YS85 – Yesaya 19:21-25 Mesir Menjadi Umat Tuhan (3 Ags 2011)

YESAYA 19:21 MESIR MENGENAL TUHAN

PADA HARI ITU TUHAN AKAN DIKENAL OLEH MESIR DAN ORANG MESIR AKAN MENGENAL TUHAN


Pada hari itu yaitu pada waktu Tuhan Yesus menjelma menjadi manusia dan menebus umat manusia, maka semua orang yang dahulunya orang kafir (seperti Kornelius, juga kita, seperti orang Mesir) sekarang percaya kepada Tuhan Yesus diselamatkan dan bisa mengenal Tuhan. Hanya orang yang sudah percaya dan tetap hidup dalam kesucian bisa mengenal Tuhan dengan betul.

Sekedar tahu dan  mengenal Tuhan itu berbeda. Orang yang mengenal Tuhan akan mengikut Tuhan dan taat akan Firman-Nya, maka lama-lama terus berubah sampai akhirnya menjadi seperti Dia Yoh 10:4,14. Orang yang tidak mau taat akan Firman Tuhan itu tidak mengenal-Nya! Sejak hari itu makin banyak orang yang mengenal Tuhan dan berubah menjadi seperti Dia.

DAN AKAN MEMBERI KORBAN SEMBELIHAN DAN KORBAN MAKANAN


Orang yang mengenal Tuhan itu tidak bisa lepas dari korban atau mendua yang merupakan tanda khas dari umat Tuhan (ayat 19). Sebab tanpa korban tidak ada seorangpun yang bisa menjadi murid Tuhan, tidak bisa berubah menjadi seperti Gurunya Luk 9:23. Sebab itu orang yang sungguh-sungguh mengenal Tuhan, tahu kasih dan pengorbanan-Nya, sebab itu mau mencintai-Nya dan mau menderita karena Tuhan untuk mentaati Firman-Nya, sehingga bisa melakukan kehendak Allah dan hidup seperti Kristus sampai akhirnya menjadi seperti Kristus. Hidup kekristenan tidak bisa lepas dari salib, sebab seluruh jalan dari permulaan percaya sampai sempurna, itulah jalan salib, dan di atas Mezbah ini selalu ada korban bakaran, korban makanan dan korban perdamaian.

  • Korban bakaran – menderita sebab mematikan daging sehingga bisa tetap hidup dalam kesucian.
  • Korban makanan – mematikan daging sehingga bisa melakukan kehendak Tuhan, itu menjadi seperti korban makanan yang memperkenankan dan memuaskan Tuhan.
  • Korban perdamaian, tetapi sejahtera selalu dalam keadaan apapun, tetap suci dalam tekanan, godaan, ancaman, kesukaran dll, tetap sejahtera = damai dan suci dalam segala keadaan tetap suci dan damai,akhirnya sempurna dalam kesucian yaitu mutlak suci, tidak lagi bisa berdosa dalam segala keadaan.

MEREKA AKAN BERNAZAR SEBUAH NAZAR KEPADA TUHAN DAN MELAKUKANNYA


Dalam Wasiat Lama: Nazar itulah janji seseorang di hadapan Tuhan, biasanya untuk mendapatkan sesuatu. Misalnya Hanna bernazar kalau dapat anak, itu akan diserahkan kepada Tuhan dalam bait Allah. Hanna betul-betul mendapat anak, lalu ia menggenapi nazarnya, diserahkan pada Tuhan dan itulah Samuel. Kemudian ia mendapat lagi banyak anak.

Dalam Perjanjian Baru tidak lagi ada nazar, sebab kita seluruhnya milik Allah 1Kor 6:18 sekalipun tidak ada permintaan apa-apa kita harus taat melakukan kehendak Allah, dapat sesuatu atau tidak. Ini hidup bagi Kristus Fil 1:21. Jadi nazar dalam Perjanjian Lama berarti hidup bagi Kristus. Enak atau tidak, dapat sesuatu atau tidak, kita milik Tuhan dan harus taat kepada Tuhan.

Orang-orang kafir sekarang menjadi milik Allah, sebab sudah dibeli dengan harga tunai yaitu darah Yesus 1Kor 6:18-19. Sebab itu kita harus hidup bagi Tuhan dengan tubuh dan kita memuliakan Allah. Boleh minta yang fana? Boleh! Segala kebutuhan bahkan keinginan bisa diberikan oleh Tuhan sebagai fasilitas untuk hidup dalam dunia untuk memperkenankan Tuhan Mat 6:33, tetapi bukan sebagai tujuan hidup.

Orang-orang yang dikenal dan mengenal Tuhan, mau pikul salib dan hidup bagi Tuhan, ini suatu cara hidup baru di atas mezbah Rom 12:1. Inilah ibadah yang patut kepada Allah.

YESAYA 19:22 TUHAN MEMALU DAN MENYEMBUHKAN MESIR
DAN TUHAN AKAN MEMALU MESIR, IA AKAN MEMALU DAN MENYEMBUHKANNYA


Mengapa dipalu? Allah itu Hakim yang adil, tidak mungkin Ia menghukum tanpa sebab. Orang tua tidak akan menghukum anaknya tanpa sebab, apalagi Tuhan.Tetapi kalau ada dosa, dan kalau tidak mau bertobat, sesudah melebihi batas waktu dan kejahatannya, maka hukuman Tuhan datang ke atasnya. Dosa Mesir sangat banyak, segala macam dosa, apalagi waktu Israel diperbudak di Mesir. Mereka membunuh setiap bayi laki-laki yang lahir, menahannya sebagai budak rodi. Sesudah itupun mereka juga pernah menyerang Israel dll. Sebab itu pada waktunya hukuman pasti datang, Allah itu adil dan tidak lupa.

Apakah setiap orang yang dipalu akan disembuhkan? Tentu tidak. Itu tergantung daripada apakah mereka bertobat! Kalau seorang bertobat, Tuhan akan menyembuhkannya, menolong dari akibat-akibat hukumannya. Misalnya Niniwe-Yunus, Ahab dsb. Sebab mereka bertobat, Tuhan menyembuhkan mereka.

Tuhan bisa menghukum, Dia juga bisa menyembuhkannya, asal bertobat sungguh-sungguh. Tetapi meskipun dosanya sudah diampuni (sudah hilang, terhapus), pemulihannya belum tentu penuh, tergantung dari banyak hal, terutama pertobatan yang sungguh-sungguh dan berapa jauh ia sudah berdosa. Untuk orang-orang beriman yang terbaik, jangan berdosa. Kalau toh sudah berdosa, bertobatlah sungguh-sungguh supaya Tuhan sungguh-sungguh menyembuhkannya. Orang berdosa, orang dunia, tidak mengerti dan tidak bisa hidup suci tetapi tahu bahwa semua dosa-dosa itu akan ada hukuman yang setimpal.

DAN MEREKA AKAN KEMBALI KEPADA TUHAN DAN IA AKAN MENDENGARKAN PERMINTAAN MEREKA DAN MENYEMBUHKAN MEREKA


Ini yang terjadi sekarang, sesudah Tuhan Yesus di salib. Segala bangsa yang mau percaya akan diselamatkan, bahkan Tuhan menyembuhkan. Tuhan akan mendengar doanya, tidak peduli bangsa manapun, Allah tidak membedakan orang Rom 2:11. Sebab itu segala orang bisa menjadi indah, mulia di hadapan Tuhan, bahkan menjadi sempurna asal mau taat akan Firman Tuhan dalam jalan salib. Meskipun mungkin seorang dari bangsa yang miskin, terkebelakang, tetapi kalau ia percaya dan taat sungguh-sungguh, ia akan menjadi indah di hadapan Tuhan. Begitu heran, kita yang dahulu bukan umat sekarang menjadi umat dan tidak dibedakan.

YESAYA 19:23 JALAN RAJA ANTARA MESIR DAN ASYUR

PADA HARI ITU, DISANA ADA SUATU JALAN RAJA DARI MESIR KE ASYUR. DAN ORANG ASYUR AKAN DATANG DI MESIR DAN ORANG MESIR KE ASYUR


Asyur itu ada sejak dalam Kejadian Kej 2:14; 10:11. Mereka yang mengalahkan kerajaan Israel 2Raj 17:6, 1Taw 5:26.

Mesir berhubungan langsung dengan Israel dari permulaan, tetapi Asyur pada akhirnya, ketika Israel (sudah pecah dari Yehuda) undur dari Tuhan maka mereka diserahkan Tuhan dalam tangan raja Asyur sehingga Israel dihancurkan dan ditawan oleh Asyur.

Di sini dua bangsa ini mewakili seluruh bangsa kafir yang kemudian percaya kepada Tuhan. Mula-mula Mesir yang bertobat dan menjadi yang pertama, lalu kemudian Asyur, ini gelombang kedua yang bertobat, sesudah ada jalan raja antara Mesir dan Asyur.

Kalau dibuat jalan raja antara keduanya mungkin melalui Israel sebab Mesir ada di Barat daya Israel dan Asyur di Timur lautnya.

Beberapa penafsir mengatakan bahwa ada golongan domba dari kandang yang lain yang sekarang belum bergabung, satu kali akan bergabung menjadi satu yaitu orang-orang yang menyembah pada Allahnya Abraham yang sama.



Yohanes 10:16 Aku mempunyai domba-domba lain, yang bukan dari kandang ini; mereka juga harus Kubawa, dan mereka akan mendengar suara-Ku, dan akan menjadi satu kawanan domba dengan satu gembala. (KJI)

Mungkin sekali mewakili orang-orang yang menyembah Allah tetapi tidak tahu Allah yang mana namun akhirnya sesudah ada jalan raya dan ada Asyur pergi ke Mesir, maka mereka juga mengenal Allah yang sudah dikenal Mesir (bayangan dari umat Kristen sekarang).

Tafsiran ini disebabkan karena kedua golongan ini menyembah Allah yang sama yaitu Allah Abraham; yang satu hanya mengenal Allah dari Abraham, tetapi yang lain Allah dari Abraham, Ishak, Yakub, tetapi itu Allah yang sama. Dahulu tidak ada jalan raja, tapi sesudah ada jalan raja, lalu ada hubungan yang erat, orang Asyur pergi ke Mesir dsb. Semua orang kafir ini, yang mula-mula tidak percaya pada Tuhan Yesus, kemudian percaya pada Tuhan Yesus dan menjadi satu kawan domba yang berasal dari kandang yang lain, sebagaidua golongan besar menjadi satu kawanan domba dengan satu gembala. Mereka selamat sebab percaya pada Tuhan Yesus seperti orang-orang Mesir yaitu orang kafir yang percaya Tuhan Yesus dan menjadi umat Tuhan. Sebab sudah pasti, tidak ada keselamatan tanpa melalui Tuhan Yesus Yoh 14:6. Patokan ini tidak bisa berubah, sebab hanya dalam Nama Tuhan Yesus Kristus ada keselamatan di seluruh bumi Kis 4:12.



Ayat ini merupakan nubuat Tuhan yang mengatakan bahwa pada bagian terakhir akan terjadi hubungan yang begitu erat dan bebas, seperti jalan raya atau jalan tolo antara orang Mesir dan orang Asyur, antara orang-orang yang menyembah Allahnya Abraham! Ini akan terjadi. Sebab itu kita patut memberitakan Injil pada siapa saja yang mau dan mungkin.

DAN ORANG-ORANG MESIR AKAN BERSAMA-SAMA MELAYANI DENGAN ORANG ASYUR


Ada sesuatu hal besar yang harus kita perhatikan. Pada waktu orang Mesir dan orang Asyur menjadi satu, maka tiba-tiba dua golongan atau dua bangsa kafir yang besar bersatu dan melayani Tuhan. Jumlah orang yang percaya dan selamat biasanya terus tambah sedikit demi sedikit di seluruh dunia (jumlah ini sebetulnya sudah besar), tetapi tiba-tiba jumlah ini akan bertambah dengan cepat sehingga jumlah orang kafir masuk iman tiba-tiba tahu-tahu datang. Ini sangat mengejutkan. Orang-orang tidak mengira, tahu-tahu terjadi Mat 24:42,44.

Sebab itu kita harus selalu berjaga-jaga, kita tidak tahu kapan kedatangan Tuhan. Kalau ini terjadi (tambahan yang sangat besar), maka saat-saat terakhir itu akan berlangsung sangat cepat. Kita akan melihat jalan raya ini akan dibangun pada akhir zaman sesuai dengan nubuatan Firman Tuhan dan Tuhan Yesus akan segera datang.

BERSAMA-SAMA MELAYANI


Di dalam Kristus, semua akan bersama-sama melayani Tuhan, tidak ada perbedaan, apakah mereka berasal dari Mesir atau dari Asyur atau dari yang lain, semua menjadi satu dalam tubuh Kristus.



Galatia 3:28 Tidak ada lagi orang Yahudi ataupun orang Yunani, tidak ada lagi hamba ataupun orang merdeka, tidak ada lagi laki-laki ataupun perempuan; sebab kamu sekalian adalah satu di dalam Kristus Yesus (KJI).

Dengan demikian semua orang dari latar belakang yang berbeda-beda, menjadi satu tubuh Kristus, dan bekerja sama dalam kasih dan kesucian Allah.

YESAYA 19:24 MESIR PERTAMA, ASYUR KEDUA, ISRAEL KETIGA

PADA HARI ITU ISRAEL AKAN MENJADI YANG KETIGA DENGAN *MESIR DAN DENGAN *ASYUR (Terj. Lama, Young: sesudah)


Ini urutan yang aneh, sebab Israel yang seharusnya nomor satu karena Abraham, tetapi sekarang menjadi yang terakhir yaitu nomer tiga.

Mengapa? Sebab Israel undur (Israel undur dahulu, lalu Yehuda juga undur) dan mereka menolak serta membunuh Mesias yang sudah datang, sebab itu Israel terbuang tetapi untuk sementara. Sementara mereka terbuang, orang kafir masuk dan inilah zaman Gereja.

Sekarang Gereja menjadi yang utama (= Mesir), bahkan mempelai Kristus itu berasal dari Gereja yang menjadi sempurna (termasuk juga orang Israel yang mau percaya pada Tuhan Yesus, sebagai pribadi yang percaya Tuhan Yesus, mereka juga termasuk Gereja, tetapi mereka selamat bukan karena turunan Abraham, tetapi karena percaya pada Tuhan Yesus Kristus seperti orang-orang kafir lainnya).  Ini yang menjadi yang utama dan Israel terakhir.

Baru sesudah ini selesai, Israel akan kembali muncul sesudah lebih dahulu disucikan dalam masa kesukaran Yakub Yer 30:7 dan akhirnya sesudah mereka terlepas dan masuk dalam zaman kerajaan Putra Daud, mereka mengalami penggenapan janji-janji Allah pada Israel yang diberikan Allah pada Abraham dan Daud.

Yang menjadi pertanyaan ialah golongan yang kedua yaitu Asyur. Kita melihat dua golongan dalam orang kafir yang bertobat yaitu Mesir dan Asyur dan sesudah percaya Tuhan Yesus, mereka semua menjadi orang Kristen, dan tidak lagi ada golongan menurut asal usul Gal 3:28, tetapi semua menjadi satu tubuh Kristus. Kalau ada dua golongan yang disebutkan dalam ayat ini, artinya bagi kita bukan lagi orang-orang dari Mesir atau Asyur, sebab itu semua sudah menjadi satu, menjadi sama dalam tubuh Kristus. Kalau ada dua golongan, itulah golongan Ruangan Suci dan Halaman. Ruangan Suci akan ikut dalam pengangkatan tetapi Halaman akan tertinggal dan masuk dalam zaman Antikris dan dibinasakan Antikris, (tetapi kalau orang-orang yang tertinggal ini tahan, mereka tetap selamat, meskipun tingkatan rohaninya tetap di Halaman Wah 11:2; 7:9-14.

Yang penting orang-orang percaya sekarang harus penuh dengan Roh Kudus dan hidup dipimpin Roh, maka ia akan tergolong orang-orang yang percaya dan ikut pengangkatan. Sebab itu kita mutlak perlu penuh dan selalu dipimpin Roh, sebab lima gadis bodoh pun tidak ikut terangkat sekalipun sudah penuh Roh Kudus, hanya lima gadis bijak yang ikut dalam pengangkatan. Tanpa minyak Roh Kudus, tidak ada yang tahan dalam dosa akhir zaman yang begitu dahsyat. Sumber-sumber yang menyala tanpa minyak, akan langsung hangus dan habis. Tetapi sumber yang penuh dengan minyak (apalagi punya hubungan langsung dengan pohon zaitun seperti dalam Zak 4:1-12), maka ia akan terus menyala, kuat, tahan, sekalipun dalam zaman Antikris (inilah dua Saksi) itu tahan menghadapi segala pencobaan, bahkan menang Wah 11:4-6.

Jangan bodoh, tetapi terus penuh dan dipimpin Roh melakukan kehendak Bapa (seperti sumbu yang penuh minyak terus menerus), maka kita akan dipersiapkan baik-baik oleh Roh Kudus untuk ikut dalam pengangkatan. Jangan menjadi golongan Halaman yang tertinggal, dahsyat. Ini orang-orang menurut daging, meskipun percaya Tuhan Yesus dan sudah dibaptis Roh Kudus, mereka tetap akan tertinggal.

(BAHKAN) MENJADI SUATU BERKAT DI TENGAH-TENGAH BUMI


Siapakah yang menjadi berkat? Ayat-ayat ini dalam konteksnya bercerita tentang Mesir dan Asyur tetapi Israel hanya diceritakan sebagai yang ketiga. Tetapi ketiganya bisa menjadi berkat bagi seluruh bumi, tetapi tetap dalam urut-urutan Mesir, Asyur dan Israel.

Gereja Tuhan yang menjadi berkat yang utama, istimewa mereka yang penuh dan dipimpin Roh. Apalagi dalam Minggu ke-70 Daniel dalam Hujan-akhir, banyak orang percaya dari mana-mana yang tulus mencari Tuhan dengan sungguh-sungguh, akan penuh dengan Roh Kudus dan menjadi berkat yang besar bagi seluruh dunia.

Memang Tuhan bisa memakai semua orang,tetapi terutama orang-orang yang penuh dan dipimpin Roh, sebab di dalam orang-orang ini Allah bisa bebas bekerja menyatakan diri-Nya dan orang-orang inilah yang bisa menjadi berkat bagi seluruh dunia. Jadi yang bisa menjadi berkat adalah Allah, yaitu Allah di dalam manusia, yaitu orang-orang yang penuh dan mau dipimpin Roh ke mana saja, di mana saja dan dalam hal apa saja. Orang yang penuh Roh Kudus dan Firman Tuhan akan menjadi berkat yang limpah bagi dunia di sekitarnya. Sebab menjadi berkat yang besar, maka seluruh bumi mendengar Injil dan jumlah orang yang percaya akan segera digenapkan, juga orang-orang yang menjadi sempurna sehingga tiga angka kedatangan Tuhan ini digenapkan dan Tuhan bisa segera datang (ingat jumlah orang Asyur yang tiba-tiba masuk dalam kandang domba, ayat 23). Bersedialah dengan penuh minyak Roh Kudus, dan hidup dipimpin Roh.

YESAYA 19:25 BERKAT TUHAN ATAS MESIR, ASYUR DAN ISRAEL
YANG AKAN DIBERKATI TUHAN BALA TENTARA


Sesudah tiga golongan ini menjadi satu, maka Tuhan memberkati mereka, sehingga Gereja menjadi ajaib, luar biasa, bahkan mengalami zaman keemasannya dan hasilnya Gereja menjadi sempurna.

Kapan ketiga golongan ini menjadi satu?

Di dalam Minggu ke-70 Daniel, Israel bertobat dan kembali pada Tuhan serta disucikan dan Mesir juga Asyur (semuanya itu adalah umat Tuhan waktu itu) akan dengan segenap hati tumbuh dalam rencana Allah babak terakhir. Ini saat Hujan-akhir, di mana ketiga Pribadi Allah bekerja bersama-sama dalam ukuran penuh Wah 12:1, sehingga Gereja tumbuh dengan cepat dan luar biasa menuju kesempurnaan dan ketiga angka kedatangan Tuhan itu digenapkan.

Gereja Tuhan akan menjadi ajaib, mengalami masa keemasan sehingga tumbuh menjadi sempurna.Seluruh Firman Tuhan terbuka, jabatan-jabatan muncul dengan lengkap untuk menyempurnakan Gereja, juga ada pelayanan orang sempurna. Kuasa Allah luar biasa sehingga mujizat limpah, semua penyakit akan disembuhkan total, bahkan yang mati bangkit sehingga tidak ada orang yang dipimpin Roh yang mati dan semuabisa ikut dalam pengangkatan 1Kor 15:51. Ini keadaan yang amat keberkatan, sebab Tuhan memberkati semuanya dengan sangat limpah sehingga menjadi zaman keemasan Gereja.

KATANYA KEBERKATANLAH MESIR UMATKU


Yang menonjol dari Mesir ini adalah sebagai umat Tuhan, padahal sebelumnya bukan umat Tuhan. Menjadi umat Tuhan itu luar biasa. Umat Tuhan yang setia, dalam hari-hari yang akan datang akan masuk dalam kemuliaan Allah dan Allah akan berdiam dengan umat-Nya Wah 21:3. Luar biasa indahnya tinggal dengan Allah untuk abadi dalam kemuliaan dan kesukaan yang kekal. (Petrus, Yakobus, Yohanes hanya sebentar saja dengan Tuhan Yesus waktu dipermuliakan, sudah begitu heran dan luar biasa, apalagi untuk selamanya dengan Pemilik Kerajaan Surga). Zaman keemasan di dunia itu bukan apa-apa dibandingkan dengan kalau Allah langsung tinggal terus dengan umat-Nya (itulah Surga) untuk selama-lamanya. Lebih indah dari tempat manapun, sebab semua akan menjadi sempurna indahnya Wah 21:4-7. Sekarang kita harus hidup betul-betul sebagai umat Tuhan dalam kesucian dan melakukan kehendak Tuhan. Bukan umat Tuhan yang  seperti Israel di padang gurun dan di Kanaan (Kerajaan Israel) yang hidup semaunya sendiri dan melakukan kehendaknya sendiri, tidak mau melakukan kehendak Allah, sebab itu mereka yang mula-mula umat, tidak lagi menjadi umat Tuhan, tetapi dibawa pergi tertawan menjadi umat iblis. Perhatikan supaya hidup kita di dunia ini betul-betul sebagai umat Tuhan yang berkenan kepada-Nya 2Kor 6:17-18.

ASYUR PEKERJAAN TANGANKU


Nyata benar bedanya antara pekerjaan tangan manusia dan tangan Allah, sebab Allah bisa berbuat segala perkara, tidak ada yang mustahil.

Kalau Allah mengerjakan hidup kita, kita bisa menjadi sempurna penuh seperti Allah, asal kita mau taat kepada-Nya. Pekerjaan tangan Allah itu ajaib tetapi dibatasi oleh penyerahan, pengertian dan ketaatan kita. Kalau kita mengerti, menyerah penuh dan taat, hasilnya akan sempurna.

Jadi ada macam-macam hasil pekerjaan tangan Allah yang heran, tergantung dari ketaatan dan pengertian manusia, mulai dari sekedar selamat karena percaya (bisa percaya itu juga pekerjaan tangan Tuhan Luk 11:20 misalnya penjahat yang di salib dan bertobat), ada yang tumbuh sampai dewasa, bahkan ada yang sampai menjadi orang yang sempurna seperti Kristus, itu semua pekerjaan tangan Allah. Di dalam semuanya patut segala puji dikembalikan pada Allah, lebih-lebih orang yang sempurna mengerti betul, bahwa semua adalah hasil pekerjaan tangan Allah Wah 4:10.

DAN ISRAEL PUSAKAKU


Biasanya kita mendapat pusaka Tuhan, itu luar biasa. Tetapi di sini ditekankan bahwa Israel adalah pusaka Allah. Mengapa terbalik? Israel menjadi pusaka Asyur? Ya, sebab Israel sudah terbuang karena dosa dan kejahatannya, tetapi sekarang Israel kembali bertobat sehingga Israel kembali selamat sekalipun sudah terbuang (tetapi orang dan generasinya lain, setiap orang yang selamat itu harus sungguh-sungguh percaya dan bertobat). Israel dipulihkan kembali dan menjadi pusaka Allah, bersama-sama dengan orang-orang kafir lainnya yang sudah menjadi umat yaitu Mesir dan Asyur. Akhirnya Israel kembali menjadi milik Tuhan dan selamat sesudah ia disucikan dan masuk dalam kerajaan Putra Daud (Kerajaan 1000 tahun).

Rencana Allah pasti jadi asal kita mau taat dan setia sampai akhir. Allah sanggup menyelamatkan kita sampai ke akhir Ibr 7:25. Jangan ragu-ragu asal kita mau menyangkal diri dan taat, lebih-lebih kalau kita makin mengerti Firman-Nya.

Tuhan tidak membedakan orang, asal mau taat, ia akan tetap selamat, menjadi umat Tuhan untuk kekal dalam tingkatan yang paling rendah sampai yang sempurna, tergantung dari ketaatan-Nya.

KESIMPULAN


Bangsa-bangsa kafir yang semula bukan umat sekarang menjadi umat yang mulia. Jangan kita sia-siakan atau meremehkan kesempatan yang besar ini. Dengan berbagai cara Tuhan mau menunjukkan dan mengingatkan kita supaya tetap setia dan taat sampai akhir, sebab kemuliaan kita itu pasti dan kekal. Setia sampai mati, terus penuh dan dipimpin Roh, jangan lengah, sebab kemuliaan yang menunggu kita amat besar dan kekal.

Nyanyian


Nanti masuk Rumah Hu (Tabernakel Glori No 235)