M4260 – Tanpa Iman, Banyak Jalan Buntu. Harus Hiduup Dengan Iman

MARKUS 9:23. TANPA IMAN, BANYAK JALAN BUNTU.HARUS HIDUP DENGAN IMAN.

PENDAHULUAN.

Kalau tidak punya iman, banyak jalan buntu dan sulit terbuka, bahkan jadi kacau dan celaka.

Bayangan orang2 beriman, baik dalam Wasiat Lama, Yusuf, Daniel) dll, rasul2 dalam Wasiat Baru,apalagi Putra manusia Yesus dll, kalau mereka tidak memakai iman, semua jalan buntu, semua pelayanannya gagal dan hidupnya kacau, celaka dan bisa mati sia2.

Sebab itu kita perlu menggerakkan iman kita, hiduplah dengan iman bahkan terus menerus dari iman kepada iman. Yosafat menghadapi musuh begitu besar dan kuat, jalannya buntu, tetapi ia harap pada Tuhan, percaya dan bertindak dengan iman, hasilnya luar biasa, timbul Berachah, kemenangan iman yang luar biasa dengan iman 2Taw 20:1-17.

Orang Kristen adalah orang beriman = punya iman. Kalau tidak punya iman, bukan orang Kristen atau Kristen tetapi tidak dapat apa2 dari janji2 Allah, sebab janji Allah semua diambil dandidapat dengan iman. Sebab itu sangat penting punya iman, mutlak perlu dan hidup ini selalu dengan iman 2Kor 5:7, dan dari iman kepada iman Rom 1:17, yang makin lama harus tumbuhmakin besar, makin kuat sampai akhirnya menjadi sempurna Yak 1:22. Kita menerima janji2 Allah dan bertumbuh seperti Kristus, itu semua sesuai dengan iman kita Mat 8:13. Tanpa iman, kekristenan jadi kosong, tetapi segala perkara boleh jadi dengan iman. Iman itu luar biasa. Kita punya janji dari Allah yang Maha besar dan sempurna dan Allah tidak pernah ingkar janji, Dia sanggup menggenapi semuanya Rom 4:21.

SASARAN IMAN.

Seringkali iman itu dihubungkan dengan kesembuhan, uang, lepas dari problem, keluarga, pekerjaan,  bahaya dll, itu betul, tetapi belum semua. Semua orang pasti menghadapi problem2 ini. Inilah hidup di dunia. Kita perlu punya iman tentang semua segi hidup kita. Percayalah Tuhan sanggup menolong problem2 kita dalam semua hal ini, lebih2 dalam masa pandemi. Gerakkan iman kita supaya kita mendapat semua janji2 Tuhan ini dengan cukup bahkan limpah. Tetapi jangan hanya beriman untuk hal2 jasmani, tetapi juga untuk hal2 rohani, bahkan ini yang terutama, sebab tujuan penebusan Tuhan bukan hanya di dunia, tetapi terutama sampai masuk Surga yang kekal. Kita bisa bebas, merdeka, mati lepas dari dosa, sehingga kita bisa rutin hidup dalam kesucian, sekalipun banyak godaan, umpan dosa, gangguan dan segala hal dosa dan kejahatan limpah di sekitar kita. Dengan iman kita bisa menghadapi semua sampai berkemenangan, sebab memang ini dijanjikan Tuhan.  Jangan sampai kena godaan atau kesukaran lalu bereaksi dosa, jatuh dalam dosa, sehingga hidup rohani kita jadi kacau, tidak bisa tumbuh. Syarat minimum untuk hidup rohani, untuk bisa bersekutu dan lekat dengan Tuhan adalah bebas dari dosa dalam segala segi hidup, dan mau taat dipimpin Roh dan Firman Tuhan. Sebab Allah itu suci 1Pet 1:15-16.

Untuk sakit, uang, bahaya, dll kebutuhan jasmani orang dunia masih punya cara dan jalannya sendiri, tetapi untuk bisa hidup suci berkenan pada Tuhan, tidak ada yang bisa berhasil dengan cukup, tidak ada yang bisa mati lepas dari dosa, kecuali oleh penebusan Kristus. Tetapi dengan iman kita bisa hidup suci seperti Kristus dan Allah dalam segala segi hidup, ini jangan dilupakan atau diabaikan! Jangan hanya beriman untuk perkara2 jasmani, terutama untuk perkara2 rohani. Kita bisa mengalahkan iri, benci, sakit hati, tamak, ingin puji, pikiran zina, dusta (dosa2 mulut), bahkan segala dosa dalam hati, angan2 dan perbuatan. Kita bisa merdeka dan jalan dalam kesucian, lebih2 dalam pimpinan Roh. Sebab itu pakai iman kita sesuai dengan Firman Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus untuk menghadapi segala perkara2 jasmani dan rohani.

Jangan hanya beriman untuk hal2 jasmani atau hal2 rohani, tetapi pakai iman untuk keduanya selagi hidup di dunia ini sehingga ada sejahtera dan sukacita dalam Roh Rom 14:17, Fil 4:4,7, dan terus berada di dalam jalan (ril) Allah dan terus maju dari satu stasiun ke stasiun berikutnya dan itu berarti dari kemuliaan kepada kemuliaan 2Kor 3:18 sesuai dengan rencana Allah yang amat indah, mulia sampai kekal! Tanpa iman kita tidak dapat apa2, Kristus jadi tidak ada gunanya, padahal untuk orang yang bisa percaya, Kristus adalah se-gala2nya, untuk segala segi hidup, tanpa batas!

III. HIDUP DENGAN IMAN DALAM SEGI JASMANI.

  1. Sehat, sembuh, umur. Adalah kehendak Allah bagi kita, yaitu sehat rohani dan jasmani 3Yoh 2. Untuk sakit, bilur Yesus, nama Yesus dapat menyembuhkan kita 1Pet 2:24, Mrk 16:18. Tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan Tuhan, bahkan juga kematian (sekalipun untuk bangkit dari kematian memang perlu peneguhan Roh Kudus, sebab tidak semua orang mati dibangkitkan; Lazarus dibangkitkan Putra manusia Yesus dengan kehendak Allah Mat 10:1,8, Yoh 11:4,11). Semua orang percaya bisa mendoakan dan menyembuhkan dirinya sendiri danorang lain yang sakit Mrk 16:18, atau dengan karunia Roh 1Kor 12:9, atau dengan jabatan kesembuhan 1Kor 12:28-30. Sebab itu jangan ragu2, percaya dan bertindaklah dengan iman. Boleh pakai gizi yang baik, vitamin, obat atau ke dokter, tetapi sehat,sembuh dan umur itu dari Tuhan! Sebab itu harap Tuhan lebih dari semuanya dan tetap percaya kepadaNya. Juga hidup sehat perlu dipelihara secukupnya jangan ber-lebih2, karena ketakutan Mrk 6:31; 8:2, Mat 15:37 dan jangan mencobai Allah Mat 4:6-7.

Juga umur kita ditentukan Tuhan 1Sam 2:6. Tidak ada yang kebetulan bagi orang beriman, semua dipantau Tuhan dengan teliti sampai satu rambutpun tidak akan gugur tanpa izin Tuhan Luk 12:7; 21:18.

Berdasar ayat2 tadi, ambillah sendiri dengan iman kesembuhan dari Tuhan Mrk 5:27-34, dan kita akan mengalaminya.

  1. Nafkah, keuangan, sekolah, pekerjaan dll. Tuhan sanggup memberi uang berapa saja asal kita hidup jujur, berpada (tidak cinta uang), bisa “menanggung banyak uang” (tidak jatuh dalam dosa cinta uang atau sombong dll Ams 30:8). Kalau pertanggung jawaban kita dalam hal uang itu baik dan bisa memakai sebagai bendahara Allah yang taat 1Pet 4:10, juga mengembalikan milik Tuhan Mal 3:10, pasti Tuhan memberkati. Kalau kita bisa berpada seperti Fil 4:13-14, dan memakai dunia dengan betul 1Kor 7:31 dan dalam hal uang tulus, benar, tidak cinta uang 1Tim 6:9-10, Mat 6:24, maka dengan iman kita bisa bekerja dan pasti Tuhan cukupi. Harus bekerja 2Tes 3:10, tidak boleh malas Ams 6:6. Tuhan sanggup memberi dengan limpah dan justru bisa jadi bendahara2 Tuhan untuk pelayanan-Nya, sehingga pekerjaan Tuhan bisa berjalan terus! Ingat semua hal2 jasmani ini nomer dua Mat 6:33, Kol 3:1-4, kalau yang nomer satu (hal2 rohani) baik, pasti yang nomer dua akan ditambahkan oleh Tuhan. Lakukan dengan iman. Juga dalam sekolah, keluarga dll, kita harus tahu bagaimana hidup dengan benar dan berkenan pada Tuhan, istimewa dalam hal2 yang kita hadapi. Tuhan sanggup menolong dalam semua problem itu, asal sikap kita benar dalam hal2 tsb sesuai Firman Tuhan dan dipimpin Roh.

Seringkali perlu juganasehat dari pemimpin2 atau orang2 yang penuh dan dipimpin Roh, sebab untuk segala perkara jasmani Tuhan punya janji pemeliharaan yang baik kalau kita mengerti dan percaya, kita akan mendapatkannya. Jangan lupa untuk menabur dengan tulus, dalam hal2 jasmani dan rohani karena Kristus 2Kor 9:6, Kis 20:35 (bukan mancing) sebab dengan demikian orang lain diberkati, lebih2 kita sendiri yang menabur dengan tulus, benar, sesuai Firman Tuhan dan tersembunyi Mat 6:3 (bukan untuk mencari nama atau keuntungan yang lain).

HIDUP DENGAN IMAN DALAM SEGI2 ROHANI.

Rencana Allah adalah supaya kita menjadi seperti Dia Mat 5:48, Yoh 10:35, 1Kor 11:1. Tumbuhlah dalam hidup suci yang rutin dengan kelimpahan 7 Kebutuhan Pokok Rohani (Suci, Salib, berSekutu dalam Roh dalam tubuh Kristus, Doa dalam Roh dan kebenaran, Ibadat, Alkitab, dan Melayani). Kalau mau dengan tulus pasti senang dan nikmat. Kita bisa membuang semua dosa dan terus rutin hidup dalam kesucian. Juga semua tabiat lama yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan, diganti tabiat baru seperti Kristus dan terus tumbuh sampai sempurna. Meskipun tidak semua bisa menjadi sempurna, tetapi semua bisa tumbuh dengan cepat makin seperti Kristus kalau mau! Tidak sulit, perhatikan 7 Kebutuhan Pokok Rohani dan kita pasti bisa bertumbuh dalam rencana Allah yang indah2. Belajar saling menasehati dalam kasih, istimewa diantara orang yang dekat seperti suami-istri, keluarga, diantara para pemimpin2 dan saudara seiman, sebab ini sangat efektif (orang lain lebih mudah melihat kesalahan kita); Ini membersihkan kita dengan cepat, kalau sungguh2 mau dengan tulus saling menasehati dalam pimpinan Roh Kudus (dalam kesucian dan kasih, bukan untuk warta berita) Mat 7:2-5.

Hal2 rohani harus menjadi target utama, baru hal2 dunia yang fana Mat 16:26.

Orang yang rohaninya indah, tinggi seperti Ayub punya pengertian dan pendirian yang benar tentang hal2 yang fana dan yang kekal (dari Firman Tuhan), sehingga ia bisa membedakan yang betul dan salah, serta membuang semua yang salah, maka hidupnya terpelihara dengan iman.

Masih akan mengalami ujian, biasanya juga lulus dan tumbuh makin tinggi di dalam Tuhan.

MACAM2 IMAN.

Pelajaran iman ini sangat indah, seperti tambang harta yang kekal. Orang yang punya iman, bisa mengambil segala janji Allah, luar biasa! Kalau kita mengerti lebih banyak dari Firman Tuhan dan selalu hidup suci, penuh dan dipimpin Roh, ini akan membuat iman kita makin tumbuh (kecil -> besar -> iman yang kaya Yak 2:5,17,22, dan hidup, bahkan menjadi iman yangsempurna). Kita mutlak butuh iman untuk menghadapi semua problem jasmani dan rohani dan dengan iman pasti bisa, kecuali ada dosa atau maksud kita yang tidak tulus dan tidak sesuai dengan Firman Tuhan (minta pimpinan dan tuntunan Roh Kudus).

Jangan pakai “iman akal”, percaya diri atau optimisme manusiawi, tetapi harap Tuhan, hidup berkenan padaNya dan pakai iman dari Firman Tuhan. Dengan iman yang kecilpun kita bisa memindahkan gunung2 persoalan Mat 17:21. Jangan ragu2, percayalah Yak 1:6. Banyak orang terdampak dalam pandemi ini sebab tidak memakai iman yang betul. Percayalah dan hadapi semuanya. Ada juga karunia iman 1Kor 12:9. Ini adalah iman yang tiba2 diisikan Roh Kudus dalam hati orang yang penuh dan dipimpin Roh. Seringkali dalam menghadapi kebutuhan atau problem besar, lalu orang yang terus bertekun berdoa, dalam Roh dan kebenaran (lebih baik lagi kalau tekun terus berdoa senantiasa dalam Roh dan kebenaran, meskipun tidak ada problem 1Tes 5:17), maka selain iman yang biasa, Roh Kudus memberi karunia iman untuk menghadapi problemnya, itu kuat sekali dan biasanya selalu berhasil! Sebab itu selain kita hidup dengan iman 2Kor 5:7, terus hidup dipimpin Roh dengan tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran dan 7 Kebutuhan Pokok Rohani lainnya. Tidak ada yang mustahil bagi Allah Luk 1:37, Ay 42:2 dan bagi orang yang bisa percaya Mrk 9:23. Kita bisa melihat ber-macam2 iman dan perbuatannya serta hasil yang indah2 dalam Wasiat Lama, Wasiat Baru, istimewa dalam pelayanan Putra manusia Yesus dan juga dalam hidup kita dan lingkungan orang2 beriman. Semua cara2 atau janji Tuhan itu sama sekali tidak sulit atau ruwet asal kita dengan tulus mau hidup benar, dan taat dipimpin Roh sesuai Firman Tuhan, pasti pertolongan Allah akan datang pada waktunya, sebab Allah tidak pernah gagal dan Ia sanggup mengajar, mendidik dan membuat orang yang tulus dan berkenan mengerti kehendakNya dan melakukan rencanaNya sampai berhasil. Roh Kudus akan menunjukkan apa yang kurang atau salah dalam hidupnya, dan bagaimana memperbaiki sehingga kembali bisa rutin hidup suci dan terus taat dipimpin Roh. Roh Kudus dapat menjelaskan satu per satu kekurangan, kesalahan kita lalu membangunkan iman kita untuk menghadapi problem kita. Bahkan semua problem dankesukaran akan menjadi latihan dan pengolahan bagi iman kita, sehingga tabiat kita bisa terus bertumbuh makin besar dan terus berkemenangan dengan iman 1Yoh 5:4.

SYARAT BERTINDAK DENGAN IMAN.

  1. Hidup benar, di pihak Tuhan.

Memeriksa diri itu rutin, bahkan untuk orang yang dipimpin Roh, Roh Kudus selalu mengingatkan kalau ada yang tidak benar dalam segi apapun (di Mana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Dahulu, Sekarang, dan Yang akan datang).

Segera tahu, segera bereskan dengan segenap hati dan tulus, sehingga ada sejahtera dari Allah.

  1. Miliki iman. Firman Tuhan itu sumber iman Rom 10:17. Orang yang cinta Firman Tuhan itu punya sumber benih iman dan dalam keadaan perlu Roh Kudus akan mengingatkan ayat yang tepat Yoh 14:26, dan dihidupkan 2Kor 3:6, sehingga ayat itu menimbulkan iman dan kita bisa bertindak dengan iman! Jangan ragu2 Yak 1:6.

Kalau masih ragu2 berdoa lagi, lebih2 dalam Roh dan kebenaran, maka Roh Kudus akan menghidupkan ayat2 janji Allah yang kita butuhkan dan iman kita akan muncul dan tumbuh, sehingga kita bisa bertindak dengan iman dan tertolong atau menang.

Kalau hati kita sudah yakin bertindaklah dengan iman. Apa tandanya kalau sudah yakin? baik sikap, bicara dan perbuatan kitaseperti sudah dapat Mrk 11:24. Tidak ber-sungut2 atau ngomel, bicara terus tentang kalah dan celaka. Juga hati jadi sejahtera dan tenang seperti Petrus Kis 12:5, atau bisa bersyukur dan me-muji2 Tuhan seperti Paulus dan Silas dalam penjara Kis 16:25.

  1. Minta pimpinan Roh Kudus, lebih2 kalau harus menunggu pertolongan Tuhan yang belum datang, terus menunggu dengan iman, sebab Allah tidak pernah terlambat. Jangan takut kalau harus menunggu seperti Israel waktu dikejar Firaun dan semua jalan buntu ke kuburan Kel 14:10-11. Tetapi heran, Musa tetap percaya, tidak kuatir, sekalipun ia yang dipakai Tuhan untuk mempertanggungjawabkan 2 juta orang Israel Kel 14:14. Check kalau ada motive atau hal2 yang tidak berkenan pada Tuhan tentang segi manapun dalam hidup kita, lebih2 yang berhubungan langsung dengan problem kita. Bereskan, bertobat dan kembali berjalan dengan Tuhan baik2. Kita belajar seluruh kebenaran Firman Tuhan, tetapi Roh Kudus akan langsung menunjukkan hal2 yang langsung menjadi penyebab dan penghalangnya. Semua itu harus langsung dibuang, supaya iman bisa tumbuh dan Tuhan bisa menolong. Kalau belum jelas, terus berdoa, lebih2 dalam Roh dan kebenaran, Roh Kudus akan memimpin kita dengan lengkap dan dalam jalan yang benar, dan menumbuhkan iman kita untuk menghadapi dan mengalahkan problem kita.
  2. Tidak ada yang kebentulan. Ada maksud baik dari Tuhan, kalau kita hidup benar; Kalau ada dosa, salah, undur, ini untuk menghajar supaya jiwanya tidak binasa. Tidak ada kebetulan, semua ada maksud yang baik dari Tuhan. Biasanya untuk orang benar, kesukaran2 itu menjadi latihan dan pengolahan, sehingga iman kita tumbuh dan bisa terus lulus (naik kelas) dan maju terus dalam rencana Allah yangindah.

KESIMPULAN.

Perhatikan supaya hidup kita rutin benar, penuh dan dipimpin Roh. Ini dasar mutlak untuk hidup Kristen, lebih2 di akhir zaman yang sulit ini. Miliki iman dari Firman Tuhan. Tumbuhkan iman dalam segala segi dan justru kesukaran2 itu mengolah dan membina iman kita bisa tumbuh dan hidup ini akan terus maju dalam rencana Allah (di ril Tuhan, jangan keluar) dari kemuliaan kepada kemuliaan 2Kor 3:18.

Jangan menuruti kuatir dan takut serta terus mem-besar2kan hal2 yang menakutkan, sebab justru yang dikuatirkan itu akan jadi Ay 3:25. (Sebaliknya jangan mencobai Tuhan dengan mengingkari fakta, tetapi percaya dan katakanlah kata2 iman Rom 10:8.Mulut ini menunjukkan isi hati Mat 12:34. Kalau ada iman, maka mulut ini akan mengatakan iman itu mesipun tidak masuk akal 1Sam 17:42-47. Jangan terus bicara yang masuk akal dan celaka, tetapi katakan dengan iman janji2 Allah dan kata2 iman yang kita yakini, maka kita akan menang, mendapatkan apa yang kita yakini, baik jasmani lebih2 rohani! Juga nyanyikan terus kata2 iman yang dari Firman Tuhan sesuai dengan yang digerakkan dan diingatkan oleh Roh Kudus.

Nyanyian:

– Dengan imanku, kuhadapi semua..

– Percaya saja 2x, percaya yang bri kita menang.

– Dalam nama Tuhan Yesus.