M4278 – Menghadapi Antikris

MENGHADAPI ANTIKRIS.

1Yoh 2:18

Remaja-remaja, sekarang adalah jam terakhir, dan seperti yang sudah kamu dengar bahwa Antikristus akan datang, bahkan sekarang sudah ada banyak antikristus; dengan demikian kita mengetahui bahwa inilah jam terakhir. (KJI)

SIAPAKAH ANTIKRIS?

  1. Antikris adalah kombinasi 2 mahluk, yaitu:
  2. Setan2 yang tinggal di dalam manusia dan menguasai orang itu, dan
  3. Manusia yang mau dikuasai setan yang bertahta dalam hatinya dan orang itu mau taat dipimpin roh setan.

Ini sebaliknya dari orang yang dipimpin Roh Allah. Jadi Antikris adalah orang berdosa yang penuh dan dipimpin roh2 setan.

  1. Sudah ada banyak Antikris. Ini bisa kita lihat dalam sejarah, banyak orang yang sangat jahat dan korbannya amat banyak dan sangat mengerikan, sebab akibat dari orang2 yang keji dan dipimpin roh2 jahat, inilah Antikris yang sudah banyak keluar dari seluruh bumi adalah Antikris lokal yang biasanya timbul ganti berganti di tempatnya masing2.
  2. Antikris lokal dan global. Yang global menguasai seluruh dunia, yaitu pada saat terakhir, waktu ambang dosa diizinkan naik sampai puncaknya (Wah 22:11), sehingga timbul Antikris yang top menjelang Minggu ke-70 Daniel (M70D) dan dalam M70D.

Sebelumnya, Antikris lokal jarang yang sempurna, ada beberapa seperti Yudas, iblis sendiri masuk di dalamnya dan jadi anti Kristus yang pertama.

Luk 22:3

Maka satan masuk ke dalam Yudas, yang dinamai Iskariot, yang tergolong dalam kedua belas murid itu. (KJI)

Yoh 13:2,27

  1. Ketika makan malam akan berakhir, iblis sudah menaruh ke dalam hati Yudas Iskariot, putra Simon, supaya ia mengkhianati Dia,
  2. Dan sesudah menerima sepotong itu, masuklah Iblis ke dalam Yudas, lalu Yesus berkata kepadanya, Apa yang hendak kau perbuat, perbuatlah segera! (KJI)

Waktu itu Yudas masih dicuci kakinya oleh Putra manusia Yesus, juga berani ikut makan Perjamuan Suci, tanpa ragu2, sekalipun hatinya sudah pasti, sungguh2 mau mengkhianati danmembunuh Putra manusia Yesus!

Pada saat terakhir Antikris secara legal berkuasa di seluruh dunia dan inilah Antikris yang top, orang berdosa yang sempurna dosanya diisi dengan penghulu2 iblis di dalamnya menjelang masa M70D. Antikris ke-4 dalam 3,5 tahun II sangat dahsyat, sebab yang menahan dia dari kejahatannya itu sudah tidak ada 2Tes 2:7.

SIASAT IBLIS UNTUK MENINGKAT DALAM KEDAHSYATANNYA. Sebab iblis itu sangat dibatasi, kalau ia melebihi izin dan peraturan Allah, langsung ditangkap masuk penjara setan yang sangat mengerikan, ia tersiksa di sana (Misalnya Mrk 5:6-9, Luk 8:28-31).

Ada banyak penjara2 setan2 seperti sumur tanpa dasar (Abusos), Tartaro, penjara setan di sungai Ferat dsb. Iblis dan setan2 kalau mau mencelakakan manusia harus minta izin dahulu dari Allah seperti dalam kasus Ayub Ay 1:9-12, tetapi manusia tanpa izin Tuhan, langsung berbuat dosa semaunya sendiri. Sebab itu iblis menjadi penuduh manusia di hadapan Allah, untuk memperjuangkannya, supaya bisa mencelakakan dan membunuh manusianya Wah 12:10 dengan lebih hebat lagi seperti pada anak2 Ayub! Tanpa izin Allah, iblis dan setan2 tidak berani.

Juga malaikat yang berdosa, langsung diusir dan dihukum 2Pet 2:4, tetapi manusia yang berdosasampai jahat sekalipun, masih dibiarkan dan tidak langsung dihukum, masih mendapat kemurahan Tuhan baginya Mat 5:44-45; kecuali kalau masa kemurahan Allah baginya habis, hukuman datang ke atasnya.

Jadi manusia lebih bebas berbuat dosa daripada iblis, sebab tidak mengenal Allah seperti iblis.

(kecuali nanti sesudah Injil diberitakan ke seluruh dunia Mat 24:14, berarti semua orang sudah mendengar Injil,sudah mengenal Allah, tetapi tidak mau bertobat).

Misalnya iblis tidak boleh membunuh manusia sekalipun bisa, tetapi lewat orang2 yang dipimpinnya, mereka digoda, dirayu, dibuat mata gelap, sehingga membunuh orang lain; ini sudah banyak terjadi, tetapi bukan langsung oleh iblis, sebab iblis takut dipenjarakan dan tersiksa di sana!

Juga bunuh diri, orangnya dijepit, dituduh, dipojokkan supaya mau bunuh diri, apalagi kalau sudah dicuci otaknya bahwa bunuh diri tidak apa2. Kalau iblis masuk dalam manusia, seperti Antikris, maka sekarang ada 2 kekuatan dosa dalam manusia Antikris ini, yaitu iblis yang jahat, meskipun dibatasi dan manusia yang juga jahat dipimpin hawa nafsunya, tetapi tidak terlalu dibatasi seperti iblis. Sebab itu iblis memperalat manusia untuk melakukan dosa2 yang sangat keji yang sanggup dibunuh iblis, tetapi lewat orang dosa yang dikuasainya. Sebab itu manusia Antikris lebih ganas dan kejam, sebab ia dikuasai iblis (dosa tingkat II), dan diperalat iblis. Dengan demikian iblis dan setan2 jadi sangat jahat dengan memakai orang berdosa yang dikuasainya.

III. TINGKAT2 DOSA MANUSIA.

Dosa manusiawi, dari orang itu sendiri, ini terbatas, sebab ditahan oleh perasaan hatinya, yang di dalamnya ada sisa2 kemuliaan Allah seperti peri kemanusiaan, belas kasihan, kasih orangtua, rasa keadilan dll.

Rom 3:23

sebab semua orang sudah berbuat dosa dan kurang kemuliaan Allah. (KJI, TL)

Perlu diingat bahwa setan bisa “hinggap” pada seorang anak Allah dan karena bodoh, tidak sadar, tidak mengerti, tidak dipimpin Roh, ia juga bisa dikendalikan iblis, sekalipun ia belum dirasuk, misalnya Petrus datang pada Tuhan Yesus seperti malaikat terang 2Kor 11:14, penuh belas kasihan untuk mengharapkan terhindar dari aniaya kematian. Tetapi ini siasat iblis untuk lari dari cawan sengsara yang disuruh minum oleh Bapa Mat 26:39. Putra manusia Yesus bisa mengenali setan “yang baik” ini dan mengusirnya dengan tegas.

Mat 16:22-23

  1. Lalu Petrus (membawa) Dia besertanya, dan mulai menghardik Dia, katanya: Dijauhkan Allah daripada-Mu, O Tuhan; Jangan itu terjadi pada-Mu.
  2. Tetapi Ia berpaling dan berkata kepada Petrus: Pergi ke belakang-Ku, Satan! Engkau menjadi suatu batu sandungan bagi-Ku, sebab engkau tidak memikirkan perkara-perkara Allah, melainkan yang dari manusia. (KJI)

Begitu juga Yohanes dan Yakobus yang mau membela, menjaga kewibawaan GuruNya yang ditolak di Samaria. Mereka mengarah dan mau menurunkan api dari langit seperti Elia untuk menghajar orang Samaria. Tetapi Tuhan Yesus tahu, bahwa bukan hanya Yohanes dan Yakobus, juga ada roh2 setan yang hinggap pada mereka, yang berusaha melakukan perkara2 yang kejam dan jahat itu! Sebab itu dengan tegas dan keras Tuhan menegur, mereka yang tidak sadar dipimpin roh2 setan itu.

Luk 9:55

Tetapi Ia berpaling dan menghardik mereka dan berkata: Engkau tidak tahu roh macam apa yang ada padamu. (KJI)

Padahal mereka ini adalah pemimpin2 diantara rasul2 Putra manusia Yesus. Bahkan orang2 yang sudah penuh dengan Roh Kudus pun bisa diatur dan dikendalikan anak2 Allah, sebab mereka tidak bisa membedakan antara suara Roh dan suara roh setan!

Sebab itu kita harus hati2, sebab sekarangpun iblis dan setan2 masih bisa “hinggap” dan memimpin orang2 yang tidak ber-jaga2 ini untuk mengatakan kata2 dari setan atau keinginan setan yang ditaruh dalam hatinya seperti dalam Yudas.

 

Yoh 13:2

Ketika makan malam akan berakhir, iblis sudah menaruh ke dalam hati Yudas Iskariot, putra Simon, supaya ia mengkhianati Dia, (KJI)

Kita harus ber-jaga2, jangan dihinggapi setan dan dengan hikmat dan kuasa Allah bisa mengenali dan mengusirnya.

Mrk 16:17

Maka tanda-tanda ini akan menyertai orang-orang yang percaya: di dalam nama-Ku mereka akan mengusir setan-setan, mereka akan berbicara dengan lidah-lidah yang baru, (KJI)

Kita juga harus bisa membedakan roh apa yang ada pada seorang dengan karunia marifat dari Roh Kudus, dengan selalu berjalan dalam Roh dan menghadapinya dalam pimpinan Roh Kudus. 2Kor 11:4.

  1. Dosa dalam roh setan, ini sangat jahat, sebab dipimpin roh setan sehingga tidak malu, berani, perasaan hatinya rusak, dan mati, tidak lagi ada sisa2 kemuliaan Allah dalam dirinya, sangat keji dan jahat, baik kata2, ancaman dan perbuatannya. Ini setan2 yang berbuat jahat memakai manusia. Ini prinsipnya Antikris. Seperti Herodes yang memenggal kepala Yohanes Pembaptis, membunuh istrinya sendiri (menurut sejarah), sangat sombong, senang dan minta disembah dll. Mereka berdosa dengan sengaja. Seperti orang yang mata gelap, buas, mabuk, sebab dikuasai setan2.
  2. Dosa sempurna, ini seperti iblis, dosa dan kejahatannya itu sempurna, puncak dari semua setan2. Orang seperti ini tidak lagi adapenyesalan (tidak lagi punya perasaan hati, betul2 seperti iblis) dan tidak bisa dan tidak mau bertobat lagi.

Empat Antikris global yang menguasai seluruh dunia adalah orang2 yang sempurna dalam dosa (timbul banyak pada waktu menjelang M70), ber-sama2 dengan penghulu2 setan, menjadi 4 Antikris penguasa dunia dalam M70D. Lewat Antikris global inilah iblis mempersiapkan tentaranya dan manusia yang dikuasainya untuk melawan Allah dan merebut kedudukannya dalam perang Harmagedon Wah 19.

PERBUATAN ANTIKRIS.

Bisa dibagi menjadi 2 bagian besar, yaitu sekarang (Antikris lokal), dan akhir zaman (Antikris global). Kejahatan dan kekejaman Antikris lokal sudah jadi sejarah, ini jadi peringatan supaya kita bersedia menghadapinya lebih2 pada akhir zaman, sangat dahsyat, menghadapi Antikris global yang menguasai seluruh dunia, dan sangat jahat dan keji seperti iblis sendiri. Sebab itu ber-kali2 Tuhan menyuruh untuk bersedia Mat 24:42; 25:13, Luk 12:40; 21:26, 34-36, Mrk 13: (1-)37 dll.

Sekalipun Antikris lokal (yang sudah lalu dalam sejarah dan yang sekarang muncul makin banyak), ada begitu banyak kejahatan, bahkan sejak dari Wasiat Lama sampai sekarang dalam sejarah; pembunuhan yang kejam di Jerman, Asia tenggara, tentara Jepang, di Afrika dan macam2 terorisme di seluruh dunia dll. Tanda2 dosa akhir zaman yang  sampai di puncak2nya mulai banyak muncul, seperti dosa Sodom, yaitu tingkat 7 dari dosa zina, dosa2 pembunuhan yang dilegalkan seperti aborsi, euthanasia, narkoba, kejahatan dalam hal uang, teroris dll sedang meningkat terus sampai global.

Jadi iblis yang terbatas, lewat manusia yang dipimpinnya, ia bisa bertindak tanpa batas dalam manusia yang lebih bebas bisa berdosa daripada iblis. Inilah prinsip Antikris yang akan tumbuh dan melakukan dosa2 top diantara manusia. Sebab itu iblis memakai Antikris yang bisa lebih bebas dan jauh lebih jahat dari iblis sendiri, sebab tanpa tanya Allah.

Jadi iblis dan setan2 yang terbatas dalam dunia roh, bisa jadi bebas bergerak dalam dunia nyata lewat orang2 yang dipimpinnya, inilah Antikris sepanjang zaman sampai puncaknya pada akhirnya. Ini kombinasi iblis dan orang dosa (tingkat II dan III) yang jadi makin sangat keji dan jahatnya. Kita hanya bisa menghadapi mereka yang sangat jahat itu dengan Allah,menang atas pekerjaan iblis dalam manusia, yaitu Antikris2 yang sudah muncul (begitu banyak, sangat dahsyat, keji, kejam dalam segala segi hidup), apalagi yang akan datang, itu kekejian dan kejahatannya itu sampai pada puncaknya menjelang dan dalam M70D!

BAGAIMANA MENGHADAPI ANTIKRIS.

Kalau kita sudah mengenal siapa iblis dan siasatnya dalam antikris, maka kita akan tahu bahwa kita bukan hanya menghadapi kejahatan manusia, tetapi juga iblis di dalamnya dan hanya dengan Allah, dipimpin Roh kita bisa menghadapinya sehingga lulus (tidak sampaibereaksi dosa), lolos bahkan berkemenangan sesuai dengan pimpinan Roh Kudus! Hanya dengan Allah kita bisa menang. Ingat tingkat2 kemenangan dengan Tuhan, yaitu Rom 8:31,37, dan 2Kor 2:14.

Jangan mengandalkan kekuatan dan kemampuan diri sendiri  seperti akal, kedudukan, kuasa, senjata, uang, backing, bela diri dll, juga jangan mengandalkan orang lain untuk jadi pelindung dan backing, tidak akan menang melawan iblis.

Untuk menang ber-sama2 Allah kita harus tahu cara kerja dan kehendak Allah, bukan menurut kehendak kita sendiri asal berdoa lalu berbuat semaunya sendiri, tidak!

Allah juga Maha kuasa, Dia yang berhak dan sanggup menentukan segala tindakan dengan adil terhadap orang2 jahat ini, lebih2 Antikris2 ini. Dia Hakim yang adil, tetapi Dia tetap kasih sesuai dengan FirmanNya. Kita mutlak perlu Allah 1Pet 3:12, sebab itu harus taat pada FirmanNya dan menurut kehendakNya, yaitu dipimpin Roh sesuai Firman Tuhan dalam kesucian dan kasih, bukan menurut angan2 dan pikiran kita sendiri menurut nafsu daging yang mau benci dan membalas. Kadang2 orang2 jahat itu, yang belum sampai sempurna dosanya, kalau ditegur dan diberi kesempatan bisa bertobat. Seperti Maria Magdalena yang dikuasai 7 setan, sesudah dilepaskan, ia mau bertobat dan berubah percaya pada Tuhan Yesus dan melayaniNya. Mrk 6:9, Luk 8:2. Juga orang gila Gadara yang dilepaskan dari 1 legion setan (lebih dari 2.000), sesudah dilepaskan jadi percaya dan mau ikut melayani Tuhan Mat 8:28-34. Juga Nebukadnezar yang jahat dan Saulus yang pikirannya kejam yang mencelakakan banyak umat Tuhan, masih diampuni dan diangkat Tuhan sesudah bertobat!

Sebab itu jangan menghadapi orang2 jahat ini dengan jengkel, marah, benci dan mau membalas. Itu dosa sekalipun kepada musuh Mat 5:44. Taati pimpinan Roh Kudus dengan kuasa dan hikmat Allah, tetapi juga dengan belas kasih Kristus! Sebab itu kita harus menghadapinya dengan cara2 ilahi, yaitu:

  1. Hidup benar di hadapan Allah. (“MAK DSY”).
  2. Dalam segala perkara dipimpin Roh. Rom 8:14, Gal 5:16-17, Mat 4:1, Kis 11:12 dll, sebab itu kita harus memperhatikan:
  3. Mulut (lidah) kita Yoh 1:26, jangan ber-kata2 ngawur, lebih2 dengan benci, sebab mendengar, melihat atau mengalami hal2 yang dahsyat dari para Antikris, orang yang dipimpin roh setan.
  4. Dengan kasih. Bukan kasih manusiawi (yang hanya cinta orang yang mencintainya), tetapi dengan kasih ilahi yang bisa mencintai musuh dan memberkatinya.

Mat 5:44

Tetapi Aku berkata kepadamu, kasihilah musuh-musuhmu, berkatilah mereka yang mengutukimu, berbuatlah baik kepada mereka yang membencimu, dan doakan mereka yang memperlakukan kamu dengan salah dan menganiaya kamu. (KJI)

Orang yang tidak mengerti Firman Tuhan, sehingga tidak menurut cara2 Allah, tidak akan disertai Allah! Kadang2 orang mengira kalau kita marah, jengkel, benci dan mau menghukum, membalas perbuatan Antikris2 lokal (yang sekarang ini) itu masih wajar dan cocok dengan keadilan Allah, tetapi lupa bahwa kita tidak boleh bereaksi dosa, sebab dengan demikian kita lepas dari Allah dan justru jatuh dalam tangan iblis dan mudah jadi korban keganasan Antikris2 lokal ini (apalagi yang top2). Jangan bereaksi dosa, bahkan doakan dan berkati mereka.

 

Rom 12:20-21

  1. Karena itu, jika musuhmu lapar, berilah dia makan; jika ia haus, berilah dia minum, sebab dengan berbuat demikian engkau menimbunkan bara api di atas kepalanya.
  2. Janganlah kamu di kalahkan oleh kejahatan, melainkan kalahkanlah kejahatan dengan kebaikan. (KJI)

Ini memang aneh untuk logika dan daging manusia, tetapi kita harus taat pada Firman Tuhan, kalau tidak justru kita jadi korban dari Antikris ini langsung atau tidak langsung!

Kalau disertai Allah akan menang danitu luar biasa, tetapi wai kalau dengan kekuatannya sendiri akan kalah dan menjadi korban keganasan iblis dan pesuruh2nya. Allah kita maha kuasa, dengan teliti sanggup memelihara kita sampai satu rambutpun dijaga Luk 21:18. Jadi, baik sekarang, apalagi waktu mau masuk M70D, tidak semua orang dilindungi Tuhan tanpa kematian Maz 91:7. Hanya mereka yang tetap hidup suci, dalam Ruangan Suci, tetapi mereka yang di Halaman terus mendua, tetap bisa jadi korban Antikris dan celaka atau mati dan binasa dalam dosa.

Termasuk hidup benar, juga angan2 kita harus benar di hadapan Tuhan, sebab angan2 dosa itu sudah dosa meskipun baru permulaan dosa.

Ams 4:23

Peliharakanlah hatimu terlebih dari pada segala yang patut dipeliharakan, karena dari dalamnya terpancarlah segala mata air hidup. (TL)

Ams 23:7

karena seperti orang yang menunggui dirinya, demikianlah adanya, maka katanya kepadamu kelak: Makan dan minumlah olehmu! tetapi hatinya jauh dari padamu. (TL)

Sebab itu jangan benci dalam hati sehingga timbul banyak angan2 kebencian (dunia mengenal ujaran kebencian dari mulut, tetapi sebelumnya ada angan2 kebencian dari hati). Kita harus dibersihkan dari angan2 kebencian. Kadang2 dari mendengar, melihat (juga lewat online) sudah muncul banyak pikiran2 yang “adil” untuk menghukum dan membalas Antikris2 ini, padahal kalau timbul jengkel dan macam2 dosa benci, kita sudah terjebak dalam dosa, masuk dalam tangan iblis! Apalagi kalau mengalami perbuatan2 yang jahat dan keji dari pesuruh2 setan ini, bisa mudah timbul benci dan angan2 kebencian dari daging yang berkembang dalam macam2 angan kebencian dan pembalasan yang jahat dengan alasan, itu adil bagi orang2 jahat ini. Tetapi ini jadi dosa kebencian, sebab pembalasan adalah urusan atau bagian Allah, bukan bagian kita. Orang yang memikirkan dan mencarikan hukuman bagi orang2 setan yang jahat ini, bisa jadi dosa benci dan bisa melahirkan.Perbuatan2 dosa yang seharusnya dimatikan dan dibuang. Sekalipun dalam angan2 ini hampir2 tidak mungkin dilakukan, jangan mengembara dan mengembangkannya dalam angan2, segala siasat, tindakan pembalasan dan kebencian dalam hati! Meskipun dalam angan2 saja, ini sudah jadi dosa, dan akan memutuskan hubungan dengan Tuhan, sehingga tidak lagi di pihak Tuhan, sebab itu tidak dijaga, ataudilindungi Tuhan (justru akan jadi korban antikris). Kalau ada angan2 dosa, maka banyak setan bisa masuk dan membuat dosa itu bisa tumbuh jadi yang lebih besar! Lalu dibantai oleh Antikris2 ini!Sebab itu jaga angan2 kita dari segala macam2 keinginan, kehendak untuk benci dan membalas, sehingga menjadi angan2 kebencian. Misalnya kalau ada “Yudas” diantara kita, atau dalam berita yang kita dengar, ada berita2 dan ancaman2 jahat, lalu timbul kebencian dan angan2 untuk menghukum dan membalas “Yudas”. Bukankah itu keadilan dan hukum Allah. Tetapi karena timbul dosa itu berartimasuk jerat setan. Biarkan Allah sendiri yang akan menghukumkan mereka pada waktunya dengan cara2 Allah sendiri, tidak perlu dicarikan cara2 hukuman yang cocok!

Kita memang harus cerdik supaya jangan dimakan orang2 jahat ini, tetapi jangan berdosa sampai dalam hati dan angan2 kita!

Mat 10:16

Lihatlah, Aku mengutus kamu seperti domba keluar di tengah-tengah serigala, sebab itu berlakulah bijaksana seperti ular dan tuluslah seperti merpati. (KJI)

Banyak orang tidak mengerti, membiarkan angan2nya mengembara dalam segala macam bentuk dan cara yang sebetulnya adalah akibat adanya dosa kebencian, bahkan sampai melebihi batas (sebab dalam angan2, bisa berbuat apa saja tanpa batas), sehingga hilang sejahtera, takut, bingung, sebab ditinggalkan Allah, Roh Kudus pergi daripadanya. Dan wai, bisa jadi korban kejahatan iblis dan Antikris, yaitu kaki tangan dan pesuruh2nya! Jangan sampai terseret dalam macam2, cara2 menghukum dan membalas “yang adil” di dalamangan2 sendiri; menghukum adalah bagian Tuhan!

Rom 12:19

Kekasih, janganlah kamu membalas sendiri tetapi berilah tempat pada murka Allah; sebab telah tertulis: Pembalasan adalah bagian-Ku. Akulah yang akan membalas, kata Tuhan. (KJI)

Dia tidak pernah terlambat, dan hukumannya tepat, setimpal, jangan ragu2. Yang lebih hebat lagi, kalau “Yudas” itu juga ada di tengah2 kita, seperti Yudas di tengah2 murid2 dan dicuci kakinya oleh Putra manusia Yesus dan ikut dalam Perjamuan Suci! Tetapi jangan prasangka atau menuduh. Di dalam Gereja, Tuhan lebih ketat, sebab orang yang mengerti akan dihukum lebih banyak Luk 12:48.

Tentu kalau sudah tahu, jangan mengambil Yudas, baik dalam pekerjaan sekuler, apalagi dalam pelayanan rohani. Tetapi kadang2 “Saul” itu bisa mula2 dalam Roh, lalu berakhir dalam daging Gal 3:3-4. Tetapi sekalipun ada Yudas dan Antikris di tengah2 kita, itu tidak ada yang kebetulan bagi orang beriman, jangan takut, tetapi yang penting kita harus selalu bersedia selalu hidup dalam kesucian, penuh dan dipimpin Roh.

Hati2, iblis menarget semua kita, apalagi yang main2, mendua, bercabang hati, terus menerus jatuh bangun dalam dosa, bisa langsung kena gait iblis seperti Lot, sekalipun mula2 orang benar, akhirnya jadi lebih jahat dari orang Sodom!

2Pet 2:20

Sebab jika sesudah mereka terlepas dari kecemaran dunia, melalui pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat yaitu Yesus Kristus, lalu mereka terjerat kembali di dalamnya dan dikalahkan, maka kesudahan mereka lebih buruk dari pada permulaannya. (Mat 12:43-45) (KJI)

Paulus tidak membalas orang2 yang menjahatinya, menangkap, memukuli dan memasungnya dalam penjara yang di bawah. Ia tidak membalas, tetapi menyanyi Kis 16:25, Petrus berdoa lalu tidur, tidak mau menuruti daging yang penuh kebencian dan pembalasan, yang bergelora untuk mencarikan balasan Kis 12:5. Petrus terus dipimpin Roh dalam kesucian dan pasti angan2nya besar, sebab itu ia bisa tidur dengan sejahtera. Daud tidak mau mempunyai angan2 untuk membalas Saul yang sangat jahat, sekalipun diajak waktu ada kesempatan emas untuk membalas Saul, 2 kali 1Sam 24:5-9; 26:8-12.

Tuhan sanggup membalas sendiri dengan tepat waktu dengan adil, tetapi jangan kita bertindak sendiri, apalagi penuh dengan angan2 kebencian dan pembalasan, itu dosa, nabi iblis! Orang yang menghadapi dengan kekuatan sendiri itu terbatas kekuatannya, mencari segala jalan untuk lepas, sebab tidak bisa jadi jengkel benci dan pasti timbul keinginan untuk membalas, sebab dikuasai oleh keterbatasan kekuatannya sendiri dan jatuh dalam  dosa kebencian, itu berarti ada dalam tangan iblis, bukan disertai Tuhan dan justru akan jadi korban Antikris2 iniyang sangat jahat dan mengerikan!

  1. Mata yang celik. Seringkali orang2 menjadi benci, mau membalas sendiri, punya angan2 kebencian, sehingga jatuh dalam banyak dosa dan masuk dalam jerat dan tangan iblis, sebab matanya kaburtidak melihat, tidak mengerti apa yang akan dan sedang terjadi, bodoh seperti keledai Isachar. Kej 49:14-15 sehingga bingung, kacau, putus harap dan ketakutan sampai mati.

Luk 21:26

Orang-orang akan mengalami gagal jantung karena ketakutan, sebab menantikan hal-hal yang akan datang ke atas bumi; karena segala kuasa di langit akan digoncangkan. (KJI)

Tetapi kalau kita dipimpin Roh, mata rohaninyacelik, maka kita akan dapat melihat hal2 yang sangat indah dibalik semua bahaya dan celaka dari pesuruh2 Antikris.

Apalagi pada akhir zaman, Gereja Tuhan akan jadi ajaib Wah 12:1, sama sekali kita tidak perlu takut, sebab kita akan jadi pemenang dan mengalami zaman keemasan Gereja, seperti Surga di bumi! Sebab itu perlu banyak belajar Firman Tuhan Mat 10:26-27, Amos 3:7, penuh dan selalu dipimpin Roh Ef 5:18, sehingga kita tahu apa yang akan terjadi dan Tuhan akan mempersiapkan dan memimpin kita, lebih2 untuk akhir zaman ini.

KORBAN ANTIKRIS.

Untuk orang beriman, semua korban itu terjadi dalam izin Allah, tidak pernah kebetulan dan selalu ada perhitungan yang matang dan menguntungkan anak2 Allah.

  1. Dalam hujan Awal ada korban sampai mati syahid, tetapi ini menjadi pahala ekstra, juga tingkatannya meningkat,misalnya Yohanes Pembaptis yang mati syahid tetapi waktu Yesus mati di Golgota, mungkin ia sudah bangkit, karena pahala ekstra yang diterimanya, sehingga nabi yang terbesar inimungkin menjadi sempurna dan masuk kebangkitan sulung Mat 27:51-53.

Dalam hujan Akhir untuk orang beriman tidak ada yang mati sekalipun Antikris mulai masuk dalam puncak kejahatannya. Ancaman dan aniaya masih bisa datang bahkan limpah, tetapi orang yang akan ikut pengangkatan, tidak akan mati. (Ini untuk banyak orang, global, mungkin 750 juta atau 1 milyard) 1Kor 15:51.

  1. Yang jadi korban adalah orang Halaman, bukan orang Ruangan Suci Wah 11:2, baik waktu akhir zaman, sebab masuk dalam golonganpengangkatan (1551), tidak akan mati.

 

Juga dalam segala zaman, Tuhan mengizinkan hal2 yang terjdai untuk keuntungan masing2. Orang Halaman (jatuh bangun dalam dosa, suam, bercabang dalam Polarisasi akan terseret dan hanyut dalam dosa dan akan jadi sangat jahat dan mati dalam dosa atau tertinggal. Orang Halaman, sekalipun pemimpin atau tokoh dalam umat Tuhan seperti orang Parisi (Mat 23) mereka akan hanyut dalam dosa dan jadi korban segala kejahatan iblis dan pesuruh2nya yaitu Antikris (yang dengan berani ber-kata2 dan berbuat melawan Gereja dan umatNya). Orang beriman yang jadi korban (yaitu orang Halaman) itu membuat ketakutan dan kengerian bagi mereka yang mata rohaninya tidak celik seperti Luk 21:26!

Sebab itu kita harus ber-jaga2 seperti lima gadis bijak = Ruangan Suci. Yaitu rutin dalam kesucian, penuh dan dipimpin Roh, limpah dengan 7 KPR, tanpa dosa ataupun angan2 kebencian! Orang seperti ini, matanya  celik, bisa melihat rencana Allah yang indah, bukan sebaliknya. Jangan takut, Tuhan sanggupmemelihara dengan aman sesuai dengan rencanaNya.

  1. Dalam 3,5 tahun I. Antikris sudah berkuasa penuh secara resmi, tetapi Gereja yang limpah dengan hadirat Allah Tiasa (Tiga adalah satu) akan menghadapi mereka dengan hikmat dan kuasa Allah, sehingga umat Tuhan melihat kemuliaan Allah yang besar dan Antikris tidak berdaya, ia hanya bekuasa diantara orang2 Halaman yang tetap jadi korbannya dan diantara orang dunia. Tetapi orang yang ada dalam Ruangan Suci akan mengalami keadaan yang top paling indah dalam sejarah dunia, yaitu surga di bumi dalam Gereja yang ajaib.

Dalam 3,5 tahun II, sesudah pengangkatan, Antikris berkuasa penuh dan umat Tuhan yang bertobat kembali (lebih2 karena shock pengangkatan) akan di-injak2 Antikris dan pengikutnya sampai mati Wah 13:7. Dahsyat, tetapi ini kesempatan terakhir. Bertobatlah hari ini juga kalau ada dosa dan bersedialah dalam Ruangan Suci. Jangan menunda, mau bertobat besok2, orang seperti ini akan jadi jauh lebih jahat dari orang dunia seperti Lot 2Pet 2:20. Sebab itu jangan suam atau setengah2 ikut Tuhan, bercabang dengan dunia. Tetapi sepenuhnya ikut Tuhan dalam kesucian dipimpin Roh, sehingga tidak binasa dalam dosa jadi korban Antikris dan terhilang jiwanya.Orang yang bersedia itu tanda2nya adalah hidup rutin dalam kesucian sampai dalam angan2nya, tidak ada pikiran dan angan2 kebencian, selalu penuh dan dipimpin Roh seperti lima gadis bijak.

VII. MENGAPA TUHAN MENGIZINKAN?

Hidup dalam dunia ini bukan hanya untuk percaya lalu selamat, tetapi juga untuk tumbuh dan itu sekolahnya di dunia (yang penuh dengan dosa dan penderitaan) bukan di Surga (tidak ada pengolahan disini). Semua pencobaan yang datang, Tuhan selalu menguasainya, tidak lebih dari kekuatan kita 1Kor 10:13, untuk mengolah dan menumbuhkan umat Tuhan. Tetapi pada penamatan rencana Allah, Gereja akan disempurnakan untuk diangkat, ujiannya juga paling berat, yaitu dengan ujian akhir global. Sebab itu kita harus bersedia, sebab mungkin sekali kita sudah masuk dalam masa menjelang M70D! (Andaikata kita tidak termasuk Generasi Akhir Zaman, tetaplah hidup dalam kesucian, tumbuh dalam pimpinan Roh Kudus, sebab orang yang setengah hati atau undur, kapan saja di segala zaman akan mudah tertipu dan diseret iblis sehingga makin meningkat dosa2nya dan akhirnya akan binasa kekal). Sebab itu dalam kasus2 yang jahat, istimewa dari Antikris yang sudah beredarsekarang (banyak dosa tingkat II, dalam roh setan) kita tetap harus lulus, apalagi menghadapi puncak2 dosa dan Antikris yang dahsyat di akhir zaman ini, rata2 dosa meningkat sampai tingkat II dan III! Kita menang bukan dengan kekerasan, dosa, kebencian dan bergumul dengan kekuatan manusiawi, tetapi dengan mengampuni, kasih bukan benci atau dendam, tetapi limpah dengan hikmat dan kuasa Allah, ber-sama2 Tuhan dipimpin Roh, sehingga tetap terpelihara, lebih2 untuk pengangkatan! Musa menghadapi Antikris (orang Israel yang dikendalikan roh2 setan) dengan kasih, dipimpin Roh itu bukan dengan kebencian dan menghukum, tetapi dengan kuasa Allah, tetapi jugamengampuni, dan dengan kasih mengusahakan keselamatan mereka.

KESIMPULAN.

Jadwal akhir zaman pasti diberitahu Allah pada umatNya pada waktunya, belajarlah selalu Firman Tuhan dan terus penuh dan dipimpin Roh. Sudah banyak timbul Antikris dan korban2nya dan masih berlanjut terus di mana2, apalagisemua ini akan sampai pada puncaknya dalam masa penamatan rencana Allah; Perbuatan jahat yang ditimbulkan Antikris adalah salah satu ujian untuk umatNya, sebab itu hadapi dengan betul, menurut cara2 Allah dipimpin Roh dalam kesucian dan kasih.

Di tengah2 banyak dosa dan kekejian Antikris yang ada, tetaplah hidup dalam kesucian, sehingga selalu lulus, lolos dan tumbuh dalam rencana Allah yang mulia. Kita harus tetap hidup dalam kesucian, selalu dalam sejahtera dan terus penuh dan dipimpin Roh, jangan sedikitpun dalam dosa, tetapi tetap dalam kesucian sampai angan2nya, penuh kasih, sehingga makin tumbuh seperti Kristus.Tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran dan selalu taat dipimpin Roh, kita akan mengalami masa2 puncak rencana Allah yang paling indah dan mulia dan tidak akan dikalahkan oleh Antikris, iblis dan kaki tangannya.