M4264 – Akhir Zaman

AKHIR ZAMAN.

Kita akan melihat dalam garis besarnya masa atau saatnya dari beberapa peristiwa penting yang terjadi dalam Minggu ke-70 Daniel 1Tes 5:1. Ini memang seharusnya kita ketahui supaya bisa ber-jaga2 dengan baik.

Akhir zaman adalah saat terakhir dari kehidupan di dunia ini (bahkan dari seluruh zaman di dunia ini, 2000 tahun terakhir ini dapat disebut sebagai akhir zaman secara umum seperti ditulis dalam Kis 2:19 yaitu zaman Roh Kudus, sejak Roh Kudus dicurahkan di atas bumi. Tetapi 2000 tahun sebagai akhir zaman itu terlalu panjang, ini hanya bagian terakhir dari segala zaman. Penamatan rencana Allah hanya terjadi dalam 7 tahun terakhir.

Kalau rencana Allah sudah genap (3 Angka kedatangan Tuhan digenapi), maka “masa selang” dari nubuat 70 Minggu Daniel” dihentikan lalu Minggu ke-70 Daniel (= 7 tahun)dimulai, sebab dengan ini Allah akan menamatkan rencanaNya dalam dunia ini Dan 9:24.

Kalau Minggu ke-70 Daniel dimulai (7 tahun terakhir), maka seluruh peristiwa akhir zaman akan digenapkan disini (juga sebentar sebelum dan sesudahnya). Kita perlu tahu waktu atau saatnya dari setiap peristiwa yang terjadi dalam masa penamatan ini 1Tes 5:1.

Kalau rencana Allah bagi manusia di dunia tamat, maka tinggal lagi “1 hari masa perhentian Allah” Kej 2:2 (= 1000 tahun 2Pet 3:8 = Kerajaan 1000 tahun) adalah masa perhentian (dimana Israel akan dipulihkan) lalu baru terjadi kiamat.

Jadi Minggu ke-70 Daniel adalah masa penamatan rencana Allah yang sudah dijanjikan Allah dalam nubuatan 70 Minggu Daniel. Ini terdiri dari 3,5 tahun I dan II. (Pembagian ini penting sebab ditentukan Tuhan, misalnya Wah 11:2,3; 12:6,14).

3,5 tahun = 2 + 1 + 1,5 masa = 1260 hari. 1 Bulan Alkitab adalah 30 hari.

Peristiwa yang terjadi dalam Minggu ke-70 Daniel dalam garis besarnyanya adalah:

  1. Ini adalah 7 tahun terakhir dalam rencana Allah dalam dunia (yaitu 6 hari kerja Allah ~ 6.000 tahun).
  2. Saatnya tidak diketahui, hanya Bapa yang tahuMat 24:36, yaitu tiba2 masa selang (dari 70 minggu nubuat Daniel) dihentikan lalu Minggu ke-70 Daniel mulai digenapkan. Ini terjadi sesudah:

2.1. Gereja selesai (3 angka kedatangan Tuhan genap).

2.2. Israel mau kembali.

2.3. Kejahatan dan dosa dunia sudah sampai pada batasnya.

  1. Sebentar sebelum Minggu ke-70 Daniel ini(harus ada persiapan Mat 24:42) sampai 7 tahun ini selesai (dan sesudahnya ada 45 hari masa peralihan ke dalam Hari perhentian Allah) adalah masa penamatan rencana Allah.
  2. Umur manusia di seluruh dunia dihentikan, dipotong ber-sama2 untuk penamatan ini Rom 9:28, tetapi Tuhan memberi restitusi waktu dalam Minggu ke-70 Daniel ini. Kis 3:21.
  3. Gereja (orang2 beriman) yang sudah bersedia Mat 24:42, mereka ditentukan (tanggal Penentuan) untuk ikut pengangkatan dan sebab itumenerima restitusi dari umurnya yang dipotong (karena dihentikan atau ditamatkan ber-sama2) untuk mengejar kembali tingkat rohani yang hilang (karena umurnya dipotong bersama) lalu ikut pengangkatan. Mereka dibantu dengan fasilitas akhir zaman keluar dari rencana Allah (sehingga Gereja menjadi ajaib Wah 12:1) untuk mendapatkan kembali tingkat yang hilang karena dipotong bersama dalam penamatan rencana Allah).
  4. Orang beriman yang tidak bersedia (dan orang dunia) tidak ikut pengangkatan, mereka mati dalam dosa atau tertinggal sampai pengangkatan terjadi. Mereka semua ikut dalam proses penamatan dari iblis karena mereka semua ikut tumbuh dalam dosa dalam Polarisasi dosa (Wah 22:11) yang terjadi menjelang Minggu ke-70 Daniel.
  5. Dalam restitusi ini, Gereja yang bersedia yang sudah ditentukan untuk ikut dalam pengangkatan, tingkat rohani yang hilang (karena dipotong bersama) akan kembali atau pulih dalam restitusi 3,5 tahun dari Allah. Tetapi orang yang tidak bersedia, hidup dalam dosa dan hanyut dalam Polarisasi dosa akan diseret oleh iblis dan Antikris meningkat dalam dosa2nya untuk rencana pemberontakan melawan Allah. Pada masa ini orang2 dari golongan yang ikut dan tidak ikut pengangkatan, sudah tidak bisa berpindah golongan sampai pengangkatan terjadi.
  6. Antikris muncul dalam Minggu ke-70 Daniel. Menurut Daniel 7 ada 3 binatang Antikris dalam 3,5 tahun I dan satu binatang Antikris yaitu yang ke-4 dan muncul dalam 3,5 tahun II dan menguasai seluruh dunia sesudah Gereja diangkat.
  7. Masa hukuman Allah. Sebab dosa manusia melebihi batas, maka hukuman Allah mulai turun dalam Minggu ke-70 Daniel, yaitu 7 Meterai, 7 Sangkakala, dan 7 Bala yang terbagi dalam 2 masa, yaitu masing2 3,5 tahun dalam Minggu ke-70 Daniel.

3,5 tahun I menjadi masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17 dimana hukum dalam rumah Tuhan jadi keras sekali (disebut masa hukuman rumah Allah selama 3,5 tahun) sebab sekalipun ada Antikris, dunia dikuasai oleh Allah dan GerejaNya, dan semua orang dalam Gereja harus tunduk pada peraturan yang sangat tertib (ditingkatkan 2Kor 10:6) sehingga orang2 yang tidak bersedia, yang hidup dan tumbuh dalam dosa, tidak tahan Kis 5:13.

3,5 tahun II jadi masa hukuman dunia 1Kor 11:32 (sebetulnya sudah mulai dari 3,5 tahun I, tetapi Antikris baru bisa menguasai dunia sesudah Gereja diangkat dan masa hukuman rumah Allah menjadi nyata disini).

  1. Gereja yang tertinggal. Akibat shock pengangkatan (Allah mengizinkan tanda2 khas dari pengangkatan) orang2 yang tertinggal ini ada yang bertobat kembali, tetapi diserahkan dalam tangan Antikris yang ke-4, yang menguasai dunia waktu itu Wah 13:7. Yang membinasakan mereka semua dalam masa aniaya Antikris yang paling dahsyat Mat 24:21 (sesuai dengan prinsip Allah untuk orang yang keras hati dalam dosa, tetapi masih mau bertobat pada kesempatan terakhir 1Kor 5:5). 11. Dua Saksi. Ketiga Pribadi Allah sudah meninggalkan dunia sesudah pengangkatan dan orang beriman yang tertinggal hanya dikuatkan oleh 2 Saksi, tetapi tidak bisa melepaskan mereka dari tangan Antikris.
  2. Kedatangan Tuhan Yesus kembali.

Tahap 1 untuk umat Tuhan yang bersedia, yaitu pada pertengahan Minggu ke-70 Daniel, tetapi Tahap 2 untuk semua orang berdosa pada waktu itu dan mereka dihukumkan dalam perang Harmagedon yang merupakan pengadilan Allah (Kursi Pengadilan Raja) untuk semua orang yang ikut Antikris dan juga Antikris sendiri, iblis dan semua roh setan, kembali dimasukkan semuanya dalam tempat hukumannya masing2.

  1. Kebangkitan manusia terjadi bergantian, tidak sama. Orang benar bangkit lebih dahulu dalam Minggu ke-70 Daniel. Kebangkitan ini diumpamakan sebagai panen besar pada pertengahan Minggu ke-70 Daniel dan panen sisa pada akhir Minggu ke-70 Daniel (buah sulung pada waktu Putra manusia Yesus mati di Golgota melunasi dosa manusia). Kebangkitan orang dosa sesudah kerajaan 1000 tahun sekaligus semuanya dan langsung masuk dalam Tahta Putih Yang Besar. Kemudian ke Tasik Api menanggung dosanya di sana untuk kekal.

Ini garis besar dari apa yang terjadi dalam Minggu ke-70 Daniel sebelum pengangkatan dan kebangkitan orang benar di hadapan Tuhan.

KESIMPULAN.

Salah satu tanda pasti dari penamatan rencana Allah adalah Yerusalem.