YS66 – Yesaya 14:4-8 Babel Roboh

YESAYA 14:4 PENINDASAN BERAKHIR

MAKA ENGKAU AKAN MENGANGKAT PERUMPAMAAN INI TERHADAP RAJA BABEL

Babel menceritakan tentang pemerintahan dunia ini yang dikuasai dan dikendalikan iblis. Dunia ini tampak kuat, kokoh dan berkuasa. Tetapi sekarang ia berakhir. Semua yang melawan Allah akan berakhir. Kerajaan dunia ini, yang penuh dengan dosa akan berakhir dalam kehancuran dan masuk Neraka! Babel pasti roboh, sebab Allah pasti menang dan ini sudah dinubuatkan Firman Tuhan Wah 16:19; 17:5.

Inilah kerajaan dunia ini, yang membuat orang-orang isinya menjadi mabuk dengan anggur persundalan Wah 14:8. Segala macam dosa ada di dalamnya Wah 18:2. Inilah sundal Babel yang besar yaitu mempelai Antikris. Jangan cinta dunia ini, yang penuh dengan segala dosa dan fana.

Orang yang cinta Tuhan, tidak mengasihi dunia ini 1Yoh 2:15-17. Bahkan orang yang tumbuh terus dan menjadi dewasa rohani, apalagi kalau hampir sempurna, sudah mati dari dunia ini dan dunia sudah mati baginya, tidak lagi menarik dan menyenangkan Gal 6:14. Seperti Paulus, hidupnya untuk Tuhan dan ia memakai dunia ini seperti orang yang tidak memakai 1Kor 7:31. Ini keadaan orang-orang yang tumbuh kepada kesempurnaan, tidak lagi terikat pada dunia ini. Kita memakai dunia ini hanya sebagai suatu fasilitas yang diperlukan sementara masih hidup dalam dunia ini. Ingat, hidup di dunia ini suatu kesempatan emas untuk tumbuh dan berbuah, tetapi jangan cinta apalagi terikat dengan dunia ini. Pakailah sekedar untuk meneruskan hidup, bukan sebagai tujuan, tetapi lakukan kehendak Allah selagi hidup dengan segenap hati, yaitu hidup bagi Kristus Flp 1:21.

DAN BERKATA: “BAGAIMANA SI PENINDAS ITU BISA BERAKHIR”

Babel itu penindas yang kejam. Semua orang diinjak-injak dan ditindas oleh Babel dengan dahsyat sampai mati dalam dosa. Tidak ada yang terlepas dari penindasan Babel, dan semua mati dalam penindasannya kecuali Kristus membebaskannya Kol 1:13. Kita masih hidup dalam dunia tetapi kita bukan dari dunia ini Yoh 15:18-19. Memang di dunia ini kita mengalami banyak sengsara, sebab daging yang ingin dan cinta dunia ini harus terus menerus dimatikan.

Hidup dalam dunia ini jalan sempit, sakit bagi daging tetapi dengan demikian roh kita tumbuh seperti Kristus, sengsara bagi daging, tetapi sukacita dalam Roh. Kalau kita hidup di atas Mezbah, di jalan sempit maka kita pasti menang melawan dunia ini, sebab Tuhan sudah mengalahkan dunia ini Yoh 16:33.

Jangan kita diperbudak oleh dunia ini, jangan ada percintaan akan dunia ini, tetapi cintai Tuhan dan merdeka dari dunia, lepas, bebas, sekarang, sampai mati, sampai Tuhan datang dan selama-lamanya.

Dunia akan berakhir, secara pribadi dan secara umum.

Secara pribadi dunia berakhir sementara, waktu kita lahir baru, kita sudah keluar dari dunia ini Kol 1:13 dan bagi orang yang setia sampai mati, dunia berakhir sepenuhnya waktu mati, kita lepas dan terus ada dengan Tuhan sampai selama-lamanya Wah 14:13.

Secara umum dunia akan berakhir waktu perang Harmagedon, semua dimusnahkan dan dipulihkan kembali dalam kerajaan 1000 tahun Kis 3:21.

DAN KOTA EMAS ITU JUGA BERAKHIR

Dunia ini kota emas yang fana dan akan berakhir, habis dalam Neraka. Tetapi Surga, Yerusalem baru itu kota emas yang kekal, bukan emas dunia yang fana dan tidak ada harganya ini (sekalipun sekarang masih berharga), tetapi emas kemuliaan ilahi itulah yang betul-betul sangat mulia dan kekal. Kita akan tinggal dalam kota emas ilahi yang begitu indah untuk abadi. Jangan tertipu atau terjerat dalam kota emas yang fana ini, semua ini akan berakhir. Memang daya tarik emas dunia ini sangat menggiurkan (yaitu emas, uang, kemuliaan, kesukaan, kemewahan dll kesukaan yang berdosa ini Ibr 11:25), tetapi jangan kita terpengaruh. Pandanglah kesukaan yang kekal.

Yakub, Yusuf yang tinggal di Mesir yang mewah dan heran, tetapi meskipun begitu, mereka tidak mau dikubur di Mesir. Yusuf bisa minta satu piramid untuk bapak dan dirinya, tetapi ia minta dengan sumpah, supaya ia dikubur di Kanaan yang tidak tentu tempat dan keindahannya (bagi kita ini arti rohani!). Kanaan dibandingkan dengan Mesir waktu itu seperti bumi dan langit. Kanaan itu padang yang tidak ada keindahan dan harganya. Tetapi mengapa Yakub dan Yusuf minta di Kanaan? Sebab mereka bisa melihat kemuliaan negeri perjanjian (bagi kita negeri Surgawi) yang akan datang, itu begitu mulia. Sebab itu baik Yakub dan Yusuf minta dengan sumpah supaya mereka tidak dikubur di Mesir, tetapi dibawa ke Kanaan Kej 47:29-31; 50:24-25. Juga Abraham bisa melihat negeri yang mulia dan kekal itu Ibr 11:16, dan tidak merasa rugi sekalipun tidak dapat negeri yang di dunia ini meskipun hanya selebar tapak kaki Kis 7:5. Juga Musa memilih untuk meninggalkan istana Mesir karena bisa melihat kemuliaan kota emas yang kekal Ibr 11:25-27. Jangan tergiur dan tertipu oleh kota emas yang fana ini.

YESAYA 14:5 TUHAN YANG MENENTUKAN SEMUANYA

TUHAN YANG MEMATAHKAN TONGKAT DARI ORANG JAHAT ITU

Semua ditentukan oleh Tuhan, sebab Dia maha kuasa. Bukan dunia atau iblis yang menentukan akhirnya, tetapi Allah yang maha kuasa. Jangan ragu-ragu, percaya dan setialah kepada Tuhan yang mencintai kita.

Tongkat roti dan batang air dari Tuhan sanggup memelihara kita untuk segala keperluan kita di dunia, jangan kuatir sama sekali. Percayalah, Tuhan sanggup memelihara dan mencukupi segala kebutuhan kita lahir batin. Tapi tongkat roti dunia ini akan dipatahkan; orang-orang akan bingung dan gelisah, tetapi bagi umat Tuhan, tetap ada tongkat roti dan batang air dari Tuhan meskipun dalam keadaan yang sangat parah, Dia sanggup. Ada banyak janji Tuhan untuk melengkapi kita seperti dalam Matius 6:33, juga pada masa-masa kesukaran akhir zaman, Dia sanggup mencukupi bahkan dengan limpah.

DAN TONGKAT KERAJAAN PARA PEMERINTAH

Semua tongkat pemerintah yang manapun akan dipatahkan. Baik pemerintah Babel (mempelai Antikris) dan Antikris dan iblispun, semua akan dipatahkan. Dalam zaman Antikris, ia memerintah bersama-sama iblis dengan mutlak di atas dunia global, semua yang melawannya dibunuh habis. Ia sangat berkuasa dalam seluruh dunia, tetapi semua dipatahkan Tuhan. Jangan khawatir, mulai sekarang dan sampai selama-lamanya Allah tetap berkuasa.

Kalau musuh berkuasa atas umat-Nya, itu semua ada perhitungan dari Tuhan, Tuhan tidak pernah salah. Dalam zaman hakim-hakim dan raja-raja Israel, kalau Israel setia, taat pada Tuhan, musuhyang manapun tidak bisa mengalahkan mereka. Tetapi kalau Israel berdosa, kota Ai yang kecilpun tidak bisa dikalahkan. Kalau musuh tetap berkuasa dan bercokol dengan segala rencana-rencananya yang dahsyat bagi kita, itu semua ada sebabnya yaitu:

1.      Karena dosa kita

2.      Karena dipakai Tuhan untuk pengolahan bagi kita. Dua keadaan ini bisa berjalan bersama-sama bagi umat Tuhan, tergantung dari keadaan masing-masing umat Tuhan. Bagi yang berdosa itu menjadi hajaran atau hukuman, bagi yang di pihak Allah itu menjadi pengolahan.

Saul tetap jaya biarpun jahat, itu berarti pengolahan untuk Daud belum selesai. Jangan kuatir nyawa, pelayanan, harta dan apa saja yang ada pada kita, sekalipun terancam, jangan takut. Kalau kita sudah lulus pengolahan, semua itu akan berlalu. Saul akan lalu dengan sendirinya sesudah Daud lulus dalam semua pengolahannya. Sebab itu waktu Daud lari ke luar negeri, sebab terus ditekan oleh Saul 1Sam 27:1 itu tindakan Daud yang salah, tetapi ia dipanggil pulang oleh Tuhan. Jangan kuatir, kalau kita di pihak Tuhan, hidup benar, satu rambutpun dihitung Tuhan Mat 10:30.

YESAYA 14:6 DIPUKUL ALLAH TERUS MENERUS

IA MEMUKUL DALAM MURKA

Hajaran Tuhan sebagai Bapa terhadap anak itu bukan dalam murka tetapi di dalam kasih Ibr 12:6. Sebab itu jangan syak atau tawar hati, jangan meragukan kasih Allah. Anak terhilang yang begitu jahat masih dicintai. Elisa waktu mau mati masih melayani dan memberkati raja Yoas yang jahat 2Raj 13:10,11,14. Kasih Allah sangat besar dan tetap setia 2Tim 2:13.

Juga Ahab yang terlalu jahat, masih dicintai Tuhan; Sebab itu waktu dihajar, jangan ragu-ragu akan kasih Allah tetapi bertobatlah, pasti semua akan berubah menjadi baik kalau bertobat seperti Yunus. Jadi kalau ada dosa, apa dan bagaimana saja keadaannya, jangan pusing, satu langkah atau pilihan yang perlu yakin bertobat, tidak ada pilihan lain!

Tetapi kalau Allah memukul dengan murka, wai! Heran, orang-orang kafir yang jahat seperti Niniwe, Nebukadnezar masih diampuni kalau bertobat, tetapi disini Babel sudah tidak mau bertobat dan Allah murka. Kalau kita sudah tahu bahwa Allah murka dan orangnya tidak mau bertobat lagi, lebih-lebih dosa yang membawa mati, tidak perlu membuang-buang waktu melayani orang seperti ini 1Yoh 5:16 kecuali disuruh Tuhan untuk memastikan hukumannya atau demi kepentingan orang lain.

DENGAN PUKULAN TERUS MENERUS

Kalau Tuhan marah, maka pukulan Tuhan itu terus menerus seperti waktu bala Mesir, 10 bala datang beruntun-runtun. Juga pada akhir zaman dalam Minggu ke-70 Daniel. Ada bala, baik Meterai, Sangkakala dan Bokor berturut-turut masing-masing 7 macam hampir berbarengan. Orang-orang yang tidak mau bertobat sampai habis waktunya, akan dibinasakan total. Tetapi bagaimanapun (pada waktu bala Mesir) di antara orang Mesir dan orang dunia yang kena (dalam Minggu ke-70 Daniel), yang mau bertobat selagi hidup, masih bisa diterima Tuhan, meskipun ada syarat-syaratnya, sebab Ia baik bagi orang yang mau bertobat seperti Niniwe dan Nebukadnezar.

Kalau pukulan seperti ini siapa bisa lari melepaskan dirinya? Siapa bisa mengalahkan Tuhan? Tidak ada! Sebab itu bertobatlah kalau dihajar, jangan tunggu dihukum dalam murka Allah.

Ia yang memerintah bangsa-bangsa dalam kemarahan, dianiaya dan tidak ada seorangpun yang bisa menghentikannya. Dahulu Babel dll kalau menindas, apalagi dengan marah seperti orang Mesir, begitu kejam sampai orang Israel berseru-seru kepada Tuhan Kel 3:7. Begitu jahat dan kejam sampai mereka membantai anak-anaknya seenaknya atau dilempar ke sungai Nil. Begitu jugadunia akhir zaman sangat kejam pada Israel rohani, kalau tidak dengan pertolongan Tuhan begitu banyak orang yang gugur apalagi kanak-kanak rohani banyak yang jatuh dalam dosa yang keji-keji dan binasa.

Pada akhir zaman, lebih-lebih waktu iblis dilempar dari Surga, ia akan sangat kejam dan banyak kejatuhan yang dahsyat-dahsyat. Jangan takut, kalau kita merebut kembali dan perang dengan iblis yang kalap dan marah, kita tetap menang sebab Allah yang ada dalam kita lebih besar dari dia 1Yoh 4:4.

Tetapi sesudah ini Babel dihukum dengan dahsyat, istimewa dalam zaman Antikris, dengan 7 bokor Allah dan 3 Meterai, 3 Sangkakala, tanpa ada yang bisa mencegah atau menekannya. Sesuai dengan batas waktu yang diberikan Allah pada iblis dan Antikris, mereka dibinasakan, dianiaya dahsyat dan akhirnya tetap kalah dan habis.

YESAYA 14:7 BUMI DIPULIHKAN

SELURUH BUMI DALAM TENTERAM DAN SENYAP, MEREKA TIBA-TIBA BERUBAH BERNYANYI-NYANYI

Pada waktu Tuhan Yesus datang kedua kalinya, semua dikalahkan Wah 19:20-21. Dunia menjadi sunyi senyap sebab semua sekaligus dikalahkan oleh Kristus yang datang dengan tentara Surga. Keadaan tiba-tiba berubah sebab iblis dan tentaranya ditangkap dan dipenjara dalam lubang tanpa alas, Antikris dan nabi palsu dilempar dalam Tasik Api dan semua pengikutnya dibunuh mati sekaligus dalam sesaat. Dunia yang ramai dengan segala kenajisan dosa tiba-tiba berhenti dan menjadi tenteram dan sunyi. Keadaan tiba-tiba berubah dihiruk pikuk dosa dan kejahatan jadi tenteram. Kalau semua dipulihkan oleh Tuhan, orang-orang ditertibkan, ada masa peralihan yaitu 45 hari Dan 12:12 lalu bumi tiba-tiba berubah menjadi penuh dengan nyanyian dari orang-orang yang masih hidup (144.000 dan orang kafir) serta umat Tuhan yang turun beserta Kristus, dengan sukacita sesudah perang Harmagedon. Tiba-tiba bumi dan dunia berubah, menjadi sunyi senyap lalu berubah menjadi begitu indah penuh dengan sukacita dan kemuliaan Kristus.

Kerajaan 1000 itu lebih indah dari Eden. Semua jadi hidup kembali, juga dunia benda, binatang, tumbuh-tumbuhan semua hidup kembali dalam hadirat Tuhan Yesus yang memerintah dalam kerajaan 1000 tahun itu.

YESAYA 14:8 SUKACITA POHON SANOBAR DAN POHON ARASY

YA, POHON SANOBAR BERSUKACITA KARENA KAMU

Yang berguna dari pohon Sanobar adalah kayunya. Apa guna kayu Sanobar ini?

1.      Semua alat puji-pujian yang dipakai Daud itu dari kayu Sanobar.

2.      Bait Allah juga dibuat dari Arasy dan Sanobar 1Raj 6:15,34. Kayu ini kuat bisa untuk kapal Yez 27:5. Jadi kayu Sanobar ini menceritakan tentang orang-orang yang dipakai Tuhan dalam bait Allah dan memuji-muji Tuhan. Puji-pujian adalah salah satu hal penting dan merupakan salah satu bagian dari hidup rohani yang sempurna. Sebab orang-orang rohani itu penuh dengan puji-pujian, istimewa di dalam Roh dan Allah ada di atasnya Maz 22:4. Orang yang bisa menyembah Allah dalam Roh dan kebenaran serta memuji-muji-Nya itu seperti perukupan yang dibawa masuk dalam Ruangan Maha Suci Ibr 9:4. Ini adalah salah satu yang diukur Allah sehingga bisa tumbuh dalam kesempurnaan. Sebab itu kita harus menjadi bagian dari rumah Allah yang suci dan limpah dengan puji-pujian yang berkenan kepada Allah, dengan musik hati Ef 5:19 dalam pengurapan Roh Kudus. Kita harus belajar bisa memuji Tuhan dengan betul, bukan dengan keindahan seni suara, suara yang bagus dan musik yang merdu (bisa dipakai untuk memberi nyanyian hiburan rohani, baik, indah) tetapi yang berkenan kepada Allah adalah nyanyian yang keluar dari hati yang benar, yang berkenan kepada Tuhan. Jangan berhenti menyanyi atau memuji-muji Tuhan hanya karena suara dan musik yang kurang baik, itu hanya merdu dalam telinga manusia, tetapi belum tentu merdu dalam telinga Allah, yang melihat hati lebih dari suara dan musik. Tuhan turun dalam nyanyian yang keluar dari hati, lebih-lebih dengan musik hati yaitu gairah dari Roh Kudus Ef 5:19, sehingga kuasa Tuhan turun dan bekerja seperti Kis 16:25. Pelayanan musik dan nyanyi yang merdu itu merdu untuk telinga manusia, tetapi tanpa diurapi, penyertaan Tuhan, tidak bisa menjamah hati. Kalau diurapi Tuhan itu menjadi indah. Tetapi nyanyilah dengan segenap hati dan dengan gairah Roh Kudus, itulah arti pohon Sanobar yang limpah dalam umat Tuhan yagn benar, juga dalam kerajaan 1000 tahun dan di mana-mana saja.

POHON ARASY LIBANON BERKATA: SEJAK ENGKAU ROBOH, TIDAK ADA SEORANGPUN YANG DATANG MELAWAN KAMU

Pohon Arasy itu gambaran orang benar (pohon kurma itu terkenal buahny, pohon Arasy kayunya). Ini keadaan dalam kerajaan 1000 tahun, orang benar-benar tidak ada musuhnya sebab semua dihancurkan oleh tongkat besi. Tetapi sekarang orang-orang benar mendapat banyak perlawanan dan sengsara. Memang hidup di dunia untuk orang-orang benar, umat Tuhan itu ada banyak sengsara, tetapi Tuhan izinkan untuk pengolahan Ibr 2:10. Jangan kecil hati, tetapi kita harus lulus dalam pengolahan ini maka mutu kita meningkat, makin seperti Kristus, juga buah-buah kita akan makin banyak! Jangan berkecil hati, maju terus, sebab salib itu justru menumbuhkan kita. Di dalam kerajaan 1000 tahun hampir-hampir tidak ada salib dari luar, tetap ada salib di dalam, yaitu harus mematikan daging supaya tetap benar. Kita menikmati sekolah yang terbaik yaitu dunia, apalagi pada akhir zaman, bersukacitalah Mat 5:10-12.

KESIMPULAN

Yesaya 14:4 Penindasan berakhir. Jangan ditindas oleh Babel sekalipun sekarang masih jaya. Hidup merdeka dalam Tuhan, tumbuh dan berbuah-buah. Satu kali penindas itu berhenti dan kita sudah selesai diolah dan boleh masuk kota emas yang kekal bukan Babel, kota emas yang palsu.

Yesaya 14:5 Tongkat orang jahat dan pemerintahnya dipatahkan Tuhan. Jangan takut asal kita hidup di pihak Tuhan. Penindas masih jaya terhadap kita sebab ada maksud bagi kita, sampai kita lulus dengan baik.

Yesaya 14:6 Dipukul Allah terus menerus. Bedakan antara hajaran karena cinta Bapa dan pukulan bagi orang yang melawan. Siapa bisa mencegah Allah? Bertobatlah!

Yesaya 14:7 Bumi berubah penuh nyanyian. Nubuatan Allah pasti jadi.

Yesaya 14:8. Sanobar dan Arasy bersukacita. Ini orang-orang yang sudah lulus, seperti Sanobar dan Arasy, hidup benar dan penuh puji-pujian dan penyembahan yang betul indah di hadapan Tuhan dalam segala zaman.