M4263 – Mengapa Perlu Mengerti Tentang Jadwal Akhir Zaman ( XII )

PKH 9:10. MENGAPA PERLU MENGERTI TENTANG JADWAL AKHIR ZAMAN (XII).

ALLAH ITU BAIK dan rencanaNya bagi setiap anak2Nya itu selalu yang sempurna, tetapi hasilnya tergantung dari kita masing2 Rom 2:11. Kalau kita tidak mengerti, tidak dapat yang terbaik (Mrk 12:24), bahkan bisa tertipu iblis seperti Hawa, hilang semua yang baik, bahkan binasa, seperti Yudas, Saul yang terus berkeras hati, sehingga masuk Neraka (bunuh diri itu pasti masuk Neraka, sebab pembunuh tidak masuk Surga, sekalipun yang dibunuh adalah dirinya sendiri Wah 22:15).

DI DUNIA ATAU DALAM ALAM ROH.

Ada dua perbedaan penting tentang segala peristiwa2 akhir zaman, bila terjadinya?

  1. Pada waktu hidup. Semua peristiwa2 yang kita alami selama hidup di dunia ini, itu sangat mempengaruhi hidup kita, sebab itu menentukan nasib untuk kekal! Begitu juga semua peristiwa akhir zaman yang terjadi, selagi kita hidup, kita ikut serta dalam peristiwa2 itu dan juga sangat dipengaruhi olehnya.
  2. Sesudah mati, peristiwa2 akhir zaman apapun tidak ada untung ruginya bagi kita, sebab nasib kita sudah pasti, sudah ditentukan pada akhir hidup kita secara pribadi (waktu mati) atau secara massal pada saat umur semua orang dihentikan, di-stop ber-sama2 pada saat dunia ditamatkan, pada waktu permulaan Minggu ke-70 Daniel. Semua orang pasti akan sampai vonis pada akhir hidupnya (waktu mati) atau golongan 1551 (itu orang2 yang tidak pernah mati), langsung dapat vonis ikut pengangkatan pada permulaan Minggu ke-70 Daniel, yaitu pada tanggal Penentuan Yoel 3:14, yaitu pasti akan ikut dalam pengangkatan. Tidak ada inkarnasi, itu tipu daya iblis yang dahsyat, yang dipercayai oleh jutaan orang di dunia; juga tidak ada “api pencucian”, ini diartikan Neraka percobaan di alam berzakh, ini tafsiran yang sama seperti inkarnasi, memberi pengharapan palsu, yaitu masih ada kesempatan sesudah mati, masih bisa bertobat dan berubah di dalam api pencucian, padahal sesudah mati, tidak ada kesempatan lagi; Ini pengharapan palsu. Api pencucian itu di dunia sekarang ini, misalnya 1Pet 1:7, Zak 13:9, Dan 3:17-18, bukan sesudah mati. Dengan pengharapan palsu ini iblis berusaha menetapkan dan meneguhkan orang2nya (lebih2 orang beriman yang jatuh) supaya tetap dalam kesukaan dosa yang sesaat Ibr 12:25. Sebab masih ada lagi kesempatan dalam api pencucian sesudah mati, atau dalam inkarnasi yang akan datang. Ini tipu daya iblis yang lihai dan dahsyat, sehingga orang tetap berkeras hati dalam kesukaan dosa, bahkan sekalipun sudah mengalamicelaka dosapun, mereka masih berharap bisa berubah jadi kesukaan dosa yang lain, mumpung masih hidup! Ini siasat dan tipu daya iblis yang sangat keji.
  3. Ada 2 macam akhir kehidupan manusia, yaitu penamatan secara pribadi (waktu mati), atau penamatansecara ber-sama2, massal pada permulaan Minggu ke-70 Daniel), kalau sudah selesai penamatan, berarti sudah diolah, sudah diuji dan hasilnya menentukan nasibnya untuk kekal, tidak bisa berubah lagi. Sebab itu peristiwa2 akhir zaman yang akan datang selama kita masih hidup di dunia, itu sangat penting sebab mempengaruhi nasib kita dalam kekekalan. Sesudah penamatan nasibnya tidak bisa berubah lagi, baik di Surga, atau di neraka; juga berapa banyak tingkat2 kemuliaan masing2 di Surga tidak bisa ditambah lagi untuk kekal. Juga tingkat hukuman di Neraka untuk kekal ditentukan dari akibat hidup dosa di dunia ini saja.

III. UNTUK ORANG YANG SELAMAT DAN BINASA.

  1. Untuk orang yang selamat, orang benar, akhir hidupnya diumpamakan seperti penuaian (ada 3 tahap)1Kor 15:23, yaitu:

1.a. Buah sulung Im 23:10 = orang sempurna.

Inilah orang2 tingkat sempurna yang sudah langsung naik ke Surga, yaitu Henokh, Elia dan “Musa”. Orang2 sempurna Wasiat Lama yang mati, ikut bangkit waktu Putra manusia Yesus mati (mungkin Abraham, Ishak, Yacob, Yusuf, Daniel, Ayub dll) dan orang2 sempurna Wasiat Baru (jumlah semuanya adalah 144.000 Wah 14:1) yang sebagian besar muncul dalam 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel, langsung naik ke tahta Allah sebelum pengangkatan (digambarkan sebagai anak laki2 {man child} Wah 12:5).

Jadi buah sulung itulah orang2 sempurna dari segala zaman, sejak Wasiat Lama sampai Wasiat Baru, sampai akhir kehidupan manusia di dunia (lalu Surga Bumi Lama diganti Surga Bumi Baru = New Heaven and new Earth Yes 65:17,22, 2Pet 3:13, Wah 21:1).

1.b. Panen besar.

Inilah semua orang yang selamat sampai hari kedatangan Tuhan, baik yang sudah mati (dari Wasiat Lama dan Wasiat Baru), semua akan bangkit pada hari pengangkatan (1Tes 4:16-17) dan orang2 yang masih hidup dan bersedia pada hari pengangkatan, tanpa mengalami kematian (tidak pernah mati) akan berubah dalam sekejab, naik bertemu Tuhan Yesus waktu Ia datang kembali untuk umatNya (inilah golongan 1551). Ini adalah jumlah terbesar yang akan menjadi pewaris/penghuni kerajaan Surga (dan Surga Bumi Baru) untuk kekal. Ini terjadi dalam pertengahan Minggu ke-70 Daniel.

1.c. Panen sisa/ susulan. Im 19:9; 23:22, Hak 8:2, Yes 17:6; 24:13, Yer 49:9, Ob 5, Mik 7:1.

Semua orang yang termasuk golongan 1551 akan ikut pengangkatan. Mereka sudah ditentukan untuk ikut pengangkatan pada awal Minggu ke-70 Daniel, yaitu pada tanggal penentuan, seperti pada waktu seruan Mempelai datang Mat 25:6. Pada tanggal penentuan ini, orang2 beriman dibagi 2 yaitu golongan lima gadis bijak yang sudah siap menunggu Mempelai datang, dan golongan lima gadis bodoh (golongan 1102, yang tertinggal). Pada tanggal penentuan yang sangat penting ini (permulaan Minggu ke-70 Daniel) mereka terpisah dengan sendirinya, dengansenyap, tenang2, tidak ada keributan, tetapi ini merupakan pemisahan yang dahsyat, terus terpisah untuk selamanya, bahkan sampai kekal. Luar biasa! Semua tidak sadar pada waktu itu, karena tampaknya biasa2 saja, tetapi mereka tidak pernah bertemu lagi, masing2 jalan sendiri2. Lima gadis bijak ikut dalam Pesta Kawin mempelai, tetapi lima gadis bodoh tidak boleh masuk, sekalipun pada waktu Mempelai datang, mereka juga datang, tetapi ditolak Mat 25:11-13. Dahsyat! Itu yang terjadi pada hari pengangkatan, meskipun penentuannya sudah terjadi pada tanggal penentuan pada permulaan Minggu ke-70 Daniel.

Ternyata ada banyak orang Kristen yang tertinggal, tidak ikut pengangkatan. Orang2 yang seperti lima gadis bodoh (mereka pernah menyala, pernah punya minyak, selalu ber-sama2 dalam lima gadis bijak, rasa2nya tidak ada yang dibedakan, terus ber-sama2 (seperti Mat 13:29, lalang tidak boleh dicabut dari antara gandum, mereka tumbuh bersama, tetapi jenisnya lain). Tetapi sejak mulai Minggu ke-70 Daniel, mereka betul2 terpisah untuk kekal, tidak pernah bertemu lagi.

Apalagi orang beriman yang keras hati, yang terus menerus hidup dalam dosa, juga yang suam. Juga mereka yang biasa2 saja, yang jatuh bangun dalam dosa, yang tidak terlalu jelek bahkan tidak jelas bedanya dengan yang sungguh2, ini semua tertinggal. Sebab sebelum Minggu ke-70 Daniel mereka yang suam dan “netral” ini hanyut dalam arus dosa Polarisasi yang besar Wah 22:11(yang seperti tsunami dosa), sehingga dosanya makin meningkat dan menjadi sangat jahat, Lot. Contoh yang jelas adalah seperti Lot, orang benar tetapi mendua, bercabang hatinya, akhirnya hanyut dalam arus dosa Sodom, sehingga menjadi orang yang lebih jahat dari orang Sodom, sehingga menjadi orang yang lebih jahat dari orang Sodom sendiri! Lot itu mula2 hanya “pro Sodom”, tertarik pada Sodom.

Lot tidak mau dan tidak berani masuk Sodom, tidak berani meninggalkan Abraham, tetap ber-sama2 dengan Abraham di padang gurun yang sepi, yang membosankan dan kosong bagi Lot. Melihat kemeriahan Sodom, Lot ingin, tetapi tidak berani ke sana. Tetapi pada satu saat, waktu timbul perkelahian antar gembala2 Lot dan Abraham (bukan antara Lot dan Abraham), Abraham minta merkea bercerai dan kesempatan ajaib dan indah ini dipakai Lot baik2. Kej 13:8-13. Lot mendekati Sodom, bahkan akhirnya masuk. Mula2 ia sangat susah, tidak tahan melihat cara hidup orang Sodom dalam dosa.

2Pet 2:8

Sebab orang benar itu tinggal di antara mereka, dengan melihat dan mendengar perbuatan-perbuatan mereka yang fasik itu, tersiksalah jiwa orang benar itu dari hari ke hari. (KJI)

Tetapi Lot tidak mau pergi daripadanya, meskiupn ia tahu Sodom itu jahat dan keji. Lot termasuk orang bodoh.

Ams 22:3

Orang bijaksana itu serta dilihatnya jahat, maka disembunyikannya dirinya, tetapi orang bodoh melangsung juga lalu kena.

Sebab ingin, mau, tidak lari, ia hanyut dalam dosa orang Sodom dan ketularan. Waktu orang Sodom menuntut tamu Lot (malaikat2 yang datang padanya), dengan mudah ia menyodorkan anak gadisnya yang masih perawan, boleh dipakai. Dosa zina dengan Lot itu sudah jadi hal yang biasa. Kalau gadis2nya dipakai orang2 Sodom, itu hanya seperti pakaian kotor, habis dicuci bersih lagi; Ukuran kesucian Lot begitu rendah, seperti orang Sodom. Bahkan waktu lari dan masuk gua, ia berbuat dengan anak2nya perkara yang sangat keji, bahkan lebih keji dari orang dunia.

1Kor 5:1

Sesungguhnya terdengar kabar bahwa ada zina di antara kamu bahkan zina yang seperti itu, tidak pernah disebut sekalipun di antara bangsa-bangsa kafir, bahwa ada orang yang mengambil isteri bapaknya. (KJI)

Jadi akhirnya Lot menjadi orang  yang lebih keji dan jahat, lebih dari orang Sodom itu sendiri dan ia binasa untuk kekal. Begitu orang2 yang suam, waktu mendekati Minggu ke-70 Daniel (karena kena Polarisasi dosa), mereka hanyut dalam dosa2nya dan menjadi jahat dan keji sekali seperti Lot. Sebab itu pada waktu pengangkatan, ada banyak orang Kristen yang tertinggal.

Tetapi orang2 yang tertinggal ini, kena shock pengangkatan yang dahsyat ini, suatu pengalaman yang sangat mengejutkan (bukan saja saudara2 atau orang dekatnya hilang dengan cara yang sama di seluruh dunia (tiba2 hilang seperti jadi uap dan semua yang dipakai tertinggal) dan mereka tahu inilah pengangkatan. Juga kubur2 terbuka, pecah (kemungkinan juga peti matinya, seperti kubur beton, bentuknya mewah dan kuat kekar, tetapi semua pecah) isinya habis sama sekali, kecuali barang2 yang dipakai yang masih ada pada mayat, itu tertinggal).

Ini terjadi dalam detik yang sama dari seluruh dunia. Orang Kristen yang ketinggalan sudah tahu, yakin, mereka tertinggal sebab itu mereka bertobat sungguh2, tetapi Allah (termasuk Roh Kudus) sudah meninggalkan dunia 2Tes 2:7, sehingga Antikris dapat menguasai seluruh dunia.

Ternyata Allah dan GerejaNya sudah tidak ada di dunia lagi, sebab dunia sudah diserahkan pada Antikris dan iblis yang menguasai seluruh dunia global, internasional! Selama 3,5 tahun Wah 13:7. Semua harus menerima cap Antikris, kalau tidak, mereka  dianiaya dengan cara yang paling dahsyat yang pernah ada Mat 24:21. Mereka yang tertinggal begitu menyesal, sehingga apapun akibatnya, bagaimanapun dahsyatpun sengsara yang diterimanya, mereka tetap menolak cap Antikris dan mengalami aniaya yang dahsyat sampai mati, tetapi tidak boleh bunuh diri itu dosa pembunuhan!).Mereka (bekas orang Kristen) mengerti ini, bahwa sengsara Antikris ini (yang hanya 3,5 tahun) jauh lebih ringan daripada sengsara Neraka yang kekal,

Mereka harus menghadapi Antikris sendiri,harus bergumul dengan kekuatannya sendiri, hanya dibantu oleh 2 Saksi yang tidak berdaya melepaskan mereka yang tertinggal dari aniaya Antikris sampai mati,  hanya menguatkan imannya. Sesudah mati karena setia mengakui imannya, rohnya masuk ke Surga dalam tingkat Mezbah Korban Bakaran di Halaman Wah 6:9, tetapi mereka selamat, sekalipun seperti menerusi api 1Kor 3:15. Jumlahnya sangat banyak Wah 7:9 (mungkin lebih banyak daripada yang ikut pengangkatan, barangkali setengah atau kurang sedikit dari jumlah orang Kristen di dunia). Mereka hanya punya jubah putih, yang dahulu dibuang dan tidak dipedulikan waktu hidup di dunia dan daun kurma di tangannya yaitu kesukaan yang besar, sebab ternyata mereka masih selamat dan itu untuk kekal.

1.d. Orang2 yang lolos dari zaman Antikris. Sebab menolak cap Antikris (dengan kemurahan Tuhan seperti 7.000 lutut yang menolak baal dalam zaman Achab 1Raj 19:18) mereka tidak dihukum mati dalam perang Harmagedon. Mereka adalah 144.000 orang Israel yang lolos dan orang2 bangsa lain yang juga lolos, mungkin jumlahnya juga sekian. Mereka lolos dari zaman Antikris dan perang Harmagedon, masuk Kerajaan 1000 tahun sebagai penduduknya, dalam tubuh jasmani. (Orang beriman yang tertinggal dan kembalibertobat, tidak ada yang masih hidup, semua yang menolak cap Antikris dibinasakan Wah 13:7).

Dalam kerajaan 1000 tahun yang ideal mereka berkembang biak sampai dunia penuh lagi dengan orang (Adam Hawa berdua, bisa memenuhi dunia sekarang, lebih2 dalam dunia yang ideal dalam Kerajaan 1000 tahun yang mula2 kosong, oleh orang2 Israel dan orang kafir yang ada ini, akan penuh kembali dengan orang). Mereka semua, hampir2 tidak mengalami ujian dalam kerajaan 1000 tahun, kecuali harus taat akan pemerintahan kerajaan 1000 tahun (Kristus dan orang2 suci). Tetapi pada akhir kerajaan 1000 tahun iblis dkk dilepas menggoda penduduk kerajaan 1000 ltahun dan banyak yang memberontak melawan Kristus dan dibinasakan dalam perang Gog dan Magog, masuk Neraka!

  1. Orang berdosa yang binasa, terhilang.

Ini juga ditentukan hanya di dunia. Di Neraka mereka hanya menerima akibat atau penuaian dosa untuk kekal. Ini terdiri dari:

Semua orang berdosa yang mati dalam dosa sejak Adam dan Hawa jatuh dalam dosa. Kalau Kain tidak bertobat, ia menjadi orang pertama yang masuk Neraka. Kemudian sesudah itu banyak orang lain, Lamekh, orang2 dosa zaman Nuh dst sampai segala zaman, dan sampai akhir Kerajaan 1000 tahun. Semua orang dosa di dunia akan mati dan rohnya masuk Neraka.

KEBANGKITAN MANUSIA.

Manusia itu roh. Pada waktu mati, tubuhnya jadi abu, rohnya kembali masuk dalam alam berzakh, ke tempatnya yaitu Surga untuk orang yang percaya Tuhan Yesus. Orang dosa, yang tidak percaya, rohnya masuk Neraka.

Kemudian semua orang satu kali akan bangkit dalam tubuh kebangkitan Yoh 5:28-29.

  1. Orang benar bangkit bertahap seperti penuaian (seperti diterangkan di atas) dan
  2. Orang dosa bangkit ber-sama2 sekaligus, sesudah kiamat Wah 20:12-13, Dan 12:2, Kis 24:15. Sesudah bangkit mereka menghadap pengadilan Allah khusus untuk orang berdosa yaitu Tahta Putih Yang Besar.

PENGADILAN ALLAH UNTUK SEMUA MANUSIA.

Ini juga dibagi dua, yaitu untuk orang dosa dan orang benar, yang percaya pada Tuhan Yesus.Kebangkitan dan pengadilannya berbeda! Yoh 5:28-29.

Jadi semua orang akan diadili oleh Allah + Kristus 2Tim 4:1, 1Pet 4:5 sejak hidup sampai mati.

Pengadilan orang benar.

Pengadilan orang benar hanya satu kali yaitu sesudah pengangkatan dalam Kursi Pengadilan Kristus Rom 2:1,6; 14:10,12. Disitu segala rahasia hidup kita akan dibuka (rahasia dosa sudah ditutup darah Yesus, itu hilang dari ingatan Allah dan dari buku Hayat Yes 1:18; 43:25, 1Yoh 1:9, Yer 31:35, tidak ada proses pengadilan tentang dosa, sebab orang yang diadili tidak ada dosanya lagi, sudah hilang! Sebab itu orang yang dosanya belum dibereskan, tidak boleh masuk Surga Wah 21:27. Hati2, jangan kira2, tetapi pastikan segala dosa sudah dibereskan, hutang dikembalikan, dosa2 diakui dst! Kalau sudah ditutup darah Yesus, itu hilang untuk kekal! Luar biasa!).

Orang yang tampaknya besar belum tentu besar di hadapan Allah. Semua rahasia manusia dibuka. Orang besar, tetapi kalau itu karena ambisi kesombongannya, itu tidak ada artinya, justru direndahkan dalam dunia Mat 23:12 dan tidak ada pahalanya dalam Surga! Dan kalau tidak bertobat, tidak masuk Surga! Tetapi sekalipun orang kecil di hadapan manusia, tetapi indah di hadapan Allah, itu orang besar di Surga! Semua rahasia iman yang tersembunyi dalam perasaan hati yang suci, akan dapat pahala 1Tim 3:9. Orang2 yang punya rahasia iman yang suci (bukan rahasia dosa!), semua akan terbuka dan diberi pahala. Pengadilan ini akan berjalan dalam sekejab sekalipun dengan teliti dan lengkap di hadapan Kristus bersamaan. (Kalau satu per satu diadili seperti di dunia, 3,5 tahun tidak cukup untuk miliaran orang yang masuk Surga). Masing2 punya tingkat kemuliaan (sesuai dengan tingkat kesuciannya) dan pahala dari semua yang sudah diperbuat di dunia.

Pengadilan waktu mati Ibr 9:27, hanya memutuskan apakahrohnya masuk Surga atau Neraka, tetapi perbuatan masing2 akan diadili besama dalam Kursi Pengadilan Kristus (untuk orang benar atau Tahta Putih yang Besar (orang dosa).

Kursi Pengadilan Raja dalam Mat 25:22 itu hanyauntuk orang2 yang masih hidup dalam perang Harmagedon, yaitu kambing2 yang dikiri Tuhan, yang kena cap Antikris, itu tidak berkenan pada Tuhan, semua dihukum mati. Domba yang ada di kananTuhan, yang menolak kena cap Antikris tetap hidup, masuk dalam kerajaan 1000 tahun.

Orang sempurna tidak lagi diadili, mereka duduk dengan Kristus di atas tahtaNya, seperti Wah 12:5. Ini yang diincar iblis, duduk di tahta Allah di negeri Utara Yes 14:13. Orang sempurna tidak ada dosa dan tidak melewati pengadilan orang mati (Ibr 9:27 kecuali yang belum dilunasi darah Yesus, tetap mati, tetapi bangkit waktu Golgota) langsung ke tahta Allah.

Orang yang selamat seperti menerusi api 1Kor 3:15, tidak punya apa2, seperti Luk 23:43. Ini juga tidak diadili. Inilah orang2 yang bertobat kembali dalam zaman Antikris dan yang mati, sebab menolak cap Antikris. Mereka hanya selamat, tidak punya pahala,semua hanya dapat jubah putih, dan daun kurma, yaitu sukacita besar.

Pengadilan orang berdosa = Tahta Putih yang Besar.

Orang berdosa sesudah bangkit, semua ber-sama2 masuk pengadilan ini, mendapat hukumannya sesuai dengan perbuatannya di dunia; ini ditanggungnya dalam Tasik api untuk kekal Wah 14:11. Dahsyat!

KESIMPULAN.

Kita perlu mengerti jadwal akhir zaman, sebab:

  1. Allah akan membukakannya pada kita supaya kita mempelajarinya baik dalam pimpinan Roh Kudus Amos 3:7, Mat 10:26-27.
  2. Supaya kita tidak takut atau tersesat atau ditipu iblis seperti Hawa (jangan tertipu oleh inkarnasi, api pencucian, bunuh diri tidak apa2, kesukaan dosa dan dunia dll),
  3. Kalau kita tahu apa yang akan terjadi, kita bisa memilih yang terbaik, itu kehendak Allah yang akan menolong kita 1Kor 2:9.
  4. Dasar dari semuanya adalah hidup suci, penuh dan dipimpin Roh bersedia seperti lima gadis bijak Mat 24:42,44; 25:13, jangan berdosa sebab tanpa kesucian tidak bisa memandang Allah dan rahasiaNya dan pasti masuk Neraka Wah 21:27.
  5. Jangan buang2 waktu, teruslah tumbuh dalam kesucian, limpah dengan 7 Kebutuhan Pokok Rohani dan tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan 2Pet 3:18. Orang yang macet atau masa bodoh, biasanya hatinya mendua, ada dosa dan cinta dunia, ia akan hanyut dalam dosa akhir zaman (Wah 22:11) dan binasa atau tertinggal. Jangan malas jangan dibutakan mata hati oleh segala kemanisan dunia dan tipu dayanya, tetapi tumbuhlah, ini mutlak perlu, lebih2 pada akhir zaman menunggu kedatangan Tuhan.

Jadi penamatan rencana Allah, untuk semua orang, terjadi dalam Minggu ke-70 Daniel.

Nyanyian: Berachah nomer 951

  1. Celikkanlah mata hatiku, menghadapi masalah hidupku.
  2. Celikkanlah mata hatiku, menghadapi akhir zaman ini.

Koor:

S’bab Yesus lebih besar dari masalahku.

S’bab Yesus sanggup memimpin di akhir zaman.

Masalahku tak melebihi, kekuatan yang aku miliki.