CAP BINATANG ANTIKRIS

gb1

Wahyu 13:16-18

Dan Ia membuat supaya semua orang, kecil dan besar, kaya dan miskin, merdeka dan hamba, diberi suatu cap di tangan kanan mereka itu atau di dahinya. sehingga seorangpun tidak dapat membeli ataupun menjual, kecuali ia yang mempunyai cap itu, atau nama dari binatang buas itu atau angka dari namanya itu. Inilah hikmat itu. Biarlah orang yang mempunyai pengertian, menghitung angka dari binatang buas itu; karena itulah angka dari seorang manusia dan angkanya itu enam ratus enam puluh enam (KJI)

I. PENDAHULUAN

Semua orang beriman tahu dari Alkitab bahwa pada akhir zaman akan muncul antikris yang akan mengkhianati Gereja dan Kristus, sebab itu namanya antikris yaitu Anti Kristus, anti Tuhan Yesus.
1 Yohanes 2:18-19 Remaja-remaja, sekarang adalah jam terakhir, dan seperti yang sudah kamu dengar bahwa antikristus akan datang, bahkan sekarang sudah ada banyak antikristus; dengan demikian kita mengetahui bahwa inilah jam terakhir. Mereka sudah keluar dari antara kita (seperti Yudas), tetapi mereka itu bukan dari kita; karena jika mereka itu dari kita, niscaya mereka tetap tinggal dengan kita, tetapi mereka telah keluar, supaya menjadi nyata bahwa mereka semuanya bukan dari kita. (KJI)
1 Yohanes 2:22 Siapakah pendusta selain dari orang yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kristus? Orang ini adalah antikristus yaitu yang menyangkal Bapa dan Putra. (1Yohanes 4:3, 2Yohanes 1:7) (KJI)
Pada waktu Antikris berkuasa atas seluruh dunia, ia akan menguasai semua orang, tidak lagi boleh ada orang beriman menyembah Tuhan Yesus, tetapi semua disuruh menyembah dia sendiri. Ia akan memaksakan supaya semua orang diberi cap namanya sebagai tanda miliknya, dan namanya itu adalah angka 666 yang dicapkan atau dimeteraikan pada semua orang, di dahi dan atau di tangannya. Orang yang tidak mau tidak boleh berjual beli dll sehingga akhirnya dengan sendirinya ia akan mati. Tetapi orang yang menerima cap Antikris, itu berarti melawan Allah dan masuk dalam hukuman Allah yang kekal.
Wahyu 14:9-11  Dan malaikat yang ketiga menyusul, yang berkata dengan suara besar: Jikalau barang seorang menyembah binatang buas itu dan patungnya, dan menerima cap di dahinya atau di tangannya,
(10) Ia juga akan minum dari air anggur murka Allah yang dicurahkan tanpa diencerkan di dalam cawan amarah-Nya itu; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di hadapan malaikat-malaikat yang kudus, dan di hadapan Anak Domba itu.
(11) dan asap siksanya itu naik ke atas sampai selama-lamanya; dan mereka yang menyembah binatang buas dan patungnya itu tidak berhenti tersiksa siang dan malam, juga siapapun yang menerima cap namanya itu. (KJI)
Wahyu 16:2 Maka malaikat yang pertama itu pergi dan mencurahkan bokornya ke atas bumi; dan terjadilah borok yang jahat dan ganas pada orang-orang yang mempunyai cap binatang itu dan pada mereka yang menyembah patungnya itu. (KJI)
Wahyu 19:20 Dan binatang itu ditangkap dan bersama-sama dengan dia juga nabi palsu itu, yang mengadakan tanda-tanda ajaib di hadapannya. Dengan itu ia telah menyesatkan mereka yang menerima cap binatang itu dan mereka yang menyembah patungnya. Keduanya itu dilemparkan hidup-hidup ke dalam tasik api yang bernyala-nyala dengan belerang. (KJI)
Firman Tuhan begini jelas, sehingga orang beriman mengerti dan tidak mau menerima cap atau meterai Antikris.
Cap ini (bahasa Yunani: Charagma, artinya cap, diukir seperti cap, meterai, tanda dari antikris).
Bagaimana reaksi kita. Pasti semua orang beriman tidak mau di cap dengan meterai antikris, menjadi milik Antikris, sebab itu berarti kehilangan keselamatan kekal, hilang kerajaan Surga. Sebab itu ada reaksi yang kuat dari orang-orang beriman di seluruh dunia, sebab pengertian tentang cap antikris ini mudah dimengerti, cukup jelas, tetapi yang manakah cap Antikris ini? Perkiraan cap antikris ini seringkali berubah-ubah menurut zaman.

II. SEJARAH PERKIRAAN CAP ANTIKRIS.

Orang beriman sudah cukup awas dan jeli untuk memperhatikan timbulnya Antikris. Tetapi dari sejarah kita melihat bahwa perkiraan yang mula-mula dianggap betul ternyata keliru. Ini terjadi berulang-ulang, sebab itu kita harus sungguh-sungguh minta pimpinan Roh Kudus.

Televisi.

Waktu TV mulai keluar, orang mengira ini adalah Antikris, sebab gambar-gambar orang dalam TV dianggap patungnya bisa berbicara Wahyu 13:15. Mula-mula orang-orang beriman was-was, tetapi lama-lama mereka yakin ini bukan Antikris.

Komputer.

Angka kata ini jumlah 666 sehingga orang-orang kuatir ini Antikris, ternyata bukan.
gb2
Mereka membangun komputer yang besar dengan hardisk 3 lantai untuk mengontrol seluruh dunia dan dinamai the beast (sebab jumlah angka hurufnya juga 666). Tetapi ini tidak lama sebab dahulu Hardisk komputer 100 kilobytes saja sudah besar sekali, waktu itu tidak terpikir bahwa hardisk bisa makin mengecil dan akhirnya komputer the beast jadi tidak berarti lagi dan bukan Antikris.

Credit Card

Jumlah angkanya banyak, hampir 6+6+6=18 digit. Orang-orang takut memakainya sebab merasa yakin ini adalah cap Antikris. Lewat beberapa tahun ternyata salah, sekarang hampir setiap orang beriman punya kartu kredit dalam dompetnya.

Sekarang: Chip

Alat kecil seperti beras ditanam di bawah kulit di punggung tangan atau di dahi untuk identitas, juga bisa berfungsi seperti credit card dll. Mula-mula mereka merencanakan barcode yang di tato dengan sinar laser di dahi atau tangan.
gb3
Lama-lama diganti dengan yang lebih baik yaitu dengan bio chip yang baterynya digerakkan oleh panas tubuh, akhirnya diganti RFID (Radio Frequency Identification).
gb4
Seluruh dunia ramai menguatirkan bahwa barcode, lalu chip inilah cap atau meterai Antikris.
gb6Makin lama akan makin nyata (seperti yang sebelumnya) bahwa chip ini bukan cap Antikris. Chip Ini adalah kecanggihan tehnologi komputer yang kalau dipakai banyak faedahnya sebab praktis. Chip ini sudah dipakai untuk memantau domba (ditanam di bawah kulitnya) sehingga kalau hilang, bila discan, orang-orang akan tahu siapa pemilikya. Juga untuk memantau kendaraan ke mana saja perginya, atau binatang lain atau barang-barang dalam toko, gudang dll.
gb5
Kemajuan tehnologi memang sangat canggih dan berfaedah tetapi kalau salah pakai akibatnya juga bisa merugikan sebagian/ banyak orang (seperti tenaga atom). Menurut berita, bahwa tahun 2012 orang-orang tua di Amerika tidak bisa mengambil pensiun kalau tidak punya chip, bahkan tahun 2014 semua orang harus memasang chip ini untuk semua transaksi, bahkan juga untuk naik ke kapal terbang dsb. Apakah semua penduduknya mau? Memang chip ini kalau dipakai bisa berguna untuk banyak hal (identitas, seperti KTP/ paspor elektronik, ini sudah dimulai), bisa tahu semua data pribadi, alamatnya, hubungan, transaksi, semua jumlah uang miliknya dll) tetapi privacy (hidup pribadi) sangat terganggu atau hilang. Dunia akan menjadi penjara besar, sebab semua di awasi dengan ketat oleh penguasa, bisa dikontrol dan dikuasai penuh seperti orang dalam penjara.

III. KEADAAN SEKARANG

USA akan memakai chip RFID (Radio Frequency Identification) pada manusia untuk keperluan umum (mereka yang ikut asuransi kesehatan, peraturan pembayaran pensiun, juga untuk keamanan, mencegah terorism dll) mulai 23 Maret 2013.
gb7
RFID sudah lama dipakai (+ 50 tahun) juga dalam binatang (domba, sapi, anjing dll) tetapi sekarang akan dipasang pada manusia. Untuk alasan kesehatan, US FDA mengeluarkan izin pemakaian chip RFID sejak 2004. Dua sekolah di San Antonio Texas melakukan pencobaan pemakaian chip ini tanggal 7 September 2012. Tidak semua orang di Amerika setuju, apalagi di negeri lain, tetapi presidennya memaksakan untuk memulainya dengan alasan kesehatan dll. (Obama care). Ada juga orang-orang (bank) tertentu di Indonesia yang hendak memakai chip.
(http://houseofrevelation.com)

IV. APAKAH CHIP INI.

Ini adalah hasil kemajuan tehnologi yang membuat management apa saja makin mudah dan canggih. Makin lama akan makin jelas penggunaannya sehingga tidak heran kalau makin banyak orang-orang akan memakainya karena faedah dari kemajuan tehnologi. Kemajuan ini sangat cepat sehingga mau tidak mau kita hanyut dalam arusnya sebab semua berlomba-lomba memakai hasil tehnologi. Dahulu orang takut dengan TV sebab ini patung Antikris yang bisa bicara, akhirnya semua memakai TV. Dahulu orang takut dengan komputer sebab angkanya kalau dijumlah = 666. Sekarang semua memakainya. Dahulu orang takut memakai kartu kredit sebab ada angka-angkanya 666 (18 angka), akhirnya semua orang juga memakai. Juga barcode di-anggap angka Antikris. Sekarang ada chip yang lebih canggih dan  nampaknya semua orang akan memakainya, sebab ini termasuk efisiensi dan kemajuan tehnologi.
Apakah chip ini cap Antikris? atau juga hanya menakutkan dan membingungkan untuk sementara seperti yang lalu-lalu ini?

V. CHIP DITENTANG BANYAK ORANG KRISTEN.

Mengapa? Sebab chip ini mengandung angka-angka dan data-data pribadi yang ditanam di bawah kulit punggung tangan dan dahi dan ada angka-angka tertentu 666 di dalamnya.
Banyak orang Kristen menolak pemasangannya, sebab chip ini dianggap cap, nama dan angka Antikris seperti Wahyu 13:16-18. Ada banyak pengkhotbah-pengkhotbah sudah mengajarkan dengan yakin bahwa chip ini adalah cap Antikris dan mereka bersikap tegas, bagaimanapun juga tidak boleh menerima chip ini. Sebab orang yang mau diberi tanda/ cap ini akan dihukum dan dibinasakan Allah Wahyu 14:9-11; 16:2; 19:20.

VI. BETULKAH CHIP ADALAH CAP ANTIKRIS ITU?

TIDAK! Sebab:

VI.A. BAHASA NUBUATAN, BUKAN ARTI HARFIAH.

Kitab Wahyu ini adalah kitab nubuatan. Yang ada di dalamnya itu adalah bahasa nubuatan bukan arti yang sesungguhnya/harfiah. Misalnya Antikris digambarkan sebagai binatang yang berkepala singa 7 buah, bertanduk 10, tubuhnya seperti macam tutul, kakinya seperti beruang. Padahal Antikris itu manusia (yang di dalamnya ada roh-roh setan) bukan binatang, tetapi dalam Wahyu selalu digambarkan sebagai binatang seperti ini, sebab Wahyu memakai bahasa nubuatan.
(Dalam Daniel 7 digambarkan dalam 4 binatang). Begitu pula iblis digambarkan sebagai ular naga. Nabi palsu seperti binatang buas, tubuhnya seperti domba dan bicaranya seperti Naga, tetapi ini juga manusia. Kita tidak berjaga-jaga menunggu kedatangan binatang-binatang seperti ini, tetapi manusia yang tabiatnya seperti binatang dan seperti iblis.
Begitu juga disini cap Antikris itu bukan arti harfiah, tetapi ini adalah bahasa nubuatan, ada arti rohaninya yang akan kita bahas sekarang. Chip (atau dahulu yang dicurigai adalah barcode) itu adalah angka-angka yang ditanamkan dengan cara tehnology yang canggih, tetapi cap Antikris yang sesungguhnya bukan angka-angka, tetapi roh setan yaitu roh mammon seperti yang dibuktikan di bawah ini.

VI.B. IBLIS MENIRU ALLAH.

Cara kerja Allah paling efisien dan sukses 100%, sebab itu kalau iblis ingin efisien dan sukses, terpaksa ia meniru cara kerja Allah. Misalnya Trinitas Allah ditiru iblis yaitu iblis sebagai Bapa, Antikris sebagai putranya dan nabi palsu sebagai Roh Kudus. Begitu juga cap atau meterai Allah itu Roh Allah sendiri, sangat efektif, bisa berbuat segala perkara, sebab itu iblis tidak akan memakai angka-angka saja sebagai meterainya, tetapi cap ini punya arti nubuatan yaitu roh mammon (roh-roh setan yang bekerja sebagai roh mammon).
1. ROH.
Meterai Allah adalah Roh Kudus.
Efesus 4:30 Dan jangan mendukakan Roh Kudus Allah, yang oleh-Nya kamu sudah dimeteraikan sampai hari penebusan. (Ef 1:13) (KJI)
Kalau Allah memakai Roh sebagai meterai, iblis tidak akan memakai sebagai meterainya angka-angka belaka, sebab angka ini mati, tetapi iblis juga memakai roh, untuk meterainya, yaitu roh setan yang bisa merasuk manusia untuk merubahnya menjadi seperti Antikris dan iblis. Roh-roh setan, yaitu roh mammon itu jauh lebih dahsyat, lebih ganas, lebih agresif, lebih efisien daripada sekedar rangkaian angka-angka yang mati. Roh-roh jahat ini bisa merasuk dan menguasai, memaksa, mengancam orang itu dll, untuk melakukan kehendak setan. Angka-angka tidak bisa melakukan hal-hal ini.
2. ROH MAMMON.
Roh setan ini ada bermacam-macam, mengapa yang dipakai roh mammon? Rahasia ini dibukakan dari angka 666.
666 = angka mammon.
Dalam Wahyu 13:18 diceritakan bilangan nama Antikris itulah 666. Angka ini berarti:
a. Angka mammon.
1Raja 10:14 Adapun berat segala emas yang dibawa masuk kepada raja Sulaiman dalam setahun, ia itu enam ratus enam puluh enam talenta emas. (TL)
Solaiman membawa masuk setiap tahun 666 talenta emas, inilah uang atau mammon yang didapatkan oleh Solaiman. Roh Mammon inilah yang menjadi tanda atau meterai Antikris. Ingin uang (mammon) adalah sumber dari segala kejahatan 1Timotius 6:9-10. Apalagi roh mammon yang merasuk orang (lebih-lebih yang cinta uang), membuatnya jadi nekad dan mata gelap akan uang dan dengan lihai dan jahat menuruti pimpinan roh mammon, sehingga dosanya makin banyak.
Kalau ingin akan uang menghasilkan segala macam dosa dalam hidupnya, lebih-lebih roh mammon yang merasuknya membuat orang itu berdosa dalam roh dengan cara dan tingkat yang lebih jahat dan lebih limpah sehingga akhirnya dosanya menjadi sempurna seperti antikris dan iblis.
Angka di chip itu juga bisa membuat banyak akibat yang jelek, tetapi jauh lebih sedikit daripada kenekadan dan kejahatan yang bisa dilakukan oleh orang yang dirasuk oleh roh setan yaitu roh mammon yang menguasai orang itu sampai akhirnya benar-benar rusak dan sempurna dalam dosa. Dengan roh-roh mammon inilah Antikris menguasai manusia dan roh mammon inilah yang menjadi tanda atau cap dari Antikris.
b. 6 adalah angka manusia (manusia diciptakan pada hari ke-6). 3 buah angka 6 berarti ketiga bagian dari manusia yaitu tubuh jiwa roh manusia seluruhnya dikuasai dan dicengkeram oleh Antikris; dan ini hanya mungkin dengan roh mammon yang hidup, merasuk, memerintah dan menguasai seluruh tubuh jiwa rohnya sampai menjadi sempurna di dalam dosa dalam seluruh keberadaan manusia itu. Memang ini tujuan dari Antikris, dengan roh mammon yaitu meterai atau capnya, Antikris hendak membuat orang dosa menjadi sempurna dalam dosa seperti Antikris dan seperti Iblis.
(Sebaliknya dalam Wahyu 14:1 kita melihat lagi ada tanda di dahi 144.000 orang yang sempurna di hadapan Allah; inilah meterai yang sudah mencapai tujuannya, yaitu membuat orang-orang yang dimeteraikan menjadi sempurna seperti Allah, tetapi bukan dipaksa atau dirasuk, melainkan dengan penyerahan dan ketaatan dari orang itu kepada Roh Kudus, baru Roh Kudus bisa bekerja di dalam seluruh hidupnya.
Dalam Kemah Suci kita melihat meterai itu terdapat dalam arti Pintu Kemah (Roh Kudus, meterai kesucian) dan di Tirai (Roh Kudus, meterai yang menyempurnakan) seperti Hujan awal dan Hujan akhir).
c. Yudas, Antikris pertama, dirasuk roh mammon, yaitu roh iblis sendiri yang bekerja sebagai roh mammon, sebab uang ini mudah menjerat manusia, juga orang rohani yang tidak berjaga-jaga. Karena Yudas cinta uang, akhirnya ia mudah didorong dan dirasuk roh mammon sehingga iamenjual Gurunya dengan 30 keping perak. Jadi kita jelas melihat hubungannya cinta uang (mammon) dengan roh mammon yang merasuknya sehingga bisa menjadi Antikris pertama. Ini sebab cinta uang, mammon (yang angkanya adalah 666) yang membuatnya penuh dengan dosa dan pengkhianatan, sehingga roh iblis yang juga roh mammon bisa masuk dan merasuk dan merusak hatinya Lukas 22:3.
Yudas ini adalah Antikris yang pertama, keluar dari antara ke-12 rasul (1Yohanes 2:19) sebab diisi dengan cinta uang, lalu roh mammon masuk dan merasuknya sehingga menjadi mata gelap dan menjual Gurunya.
d. Pada anak-anak Allah tidak ada tanda dari iblis ini di dahinya. Juga orang-orang yang tertinggal dalam zaman Antikris yang bertobat dan bertahan untuk tetap percaya pada Tuhan Yesus, mempertahankan keselamatannya, mereka menolak tanda ini di dahinya dengan resiko dianiaya sampai mati Wahyu 20:4, tetapi selamat masuk Surga.
Jadi yang dipakai sebagai cap dan tanda dari Antikris adalah roh mammon dan cinta mammon (akar segala kejahatan. 1Timotius 6:9-10) itu meratakan jalan untuk masuknya roh-roh mammon.
3. CAP ATAU METERAI ANTIKRIS DAN METERAI ALLAH.
Meterai Allah adalah Roh Kudus yang memenuhi,mendorong dan memungkinkan orang-orang itu untuk bisa hidup dalam kesucian, limpah dengan kuasa Allah dan segala macam fasilitas ilahi dari Allah Zakharia 4:6 Kisah 1:8. 1Korintus 12:7-11.
Sebaliknya cap atau meterai Antikris itu adalah roh-roh setan (yang memakai tipu daya mammon) yang memaksa sehingga merasuk orang-orang yang ingin akan uang, cinta mammon, untuk menghalalkan dan nekad berbuat segala macam dosa sehingga mendapat uang. Uang menjadi umpan manisnya yang menarik dengan nekat segala macam dosa ke dalam dirinya. Jadi, diberi Roh Kudus supaya bisa hidup kudus seperti Allah, tetapi kalau dirasuk roh mammon, mereka bisa nekad hidup dalam segala macam dosa sampai menjadi jahat seperti iblis.
a. Yehezkiel 9:4.
Lalu firman Tuhan kepadanya: Berjalanlah engkau di tengah-tengah negeri, yaitu di tengah-tengah Yeruzalem, dan bubuhlah suatu tanda (tanda dari Allah: Meterai Roh Kudus) pada dahi segala orang yang berkeluh kesah dari karena segala perkara keji yang dibuat di tengah-tengahnya itu. (TL)
Disini diceritakan bahwa orang-orang yang dimeteraikan Allah di dahinya itu ialah orang-orang yang berkeluh kesah karena perkara-perkara yang keji yang dibuat di tengah-tengah Yerusalem. Inilah orang-orang yang tidak setuju dan tidak tahan, sehingga tidak mau melihat perkara-perkara dosa Yesaya 33:15, baik di dalam dunia dan di antara umat Tuhan di dalam tubuh Kristus. Orang yang lahir baru dan penuh Roh Kudus akan benci dosa dan cinta kebenaran seperti Kristus Ibrani 1:9.
Juga Lot pada permulaannya 1Petrus 2:8 ia tidak tahan dan tersiksa jiwanya sebab melihat kekejian orang-orang Sodom. Tetapi sebab ia tidak membuang keinginan dosa, kesukaan dosa yang sementara Ibrani 11:25, dari Sodom, ia menjadi rusak, lama-lama ia bisa tahan (adaptasi) bahkan senang lalu justru meninggalkan kebenaran Allah. Ia mulai dalam Roh berakhir dalam daging dan menjadi orang Sodom yang penuh kedagingan, terbukti waktu ia dengan begitu mudah menyerahkan kedua gadisnya untuk dijadikan korban nafsu zina orang-orang Sodom              Kejadian 19:7-8; Galatia 3:3-4). Jadi tanda di dahi dari Tuhan adalah baptisan Roh Kudus yaitu meterai Roh Kudus dan tanda di dahi oleh Antikris ialah roh setan yaitu roh mammon.
b. Wahyu 14:1.
Dan saya melihat, dan lihatlah Anak Domba itu berdiri di atas Gunung Sion, dan beserta dengan Dia ada seratus empat puluh empat ribu orang yang tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya di dahinya. (KJI)
Orang-orang yang sempurna, nama Bapa dan nama Putra Allah ditulis di dahi mereka. (Cap atau meterai Antikris adalah namanya yang dimeteraikan di dahi dan di tangannya). Jadi dahi adalah tempat meterai dari Allah (tetapi tidak pernah di tangan) dan iblis juga meniru, bahkan ditambahi atau di tangannya, mana saja boleh asal ia bisa menguasai orang itu.
c. Meterai di dahi dan atau tangan.
Mengapa Allah hanya menaruh meteraiNya di dahi, tetapi iblis atau Antikris di tangan dan atau di dahi?
Dahi adalah kepala, pikiran dan tangan adalah perbuatan.
Allah hanya memeteraikan dahi atau pikirannya/ disucikan, menjadi baru sebab roh dan pikirannya diperbarui oleh Roh Kudus Efesus 4:23, diberi kekuatan oleh Roh Kudus Kisah 1:8, Zakharia 4:6, lalu kita sendiri yang harus melakukan kehendak Allah. Kita harus taat melakukan perbuatan-perbuatan yang sesuai dengan kehendak Allah. Kita bukan mesin. Sebab itu Allah tidak menggerakkan kita, hanya mengubah dan memberi kekuatan, lalu kita yang harus bertindak, berbuat, melakukan kehendak Allah (dan ini ada pahalanya). Jadi Allah hanya memeteraikan dahinya dan kita sendiri yang harus menggerakkan tangan kita sesuai dengan kehendak Allah.
Iblis lain, ia bisa memeteraikan, baik dahi dan atau tangan. Allah memeteraikan orang-orang yang mau taat dan percaya pada Allah, sehingga pikiran diperbarui menjadi benci dosa dan cinta kebenaran Ibrani 1:9. Roh Kudus tidak memaksa, tetapi mengubah dan memberi kuasa, kita sendiri yang harus taat. Tetapi iblis tidak menunggu orang itu mau (kalau mau tentu iblis lebih senang), tetapi meskipun tidak mau dan menolak, iblis berusaha untuk membujuk, menipu bahkan memaksa dan merasuk orang itu sehingga melakukan kehendak Allah. Sekalipun tidak mau, iblis merasuk dan memaksanya. Orang gila Gadara memukul badannya dengan batu, sangat sakit, ia sebetulnya tidak mau tetapi setan-setan yang merasuknya memaksakan, biarpun ia tidak setuju dan sangat kesakitan. Setan memeteraikan tangannya, memaksakannya untuk mentaati iblis, juga pikirannya dirasuk, tetapi Alalh hanya memeteraikan dahi kepalanya dan orang itu sendiri harus taat menurut pimpinan Roh dengan sukacita dan penuh penyerahan, percaya kepada Tuhan.
4. TUAN YANG LAIN.
Matius 6:24. Ini tuan yang menjadi tandingan Allah, yang disukai manusia berdosa, dicintai dan disembah Kolose 3:5. Allah adalah tuan yang harus ditaati sendiri oleh umatNya dengan pertolongan dan kekuatan dari Tuhan, tetapi iblis adalah tuan yang jahat yang memaksa orang-orang yang menyembahnya untuk taat. Semua dosa itu jahat, tetapi cinta uang itu adalah akarnya dari segala dosa 1Timotius 6:9-10, sehingga bisa dilanjutkan olehroh mammon menyempurnakan manusia dalam dosa seperti iblis berhalanya.
Jadi tanda dari cap Antikris ini mempunyai arti rohaniah yaitu roh mammon yang merasuk dan merusak semua orang yang menerimanya sehingga makin bejat dalam dosa sehingga akhirnya menjadi seperti Antikris dan iblis. Mereka ini semua akan masuk hukuman yang kekal dalam Tasik api Wahyu 14:9; 19:20.
Cap Antikris bukan hanya angka. Angka atau chip bisa juga dipakai sebagai alat yang canggih, sekaligus menipu orang-orang Kristen supaya ribut dengan chip, padahal cap yang sebenarnya adalah mammmon yang jauh lebih dahsyat, kalau tidak dikenali bisa masuk dengan mudah dalam umat Tuhan tanpa perlawanan.

VI.C. BELUM WAKTUNYA.

1. Masanya Antikris.
Antikris akan dinyatakan pada waktunya yaitu dalam Minggu ke-70 Daniel. Dan 7 menceritakan 4 binatang (ini sama dengan Wah 13, hanya disini 4 binatang itu menjadi satu binatang, yang mempunyai ciri-ciri dari 4 binatang dalam Dan 7 ini). Pada waktu Gereja masih ada, 3 binatang Antikris I itu sudah muncul, sebab itu kita (Gereja) akan mengalaminya bahkan harus menghadapinya, itu sangat dahsyat.
Tetapi Gereja akan tetap menang atas 3 binatang Antikris ini sebab Tuhan yang di dalam kita sangat jauh lebih besar dari mereka (Roma 8:31, 1Yohanes 4:4), namun sesudah Pengangkatan, Tuhan dan Gereja diangkat keluar dari bumi, maka binatang Antikris yang ke-4 ini bisa muncul dan menguasai seluruh dunia sebab Allah (dan Gereja) musuhnya, sudah tidak ada. Ia berkuasa penuh atas dunia dan isinya, merajalela selama 3,5 tahun; ini yang betul-betul merupakan zaman Antikris tanpa Allah di dunia kecuali 2 Saksi yang masih menolong Gereja yang tertinggal yang diinjak-injak dan dikalahkan oleh Antikris ini. Wahyu 13:7.
2. Sekarang Antikris belum muncul sebab itu meterai atau cap Antikris juga belum ada. Bukan saja orang Kristen, banyak orang lainnya menolak, sebab itu merugikan dan bisa membahayakan jiwanya.Baru kalau ada seorang penguasa yang bisa memaksakan semua orang untuk menerima cap ini, dengan kata lain setan-setan (meterainya ada-lah roh setan-setan yang bekerja sebagai roh mammon) langsung masuk dalam manusia, yang bekerja sebagairoh jahat atau roh mammon, yang menguasai manusia. Jadi chip itu bukan cap dari Antikris yang sesungguhnya, (meskipun mungkin juga dipakai Antikris nantinya). Sebab itu jangan kita takut berlebih-lebih, panik dan bereaksi yang tidak perlu atau berlebih-lebih terhadap chip yang bukanlah cap Antikris yang sesungguhnya.
Sekarang kita belum masuk dalam zaman Antikris (binatang IV) yaitu 1260 hari. Sesudah Antikris muncul, baru muncul binatang nabi palsu yang menghidupkan patung binatang Antikris itu (Wahyu 13:15) dan memberi cap binatang itu (cap yang benar itu roh mammon!) pada semua orang (Wahyu 13:16), sebab semua sudah dikuasai Antikris (Wahyu 13:7,8), termasuk semua orang yang tertinggal (yang tidak ikut pengangkatan) sebab mereka masuk dalam zaman Antikris. Yang tidak mau di cap akan dianiaya sampai mati (Wahyu 13:6-8).
3. Yang ikut pengangkatan tidak mengalami hal ini. Sebab itu orang yang ikut pengangkatan tidak perlu kuatir, sebab mereka tidak akan mengalami problem tentang cap Antikris, yang hanya mungkin terjadi dalam zaman Antikris. Kita akan mengalami masalah tentang chip yang dipaksakan di beberapa tempat untuk orang-orang tertentu. Tetapi Chip ini bukan cap Antikris yang benar. Meskipun sudah mulai dipasang, tetapi belum berlaku untuk semua orang dan belum di semua negara dan ini bukan cap Antikris!
Perbedaan tafsiran tentang chip ini akibatnya sangat besar dan sangat luas, sebab itu kita perlu penuh dengan Roh Kudus dan mohon daripadaNya penafsiran yang betul, sebab akibatnya besar!

VII. SIKAP KITA.

Ini tergantung dari penafsiran. Kalau chip dianggap atau diyakini sebagai cap Antikris, maka akan timbul banyak kekacauan dan keruwetan, bahkan seolah-olah Tuhan tidak bisa menolong, sebab memang tafsirannya salah. Sikap yang betul itu didasarkan atas tafsiran yang betul, yaitu bahwa chip itu bukan cap Antikris, maka:
1. Kita juga berusaha untuk menolak chip sebisa-bisanya sebab pemakaian chip ini berarti kebebasan pribadi (privasinya) hilang, sebab bisa terus dipantau dan mungkin juga chip itu bisa menimbulkan kanker (sebab ini benda asing diletakkan bertahun-tahun dan belum terbukti tidak berbahaya). Tetapi kita tidak menolak karena mendasarkan bahwa cip itu cap antikris.
2. Kalau akhirnya terpaksa dipasang, karena ini bukan cap Antikris, kita hanya bergumul dengan ancaman privasi (kebebasan), bahaya kesehatan, dan kerugian-kerugian lain, bukan sebagai meterai Antikris sama seperti kartu kredit yang dahulu dikira sebagai cap Antikris, akhirnya tidak menjadi persoalan. Jangan lupa, belum tentu semua orang dan semua negara setuju dan masih ada kemungkinan ada cara-cara tehnologi canggih lainnya yang bisa mencegah atau menetraliser penggunaan atau pemaksaan chip ini.
3. Jangan terpancing cap yang salah.
Dari keterangan yang lalu nyata sekali bahwa cap Antikris itu 666 (angka mammon) itu adalah roh setan yang khusus mengumpan dan menjerat dengan mammon, dan merasuk (memaksa) orang-orang yang dicap ini untuk mengejar mammon dengan nikat, kejam, jahat dan menghalalkan segala cara. Chip tidak bisa mempengaruhi orang itu, hanya sekedar alat yang mati, tetapi roh mammon itu mahluk hidup (setan) yang bisa merasuk, menguasai, memperbudak orang itu, mendorong, menjerat, menipu, mengancam, dan memerintahkan (memaksa) untuk menyembah mammon dan berbuat segala macam kejahatan dengan mammon sebagai tujuannya (ini umpan yang ditawarkan roh-roh setan ini). Orang yang menganggap (meyakini) chip sebagai cap Antikris, ia disesatkan oleh penafsiran ini, sehingga pikiran dan perhatiannya pada chip itu berlebih-lebihan, terus pada chip padahal bukan.
Waktu, perhatian, pikiran dll dari orang-orang ini akan dimakan habis oleh siasat dan tipu daya setan ini. Juga pengertian (tafsiran Firman Tuhan) jadi bengkok karena salah tafsir tentang chip ini sehingga tidak mengerti tafsiran yang betul lainnya, dan yang berbahaya adalah orang-orang ini tetap tenggelam dalam cinta mammon (justru ini yang akan jadi cap Antikris, tetapi diabaikan, dibiarkan, tidak dipedulikan), tahu-tahu tertinggal dan dirasuk oleh roh mammon (= kena cap Antikris).
Yang harus diperhatikan dan dibuang adalah cinta uang yang bisa menarik dengan kuat roh mammon masuk dalam hatinya sehingga orang itu kerasukan roh mammon. Kalau seorang diikat oleh cinta uang, maka  ini meratakan jalan untuk satu kali dikuasai dan dirasuk oleh roh mammon! Betapa banyak orang Kristen bahkan hamba-hambaNya yang terikat oleh cinta uang dan diperbudak oleh mammon; ini yang berbahaya sebab ini yang akan membuat orang itu mengecilkan Allah (sebab bertuhankan mammon Matius 6:24), sehingga limpah dosa-dosanya (1Timotius 6:9-10), akibatnya ketinggalan lalu dirasuk (dicap) dengan roh mammon. Sebab orang yang cinta uang ini akan sangat bergairah menarik dengan kuat roh mammon, dan itu langsung berubah menjadi cap Antikris.
Jadi orang yang cinta mammon akan sangat rindu menerima roh mammon tanpa rayuan, bujukan atau tekanan, sebab hatinya sudah cinta uang dan menyembah mammon.
Pada prinsipnya cinta mammon dan roh mammon, itu hanya tinggal maju satu langkah lagi!
Orang yang sudah memberhalakan mammon, Roh Kudus sudah pergi, dosanya limpah (menjadi hamba dosa Yohanes 8:34), setan-setan sudah di dalamnya, sebab itu roh mammon mudah masuk, satu golongan! Tetapi orang yang bisa berpada dan memperhambakan mammon, Roh Kudus ada didalamnya, pasti roh mammon tidak bisa masuk bahkan hendak mempengaruhi dan menipu juga tidak bisa.
4. Orang yang tidak cinta uang, lepas dari meterai Antikris.
Orang-orang beriman harus mengerti dan teliti memeriksa dirinya jangan sampai ada cinta uang, ingin akan uang, itu jahat, akarnya dari segala jenis kejahatan 1 Timotius 6:9-10 dan ini membuka pintu lebar-lebar untuk menerima roh mammon.
Kalau kita sudah dibersihkan dari cinta uang, maka:
a. Kita bisa berpada (puas dengan apa yang ada, masih boleh ingin dapat lebih, tetapi jangan merugikan atau mengurangi jatah rohani dan harus dengan halal sesuai Firman Tuhan)1 Timotius 6:8, Pilipi 4:11-12.
b. Bisa memakai dunia ini seperti tidak memakai 1Korintus 7:31.
c. Bisa dan selalu mendahulukan Tuhan lebih dari semua yang fana Matius 6:33.
Kalau mau hidup seperti demikian, pasti bisa sebab Roh Kudus akan menolong dan tidak akan jadi cinta uang dan tidak akan pernah kena cap Antikris, sebab sudah ikut dalam pengangkatan.
5. Chip mungkin dipakai antikris pendahulu.
Sebab ini alat tehnologi yang canggih, banyak faedah yang luar biasa, mungkin pada mulanya atau bersamaan, Antikris akan memakainya juga (dalam Minggu ke-70 Daniel), untuk menguasai, mengontrol dan me-ngatur semua orang dengan cara tehnologi yang canggih. Tetapi menguasai, mengontrol, merasuk setiap orang dengan roh-roh setan (mammon) yang ada dalam setiap orang (ini jauh lebih hebat, lebih efektif, lebih sempurna. Tetapi mungkin kedua cara ini dipakai Antikris), sebab Antikris adalah penguasa tunggal dan penuh dalam zamannya. Sekaligus chip ini bisa dipakai untuk me-ngelabuhi dan menyesatkan orang-orang yang salah mengerti. Sebab Antikris dan iblis akan memakai apa saja, cara-cara tehnologi yang canggih, kuasa gelap, senjata, apalagi uang dll untuk mencapai kehendaknya. Antikris akan menghalalkan segala cara. Tetapi chip ini bukan cap Antikris. Jangan terlalu kuatir seperti sikap orang mula-mula pada kartu kredit dll.

VIII. PERGUMULAN ORANG KRISTEN DENGAN CHIP ZAMAN SEKARANG.

Kalau Minggu ke-70 Daniel mulai, bahkan juga sebentar sebelumnya (mulai sekarang) akan datang banyak kesulitan dan penderitaan (sebab dosa dan kejahatan sangat meningkat, bahkan sampai puncak-puncaknya) bagi orang beriman (dan orang-orang dunia).
Mungkin juga sebelum zaman Antikris   semua orang sudah diharuskan menerima chip ini, maka seluruh segi hidup orang-orang yang diberi chip ini bisa dikontrol dan dikuasai oleh pemerintah (pemerintah yang berkuasa, yaitu Antikris, binatang 1 sampai 3). Tetapi jangan takut! Allah tahu dan mempersiapkan kita untuk hal ini,asal kita mau bersedia sejak sekarang. Pada saat-saat yang sulit Gereja tetap menang dengan pertolongan pekerjaan yang penuh dari tiga Pribadi Allah.  Wahyu 12:1. Juga Allah pasti sudah menyediakan semua fasilitas yang kita perlukan, istimewa dalam hujan akhir sehingga rata-rata orang beriman yang sungguh-sungguh itu sudah mahir berjalan dalam Roh. Allah tidak pernah lupa mempersiapkan umatNya dengan fasilitas yang paling canggih yaitu Hujan-akhir, pembukaan Firman Tuhan total (sehingga siasat dan tipu daya iblis disingkapkan seperti juga tentang chip ini). Lagipula pencobaan itu tidak akan lebih dari kekuatannya 1Korintus 10:13. Kesukaran-kesukaran, misalnya:
a). Sikon dahsyat.
Misalnya keamanan jadi rapuh, tidak ada keadilan, kejahatan meningkat dll termasuk kemungkinan pemaksaan chip ini. Orang-orang beriman bisa ditangkap seperti Petrus, Paulus dll. Tetapi Tuhan sanggup dan pasti melepaskannya. Gereja bersama-sama Tuhan Yesus tidak mungkin kalah oleh siapapun termasuk Antikris.Memang harus betul-betul bisa hidup dipimpin Roh. Ini berarti hidup dalam kesucian. Kalau hidup dalam dosa, sekalipun sedikit, Roh Kudus tidak bisa bekerja di dalamnya, bahkan Roh Kudus terpaksa harus meninggalkannya). Biasanya orang beriman tidak bisa berjalan dipimpin Roh sebab hati dan pikirannya tidak bersih dan tidak terus dalam jalan Tuhan (harus hidup benar dan melakukan kehendak Allah, bukan kehendak sendiri). Kalau tidak dipimpin Roh, kita tidak mungkin bisa menghadapi masa-masa yang sulit ini. Kita harus sudah bisa berjalan dalam Roh. Apalagi dalam Minggu ke-70 Daniel hukumnya sangat keras, setiap salah dihukum 2Korintus 10:6. Sebab itu yang tidak mau bertobat, bisa langsung kena hukum, bisa mati di tempat.  Segala dosa harus dibuang sampai yang di dalam angan-angan dan pikiran. Juga orang-orang beriman yang bukan full time, yang kerja sekuler, harus full heart dan betul-betul dipimpin Roh, baru bisa lepas dari kesukaran-kesukaran yang dahsyat itudengan hikmat dan kuasa Allah.
Juga dalam akhir zaman ini, problem-problem pekerjaan sekuler dan keuangan itu penuh dengan kejahatan dan tipu daya termasuk kemungkinan pemaksaan pemasangan chip ini. Allah sanggup memimpin kita lepas dari segala kejahatan dan pencobaan, asal kita mau (mahir) dipimpin Roh, tidak berjalan sendiri!
b). Dalam zaman keemasan Gereja, keadaan Gereja amat indah penuh dengan segala macam hikmat, kuasa dan mujizat Allah, keadaannya seperti Surga di bumi. Tetapi dalam masa yang heran ini, semua orang harus betul-betul hidup benar, dan taat dipimpin Roh. Umat Tuhan yang hidup dalam dosa, sedikit salah, hukumannya kontan dan keras seperti Ananias Kisah 5. Tetapi rata-rata tingkat rohani orang-orang saat ini tinggi, penyerahan penuh dan terus dipimpin Roh. Allah akan sanggup menggenapkan rencanaNya sampai tamat dengan sempurna, dengan orang yang mau taat dipimpin Roh, hidup dalam kesucian dan melakukan kehendak Allah.
Hari-hari ini sangat sulit, terma-suk tekanan dari Antikris pendahulu yang sudah muncul dalam Minggu ke-70 Daniel, tetapi orang yang sudah mahir dipimpin Roh, bisa mengatasinya dan berkemenangan atas semua serangan dan tekanan dari musuh, bahkan Gereja mengalami zaman keemasan, begitu indah dan sukacita seperti di Surga. Kuasa, mujizat, tanda-tanda heran begitu limpah tetapi Gereja juga sangat tertib dalam kesucian.
c). Kesukaran keuangan sangat berat, tetapi di dalam Gereja Minggu ke-70 Daniel mereka hidup dengan milik bersama seperti Hujan-awal Kisah 2:43-45, belum sekarang (tetapi sekarang sudah harus siap, yaitu bebas dari cinta uang dan dosa-dosa lainnya). Tetapi hukumnya keras, orang yang berani memakai kesempatan ini untuk keuntungannya sendiri atau tamak, tidak jujur, menipu, mencuri dll bisa mati di tempat (Ananias dan Safira tidak mencuri atau menipu, hanya bohong karena mengurangi persembahan dari uangnya sendiri, sudah langsung dihukum mati di tempat Kisah 5:3). Orang-orang senang dan rela hidup bersama sebab sudah mahir dipimpin Roh (yang main-main sudah undur, tidak berani, tidak tahan Kisah 5:13) dan juga semua sudah tahu saat pengangkatan, kurang dari 3,5 tahun. Pada saat-saat ini keadaannya sangat tertib, tidak ada salah pakai dan hanya untuk sisa maksimal 3,5 tahun, lalu ikut Pengangkatan. “Orang-orang dalam” (Markus 4:11, Matius 13:11) bisa mengerti dan yakin tidak sampai 3,5 tahun lagi dan itu akan benar-benar terjadi; tetapi orang-orang luar tidak bisa percaya dan tidak mengerti, mereka juga tidak mau hidup bersama (apalagi yang kaya) dan undur.
Memang 3 binatang Antikris I sudah ada waktu ini dan menguasai pemerintah (hampir) seluruh dunia.
6. Harus bersedia Matius 24:42. Sekarang kita belum sampai disitu, tetapi sudah harus bersedia. Tanpa hidup baru (kantong kulit yang baru) maka dalam Hujan-akhir, dalam kelimpahan anggur baru, kantong kulit lama akan pecah Lukas 5:37-38 dan binasa seperti Ananias.
Dalam persiapan termasuk :
a. Memelihara kesucian baik-baik Amsal 4:23 dari masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang sehingga tetap suci terus menerus, dalam segala hal, di segala tempat dan dalam segala waktu, tidak coba-coba atau main-main lagi dalam dosa atau tabiat lama Galatia 3:3-4.
b. Terus dipimpin Roh, baik berkata, berpikir, berencana, bertindak juga dalam pelayanan, semua betul-betul dipimpin Roh.
Kunci untuk bisa terus dipimpin Roh adalah tekun berdoa senantiasa dalam Roh dan kebenaran (terus hidup dalam kesucian), 1Tesalonika 5:17 maka kita bisa terus dipimpin Roh. Belajar dalam hal-hal kecil (ini juga menjadi latihan) dan hal-hal besar dan itu indah sekali. Ini hidup seperti Putra manusia Yesus penuh kemenangan dan berhasil terus.
Orang yang dipimpin Roh itu limpah buah Roh, karunia-karunia Roh yang nyata setiap kali diperlukan. Juga  pelayanan jabatan akan nyata dan limpah dalam tubuh Kristus bahkan juga ada pelayanan orang sempurna dll.
c. Tekun tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan, dalam persekutuan dan pelayanan 2Petrus 3:18. Kalau dosa tidak ada (juga dosa kecil seperti tidak senang, tidak suka, jengkel, harus bisa mengampuni) maka persekutuan itu sangat manis dan kuat sekali sehingga kekuatan semua orang beriman yang bersekutu itu berlipat kali ganda sampai 100 atau 1000x lipat Imamat 26:8, Yusak 23:10. Pelayanan jadi ajaib seperti oleh Putra manusia Yesus Yohanes 14:12. Semua rahasia akhir zaman akan terbuka dan dari Kejadian sampai Wahyu akan jadi jelas, sehingga bisa bersatu dengan kompak mengalahkan iblis, Antikris dan semua setan Markus 3:25, Efesus 4:13.

IX. SIKON MINGGU KE-70 DANIEL.

Kemungkinan ini (dicap dengan cap Antikris, bukan dengan chip) baru bisa dipaksakan kalau ada penguasa yang sangat kuat, yang bisa menguasai seluruh dunia dan itu adalah Antikris binatang ke-4 dalam 3,5 tahun II Minggu ke-70 Daniel.
Antikris binatang ke 1-3, ada dalam Minggu ke-70 Daniel, 3,5 tahun I. Pada waktu ini ada Hujan akhir, kuasa Allah luar biasa dan orang Kristen yang sungguh-sungguh (Gereja jalan sempit) akan penuh dengan kuasa dan hikmat Allah, juga ada pelayanan jabatan dan pelayanan orang sempurna. Keadaan Gereja waktu ini luar biasa (masuk zaman keemasan Gereja Wahyu 12:1, Hagai 2:10, Yoel 2) sehingga kuasa Allah limpah luar biasa.
Kesucian dan dosa meningkat Wahyu 22:11, dosa dan kejahatan akan meningkat luar biasa seperti banjir di seluruh dunia seperti zaman Nuh. Tetapi dunia akhir zaman tidak lagi akan binasa oleh banjir air Kejadian 9:11, tetapi oleh banjir kejahatan dan dosa yang begitu limpah di mana-mana. Seperti banjir air yang tidak bisa dihindari, begitu juga banjir dosa dan kejahatan ini tidak bisa dihindari, sedikit banyak semua orang pasti kena seperti zaman Nuh. Dosa penipuan, cinta uang, occultisme, kebencian dan pembunuhan, perzinaan, kesombongan, mafia, narkotik, ketidakadilan, kekejaman, kebengisan dan semua dosa lain memuncak. Mau tidak mau semua kena akibatnya, dirugikan, difitnah,ditangkap, dianiaya dll.

Lima gadis bijaksana.

Orang-orang beriman seperti lima gadis bijaksana akan penuh dengan kuasa, karunia-karunia dan pimpinan Roh Kudus, dan dengan pimpinan Roh, mereka akan selalu terlepas dan tidak sampai mati 1Korintus 15:51-52, bahkan satu rambutpun tidak gugur tanpa izin Tuhan Lukas 21:18, apalagi dengan limpahnya pelayanan orang sempurna, kemenangannya besar-besar dan tidak pernah kalah. Keadaannya sangat dahsyat dan kacau, tetapi orang yang dipimpin Roh selalu lolos dan berkemenangan meskipun dikepung banjir kejahatan dimana-mana.
Petrus, Paulus, rasul-rasul lain, kalau belum waktunya, sekalipun ditangkap mau dibunuh, tetap lolos. Gereja hujan akhir memang akan selalu lolos sebab akan ikut pengangkatan, tidak ada yang mati. Ini suatu rahasia 1Korintus 15:51-52.Ada banyak perbuatan ajaib, bahkan tanpa batas sebab mahir dipimpin Roh dalam zaman keemasan Gereja ini.

Lima gadis bodoh

Mereka yang penuh Roh Kudus tetapi tidak terus menerus dipimpin Roh (yaitu lima gadis bodoh) akan kena salah satu macam (atau kombinasi beberapa kejahatan) sehingga terjerat dalam dosa dan kejahatan, bahkan bisa mati sebagai korban kejahatan. Jangan jadi lima gadis bodoh, hanya penuh Roh kalau pelayanan, di luar pelayanan tidak berjalan dalam Roh, tetapi menuruti daging atau kehendak sendiri, sebab itu mudah diterkam singa yang merajalela di mana-mana, lebih-lebih waktu tidak berjaga-jaga. Mereka yang masih hidup dan tertinggal waktu pengangkatan akan masuk da-lam zaman Antikris dan menghadapi problem cap Antikris. Meskipun belum masuk zaman Antikris, tetapi 3,5 tahun pertama juga sudah merupakan zaman Antikris (3 binatang pertama).tetapi bersama-sama dengan zaman keemasan Gereja di mana orang-orang dalam Ruangan Suci (lima gadis bijaksana) yang terus menerus dipimpin Roh bergumul di tengah-tengah banjir kejahatan (seperti tsunami); ini betul-betul masa yang paling sulit dan jahat, tanpa Tuhan dan persekutuan tubuh Kristus, orang pilihanpun tidak akan lolos tetapi jatuh Matius 24:22. Kalau sekarang tidak berjaga-jaga, bersedia Matius 24:42, maka lima gadis bodoh (tidak menjadi bijak), mereka tidak bisa tahan dan jatuh dan binasa. Sebab itu jangan main-main, sungguh-sungguh bersedia dalam Ruangan Suci, jangan simpan keinginan-keinginan dosa apapun, tetapi benar dan penuh Roh Kudus supaya bisa terus menerus dipimpin Roh seperti lima gadis bijaksana. Juga penting bisa bersekutu dalam tubuh Kristus Yohanes 17:21-22, dengan sehati, sejiwa, sepikir, setujuan Pilipi 2:1, 1Korintus 1:10, Markus 3:25 dalam persekutuan Roh Efesus 4:3 dan dengan kasih Kristus, penuh pengampunan 1Yohanes 1:7 maka Kristus menjadi kepala dari persekutuan tubuh Kristus, baru bisa tahan dalam hari-hari yang super sulit ini 2Timotius 3:1-4.
Cap Antikris ini baru menjadi problem dalam zaman Antikris sesudah Antikris menguasai seluruh dunia dan bisa memaksakan semua orang untuk di cap. Ini sesudah pengangkatan. Selama masih ada Gereja, Antikris binatang ke-4 tidak bisa muncul, apalagi menguasai seluruh dunia sepenuhnya. Tetapi dalam 3,5 tahun I, banjir dosa dan kejahatan sudah terjadi, sehingga ligabo akan jatuh dan hanyut, hanya ligabis (orang-orang dalam Ruangan Suci) yang bisa tahan bahkan tumbuh dan ikut pengangkatan. Sebab itu bersedialah, jangan main-main. Kalau kita bersedia dan tumbuh, lalu Tuhan Yesus masih belum datang, tetap tidak rugi hidup berjaga-jaga (ligabis) pasti untung rohani dan jasmani, apalagi memang waktunya sudah dekat.

X. KESIMPULAN.

1. Cap Antikris = roh mammon.
2. Jangan tersesat, lengah, ribut-ribut chip, tahu-tahu kena cinta uang, sembah mammon, ketinggalan dan roh mammon masuk!
3. Berjaga-jaga, siap dipimpin Roh dan taat, itu hidup sebagai Ligabis (Ruangan Suci) dan terus tumbuh.
Kalau toh chip diharuskan, jangan langsung melawan, tunggu saja, sebab orang duniapun tidak akan setuju semua, sebab ini merampas kemerdekaan pribadi. Juga ini bukan satu-satunya kesukaran akhir zaman, akan ada banyak yang lain, tetapi Tuhan akan menyediakan segala fasilitas yang diperlukan Gereja untuk bisa mengalahkannya, lebih-lebih dalam 3,5 tahun I, Gereja juga akan menang atas para Antikris (1-3)dan semua kesukaran-kesukaran itu dan sesudah 3,5 tahun (tidak lama), orang-orang yang menang atas dosa dan antikris ini, akan ikut Pengangkatan. Belajar mulai hidup mahir dipimpin Roh dalam hal-hal kecil dan besar, dan terus dipimpin oleh sejahtera Allah dan berjalan dengan iman di atas kebenaran Firman Tuhan.
Nyanyian: (Yes 41:10)
Janganlah takut, karna Akulah sertamu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Scroll to Top