M3472 – Persekutuan Tubuh Kristus Lokal & Global (9 Okt 2011)

Yohanes 17:23

Aku di dalam mereka, dan Engkau di dalam Aku, supaya mereka disempurnakan di dalam satu persekutuan, dan supaya dunia ini mengetahui bahwa Engkau telah mengutus Aku, dan mengasihi mereka sebagaimana Engkau mengasihi Aku. (KJI)


Hari-hari ini, di mana-mana di seluruh dunia, di seluruh dunia, diantara orang beriman ada suatu kerinduan dan dorongan untuk ingin bersatu, baik karena tekanan dari luar, istimewa karena ada dorongan Roh Kudus sesuai dengan Firman Tuhan dalam Yoh 17:23. Ini adalah tanda-tanda akhir zaman yang menunjukkan menjelang kedatangan Tuhan, sebab baru sesudah umat Tuhan bisa bersekutu di dalam Kristus, maka Gereja akan masuk dalam kesempurnaan dan Tuhan datang. Sebab itu dorongan ini harus kita tanggapi dengan benar sesuai dengan Firman Tuhan, mulai dari bawah sampai atas.

I. PERSEKUTUAN TUBUH KRISTUS LOKAL.

Markus 3:25

Dan jika suatu rumah terpecah-pecah, berlawanan sama sendirinya, rumah itu tidak dapat berdiri (KJI)

1 Korintus 1:10

Sekarang saya minta kepadamu, Saudara-saudara, dengan nama Tuhan kita Yesus Kristus, supaya kamu semua berbicara yang sama dan jangan ada perpecahan di antara kamu, melainkan supaya kamu bersatu dengan sempurnanya di dalam satu pikiran dan satu pendapat. (KJI)

Pilipi 2:1-2

Karena itu, jika ada nasihat di dalam Kristus, jika ada penghiburan kasih, jika ada persekutuan roh, jika ada kasih sayang dan belas kasihan, kamu genapkan kesukaan saya, supaya kamu memikirkan hal yang sama, memiliki kasih yang sama, menjadi satu hati dan satu pikiran. (KJI)

Dalam persekutuan tubuh Kristus lokal, kita harus bisa betul-betul sehati, sejiwa dan sepikir di dalam Kristus, mulai dari bawah ke atas, mulai dari suami isteri, keluarga, Persekutuan Sel, Gereja lokal, Sinode, sekota, senegeri dan global.

Dalam Gereja lokal atau Sinode, istimewa dalam pengajaran perlu sehati; kalau ada pendapat lain yang muncul atau masuk, perlu dibicarakan bersama-sama dalam terang Firman Tuhan dan Roh Kudus.  Dalam hal-hal praktis karena sikon, bukan hal-hal pokok, masih boleh ada perbedaan-perbedaan untuk mengatasi problem-problem sikon setempat. (Dalam pelajaran tentang “pelajaran sesat”, perbedaan tingkat V, ini wajar tetapi jangan berbeda dalam tingkat-tingkat yang lebih tinggi. Persekutuan tubuh Kristus yang betul, sehati dan sepikir, itu perlu supaya Gereja menjadi seperti satu orang Ezr 3:1 sehingga di dalam Kristus kekuatannya berlipat-lipat kali ganda Im 26:8 dan berbuah lebat sekaligus tumbuh.

Kerukunan antar agama dan intern masing-masing.

Adalah hak asazi manusia untuk memilih agamanya. Setiap agama itu berbeda satu sama lain, meskipun tujuannya sama, kata orang: ada banyak jalan ke Roma. Sekalipun berbeda, jangan mencela, menyalahkan apalagi menghina. Kita boleh bersaksi tentang apa yang kita yakini kalau mereka mau mendengar tanpa paksaan dan lain-lain.

Di dalam umat Kristen meskipun ada banyak perbedaan, tetapi ada hal-hal yang sama yang bisa mempersatukan umat Tuhan. Semua sama-sama mengakui dan menyebut nama Tuhan Yesus, meskipun cara mereka beribadah dan menerapkan keyakinannya itu berbeda-beda. Sama seperti semua agama mempunyai bentuk kepercayaannya sendiri, juga dalam keKristenan ada perbedaan-perbedaan yang besar, tetapi ada satu persamaan utama yaitu semua yakin akan:

1. Trinitas Allah yaitu kita mempunyai Allah yang Esa (satu) tetapi di dalamnya ada tiga Pribadi yaitu Bapa, Putra dan Roh Kudus dan Tuhan Yesus itulah Allah yang menjelma menjadi manusia selama kurang lebih 33,5 tahun. (Allah penuh, juga manusia penuh).

2. Alkitab adalah Firman Allah yang diilhamkan Roh Kudus lewat seorang hambaNya untuk umat Tuhan. Ada perbedaan besar antara Katolik dan Prostestan yaitu untuk katolik selain Alkitab ada Apokripa dan beberapa keputusan atau peraturan-peraturan lain misalnya dari Paus. (yang dianggap setara dengan Alkitab).

Gereja-gereja Protestan termasuk aliran Pentakosta percaya dasar Kekristenan adalah hanya oleh iman, hanya oleh anugerah dan hanya Alkitab. Semua sungguh-sungguh yakin dan mengakui nama Tuhan Yesus tetapi masing-masing harus mempertanggung jawabkan iman dan hidupnya, sebab tidak semua orang yang berseru-seru Tuhan akan masuk Surga Mat 7:21.

Meskipun berbeda kita jangan bertengkar, sebab masing-masing bertanggungjawab untuk pengertian dan tafsirannya masing-masing. Dengan kasih masing-masing bisa membagi-bagi pengertian dan tafsiran masing-masing. Jangan saling menyalahkan sebab masing-masing mempunyai pendapat atau pendirian sendiri. Bahkan dalam satu aliranpun masih ada beberapa banyak perbedaan tetapi seringkali dengan saling sharing (dalam satu aliran), sebagian perbedaan bisa hilang dan menjadi sama. Kalau seorang dengan tulus dan rendah hati percaya pada Tuhan Yesus, Roh Kudus pasti sanggup membawanya kepada segala kebenaran Yoh 16:13.

Masing-masing yakin pengertian dan tafsirannya yang betul, itu hak masing-masing, sebab itu jangan menyalahkan, tetapi sharing, saling membagi-bagikan keyakinan masing-masing.

Pada akhirnya Allahlah yang menjadi Hakim yang adil bagi semua umat, yang menentukan siapa yang melakukan kehendak Allah dan yang boleh masuk Surga Mat 7:21-23.

Kita harus menjadi garam dan terang dengan belas kasihan pada orang-orang yang belum mengenal Tuhan dan juga bagi yang sudah kenal Tuhan tetapi hidup dalam dosa dan tidak melakukan kehendakNya. Mat 9:13.

II. PERSEKUTUAN TUBUH KRISTUS GLOBAL.

Pada tgl 4-7 Oktober 2011 ada pertemuan orang Kristen dari seluruh dunia yaitu Global Christian Forum. Dari 65 negara ada  287 orang datang berhimpun bersama-sama untuk bersekutu, belajar Firman Tuhan, berdoa dan saling bersaksi.

Mereka datang dari bermacam-macam tradisi dan golongan Gereja. Jumlah orang-orang Kristen kurang lebih 3 miliar di seluruh dunia.

Masing-masing kita harus memegang erat-erat keyakinannya dengan tulus, jujur, rendah hati, dan dengan kesaksian Roh (orang yang hidup dalam kesucian, pengaruh Roh Kudus bisa nyata bahkan besar, sehingga lebih mudah ada keyakinan akan kebenaran Firman Tuhan dalam hatinya sebagai hasil pekerjaan Roh Kudus) Luk 1:1.

Kita harus mengerti dan memegang keyakinan kita dengan teguh 2Tes 2:15, Roh Kudus akan menolong orang yang hidup dalam kesucian, yang sungguh-sungguh mencari Tuhan, mereka akan sampai pada segala kebenaran dan yakin. Yoh 16:13. Memang orang Kristen ada bermacam-macam, baik dalam satu keluarga, satu Gereja, satu Sinode, satu kota dan lain-lain, tetapi belum tentu semuanya masuk Surga atau ikut pengangkatan Luk 17:34-36. Sebab itu kita harus memiliki keyakinan, pengajaran yang betul dan hidup benar sesuai dengan pengajaran yang betul. Tetapi dengan orang Kristen yang hidup dalam dosa, jangan bersekutu, jangan makan makanan rohani mereka 1Kor 5:9-13, menjauhkan diri dari segala saudara-saudara yang hidup melawan Firman Tuhan 2Tes 3:6, tetapi dengan kasih merebut jiwanya. Jud 23.

III. DUA MACAM PERSEKUTUAN ORANG BERIMAN.

Yaitu:

Persekutuan Halaman dan persekutuan Ruangan Suci dan Ruangan Maha Suci.

A. Persekutuan Halaman adalah persekutuan tiang-tiang Pagar Halaman (ada 60 Tiang-tiang Pagar Halaman) dan persekutuan ini juga merupakan bagian dari Kemah Suci.

Tanpa ada Pagar Halaman, itu bukan Kemah Suci.

Perasaan hati. Ini perlu dan mutlak harus ada. Ini persekutuan tingkat Halaman diantara orang-orang yang percaya Tuhan tetapi hidup dalam tingkat Halaman yaitu orang-orang yang jatuh bagun dalam dosa, tidak selalu hidup benar di hadapan Allah tetapi tetap mengakui dan percaya akan nama Tuhan Yesus.

Ini juga tingkat rohani yang kanak-kanak. Meskipun mereka tidak mengerti banyak, hanya dasar-dasar iman Ibr 5:12-14, tetapi kalau mereka hidup benar, tetap masuk Surga seperti orang yang di salib di sebelah Putra manusia Yesus. Tingkat Halaman tetap masuk Surga asal tetap hidup benar, sebab dosa tidak boleh masuk Surga Wah 21:27.

Tetapi pada akhir zaman, di mana dosa dan kesucian meningkat Wah 22:11, maka orang yang tetap kanak-kanak rohani akan mudah jatuh dalam dosa dan hanyut dalam arus duniawi, bahkan mereka akan tertinggal dan diinjak-injak Antikris selama 3,5 tahun Wah 11:2. Hanya ligabis akan ikut dalam pengangkatan, tetapi lima gadis bodoh akan tertinggal. Mat 25:10-13.Sama seperti pada akhir zaman orang yang tidak meningkat dalam pendidikannya akan sulit mencari nafkah atau bersaing, begitu juga orang-orang beriman yang tidak tumbuh menjadi dewasa rohani, yang berjalan sendiri akan mudah jatuh dalam dosa. Sebab itu tingkat rohani di Halaman tidak cukup untuk akhir zaman, bahkan mereka akan tertinggal waktu Tuhan Yesus datang dan diinjak Antikris selama 3,5 tahun sampai mati semuanya Wah 11:2; 13:7. Tetapi orang-orang Halaman (yang percaya pada Tuhan Yesus tetapi tetap hidup (jatuh bangun) dalam dosa, tetap merupakan orang-orang Kristen, juga persekutuan Halaman itu tetap diperlukan dan adalah bagian dari umat Tuhan. Dalam persekutuan Halaman ini seperti Tiang-tiang Pagar Halaman, ada persatuan yang kokoh, tetapi masih tampak sifat-sifat kedagingan dan duniawi (tampak kayu dari Tiang-tiang tersebut) meskipun mereka tetap beribadah dan mengakui nama Tuhan Yesus.

B. Persekutuan Ruangan Suci.

Ini persekutuan dari papan-papan yang seluruhnya disalut dengan emas dan yang bersinggungan itu emas dengan emas, tidak tampak kayunya lagi. Ini orang-orang yang hidup dalam kesucian (emas = kesucian, sifat ilahi). Ini hanya mungkin kalau kita dikuatkan dan dipimpin oleh Roh Kudus seperti Lima gadis bijaksana (punya persediaan minyak yang tidak menyala, tetap penuh dan dipimpin Roh sekalipun di luar jam kebaktian di Gereja. Juga waktu tidak ada problem, kapan saja, dimana saja dan dalam hal apa saja selalu penuh dan dipimpin Roh). Hidup seperti ini penuh dengan kasih dalam kesucian dan kesukaan dan kepuasan ilahi, ada sejahtera dan sukacita Allah Pil 4:4,7, Neh 8:11. Ini persekutuan tubuh Kristus yang sama-sama dibaptiskan dalam Roh Kudus 1Kor 12:12-13. Ini persekutuan Gereja-gereja atau orang-orang beriman yang terus menerus hidup dalam kesucian, dipimpin Roh terus menerus. Ligabo (Lima gadis bodoh) adalah orang-orang yang penuh Roh Kudus tetapi sering naik turun ke Halaman, jatuh bangun dalam dosa, sehingga banyak yang binasa waktu jatuh dan tinggal dalam dosa, misalnya Simson dan Saul.

Satu kali kelak kalau Hujan akhir terjadi (Ul 11:14) dan Firman Tuhan dibuka semua Mat 10:26-27, istimewa di dalam Minggu ke-70 Daniel, diantara orang-orang yang sama-sama tumbuh dalam kesucian (bukan yang hidup di dalam dosa), akan ada pengertian Firman Tuhan yang sama oleh Roh Kudus Ef 4:13, sebab itu tumbuh sesuatu persekutuan tubuh Kristus global dengan pengertian Firman Tuhan yang sama dan ini membawa Gereja-gereja (yang tumbuh dalam kesucian) menjadi sempurna dalam rencana Allah seperti dalam Yoh 17:23.

IV. ZAMAN CAMPURAN DAN ZAMAN SEJENIS. Mat 13:28-30.

Zaman sekarang hampir semua Gereja masih berisi pribadi-pribadi campuran dari lalang (yang tidak bertobat, tradisional), yang lahir baru yaitu gandum (hidup dalam kesucian, dipimpin Roh seperti Putra manusia Yesus Mat 4:1, Luk 4:1). Ada beberapa Gereja yang sesat yang tidak mengakui Tuhan Yesus sebagai Allah dan yang menjelma menjadi manusia untuk menebus umat manusia, ini semua berisi lalang. Tetapi Gereja-gereja yang mengakui satu Allah tetapi ada 3 Pribadi) dan percaya kepada Tuhan Yesus itu Allah dan manusia, biasanya mempunyai anggota-anggota campuran dan prosentasinya tergantung dari masing-masing Gereja.

Dalam Minggu ke-70 Daniel baru ada Gereja-gereja yang murni, sejenis sehingga bisa dikatakan Gereja jalan lebar dan Gereja jalan sempit, sebab dosa dan kesucian meningkat Wah 22:11 dan sebab itu terjadi pemisahan 1Kor 11:19.

Sekarang, dua macam Gereja ini belum jelas, kita hanya bisa mengatakan tentang pribadi-pribadi yang hidup di jalan lebar menuruti daging, tidak mau pikul salib dan orang-orang yang hidup dalam kesucian di jalan sempit, melakukan kehendak Tuhan dengan terus memikul salib, apalagi yang penuh dan mau dipimpin Roh.

Gereja akan dimurnikan, dipisah oleh hukum yang keras dalam Gereja 2Kor 10:6 sehingga terjadi hukuman dalam rumah Allah 1Pet 4:17, Yez 9:4-7, maka orang-orang yang tidak sungguh-sungguh jadi takut dan undur dan masuk dalam Gereja-gereja jalan lebar di mana tidak ada hukum Allah yang keras.

Ini masa persiapan kilat dari Gereja yang dimurnikan, yang diolah dengan cepat untuk bisa ikut pengangkatan dan sebagian menjadi sempurna. Masa ini sangat indah untuk orang yang mau sungguh-sungguh bertobat dan terus tumbuh dalam kesucian yang pesat, siap untuk diangkat/ menjadi sempurna.

Dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel terjadi polarisasi dalam Gereja (= Wah 22:11 yang suci makin suci, yang dosa makin najis) dan disini tampak bentuk Gereja-gereja seperti dalam Wah 2-3, 4 Gereja jalan lebar dan 3 Gereja jalan sempit, namun Tuhan masih melawat semuanya.

Tetapi kalau mereka tetap keras hati, mereka akan tertinggal dan jatuh ke tangan Antikris. Orang Kristen yang tetap hidup dalam dosa di jalan lebar, akan tertinggal dan menjadi Antikris atau pengikut-pengikutnya, sebab Antikris itu keluar dari antara kita yaitu dari orang-orang yang percaya tetapi tidak bertobat, tetap hidup dalam dosa 1Yoh 2:19. Sekarang dalam hampir semua Gereja masih tampak campuran dan ini adalah anak-anak iblis dan anak-anak Allah dalam Gereja yang akan terus meningkat dalam dosa atau kesucian. Yang tinggal tetap dalam dosa, sebagian akan mati dalam dosa, sebagian tertinggal, dan banyak diantara yang tertinggal akan menjadi Antikris atau pengikutnya. Orang-orang yang hidup dalam kesucian, mau dipimpin Roh akan terus tumbuh dalam kesucian dan sebagian mati di dalam Tuhan (sebelum pengangkatan) dan yang tinggal sampai kedatangan Tuhan akan ikut terangkat dan sebagian menjadi sempurna.

Hidup dalam kesucian dipimpin Roh akan membuat hidup menjadi suci, indah dan keberkatan jasmani dan rohani. Rohani yang bertumbuh itu amat indah, hati senang, puas bahkan penuh sejahtera dan kesukaan ilahi dan makin lebat berbuah-buah.

V. SIKAP KITA.

1. Persatuan sesuai Firman Tuhan. Kerinduan bersatu diantara umat Tuhan itu terutama dari Roh Kudus (dan karena tekanan dari luar). Baik dari tingkat pemimpin sampai tingkat bawah (anggota-anggota Gereja) perlu dibina, baik persekutuan Halaman dan persekutuan Ruangan Suci. Di mana saja kita berada diantara orang-orang Kristen, jangan cepat-cepat menyalahkan pendirian dan pengertian orang-orang dari Gereja lain yang tidak sama dengan kita, tetapi saling sharing untuk saling membagi-bagi kebenaran Firman Tuhan.Tentu kalau ada yang jelas-jelas salah melawan Firman Tuhan, tetap harus disalahkan Ef 5:11.Yang dilihat bukan hanya pengakuannya tetapi juga hidupnya apakah dalam dosa atau kesucian, kalau dalam dosa, jauhkan, jangan makan makanan rohaninya yang sama (yang dosa, najis), tetapi dengan belas kasihan tolong lepaskan dan bina persekutuan Halaman (hati-hati, Yud 23) dan persekutuan dalam Roh (Papan-papan),

2. Tumbuh dalam kesucian, bukan jatuh bangun dalam dosa;

Hiduplah seperti Ligabis (Lima Gadis Bijaksana) bukan Ligabo (Lima Gadis Bodoh). Sekalipun rata-rata Gereja adalah campuran, jangan hanyut dalam hal-hal yang jahat.

Hidup dalam kesucian itu indah, sejahtera, sukacita dan diberkati Tuhan jasmani dan rohani.

3. Punya pendirian yang teguh dalam Firman Tuhan.

Kita harus tahu arti setiap perbedaan diantara Gereja-gereja dalam terang Firman Tuhan bukan berdasar akal, logika dan tradisi, tetapi pengertian yang Alkitabiah, sambil terus tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan yang benar dan jelas; Beri waktu limpah untuk belajar Firman Tuhan di Gereja, dalam persekutuan sel dan saat-saat belajar pribadi, supaya pondasi kita kuat Mat 7:24-28 untuk menghadapi dosa-dosa dunia dan perbedaan-perbedaan diantara umat Tuhan.

4. Ladang gandum dan lalang Mat 13:28-30.

Hati-hati dalam Gereja ada gandum dan lalang, ada orang yang hidup di jalan lebar dan di jalan sempit, suci dan dosa, anak iblis dan anak Allah 1Yoh 3:10.

Kalau tidak bertobat, orang-orang Gereja akan menjadi benih Antikris! Wai, Yudas dibina iblis di tengah-tengah murid Kristus, limpah dengan Firman Tuhan dan mujizat. Ini disebabkan oleh keras hati dalam dosa (Yudas berdosa dalam hal uang) Ibr 3:13-15, sebab itu jangan keras hati dalam dosa apapun, juga jangan tinggal dalam kebodohan dan kesombongan, sehingga tidak mau mengakui dosa dan pengajarannya yang salah, untuk menerima kebenaran-kebenaran Firman Tuhan yang lebih betul, yang sudah diyakinkan Roh Kudus dalam hati kita. Kita harus pikul salib dan taat akan Firman Tuhan supaya tabiat baru bisa tumbuh. Hiduplah sebagai putra-putra Allah yang dipimpin Roh seperti Ligabis (Lima Gadis Bijaksana). Miliki pendirian yang teguh yang Alkitabiah dalam pimpinan Roh Kudus (hidup suci). Jangan tertinggal dan menjadi Antikris dan pengikutnya, Neraka sudah pasti bagi orang seperti ini.

5. Makin mahir dipimpin Roh seperti Ligabis (Lima Gadis Bijaksana).

Hidup seperti ini sangat indah, sejahtera, puas, sukacita dan terus bertumbuh dan dengan Tuhan akan berbuah-buah dan melakukan perkara-perkara yang besar. Setiap kesukaran yang ditangani Roh Kudus dan kita alatnya, (kalau mau terus taatmenurut pimpinanNya) akan berubah menjadi hal-hal yang menguntungkan dan indah di hadapan Allah.

6. Berbuah2 makin lebat dan tumbuh.

Orang yang dipimpin Roh punya belas kasihan, baik untuk orang berdosa dan saudara-saudara seiman yang hanyut dalam arus dosa dunia, garami dan terangi.

7. Jangan lupa persekutuan tubuh Kristus yang manis dari bawah ke atas.

Dari yang paling bawah yaitu dari persekutuan suami isteri, keluarga, persekutuan sel dan seterusnya. Seringkali orang meremehkan yang paling bawah sebab tidak tampak dan mudah disembunyikan cacat-cacatnya, tetapi ke sinilah senjata dan siasat iblis di arahkan. Kerusakan dalam pikiran, angan-angan dan dalam hidup nikah dan keluarga itu seperti kerusakan pada akar dari pohon besar, tidak lama kemudian pohon besar yang tampak hebat, besar, meriah akan layu dan gugur!

Kita harus disucikan mulai dari hati dan angan-angan, dari hidup nikah dan keluarga, itu akar menjadi akar yang sehat yang membuat pohon itu tumbuh, hijau segar dan berbuah-buah.

KESIMPULAN.

Persekutuan tubuh Kristus global adalah langkah-langkah terakhir menuju pengangkatan dan kesempurnaan. Ini biasanya gagal terus kalau akarnya busuk yaitu pikiran dan angan-angan pribadi serta hidup nikah dan keluarga dari anggota-anggota Gereja terganggu.

Kalau setiap orang memperhatikan persekutuan yang betul dalam keluarga dan Gereja lokal, maka persekutuan tubuh Kristus global akan segera dicapai lalu ikut dalam pengangkatan. Jangan di dalam rumah tangga dan Gereja lokal, saling bertentangan dan hidup di dalam dosa. Setiap pertentangan harus diperiksa dan diselesaikan dalam pimpinan Roh Kudus dan dalam terang Firman Tuhan. Persekutuan global pemimpin-pemimpin mulai dari persekutuan anggota-anggota yang dibawah. Anggota yang tidak bisa bersekutu itu bisa demikian karena tidak dididik oleh pemimpinnya dan tidak mendapat contoh hidupnya. Pemimpin-pemimpin ini juga tidak akan bisa bersekutu dalam tubuh Kristus global dengan tulus dan betul. Jangan lupa dalam polarisasi akhir zaman kita harus ada di bagian ilahi, yang suci dan hidup dipimpin Roh, baru ada persekutuan yang betul sampai bisa timbul persekutuan tubuh Kristus lokal lalu global.

Nyanyian:

Satu dalam Tuhan oleh darah-Nya.