M4247 – Rahasia Penguburan Yesus

RAHASIA PENGUBURAN YESUS.

Luk 12:49-52

  1. Aku ini datang untuk mengirimkan api ke atas bumi dan apakah yang Kukehendaki jikalau api itu sudah menyala?
  2. Tetapi Aku harus dibaptiskan dengan suatu baptisan dan betapa susah Aku sampai hal itu digenapi.
  3. Adakah kamu menyangka bahwa Aku datang untuk memberi damai di atas bumi? Aku katakan kepadamu: Tidak tetapi justru perpecahan.
  4. Karena mulai sekarang akan ada lima orang dalam satu rumah yang terpecah, tiga melawan dua dan dua melawan tiga.

PENDAHULUAN.

Judul ini bagi kita berarti secara rohani.

Dalam garis besarnya adalah sbb:

  1. 1Kor 11:19. Akan ber-pihak2 dan dipisahkan antara golongan yang teruji dan yang gugur (setia dan tidak setia).

1Kor 11:19

Karena pasti akan ada beberapa pihak di antara kamu, supaya mereka yang teruji menjadi nyata di antara kamu. (KJI)

Ini dikatakan Tuhan Yesus, sekalipun aneh Luk 12:51, sebab Dia tidak membawa damai dan persatuan, tetapi perceraian, pemisahan, antara yang mau percaya dan taat dan tidak, sehingga muncul yang teruji dan yang jatuh. Ini terjadi pada saat terakhir, waktukesempatan habis (hampir tamat), yang tidak mau bersedia, dan tidak mau bertobat, akan jatuh dalam masa yang sulit ini.

  1. Mrk 14:8. Tubuh Kristus diurapi, persiapan untuk penguburannya.

Mrk 14:8

Perempuan ini telah melakukan apa yang dapat dilakukannya*. Ia* datang mengurapi tubuh-Ku sebelumnya, untuk penguburan-Ku. (KJI)

Disini kita melihat ada 4 hal, yaitu:

PEMISAHAN JADI 2 GOLONGAN.

1Kor 11:19 Umat Tuhan akan menjadi 2 pihak (hanya ada2 pihak, Allah dan iblis, netral itu ikut iblis Wah 3:16); Supaya nyata sesudah pemisahan mana golongan yang teruji, yang setia dan yang jatuh dan tidak setia, maka Allah mengizinkan datangnya ujian, yaitu menggocang-gancingkan dunia bahkan Surga.

Ternyata dalam banyak goncang-gancing akhir zaman ini (ini merupakan api ujian bagi umat Tuhan, termasuk juga Pandemi Covid-19),mengakibatkan 2 golongan ini tumbuh makin jelas, yaitu yang tahan dan lulus, sudah teruji dan yang jatuh. Kalau ditanya, semua orang pasti ingin lulus, tetapi itu ada syaratnya dan akan ternyata, tidak semua orang lulus, ada yang jatuh, bahkan jumlahnya bisa besar!

SYARAT MINIMUM.

Batas minimum keselamatan adalah percaya pada Tuhan Yesus (~ Pintu Gerbang), misalnya penjahat besar yang di salib, pada saat terakhir mengakui dosanya dan percaya pada Tuhan Yesus, ia selamat, pasti, masuk dalam Firdaus (Halaman) dari Kerajaan Surga.

Luk 23:43

Maka Yesus berkata kepadanya: Sesungguhnya Aku berkata kepadamu, hari ini engkau akan ada dengan Aku di dalam Firdaus. (KJI)

Tetapi pada akhir zaman, syarat ini meningkat, sebab orang yang tetap tinggal di Halaman akan hanyut dalam dosa (Wah 22:11), mati dalam dosa atau tertinggal.

Wah 11:2

tetapi biarkanlah halaman yang di luar Bait Allah itu, jangan mengukurnya, karena ia sudah diberikan kepada orang kafir dan kota yang kudus itu akan diinjak-injak mereka empat puluh dua bulan lamanya. (KJI)

Sebab itu syarat minimum untuk bisa ikut pengangkatan adalah masuk Pintu Kemah. Ini berarti hidup suci karena penuh dan dipimpin Roh = Pintu Kemah (Rom 8:14, Gal 5:16-17, Rom 8:1-2).

Orang yang tidak bersedia, sehingga tidak tumbuh melebihi batas minimum (minimum akhir zaman adalah Pintu Kemah Wah 11:2) akan gugur, tidak tahan dalam segala goncang-gancing dan kesukaran akhir zaman ini. Memang hal yang normal adalah sesudah percaya, betul2 lahir baru oleh air, darah dan Roh, sehingga selalu hidup dalam kesucian dipimpin Roh, terus tumbuh dan mulai ber-buah2 (jadi saksi Tuhan, jadi garam dan terang dunia). Ini hal yang wajar, normal, disediakan Tuhan bagi semua yang sudah lahir baru. Jangan macet atau bantut dalam pertumbuhan iman. Orang2 bantut, tidak tumbuhseperti ini (Mat 13:19-22) waktu kena ujian goncang-gancing dunia ini, akan jatuh dan terseret dalam dosa2 yang lebih besar dan lebih banyak.

Orang yang kelemahan2nya tidak dibuang, justru dalam goncang-gancing akhir zaman akan muncul dan menjadi-jadi. Yang rohaninya retak dan dibiarkan akan pecah; yang main2 dalam dosa, jadi sungguh2 berbuat jahat, dosa kecil jadi besar, dst. Semua makin men-jadi2, menjadi perbuatan dosa yang makin kejidan akibatnya juga makin besar, bahkan mati rohani dan mati jasmani Rom 6:23. Ini tumbuh cepat dalam Polarisasi dosa dan kesucian akhir zaman Wah 22:11.

Sebab itu mutlak perlu ber-jaga2, terus penuh dalam pengurapan Roh Kudus, makin tumbuh dan meningkat.

Mat 24:42

Sebab itu berjaga-jagalah, karena kamu tidak mengetahui jam berapa Tuhanmu akan datang. (KJI)

Mat 26:41

Berjaga dan berdoalah, supaya jangan kamu masuk dalam pencobaan; sungguhpun roh mau tetapi daging lemah. (KJI)

Baru dengan demikian kita bisa lulus dalam ujian yang makin dahsyat, tetap menang, tidak sampai jatuh dalam dosa, tetap ada dalam golongan yang sudah teruji, terus suci dan berkenan pada Tuhan.

Sebaliknya orang2 yang tidak bersedia, rohaninya bantut, jatuh bangun dalam dosa, main2, tidak ada pengurapan, akan jatuh dan hanyut dalam dosa, lebih2 dalam Polarisasi Wah 22:11 sehingga terjadi perpecahan dan pemisahan. Bahkan (dalam Luk 12:51) Dia datang (ini sebelum pengangkatan), untuk mempersiapkan orang2 supaya ber-jaga2, sehingga bisa ditamatkan dan ikut pengangkatan. Ini akan terjadi, Dia datang tidak membawa perdamaian atau persatuan tetapi perpecahan dan pertentangan, bahkan sejak dari kelompok yang kecil dalam nikah dan keluarga, sehingga ber-pihak2, 2 lawan 3, bahkan sampai anak melawan orangtua, menantu melawan mertua dalam satu rumah.

Luk 12:51-53

  1. Adakah kamu menyangka bahwa Aku datang untuk membawa damai di atas bumi? Aku katakan kepadamu: Tidak, (TB: bukan damai,) tetapi justru pemisahan.
  2. Karena mulai sekarang akan ada lima orang dalam satu rumah yang terpisah, tiga melawan dua dan dua melawan tiga.
  3. Bapa akan terpisah melawan putranya dan putra melawan bapa, ibu melawan putrinya dan putri melawan ibunya, ibu mertua melawan menantu perempuannya* dan menantu perempuan melawan mertuanya*. (KJI)

Mat 10:21

Saudara akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga bapak terhadap anaknya, dan anak-anak akan bangkit melawan orang tuanya dan menyebabkan mereka dibunuh. (KJI)

Terjadi perpecahan dan pemisahan dari umat Tuhan, mulai dari kelompok kecil sampai kelompok besar, yaitu:

  1. Pribadi. Orang2 yang hidup dalam dosa, tidak sungguh2 mau bertobat, di akhir zaman ini akan terseret oleh arus tsunami dosa (Wah 22:11).sehingga dosanya makin meningkat, dan putus hubungan dengan Tuhan Yes 59:2, putus dari pokok yang benar Yoh 15:2. Ini perceraian atau pemisahan pribadi dari Tuhan.
  2. Hidup nikah, suami dan istri pecah, terpisah, ini adalah akibat dosa, apalagi dosa2 sex dll. Dalam kesukaran2 ini makin banyak terjadi, yaitu bagi nikah yang jatuh dalam dosa.
  3. Keluarga terpecah, begitu menyedihkan, sangat pahit, tetapi dosa yang tumbuh terus menghasilkan perpisahan ini. Misalnya oleh kelaparan yang sangat, sampai orang makan tahi burung merpati (laku dijual 2Raj 6:25, bahkan juga makan orang2 yang dibunuh, dan lebih dahsyat lagi makan anaknya sendiri, yang dibunuh,ini top jahatnya, sampai ibu kehilangan sama sekali kasih ibu dan jadi begitu egois sampai tega, hilang perasaan hatinya, sehingga membunuh anaknya sendiri (terlalu kejam, seperti setan) dan makan daging dan jeroan (isi perut dan dada) anaknya sendiri dengan lahap. Betul2 seperti iblis, karena tekanan kesukaran dan kelaparan 2Raj 6:29. Ini akan terjadi dalam akhir zaman menjelang Minggu ke-70 Daniel, bahkan lebih hebat lagi, juga dengan kebencian dan pembunuhan.

Mat 10:21

Saudara akan menyerahkan saudaranya untuk dibunuh, demikian juga bapak terhadap anaknya, dan anak-anak akan bangkit melawan orang tuanya dan menyebabkan mereka dibunuh. (KJI)

  1. Dalam Gereja lokal, juga terjadi ber-pihak2 dan bercerai, berpisah, sehingga timbul golongan2 yang saling mencela, berkelahi dan bermusuhan. Tentu orang2 yang dipimpin Roh tidak mau terseret dalam jerat iblis, tetap penuh dengan kasih (ada pengampunan) dan kesucian dan dengan hikmat dan kuasa Allah bisa menghadapinya. Lebih2 para pemimpin perlu betul2 dipimpin Roh seperti Putra manusia Yesus dalam pelayanan di dunia (Mat 4:1, Luk 4:1,18).
  2. Dalam sinode, terjadi perkelahian dan perceraian, sehinggatimbul banyak sinode2 baru. Ini bukan karena persatuan, tetapi justru karena perceraian atau pemisahan.
  3. Gereja2 dalam setiap kota, negara dan global, juga terjadi perpisahan dalam 2 golongan. Tentu iblis punya peran besar di dalamnya sebab dibalik setiap dosa, sekalipun kecil atau biasa (misalnya benci, iri seperti Saul, terhadap Daud) iblis dapat kesempatan masuk, menguasai dan mengadu satu sama lain dengan perkelahian yang makin lama makin besar dan dahsyat, sampai puncaknya dalam zaman Antikris.

Ini semua menyebabkan pemisahan yang makin men-jadi2, sehingga pada permulaan Minggu ke-70 Daniel, yaitu pada tanggal penentuan (Yoel 3:14) dan tanggal Pemisahan (Luk 12:51), pemisahan ini jadi sangat nyata dan jadi pasti (sudah matang dan ditentukan menjadi 2 golongan yang berlawanan, dosa dan kesucian). Gereja yang biasanya campuran (Heterogen), pada akhir zaman akan terpecah jadi 2 golongan yang bertentangan satu sama lain, dan Homogen. Biasanya pemisahan itu terjadi sampai tingkat 4 atau 5, tetapi dalam goncang-gancing akhir zaman ini, tingkatannya makin meningkat sampai tingkat 6 dan 7, sudah siap untuk dipisahkan pada hari pengangkatan (tingkat 8). Ber-jaga2lah, semua ini akan berjalan dengan cepat, yang tidak ber-jaga2 pasti ketinggalan, jatuh dalam dosa, gugur dan terseret-seret atau terjebak dalam hawa nafsu kedagingannya dalam golongan yang jahat dari iblis. (Golongan yang sudah teruji, tetap suci dan kasih dipimpin Roh dan golongan dosa yang makin buas dan mata gelap menuruti hawa nafsunya sendiri dan nafsu setan!).

  1. Akhirnya terjadi 2 golongan yang nyata berbeda, yaitu golongan Halaman dan Ruangan Suci, lima gadis bodoh, lima gadis bijaksana Mat 25:6, golongan keranjang buah ara yang baik dan yang jahat Yer 24, golongan 1551 dan 1102 dst.
  2. Pada waktu pengangkatan, tampak jelas bedanya dua golongan ini, yang menjadi golongan yang ikut pengangkatan dan yang tertinggal.
  3. Dalam perang Gog dan Magog pemisahan ini diteruskan dalam golongan yang dikalahkan dan dibinasakan dalam perang Gog dan Magog ini, yang mati (golongan manusia terakhir) yang masuk Neraka sehingga jumlahnya genap dan yang ada di Surga.

Dua golongan ini lengkap sudah ada di Surga dan Neraka (yang di Neraka hanya rohnya, mayatnya masih di bumi, tunggu kebangkitan orang mati pada waktu Tahta Putih yang Besar, mereka bangkit dan masuk dalam pengadilan Allah yang terakhir yaitu Tahta Putih yang Besar).

  1. Dalam Tahta Putih yang Besar, sesudah orang2 dosa yang mati, semuanya dibangkitkan lalu dihukumkan dalam Tasik api (Tasa). Tetapi mereka yang ada dalam Surga Bumi Lama masuk dalam Surga Bumi Baru yang dibuat Allah. Disini terjadi pemisahan yang kekal antara 2 golongan ini. Golongan dosa dalam Neraka, rumah bapak iblis, merekadijauhkan dari hadirat Allah.

2Tes 1:9

Mereka itu akan menderita pengrusakan kekal yang akan datang, dijauhkan dari hadirat Tuhan dan dari kemuliaan kuasa-Nya, (KJI)

Hadirat Tuhan itu luar biasa Maz 139, tidak ada orang bisa lari dari hadirat Tuhan, sekalipun masuk Neraka, Tuhan tahu dan bisa menindaknya, misalnya Abraham di Surga dan orang kaya di Neraka, sekarang masih bisa berhubungan Luk 16:23-31. Tetapi sesudah Tahta Putih yang Besar orang2 berdosa dalam Tasik Api dan yang ada dalam Surga Bumi Baru, tidak bisa bertemu lagi sekalipun dalam pikiran, dilupakan sama sekali untuk abadi.

AKIBAT GONCANG-GANCING DALAM DUNIA Ibr 12:26-27.

Meskipun goncang-gancing zaman sekarang sudah sangat besar, global, tampaknya ini belum yang terakhir. Tetapi perpecahan yang besar dalam umat Tuhan makin nyata. Hari2 yang lalu hanya sampai tingkat 4 atau 5, tetapi sekarang mulai meningkat sampai dalam kota,tingkat negara2 dan akan sampai tingkat global. Ini disebabkan karena:

  1. Dosa dan kesucian yang makin bertumbuh dan makin nyata bedanya, lebih2 dengan Polarisasi Wah 22:11. Yang tidak mau (= tidak bisa) hidup dalam kesucian dipimpin Roh pasti akan terseret dalam dosa yang tingkatannya makin lama makin tinggi dan dahsyat, biasanya umpan kesukaan dosa sesaat juga makin besar dan berani, sehingga yang tidak bersedia pasti masuk dalam jeratnya Luk 21:34-35.

Macam2 kesusahan dan pencobaan yang besar, itu membuat dosa makin melimpah dan makin diceraikan dari yang suci, sebab itu hiduplah dalam kesucian dipimpin Roh Kudus sesuai dengan Firman Tuhan, dan pelihara persekutuan dalam Roh, sehingga tidak sampai terpisah,tetap bisa bersekutu dalam Roh dalam tubuh Kristus dan tumbuh dalam penamatan rencana Allah, siap untuk pengangkatan.

Yang hidup dipimpin Roh dan dipimpin daging makin terpisah menjadi golongan yang makin suci dan makin pura2 dan najis, lama2 terang2an dalam dosa.

  1. Persekutuan dalam Roh membentuk tubuh Kristus yang ada di jalan sempit akan makin meluas, sampai menjadi tubuh Kristus global. Tetapi yang dalam persekutuan manusiawi di jalan lebar, yang bersekutu karena hal2 manusiawi dan duniawi (karena keluarga, sahabat, golongan, uang, keuntungan ber-sama2 dll) juga berkembang dalam asuhan, tekanan dan perbudakan iblis cs.Golongan ini tidak akan tahan uji dan hanyut dalam dosa, nyata sekali bedanya dengan tubuh Kristus dalam Roh.
  2. Terombang ambing sampai terpecah karena pengajaran yang berbeda Ef 4:14. Terjadi macam2 pertengkaran pengajaran (sebagian karena sama2 belum sempurna, sebagian karena penyesatan). Dalam ibadah online, seringkali kesalahan atau perbedaan tafsiran pemimpin besar disoroti, dikritik dan dituduh dengan hebat, sehingga menyebabkan orang2 beriman ber-pihak2 dan sangat memecah umat Tuhan, apalagi kanak2 rohani akan terombang-ambing dalam perpecahan ini Ef 4:14. Terjadi perdebatan yang jadi perbantahan dan permusuhan 1Kor 11:16. Timbul banyak hal2 yangbisa membuat banyak keretakan diantara umat Tuhan, apalagi yang kanak2 rohani, tidak punya pengertian dan tidak ber-jaga2, yaitu orang Halaman! (Timbul rasa tidak senang hati, benci, sentimen, tidak mau kalah dll), sehingga umat Tuhan terpecah. Lebih2 yang tidak bisa mengenal kebenaran yang betul, dan yang tidak bertobat. Tetapi yang hidup dalam pengurapan dan pimpinan Roh Kudus, dalam kesucian dan kasih (penuh pengampunan 1Yoh 1:7) akan masuk golongan yang suci, berkenan pada Tuhan dan jadi golongan 1551 yang pasti akan ikut pengangkatan. Akan terjadi perpecahan yang menggenapi nubuat2 ini, sehingga waktu masuk Minggu ke-70 Daniel, terjadi pemisahan untuk seterusnya, tidak bisa bersekutu kembali sampai pengangkatan. Sebab itu jangan berdebat seperti yang dinasehati Firman Tuhan.

1Kor 11:16

Tetapi jika seseorang suka berbantah-bantah, kami, maupun Gereja-gereja Allah tidak mempunyai kebiasaan yang demikian. (KJI)

Kalau berbeda tafsiran atau pendapat, maka dalam kesucian, salib dan dipimpin Roh, kita harus saling mem-bagi2 kebenaran Firman Tuhan dalam kasih dan kesucian,sehingga bisa saling melengkapi dan tetap bersatu dalam kesucian, bahkan makin erat dalam persekutuan Roh dalam tubuh Kristus. Mereka yang tidak mau merendahkan diri, apalagi tetap hidup dalam dosa, akan penuh dengan kebencian dan iri, tidak mau kembali kepada pengajaran yang benar (sekalipun sudah tahu dan yakin bahwa penafsirannya sendiri yang salah) karena tidak mau merendahkan diri danbertobat, tetapi hidup menuruti daging yang cocok dengan pengajaran yang sesat.

Jangan tetap kanak2 dalam iman, harus tumbuh, belajar, sampai punya pengertian Firman Tuhan yang betul dan dapat mengenali danmenolak pengajaran yang salah, tetapi jangan benci, melainkan mendoakan dan menggarami, menerangi supaya sadar, dengan penuh kuasa, hikmat dalampengurapan Roh Kudus (sebab limpah doa dalam Roh dan kebenaran).

  1. Karena pekerjaan iblis yang makin meningkat istimewa sesudah iblis “diusir” keluar dari Surga Wah 12:9-12, dengan mereka yang di jalan sempit, yang jumlahnya besar, ia mengacaukan dan merusak umat Tuhan di seluruh dunia.

III. MRK 14:8. RAHASIA PENGUBURAN. Bagi kita ini bukan arti harfiah, tetapi arti rohani. Peristiwa yang “sama” ini dicatat dalam 3 Injil, yaitu :

  1. Mat 26:6-12.
  2. Mrk 14:3-9.
  3. Yoh 12:1-11.

Semua terjadi di Betani dengan peristiwa yang lebih kurang sama dan kata2 Putra manusia Yesus dalam semua peristiwa ini sama. Ada yang menafsirkan ini sama, ada yang menafsirkan berbeda. Tetapi kalau kita melihat prinsip dan cara2nya hampir sama, dan perbedaan2 itu dapat diterangkan mengapa begitu, maka kemungkinan semua ini sama, istimewa tempatnya sama dan waktu terjadi juga hampir sama, dan ini berada di bagian terakhir daripelayanan Putra manusia Yesus, mendekati penyalibanNya dan Putra manusia juga sudah mempersiapkan diriNya untuk masuk dalam penyaliban ini.

Kita akan melihat ada 7 pokok dalam peristiwa ini, yaitu:

  1. MENDENGAR FIRMAN TUHAN DENGAN BAIK.

Luk 10:41-42

  1. Lalu Yesus menjawab dan berkata kepadanya*: Marta, Marta, engkau kuatir dan bersusah-susah tentang banyak perkara.
  2. Tetapi satu hal yang perlu, dan Maria telah memilih bagian yang baik itu, yang tidak akan diambil dari padanya*. (KJI)

Perempuan ini (dalam Yoh 12:3  bernama Maria saudara Marta dan Lazarus), ia duduk di kaki Tuhan Yesus mendengar FirmanNya dengan sangat baik, dengan segenap hatinya dan mau mentaatinya, sehingga Tuhan berkata bahwa ia mendapat bagian yang baik dan itu tidak akan diambil daripadanya. Orang yang mendengar dengan sungguh2 sehingga mengerti dari Tuhan (Mat 13:11, Mrk 4:11) akan ber-buah2, bahkan mencapai ukuran yang paling penuh Mat 13:23.

Sebaliknya Marta berbuat banyak, ber-susah2, tetapi ia tidak mendapat bagian yang baik, bahkan sia2. Ia ber-sungut2 minta (menuntut) supaya Maria tidak nganggur sia2 (menurut pandangan Marta), tetapi menolongnya. Apalagi dalam pesta ini, sesudah Lazarus bangkit, Marta kembali melayani Yoh 12:2. Tetapi Maria tidak ikut melayani (atau hanya sebentar) sebab ia mempersiapkan sesuatu yang penting, dengan pengorbanan 300 Dinar untuk mengurapi Putra manusia Yesus. Ia bisa bertindak bijaksana sebab penuh dengan Firman Tuhan dan bisa merasakan pimpinan Roh Kudus dan taat.

 

  1. MELAKUKAN YANG BAIK, SEHINGGA YESUS, BERKENAN KEPADANYA.

Murid2 merasakan itu ber-lebih2, terlalu ekstrem, pemborosan Mrk 14:4, Mat 26:8. Dan Yudas yang paling berani menegur dengan terang2an, padahal minyak itu milik Maria sendiri dan ia berhak memakainya menurut kehendaknya sendiri. Yudas menegur Maria itu tidak tulus, sebab perbuatan Maria, menyebabkan kesempatan baginya hilang; sebab kalau minyak itu dipersembahkan pada Yesus (dan Yudas yang menerimanya, sebab ia bendaharanya) ia bisa mencuri dari korban yang besar itu. Tetapi Tuhan Yesus menegur Yudas, membela dan melindungi Maria dan perbuatannya.

Mrk 14:6

Tetapi Yesus berkata: Biarkanlah dia* sendirian, mengapa kamu menyusahkan dia*? Ia* telah melakukan suatu perbuatan yang baik bagi-Ku. (KJI)

 

Putra manusia Yesus tidak menyenangkan diriNya sendiri dalam persembahan Maria, tetapi Ia bersiap untuk melaksanakan pengorbanannya yang disuruh BapaNya dan Maria ikut mempersiapkannya. Orang2 yang berkenan pada Tuhan pasti akan menang dalam ujian dan orang2 generasi akhir zaman, kalau beruat seperti ini, akan ikut dalam pengangkatan, masuk dalam golongan 1551.

  1. MARIA BERUSAHA SE-BISA2NYA, dengan korban yang besar(dengan minyak seharga 300 Dinar).

Mrk 14:8a

Perempuan ini telah melakukan (mau!) apa yang dapat dilakukannya*. (KJI)

Maria sudah berusaha dengan segenap hatinya, sebab Maria yakin bahwa memperkenankan Tuhan itu yang terutama. Tetapi murid menganggap halitu ekstrem, ber-lebih2, tidak hemat dan tidak efisien, tidak masuk akal. Sebab itu murid, istimewa Yudas marah. Mengapa Maria bersikap demikian! Sebab yang penting bagi Maria adalah nomer satu itu Tuhan.

Mat 6:33

Tetapi carilah dahulu Kerajaan Sorga dan kebenaran-Nya, maka semua hal ini akan ditambahkan kepadamu. (KJI)

Dalam segala perkara, juga dalam ujian kecil dan besar, nomer 1 adalah mencari kerajaan Surga, apalagi dalam kesusahan. Orang dunia dan orang2 Kristen yang tidak sadar, bagi mereka nomer 1 adalah dapat pertolongan, terutama uang, itu jawaban utama, itu berkat! Tetapi orang2 yang percaya pada Tuhan dalam segala kesusahan dan pencobaan, nomer satu adalah lulus, sesuai kehendak Tuhan, sehingga tetap benar, maka sesudah itu sekalian yang dibutuhkan akan dilimpahkan Bapa pada mereka yang berkenan kepadaNya.

Kalau dalam kesusahan dan pencobaan orang2 mencari solusi untuk lepas daripadanya, seringkali segala jalan dihalalkan, asal lepas dan bebas dari semua pencobaan ini, tetapi ini justru jatuh dalam pencobaan sebab berdosa! Yang penting lulus, berkenan pada Tuhan, meskipun harus korban apa saja dan pasti tidak rugi, Tuhan sanggup memelihara dan menolongnya, bahkan berkat yang limpah tidak menjadi kesukaran bagi Allah, asal itu tidak merugikan anak2nya, dan itu akan diberikan pada saat yang tepat dan dalamjumlah yang tepat sebab Allah tahu jumlah dan waktu yang tepat, sebab Dia tahu lebih dahulu.

Orang yang mencari kerajaan Allah lebih dahulu dan hidup dalam kebenaran Mat 6:33, dipimpin Roh dalam pengurapan yang limpah seperti lima gadis bijaksana akan mengerti rahasia2 Firman Tuhan dan tetap dalam kesucian Yoh 16:13, 1Kor 2:10, Mat 13:11, orang2 ini akan masuk dalam golongan yang disucikan sehingga bisa tahan dalam proses penamatan Allah Rom 9:28, yaitu dalam masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17, 2Kor 10:6. Inilah golongan yang lulus ujian, sebab tetap hidup dalam kesucian dipimpin Roh, akan tetap menang dan setia dalam masa2 yang sulit sampai dalam goncangan terakhir Ibr 12:26-27 dan bisa tahan diolah dalam penamatan rencana Allah, lalu ikut dalam pengangkatan. Yang hidup dalam dosa akan dihukum keras seperti dalam hujan Awal Kis 5:1-13; Mereka gugur seperti Ananias dan Safira atau undur dari golongan jalan sempit Kis 5:13.

Sekarang belum goncangan terakhir (akan ada tanda2 yang tertentu menurut Firman Tuhan), tetapi perpecahan itu sudah mulai jalan!

MENGURAPI TUBUH KRISTUS.(Mat 26:7,12, Mrk 14:3,8; kaki Yesus Yoh 12:3).

Dalam kitab Matius dan Markus dikatakan bahwa perempuan ini mengurapi kepala Kristus, tetapi Putra manusia Yesus mengatakan ia mengurapi tubuhNya. Rupanya minyak itu turun ke atas tubuhNya dan lebih banyak disitu, bahkan sampai kakiNya juga menurut Yohanes, sehingga seluruh tubuh Kristus penuh dengan pengurapan minyak. Putra manusia Yesus tahu ini bukan kebetulan tetapi Maria dipimpin Roh dan itu menguatkan Putra manusia Yesus. Bagi kita ini berarti secara rohani, yaitu pengurapan orang2 percaya dalam tubuh Kristus.

Tubuh Kristus (orang2 yang masuk dalam golongan yang benar), harus limpah dengan pengurapan Tuhan, seperti Kristus, sehingga menang dan tumbuh sampai rencana Allah genap.

Kita memerlukan pengurapan yang limpah dan Tuhan memberikannya dalam hujan Akhir, supaya Gereja Tuhan yang mau bersedia, mau disucikan dapat terus menang dan makin suci dan makin tumbuh di tengah2 dosa yang juga makin meningkat (Wah 22:11). Dengan pengurapan yang limpah, Firman Tuhan makin terbuka, bahkan akan terbukasampai semuanya Mat 10:26-27. Kita tidak perlu berdebat untuk sampai pada segala kebenaran, tetapi Roh Kudus yang membawa kita pada segala kebenaran Yoh 16:13. Berdebat dan ber-bantah2 tidak mendatangkan pengertian rohani, tetapi perkelahian, dan perpecahan yang makin besar. Berdoalah dalam Roh dan kebenaran, sehingga Roh Kudus bekerja makin kuat dan mencelikkan mata yang belum bisa melihat kebenaran sampai mereka mendapat pengertian yang benar dan tumbuh Mat 13:11,23, Mrk 4:11. Dengan saling mem-bagi2 (sharing) Firman Tuhan dalam pengurapan Roh Kudus dengan tulus dan kasih, kebenaran Firman Tuhan akan di-bagi2kan seperti hamba yang setiawan mem-bagi2kan makanan pada orang banyak Mat 24:25-26. Jangan mem-bagi2kan Firman Tuhan dengan berdebat yang biasanya tujuannya sampai salah satu menang.

1Kor 16:18

Karena mereka telah menyegarkan roh saya dan roh kamu, oleh sebab itu hargailah orang-orang yang demikian. (KJI)

Yang membuat orang bisa mengerti adalah kuasa Roh Kudus dan orang itu sendiri dengan tulus dan kasih mau mencari kebenaran dan taat.

“SEBELUMNYA”.

Mrk 14:8

Perempuan ini telah melakukan apa yang dapat dilakukannya*. Ia* datang mengurapi tubuh-Ku sebelumnya, untuk penguburan-Ku. (KJI)

Yoh 12:7

Kemudian berkatalah Yesus, Biarkanlah dia* sendirian, ia* melakukan hal ini bagi hari penguburan-Ku. (KJI)

Maria “tahu sebelumnya”, sebab Maria penuh dengan Firman Tuhan, mendapat bagian yang baik Luk 10:42. Ia dipimpin Roh untuk melakukan pengorbanan yang penting dan Maria dapat menangkap pimpinan Roh dan melakukannya.

Jadi perempuan ini se-olah2 sudah melihat sebelumnya tentang kematianNya lalu dikubur dan sekarang sebelum semua perkara itu terjadi, tubuh Kristus diurapi lebih dahulu.

Secara manusiawi tidak mungkin Maria tahu, juga murid2nya tidak tahu dan tidak mengerti. Putra manusia Yesus menyatakan sengsara dan kematianNya pada murid2 beberapa kali, tetapi mereka tidak bisa mengerti, tidak bisa menangkap, sampai waktu Maria Magdalena dll menceritakan pertemuannya dengan Kristus, mereka tetap tidak bisa percaya, sehingga ditegur Tuhan Yesus Luk 24:38-39, Mrk 16:14 apalagi Thomas yang berpikir logis, menolak untuk percaya bahwa Putra manusia Yesus sudah bangkit Yoh 20:27-29; apalagi pada waktu itu, belum tampak tanda2 Yesus akan berhasil ditangkap dan dihukum mati, tetapi Maria mau menuruti pimpinan Roh Kudus dalam hatinya untuk mengurapi tubuh Kristus. Bahkan lebih dahulu dari perempuan2 yang me-rempah2i mayat yang sesudah mati dan sudah dikuburkan selama 3 hari Luk 24:1, tetapi Maria sudah lebih dahulu!

Ini suatu rahasia yang tidak dimengerti banyak orang, bahkan juga murid2Nya, tetapi Maria se-olah2 mengerti rahasia ini. Mengapa? Sebab:

  1. Ia mengerti Firman Tuhan dengan betul, oleh pekerjaan Roh Kudus dan keindahan itu tidak diambil daripadanya.
  2. Ia berusaha sungguh, bahkan dengan pengorbanan yang besar yaitu 300 Dinar, ini jumlah yang besar baginya, sampai murid2, lebih2 Yudas marah. (Minyak Narwastu seharga 300 dinar, gaji 1 tahun Mrk 14:5, Yoh 12:5, Mat 26:9). Dan ternyata Putra manusia Yesus membenarkan sikap dan perbuatan Maria, luar biasa. Orang2 yang mau ber-jaga2, penuh Roh Kudus seperti lima gadis bijaksana Luk 12:35 dan mau taat dengan pengorbanan untuk berkenan kepada Tuhan, akan bisa mengerti rahasia2 Allah yang diberikan pada orang2 yang berkenan pada Tuhan Mat 13:12.

UNTUK PENGUBURANNYA.

Maria se-olah2 bisa mengerti kematian Tuhan, padahal sama sekali belum ada tanda2 yang bisa dilihat, bahkan murid2 yang sudah diberitahupun tidak percaya. Maria bisa merasa, sehingga bisa menyiapkan penguburan-Nya. Mempersiapkan penguburan untuk orang yang masih hidup itu, sangat bertentangan dengan perasaan hati dan pikiran, sebab tidak ada orang yang mau mati kecuali dihukum mati, itu celaka.Secara lahiriah kematian dan penguburan itu menyedihkan, tetapi ini adalah kemenangan Kristus bagi kita, rencana penebusan Tuhan jadi genap; kunci maut dan alam maut sudah direbut oleh Putra manusia Yesus Wah 1:18. Putra manusia Yesus mati itu bukan kalah, justru menang dan selesai tugasNya Yoh 19:30. Mati bagi Kristus berarti menang dan dikubur, lalu Ia bangkit! Ini kemenangan yang lengkap. Murid2 tidak mengerti rahasia ini, tetapi Maria “tahu”.

Maria mengerti rahasia ini. Ini rahasia yang dalam. Putra manusia Yesus adalah kepala tubuh Kristus dan Dia sudah menang, itu untuk kita (sebagai Allah, Dia adalah Pemenang yang kekal, tetapi sebagai Putra Allah,Ia tidak memerlukan kemenangan itu, tetapi itu dikerjakanNya untuk kita. Dia menang untuk kita, supaya kita menang. Dia sudah menang dan kita juga akan menang. Ini akan jadi kemenangan tubuh Kristus sampai orang terakhir dalam tubuh Kristus akhir zaman, yaitu dalam Generasi Akhir Zaman; mereka akan mendapat kemenangan dari Kristus baginya. Asal kita hidup suci dan taat, dipimpin Roh, kita akan mengerti rahasia ini, bahwa kita juga akan menang dan itu akan dinyatakan bagi setiap orang percaya yang dipimpin Roh, yang berkenan pada Allah!

Ibr 2:8

Engkau telah menaklukkan segala sesuatu di bawah kakiNya (yaitu bagi tubuh Kristus; kaki adalah bagian tubuh Kristus). Sebab di dalam hal Ia menaklukkan segala sesuatu di bawahNya, Ia tidak menyisakan apapun yang tidak ditaklukkan kepadaNya. Tetapi sekarang kita belum melihat segala sesuatu ditaklukkan kepadaNya, (Kristus, kepalanya sudah meanng, tetapi kaki tubuhnya baru pada akhir zaman dalam Generasi Akhir Zaman) (KJI)

Orang yang mengerti rahasia kemenangan ini akan mengalami kemenangan itu. Inilah orang2 yang bisa hidup suci dipimpin Roh dan taat. Banyak orang Kristen tidak mengerti rahasia ini, sebab tidak bisa hidup suci dengan rutin dalam pimpinan Roh Kudus. Bagi mereka tidak mungkin bisa hidup suci kecuali nanti kalau sudah di Surga. Itu salah! Lihat janji2 Tuhan dalam Yoh 8:36, Rom 6:1-2, Gal 5:1, 1Pet 4:1, 2Pet 1:10 dll. Kita bisa rutin hidup dalam kesucian dan melakukan kehendak Allah dengan kuasa Roh Kudus Fil 4:13, Zak 4:6. Begitu juga dalam ujian, lebih2 di akhir zaman, sebab pada waktu ini dosa meningkat sampai puncak2nya Wah 22:11, tetapi kita bisa tetap menang dalam pimpinan Rohdan masuk dalam golongan yang sudah teruji 1Kor 11:19. Sehingga bisa masuk golongan 1551 dan kemudian sesudah proses penamatan, ikut dalam pengangkatan.

Ini rahasia yang tidak semua orang tahu, baik dalam zaman Maria dan dalam akhir zaman. Dalam zaman Maria Kristus akan menang (mati), lalu bangkit (sesudah 3 hari dalam kuburan). Juga di akhir zaman ini, tidak semua orang sadar bahwa selain Kristus (kepala) juga tubuh Kristus akan ditamatkan, seperti tertulis dalam Ibr 2:8. Sebab itu orang yang mengerti akan sungguh2 bersedia supaya bisa ikut proses penamatan (termasuk golongan 1551) lalu akhirnya ikut pengangkatan. Yang tidak bersedia, sekalipun penuh Roh Kudus seperti lima gadis bodoh, tidak akan sungguh2 menomor satukan bersedia (Mat 24:42) dan akanketinggalan. Ini yang utama, sebab apa gunanya dapat seluruh dunia (uang, nama, atau kesukaan dosa yang sesaat dll), tetapi tertinggal dan jiwanya binasa? Mat 16:26. Semua akan diuji Wah 3:10, sebab itu bersedialah. Sebab yang lulus, ditentukan (pada tanggal Penentuan) untuk ikut dalam proses penamatan dan pengangkatan.

Dua bagian ini (Bersedia sehingga masuk golongan yang ditentukan untuk ikut 1551, lalu dipisahkan, masuk dalam golongan yang ditamatkan untuk pengangkatan). Dua golongan ini tidak tepisahkan, tetapi menjadi satu set untuk orang yang masuk dalam golongan 1551. Dalam penamatan ini orang akan diolah dan tumbuh dengan cepat (Mat 24:27) untuk ikut pengangkatan dalam tingkat yang se-tinggi2nya (bahkan ada yang sempurna). Sebab itu mutlak perlu ber-jaga2 untuk dapat lulus = masuk golongan 1551 pada tanggal Penentuan. Akan ada ujian besar (baptisan api Luk 12:49) untuk menentukan siapa yang bisa masuk golongan 1551. Tuhan mengizinkan banyak goncangan pada akhir zaman dan akan diakhiri dengan goncangan terakhir Ibr 12:26-27. Goncangan terakhir ini sangat penting untuk menentukan siapa yang masuk golongan 1551 atau tidak! Sekarang belum goncangan terakhir, sebab setiap kali Allah menggoncangkan dunia ini selalu sesuai dengan tingkat kematangan Gereja Tuhan di dunia seluruhnya (global) 1Kor 10:13.

Akan ada tanda2 yang jelas dari goncangan terakhir, yang menentukan orang beriman yang mana yang ikut dalam golongan 1551 (ini golongan yangHomogen, semua ikut pengangkatan). Sebab itu tumbuh terus, dengan kata lain, mulai sekarang dalam setiap pencobaan pribadi dan masaal harus terus lulus. Ini mungkin bagi semua orang yang taat dipimpin Roh. Sebab itu ini prinsip yang penting, harus setiap kali lulus bukan keberkatan atau tertolong.

Yusuf, Daniel, Paulus, belum tertolong, tetapi sudah lulus dalam setiap pencobaan yang dihadapinya.

Jadi Maria lebih dahulu menyediakan untuk penguburan itu berarti sudah mengerti rahasia mati dan dikubur (mati berarti kemenangan lalu sesudah dikubur bangkit) dan siap untuk pengangkatan, meskipun mati dari daging seperti Kristus,tetapi satu kali juga ikut pengangkatan lebih dahulu 1Tes 4:16-17.

 

  1. HAL PENTING, TERTULIS DALAM INJIL.

Tidak akan dilupakan, terus diingat, sebab ini hal yang penting, sebab itu selalu diberitakan, dimana Injil diberitakan. Inilah rahasia pengangkatan yang akan dimengerti orang yang ber-jaga2 dan bersedia seperti lima gadis bijaksana. Roh Kudus akan menyatakan kepadanya seperti rahasia kematian dan kebangkitan Kristus pada Maria.Ini juga akan diberitakan sampai seluruh dunia diantara orang2 yang bersedia seperti lima gadis bijaksana. Inilah pokok kekekalan yang tidak akan dilupakan, sebab orang yang ikut pengangkatan berarti mulai masuk dalam kekekalan, sudah tidak mungkin jatuh lagi, tidak mungkin keluar lagi dari Surga untuk se-lama2nya dalam hadirat Tuhan untuk abadi, sangat indah, terlalu mulia. Inilah rencana Allah yang heran dan kekal utnuk orang yang percaya dan mau taat dipimpin Roh sampai ke akhir. Sebab itu kita tahu tentang rahasia ini dengan pertolongan Roh Kudus dan juga mengalaminya dalam Kristus.`

TIMBUL PERSEKUTUAN ROH DALAM TUBUH KRISTUS.

Persekutuan dalam Roh itu melewati segala batas2 tembok Gereja. Mengapa? Sebab semua orang yang dipimpin Roh yang sama (Roh Kudus) itu hidup sesuai dengan Firman Tuhan yang sama oleh pimpinan Roh (Yoh 16:13) sehingga bisa

bersekutu dalam Roh, dalam tubuh Kristus yang makin meluas sampai global.

Inilah orang2 yang mau membayar harganya seperti Maria, sekalipun korban banyak, tetap taat, hidup suci dipimpin Roh melakukan kehendak Allah sehingga masuk dalam persekutuan Roh antara segala suku bangsa, umur, kedudukan dll, menjadi tubuh Kristus yang meluas sampai global.

Pertentangan dan persaingan manusiawi antar kelompok atau antar Gereja jadi hilang dalam persekutuan dalam Roh, sebab ada kasih Kristus dalam kesucian oleh pekerjaan Roh Kudus.

1Yoh 1:7

Tetapi jika kita berjalan di dalam terang (dipimpin Roh dalam kesucian), sebagaimana Ia juga ada di dalam terang, maka kita bersekutu satu sama lain, dan darah Yesus Kristus, Putra-Nya, menyucikan kita dari segala dosa. (penuh dengan kasih) (KJI)

Tetapi masing2 harus tetap pada:

  1. Tanggungjawab, kewajiban dan tugasnya dalam Gereja masing2.

Misalnya gembala dengan 100 domba, hilang 1 tetap dicari dan diselamatkan Luk 15:4 dan memberi makan domba2 dengan rumput hijau dan air yang tenang Maz 23:2-3, Yoh 21:15-17. Jadi akan ada persekutuan dalam Roh yang melewati batas2 tembok Gereja, tetapi setiap orang tetap dalam tugas, kewajiban dan tanggungjawabnya masing2, meskipun persekutuannya makin meluas (dengan persekutuan dalam Roh) yang makin lama makin meluas sampai global.

  1. Tetap punya identitas dalam rumah bapaknya masing2 (Bil 1:2). Kita ditetapkan dalam satu tempat tertentu dalam tubuh Kristus. 1Kor 12:18. Kita tidak boleh pindah dari tempat yang sudah ditentukan Tuhan (ada perkecualian. Ada orang berkata, saya bukan dari Gereja mana2, saya golongan Tuhan Yesus. Tampaknya ini rohani dan heran, tetapi ini salah. Sekalipun dipakai Tuhan dengan heran dan punya persekutuan dalam Roh yang makin meluas, tetapi masing2 punya identitas yaitu identitas rumah bapak2nya masing2 dan terikat dengan beban, tugas dan tanggungjawabnya, sehingga semua anggota tubuh Kristus tidak kacau, tetapi ada di tempatnya masing2 dalam tubuh Kristus.

Dalam Wasiat Lama, semua orang Israel itu termasuk dalam salah satu rumah bapak2nya, yang juga ada dalam kelompoknya masing2 dalam suku bangsanya. Kalau ada orang Israel yang berkata, saya orang Israel, tetapi bukan dari suku mana2, itu mengingkari bapaknya, orang Israel yang palsu, sebab setiap orang Israel, sekalipun raja, itu ada identitas dari rumah bapaknya dan sukunya (misalnya Saul dari suku Benyamin, Daud dari suku Yehuda dst). Tetapi semuanya ber-sama2 menjadi satu bangsa Israel.

Begitu juga dalam Wasiat Baru, kita semua jadi satu dalamtubuh Kristus, tetapi masing2 punya identitas dalam Gerejanya masing2 dengan kewajiban, hak dan tugas2nya. Pada akhirnya akan ada persekutuan tubuh Kristus global dan kemudian di Surga tetap menjadi satu.

Dalam persekutuan global ini, belum tentu kita berjumpa atau kenal satu sama lain dari seluruh dunia (terlalu banyak dan terlalu besar), ini lebih dari persekutuan kelompok kecil dalam Gereja masing2 Kel 18:20. Dalam persekutuan kecil di Gereja, kita mengenal satu sama lain, tetapi dalam persekutuan global kita dipersatukan dalam persekutuan Roh. Roh Kudus mempersatukan dan memimpin kita menjadi satu dalam tubuh Kristus global. Kita berdoa dalam Roh dan hidup dalam pimpinan Roh Kudus yang sama dalam tubuh Kristus global (meskipun belum melihat atau mengenal secara jasmani), tetapi kita bisa menjadi satu oleh Roh Kudus (yang bekerja dalam semua orang yang dipimpin Roh) dalam tubuh Kristus global. Roh Kudus sanggup memimpin secara pribadi masing2 kita dan ber-sama2 dalam kelompok kecil sampai kelompok besar, global, sebab Roh Kudus adalah Allah yang Maha kuasa, maha hadir, maha tahu. Roh Kudus adalah Allah dan ber-sama2 Bapa dan Putra menjadi satu 1Yoh 5:7. Juga dalam pembukaan Firman Tuhan, kita bisa saling melengkapi dan menguatkan oleh pimpinan Roh yang sama Yoh 16:13, 1Kor 2:10. Sekarang kita belum sampai tingkatan global. Tingkatan global baru bisa terjadi dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan. Tetapi sekarang kita sudah harus mulai berjalan dalam Roh (seperti Putra manusia Yesus Mat 4:1, Luk 4:1, Kis 11:12). Ini dimulai dalam persekutuan nikah, keluarga, kelompok kecil dan dalam Gereja masing2, untuk  bisa bersekutu dalam Roh. Semua sudah harus belajar mulai sekarang.Ini sudah harus nyata yaitu dalam kesucian dan kasih. 1Yoh 1:7. Jangan sampai terjadi perpecahan dari kelompok yang paling kecil (hidup nikah!); ingat perpecahan dan perpisahan dalam 10 tahap oleh pekerjaan iblis dalam bab I. Kalau dengan suami saja tidak bisa bersekutu apalagi kalau cerai, itu berarti orang itumasuk kelompok yang lain yaitu kelompok dosa, sekalipun sudah pernah penuh Roh Kudus, jadi golongan yang tertinggal seperti lima gadis bodoh yang ketinggalan, kecuali bertobat (lihat buku “perceraian, nikah, Web Tulang Elisa). Persekutuan dalam Roh dimulai dari kelompok yang paling kecil sampai yang makin besar dan akhirnya menjadi persekutuan tubuh Kristus global.

Dengan persekutuan dalam Roh, Gereja akan disempurnakan Yoh 17:21,23, sehingga jumlah orang sempurna genap, begitu banyak (144.000) dalam 3,5 tahun I, dalam masa penamatan rencana Allah. Kristus sebagai kepala tubuh, sudah menang dan menggenapkan bagianNya, dan tubuhNya juga akan mengalami kemenangan yang sama dengan Kristus (sebagai kepalanya) dalam pimpinan Roh Kudus Ibr 2:8-10, bersekutu dalam Roh dalam setiap hal dari perkara kecil sampai besar, sehingga akhirnya bisa bersekutu menjadi satu dalam persekutuan tubuh Kristus global.

Jangan masuk golongan yang gagal dan tidak setia, tetapi tetap makinpenuh dan dipimpin Roh, tumbuh bersama (dalam kasih dan kesucian ilahi) sampai sempurna dalam persekutuan dalam Roh, dalam tubuh Kristus global. Luar biasa! Ini dipimpin oleh Kepala tubuh yaitu Kristus dan oleh Roh Kudus yang bekerja dalam setiap orang yang hidup dipimpin Roh. Dengan hikmat dan kuasa ilahi, persekutuan yang besar dan luar biasa ini bisa diatur, bekerjasama dengan ajaib secara ilahi dipimpin Firman Tuhan (Kristus) dan Roh Kudus. Tubuh Kristus yang limpah dengan pengurapan, dalam persekutuan Roh, akan mengalami penamatan rencana Allah, lalu ikut dalam pengangkatan.

Golongan yang benar itu limpah dengan pengurapan yang begitu besar. Maria mengurapi tubuh Kristus dengan minyak yang terlalu banyak, sampai Yudas marah (gaji 1 tahun!). Usaha kita harus habis2an, betul2 dikuasai Roh kudus, dengan pengorbanan yang besar, berapa banyak pernah sampai mati Fil 1:21, tetap setia mendahulukan Allah. Kadang2 untuk menurut dan melakukan Firman Tuhan, orang berkorban sebanyak gaji 1/2 atau 1/10 bulan saja sudah mengeluh dan berbuat macam2 dosa (ber-sungut2, marah, menyalahkan Allah, bahkanmenghalalkan segala cara dll, misalnya dalam masa kesusahan seperti Pandemi Covid-19 ini). Tetapi Maria berani kehilangan gaji 1 tahun (mungkin ini seluruh harta simpanannya). Mengapa? Sebab ia bisa mengerti rahasia Allah dan pimpinan Roh Kudus akan kematian dan kemenangan Kristus, sehingga berani berkorban. Jangan takut atau kuatir akan perkara2 jasmani, Tuhan sudah berjanji akan memelihara, bahkan dengan limpah, lebih2 pada akhir zaman (Yes 61:5-7; 60:5-6), sebab Gereja jadi tubuh Kristus global dan itu perlu biaya yang banyak, tetapi selalu cukup, sebab Tuhan tidak terbatas, juga berkatNya rohani dan jasmani itu tanpa batas. Jangan kuatir mengalami ujian keuangan, kesehatan, problem pekerjaan dll. Harus lulus dan yang rohani itu nomer satu Mat 6:33. Yusuf, Daud, Daniel, Paulus, rasul2 apalagi Putra manusia Yesus, semua mengalami naik turun dalam hal2 jasmani, tetapi terus naik dalam hal2 rohani! Dalam hal rohani yaitu rutin dalam kesucian dan terus meningkat makin tinggi, makin berkenan pada Tuhan dan makin mengasihi Tuhan, sehingga dalam segala pencobaan terus lulus dan mengalami rencana Allah yang indah dan belum pernah dialami 1Kor 2:9. Sebab itu jangan kita nomer satu memikirkan berkat atau uang seperti orang dunia dalam menghadapi pencobaan, tetapi harus lulus (seperti Daud, Yusuf dll, meskipun pertolongan se-olah2 belum datang). Terus dipimpin Roh dalam kesucian, sehingga naik setiap kali, terus tumbuh dalam pengurapan dan hadiratNya, maka segala yang kita perbuat akan beruntung Maz 1:3 dan Tuhan menambahkan hal2 jasmani yang kita perlukan. Jangan kuatir, sebab Allah menguasai semuanya, tidak ada yang kebetulan asal kita tetap tinggal dalam kerajaan Allah dan hidup dalam kebenaran di hadapanNya.

KESIMPULAN.

Kita memerlukan hal2 jasmani, tetapi terutama seperti Maria perhatikan Firman Tuhan dan taat, limpah dengan pengurapan, dalam tubuh Kristus, sehingga kita bisa mengerti rahasia kemenangan yang terbesar (seperti rahasia penguburan Kristus, Ia mati dan bangkit). Orang2 yang bersedia seperti lima gadis bijaksana yang dipimpin roh akan masuk dalam golongan yang benar (golongan 1551, 1Kor 15:51), dengankemenangan yang besar dari Tuhan, seperti Kristus sudah menang. Jangan sampai masuk golongan yang jatuh dalam pencobaan, golongan orang Halaman, tetapi golongan yang penuh dan dipimpin Roh dalam persekutuan Roh di dalam tubuh Kristus, sehingga selalu menang dalam pencobaan, siap untuk ditamatkan dan ikut pengangkatan.

Nyanyian:

aku pilih jalan yang slamat,

pilih jalan pada Allah.