNTUK DIDIAMI.
Orang yang percaya pada Tuhan Yesus dipelihara dalam hidup di dunia seperti di bawah gorden, seperti dalam tenda = hidup.sementara 1Pet 1:17. Hidup di dunia ini hanya untuk sementara sebab hanya untuk sekolah, diolah dan sesudah itu masuk dalam hidup yangkekal dengan kemuliaan sesuai dengan tingkat yang dicapai dalam masa pengolahan di dunia Luk 19:17. Jangan sia2kan kesempatan yang indah ini untuk mencapai tingkat yang se-tinggi2nya.
 
YES 40:23. HAKUM DI BUMI YANG SIA2.
 
YANG MEMBUAT PENGHULU2 MENJADI BUKAN APA2. IA MENJADIKAN HAKIM DARI BUMI SIA2 SAJA.
Tuhan menguasai orang kecil dan orang besar dengan adil1Sam 2:7-8. Tentu Tuhan tidak sembarangan tetapi dengan adil. Tetapi keadilan manusia itu sia2. Jangan kuatir, sebab Tuhan menguasai semuanya Rom 13:1. Ia bisa menguasai semua orang besar untuk melakukan yang dikehendaki Allah (tentu yang adil dan benar) terhadap umatNya Ams 21:1 untuk kepentingan umat Tuhan dalam pengolahannya seperti Yusuf dan orang2 besar sekitarnya. Tuhan sanggup menolong dan membuat semuanya jadi sesuai dengan rencana Allah yang jadi bagian umatNya. Kalau waktunya sudah sampai Yusuf lulus dan harus naik maka Tuhan memegang hati Firaun dan ia dipakai Tuhan untuk mengangkat Yusuf sehingga Yusuf bisa melakukan kehendak Allah dalam hidupnya.
 
YES 40:24. TAKUTLAH AKAN ALLAH DAN HARAP KEPADANYA.
 
YA, MEREKA TIDAK AKAN TERTANAM. YA, MEREKA TIDAK AKAN DITABURKAN. YA TUNGGULNYA TIDAK AKAN BERAKAR DALAM TANAH DAN IA JUGA AKAN MENIUP DI ATAS MEREKA DAN MEREKA AKAN LAYU DAN BADAI AKAN MEMBAWANYA SEPERTI JERAMI.
Jangan melawan Allah, tidak mungkin menang, celaka se-lama2nya dan binasa. Dimana saja tidak bisa tertabur, berakar apalagi ber-buah2. Sebab itu percaya dan takutlah sepanjang umur hidup kita kepada Tuhan dan taat, maka pasti hidup ini akan tertanam, bertunas dan ber-buah2 lebat dan kekal Yes 37:31. Orang yang tidak takut dan tidak taat pada Tuhan itu hanya seperti jerami yang akan terbang me-layang2 akhirnya binasa.
 
YES 40:25. ALLAH TIADA TARANYA.
 
DENGAN SIAPAKAH KAMU MAU MENYAMAKAN AKU ATAU DENGAN SIAPAKAH AKU DISETARAKAN, KATA YANG ESA DAN KUDUS.
Tuhan itu maha besar dan maha mulia, tidak ada yang setara dengan Dia. Kita yang hina akan diangkat menjadi satu dengan Dia, luar biasa. Jangan hidup sembarangan, tetapi tetap dalam kesucian dan lakukan kehendakNya maka kita akan mengalami rencanaNya yang mulia untuk kekal.
 
Nyanyian:
Allah yang kita sembah, Allah yang maha kuasa.
 
.0pt� !0t�� � 144.0pt 180.0pt 216.0pt 252.0pt 288.0pt 324.0pt 360.0pt 396.0pt 432.0pt; mso-layout-grid-align:none;text-autospace:none’>Sayapun luar biasa, amin.
 
 
 
�a!0t�� � 324.0pt 360.0pt 396.0pt 432.0pt; mso-layout-grid-align:none;text-autospace:none’>Pergumulan Hizkia (mungkin sudah mulai sebelum ia diberitahu akan mati oleh Hizkia, sebab borok2nya jahat), penderitaan ini membuat pergumulan dalam hatinya dan ini dituliskan untuk menjadi pelajaran bagi kita, supaya kita bisa hidup dengan betul dan efisien memakai semua kesempatan hidup yang kita miliki dari Tuhan.
 
Jangan tunggu terlambat seperti orang kaya (dan Lazarus) yang sudah tidak bisa kembali, betul ia sekarang mengerti ke-sia2annya tetapi terlambat. Oleh Firman Tuhan dan Roh Kudus kita bisa dididik dan dicelikkan sehingga bisa melihat hidup ini sebagai kesempatan besar untuk mencapai taraf kemuliaan yang se-tinggi2nya dan tidak sampai ditipu oleh dunia ini.
Angka masing2 berbeda seperti Putra manusia Yesus, Elia, Henokh, Musa, Daud, Yusuf, Daniel, Simson, Hizkia dan yang bodoh2 seperti Eli, Saul, Achan dll yang buta dan binasa. Untung Simson dan Salomo masih bisa bertobat pada kesempatan terakhir.