YS160 – Yesaya 37:1-20 Hizkia Menghadapi Teror (8Mei'13)

Download MP3 Khotbah: YS160

 

YESAYA 37:1-7. HIZKIA MENGUTUS ORANG KE YESAYA

YESAYA 37:1. HIZKIA PERGI KE RUMAH TUHAN

MAKA TERJADILAH, KETIKA RAJA HIZKIA MENDENGARNYA, IA MEROBEK BAJUNYA DAN MENUTUPI DIRINYA DENGAN KAIN KABUNG DAN PERGI KE RUMAH TUHAN.

Sekarang Hizkia sadar. Cara yang mula2 yaitumenurut penglihatan, akal dan logika sama sekali tidak menolong, ma-lah menjadi kacau dan berantakan. Se-karang ia pergi berdoa ke rumah Tuhan dan berhasil. Lebih2 pada akhir zaman kalau kita menghadap musuh Kristus (yang akhirnya akan jadi Antikris) kita tidak bisa mengandalkan kekuatan akal, pikiran, pengalaman manusiawi kita sendiri. Orang2 jahat pada akhir zaman akan makin banyak, makin bru-tal dan terang2an, menghalalkan segala cara dan makin banyak yangsukses, apalagi kalau iblis mendukungnya dan memang ini meratakan jalan untuk munculnya Antikris. Sebab itu kita harus belajar mulai sekarang (jangan sampai terlambat) untuk berperang melawan semua problem kita dengan hikmat dan kuasa Allah, dipimpin Roh, dengan karunia2 dan buah Roh, dan pelayanan dengan jawatan2 dari Tu-han. Makin lama akan makin nyata kuasa iblis akanmuncul terang2an, le-bih2 terhadap Gereja dan umat Tuhan. Jangan pakai kekuatan uang, bedil, po-litik, backing dll. Tentu kita bersyukur kalau dalam negara hukum, hukum me-lindungi semua rakyatnya, tidak mem-bedakan orang, tetapi biasakan mema-kai kuasa Allah dan sebab itu teruslah berdoa dalam Roh dan kebenaran. Juga kuasa gelap akan meningkat, tetapi ja-ngan kuatir, itu tidak seberapa, justru tipu daya setan itu lebih licin, tetapi ki-ta harus menghadapi keduanya dengan tumbuh dalam pengertian Firman Tu-han, kuasa doa, persekutuan tubuh Kristus, dipimpin Roh terus menerus, maka kita akan menang, bahkan tidak akan jatuh korban satupun! 1Kor 15:51. Jangan takut jiwa kita ada dalam tangan Tuhan, Dia sanggup menjaga dan memelihara kita, asal kita selalu di pihak Tuhan.

YES 37:2. HIZKIA MENGUTUS ORANG KE NABI YESAYA.

LALU IA MENGUTUS ELYAKIM, YANG MENGEPALAI RUMAH DAN SHEBNA PENULIS ITU DAN TUA-TUA IMAM, DITUTUPI DENGAN KAIN KABUNG, KE YESAYA NABI ITU, PUTRA AMOS.

Banyak Nabi2 akan muncul dalam Minggu ke-70 Daniel dan bernubuat dengan betul. Semua jabatan diper-lukan Ef 4:11, tetapi jabatan yang betul itu akan disertai rendah hati, suci, tidak membesarkan diri sendiri, mau berse-kutu dengan tubuh Kristus yang lain. Dalam hal2 tertentu diperlukan kata2 dari nabi, tetapi Roh Kudus sendiri sudah ber-kata2 dalam hati kita sendiri, sehingga ada peneguhan dan keya-kinan dan sejahtera. Kis 20:23; 21:11.

Nubuatan orang2 di Tsur (mencegah Paulus naik ke Yerusalem supaya aman, tidak sampai mati, diyakini Paulus itu salah, sebab tidak ada peneguhan Roh Kudus, kesaksian Roh dalam hati, dan sejahtera). Lima jabatan ini bisa beker-jasama demi kemuliaan nama Tuhan, dan semua mau saling menundukkan diri satu sama lain karena semua tun-duk kepada Tuhan dan FirmanNya Ef 5:21.

YES 37:3. ROH BERKEHENDAK TETAPI TUBUH LEMAH.

DAN MEREKA BERKATA KEPADANYA, DEMIKIANLAH KATA HIZKIA. HARI INI ADALAH HARI KESUKARAN DAN MAKIAN DAN PENGHOJATAN, KARENA ANAK-ANAK AKAN LAHIR, TETAPI TIDAK ADA KEKUATAN UNTUK MELAHIRKANNYA.

Hizkia sekarang sudah berjalan dengan betul, tidak menuruti daging, tetapi menurut Roh sesuai Firman Tuhan. Tetapi ia merasa lemah Mat 26:39. Se-bab itu ia berdoa minta kekuatan dari Tuhan. Memang kita hanya punya ke-putusan dan ketaatan, tetapi kekuatan untuk taat itu dari Tuhan. Tuhan pasti sukacita memberinya asal kita mau merendahkan diri dan minta, meng-hisab dari Tuhan, pasti bisa. Taat akan Firman Tuhan tidak berat 1Yoh 5:3. Percayalah dan berdoalah terus.

YES 37:4-5. KATA-KATA RABSAKI ITU MELEMAHKAN DAN MENYESATKAN.

4. MUNGKIN TUHAN ALLAHMU MAU MENDENGAR KATA-KATA RABSAKI, YANG DIUTUS RAJA ASYUR, TUANNYA UNTUK MENCELA ALLAH YANG HIDUP DAN AKAN MENEGUR KATA-KATA YANG SUDAH DIDENGAR TUHAN ALLAHMU. SEBAB ITU ANGKATLAH DOAMU UNTUK SISA-SISA YANG TERTINGGAL.

5. DEMIKIANLAH HAMBA-HAMBA RAJA HIZKIA DATANG KEPADA YESAYA.

Kata2 Rabsaki ini adalah kata2 dari fak-ta, kenyataan, akal, pengalaman, piker-an. Kalau ini yang dibiarkan bicara da-lam hati, iman bisa habis seperti Thomas. Betul fakta, pengalaman dll itu betul, boleh didengar bahkan diper-hatikan, tetapi percayalah akan janji2 Tuhan di atas segala ancaman fakta dan pikiran manusiawi yang membuat iman bantut dan mati. Orang yang memegang fakta itu alamiah te-tapi mudah di-injak2 iblis yang bisa mema-nipulasi fakta dan memutar balikkan akal. Ini orang yang tidak punya keun-tungan apa2 dari Tuhan, yang sudah disediakan Allah bagi umatNya Yoh 20:29. Ini orang biasa yang tidak baha-gia di dalam Tuhan. Orang yang punya iman akan menerima sesuai imannya dan terus tumbuh rohaninya. Mat 8:13.

YES 37:6-7. JANJI TUHAN BAGI HIZKIA DAN ISRAEL.

6. DAN YESAYA BERKATA KEPADA MEREKA. BEGINILAH ENGKAU KATAKAN KEPADA TUANMU, DEMIKIANLAH KATA TUHAN, JANGAN TAKUT AKAN KATA-KATA YANG KAMU DENGAR, DENGAN ITU HAMBA2 RAJA ASYUR SUDAH MENGHOJAT AKU.

7. LIHATLAH AKU AKAN MENGIRIM SEBUAH ANGIN KE ATASNYA, MAKA IA AKAN MENDENGAR SUATU KABAR LALU KEMBALI KE NEGERINYA ADAN AKU AKAN MENYEBABKAN DIA JATUH OLEH PEDANG DI NEGERINYA SENDIRI.

Seringkali janji Tuhan tidak masuk akal sehingga banyak orang beriman ber-sungut2 seperti orang Israel dalam semua masalahnya. Memang Tuhan itu tidak terbatas, Dia mengatur dan me-nolong tanpa dibatasi pikiran dan fakta atau sikon, Dia maha kuasa! Kalau se-orang tidak percaya akan Tuhan dan FirmanNya, ia tidak bisa percaya dan tidak tertolong seperti Israel yang ke-luar dari Mesir, tetapi mati di padang gurun. Janji Tuhan itu seperti cerita fiktif, begitu mudah dan enak, sama se-kali tidak masuk akal. Tuhan akan membuat Sanherib, Dari pemenang yang termasyur jadi kalah dan mati di negerinya sendiri.

Supaya bisa percaya harus hidup suci, jangan terikat dosa, sehingga Roh Kudus bisa memberi iman ilahi. Dengan 7 Kebutuhan Pokok Rohani, iman kita bisa subur dan kemenangan kita lim-pah. Tanpa iman semua janji Tuhan ti-dak masuk akal dan sia2, tetapi dengan iman kita mendapat janji2 Allah yang limpah, kita bisa menikmati dengan sukacita dan makin berkemenangan.

YES 37:8-13. RABSAKI MENEROR HIZKIA LAGI.

YES 37:8. TANGAN TUHAN MULAI BEKERJA.

MAKA RABSAKI KEMBALILAH, DAN MENEMUKAN RAJA ASYUR BERPERANG MELAWAN LIBNAH, SEBAB IA MENDENGAR BAHWA RAJA SUDAH MENINGGALKAN LACHISH.

Terjadi sedikit perubahan. Sanherib meninggalkan Lachis sebab berperang dengan Libnah. Ini se-olah2 biasa, teta-pi Tuhan yang menggerakkan Libnah, dan Sanherib supaya masuk dalam je-rat dan mati. Kalau Tuhan sudah me-nentukan mati, pasti jadi. Kalau Tuhan berkata menang dan hidup,  pasti ter-jadi. Jangan kuatir, lebih2 dalam ke-adaan yang dahsyat dalam Minggu ke-70 Daniel kita tetap terpelihara se-hingga tidak jatuh korban sebab Tuhan menjanjikan khusus 1Kor 15:51. Jangan ragu2, percayalah akan perlindungan Tuhan, itu sempurna. Tetapi kalau tidak percaya, semua batal dan gagal seperti Israel yang ber-sungut2 di padang gurun. Jangan lupa tetap dipimpin Roh (hidup dalam kesucian) ini hidup yang indah, sukacita, penuh kejutan sampai kekal! Jalan dengan Tuhan itu sangat indah dan menyenangkan, sekalipun Nuh belum melihat kapal, bisa mem-buat kapal yang sangat besar, sebab bagi Tuhan tidak ada yang mustahil.

YES 37:9-10. TIRHAKA MEMERANGI SANHERIB.

9. DAN IA MENDENGAR TENTANG TIRHAKA RAJA ETHIOPIA, DIKATAKAN BAHWA IA KELUAR HENDAK BERPERANG DENGAN ENGKAU. DAN KETIKA IA MENDENGAR HAL ITU, IA MENGIRIM UTUSAN KE HIZKIA, KATANYA.

10. DEMIKIANLAH HENDAKLAH ENGKAU BERKATA KEPADA HIZKIA RAJA YEHUDA, KATAKAN, JANGANLAH ALLAHMU YANG KAU PERCAYAI ITU MENYESATKAN ENGKAU, KATANYA, YERUSALEM TIDAK AKAN DISERAHKAN KE DALAM TANGAN RAJA ASYUR.

Waktu Tirhaka Ethiopia memerangi Sanherib, Rabsaki tentunya mulai juga takut, sebab kemampuan manusia ter-batas. Tetapi Rabsaki ini lihai, meskipun demikian ia menekan Hizkia lebih kuat lagi, supaya menyerah. Orang bisa pu-ra2, sekalipun takut, bisa bermulut be-sar seperti Antikris, tetapi Tuhan tahu dan sanggup mengalahkannya. Selalu yang diserang adalah iman kepada Al-lah, sebab itu kunci kemenangan umat Tuhan dan iblis tahu. Sebab itu orang2 yang hidup dalam dosa ini mendapat banyak pikiran2 dari iblis, sehingga imannya bantut atau mati. Sebab itu kalau kita tidak berjalan dengan Allah, tidak dipimpin Roh, kita akan mudah ditipu dan dikalahkan iblis yang rata2 ada dalam orang2 berdosa itu, apalagi yang sangat jahat atau sombong, sebab memnag iblis itu bapaknya mereka semua Yoh 8:34.1Yoh 3:10. Seringkali setan tidak langsung menyerang Allah, tetapi cukup seperti Thomas dll dido-rong untuk memakai akal dan piker-annya atau dengan umpan dosa yang nikmat sesaat dan itu sudah meng-gerogoti imannya. Istri Ayub sampai bisa menghojat Tuhan dan kalau sudah ber-sungut2 itu berarti melawan Tuhan.

YES 37:11. PERHITUNGAN AKAL, TIDAK BISA LEPAS.

LIHATLAH, ENGKAU SUDAH MENDENGAR APA YANG SUDAH DILAKUKAN RAJA ASYUR PADA SEMUA NEGERI, DENGAN MEMBINASAKAN MEREKA SAMPAI HABIS DAN APAKAH ENGKAU BISA TERLEPAS?

Memang, negeri yang lebih besar, lebih jahat dan kejam tidak bisa lepas dari ta-ngan Sanherib, apalagi Yehuda yang kecil dan lemah. Kekuatannya hanya iman, tetapi fakta tidak banyak berarti. Sebab itu kalau melihat fakta dan akal, orang akan mengambil keputusan yang salah. Tetapi justru orang Kristen itu kekuatannya di dalam imannya. Kita hidup dengan iman. 2Kor 5:7. Kalau 12 murid memulai Gereja, dengan akal itu pasti gagal. Sekalipun Musa pintar, ber-kuasa, tetapi untuk melepaskan Israel dari Mesir tidak mungkin, bahkan oleh 10 Musa pun tidak mungkin. Semua ini kalau dengan akal, tidak mungkin. Te-tapi orang beriman semua hidup de-ngan iman. Baik dalam pelayanan, juga dalam hidup se-hari2, kita bisa hidup dengan iman, percayalah, maka kita akan mengalami janji2 Allah. Banyak orang Kristen hidup biasa seperti orang dunia sebab tidak memakai imannya. Mungkin dalam uang bisa diatasi, te-tapi hidup suci dan sejahtera dan ber-kemenangan atas dosa, daging, setan, dunia, tidak cukup dengan akal dan kekuatan sendiri. Dengan kekuatan sendiri akan kembali jadi hamba dosa, meskipun hanya di dalam hati, tetapi kemudianakan timbul kejatuhan dalam perbuatan!

YES 37:12-13. ALLAH ORANG2 DUNIA, PERMAINAN IBLIS.

12. DAPATKAH ALLAH2 SEGALA BANGSA MELEPASKAN MEREKA YANG DIBINASAKAN BAPAK2KU SEPERTI GOZAN, HARAN, REZEF DAN BANI EDEN YANG ADA DI TELASAR?

13. DIMANAKAH RAJA HAMAT DAN RAJA ARPAD, DAN RAJA KOTA SEFARWAIM, HENA DAN IWA?

Kadang2 kita melihat seorang lebih kuat daripada yang lain dalam hal2 da-ging, kuasa gelap dan keduniawian. Sebetulnya tidak bisa perang dengan setan dengan memakai setan Mat 12:24-28. Kadang2 orang sakti “berpe-rang dengan orang sakti lain, tetapi ini hanya permainan setan.

1. Sekali yang ini dimenangkan, satu kali yang lain menang, tetapi semua diikat dan binasa rohnya dalam tangan iblis. Banyak cerita2 yang dahsyat dan menarik tentang kekuatan yang ber-beda2, tetapi itu hanya akal2nya si pembohong/ penipu. Tetapi orang ber-iman jangan ragu2 sekalipun orang ba-ru dan kecil, kalauTuhan ada di dalam-nya, kita lebih besar dari iblis Rom 8:31. Jangan ragu2 Yak 1:6-7 supaya jangan kalah, lebih2 dalam perang melawan dosa kita harus menang (mengampuni, benci, rendah hati dsb).

2. Harus diingat, setan itu lihai, satu orang diikat oleh dosa zina, yang lain oleh uang, yang lain oleh kesom-bongan, yang lain kebencian dll sehing-ga kadang2 ada orang tampaknya suci dalam satu bidang tertentu, tetapi te-tap terikat dahsyat dalam dosa lain dan tetap adalah anak2 iblis. Bahkan o-rang2 ini bisa menjadi kaki tangan iblis, bisa dipakai diantara orang beriman untuk menjatuhkannya, sama2 percaya Tuhan Yesus tetapi menyesatkan dan menarik dalam perkara2 dosa, dalam ikatan setan. Jangan sekali2 takut akan setan yang manapun sebab Tuhan Ye-sus di dalam siapa saja (orang baru orang lama) tetap lebih besar dari se-tan yang manapun dan iblis, jangan ragu2.

YES 37:14-20 DOA HIZKIA KEPADA TUHAN.

YES 37:14. DATANG KEPADA TUHAN.

14. HIZKIA MENERIMA SURAT ITU DARI TANGAN PARA UTUSAN DAN MEMBACANYA. LALU HIZKIA NAIK KE RUMAH TUHAN DAN MEMBENTANGKANNYA DI HADAPAN TUHAN.

Dalam Wasiat Baru kita tidak perlu jauh2 mencari Tuhan, sebab tubuh kita adalah rumah Allah 1Kor 3:16. Sebab itu kita bisa selalu ada dalam hadirat Tuhan, yaitu kalau hidup dalam kesu-cian dipimpin Roh. Cara hidup Hizkia sekarang berubah. Ia selalu lari ke rumah Tuhan dan berdoa. Memang Rumah Tuhan itu adalah rumah doa Mat 21:13. Doa ini bukan lagi kewa-jiban atau paksaan, tetapi kebutuhan dan kesukaan. Segala perkara bisa dimulai dari doa dan Firman atau iba-dah dan pelayanan, asal kita mau men-cari Tuhan. Tuhan melihat hati yang mau dan Tuhan yang akan menolong dan memimpin! Tuhan tidak menuntut apakah kitabisa tetapi apakah kita mau, lalu Roh Kudus yang memimpin kita sehingga kita bisa taat (sebab mau) sebab Roh Kudus selalu stand by menolong kita. Nikmati semua kebu-tuhan pokok rohani KPR lebih2 doa sebab hasilnya dan kemenangannya besar, indah dan menumbuhkan kita. Kalau kita mau taat, menjadi robotnya Allah, maka Dia yang akan menolong selanjutnya asal terus taat sebagai robotNya. Tuhan dan Allah kita setia, kasihNya tidak pernah luntur, kalau kita bisa berdoa sebagai kesukaan dan mau taat terus, seperti robot Tuhan, Ia bisa mengerjakan perkara2 besar yang tiada taranya dalam hidup kita. Taat (baik dalam berkata, berpikir, berkehendak dll) itu jauh lebih indah daripada menu-ruti kehendak sendiri yang seringkali mencelakakan. Kehendak Tuhan itu sempurna, kehendak kita itu sering ruwet, gagal dan bisa celaka. Kehendak Tuhan sekalipun masuk “Neraka” se-perti Yusuf tetapi jadi Surga yang indah.

YES 37:15-16. MENGENAL ALLAH LEBIH DALAM.

15. DAN HIZKIA BERDOA KEPADA TUHAN DAN BERKATA:

16. O TUHAN BALA TENTARA, ALLAH ISRAEL YANG DUDUK DIANTARA KERUB, HANYA ENGKAU SENDIRI ALLAH DARI SEGALA KERAJAAN DI BUMI, DAN ENGKAU YANG MEMBUAT LANGIT DAN BUMI.

Seperti komputer, lebih banyak kita mengenal program2nya, kita bisa lin-cah berbuat apa saja. Begitu kalau kita mengenal Allah setiap segi sifat dan keadaan Allah, semuanya memberi kemenangan, kemampuan dan kesu-kaan yang indah2 dan sempurna.

Dia Tuhan bala tentara, tidak pernah kalah. Duduk diantara Kerub. Dia sem-purna dalam segala hal, Allah dari segala kerajaan di bumi, Dia di atas se-gala2nya, kita mempunyai Allah seba-gai pemilik kita, itu sangat indah.

Begitu seterusnya, setiap sifat Allah itu indah dan ajaib bagi kita yang percaya dan mengerti.

YES 37:17. MATA DAN TELINGA TUHAN.

CENDERUNGKANLAH TELINGAMU O TUHAN DAN DENGARLAH. BUKALAH MATAMU O TUHAN DAN LIHATLAH DAN DENGARLAH SEMUA KATA2 DARI SANHERIB YANG TELAH MENGUTUS UNTUK MENCELA ALLAH YANG HIDUP.

Allah tidak perlu diminta untuk mende-ngar dan melihat. Tetapi kalau kita berkata demikian, itu sekedar untuk mengingatkan kita sendiri bahwa Allah itu punya mata dan telinga yang maha tahu dan tiada batas. Mengapa takut. Baik untuk diri kita sendiri, Tuhan se-lalu melihat kita dan tahu kalau kita benar, tulus, taat, dll, tidak perlu di-tunjuk2an pada siapapun, pasti Allah itu adil dan cinta kita akan menger-jakan dengan adil dan murah (kecuali ujian untuk sementara seperti pada Ayub dll).

Allah tidak perlu diingatkan, justru kita mengingatkan diri kita sendiri. Kalau kita mempunyai kata2 iman, Tuhan dengar dan itu akan jadi dengan indah, percayalah dan belajar menikmati hasilnya. Juga Tuhan tahu apa yang kita perbuat dalam sembunyi dan dalam hati, sebab itu kalau kita hidup suci dan taat dalam “MAK” (Di-mana saja, dalam hal apa saja, kapan saja), maka Tuhan pasti membela yang benar dan melindungi. Tuhan tidak per-nah salah bertindak atau terlambat, jangan kuatir. Terus berdoa dan me-nunggu dalam pimpinan Roh Kudus.

YES 37:18-19. TUHAN ALLAH DI ATAS SEGALA ALLAH.

18. SEBENARNYA TUHAN, RAJA ASYUR SUDAH MEMUSNAHKAN SEGALA BANGSA DAN NEGERINYA.

19. DAN MENCAMPAKKAN ALLAHNYA KE DALAM API, SEBAB MEREKA BUKAN ALLAH, TETAPI PERBUATAN TANGAN MANUSIA, KAYU DAN BATU SEBAB ITU MEREKA BISA MEMBINASAKANNYA.

Memang Asyur itu kuat sebab Tuhan mengizinkannya, istimewa dipakai dalam menghukum Samaria dan me-nguji dan mengolah Yehuda dan mem-binasakan semua bangsa lain 2Raj 19:25-26. Tetapi waktu mereka me-ngata2i dan menghojat Tuhan, Tuhan menghukum mereja 2Raj 12:28. Tuhan adalah Allah di atas segala Allah, kita tidak perlu kuatir, asal kita di pihak Tuhan dan taat akan pimpinan Roh Kudus, maka kita akan menang, allah2 yang lain dicampakkan dalam api, te-tapi Allah Abraham, Ishak, Yacob adalah Allah, di atas semuanya dan maha kuasa. Betapa senang Allah membela orang benar, pasti menang, tunggu saja dalam pimpinan Roh 1Taw 16:11 supaya iman kita tumbuh dalam pengolahan Maz 25:3.

YES 37:20. SELAMATKANLAH KAMI.

SEBAB ITU SEKARANG O TUHAN ALLAH KAMI, SELAMATKANLAH KAMI DARI TANGANNYA SUPAYA SEGALA KERAJAAN BUMI TAHU BAHWA ENGKAULAH TUHAN DAN HANYA ENGKAU.

Permintaan untuk menyelamatkan ini sebetulnya sudah dengan sendirinya sebab sudah dijanjikan Allah Mat 10:30, 1Kor 10:13. Tidak salah me-ngatakannya supaya kita menguatkan iman kita sendiri dan tetap tinggal di pihakNya. Tetapi tidak semua orang di-selamatkan oleh Tuhan. Zedekia dan semua orang Yehuda juga berdoa se-perti ini tetapi mereka justru binasa. Sebabnya jelas, sebab Zedekia dkk me-lawan Tuhan dan mereka kalah, dise-rahkan pada musuhnya. Waktu Hofni Pinehas datang dengan Tabut untuk Israel begitu semangat menyambut te-tapi kalahnya luar biasa. Kasus yang sama, tetapi nasib Gereja yang satulain dari Gereja yang lain. Juga orang ber-iman tidak sama nasibnya tergantung menabur dalam dosa atau kesucian Kol 3:25, Gal 6:7-8. Allah itu adil dan baik, masih ada kemurahan biarpun salah asal mau bertobat jangan salah pakai kemurahan Tuhan Rom 2:4.

KESIMPULAN.

Hizkia dalam bagian yang kedua (pasal 36) lain dari bagian yang pertama (Ye-saya pasal 35), sebab ia berdoa kepada Tuhan.  Kalau hidup kita yang adalah bait Allah ini jadi rumah tempat ber-doa, bisa menikmati doa terus menerus dalam Roh dan kebenaran (1Tes 5:10,17) dan bersukacitalah sebagai li-gabis, pasti ada iman dan hidup ini menjadi makin indah dan tumbuh terus. Tentu 7 Kebutuhan Pokok Rohani lainnya juga perlu.

Nyanyian:

Berdoa selalu dalam Roh kebenaran

Tiap hari hiduplah sebagai rumah doa.

Hasilnya indahlah jalan serta Tuhan.

Manis mulia tumbuh sempurna.