M4261 – Allah Menamatkan Rencana-Nya

ROMA 9:28. ALLAH MENAMATKAN RENCANANYA.

Rom 9:28

RENCANA ALLAH.

  1. Apa rencana Allah?

Bukan membuat Surga yang indah atau bumi dan semesta yang ajaib penuh dengan pemandangan yang bagus, tumbuhan dan binatang2 yang menyenangkan, limpah dengan emas, intan dan permata2 dll, BUKAN!

A.1. Rencana Allah adalah manusia!

Ini yang utama. Semua yang lain satu kali akan dibakar habis, tetapi manusia ini yang kekal, yang jadi tujuan dari rencana Allah, yang dikasihi se-penuh2nya.

2Pet 3:10

Tetapi hari Tuhan akan datang seperti seorang pencuri pada malam hari, lalu langit akan lenyap dengan suara yang dahsyat, dan unsur-unsur akan leleh dengan panas yang sangat, juga bumi dan segala perbuatan yang ada di dalamnya akan terbakar habis. (KJI)

Sejak manusia pertama kali diciptakan (Adam lalu Hawa), Allah sudah punya rencana. Ia menciptakan manusia menurut gambarnya (Kej 1:27), dengan nafasNya sendiri Kej 2:7, sebab Ia ingin membuat manusia, sebagai mahluk berkemauan bebas yang memilih hidup suci dan kasih sama seperti Dia sendiri!

Mat 5:48

Karena itu hendaklah kamu sempurna, sama seperti Bapamu di Sorga itu sempurna.

Yoh 10:35

Jikalau mereka disebut allah2, kepadanya Firman Allah itu telah datang, (dan Alkitab tidak bisa dibatalkan),

Sebab itu sejak percaya, manusia langsung dijadikan anak2 Allah, yang kalau bertumbuh dengan baik akhirnya akan menjadi seperti Bapaknya, yaitu Allah Yoh 1:12.

Rencana Tuhan tidak berubah dan pasti akan jadi, akan genap! Tetapi rencana ini perlu waktu cukup untuk pengolahan dan usaha2 ilahi yang penuh pengorbanan (sampai PutraNya dikorbankan) kesabaran Allah, sebab manusia itu banyak yang makan hati, melawan, berontak dlll.

A.2. Mengapa begitu sulit? Apakah Allah terbatas ? Tidak! Dia maha kuasa, maha tahu dan sanggup melakukan segala kehendakNya sebab tidak ada yang mustahil bagiNya.

Luk 1:37

Karena setiap Firman Allah tiada yang mustahil. (KJI)

Ay 42:2

Kuketahuilah, bahwa Engkau juga berkuasa atas semesta alam sekalian, dan dari pada segala maksudmu satupun tiada yang dapat dibatalkan.

Lalu mengapa Allah rasanya begitu sulit dan makan hati dengan manusia yang menjadi satu2nya rencana Allah?

Sebab Allah membuat manusia sebagai mahluk berkemauan bebas dan diolah supaya dari dirinya sendiri ada kehendak untuk hidup suci seperti Allah dan mencintai Allah yang sudah mencintai manusia lebih dahulu. Kesulitan itu bukan pada Allah, tetapi pada manusia!

Supaya manusia yang bebas memilih, mau memilih Allah. Tidak memilih dosa dan memberontak melawan Allah seperti iblis, tetapi mencintai kesucian seperti Allah yang tidak pernah dilihatnya! (Lain dengan malaikat yang juga mahluk berkemauan bebas, tetapi hidup di Surga, sudah melihat dan mengenal Allah yang maha baik dan maha besar dalam segala-galanya, mereka sudah mengalami dan menikmati hidup yang ideal, bahagia dengan Allah di Surga, sehingga seharusnya lebih mudah taat sebab sudah punya pengertian dan pengalaman hidup  dalam Surga, sudah bergaul dengan Allah yang maha besar, benar, baik, dankasih).

Tetapi sebaliknya, manusia tidak tahu tentang Allah, tidak melihat, tidak kenal, tidak bisa mengerti tentang Allah, tidak tahu Surga, apalagi melihat, dsb. Sebab itu Allah sabar dengan manusia. Sesudah Ia menciptakan manusia (dari nafas atau Roh Nya sendiri Kej 2:7) lalu mengolahnya sesuai dengan kehendak dan pilihan manusia itu sendiri Luk 12:57. Dengan kasih dan sabar yang sempurna, Ia mengolah dan menunggu sampai manusia perlahan-lahan berubah menjadi seperti Allah yang benar, suci dan adil.

A.3. Cara Allah mengolah manusia.

Ia mulai langkah demi langkah dengan perencanaan yang sempurna, mulai diolah dengan:

Perasaan hatinya sendiri (dengan sisa2 kemuliaan Allah sesudah Adam jatuh Rom 3:23). Ini pegangan yang sederhana.

Rom 2:14-15

  1. Karena apabila bangsa-bangsa kafir yang tidak memiliki hukum Taurat ini, secara alamiah melakukan hal-hal dari hukum Taurat, maka bagi yang tidak mempunyai hukum Taurat, hal ini menjadi hukum Taurat bagi mereka sendiri. (KJI)
  2. Yang menunjukkan bahwa perbuatan dari hukum Taurat itu tertulis di dalam hati mereka; perasaan hati mereka juga menyaksikannya, dan di antara mereka sendiri pikirannya saling menuduh atau saling membenarkan, (KJI)

Iblis dibiarkan menggoncang dan mengganggu manusia dengan dahsyat (tetapi tidak melebihi kekuatan manusia), menjadi pencobaan dan ujian bagi manusia yang mau taat dan berkenan pada Allah, dan manusiawi membutuhkan pengorbanan yang besar yaitu menyangkali dagingnya sendiri (mematikan tubuh dosa) dan juga menyangkali segala dorongan daging dan segala tipu daya dan usaha iblis untuk menjatuhkan manusia dalam dosa, juga dari segala pengaruh isi dunia yang menyesatkannya (seperti zaman Nuh). Dan yang mau, ada yang menjadi indah seperti Habil, Set, Lamekh, Nuh sekeluarga, bahkan Henokh menjadi sempurna.

  1. Dengan Taurat sejak Musa.
  2. Dengan Injil yaitu selamat oleh pengorbanan Kristus Yoh 3:16.

Semua ini dilakukanNya langkah demi langkah sebab tidak mudah menciptakan allah2 seperti diriNya sendiri. Tetapi Allah tahu caranya dan rencanaNya sempurna, pasti jadi pada akhirnya.

BILA RENCANANYA SELESAI?

Ini diceritakan dengan banyak ayat dan nubuatan yang sudah dinyatakannya lewat hamba2Nya.

Allah membuat rencana yang sempurna dan Ia pasti sanggup menggenapkan semua rencanaNya dengan sempurna. Biasanya proyek2Nya dibuat setiap kali dalam 7 hari ilahi (=7000 tahun manusiawi 2Pet 3:8), baik penciptaan semesta dan manusia, juga untuk pengolahan manusia sampai menjadi sempurna seperti diriNya sendiri, semua dilaksanakanNya dalam 7 hari yaitu 6 hari kerja (6000 th) lalu satu hari (1000 th) perhentian Kej 2:2. Rencana Allah lengkap dan sempurna, Ia sudah tahu lebih dahulu bahwa pada akhir hari ke-6. Ia akan menyelesaikan rencanaNya dengan sempurna.

Sesudah sampai waktunya (Allah tahu saatnya dan pasti juga akan menggenapkannya dengan tepat), maka pada saat yang tepat, Allah akan menamatkan rencanaNya.

Ini dengan jelas dan terang disebutkan dalam vision 70 Minggu Daniel. Dan 9:24-27.

Dan 9:24

Bahwa tujuh puluh sabat sudah ditentukan bagi bangsamu dan bagi negerimu yang suci itu akan menutup segala kesalahan dan akan memeteraikan segala dosa dan akan menghapuskan segala kejahatan dan akan mengadakan suatu kebenaran yang kekal, dan akan memeteraikan khayal dan segala nabi dan akan menyirami yang mahasuci itu dengan masuh.

Dalam ayat ini dikatakan bahwa dalam 70 Minggu yang ditunjukkannya pada Daniel, semua rencana Allah akan genap (lihat Pelajaran 70 Minggu Daniel) semua kekurangan, kesalahan, dosa, kejahatan akan diselesaikan sampai beres, sehingga rencanaNya jadi sempurna dan genap.

70 minggu Daniel ini dibagi 3 yaitu :

7, 62 dan 1 minggu (1 minggu di sini berarti 7 th).

  1. Sesudah selesai bagian I, 7 Minggu (= 7 x 7 = 49 th), maka Bait Allah secara jasmani dalam WL dibangun kembali, dipulihkan kembali, selesai, genap dengan segala bagian2nya.
  2. Sesudah selesai bagian II, 62 minggu (=434 th) Mesias yang datang, ditolak dan dibunuh Israel.(lalu Gereja atau umat Tuhan secara rohani muncul dan bertumbuh sampai sempurna). 62 mingggu ini dinubuatkan, akan berakhir pada waktu Mesias mati bukan karena salahNya sendiri tetapi sebagai korban tebusan untuk semua umat manusia. Inilah tanggal Golgota.
  3. Sesudah selesai bagian ke 3 yaitu 1 minggu 7 th terakhir = Minggu 70 Daniel, maka semua manusia yang diolah selesai, baik Gereja dan Israel jasmani sudah disucikan dalam masa kesusahan (kepicikan) Yakub, lalu menjadi bangsa Israel yang besar dan jaya sesuai dengan rencana Allah, maka mulailah Kerajaan 1000 th, hari perhentian Allah.

Rencana Allah selesai dalam Minggu 70 Daniel ini.

Tetapi jarak antara bagian II (Mesias dibunuh) sampai bagian III (waktu selesai, muncul Kerajaan 1000 th) itu panjang dan jauh. Ini masa kosong atau masa selang yang lama l.k 2000 th. (lihat M4258 tentang Minggu ke-70 Daniel).

Tetapi kalau sudah datang waktunya rencanaNya genap, maka Allah akan menamatkan semua rencanaNya. Sesudah Gereja selesai diolah dan siap untuk diangkat, maka masa selang yang panjang dihentikan dan onceng nubuat Danielijalankanlagi untuk menamatkan rencana Allah.

Lonceng Daniel (Minggu ke-70 Daniel) adalah lonceng akhir zaman, lonceng penamatan rencana Allah.

Jadi Minggu ke-70 Daniel adalah masa penamatan rencana Allah (yaitu selama 7 tahun).

Tanggal berapa masa penamatan ini dimulai?

Ini ditentukan Allah sendiri, tetapi tidak diberi tahukan pada umatNya, atau siapa pun Mat 24:36, tetapi semua harus sungguh2 bersedia dan taat, supaya masing2 dapat ikut dalam rencana penamatan Allah, dan ikut dalam pengangkatan.  Hampir semua peristiwa akhir zaman dalam penamatan rencana Allah diletakkan dalam Minggu ke-70 Daniel atau sebentar sebelumnya.

III. ADA 2 GOLONGAN RENCANA ALLAH.

Kita melihat bahwa rencana Allah di duniaini tujuannya hanyalah manusia, sehingga inilah yang menjadi pusatnya. Yang lain semuanya itu hanya fasilitas untuk manusia dan satu kali akan dibakar habis tanpa bekas atau sisa 2Pet 3:10-12.

RENCANA ALLAH UNTUK UMAT ALLAH JASMANI DAN ROHANI.

Gereja akan ditamatkan lebih dahulu baru Israel.

Israel adalah umat Tuhan jasmani dalam Wasiat Lama yang akan dipulihkan Allah sendiri dengan gilang gemilang sesudah zaman Gereja selesai (ini sudah diterangkan panjang lebar dalam Minggu ke-70 Daniel).

Rom 11:25

Sebab saya tidak menghendaki bahwa engkau tidak mengetahui rahasia ini, saudara-saudara, (supaya jangan engkau menganggap dirimu bijak, sehingga bertindak keliru), bahwa kekerasan itu terjadi atas sebagian Israel sampai genap jumlah orang kafir masuk iman. (ayat 26) (KJI)  Sebab itu jangan ikut dalam hal2 ibadah Israel secara jasmani, kita tidak berhak, apalagi ikutcampur dalam hal politik tentang Israel jasmani, sebab akibatnya bisa keributan yang besar karena kebodohan kita, sebab tidak mengetahui rahasia dan rencana Allah. Mrk 12:24. (Dalam semua hal2 jasmani (baik tentang ibadah, rencana Allah dll) kita tidak boleh memakai kebijakan manusiawi, tetapi dicocokkan dengan Firman Tuhan, misalnya Rom 11, ini menjadi salah satupegangan ilahi yang jelas tentang rencana Allah bagi Israel secara lahiriah,istimewa dalam hal2 politis, dalam percaturan politik dunia.

Tetapi doakan mereka supaya:

  1. Injil sampai kepada mereka dan
  2. Ada yang selamat seperti bangsa2 lain Rom 11:8-9.
  3. Mereka mau menerima Tuhan Yesus sebagai Mesiasnya, lalu kembali menggenapi rencana Allah yang indah pada masanya, misalnya Luk 1:32-33.

RENCANA ALLAH MENURUT WAKTU.

  1. Dalam sekolah dunia (6.000 tahun I). Dalam dunia yang penuh dengan dosa dan akibatnya, manusia (yang mau percaya pada Tuhan Yesus) diolah supaya rohaninya bisa tumbuh se-tingginya (baik untuk umat Tuhan jasmani dan rohani).
  2. Dalam Kerajaan 1000 tahun, dalam sikon ideal, sebab bumi dipulihkan seperti Eden, bahkan lebih lagi, dan di sini Kristus dan orang2 suci (dalam tubuh kemuliaan, sesudah pengangkatan itu sudah teruji, pengolahan di dunia bagi orang2 suci ini sudah selesai) mereka duduk memerintah dengan Kristus di dalamnya. Keadaan bumi waktu ini adalah seperti Surga tingkat I, seperti Eden, sangat indah. Penduduknya ini (yaitu orang2 Israel dan bangsa2 lain Yes 2:3, yang lepas dari Kursi Pengadilan Raja, masuk dalam kerajaan 1000 tahun dan menjadi penduduknya).

Di sini mereka hidup sebagai umat jasmani, dan diperintah oleh Kristus dari Yerusalem, sebagai Rajanya. Diisni Kristus bukan lagi sebagai Putra manusia yang tidak berdaya (anak Maria lahir di Betlehem), tetapi seperti Kristus atau Mesias yang mulia, Putra manusia Yesus yang sempurna, penuh kuasa dan kemuliaan yang penuh.

Keadaan dalam kerajaan 1000 tahun adalah sbb (garis besarnya, untuk lengkapnya, selidikilah dalam buku: Kerajaan 1000 tahun, oleh Penulis yang sama):

  1. Tidak ada dosa dan akibatnya (seperti penyakit, menjadi tua, tidak mati sampai 1000 tahun, (kecuali karena dosa, sebab penduduknya masih bisa berdosa, terutama pada permulaannya) tidak ada cacat, bala dll, dunia menjadi ideal seperti Eden. Juga tidak ada kejahatan dari segi manapun.
  2. Iblis dan tentaranya tidak ada lagi, 1000 tahun bebas dari pengaruh iblis dkk. Sepenuhnya tergantung dari manusia sendiri.
  3. Seluruh dunia diperintah oleh Kristus dan orang2 suciNya dengan sangat adil, penuh kemurahan dan kesukaan yang besar. Tetapi bagi yang condong kepada dosa, ada hukum tongkat besi, sangat keras, sebab masih ada kemungkinan timbul dosa diantara penduduknya. Wah 2:27.
  4. Hidup yang ideal. Disini selain hidup dan ibadat seperti sebelumnya di dunia, penduduknya juga hidup dengan mata (bandingkan dengan 2Kor 5:7, sebab penduduknya dapat melihat dan mengalami, melihat pemerintahan yang adil, benar dan sikon yang ideal, sebab Kerajaan 1000 tahun ini seperti Eden, yaitu Surga tingkat I).

Di dunia sekarang kita harus hidup dengan iman 2Kor 5:7. Dalam Kerajaan 1000 tahun mereka hidup dalam sikon yang ideal, semua berjalan baik seperti di Eden, bahkan lebih baik dari Eden. Semua kebutuhan bisa didapat dengan mudah dan ideal, mereka dapat menikmati hidup yang damai, penuh sukacita, dan melihat Kristus dan orang2 suci yang sempurna, tanpa salah. Tetapi mereka tetap bekerja seperti kita sekarang, hanya sikonnya yang ideal.

  1. Waktunya hanya 1.000 tahun, tetapi ideal, ini betul2 Surga di bumi.

Bagi orang Kristen yang selamat, ikut memerintah dengan Kristus dalamkerajaan 1000 tahun dalam sikon yang ideal, penuh sukacita dan bahagia, suatu perhentian yang indah pada “hari ke-7” seperti Allah Kej 2:2.

  1. Ujian akhir pada akhir Kerajaan 1000 tahun. Sebelumnya hampir2 tidak ada ujian atau jarang sekali, sebab keadaannya ideal, masa perhentian Allah. Pada akhir 1000 tahun, iblis dilepaskan dan menggoda. Ini menjadiujiannya. Ternyata ada banyak yang kena godaan dan jatuh (seperti malaikat2 di Surga, waktu iblis dkk dilepaskan dari lubang tanpa dasar {Abusos} mereka digoda dan dicobai). Mereka harus memilih sesuai dengan apa yang sudah dilihat dan dialaminya selama 1000 tahun. Hasilnya langsung ditentukan dalam perang Gog dan Magog, langsung masuk Surga atau Neraka (orang berdosa dalam rencana 6000 tahun (orang benar pasti tidak dibunuh, lalu bagaimana masuk Surga, mungkin juga diangkat, seperti orang beriman yang mati dalam zaman Antikris, seperti 2 Saksi, bangkit dan naik ke Surga).diakhiri dengan perang Harmagedon).

BAGAIMANA PENAMATAN ITU DILAKUKAN ALLAH?

  1. Ditentukan saatnya oleh Allah Mat 24:36. Lonceng nubuatan Daniel berjalan lagi, Minggu ke-70 Daniel mulai, ini menjadi tanggal vonis atau penentuan Allah untuk memulai penamatan rencana Allah yang singkat (7 tahun).
  2. Penamatan rencana Allah berarti menyangkut semua orang di seluruh dunia, mereka semuadibagi dalam 2 golongan. Mereka yang sudah pasti selamat, dan bisa ikut pengangkatan (ini syaratnya lebih tinggi dari pada syarat untuk selamat yang biasa (hanya mengaku percaya Rom 13:11. Ini adalah Pintu Gerbang), yaitu penuh dan dipimpin Roh seperti lima gadis bijak, (ini setingkat dengan Ruangan Suci); maka mereka akan ditamatkan ber-sama2. Dari mana bisa dibuktikan bahwa orang2 ini bisa ikut pengangkatan? Diuji dan disaring sebelumnya. Sebab itu sebelumnya Tuhan izinkan polarisasi dosa Wah 22:11, dan peningkatan kejahatan yang dahsyat itu.ini menjadi ujian. Mereka yang sungguh2 taat dan setia dan dipimpin Roh, sekalipun dalam zaman yang amat jahat, tetap lulus, tidak jatuh dalam dosa, tumbuh dalam kesucian; mereka inilah yang akan dapat ikut pengangkatan. Kalau jumlahnya sudah genap, maka Allah memutuskan, menentukan untuk menamatkan rencanaNya dan pada permulaan masa penamatan ini (vonis penentuan) umat Tuhan dibagi dalam 2 golongan, yaitu yang bisa ikut pengangkatan dan yang tidak. Lalu lonceng Daniel ini dijalankan, Minggu ke-70 Daniel mulai, umat Tuhan yang sudah bersedia (iniyang bisa ikut pengangkatan, dan ditamatkan), dan golongan yang tidak bersedia, (inilah golongan yang tidak ikut pengangkatan). Sesudah selesai masa penamatan, terjadilah pengangkatan dan selesailah rencana Allah.
  3. Semua umur dihentikan, karena diakhiri, ditamatkan. Mengakhiri umur semua manusia

sekaligus ber-sama2 itu tidak mudah. Dengan hikmatNya, Allah memotong umur semua orang bersamaan, sekaligus, tiba2!

Ini diceritakan dengan jelas dalam ayat ini.

Rom 9:28

– Sebab Ia akan menamatkan pekerjaan(Nya),

– dan memotongnya jadi pendek (singkat) dalam kebenaran,

– sebab Tuhan akan melakukan (penamatan) pekerjaan yang singkat di atas bumi. (KJI)

Jadi Allah menvonis pada satu tanggal, yaitu tanggal penentuan untuk penamatan  pekerjaanNya. Semua hidup dipotong menjadi pendek, singkat, dan langsung dipisahkan menjadi 2 golongan, yaitu golongan yang ikut pengangkatan dan tidak. Ini vonis Allah yang dilakukan dengan tepat waktu dan adil.

Sebab itu semua orang yang sudah bersedia dengan baik dan betul, sudah pasti selamat (Allah tahu lebih dahulu) divonis, ditentukan masuk golongan 1551 dan ditamatkan .

Waktu hidup atau umurnya distop, dihentikan tiba2, mendadak itu berarti mereka yang sebetulnya masih punya sisa jatah hidup untuk pengolahan, mereka rugi, sebab kesempatan hidup untuk pengolahan dan bertumbuh, di hentikan! (Yaitu B,D,E,F,H).

Tetapi Allah tidak ngawur atau sembarangan, Dia adil bahkan penuh kemurahan, sebab itusemua diatur dengan sempurna. Ia tidak akan merugikan anak2Nya sama sekali. Ia akan merestitusi (= mengembalikan) masa hidup yang dipotong itu (karena penamatan) dan memberi kesempatan yang khusus sebagai gantinya (sebagai restitusinya), yaitu dalam masa penamatan yang singkat untuk mencapai tingkatan rohani yang hilang karena pemotongan oleh Allah (karena penamatan) bisa dicapai kembali.

Caranya, waktu hidupnya dipotong, dihentikan tiba-tiba, Tuhan memberi kesempatan exstra yang luar biasa bagi orang-orang yang sudah bersedia ini, sehingga bisa tumbuh dengan cepat dengan fasilitas ilahi akhir zaman yang khusus, sehingga mereka bisa mencapai tingkatan-tingkatan yang bisa dicapainya kalau waktu hidupnya tidak dipotong, bahkan bisa lebih tinggi lagi.

Ini terjadi sekaligus bersamaan di seluruh dunia.

Tingkat yang hilang (karena umur semua orang dipotong bersamaan) diganti dengan tingkatan yang didapat masing-masing dalam pengolahan pada kesempatan terakhir dalam masa penamatan ini! Tetapi ini juga tergantung dari iman, ketaatan dan penyerahan masing-masing. Sebab kita adalah makhluk bebas, bukan mesin atau robot. Sebab itu Tuhan sungguh-sungguh berpesan pada umatNya untuk sungguh-sungguh bersedia pada hari-hari terakhir ini supaya siap dalam kesucian seperti lima gadis bijaksana dalam tingkatan rohani yang setinggi mungkin, untuk diolah lebih lanjut dalam masa penamatan kilat terakhir ini.

Yang tidak percaya, tidak mau bersedia atau main-main akan kehilangan kesempatan pengolahan terakhir di dunia ini (dalam masa penamatan rencana Allah, yaitu 3,5 tahun sebelum pengangkatan).

Mat 24:42,44

42. Sebab itu berjaga-jagalah, karena kamu tidak mengetahui jam berapa Tuhanmu akan datang.

44. Oleh sebab itu hendaklah kamu siap sedia; karena Putra manusia datang pada jam yang tidak kamu pikirkan.” (KJI)

Bersedia dari dahulu.

Sejak dari waktu Tuhan Yesus naik ke surga, umatNya disuruh berjaga-jaga dan siap, sebab Ia akan kembali untuk membawa mereka.

Ternyata mereka semua bertemu dan dibawa Tuhan Yesus kembali dalam 2 bentuk yaitu:

  1. Secara pribadi, masing-masing waktu mati, atau
  2. Secara bersama, pada hari kedatangan Tuhan di awan-awan.

Meskipun kita tidak tahu saat kedatanganNya, tetapi kita bisa berjaga-jaga untuk salah satu saat terakhir ini, yaitu:

  1. Penamatan pribadi bagi masing-masing umat Tuhan, dengan bersedia secara pribadi bertemu Tuhan se-waktu2 (Amos 4:12, Ibr 9:27) atau
  2. Penamatan bersama pada akhir rencana Allah. Kita juga tidak tahu saatnya ini.

Untuk GAZ (Generasi Akhir Zaman yang masih hidup pada waktu Tuhan Yesus datang), yang bersedia, akan diambil Tuhan bersama-sama, sekaligusbertemu dengan Tuhan di udara pada waktu pengangkatan. Ini sama seperti vonis waktu mati, nasib kita untuk kekal juga di tentukan pada waktu mulai penamatan, Tuhan menentukan siapa2 yang termasuk ikut pengangkatan atau tidak.

Pada prinsipnya, semua yang hidup di akhir zaman ini harus bersedia ekstra supaya jangan sampai jatuh dalam doa. Dan kalau tiba2 masa penamatan itu datang, dan kita tetap rutin hidup dalam kesucian, penuh dan dipimpin Roh, sehingga lulus dalam masa Polarisasi Wah 22:11, maka kita ditentukan (divonis) dapat ikut dalam golongan pengangkatan,  dan masuk dalam masa penamatan Allah. Sesudah divonis ikut 1551, kita masih dapat kesempatan besar untuk diolah dalam masa penamatan ini, sehingga bisa mencapai kembali tingkatan rohani yang hilang karena terpotong penamatan Allah, bahkan bisa mencapai tingkatan yang lebih tinggi, dan itumenjadi tingkat kemuliaan masing2 untuk kekal.

PERBEDAAN PENAMATAN PRIBADI DAN MASSAL.

Semua rencana Allah pasti ada penamatannya, baik rencana Allah dalam setiap pribadi maupun ber-sama2, massal pada akhir zaman, pada akhir rencana Allah global. Semua ada akhirnya, ada penamatannya! …..the end!

Untuk bisa mengerti lebih jelas tentang penamatan akhir rencana Allah, kita melihat perbedaan 2 penamatan ini.

Akhir atau penamatan rencana Allah dalam setiap pribadi itu adalah kematian, dan pasti ini ada.

Ibr 9:27

Dan sebagaimana sudah ditetapkan bagi manusia bahwa pada satu saat akan mati, tetapi sesudah itu dihakimi, (rohnya langsung masuk Surga atau Neraka) (KJI)

Begitu juga penamatan Allah bagi segenap dunia ber-sama2, itu terjadi pada permulaan Minggu ke-70 Daniel. Ini sesuai dengan Dan 9:24, pada akhir Minggu ke-70 Daniel, sesudah 6 hari kerja Allah selesai, maka hari perhentian bagi Tuhan tiba Kej 2:2. Jadi Minggu ke-70 Daniel adalah penamatan rencana Allah.

  1. Sama2 ditentukan Tuhan, baik penamatan rencana Allah secara pribadi (mati, ditentukan Allah 1Sam 2:6) maupun penamatan rencana Allah global itu ditentukan Allah, bahkan tidak ada seorangpun yang tahu Mat 24:36! Jadi yang menentukan, yang menvonis tanggal penamatan pribadi atau bersama,keduanya adalah Tuhan!
  2. Tanggal penentuan pribadi bisa segala tanggal, sesuai dengan tanggal kematian atau akhir dari jatah umur masing2. Tetapi vonis tanggal penentuan, penamatan rencana Allah, hanya pada 1 tanggal, yaitu permulaan Minggu ke-70 Daniel. Semua, seluruh dunia, semua umat Tuhan global, ditamatkan pada tanggal yang sama.

Vonis tanggal penamatan pribadi, isinya adalah tanggal kematian, langsung orangnya mati masuk Surga (atau Neraka untuk orang berdosa). Tetapi vonis tanggal penamatan ber-sama2, isinya adalah bebas dari kematian sebab ikut pengangkatan. Sebab itu orang tidak mati, tetapi masih hidup, baru 3,5 tahun kemudian ikut pengangkatan dan bertemu Tuhannya lalu masuk Surga.

  1. Sisa waktu, dari sekarang sampai penamatan pribadi (mati), itu tergantung dari umur masing2, ada yang umurnya tetap, ada yang ditambah, ada yang dikurangi tergantung kelakuan dan perbuatanpribadi masing2.

Tetapi sisa waktu antara sekarang sampai tanggal penamatan ber-sama2 itu sama untuk semua orang yang bersedia dan ikut pengangkatan; Yang berbeda hanya seberapa baik kita bersedia dan sudah sampai tingkat rohani yang mana, itu yang berbeda, tergantung dari masing2, tetapi sisa waktunya sama untuk semua, tetapi semua juga tidak tahu sisa berapa, kapan!

  1. Restitusi (pengembalian) waktu karena penamatan pribadi tidak ada, sebab kalau sudah divonis untuk mati, langsung mati, tidak ada tambahan atau restitusi umur.

Tetapi pada penamatan bersama, semua mendapat restitusi (pengembalian Kis 3:21) waktu untuk bisa tumbuh sampaitingkat rohani sesuai dengan tingkat yang bisa dicapai kalau umurnya tidak dipotong bersama.

Restitusi (pengembalian waktu ini) diberikan dengan cepat sekali, dalam 3,5 tahun, tetapi disertai fasilitas akhir zaman ilahi yang lengkap dan sempurna, sehingga dalam 3,5 tahun masa Penamatan, bisa tumbuh dengan cepat, kembali sampai tingkat2 yang ada (kalau umurnya tidak dipotong), bahkan bisa lebih dari itu.

Kata Restitusi dalam King James berarti dipulihkan atau dikembalikan. Restitusi dalam bahasa Inggris yang sudah di Indonesiakan (seperti kata Tabernakel hanya ada dalam bahasa Inggris = Kemah Suci) ada dalam ayat berikut:

Kis 3:21

Ia harus diterima sorga sampai tiba masa pemulihan (restitution) dari segala sesuatu yang telah difirmankan Allah melalui mulut nabi-nabi-Nya yang kudus sejak permulaan dunia ini. (KJI)

Pemulihan dari segala sesuatu, termasuk pemulihan atau pengembalian dalam masa penamatan rencana Allah.

Arti dari Restitusi adalah dikembalikan, pengembalian. Jadi Tuhan menyelesaikan pekerjaanNya dengan pendek, singkat atau cepat, untuk mencapai kembali (direstitusi) tingkat pertumbuhan dari umur yang hilang itu, ini dikembalikan dalam 3,5 tahun. Jadi dalam masa penamatan ini terjadi pengembalian (Restitusi) tingkat rohani yang hilang sebab waktu Tuhan menvonis untuk penamatan dunia, maka semua umur manusia ber-sama2 dipotong sekaligus. Allah itu baik dan adil, waktu yang hilang karena dipotong itu merugikan anak2 Allah, ia ganti!

  1. Fasilitas ilahi. Untuk restitusi yang dipercepat untuk semua yang masuk dalam golongan 1551, diberi fasilitas ilahi akhir zaman yang sangat canggih, luar biasa sehingga terjadi pertumbuhan yang cepat sekali.

Tetapi untuk penamatan pribadi, Allah yang adil juga menyediakan fasilitas khusus, tetapi bukan secara umum tetapi secara pribadi, tergantung dari masing2. Setiap orang yang lahir baru, di dalamnya Allah membuatkan dan memberi suatu rencana pribadi Yer 29:11, Ef 2:10, 1Kor 12:6. Allah tidak membedakan orang. Ia memberi rencana pribadi yang terbaik untuk mencapai kesempurnaan. Kalau kita selalu hidup rutin dalam kesucian dipimpin Roh dan selalu memperkenankan Tuhan, pasti kita juga akan mencapai tingkatan yang tinggi,bahkan sempurna sesuai dengan ketaatan masing2 di dalam Kristus. Kalau taat seperti Henokh, Elia dan Musa, kita bisa tumbuh dalam rencana Allah sampai sempurna seperti mereka, apalagi kita berada dalam Wasiat Baru dengan kelengkapan yang jauh lebih tinggi dan indah dari Wasiat Lama. Sebab itu sekalipun tidak dapat kesempatan ikut jadi Generasi Akhir Zaman dan bersedia untuk ikut dalam golongan 1551 pada hari penamatan rencana Allah, asal kita hidup berkenan pada Tuhan terus menerus, kita juga mendapat kesempatan besar dalam rencana pribadi kita dari Allah.

  1. Bersedia.

Penamatan pribadi untuk yang bersedia, sesudah habis umurnya adalah mati dan masuk Surga.

Untuk penamatan ber-sama2, semua diberi kesempatan untuk restitusi (pengembalian tingkat yang hilang Kis 3:21)dengan ikut proses penamatan rencana Allah yang dapat menghasilkan pertumbuhan yang cepat seperti kilat, baru sesudah selesai, bertemu Tuhan di awan2 lalu ke Surga dengan tingkatan hasil restitusi (pengembalian) dari Allah.

Perhatikan, yang akan mati dalam Minggu ke-70 Daniel (yaitu A,C,G), tetapi ikut pengangkatan, tidak jadi mati, bahkan tidak akan pernah mati, dan umurnya di dunia ditambahi sampai akhir 3,5 tahun masa penamatan Allah (3,5 tahun I), lalu ikut terangkat.

TANGGAL PENENTUAN.

Yoel 3:14

Banyak orang, banyak orang, di lembah Penentuan*, karena Hari Tuhan sudah dekat di dalam lembah Penentuan. (KJI)

(* Decision, KJ)

DEFINISI.

Ini adalah tanggal dimana Allah menvonis, menentukan bahwa penamatan rencana Allah dalam manusia dimulai. Inilah tanggal penentuan, sebelum hari Tuhan.

  1. Allah sendiri yang memvonis, menentukan keputusan bahwa rencanaNya dalam manusia akan ditamatkan dan kapan saatnya, seorangpun tidak tahu. Ini rahasia dan vonis atau keputusan Allah sendiri.

 

Mat 24:36

Tetapi tentang hari dan jamnya, tidak ada seorang pun tahu, bahkan malaikat-malaikat di sorga pun tidak, hanyalah Bapa-Ku saja. (KJI)

 

  1. Biasanya Tuhan bekerja 7 hari untuk satu proyek, yaitu 6 hari kerja dan 1 hari Perhentian seperti dalam Kej 2:2. Satu hari kerja Allah bagi kita itu berarti 1000 tahun 2Pet 3:8. Begitu dalam proyek penciptaan dan pengolahan manusia. Sesudah 6 hari kerja, rencana Allah pasti sudah tamat danditamatkan oleh Allah, lalu mulailah perhentian 1 hari Allah (= Kerajaan 1000 tahun).
  2. Ini sudah dinubuatkan dalam Dan 9:24, bahwa Minggu ke-70 Daniel adalah penamatan rencana Allah dan ini akan terjadi dalam Minggu ke-70 Daniel dari nubuatan 70 Minggu Daniel Dan 9:24. (Caranya: Minggu ke-70 Daniel yang terasing sendirian, tiba2 dimulai, digenapkan). Jadi Allah akan menamatkan rencanaNya dalam jangka waktu 7 tahun terakhir ini. Jadi vonis Penentuan untuk penamatan rencana Allah itu tidak langsung bersamaan dengan tanggal pengangkatan, tetapi ada satu selang waktu antara vonis atau tanggal penentuan dan hari Tuhan Yoel 3:14.

Kalau ia menamatkan rencanaNya dalam setiap pribadi langsung divonis dan orangnya langsung mati, tidak ada jangka waktu tertentu lagi Ibr 9:27.

Kadang2 Tuhan memberi juga waktu beberapa saat pada seseorang, misalnya pada Hizkia untuk ber-pesan2 pada keluarga dan orang2nya, mungkin dalam waktu satu atau beberapa hari saja.

Juga Musa diakhiri dalam suatu waktu pendek, mungkin 1 minggu ia disuruh naik gunung, lalu melihat Kanaan dan kemudian mati. Juga Harun diakhiri dengan cara ini (Ul 32:48-50).

Permulaan Minggu ke-70 Daniel ini tidak dikenali, sebab mengakhiri suatu masa selang (yang tidak diketahui berapa lamanya) dalam nubuatan Minggu ke-70 Daniel yang terjadi sesudah penggenapan nubuatan tentang 62 Minggu Daniel.

  1. Vonis ini berlaku sekaligus untuk semua umat manusia di dunia sebagai massa Penamatan Allah. Mau atau tidak, bersedia atau tidak, kalau hari ini datang (menjadi vonis atau hari penentuan dari Allah) tidak ada seorangpun bisa menghindar. Semua kena, sebab itu semua umat Tuhan harus sungguh2 bersedia Mat 24:42.

5 Tanggal vonis ini juga menjadi tanggal Penentuan dan tanggal Pemisahan, sebab pada hari ini umat Tuhan akan dipisahkan dalam 2 kelompok, yaitu yang ikut pengangkatan (yang baik, 1551) dan yang tidak ikut (yang jahat, 1102). Ini diceritakan dalam banyak perumpamaan oleh Tuhan untuk meyakinkan umatNya supaya bersedia sungguh2 (untuk hari kematian pribadi, vonis pribadi) untuk hari penamatan Allah, sebab umat Tuhan akan mutlak dipisahkan dalam 2 kelompok yang sangat berbeda (yang ikut dan tidak ikut pengangkatan). Misalnya Yer 24:1-3 dua keranjang buah ara, lalang dan gandum, sekam dan gandum, lima gadis bijak dan lima gadis bodoh dll (ada belasan perumpamaan).

VII. DUA GOLONGAN HOMOGEN WAKTU VONIS ALLAH PADA TANGGAL PENENTUAN.

Sesudah vonis, dua golongan ini tidak bisa bercampur atau pindah lagi, yaitu dari golongan 1551 dan 1102. Ada banyak ayat2 yang menjelaskan hal ini, yaitu:

PENYEBABNYA.

Sebelum menjatuhkan vonisNya, Allah mengizinkan terjadinya peningkatan kesucian dan dosa Wah 22:11. Hal ini mengakibatkan terjadinya Polarisasi (= berpisah dan menjauh satu sama lain) antara yang baik dan jahat; seperti Yer 24:1-3 antara lalang dan gandum, seperti 5 gadis bijak dan bodoh dll yang sebelumnya selalu ber-sama2.

Mengapa Tuhan mengizinkan Polarisasi dosa ini? Sebab untuk bisa masuk dalam penamatan rencana Allah, mereka disaring dahulu dengan ujian yang akan menimpa seluruh dunia (Wah 3:10 Luk 12:49) sehingga akan nyata dengan jelasbedanya antara orang yang bisa masuk dalam pengangkatan dan yang tidak.

Akan nyata bedanya antara gandum dan lalang, gandum dan sekam, 5 gadis bijak dan bodoh, buah ara yang baik dan jahat dst.

Dahulu selalu ber-sama2, ini orang2 Kristen tingkat Halaman, termasuk juga 5 gadis bodoh yang selalu campur baur dengan seluruh anggota Gereja. Tetapi sesudah semua diayak, diuji akan terpisah jadi golongan Ruangan Suci dan Luar Halaman yang berbeda sangat jauh satu sama lain.

Orang luar Halaman, yaitu orang luar (di luar keselamatan, tidak selamat, hidup dalam dosa), dan orang dalam, orang Ruangan Suci.

Timbul perbedaan yang sangat besar, dapat dikatakan Halaman jadi kosong, sebab sebagian dari orang2 Halaman yang sungguh2 bertobat akan naik masuk dalam Ruangan Suci tetapi yang lain, yang tetap keras hati menuruti daging atau tetap bercabang hatinya, akan hanyut dalam dosa, atau memilih untuk ikut tumbuh dalam arus dosa sehingga keluar Halaman dan Halaman praktis jadi kosong pada saat ini (mau masuk Minggu 70 Daniel sampai hari pengangkatan), sebab itu pada saat ini orang2 tidak bisa pindah.

TIDAK BISA PINDAH.

Dalam masa2 ini orang2 dalam 2 golongan yang homogen (yang sudah cocok satu sama lain, rohnya sama, hati dan keinginannya sama) mereka tidak bisa berpindah golongan lagi. Mengapa?

  1. Perbedaan yang sangat besar antara suci dan dosa sehingga sulit untuk pindah.
  2. Hukum yang berlaku dalam masing2 golongan bertentangan sama sekali. Dalam Gereja akhir zaman (sebentar sebelumnya sampai masuk dalam 3,5 th I), orang2nya sangat tertib dalam kesucian dan hukumnya juga sangat tertib.

2Kor 10:6

Dan bersiap sedia menghukumkan semua ketidaktaatan apabila ketaatanmu sudah sempurna. (KJI)

Padahal dalam golongan yang lain, justru yang tidak mau menuruti kehendak Antikris dalam dosa (sudah ada 3 Antikris yang menguasai dunia) akan dihukum.

  1. Orangnya sendiri yang keras hati, sebab memilih dosa, tidak mau dan tidak bisa lagi bertobat, hidup dalam dosa sudah cocok dengan dagingnya Luk 5:39 Pkh 12:1.

Orang yang mula2 plin plan, sebab hatinya bercabang seperti Lot; akhirnya bisa menjadi sangat jahat di hadapan Tuhan. Mula2 Lot masih tidak cocok dengan kehidupan Sodom 2Pet 2:8 tetapi lama2 sudah jadi satu hati, sehingga dosa, juga dosa sex bukan lagi larangan, atau hal yang keji, tetapi normal bagi Lut (juga dosa2 lain) sehingga dengan mudah ia mengorbankan keperawanan anak2nya untuk dipakai orang2 Sodom dengan sesuka hati mereka! (Kej 19:8). Jadi orang2 yang hanyut seperti Lot, akhirnya juga jadi sama dengan orang2 Sodom. Begitu juga orang2 yang ikut arus dosa, menjadi orang2 Antikris yang limpah dengan dosa kejahatan (tingkat 2 dan 3) sehingga tidak mau dan tidak bisa lagi pindah jalur.

Lot sudah tidak mau dan tidak bisa kembali ikut Abraham, dia tahu bedanya dengan Abraham sudah terlalu jauh, tidak bsia pindah jalur lagi dan itu kenyataannya (kalau Lot kembali, pasti Abraham akan menerima, tetapi Lot tidak mau).

  1. Mat 25:6. Waktu seruan mempelai datang tetapi mempelai datang masih lama (mungkin 3,5 th lagi), maka terjadi pemisahan antara 5 gadis bijak dan bodoh dan sejak itu tidak ada lagi yang bertemu satu sama lain, apalagi pindah golongan, mereka terpisah untuk seterusnya.
  2. Ibr 12:27. Suasana goncangan terakhir yang dibuat Allah, maka yang kena goncangan itu (tidak tahan) dibuang! Tidak diambil lagi (M4229).
  3. Mat 13:30. Lalang dan gandum tidak pernah dipisah, lalang tidak boleh dicabut; tetap sesudah datang penamatan; mereka dipisahkan untuk seterusnya. Lalang sudah diberi waktu sangat panjang untuk bertobat dan berubah menjadi gandum, dan yang tetap keras hati dikumpulkan tersendiri, terpisah dengan gandum dan dibakar.
  4. Mat 3:12. Gandum dan sekam dipisahkan pada hari penampian, sehingga yang jadi sekam (dan jeraminya) dipisahkan dan dibakar habis. Dahulu semua jadi satu, tetapi sejak vonis penamatan Allah mereka dipisah untuk selamanya dalam tempat pembakaran atau di lumbung.
  5. 1Yoh 3:10. Anak iblis yang sudah dipisahkan akan dijaga iblis dan Anriktis untuk tidak kembali masuk dalam golongan orang2 suci yang sedang ditamatkan oleh Allah. Pasti Antikris cs akan melarang menghalangi dan mengancam orang yang mau pindah jalur ke jalan yang betul.
  6. 1Pet 4:18. Orang benar sulit beroleh selamat, mengapa? Allah itu adil. Ini bekas orang benar, sulit selamat, apalagi orang fasik, yang undur dan menuruti daging tidak akan mau kembali, tidak bisa selamat.
  7. Rom 11:22. Masa kemurahan Allah habis sejak Polarisasi sebelum masuk Minggu 70 Daniel dan sesudah masuk M70D, juga tetap tidak bisa kembali, kekerasan Allah berlaku atasnya, juga kena 4 Meterai dan 4 Sangkakala Allah pada Antikris dan orang2 yang ikut padanya.
  8. Mat 24:16-20. Golongan wai, artinya celaka, tidak bisa pindah jalur lagi, untuk ikut golongan yang untung. Golongan wai ini betul2 celaka (yang mengandung dan menyusui anak, yang ada dalam hari Sabat dan musim dingin). Golongan yang untung, adalah golongan yang bisa lari, ikut pengangkatan (lihat M4210, M4212, M4214).
  9. Mal 3:1-3, 2Tim 2:20-21. Yang termasuk yang hina, kayu dan tanah, tidak akan tahan dalam pemurnian, tidak mau dan tidak berani, mereka terpisah. Hanya perak dan emas yang bisa ikut proses pemurnian ini, yaitu proses penamatan untuk ikut pengangkatan.
  10. Wah 3:10. Akan ada ujian akhir untuk semua orang, juga orang beriman.

Semua harus ikut dan dengan sendirinya orang yang hanyut dan lanjut dalam dosa tidak akan lulus.

  1. Mat 25:10-13. Orang yang hadir dalam pesta kawin tetapi tidak memakai pakaian pesta, tidak disuruh pulang untuk ganti (cari pakaian), tetapi langsung dibuang keluar ke dalam tempat celaka. Tidak lagi bisa diperbaiki.
  2. Kej 17:6. Dalam zaman Nuh, hujan belum turun, tetapi pintu keselamatan sudah tertutup oleh Allah sendiri. Hujan masih akan berlangsung 40 hari, tentu ada orang2 yang datang ke bahtera, tetapi tidak lagi bisa masuk, sudah ditutup pintunya oleh Tuhan, terpisah untuk seterusnya.
  3. Yus 3:17 M4222. Golongan orang yang menyeberang Yordan dan masuk Kanaan adalah generasi II. Generasi I yang keluar dai Mesir sudah mati semua, terpisah, tidak ada satu pun yang ikut Bil 13:22-23.

* Menyeberang = hari penentuan, tgl 1/10 Yus 4:10.

* Masuk Kanaan =/= memusakai Kanaan,  untuk perang, diolah, tetapi semua berhasil, tidak ada yang gagal Yus 3:10.

Tidak ada hubungan lagi antara generasi I yang sudah mati (dalam dosa di padang gurun) dan generasi II yang hidup (yang menyeberang dan masuk dalam pengolahan di Kanaan sampai mempusakai Kanaan).

  1. Tanggal vonis dan penentuan yang ditentukan Allah ialah tanggal penentuan Yoel 3:14 dan tanggal pemisahan Luk 12:51.

Jadi 2 golongan yang timbul (ikut pengangkatan atau tidak), orang2 ini tidak bisa pindah jalur lagi, sebab:

  1. Tidak mau lagi.
  2. Tidak bisa.
  3. Tidak tahan.
  4. Tidak mau campur Kis 5:13.

VIII. AKHIR DARI PENAMATAN ALLAH.

Masih ada banyak hal2 yang terjadi dalam masa penamatan Allah (yaitu dalam 3,5 tahun I dan II), yang akan dibicarakan sendiri2 supaya lebih lengkap dan jelas.

Ingat pada hari I itu ditentukan oleh Allah, untuk memulai penamatan rencana Allah. Pada saat ini Allah menvonis atau menentukan siapa saja dari antara umatNya yang akan ikut pengangkatan, yaitu golongan 1551 dan siapa yang tidak bisa ditamatkan, tidak masuk golongan 1551, tetapi masuk golongan yang dibuang (keranjang buah ara yang sangat jelek dan jahat Yer 24:1-3), yaitu masuk golongan 1102. Sesudah Allah menggoncangkan bumi terakhir, maka yang tidak bersedia, tidak tahan (itu buah ara yang jahat) itu dibuang diserahkan dalam tangan iblis Wah 13,7, 1Kor 5:5.

Jadi hari pertama ini menjadi tanggal vonis untuk ikut pengangkatan atau terbuang.Inilah tanggal Penentuan Yoel 3:14, dan pemisahan Luk 12:51 ini menjadi nasibnya masing2.

Semua ini akan berakhir dalam 2 golongan, yaitu:

  1. Golongan 1551, yaitu umat Tuhan yang bersedia semuanya ikut pengangkatan dan
  2. Golongan 1102, yaitu orang2 berdosa yang melawan Allah diserahkan dalam tangan iblis dan Antikris, dan akan ditamatkan waktu Tuhan Yesus datang tahap II dalam perang Harmagedon. (Orang beriman yang tertinggal, banyak yang bertobat kembali, sesudah shock melihat saudara seiman yang hilang ikut pengangkatan. Sebab itumereka bertobat dan tidak mau di cap dengan cap Antikris (tolak roh mammon), maka Antikris meng-injak2 mereka (Wah 11:2) dengan sengsara sampai mati.

Wah 13:7

Dan ia diperkenankan untuk berperang dengan orang-orang kudus dan mengalahkan mereka; dan kepadanya diberi wewenang atas semua suku dan bahasa dan bangsa. (KJI)

Siapakah “orang2 kudus” yang dikalahkan ini?

Ini adalah khas orang kudus, seperti:

  1. Seperti orang2 benar, bekas orang benar yang undur, jatuh dalam dosa dan tumbuh makin jahat dalam Polarisasi dosa, sehingga sulit selamat 1Pet 4:18.
  2. Anak Abraham, tetap disebut anak Abraham, tetapi masuk Neraka Luk 16:25. Orang di Neraka ini tetap diakui anak oleh Abraham, tetapi binasa di Neraka.
  3. Tidak mungkin orang kudus, kapanpun dikalahkan iblis dan Antikris sampai binasa.
  4. Ini adalah orang suci yang tidak mau bertobat sungguh2, terus jatuh bangun dalam dosa, hatinya mendua seperti Lot, undur dan hanyut dalam dosa, lalu tumbuh dalam dosa, sehingga tertinggal waktu pengangkatan, sebab tetap keras hati dalam dosa.
  5. Ini adalah cara Tuhan yang pasti, menyerahkan orang2 suci yang jatuh dan keras hati dalam dosa, tidak mau bertobat, makin ber-lazat2 dalam dosa.

1Kor 5:5

menyerahkan orang semacam itu kepada iblis untuk dibinasakan dagingnya, agar rohnya dapat diselamatkan pada hari Tuhan Yesus. (KJI)

Orang2 seperti ini diserahkan pada iblis untuk disiksa sampai mati, supaya bertobat dan jiwanya selamat seperti menerusi api 1Kor 3:15. Allah selalu di pihak orang benar 1Pet 3:12, Rom 8:31, tidak mungkin orang suci kalah sampai binasa; ini bekas orang suci, apalagi di negeri Antikris yang sangat keji, bekas orang suci ini sudah terlalu suci dalam kerajaan Antikris yang dosanya rata2 sangat2 tinggi!

Mereka tidak kuat melawan, sebab sudah ditinggalkan Tuhan dan Tuhan sendiri yang menyerahkan mereka dalam tangan iblis dan Antikris, tepat seperti 1Kor 5:5. Ini adalah akibat keras hati, baik secara pribadi 1Kor 5:5 atau ber-sama2 dalam zaman Wah 13:7. Mereka hanya dibantu dan dikuatkan oleh 2 Saksi (Wah 11) yang tidak bisa melepaskan dari tangan Antikris dan iblis, hanya bisa menguatkan, sehingga bisa bertahan sampai mati, dahsyat! Se-bisa2nya hindari nasib semacam ini (kita bisa, kalau sekarang mau bertobat dan bersedia seperti lima gadis bijak! Bisa! Mat 24:42).

Selain itu, orang2 beriman yang murtad dan ikut Antikris, akhirnya, sesudah orang yang tertinggal habis dibunuh, maka mereka jugaakan sama2 mengalami aniaya dan celaka yang sama, sebab iblis dan Antikris itu adalah pembunuh, sebab itu kesukaan dan cara kerjanya. (Apa bedanya orang2 yang bertobat kembali, tidak mau kena cap Antikris sehingga dianiaya sampai mati dengan orang beriman yang undur, yangmenyangkal Tuhan dan menerima cap Antikris? Mereka mati dalam dosa dan tidak selamat!).

Penamatan orang2 yang bersedia (lima gadis bijak, 1551) akan berakhir dengan serentak dalam pengangkatan 1Tes 4:16-17 (lihat pelajaran pengangkatan). Mereka sangat beruntung, sebab mengalami restitusi, mendapat kembali kesempatan hidup yang hilang karena dipotong oleh penamatan ini. Dengan restitusi ini Rom 9:28, maka dalam masa penamatan rencana Allah (3,5 tahun), mereka bisa tumbuh dengan sangat cepat (seperti kilat) dengan fasilitas ilahi yang lengkap dan sempurna. Dengan demikian mereka mencapai tingkat maksimal sesuai dengan restitusi yang didapatkannya, bahkan bisa mencapai lebih tinggi. Ini menjadi ukuran kemuliaan mereka dalam kekekalan dengan Tuhan untuk selamanya.

Semua yang ikut dalam penamatan rencana Allah, yaitu golongan 1551 (1Kor 15:51-52), adalah golongan yang homogen yang sudah ditentukan pada tanggal Penentuan Yoel 3:14, pada hari pertama masa penamatan Allah dimulai, dan semuanya ikut dalam pengangkatan, tidak ada yang terkecuali! Sangat menyenangkan dan indah.

1Kor 15:51-52

  1. Lihatlah, saya mengatakan kepadamu suatu rahasia. Tidak semua kita akan mati, tetapi kita sekalian akan diubahkan.
  2. Dalam sesaat, dalam sekejab mata pada sangkakala terakhir. Karena sangkakala akan berbunyi, dan segala orang mati akan dibangkitkan tanpa kebinasaan, dan kita akan diubahkan. (KJI)