M4257 – Cap Antikris

CAP ANTIKRIS.

DAFTAR ISI

A. Ayat utama.

 

B. Apakah cap Antikris itu?

1. Chip.

2. Sejarah penafsiran cap.

 

C. Sikap terhadap cap.

1. Bukan orang Kristen.

2. Orang Kristen.

 

D. Penafsiran cap yang Alkitabiah.

1. Tafsiran yang salah.

2. Tafsiran Wahyu.

 

E. Iblis meniru Allah.

E.1. Roh.

E.2. Mammon.

 

F. Tuan yang lain.

1. Mammon.

2. Umpan netral dan manis.

3. Akar segala dosa.

4. Roh mammon mudah masuk.

5. Yudas.

 

G. Siasat iblis menyesatkan dengan Chip.

1. Sibuk dengan chip.

2. Jangan terpancing cap yang salah.

3. Membuang cinta uang.

4. Tidak cinta mammon, lepas cap Antikris.

5. Juga mungkin dipakai.

 

H. Arti angka Antikris.

1. 6.

2. 666.

3. Yudas.

 

I. Cap di dahi atau tangan kanan.

J. Sekarang bersedia menghadapi cap Antikris yang sesungguhnya.

K. Sikon Minggu ke-70 Daniel.

L. Kesimpulan.

AYAT-AYAT UTAMA.

Semua orang beriman tahu dari Alkitab bahwa pada akhir zaman akan muncul antikris yang akan mengkhianati Gereja dan Kris-tus, sebab itu namanya antikris yaitu Anti Kristus, anti Tuhan Yesus Kristus.

Wah 13:16-18

  1. Dan ia membuat supaya semua orang, kecil dan besar, kaya dan miskin, merdeka dan hamba, diberi suatu cap di tangan kanan mereka itu atau di dahinya.
  2. sehingga seorangpun tidak dapat membeli ataupun menjual, kecuali ia yang mempunyai cap itu, atau nama dari binatang buas itu atau angka dari namanya itu.
  3. Inilah hikmat itu. Biarlah orang yang mempunyai pengertian, menghitung angka dari binatang buas itu; karena itulah angka dari seorang manusia dan angkanya itu enam ratus enam puluh enam. (KJI)

1Yoh 2:18-19

Remaja-remaja, sekarang adalah jam terakhir, dan seperti yang sudah kamu dengar bahwa antikristus akan datang, bahkan sekarang sudah ada banyak antikristus; dengan demikian kita mengetahui bahwa inilah jam terakhir. Mereka sudah keluar dari antara kita (seperti Yudas), tetapi mereka itu bukan dari kita; karena jika mereka itu dari kita, niscaya mereka tetap tinggal de-ngan kita, tetapi mereka telah keluar, supaya menjadi nyata bahwa mereka semuanya bu-kan dari kita. (KJI)

1Yoh 2:22

Siapakah pendusta selain dari orang yang menyangkal bahwa Yesus adalah Kris-tus? Orang ini adalah antikristus, yaitu yang menyangkal Bapa dan Putra. (1Yoh 4:3, 2Yoh 1:7) (KJI)

Pada waktu Antikris berkuasa atas seluruh dunia, ia akan menguasai semua orang, tidak lagi boleh ada orang beriman menyembah Tuhan Yesus, tetapi semua disuruh menyembah dia sendiri. Ia akan memaksakan  untuk memberi cap namanya kepada semua orang sebagai tanda miliknya, dan namanya itu adalah ang-ka 666 yang dicapkan atau dimeteraikan pada semua orang, di dahi dan atau di tangannya. Orang yang tidak mau tidak boleh berjual beli dll sehingga akhirnya dengan sendirinya ia akan mati. Tetapi orang yang menerima cap Antikris, itu berarti melawan Allah dan masuk dalam hukuman Allah yang kekal.

Wah 14:9-11 

  1. Dan malaikat yang ketiga menyusul, yang berkata dengan suara besar: Jikalau barang seorang menyembah binatang buas itu dan patungnya, dan menerima cap di dahinya atau di tangannya,

(10) Ia juga akan minum dari air anggur murka Allah yang dicurahkan tanpa diencerkan di dalam cawan amarah-Nya itu; dan ia akan disiksa dengan api dan belerang di hadapan malaikat-malaikat yang kudus, dan di hadapan Anak Domba itu.

(11) dan asap siksanya itu naik ke atas sampai selama-lamanya; dan mereka yang menyembang binatang buas dan patungnya itu tidak berhenti tersiksa siang dan malam, juga siapapun yang menerima cap namanya itu. (KJI)

Wah 16:2

Maka malaikat yang pertama itu pergi dan mencurahkan bokornya ke atas bumi; dan terjadilah borok yang jahat dan ganas pada orang-orang yang mempunyai cap binatang itu dan pada mereka yang menyembah patungnya itu. (KJI)

Wah 19:20

Dan binatang itu ditangkap dan bersama-sama dengan dia juga nabi palsu itu, yang mengadakan tanda-tanda ajaib di hadapannya. Dengan itu ia telah menyesatkan mereka yang menerima cap binatang itu dan mereka yang menyembah patungnya. Keduanya itu dilemparkan hidup-hidup ke dalam tasik api yang bernyala-nyala dengan belerang. (KJI)

Firman Tuhan begini jelas, sehingga orang beriman mengerti dan tidak mau menerima cap atau meterai Antikris.

Cap ini (bahasa Yunani: Charagma, artinya cap, diukir seperti cap, meterai, tanda dari antikris).

Bagaimana reaksi orang beriman? Pasti semua orang beriman tidak mau di cap dengan cat atau meterai antikris, menjadi milik Antikris, sebab itu berarti kehilangan keselamatan kekal, hilang kerajaan Surga. Sebab itu ada reaksi yang kuat dari orang-orang beriman di seluruh dunia menolak dikenakan cap antikris. Tetapi yang manakah cap Antikris ini? Penafsiran cap antikris ini tidak jelas dan seringkali berubah-ubah menurut zaman.

APAKAH CAP ANTIKRIS ITU?

B.1. Chip.

Arti menurut kebanyakan orang Kristen adalah chip kecil yang dipasang di bawah kulit di dahi atau di punggung, tangan kanan.

Chip adalah hasil kemajuan tehnologi yang membuat management apa saja makin mudah dan canggih. Makin lama akan makin jelas penggunaannya sehingga tidak heran kalau makin banyak orang-orang akan memakainya karena banyak faedahnya dari hasil kemajuan tehnologi.

Chip ini sudah dipakai untuk memantau domba (ditanam di bawah kulitnya) sehingga kalau hilang, bila discan, orang-orang akan tahu siapa pemilikya. Juga untuk memantau kendaraan, ke mana saja perginya, atau binatang lain atau barang-barang dalam toko, gudang dll.

Kemajuan tehnologi memang sangat canggih dan berfaedah tetapi kalau salah pakai akibatnya juga bisa merugikan sebagian/ banyak orang (seperti tenaga atom). Menurut berita, bahwa tahun 2012 orang-orang tua di Amerika tidak bisa mengambil pensiun kalau tidak punya chip, bahkan tahun 2014 semua orang harus memasang chip ini untuk semua transaksi, bahkan juga untuk naik ke kapal terbang dsb. Chip ini terus berkembang menurut tehnologi digital, sebab itu yang lebih baru adalah RFID = Radio Frequency Identification; sebesar biji beras. Di dalamnya terdapat semua data2 lengkap dari orang itu, juga segala riwayat, harta miliknya dll.

Apakah semua penduduknya mau? Ternyata sudah beberapa tahun sampai sekarang ini belum pernah berhasil dipasang pada semua orang.

Memang chip ini kalau dipakai bisa berguna untuk banyak hal (identitas, seperti KTP/ paspor elektronik, ini sudah dimulai), bisa tahu semua data pribadi, alamatnya, hubungan, transaksi, semua jumlah uang miliknya dll) sehingga dengan demikian privacy (rahasia hidup pribadinya) bisa diikuti, diketahui bahkan dikendalikan oleh penguasa yang mengaturnya. Jadi rahasia pribadi hilang. Tidak lagi ada kebebasan dan rahasia pribadi. Dunia akan menjadi penjara besar, sebab semua di awasi dan dikendalikan dengan ketat oleh penguasa, bisa dikontrol dan dikuasai penuh seperti orang dalam penjara.

B.2. Sejarah penafsiran cap Antikris.

Orang beriman sudah cukup awas dan jeli untuk mem-perhatikan timbulnya Antikris. Tetapi dari sejarah kita melihat bahwa penafsiran yang mula-mula dianggap betul ternyata keliru. Ini terjadi ber-ulang-ulang, sebab itu kita harus sungguh-sungguh minta pimpinan Roh Kudus, supaya mendapatkan penafsiran yang benar Yoh 16:13, 1Kor 2:10.

Televisi. Waktu TV mulai keluar, orang mengira ini adalah Antikris, sebab gambar-gambar orang dalam TV dianggap patung Antikris yang bisa berbicara Wah 13:15. Mula-mula orang-orang beriman was-was, tetapi lama-lama mereka yakin bahwa ini bukan Antikris. Sebab zaman Antikris hanya 7 tahun dan sekarang belum zaman Antikris dan TV ini bukan patungnya Antikris.

Komputer. Angka kata ini jumlahnya 666 sehingga orang-orang kuatir ini Antikris.

Mereka membangun komputer yang besar dengan hardisk 3 lantai untuk mengontrol seluruh dunia dan dinamai the beast (sebab jumlah angka hurufnya juga 666). Tetapi ini tidak lama, sebab dahulu Hard disk komputer 100 kilobytes saja sudah besar sekali, waktu itu tidak terpikir bahwa hardisk bisa makin mengecil dan akhirnya komputer the beast jadi tidak berarti lagi dan ternyata ini bukan Antikris.

Credit card. Jumlah angkanya banyak, hampir 6+6+6=18 digit. Orang-orang takut memakainya sebab merasa yakin ini adalah cap Antikris. Lewat beberapa tahun ternyata salah, sekarang hampir setiap orang beriman punya kartu kredit dalam dompetnya.

Perkembangan terakhir:

Mula-mula mereka merencanakan barcode yang di tato dengan sinar laser di dahi atau tangan.

Lalu diganti dengan Chip. Alat kecil seperti beras ditanam di bawah kulit di punggung tangan atau di dahi untuk identitas, juga  berfungsi seperti credit card, bahkan lebih canggih.

Lama-lama diganti dengan yang lebih baik yaitu dengan bio chip yang baterynya digerakkan oleh panas tubuh, akhirnya diganti RFID (Radio Frequency Identification). Semua orang diharuskan memakainya.

Seluruh dunia istimewa orang2 Kristen ramai menguatirkan bahwa barcode, itu cap Antikris; lalu kemudian chip dianggap cap atau meterai Antikris. Tetapi makin lama akan makin nyata (seperti yang sebelumnya) bahwa chip ini bukan cap Antikris.

Tehnology terus berkembang.

USA akan memakai chip RFID (Radio Frequency Identification) pada manusia untuk keperluan umum (mereka yang ikut asuransi kesehatan, peraturan pembayaran pensiun, juga untuk keamanan, mencegah terorism dll) mulai 23 Maret 2013.

Sebetulnya chip lalu kemudian RFID sudah lama dipakai (+ 50 tahun) juga dalam binatang (domba, sapi, anjing dll) tetapi sekarang akan dipasang pada manusia. Untuk alasan kesehatan, US FDA mengeluarkan izin pemakaian chip RFID sejak 2004. Dua sekolah di San Antonio Texas melakukan pencobaan pemakaian chip ini tanggal 7 Sept 2012. Ternyata ini juga belum berhasil dipakai secara umum. Tidak semua orang di Amerika setuju, apalagi di negeri lain, tetapi presidennya memak-sakan untuk memulainya dengan alasan kesehatan dll. (Obama care). Ada juga orang-orang (bank) tertentu di Indonesia yang hendak memakai chip.

(http://houseofrevelation.com)

Kemajuan ini sangat cepat sehingga mau tidak mau kita hanyut dalam arusnya sebab semua berlomba-lomba memakai hasil tehnologi. Tetapi ternyata semua hasil kemajuan tehnologi yang diperkirakan adalah cap Antikris, ternyata salah, baik TV, komputer, credit card, barcode, chip dst.Apakah chip ini cap Antikris? Atau juga hanya menakutkan dan membingungkan untuk sementara seperti yang lalu-lalu ini?

SIKAP ORANG-ORANG TERHADAP PEMASANGAN CHIP.

C.1. Bukan orang Kristen.

Banyak yang tidak setuju, sebab chip ini mengandung angka-angka dan data-data pribadi yang ditanam di bawah kulit punggung tangan dan dahi dan ada angka-angka tertentu 666 di dalamnya. Ini merampas privacy, seperti orang tahanan yang terus diikuti, dimonitor dan bisa dikendalikan para penguasa.

C.2. Orang Kristen.

Mereka juga menolak pemasangannya, terutamasebab chip ini dianggap cap, nama dan angka Antikris seperti Wah 13:16-18. Hampir mayoritas orang Kristen percaya, bahwa chip ini adalah cap Antikris, dan banyak pengkhotbah-pengkhotbah sudah mengajarkan demikian, sehinggamereka bersikap tegas, bagaimanapun juga tidak boleh menerima chip ini. Sebab orang yang mau diberi tanda/ cap ini akan dihukum dan dibi-nasakan Allah Wah 14:9-11; 16:2; 19:20. Betulkah chip adalah cap Antikris itu?

Tidak! Sebab:

PENAFSIRAN CAP YANG ALKITABIAH.

 

D.1. Penafsiran yang salah.

Ternyata ber-ulang2 penafsiran secara harfiah itu salah mulai dengan TV, kartu kredit, barcode, chip, bio chip, RFID dll. Kekeliruan ini ber-kali2, ber-ulang2 diganti terus, sebab memang bukan ini arti yang benar.

D.2. Penafsiran kitab Wahyu.

Ayat2 utama tentang chip ada dalam kitab Wahyu.

Kitab Wahyu ini adalah kitab nubuatan. Yang ada di dalamnya itu adalah bahasa nubuatan, bukan arti harfiah yaitu arti yang sesungguhnya. Misalnya Antikris digambarkan sebagai binatang yang berkepala singa 7 buah, bertanduk 10, tubuhnya seperti macam tutul, kakinya seperti beruang. Padahal Antikris itu manusia (yang di dalamnya ada roh-roh setan) bukan binatang (tetapi bertabiat binatang). Iblis, Antikris, nabi palsu dalam Wahyu digambarkan sebagai binatang2 seperti ini, sebab Wahyu memakai bahasa nubuatan.

Begitulah iblis digambarkan sebagai ular naga. Nabi palsu seperti binatang buas, tubuhnya seperti domba dan bicaranya seperti Naga, tetapi ini juga manusia. Kita tidak berjaga-jaga menunggu kedatangan binatang-bina-tang seperti ini, tetapi manusia yang tabiatnya seperti binatang dan seperti iblis.

Begitu juga disini, cap Antikris itu bukanlah arti harfiahnya, tetapi ini adalah bahasa nu-buatan, ada arti rohaninya yang akan kita bahas sekarang.

Chip (tetapi dahulu sebelumnya, yang dicurigai adalah kartu kredit, barcode dll) itu adalah angka-angka yang ditanamkan dengan cara tehnology yang canggih. Tetapi cap Antikris yang sesungguhnya bukan angka-angka dalam macam2 bentuk tehnology modern, tetapi roh setan yaitu roh mammon, seperti yang dibuktikan di bawah ini, yaitu roh mammon.

Lalu kalau chip (RFID) bukan cap Antikris, apakah kita boleh menerimanya? Benda2 ini banyak merugikan, lebih2 data2 pribadi dikuasai semuanya. Sebagian besar orang dunia juga tidak mau, sebab ini berarti kebebasan pribadi diambil, dikuasai dan dikendalikan, itu seperti masuk penjara umum. Kebanyakan orang tidak mau, juga kita tidak perlu menerimanya, meskipun ini bukan cap Antikris yang sesungguhnya.

IBLIS MENIRU ALLAH.

Cara kerja Allah paling efisien dan sukses 100%, sebab itu kalau iblis ingin efisien dan sukses, terpaksa ia meniru cara kerja Allah.

Misalnya Timensa ilahi (Tiga Menjadi Satu 1Yoh 5:7) adalah cara hidup dan kerja Allah yang maha sukses. Sebab itu ini ditiru iblis yaitu iblis sebagai Bapa, Antikris sebagai putranya dan nabi palsu sebagai Roh Kudus. Begitu juga cap atau meterai Allah itu Roh Allah sendiri, yang masuk dan tinggal di dalam orang2 yang sungguh2 percaya dan mau taat pada Tuhan, sangat efektif. Dengan penuh dan dipimpin Roh, orang itu bisa berbuat banyak perkara besar dalam pimpinan Roh Kudus, bahkan melawan dan mengalahkan iblis dan setan2. Suatu “agama baru” dibangun dan dibentuk dalam satu hari dan sukses besar sampai akhir zaman. Sebab itu iblis juga meniru, ia tidak akan memakai angka-angka saja sebagai meterainya, tetapi untuk capnya ia memakai roh mammon (roh-roh setan yang bekerja sebagai roh mammon).

E.1. ROH.

Meterai Allah adalah Roh Kudus.

Ef 4:30

Dan jangan mendukakan Roh Kudus Allah, yang oleh-Nya kamu sudah dimeteraikan sampai hari penebusan. (Ef 1:13) (KJI)

(Pada waktu percaya kita sudah ditebus yaitu roh kita, tetapi tubuh belum. Penebusan tubuh adalah bagian terakhir, yaitu waktu kebangkitan atau pengangkatan Rom 8:23, Luk 21:28).

Kalau Allah memakai Roh sebagai meterai, sehingga hasilnya sangat besar dan sukses, sebab ituiblispun tidak akan memakai sebagai meterainya angka-angka belaka, sebab angka ini mati, kurang berfungsi, sebab ini hanya data, sekalipun banyak dan berfaedah, tetapi tetap mati. Sebab itu  iblis juga memakai roh, untuk meterainya, yaitu roh setan yang bisa merasuk manusia untuk menumbuhkan dosanya dan merubahnya menjadi seperti Antikris dan iblis. Roh-roh setan, yaitu roh mammon itu jauh lebih dahsyat, lebih ganas, lebih agresif, lebih efisien daripada sekedar rangkaian angka-angka yang mati. Roh-roh jahat ini bisa membujuk, menggoda dengan ber-macam2 umpan, juga mendorong, memaksa, bahkan merasuk dan menguasai orang itu, mengancamnya  dll, untuk melakukan kehendak setan. Sebaliknya angka-angka yang mati tidak bisa melakukan hal-hal ini. Sebab itu iblis pasti memakai roh setan untuk capnya.

E.2. ROH MAMMON.

Roh setan itu ada bermacam-macam, mengapa iblismemakai roh mammon? Karena:

TUAN YANG LAIN.

Mat 6:24

Tidak seorang pun dapat melayani dua tuan, karena yang seorang akan dibencinya dan yang lain dicintainya atau ia akan berpegang kepada seorang dan menghinakan yang lain. Engkau tidak dapat melayani Allah dan mammon. (KJI)

F.1. Tuan mammon.

Ini tuan yang menjadi tandingan Allah, yang disukai manusia berdosa, bahkandicintai dan disembah Kol 3:5. Allah adalah tuan yang harus ditaati sendiri oleh umatNya dengan pertolongan dan kekuatan dari Tuhan, tetapi iblis adalah tuan yang jahat yang merayu, menipu dan menyesatkan. Kalau masih belum mau, ia akan mendorong dan memaksa orang itu untuk mencintai uang dan menyembahnya, sehingga mau  taat. Semua dosa itu jahat, tetapi cinta uang itu adalah akarnya dari segala dosa, sehingga dengan mudah, (sebab rohnya cocok), untuk dilanjutkan oleh roh mammon yang akan menyempurnakan manusia dalam segala dosa seperti iblis berhalanya.

F.2. Umpan netral yang manis.

Mammon atau uang adalah hal yang netral, juga diperlukan dan dipakai orang beriman, sebab itu ini bisa dipakai sebagai umpan yang lebih halus, “netral” dan manis. Tetapi ingin atau cinta akan uang itu jahat dan kejam.

F.3. Akarnya segala dosa.

Cinta akan uang itu akarnya dari segala jenis dosa.

1Tim 6:9-10

  1. Tetapi mereka yang INGIN MENJADI KAYA jatuh ke dalam pencobaan dan jerat dan ke dalam banyak nafsu-nafsu yang bodoh dan mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam kehancuran dan kebinasaan.
  2. Karena cinta uang adalah akar segala jenis kejahatan; sebab beberapa orang yang menginginkannya sudah tersesat dari iman sehingga menikamkan banyak dukacita ke dalam dirinya sendiri. (KJI)

Tuhan melarang orang beriman bertuankan mammon, ini sangat jahat di hadapan Tuhan, sebab sebagai hamba mammon, ia akan berbuat banyak dosa karena uang, karena diperintah tuan yang lalim ini. Betul uang itu netral, tetapi kalau jadi tuan, inilah tuan yang sangat jahat dan kejam. Gara2 uang orang bisa berdusta, pura2, mengeluarkan banyak alasan, bahkan jahat sehingga merugikan atau mencelakakan sahabatnya sendiri karena uang. Bahkan karena uang ada anak membunuh orangtuanya yang tidak mau memberi uang yang dimintanya. Juga membunuh saudaranya gara2 uang atau warisan. Uang adalah tuan yang kejam, yang bisa melakukan segala macam dosa, termasuk yang paling jahat, bahkan seperti Yudas mengkhianati Gurunya gara2 uang!

Sebab itu Tuhan melarang bertuankan mammon. Tetapi justru ini umpan manis yang halus, tidak terasa, yang bisa dipakai iblis untuk menyeret orang2 ke dalam dosa, bahkan mengikat dan memperbudaknya karena ingin akan uang, atau karena cinta uang. Sebab itu Tuhan mutlak menolak uang sebagai tuan. Bagi manusia ini sulit, sebab ini adalah barang netral yang ada dalam dompet semua orang beriman, juga dibutuhkan. Tidak heran, kalau iblis dari dahulu kala sudah memakai uang atau mammon ini sebagai senjatanya  yang dahsyat, tetapi tampaknya netral dan disukai oleh semua orang berdosa. Orang beriman harus berpada, jangan cinta uang!

Cerita seorang anak kecil usia 3 tahun, ber-main2 uang kertas, diambil orangtuanya, dan anak ini menangis men-jerit2. Mengapa? Sebab ia cinta uang. Sebentar kalau datang penjual es, ia bisa makan es dengan uang ini. Sebab itu waktu diambil, ia menangis me-ronta2, sebab cinta uang! Apalagi “anak” besar dan “anak”tua, hampir semua orang dosa cinta uang, sedikit atau banyak.

Kalau seorang terus mengejar uang, sebab cinta uang, maka iblis dengan mudah menyesatkan danmembinasakan orang yang cinta uang, yang mengejar uang yang dipakai setan sebagai umpan untuk jerat dan kematiannya.

Inilah alasan kuat dan tepat, mengapa iblis memakai mammon sebagai capnya!

F.4. Roh mammon mudah memasuki orang yang cinta uang.

Orang yang cinta uang itu meratakan jalan menuju cap Antikris yaitu roh mammon. Kalau sudah cinta uang, dengan sendirinya bahkan orang itu minta sendiri untuk dapat roh2 mammon supaya bisa dapat uang lebih banyak. Ada seorang dengan susah payah menemukan dukun yang bisa mengisinya dengan roh tuyul (ini salah satu nama roh setan), yang bisa mengambil sebagian uang dari orang2 yang menginap dalam hotelnya. Sebab itu ia cepat menjadi kaya.Memang ini adalah rencana iblis dan pada zaman Antikris, ini akan nyata sekali.

Ini bukan saja nanti dalam zaman Antikris (itu puncaknya) sebab sekarang, bahkan sudah di zaman dahulu, siasat ini adalah salah satu siasat unggulan dari iblis. Sebagian tokoh2 umat Tuhan juga dapat ditipu, disesatkan dengan mudah dengan umpan uang sehingga menjadi cinta uang. Jadi cinta uang dan roh mammon ini sebetulnya adalah senjata kuno si iblis, yang sudah makan korban begitu banyak, juga tokoh2 umat Tuhan seperti Gehazi, Yudas, Obaja (ini juga! Lihat tentang Obaja dalam buku: Elia dan Obaja), dan masih banyak tokoh2 lain dari dahulu dan yang akan datang, jatuh, meskipun jatuhnya tidak kentara! Seperti Obaja).

F.5. Yudas punya cap Antikris I.

Yudas adalah Antikris I, yang “berhasil” membunuh gurunya sebab cinta uang, mata gelap, lupa daratan, tidak tahu malu, sekalipun ia sudah ditegur ber-kali2, bahkan sampai dalam perjamuan akhir di kamar loteng.

Orang yang tidak ber-jaga2, tidak bersih dan bebas dari cinta uang (tandanya bisa berpada, lihat hal…) akan juga jadi korban berikutnya. Dan mereka yang jatuh dalam uang akan limpah dengan segala macam dosa dan kejahatan 1Tim 6:9-10. Dan dalam zaman Antikris akan mudah menerima cap ini, bahkan mulai sekarang sudah bisa. Orang yang tidak mau mematikan dagingnya dari keinginan akan uang, dengan halus tetapi pasti akan masuk dalam rencana iblis dan berakhir dalam neraka kekal.

Jadi tanda dari cap Antikris ini bukan berarti secara harfiah, tetapi mempunyai arti rohaniah yaitu roh mammon yang menguatkan bahkan mendorong, merasuk dan merusak semua orang yang menerimanya se-hingga makin bejat dalam dosa dan akhirnya menjadi seperti Antikris dan iblis.

Sebagai kesimpulan untuk melihat semua perbedaan penafsiran antara chip dan roh mammon, kita lihat dalam skema sbb:

1,2,3 sudah jelas.

  1. Dengan chip, dosa yang timbul itu tergantung dari orang itu sendiri, tetapi kalau ada roh mammon, dosanya akan sangat limpah dan dahsyat, sebab roh setan mammon yang jahat ini bisa mendorong, memaksa, menekan orang itu sehinga berbuat segala macam dosa, sekalipun ia tidak berani. Orangnya bisa berani, nekad, tidak tahu malu dan sangat keji dalam segala macam dosa karena mammon. Ini dosa dalam roh setan, dosa tingkat II.
  2. Jumlah chip terbatas (paling banyak 2 atau 3 biji), tetapi roh setan bisa tidak terbatas, bahkan sampai Legion (ribuan).
  3. Jelas.
  4. Chip atau RFID menunggu kemajuan tehnologi, tetapi roh2 setan sejak dahulu sudah ada dan sudah sempurna dalam dosa.
  5. Chip banyak orang normal menolak, tetapi roh mammon justru dicari oleh orang2 yang cinta uang, makin banyak, murah, makin senang.

9-10. jelas.

SIASAT IBLIS MENYESATKAN DENGAN CHIP.

G.1. Sibuk dengan chip.

Cap Antikris bukan hanya angka, bukan chip. Angka atau chip bisa juga dipakai sebagai alat yang canggih, sekaligus menipu orang-orang Kristen supaya ribut dengan chip, padahal cap yang sebenarnya adalah cinta uang dan roh mammon yang jauh lebih dahsyat, dan kalau tidak mengerti dan tidak dikenali, bisa masuk dengan mudah dalam umat Tuhan tanpa perlawanan.

Banyak orang beriman belajar, sibuk, dan ribut terus dengan chip, bahkan berkhotbah di mana2 dengan segala macam teori dan perdebatan, sehingga banyak orang beriman tidak sadar bahwa senjata dan siasat Antikris ini (cinta uang dan roh mamon) sudah banyak menikam pelan2 dari belakang dengan cinta uang. Ini tidak dipedulikan, dibiarkan saja, sehingga limpah dengan banyak dosa dan kejahatan karena cinta uang, dan akhirnya menjadi korban, bahkan jatuh, undur, murtad dan tidak kembali. Banyak juga yang tetap menjadi tokoh di Gereja (jalan lebar), sebagai kenajisan yang duduk di tempat yang kudus (menggenapi nubuat tanda2 pasti dari kesesatan akhir zaman).

Mat 24:15

Sebab itu, apabila kamu melihat kekejian yang mendatangkan kehancuran itu berdiri di tempat kudus, (dalam Gereja2 jalan lebar Wah 2,3) seperti yang disabdakan oleh nabi Daniel (siapa yang membaca, biarlah ia mengerti) (banyak orang tidak sadar). (KJI)

G.2. Jangan terpancing cap yang salah.

Dari keterangan ini, nyata sekali bahwa cap Antikris itu 666 (angka mammon) itu adalah roh setan yang khusus mengumpan dan menjerat dengan mammon, dan merasuk (memaksa) orang-orang yang dicap ini untuk mengejar mammon dengan nekat, kejam, jahat dan menghalalkan segala cara. Chip tidak bisa mempengaruhi orang itu, hanya sekedar alat yang mati, tetapi roh mammon itu mahluk hidup (setan) yang bisa merasuk, menguasai, memperbudak orang itu, mendorong, menjerat, menipu, mengancam, dan memerintahkan (memaksa) untuk menyembah mammon dan berbuat segala macam kejahatan dengan mammon sebagai tujuannya (ini umpan yang ditawarkan roh-roh setan ini). Orang yang menganggap (meyakini) chip sebagai cap Antikris, ia disesatkan oleh penafsiran ini, sehingga pikiran dan perhatiannya pada chip itu berlebih-lebihan, terus pada chip padahal bukan.

Waktu, perhatian, pikiran dll dari orang-orang ini akan dimakan habis oleh siasat dan tipu daya setan ini. Juga penger-tian (tafsiran Firman Tuhan) jadi bengkok karena salah tafsir tentang chip ini sehingga tidak mengerti tafsiran yang betul lain-nya, dan yang berbahaya adalah orang-orang ini tetap tenggelam dalam cinta mammon (justru ini yang akan jadi cap Antikris, teta-pi diabaikan, dibiarkan, tidak dipedulikan), tahu-tahu ter-tinggal dan dirasuk oleh roh mammon (= kena cap Antikris).

G.3. Yang harus diperhatikan dan dibuang adalah cinta uang.

Ini bisa menarik dengan kuat roh mammon masuk dalam hatinya sehingga orang itu kerasukan roh mammon. Kalau seorang diikat oleh cinta uang, maka  ini meratakan jalan untuk satu kali dikuasai dan dirasuk oleh roh mammon! Betapa banyak orang Kristen bahkan hamba-hambaNya yang terikat oleh cinta uang dan diperbudak oleh mammon; ini yang berbahaya sebab ini yang akan membuat orang itu mengecilkan Allah (sebab bertuhankan mammon Mat 6:24), se-hingga limpah dosa-dosanya (1Tim 6:9-10), akibatnya ketinggalan lalu dirasuk (dicap) dengan roh mammon, atau mati dan terhilang, sebab banyak dosa2nya karena cinta uang 1Tim 6:9-10. Sebab orang yang cinta uang ini akan limpah dengan segala macam dosa, dan ia sendiri sangat bergairah menarik dengan kuat roh mammon (sejalan dengan keinginan iblis, setan2 dan Antikris), dan itu langsung berubah menjadi cap Antikris.

Jadi orang yang cinta mammon itu membuka pintu untuk menerima roh mammon tanpa rayuan, bujukan atau tekanan, sebab hatinya sudah cinta uang dan menyembah mammon. Ini makin banyak terjadi sekarang, sekalipun belum saatnya Antikris ke-4 muncul.

Pada prinsipnya cinta mammon dan roh mammon, itu hanya tinggal maju satu langkah lagi!

Orang yang sudah memberha-lakan mammon, Roh Kudus sudah pergi, dosanya limpah (menjadi hamba dosa Yoh 8:34), setan-setan sudah di dalamnya, sebab itu roh mammon mudah masuk, satu golongan! Tetapi orang yang bisa berpada dan memperhambakan mammon, Roh Kudus ada didalamnya, pasti roh mammon tidak bisa masuk bahkan hendak mempengaruhi dan menipu juga tidak bisa.

G.4. Orang yang tidak cinta uang, akan lepas dari cap Antikris.

Orang-orang beriman harus mengerti dan teliti memeriksa dirinya jangan sampai ada cinta uang, ingin akan uang, itu jahat, akarnya dari segala jenis kejahatan 1Tim 6:9-10 dan ini membuka pintu lebar-lebar untuk menerima roh mammon.

Kalau kita sudah dibersihkan dari cinta uang, maka:

  1. Kita bisa berpada (puas dengan apa yang ada; masih boleh ingin dapat lebih, tetapi jangan merugikan atau mengurangi jatah rohani dan harusdengan halal sesuai Firman Tuhan) 1Tim 6:8, Pil 4:11-12, dan sabar menunggu waktunya, kalau itu kehendak Allah.
  2. Bisa memakai dunia ini seperti tidak memakai 1Kor 7:31.
  3. Bisa dan selalu mendahulukan Tuhan lebih dari semua yang fana Mat 6:33.

Kalau mau hidup seperti demikian, pasti bisa, sebab Roh Kudus akan menolong dan kita tidak akan jadi cinta uang dan tidak akan pernah kena cap Antikris, sebab sudah ikut dalam pengangkatan.

G.5. Chip juga mungkin dipakai antikris pendahulu.

Sebab ini adalah alat tehnologi yang canggih, banyak faedah yang luar biasa; mungkin pada mulanya atau bersamaan, Antikris akan memakainya juga (dalam Minggu ke-70 Daniel), untuk menguasai, mengontrol dan mengatur semua orang dengan cara tehnologi yang canggih, sekaligus menyesatkan pengertian dan tafsiran banyak orang beriman. Tetapi Antikris tetap menguasai, mengontrol, mera-suk setiap orang dengan roh-roh setan (mammon) yang ada dalam setiap orang (ini jauh lebih hebat, lebih efektif, lebih sempurna). Tetapi mungkin saja kedua cara ini dipakai Antikris, sebab Antikris adalah penguasa internasional (global) dalam zamannya (meskipun dalam 3,5 tahun I, hanya diantara orang2 berdosa dan orang beriman Halaman, sebab ia tidak bisa mengalahkan Gereja waktu itu, yang belum terangkat, tetapi sedang diproses dalam penamatan rencana Allah. Dalam 3,5 tahun II, sesudah pengangkatan, ia berkuasa penuh atas semua orang di dunia waktu itu Wah 11:2; 13:7). Sekaligus chip ini bisa dipakai untuk mengelabuhi dan menyesatkan orang-orang yang salah mengerti. Sebab Antikris dan iblis akan memakai apa saja, cara-cara tehnologi yang canggih, kuasa gelap, senjata, apalagi uang dll untuk mencapai kehendaknya. Antikris akan menghalalkan segala cara. Tetapi chip ini bukan cap Antikris. Jangan terlalu kuatir seperti sikap orang mula-mula pada kartu kredit dll, tetapi matikan cinta uang, berpada dan tetap lekat dengan Tuhan dipimpin Roh.

ARTI ANGKA ANTIKRIS.

Dalam Wah 13:18 diceritakan bilangan nama Antikris itulah 666. Apa artinya?

H.1. Enam (6) adalah angka manusia (manusia diciptakan pada hari ke-6). 3 buah angka 6 berarti ketiga bagian dari manusia yaitu tubuh jiwa roh manusia seluruh-nya dikuasai dan dicengkeram oleh Antikris; dan ini hanya mungkin dikuasai dengan roh mammon yang hidup, merasuk, memerintah dan menguasai seluruh tubuh jiwa rohnya sampai menjadi sempurna di dalam dosa dalam seluruh keberadaan manusia itu. Memang ini tujuan dari Antikris, dengan roh mammon yaitu meterai atau capnya, Antikris hendak membuat orang dosa menjadi sempurna dalam dosa seperti Antikris dan seperti Iblis, sehingga pasukannya menjadi makin kuat dan makin besar.

(Sebaliknya dalam Wah 14:1 kita melihat lagi ada tanda di dahi 144.000 orang yang sem-purna di hadapan Allah; inilah meterai yang sudah mencapai tujuannya, yaitu membuat orang-orang yang dimeteraikan menjadi suci dan sempurna seperti Allah, tetapi bukan dipaksa atau dirasuk, melainkan dengan penye-rahan dan ketaatan dari orang itu kepada Roh Kudus, baru Roh Kudus bisa bekerja di dalam seluruh hidupnya.

Dalam Kemah Suci kita melihat meterai itu terdapat dalam arti Pintu Kemah (Roh Kudus, meterai kesucian) dan di Tirai (Roh Kudus, meterai yang menyempurnakan) seperti Hujan awal dan Hujan akhir).

H.2. Angka mammon = 666.

1Raj 10:14

Adapun berat segala emas yang dibawa masuk kepada raja Sulaiman dalam setahun, ia itu enam ratus enam puluh enam talenta emas. (TL)

Solaiman membawa masuk setiap tahun 666 talenta emas, inilah uang atau mammon yang didapatkan oleh Solaiman. Roh Mammon inilah yang menjadi tanda atau meterai Antikris. Ingin uang (mammon) adalah akar atau sumber dari segala kejahatan.

1Tim 6:9-10

  1. Tetapi mereka yang ingin menjadi kaya jatuh ke dalam pencobaan dan jerat dan ke dalam banyak nafsu-nafsu yang bodoh dan mencelakakan, yang menenggelamkan manusia ke dalam kehancuran dan kebinasaan.
  2. Karena cinta uang adalah akar segala jenis kejahatan; sebab beberapa orang yang menginginkannya sudah tersesat dari iman sehingga menikamkan banyak dukacita ke dalam dirinya sendiri. (KJI)

Apalagi roh mammon yang merasuk orang (yang mendorong dan mengikat orang dengan cinta akan uang). Ingin akan uang itu menghasilkan segala macam dosa dalam hidupnya, lebih-lebih roh mammon yang merasuknya, membuatnya jadi nekad dan mata gelap akan uang dan dengan lihai dan jahat menuruti pimpinan roh mammon, sehingga dosanya makin banyak dan ber-macam2, bahkan membunuh. Dan ini membuat orang itu berdosa dalam roh setan, dengan cara dan tingkat yang lebih jahat dan lebih limpah sehingga akhirnya dosanya menjadi sempurna seperti antikris dan iblis.

Angka di chip itu juga bisa membuat banyak akibat yang jelek, tetapi jauh lebih sedikit daripada kenekadan dan kejahat-an yang bisa dilakukan oleh orang yang dirasuk oleh roh setan yaitu roh mammon yang menguasai orang itu sampai akhirnya benar-benar rusak dan sempurna dalam dosa. Dengan roh-roh mammon inilah Antikris menguasai manusia dan roh mammon inilah yang menjadi tanda atau cap dari Antikris.

H.3. Yudas, Antikris pertama, dirasuk roh mammon, yaitu roh iblis sendiri yang bekerja sebagai roh mammon. Dengan uang itu mudah menjerat manusia, juga orang rohani yang tidak berjaga-jaga. Sebab itu jangan takut ujian uang, sekalipun miskin atau kaya tetap cinta dan taat pada Tuhan, seperti Paulus Fil 4:11-12. Jangan ingin atau cinta uang, tetapi berpadalah 1Tim 4:8, maka kita tidak mudah dirayu atau ditipu oleh uang, harta dll.

Karena Yudas cinta uang, akhirnya ia mudah didorong dan dirasuk roh mammon sehingga ia menjual Gurunya dengan 30 keping perak. Padahal rasul2 lain, juga orang2 lain tidak mudah bisa dimasuki roh setan atau roh mammon (ada beberapa pagar yang ditaruh Allah pada setiap manusia, misalnya 1Kor 10:13, Ef 4:27 dll). Mengapa roh setan bisa masuk, apalagi roh iblis sendiri! Sebab membuka hati pada dosa uang (atau dosa2 yang lain) dan kalau dosa itu sudah cukup besar dan ia mau dimasuki, roh mammon akan langsung masuk dan pada Yudas yang masuk adalah roh iblis sendiri. Yudas sudah menerima 30 keping perak sebelum perjamuan malam, ini perbuatan dosa yang besar, ia mau, sebab itu iblis bisa masuk ke dalamnya.

Jadi kita jelas melihat adahubungan antara cinta uang (mammon) dengan roh mammon; tetapi baru kalau ia mau dimasuki roh setan mammon roh ini bisa masuk dan merasuknya, sehingga Yudaspun bisa menjadi Antikris pertama. Ini sebab Yudas cinta uang, mammon (yang angkanya adalah 666) yang membuatnya penuh dengan perbuatan dosa yang matang dan pengkhianatan, sehingga roh iblis yang juga bisa menjadi roh mammon atau roh dosa lainnya, bisa masuk dan merasuk dan merusak hatinya Luk 22:3.

Yudas ini adalah Antikris yang pertama, keluar dari antara ke-12 rasul (1Yoh 2:19) sebab diisi dengan cinta uang, lalu roh mammon masuk dan merasuknya, sehingga menjadi mata gelap, tanpa malu (ia masih mencium gurunya, tanda cinta, tetapi sebetulnya ia mau membunuh-Nya) ia menyerahkan Gurunya sendiri.

H.4. Pada anak-anak Allah tidak ada tanda dari iblis ini di dahinya. Juga orang-orang yang tertinggal dalam zaman Antikris yang bertobat kembali dan bertahan untuk tetap percaya pada Tuhan Yesus, mereka mempertahankan keselamatannya, mereka menolak tanda ini di dahinya dengan resiko dianiaya sampai mati, tetapi selamat masuk Surga.

Wah 20:4

Dan saya melihat takhta-takhta, dan mereka duduk di atasnya, maka kepada mereka diserahkan penghakiman; Dan saya melihat jiwa-jiwa dari mereka yang sudah dipancung kepalanya oleh sebab kesaksiannya tentang Yesus dan oleh sebab firman Allah, dan yang tidak menyembah binatang itu ataupun patung-nya, dan yang juga tidak menerima capnya pada dahi atau tangannya. Dan mereka hidup kembali dan memerintah dengan Kristus seribu tahun lamanya. (KJI)

Jadi yang dipakai sebagai cap dan tanda dari Antikris adalah roh mammon dan cinta mammon (akar segala kejahatan. 1Tim 6:9-10) itu meratakan jalan untuk masuknya roh-roh mammon.

CAP DI DAHI DAN ATAU TANGAN.

I.1. Cap di dahi.

Mengapa Allah hanya menaruh meteraiNya di dahi, tetapi iblis atau Antikris di tangan dan atau di dahi?

Wah 14:1.

Dan saya melihat, dan lihatlah Anak Domba itu berdiri di atas Gunung Sion, dan be-serta dengan Dia ada sera-tus empat puluh empat ribu orang yang tertulis nama-Nya dan nama Bapa-Nya di dahinya. (KJI)

Orang-orang yang sempurna, nama Bapa dan nama Putra Allah ditulis di dahi mereka. (Cap atau meterai Antikris adalah namanya yang dimeteraikan di dahi dan di tangannya). Jadi dahi adalah tempat meterai dari Allah (tetapi tidak pernah di tangan) dan iblis juga meniru, bahkan ditambahi atau di tangannya, dari mana saja boleh asal ia bisa menguasai orang itu.

Dahi adalah kepala, pikiran dan tangan adalah perbuatan, lebih2 tangan kanan menunjukkan perbuatan2 yang utama.

Allah hanya memeteraikan dahi atau pikirannya/ disucikan, menjadi baru sebab roh dan pikirannya diperbarui oleh Roh Kudus Ef 4:23, sehingga mempunyai pikiran Kristus, ini pikiran ilahi.

1Kor 2:16

Karena siapa yang mengetahui pikiran Tuhan, sehingga ia dapat mengajar Dia? Tetapi kami memiliki pikiran Kristus. (KJI)

Orang yang lahir baru dan mau dipenuhi dan taat pada pimpinan Roh Kudus akan mempunyai pikiran Kristus. Inilah pikiran yang benci dosa dan cinta kebenaran seperti Kristus.

Ibr 1:9

Engkau mengasihi kebenaran, dan membenci kefasikan (kejahatan, kesalahan, dosa). Karena itu Allah, yaitu Allah-Mu, mengurapi Engkau dengan minyak kesukaan lebih daripada semua teman sekutu-Mu. (KJI)

Orang2 seperti ini akan menjauhi semua yang nampak jahat.

Yehz 9:4.

Lalu firman Tuhan kepada-nya: Berjalanlah engkau di tengah-tengah negeri, yaitu di tengah-tengah Yeruzalem, dan bubuhlah suatu tanda (tanda dari Allah: Meterai Roh Kudus) pada dahi segala orang yang berkeluh kesah dari karena segala perkara keji yang dibuat di tengah-tengahnya itu. (TL)

Disini diceritakan bahwa orang-orang yang dimeteraikan Allah di dahinya itu ialah orang-orang yang berkeluh kesah karena perkara-perkara yang keji yang dibuat di tengah-tengah Yerusalem. Inilah orang-orang yang tidak setuju dan tidak tahan akan perkara2 dosa, sekalipun ada umpannya, yang normal, tetapi sangat cocok dengan daging, melazatkan hawa nafsunya. Tetapi orang2 yang punya pikiran Kristus initidak mau melihat, apalagi berbuat perkara-perkara dosa.

Yes 33:15

Ia yang berjalan benar dan berkata-kata dengan tulus, ia yang menghinakan keuntungan dari penindasan, (menolak untung dari hasil pemerasan atau laba keji TL, TB) menahan tangannya daripada menerima suap, menghentikan telinganya daripada mendengar (rencana penumpahan, TB) darah dan menutup matanya daripada melihat yang jahat.

Baik di dalam dunia dan di antara umat Tuhan di dalam tubuh Kristus, ia menjauhkan diri dari semua yang jahat Ams 22:3

Juga Lot pada permulaannya benci dosa, ia tidak tahan dan tersiksa jiwanya sebab melihat kekejian orang-orang Sodom.

2Pet 2:8

Sebab orang benar itu tinggal di antara mereka, dengan melihat dan mendengar perbuatan-perbuatan mereka yang fasik itu, tersiksalah jiwa orang benar itu dari hari ke hari. (KJI)

Tetapi mengapa ia berubah sama sekali? Sebab memang ia tidak mau membuang keinginan dosa, kesukaan dosa yang sementara dari Sodom Ibr 11:25. Meskipun mula2 masih ada sisa2 tabiat dan kemuliaan ilahi, tetapi dengan cepat itu habis dan berubah, sehingga kemudian ia bisa tahan (adaptasi), bahkan senang melihat dan ikut dalam perkara2 yang keji. Sebab itu dengan cepat ia justru meninggalkan kebenaran Allah, dan akhirnya menjadi rusak. Ia mulai dalam Roh, tetapi berakhir dalam daging dan menjadi orang Sodom yang penuh kedagingan.

Gal 3:3-4

  1. Sedemikian bodohkah kamu? Kamu sudah mulai di dalam Roh, sekarang kamu hendak mengakhiri di dalam daging?
  2. Sia-siakah kamu menderita sedemikian banyak itu? Kalau benar, demikian itu memang sia-sia. (KJI)

Ini terbukti waktu ia dengan begitu mudah menyerahkan ke-dua gadisnya untuk dijadikan korban nafsu zina orang-orang Sodom Kej 19:7-8. Keinginan sex di luar nikah sekarang bukan lagi dosa, itu normal baginya, sebab tidak ada lagi pikiran Kristus (meterai Roh Kudus), tetapi sudah diganti dengan cinta dosa.Jadi cap atau meterai di dahi dari Tuhan adalah baptisan Roh Kudus yaitu meterai Roh Kudus dan tanda atau cap di dahi dari Antikris ialah roh setan yaitu roh mammon dan segala dosa lainnya, sehingga keinginan dosa jadi me-nyala2 bahkan menjadi buas dan lupa daratan.

I.2. Cap di tangan.

Setan juga memakai cap di tangan, tetapi meterai Allah hanya di dahi. Apa bedanya?

Ini adalah perbedaan pekerjaan Roh Kudus dan roh setan. Adalah kehendak Tuhan supaya kita sendiri yang harus memulaimelakukan kehendak Allah. Kita harus taat melakukan perbuatan-perbuatan yang sesuai dengan kehendak Allah. Kita bukan mesin. Kita harus aktif untuk taat melakukan kehendak Allah. Harus ada keputusan, kemauan dan tindakan untuk taat Luk 12:57. Manusia adalah mahluk berkemauan bebas, sehingga kita bisa memilih untuk taat melakukan kehendak Allah atau menuruti kehendak sendiri (daging) dan iblis; selalu ada dorongan dari tubuh daging ini yang mendorong (Yoh 3:19) untuk menuruti kehendak daging, tetapi kita harus menyangkalinya dan mematikannya, supaya kita hanya melakukan kehendak Allah saja Luk 9:23, Gal 5:16-17. Memang kadang2 kekuatan kita terbatas, tetapi yang penting adalahkita mau taat, maka Roh Kudus akan menguatkan setiap orang yang mau taat, sehingga ia sanggup melakukannya Fil 4:13, Zak 4:6. Tuhan tidak menuntut kita sanggup, tetapi mau. Kalau kita dengan tulus sungguh2 mau, maka Roh Kudus akan menolong kita, Ia memberi kekuatan sehingga kita sanggup. Roh Kudus selalu siap, standby untuk menolong orang yang dengan tulus dan dengan segenap hati mau taat.

Roh Kudus tidak memaksa, tetapi mengubah pikiran kita dan memberi kuasa, tetapi kita sendiri yang harus taat. Kita yang harus mau dan harus memulai untuk taat, maka Roh Kudus yang menolong dan memberi hikmat dan kuasaNya Zak 4:6, sehingga kita sanggup dan berhasil melakukan kehendak Allah.

Jadi Allah hanya memeteraikan dahinya dan kita sendiri yang harus mengge-rakkan tangan kita sesuai dengan kehendak Allah.

Iblis lain, ia bisa memberi cap atau memeteraikan, (kalau perlu dengan memaksa dan mengancam dengan kematian), mencapnya baik dahi dan atau tangan.

Iblis lain, ia tidak menunggu orang itu mau taat pada iblis, daging, dunia dan dosa (kalau mau tentu iblis lebih senang), tetapi meskipun tidak mau dan menolak, iblis berusaha untuk membujuk, menipu bahkan memaksa dan merasuk orang itu sehingga melakukan kehendak iblis. Sekalipun tidak mau, iblis merasuk, menipu, mendorong dan memaksanya.

Jadi memberi cap di tangannya, itu berartimendorong dan memaksakan untuk melakukan kehendak setan.

Orang gila Gadara memukul badannya dengan batu, sangat sakit, ia sebetulnya tidak mau tetapi setan-setan yang merasuknya memaksakan, biarpun ia tidak setuju dan sangat kesa-kitan. Setan memeteraikan tangannya, di cap, jadi miliknya, iamemaksakannya untuk mentaati iblis, juga pikirannya dirasuk.

Tetapi Allah hanya memeteraikan dahi kepalanya dan orang itu sendiri harus taat menurut pimpinan Roh dengan sukacita dan penuh penyerahan, sebabpercaya dan taat kepada Tuhan, maka Roh Kudus akan menolongnya.

Meterai Allah adalah Roh Kudus yang memenuhi, mendorong dan memungkinkan orang-orang beriman untuk bisa hidup dalam kesucian, limpah dengan kuasa Allah dan segala macam fasilitas ilahi dari Allah Zakh 4:6, Kis 1:8, 1Kor 12:7-11.

Sebaliknya cap atau meterai Antikris itu adalah roh-roh setan (yang memakai tipu daya mammon) yang memaksa sehingga merasuk orang-orang yang ingin akan uang, cinta mammon, untuk menghalalkan segala cara dan nekad berbuat segala macam dosa sehingga mendapat limpah uang. Uang menjadi umpan manis yang menarik, membuat orang jadi nekat dan berani berbuat segala macam dosa.

Jadi, diberi Roh Kudus supaya bisa hidup kudus seperti Allah, tetapi kalau dirasuk roh mammon, mereka ditekankan dan dipaksa untuk nekad hidup dalam segala macam dosa sampai menjadi jahat seperti iblis. Lebih2 kalau orang itu cinta uang, rohnya cocok, makin nekad berbuat dosa, sampai mata gelap dan akhirnya binasa.

BERSEDIA MENGHADAPI CAP ANTIKRIS.

J.1. Menghadapi problem chip.

Allah sudah menyediakan semua fasilitas yang kita perlukan, istimewa dalam Hujan akhir sehingga rata-rata orang beriman yang sungguh-sungguh itu sudah mahir berjalan dalam Roh. Misalnya Elia yang akan diangkat Tuhan (ini seperti orang yang sungguh2 ber-jaga2, yang masuk golongan 1551, tidak akan mati, itu seperti Elia yang juga jadi sempurna). Waktu orang2 datang hendak menangkap Elia, seluruh pasukan (50 tentara) dibunuh Tuhan 2Raj 1:4-13. Allah selalu melindungi, apalagi untuk orang2 seperti Elia, yaitu yang  termasuk golongan 1551 (orang2 ini tidak akan mati, tidak pernah mati, tetapi ikut dalam pengangkatan).

Contoh lain adalah: Petrus dan Paulus, kalau belum waktunya mati, sekalipun Petrus sudah ditentukan Herodes untuk mati, ia tetap lolos. Begitu juga orang2 yang akan ikut pengangkatan pasti dipelihara Tuhan. Allah sanggup memelihara sesuai dengan janjiNya 1Kor 15:51-52.

J.1.a. Sikon dahsyat.

Misalnya keamanan jadi rapuh, tidak ada keadilan, kejahatan meningkat dll termasuk kemungkinan pemaksaan chip ini. Orang-orang beriman bisa ditangkap seperti Petrus, Paulus dll. Tetapi Tuhan sanggup dan pasti melepaskannya. Gereja bersama-sama Tuhan Yesus tidak mungkin kalah oleh siapapun termasuk Antikris. Memang harus betul-betul bisa hidup suci dan taat dipimpin Roh. Berjalan dengan Allah, berarti hidup dalam kesucian, betul2 suci di hadapan Allah (di Mana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Dahulu, Sekarang, dan Yang akan datang). Kalau hidup dalam dosa, sekalipun sedikit, Roh Kudus sangat terganggu atau tidak bisa bekerja di dalamnya, bahkan Roh Kudus terpaksa harus meninggalkannya). Biasanya orang beriman yang tidak bisa berjalan dipimpin Roh, akan gagal, sebab hati dan pikirannya tidak bersih dan tidak terus menerus dalam jalan atau ril Tuhan (harus hidup benar dan melakukan kehendak Allah, bukan kehendak sendiri). Kalau tidak dipimpin Roh, kita tidak mungkin bisa menghadapi masa-masa yang sulit ini. Kita harus sudah bisa berjalan dalam Roh. Apalagi dalam Minggu ke-70 Daniel, hukumnya sangat keras, setiap salah dihukum 2Kor 10:6. Sebab itu yang tidak mau bertobat, bisa langsung kena hukum, bisa mati di tempat, lebih dari Kis 5. Segala dosa harus dibuang sampai yang di dalam angan-angan dan pikiran Gal 5:24, Maz 139:23-24. Juga orang-orang beriman yang bukan full time, yang kerja sekuler, harus full heart dan betul-betul dipimpin Roh, baru bisa lepas dari kesukaran-kesukaran yang dahsyat itu dengan hikmat dan kuasa Allah.

Juga dalam akhir zaman ini, problem-problem pekerjaan sekuler dan keuangan itu penuh dengan kejahatan dan tipu daya termasuk kemungkinan pemaksaan pemasangan chip ini. Allah sanggup memimpin kita lepas dari segala kejahatan dan pencobaan, asal kita mau (mahir) dipimpin Roh, tidak berjalan sendiri!

J.1.b. Dalam zaman keemasan Gereja, (3,5 tahun sebelum pengangkatan) keadaan Gereja amat indah penuh dengan segala macam hikmat, kuasa dan mujizat Allah, keadaannya seperti Surga di bumi. Tetapi dalam masa yang heran ini, semua orang harus betul-betul hidup suci, seperti di Surga (di hadapan hadirat Allah), dan taat dipimpin Roh. Umat Tuhan yang hidup dalam dosa, sedikit salah, hukumannya kontan dan keras seperti Ananias Kis 5. Tetapi rata-rata tingkat rohani orang-orang saat ini tinggi, penyerahannya penuh dan terus dipimpin Roh. Allah akan sanggup menggenapkan rencanaNya sampai tamat dengan sempurna, dengan orang beriman yang mau taat dipimpin Roh, hidup dalam kesucian dan melakukan kehendak Allah.

Hari-hari ini sangat sulit, termasuk tekanan dari Antikris yang mula2, yang sudah muncul pada permulaan Minggu ke-70 Daniel; Tetapi orang yang sudah mahir dipimpin Roh, bisa mengatasinya dan berkemenangan atas semua serangan dan tekanan dari musuh, bahkan Gereja mengalami zaman keemasan, begitu indah dan sukacita seperti di Surga. Kuasa, mujizat, tanda-tanda heran begitu limpah tetapi Gereja juga sangat tertib dalam kesucian.

J.1.c. Kesukaran keuangan sangat berat, tetapi di dalam Gereja Minggu ke-70 Daniel, mereka hidup dengan milik bersama seperti Hujan-awal Kis 2:43-45, belum sekarang (tetapi sekarang sudah harus siap, yaitu bebas dari cinta uang dan dosa-dosa lainnya). Tetapi hukumnya keras, orang yang berani memakai kesempatan ini untuk keuntungannya sendiri atau tamak, tidak jujur, menipu, mencuri dll bisa mati di tempat (Ananias dan Safira tidak mencuri atau menipu, hanya bohong karena mengurangi persembahan dari uangnya sendiri, sudah langsung dihukum mati di tempat Kis 5:3, apalagi dalam masa hujan Akhir). Orang-orang senang dan rela hidup bersama sebab sudah mahir dipimpin Roh (yang main-main sudah undur, tidak berani, tidak tahan Kis 5:13) dan juga semua sudah tahu saat pengangkatan, akan terjadi kurang dari 3,5 tahun. Pada saat-saat ini keadaannya sangat tertib, tidak ada salah pakai dan hanya untuk sisa maksimal 3,5 tahun, lalu ikut Pengangkatan. “Orang-orang dalam” (Mrk 4:11, Mat 13:11, 1Tes 5:3-5) bisa mengerti dan yakin tidak sampai 3,5 tahun lagi dan itu akan benar-benar terjadi; tetapi orang-orang luar tidak bisa percaya dan tidak mengerti, mereka juga tidak mau hidup bersama (apalagi yang kaya) dan undur.

Memang 3 binatang Antikris I sudah ada waktu ini dan sudah menguasai pemerintahan (hampir) seluruh dunia.

J.2. Menghadapi mammon.

Sekalipun belum zaman Antikris, tetap ada pekerjaan setan2, godaan uang, roh mammon, pergaulan yang jahat dan tetap ada kejatuhan dan kemungkinan hilang keselamatan dan binasa di Neraka.

Sebab itu kita harus tetap:

  1. Memelihara hubungan baik dengan Tuhan, tetap lekat dan bersekutu dengan Tuhan seperti carang dalam pokok Yoh 15:52. Ini berarti limpah dengan 7 Kebutuhan Pokok Rohani, yaitu: Suci, Salib, Sekutu, Doa, Ibadah, Alkitab dan Melayani.
  2. Kita harus tetap hidup suci di hadapan Allah dan selalu penuh dan dipimpin Roh seperti lima gadis bijak.
  3. Khususnya membuang semua tentang dosa uang, mammon dan roh mammon yang adalah akar dari segala dosa dan kejahatan 1Tim 6:9-10, ini terkait dengan segala macam dosa dan kebinasaan. Sebab itu khususnya dalam hal dosa uang, kita perlu:

3.1. Jangan sampai cinta uang atau tamak, tetapi belajar berpada dalam segala hal.

1Tim 6:8

Sedang ada pada kita makanan dan pakaian, biarlah kita berpada dengan itu. (KJI)

Seperti Paulus yang bisa berpada baik dalam kelimpahan atau kekurangan.

Fil 4:13-14

  1. Saya dapat melakukan segala sesuatu melalui Kristus yang menguatkan saya.
  2. Namun kamu sudah berbuat baik, dengan mengambil bagian dalam kesusahanku. (KJI)

Semua kesukaran uang, tidak ada yang kebetulan dan kita harus selalu lulus dalam segala pencobaan, termasuk godaan uang. Kita harus sungguh2 mahir berpada Ibr 13:5, Luk 3:14.

3.2. Jangan uang jadi tuan, tetapi jadi hamba. Maka dalam segala problem uang kita tidak sampai tertipu, terjerat atau dipimpin “tuan mammon”, sehingga timbul dosa, bahkan gugur, tetapi selalu lulus Mat 6:24.

3.3. Pakailah dunia ini seperti orang yang tidak memakai.

1Kor 7:31

Dan orang-orang yang memakai dunia ini pakailah seperti orang yang tidak memakai. Karena keadaan dunia ini akan berlalu. (KJI)

Ada atau tidak ada suatu fasilitas tertentu itu bukan kebetulan, jangan sampai berdosa sekalipun bisa memberialasan darurat (dan orang dunia bisa menerimanya), tetapi tetap berjalan dengan Tuhan, dipimpin Roh, bukan tergantung dunia dan segala isinya.

Kita harus bersedia dalam segala segi hidup, sebab selalu ada pengolahan dan ujian dalam setiap segi hidup, juga dalam segi keuangan, jangan sampai gugur sebab bereaksi dosa. Istimewa dalam hal uang, tetaplah dalam kesucian dipimpin Roh, sebab hidup di dunia ini memang sekolah rohani, tempat pengolahan hidup kita supaya kita tumbuh, teruji dan menjadi seperti Kristus.

Kalau kita limpah dengan 7 Kebutuhan Pokok Rohani, selalu berjalan dengan Tuhan, dipimpin Roh dan berkenan kepadaNya, maka dalam semua problem, pencobaan dan kesukaran kita akan selalu lulus, terus tumbuh seperti Dia dan siap akan kedatanganNya, menghadap Dia.

J.3. Harus bersedia Mat 24:42. Sekarang kita belum sampai disitu, tetapi sudah harus bersedia. Tanpa hidup baru (kantong kulit yang baru) maka dalam Hujan-akhir, dalam kelimpahan anggur baru, kantong kulit lama akan pecah Luk 5:37-38 dan binasa seperti Ananias.

Dalam persiapan termasuk:

  1. Memelihara kesucian baik-baik Ams 4:23 dari masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang sehingga tetap suci terus menerus, dalam segala hal, di segala tempat dan dalam segala waktu, tidak coba-coba atau main-main lagi dalam dosa atau tabiat lama Gal 3:3-4.
  2. Terus dipimpin Roh, baik berkata, berpikir, berencana, bertindak juga dalam pelayanan, semua betul-betul dipimpin Roh.

Kunci untuk bisa terus dipimpin Roh adalah tekun berdoa senantiasa dalam Roh dan kebenaran (terus hidup dalam kesucian), 1Tes 5:17 maka kita bisa terus dipimpin Roh. Belajar dipimpin Roh dalam hal-hal kecil (ini juga menjadi latihan) dan hal-hal besar dan itu indah sekali. Ini hidup seperti Putra manusia Yesus yang penuh kemenangan dan berhasil terus menerus sebab dipimpin Roh Mat 4:1, Luk 4:1.

Orang yang dipimpin Roh itu limpah buah Roh, karunia-karunia Roh yang nyata setiap kali waktu diperlukan. Juga  pelayanan jabatan akan nyata dan limpah dalam tubuh Kristus bahkan juga ada pelayanan orang sempurna, apalagi hadirat Allah nyata sekali dalam Gereja jalan sempit.

Tekun tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan, dalam persekutuan dan pelayanan 2Pet 3:18. Kalau dosa tidak ada (juga dosa kecil, sekalipun hanya dalam pikiran, seperti tidak senang, tidak suka, jengkel, harus bisa mengampuni) maka persekutuan itu sangat manis dan kuat sekali sehingga kekuatan semua orang beriman yang bersekutu itu berlipat kali ganda sampai 100 atau 1000x lipat Im 26:8, Yus 23:10. Pelayanan jadi ajaib seperti pelayanan Putra manusia Yesus Yoh 14:12. Semua rahasia akhir zaman akan terbuka dan dari Kejadian sampai Wahyu akan jadi jelas Mat 10:26-27, sehingga bisa bersatu dengan kompak mengalahkan iblis, Antikris dan semua setan Mrk 3:25, Ef 4:13. (Ini semua termasuk 7 Kebutuhan Pokok Rohani yaitu hidup Suci, pikul Salib, berSekutu, Doa dalam Roh dan kebenaran senantiasa, Ibadah, makan roti hidup yaitu Alkitab, dan Melayani dalam Roh (SSS DIAM = Suci, Salib, Sekutu, Doa, Ibadah, Alkitab, Melayani).

SIKON MINGGU KE-70 DANIEL.

Kemungkinan ini (dicap dengan cap Antikris, yaitu roh mammon, bukan dengan chip) baru bisa dipaksakan kalau ada penguasa yang sangat kuat, yang bisa menguasai seluruh dunia dan itu adalah Antikris binatang ke-4 dalam 3,5 tahun II Minggu ke-70 Daniel.

Antikris binatang ke 1-3, ada dalam Minggu ke-70 Daniel, 3,5 tahun I. Pada waktu ini ada Hu-jan akhir, kuasa Allah luar biasa dan orang Kristen yang sungguh-sungguh (Gereja jalan sempit) akan penuh dengan kuasa dan hikmat Allah, juga ada pelayanan jabatan dan pelayanan orang sempurna dll. Keadaan Gereja wak-tu ini luar biasa (masuk zaman keemasan Gereja Wah 12:1, Hag 2:10, Yoel 2) sehingga kuasa Allah limpah luar biasa.

Kesucian dan dosa meningkat Wah 22:11, dosa dan kejahatan akan meningkat luar biasa seperti banjir di seluruh dunia seperti zaman Nuh. Tetapi dunia akhir zaman tidak lagi akan binasa oleh banjir air Kej 9:11, tetapi oleh banjir kejahatan dan dosa yang begitu limpah di mana-mana. Seperti banjir air yang tidak bisa dihindari, begitu juga banjir dosa dan kejahatan ini tidak bisa dihindari, semua orang pasti kena seperti zaman Nuh. Dosa penipuan, cinta uang, occultisme, kebencian dan pembunuhan, perzinaan, kesombongan, mafia, narkotik, ketidakadilan, kekejaman, kebengisan dan semua dosa lain memuncak. Mau tidak mau semua kena akibatnya, dirugikan, difitnah,ditangkap, dianiaya dll.

Lima gadis bijaksana

Orang-orang beriman seperti lima gadis bijaksana akan penuh dengan kuasa, karunia-karunia dan terus dipimpin Roh Kudus. Dengan pimpinan Roh, mereka akan selalu terlepas dan tidak sampai mati 1Kor 15:51-52, bah-kan satu rambutpun tidak gugur tanpa izin Tuhan Luk 21:18, apa-lagi dengan limpahnya pela-yanan orang sempurna, kemenangannya besar-besar dan tidak pernah kalah. Keadaannya sa-ngat dahsyat dan kacau, tetapi orang yang dipimpin Roh selalu lolos dan berkemenangan meskipun dikepung banjir kejahatan dimana-mana.

Petrus, Paulus, rasul-rasul lain, kalau belum waktunya, sekali-pun ditangkap mau dibunuh, tetap lolos. Gereja hujan akhir memang akan selalu lolos sebab akan ikut pengangkatan, tidak ada yang mati. Ini suatu rahasia 1Kor 15:51-52.Ada banyak perbuatan ajaib, bahkan tanpa batas sebab mahir dipimpin Roh dalam zaman keemasan Gereja ini.

Lima gadis bodoh.

Mereka yang penuh Roh Kudus tetapi tidak terus menerus dipimpin Roh (yaitu lima gadis bodoh yang sebentar2 menuruti daging, akal dan siasatnya, tidak terus menerus dipimpin Roh) akan kena salah satu macam (atau kombinasi beberapa kejahatan) sehingga terjerat dalam dosa dan kejahatan, bahkan bisa mati sebagai korban kejahatan. Jangan jadi lima gadis bodoh, hanya penuh Roh kalau pelayanan, di luar pelayanan tidak berjalan dalam Roh, tetapi menuruti daging atau kehendak sendiri, sebab itu mudah diterkam singa yang merajalela di mana-mana, lebih-lebih waktu tidak berjaga-jaga.Mereka yang masih hidup dan tertinggal waktu pengangkatan akan masuk dalam zaman Antikris dan menghadapi problem cap Antikris. Meskipun belum masuk zaman Antikris, tetapi 3,5 tahun pertama juga sudah merupakan zaman Antikris (3 binatang pertama), tetapi itu berlangsung bersama-sama dengan zaman keemasan Gereja di mana orang-orang dalam Ruangan Suci (lima gadis bijaksana) yang terus menerus dipimpin Roh bergumul di tengah-tengah banjir kejahatan (seperti tsunami); ini betul-betul masa yang paling sulit dan jahat, tanpa Tuhan dan persekutuan tubuh Kristus, orang pilihan yang tidak ber-jaga2 seperti lima gadis bodoh, tidak akan lolos tetapi jatuh Mat 24:22, 1Pet 4:18.

Kalau sekarang tidak berjaga-jaga, bersedia Mat 24:42, maka lima gadis bodoh (tidak menjadi bijak), mereka tidak bisa tahan dan jatuh dan binasa. Sebab itu jangan main-main, sungguh-sungguh bersedia dalam Ruangan Suci, jangan simpan keinginan-keinginan dosa apapun, tetapi benar di hadapan Allah dan penuh Roh Kudus supaya bisa terus menerus dipimpin Roh seperti lima gadis bijaksana.

Juga penting bisa bersekutu dalam Roh Ef 4:3, dalam tubuh Kristus Yoh 17:21-22, dengan sehati, sejiwa, sepikir, setujuan Pil 2:1, 1Kor 1:10, Mrk 3:25. Persekutuan dalam Roh itu mutlak diperlukan Ef 4:3 dan dengan kasih Kristus, penuh pengampunan 1Yoh 1:7 itu juga mutlak diperlukan mulai sekarang, sebab Kristus adalah kepala dari persekutuan tubuh Kristus, baru bisa tahan dalam hari-hari yang super sulit ini 2Tim 3:1-4.

Cap Antikris ini baru menjadi keharusan dalam zaman Antikris sesudah Antikris menguasai seluruh dunia dan bisa memaksakan semua orang untuk di cap (dirasuk roh mammon, roh setan).

Jangan lupa mulai sekarang sudah banyak, bahkan hampir semua orang berdosa itu cinta uang (sedikit atau banyak) dan sudah ada yang dirasuk dengan roh mammon, meskipun jumlahnya belum banyak, tetapi terus meningkat.

Ini sesudah pengangkatan. Selama masih ada Gereja, Antikris binatang ke-4 tidak bisa menguasai seluruh dunia sepenuhnya. Banjir dosa dan keja-hatan sudah terjadi, mulai sekarang dan terus memuncak sesaat sebelum Minggu ke-70 Daniel mulai dan dalam Minggu ke-70 sudah banjir di mana2, sehingga ligabo akan jatuh dan hanyut, hanya ligabis (orang-orang dalam Ruangan Suci) yang bisa tahan bahkan tumbuh dan ikut pengangkatan.

Sebab itu sekarang bersedialah, jangan main-main.

Kalau kita bersedia dan tumbuh, lalu Tuhan Yesus masih belum datang, dan kita harus mati (sebab habis jatah umurnya), tetap tidak rugi, bahkan untung besar kalau hidup berjaga-jaga (ligabis) pasti untung rohani dan jasmani, apalagi memang waktunya sudah dekat.

KESIMPULAN.

 

  1. Cap Antikris = roh mammon.
  2. Jangan tersesat, lengah, ribut-ribut chip, tahu-tahu kena cinta uang, sembah mammon, ketinggalan dan roh mammon masuk! Ini bisa terjadi mulai sekarang.
  3. Berjaga-jaga, siap dipimpin Roh dan taat, itu hidup sebagai Ligabis (Ruangan Suci) dan terus tumbuh.

Kalau toh chip diharuskan, jangan takut, minta pimpinan Roh Kudus, sebab orang duniapun tidak akan setuju semua, sebab ini merampas kemerdekaan pribadi. Juga ini bukan satu-satunya kesukaran akhir zaman, akan ada ba-nyak yang lain, tetapi Tuhan akan menyediakan segala fasilitas yang diperlukan Gereja untuk bisa mengalahkannya, lebih-lebih dalam 3,5 tahun I, Gereja juga akan menang atas para Antikris (1-3)dan semua kesukaran-kesukaran itu dan sesudah 3,5 tahun (tidak lama), orang-orang ini yang selalu menang atas dosa dan antikris ini, akan ikut Pengangkatan. Belajar mulai hidup mahir di-pimpin Roh dalam hal-hal kecil dan besar, danterus dipimpin oleh sejahtera Allah dan berjalan dengan iman di atas kebenaran Firman Tuhan.

Nyanyian: (Yes 41:10)

Janganlah takut, karna Akulah sertamu.

VI.C. BELUM WAKTUNYA.

 

  1. Masanya Antikris.

Antikris akan dinyatakan pada waktunya yaitu dalam Minggu ke-70 Daniel. Dan 7 mence-ritakan 4 binatang (ini sama de-ngan Wah 13, hanya disini 4 bi-natang itu menjadi satu binatang, yang mempunyai ciri-ciri dari 4 binatang dalam Dan 7 ini). Pada waktu Gereja masih ada, 3 bina-tang Antikris I itu sudah muncul, sebab itu kita (Gereja) akan mengalaminya bahkan harus meng-hadapinya, itu sangat dahsyat.

Tetapi Gereja akan tetap menang atas 3 binatang Antikris ini sebab Tuhan yang di dalam kita sangat jauh lebih besar dari mereka (Rom 8:31, 1Yoh 4:4); namun sesudah Pengangkatan, Tuhan dan Gereja diangkat keluar dari bumi, maka binatang Antikris yang ke-4 ini bisa muncul dan menguasai seluruh dunia sebab Allah (dan Gereja) musuhnya, sudah tidak ada. Ia berkuasa penuh atas dunia dan isinya. Ia merajalela selama 3,5 tahun; Memang Allah menyerahkan dunia yang hidup dalam dosa ke dalam tangan Antikris untuk 1260 hari Wah 11:2. Ini memang cara Allah. Kalau seorang terus keras hati, tidak mau  bertobat, meningkat dalam dosa, maka ia atau mereka diserahkan dalam tangan iblis untuk dibinasakan (disiksa) tubuhnya supaya bertobat. Ini dilakukan secara pribadi.

1Kor 5:5

menyerahkan orang semacam itu kepada iblis untuk dibinasakan dagingnya, agar rohnya dapat diselamatkan pada hari Tuhan Yesus. (KJI)

Atau secara bersama, yaitu waktu pengangkatan. Orang2 yang beriman yang tidak mau bertobat, ber-sama2 tertinggal dan diserahkan dalam tangan Antikris, dianiaya sampai mati Wah 13:7. Ini yang betul-betul merupakan zaman Antikris, tanpa Allah di dunia kecuali 2 Saksi yang masih menolong Gereja yang tertinggal, yang diinjak-injak dan dika-lahkan oleh Antikris ini. Wah 13:7.

  1. Sekarang Antikris belum muncul, sebab itu meterai atau cap Antikris juga belum ada, tetapi cinta uang dan roh mammon sudah ada, bahkan hampir semua orang dunia ada sedikit atau banyak cinta uang dan ada sebagian sudah diisi dengan roh mammon. Semua ini meratakan jalan untuk cap Antikris. Lebih2 waktu terjadi polarisasi dosa menjelang Minggu ke-70 Daniel, dosa meningkat begitu jahat dan limpah, juga cinta uang, roh mammon dan semua dosa meningkat. Waktu dosa banjir seperti tsunami dosa, juga cinta uang dan roh mammon akan limpah, sehingga lebih mudah Antikris pada saatnya akan mencap orang2 dengan cap Antikris ini! Pada waktu Antikris yang ke-4 muncul, ia akan memaksakan semua orang untuk menerima cap ini, dengan kata lain setan-setan (meterainya adalah roh setan-setan yang bekerja sebagai roh mammon) langsung masuk dalam manusia, yang bekerja sebagai roh jahat atau roh mammon, yang menguasai manusia.

Jadi chip itu bukan cap dari Antikris yang sesungguhnya, (meskipun mungkin sekali juga dipakai Antikris nantinya). Sebab itu jangan kita takut berlebih-lebih, panik dan bereak-si yang tidak perlu atau berlebih-lebih terhadap chip yang bu-kanlah cap Antikris yang sesungguhnya.

Orang yang ikut pengangkatan, tidak masuk dalam zaman Antikris (binatang IV) yaitu 1260 hari. Sesudah pengangkatan, baru Antikris ke-4 muncul, dan juga muncul binatang nabi palsu yang menghidupkan patung binatang Antikris itu (Wah 13:15). Ia akan memberi cap binatang itu (cap yang benar, yaitu  roh mammon!) pada semua orang (Wah 13:16), sebab semua sudah dikuasai Antikris (Wah 13:7,8), termasuk semua orang yang tertinggal (yang tidak ikut pengangkatan) sebab mereka masuk dalam zaman Antikris. Yang tidak mau di cap akan dianiaya sampai mati (Wah 13:6-8).

  1. Yang ikut pengangkatan tidak mengalami hal ini. Sebab itu orang yang ikut pengangkatan tidak perlu kuatir, sebab mereka tidak akan mengalami problem tentang cap Antikris, yang hanya mungkinterjadi dalam zaman Antikris. Tetapi kita harus berpada, mematikan cinta uang. Orang yang hidup suci dipimpin Roh (tandanya bisa berpada), tidak akan roh mammon bisa masuk ke dalamnya, kecuali ia jatuh dalam dosa (itu tingkat 1) lalu ditipu, didorong dan dijerat iblis untuk masuk dosa tingkat 2, yaitu dosa dalam roh setan. Kita masih mungkin akan mengalami masalah tentang chip yang dipaksakan di beberapa tempat untuk orang-orang tertentu. Tetapi Chip ini bukan cap Anti-kris yang benar. Meskipun sudah mulai dipasang, tetapi belum berlaku untuk semua orang dan belum di semua negara dan ini bukan cap Antikris! Jangan kuatir, tetapi jangan mau dan minta pimpinan dan hikmat kuasa Roh Kudus untuk menghadapinya.

Perbedaan tafsiran tentang chip ini akibatnya sangat besar dan sangat luas, sebab itu kita perlu penuh dengan Roh Kudus dan mohon daripadaNya penafsiran yang betul, sebab akibatnya besar! Yaitu orang Kristen yang salah mengerti, akanbingung menolak chip tetapi sebagian tetap cinta uang dan itu membuatnya limpah dengan dosa dan kena cap Antikris yang sesungguhnya 1Tim 6:9-10.

VII. SIKAP KITA.

Ini tergantung dari penafsiran.

Kalau chip dianggap atau diyakini sebagai cap Antikris, maka akan timbul banyak kekacauan dan keruwetan, bahkan seolah-olah Tuhan tidak bisa menolong, sebab memang tafsirannya salah. Sikap yang betul itu didasarkan atas tafsiran yang betul, yaitu bahwa chip atau RFID, itu bukan cap Antikris, maka:

  1. Kita juga berusaha untuk menolak chip sebisa-bisanya, sebab pemakaian chip ini berarti kebebasan pribadi (privasinya) hilang, sebab bisa terus dipantau dan mungkin juga chip itu bisa menimbulkan kanker (sebab ini benda asing diletakkan bertahun-tahun dan belum terbukti tidak berbahaya). Tetapi kita tidak menolak karena mendasarkan bahwa cip itu cap antikris.
  2. Kalau akhirnya terpaksa dipasang, karena ini bukan cap Antikris, kita hanya bergumul dengan ancaman privasi (kebebasan), bahaya kesehatan, dan kerugian-kerugian lain, bukan sebagai meterai Antikris. Sama seperti kartu kredit yang dahulu dikira sebagai cap Antikris, akhirnya tidak menjadi per-soalan. Jangan lupa, belum tentu semua orang dan semua negara setuju dan masih ada kemung-kinan ada cara-cara tehnologi canggih lainnya yang bisa mencegah atau menetraliser penggunaan atau pemaksaan chip ini.

VIII. PERGUMULAN ORANG KRISTEN DENGAN CHIP ZAMAN SEKARANG.

Kalau Minggu ke-70 Daniel mulai, bahkan juga sebentar sebelumnya (mulai sekarang) akan datang banyak kesulitan dan penderitaan bagi semua orang (sebab dosa dan kejahatan sangat meningkat, bahkan sampai puncak-puncaknya).

Mungkin juga sebelum zaman Antikris  orang2 sudah diharuskan menerima chip ini. Meskipun chip ini bukan meterai Antikris yang sesungguhnya, tetapi ini merugikan kebebasan orang itu, seluruh segi hidup orang-orang yang diberi chip ini bisa dikontrol dan dikuasai. Biasanya pasti banyak orang menolak, seperti yang ternyata sampai sekarang. Sebab jelas ini merampas kebebasan dan privacy manusia. Apalagi pemimpin2 itu bisa berubah dan ingkar janji, sehingga akibatnya lebih dahsyat lagi, sebab semua data2nya sudah dikuasai. Tetapi jangan takut! Allah tahu dan mempersiapkan kita untuk hal ini, asal kita mau bersedia sejak sekarang. Pada saat-saat yang sulit Gereja tetap menang dengan pertolongan pekerjaan Allah yang penuh dari tiga Pribadi Allah. Wah 12:1.