Stand 1: Mengapa Perlu Pendidikan Anak?

Stand 1 PeNa

Stand 1: Mengapa Perlu Pendidikan Anak?

http://youtu.be/TbkSDU8da6s

2 Tim 1:5 Sebab aku teringat akan imanmu yang tulus ikhlas, yaitu iman yang pertama-tama hidup di dalam nenekmu Lois dan di dalam ibumu Eunike dan yang aku yakin hidup juga di dalam dirimu.

l. Apa itu PENA (Pendidikan Anak)

PENA yang akan diterangkan disini adalah pendidikan anak yang berdasarkan Firman Tuhan atau Alkitabiah.

Orangtua mempunyai kesempatan yang besar untuk menulisi hati anak-anaknya yang masih subur, bukan dengan tinta, tetapi dengan Firman Tuhan dan pengurapan Roh Kudus 2Kor 3:3, yaitu menanamkan iman dalam hati anak-anaknya dan itu menyelamatkannya. Kehendak orangtua bisa ditulis dalam hati anak-anaknya sewaktu masih kecil, waktu hatinya masih subur dan ini akan banyak menentukan anak itu menjadi baik atau menjadi jahat.

ll. Maksud utama PENA

  1. Supaya selamat masuk Surga. 2Tim 1:5.
    Maksud utama Pena supaya selamat masuk Surga, perkara-perkara    jasmani itu nomor dua, yang harus diutamakan adalah yang rohani yaitu mencari kerajaan Surga dan Tuhan berjanji bahwa semua yang lain, termasuk kebutuhan-kebutuhan jasmani akan ditambahkan kepada kita Mat 6:33.
  2. Tumbuh semulia mungkin.
    Orangtua wajib berusaha mendidik anak-anaknya supaya bisa tumbuh semulia mungkin di Surga. Kalau ini dikerjakan, maka juga di dunia, anak ini akan disertai Tuhan dan itu indah Luk 2:52, punya kesaksian hidup yang baik dan limpah dengan fasilitas jasmani, tetapi bukan ini tujuan utamanya, sebab tujuan utamanya adalah selamat dan mulia di Surga Mat 16:26.

lll. Mengapa kita perlu mendidik anak-anak kita?

Dilihat dari segi:

  • Anak
  • Orang tua
  • Sikon

A. Anak Perlu PENA sebab:

  1. Tidak otomatis
    Anak orang rohani, tidak otomatis jadi rohani seperti orang tuanya, perlu dididik supaya jadi rohani. Daud yang rohani, ada anaknya yaitu Absalom, yang menjadi jahat dan rusak. Imam Eli yang rohani, anaknya Hofni dan Pinehas, begitu  jahat di hadapan Tuhan. Tetapi anak-anak orang beriman punya janji khusus, yaitu Kis 16:31 Percayalah kepada Tuhan Yesus Kristus dan engkau akan selamat, engkau dan seisi rumahmu”, meskipun tidak otomatis, kalau mau mengusahakan dengan tekun maka seluruh isi rumah akan selamat kekal.
  2. Tidak bisa bedakan baik dan jahat
    Anak-anak belum bisa membedakan mana yang baik dan mana yang jahat menurut Firman Tuhan Ibr 5:13-14, sebab itu mereka perlu dididik dan diajarkan kebenaran-kebenaran dari FT Yoh 17:17, sehingga mereka bisa membedakan dan memilih yang benar menurut Firman Tuhan.
  3. Lahir dalam dosa.
    Meskipun sudah percaya (diselamatkan dalam orang tuanya 1Kor 7:14), iman harus dipelihara, sebab: (a) Ia masih hidup dalam tubuh dosa (daging) yang menarik ke dalam dosa Rom 7:18, semua manusia condong kepada dosa Yoh 3:19. Jadi anak-anak harus ditolong untuk mau terus mematikan tabiat daging, yaitu hidup lama dan memakai hidup baru, sebab itu perlu pikul salib sejak kecil Rat 3:27. (b) Ada Iblis yang hendak merusak rohaninya sampai binasa Yoh 10:10. (c) Dunia dan pergaulannya banyak mempengaruhi, sebab itu didik baik-baik supaya mau dan bisa jadi rohani
  4. Untuk masa depan.
    Anak-anak yang sejak kecil dididik dengan kebenaran Firman Tuhan akan memiliki masa depan yang indah bersama Tuhan Yesus Ams 23:18. Sebab itu orangtua harus mengisi dan menaburi anak2nya dengan benih-benih Firman Tuhan Luk 8:11 sejak lahir 2Tim 3:15, untuk bisa kuat menghadapi tantangan yang lebih berat di akhir zaman.

B. Orangtua perlu mendidik anak-anak menurut FT, sebab :

  1. Tanggung jawab orang tua.
    Tuhan memberi kepada orangtua tanggung jawab untuk mendidik anak-anak Ams 29:17, sebab itu orangtua harus lahir baru dan mengerti kebenaran Firman Tuhan supaya tidak salah mendidik anaknya Mar 12:24. Dalam mendidik anak jangan memakai kekuatan sendiri, hasilnya terbatas, tetapi dengan doa, Firman Tuhan, dan pertolongan kuasa Roh Kudus.
  2. Lalai.
    Banyak orangtua yang lalai dan tidak mendidik anak-anaknya dengan baik, mereka seringkali sibuk dengan pekerjaannya sehingga tidak punya waktu untuk mendidik anaknya. Kalau orangtua lalai mendidik anaknya maka setan yang tidak pernah lalai dan tidak pernah lelah akan menaburi dengan lalang Mat 13:25 dan mendidiknya dengan segala cara, misalnya dengan per-gaulan yang jahat 1Kor15:33, buku-buku, TV, film, game , internet, lagu dunia dll, sehingga  sempurna dalam dosa dan menjadi seperti iblis.
  3. Tidak mengerti.
    Beberapa orang sudah mendidik anak-anaknya, tetapi hanya secara sekuler dan itu tidak cukup, itu hanya menghasilkan orang baik cara manusiawi, kalau tidak ada iman, tidak akan selamat Mat 16:26.
  4. Prinsip-prinsip berkebun.
    PENA (Pendidikan Anak) itu seperti berkebun, bayi dan kanak-kanak adalah tanah yang subur, apa saja yang ditaburkan akan tumbuh dengan subur.

    4.1. Tabur menuai.
    Pena masa kanak-kanak adalah kesempatan emas orangtua untuk menabur dalam anaknya.  Sebab itu taburi dengan kebenaran Firman Tuhan maka akan menuai anak-anak yang hidup berkenan dan tidak menyim-pang dari jalan Tuhan Ams 22:6. Kalau kesempatan ini tidak dipakai oleh orangtua, setan akan menabur hal-hal yang jahat, maka anak tersebut menjadi jahat dan rusak rohaninya sehingga satu kali kelak akan menjadi telaga kesukaran bagi orangtuanya Ams 19:13 TL.

    4.2. Yang ditabur itu yang dituai.
    Gal 6:7 jangan sesat! Allah tidak membiarkan diri-Nya dipermainkan. Karena apa yang ditabur orang, itu juga yang akan dituainya. Jadi orangtua harus:

    (A) Menabur benih Firman Tuhan
    Mengajarkan prinsip-prinsip kebenaran Firman Tuhan supaya benih Firman Tuhan itu bisa tumbuh Luk 8:11 dan sifat-sifat Kristus yang baru bisa semakin nyata dalam pertumbuhan rohani anak-anaknya.
    (B)
    Memperbaiki yang salah.
    Orangtua harus segera menunjukkan pada anak, mana-mana yang salah dalam terang Firman Tuhan, dan bagaimana membetulkannya dengan pimpinan dan kuasa Roh Kudus.

  5. Tekun.
    PENA perlu ketekunan Ul 6:7,bukan instan tapi perlu waktu, tidak mungkin selesai dalam satu bulan atau satu tahun, seperti orang yang menyusun batu bata, satu persatu dengan tekun sampai selesai, sehingga menghasilkan satu bangunan yang kuat dan indah.
  6. Tidak mampu.
    Jangan kecil hati, percayalah dengan Tuhan pasti bisa, sebab mendidik anak adalah kehendak Tuhan Ams 29:17.

C. Sikon

  1. Tantangan akhir zaman.
    Tantangan anak-anak di akhir zaman ini jauh lebih berat dari zaman dulu, sebab keadaan dunia sudah berubah 2Tim 3:1-4. Sebab itu anak-anak tidak cukup hanya diberi susu tapi perlu diberi makanan keras Ibr 5:13-14, yaitu pengertian Firman Tuhan yang dalam-dalam, supaya kuat dan tumbuh dalam sikon akhir zaman yang jahat itu.
  2. Iblis pembunuh.
    Iblis selalu berusaha tanpa lelah untuk menipu, membunuh dan membinasakan Yoh 10:10 dengan segala tipu dayanya untuk menjatuhkan. Tanpa dididik baik-baik dalam Kristus, anak-anak akan disesatkan dan dibinasakan oleh iblis dan kaki tangannya.

IV. Apa saja yang harus diajarkan?

Ada 30 pokok pendidikan anak yang Alkitabiah yang bisa kita pelajari dan kita terapkan dalam mendidik anak-anak, yaitu:

  1. Mengapa perlu Pendidikan Anak → supaya selamat masuk Surga
  2. Target Pendididkan Anak → jadi seperti Tuhan Yesus
  3. Pembagian umur → sebab kebutuhan anak2 berbeda, sesuai umur, yaitu:
  4. Pre Natal, Bayi dan balita → ini masa subur untuk pendidikan
  5. Masa kanak-kanak → pengaruh dunia luar mulai masuk harus diperhatikan
  6. Masa remaja → orang tua perlu memperhatikan dan membantu masa perubahan yang besar ini
  7. Masa muda → disiapkan untuk terjun dalam masyarakat
  8. Peran orangtua dalam PENA → seharusnya paling besar
  9. Peran orang lain dalam PENA → jangan sampai merugikan
  10. Pendidikan Anak sekuler → tidak cukup untuk masuk Surga
  11. Metode pendidikan anak → mengubah jadi baru, bukan menambal baju lama
  12. Kurikulum pendidikan anak → ada 3 macam
  13. Character building I → prinsip-prinsip mendapat tabiat yang baru
  14. Character building ll → rincian tabiat yang baru
  15. Menghormati orang tua → secara Alkitabiah
  16. Pendidikan hidup nikah → pendidikan seks Alkitabiah yang diarahkan ke dalam pernikahan
  17. Game dll → pengaruhnya dalam hidup anak-anak
  18. Tantangan akhir zaman → anak-anak harus dipersiapkan, kalau tidak, mudah jatuh dalam dosa dan tertinggal
  19. Salah didik, tidak dididik → kesempatan itu habis karena salah didik
  20. Manja → membuat anak jadi kurang ajar
  21. Kenakalan anak → bagaimana mengatasinya
  22. Menghajar anak → dengan betul supaya jangan sampai membuat cacat atau merusakan imannya
  23. Peran Gereja → dalam pendidikan anak
  24. Peran Sekolah Minggu dan kebaktian Kaum Muda → punya andil yang penting
  25. Peran sekolah sekuler → harus tahu untung ruginya, istimewa bagi imannya
  26. PENA dalam asrama, panti, sekolah luar negeri → apa kerugiannya dan bahayanya
  27. Single parent child → bagaimana bisa mendidik dengan betul
  28. Broken home, krisis keluarga → mengatasi akibatnya
  29. Kesehatan anak → tidak boleh dilupakan
  30. Kelainan-kelainan idiot, autis, jenius, dll → bagaimana menanganinya

V. Kesimpulan

  1. Perlu PENA
    Sebab anak-anak orang beriman tidak otomatis jadi orang beriman, tetapi ada janji Tuhan kalau diusahakan akan selamat, dan sesudahnya, imannya tetap harus dipelihara terus supaya tetap tumbuh setinggi mungkin dalam kemuliaan Sorga, ini yang kekal.
  2. Kalau tidak melakukan PENA maka:
    (a) Menderita seperti Daud
    (b) Dihukum Tuhan seperti Imam Eli
    (c) Kehilangan anak jasmani dan rohani dalam neraka kekal
  3. PENA jangan memakai kekuatan sendiri, sebab itu terbatas, tetapi dengan Doa, Firman Tuhan, pertolongan kuasa Roh Kudus  dan persekutuan tubuh Kristus. Hasilnya akan jauh lebih indah sampai kekal.

Selanjutnya:

Stand 2: Target Pendidikan Anak