M4240 – Urutan-urutan Peristiwa Akhir Zaman

URUT-URUTAN PERISTIWA AKHIR ZAMAN.

Amos 3:7

Sahaja Tuhan Hua tiada melakukan barang suatu perkara, sebelum dinyatakannya rahasianya kepada hambanya, yaitu segala nabi-nabi.

MENGAPA PERLU BELAJAR PERISTIWA2 AKHIR ZAMAN.

Adalah kehendak Tuhan untuk memberitahu umatNya lebih dahulu supaya bisa bersedia Amos 3:7. Pembukaan Firman Tuhan untuk akhir zaman akan makin banyak sampai semuanya terbuka Mat 10:26-27, Wah 5:5. Sebab itu kita yang mau belajar dalam pimpinan Roh Kudus, akandiberitahu rahasia akhir zaman ini, sehingga kita bisa mengerti, supaya bisa:

  1. Tetap sejahtera, tidak bingung atau takut, sebab di dalamnya ada rencana Tuhan yang indah untuk setiap anak2 Allah yang mau taat dalam pimpinanNya Ef 2:10, Yer 29:11, 1Kor 12:6.
  2. Tuhan mengasihi umatNya yang mau percaya dan cinta kepadaNya, sebab itu kita diberitahu lebih dahulu supaya bisadipersiapkan untuk mendapat bagian yang terbaik sesuai dengan rencana Allah bagi kita, bahkan bisa sampai di puncak rencana Allah. Sebab itu jangan hidup ngawur tanpa tujuan, hanya ikut arus waktu saja. Kita harus tahu apa rencana Allah yang sudah dipersiapkan untuk masing2 kita, juga tahu semua peristiwa2 akhir zaman, sehingga kita bisa mentaati rencana Allah diantara begitu banyak peristiwa2 akhir zaman yang dahsyat dan simpang siur, tetapi sudah diketahui Allah lebih dahulu dan sudah dijalin dalam rencana Allah, sehingga sekalipun ada hal2 yang dahsyat, rencana Allah tetap berjalan dan bisa digenapkan untuk hal2 yang akan terjadi. Semua ini diberitahukan pada kita lebih dahulu, kalau kita mau ber-tanya2 dan mengerti, sebab memang Tuhan punya rencana dan cara untuk memberitahu lebih dahulu pada kita.
  3. Rencana Allah akan ditamatkan dan pasti genap Ay 42:2. Khususnya dalam akhir zaman, semua peristiwa yang akan terjadi sudah diketahui Allah lebih dahulu dan dalam rencana Allah itu semua sudah dikendalikan sehingga rencana Allah pasti genap untuk Gereja yaitu umat Tuhan yang mau bersedia dan mau taat dipimpin Roh Kudus dalam liku2 akhir zaman.
  4. Ada 2 macam rahasia akhir zaman, yaitu:

4.1. Rahasia peristiwa akhir zaman dan

4.2. Rahasia untuk bisa bertumbuh sampai kepada kesempurnaan Kristus, di tengah2 kesukaran akhir zaman.5. Mengerti atau tidak, kalau kita tetap hidup dalam kesucian di dalam Kristus dan melakukan kehendakNya, maka pasti nasib kita untung sampai masuk Surga kekal. Ini dasar yang paling utama, hidup berkenan pada Tuhan, pasti untung di dunia sampai kekal Kol 1:10. Tetapi kalau kita mengerti dan taat,kita akan untung lebih besar, yaitu dapat mencapai puncak dari rencana Allah, itu sangat menguntungkan, sebab kita bisa bertumbuh makin tinggi, makin mulia seperti Kristus, sampai kekal. Sekalipun mengerti (sedikit atau banyak), tetapi kalauhidup dalam dosa, itu rugi, bisa masuk Neraka seperti orang Parisi yang bisa mengerti dan bisa mengajar Firman Tuhan, tetapi tidak melakukannya, mereka tetap dalam dosa, bahkan munafik, mereka menetapkan dirinya menjadi warga neraka Mat 23:2-3,15).

Sebaliknya orang yang berkenan pada Tuhan, pasti bisa mengerti Firman Tuhan, sebab Tuhan bisa membuat keledaipun bisa mengerti Bil 22:30, apalagi manusia yang adalah anak2 Allah. Dengan kata lain, kalau kita hidup berkenan pada Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus, maka kita akan bergairah untuk belajar dan pasti bisa mengerti rahasia Allah oleh Roh Kudus Yoh 16:13, 1Kor 2:10, sehingga bisa lebih mudah mencapai rencana Allah yang paling indah. Kalau belum bisa mengerti, berarti ada yang belum beres, bereskan! Minta pimpinan Roh, pasti kita bisa tumbuh dalam pengertian hal2 rohani, rahasia2 kerajaan Surga dan dengan pimpinan kuasa Roh, dan kita juga bisa mentaatinya dengan pertolongan Roh Kudus Zak 4:6, Fil 4:13.

Catatan:

Semua peristiwa2 akhir zaman tentu saling terkait, sebab itu untuk menjelaskan satu pokok, perlu ditunjukkan kaitannya dengan pokok2 lain, tetapi diusahakan untuk menjelaskan masing2 pokok supaya lebih jelas.

URUT2AN PERISTIWA AKHIR ZAMAN.

Semua peristiwa2 akhir zaman yang kita pelajari ini adalah Alkitabiah, ada ayat2nya dalam Alkitab, sebab Alkitab inilah kebenaran Allah Yoh 17:17 dan kita tidak boleh menambah atau menguranginya Wah 22:18-19 (meskipun mungkin beberapa masih sulit diketahui, sambil menunggu pembukaan meterai Firman Tuhan lebih lanjut Wah 5:5, Dan 12:4, Mat 10:26-27, Amos 3:7).

Hal2 penting yang diperlukan untuk mengerti tentang akhir zaman.

  1. Pembagian zaman + Minggu ke-70 Daniel.
  2. Menjelang Minggu ke-70 Daniel.
  3. 3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel.
  4. 3,5 tahun II Minggu ke-70 Daniel.
  5. Kerajaan 1000 tahun.
  6. Kekekalan dimulai.

 

P.1. Macam2 penafsiran waktu pengangkatan.

P.2. Dua tahap kedatangan Tuhan II

P.3. Golongan2 orang akhir zaman.

P.4. Israel dan Gereja.

P.5. Tebus tubuh + tubuh kemuliaan.

P.6. Tiga angka kedatangan Tuhan.

P.7. 5 tahap Gereja akhir zaman.

P.8. Kesempurnaan.

P.9. Babel.

Kita akan melihat garis besarnya dahulu, lalu kemudian melihat peristiwa2 itu lebih terinci satu per satu, tetapi yang lengkap dibicarakan sendiri dalam bukunya masing2. Maksudnya supaya kita bisa melihat garis besar dari seluruh peristiwa2 akhir zaman, sehingga punya patokan2 yang lebih lengkap.

PEMBAGIAN ZAMAN.

Allah punya rencana sebelum dunia ini diciptakan. Allah itu tidak berkembang lagi sebab sudah sempurna, bahkan bisa dikatakan top, sempurna atau maha sempurna dalam segala perkara dari dahulu, dari kekal sampai kekal. Sebab itu kalau kita mengerti sistem dan cara kerja-Nya, itu adalah tingkat sempurna. (Diterangkan dalam ringkasan Seri Tabernakel  1-5). Termasuk rahasia Kemah Suci itu adalahrahasia kesempurnaan tentang kerajaan Allah yang dilihat Musa Ibr 8:5. Semua yang dibuat dan diatur Allah adalah sempurna. Semua sistem, cara kerjanya dll sebab Allah itu Maha sempurna dari kekal sampai kekal. Meskipun Kemah Suci yang dibangun Musa itu sederhana, tetapi prinsipnya sempurna.

Satu set rencana Allah yang lengkap itu selalu terdiri dari 7 hari. Misalnya penciptaan 7 hari, peraturan hari Sabat dalam Taurat juga 7 hari raya, juga 7 macam dll. 7 hari itu menggambarkan 7.000 tahun (2Pet 3:8) dihitung mulai dari kejatuhan Adam (dari hari ke-7 adalah hari perhentian yaitu Kerajaan 1000 tahun).

Tahun 1656 air bah (Nuh), sesudah 2.000 tahun I Abraham, bapa leluhur bangsa Israel mulai muncul dengan Musa dan Taurat untuk orang Israel. Sesudah 4.000 tahun Putra Allah datang pertama kali sebagai bayi Yesus, jadi Anak domba Allah untuk menebus manusia, lalu Gereja lahir. Sesudah 6.000 tahun, rencana Allah selesai. Inilah masa dimana kita berada. Jadi kita sekarang hidup ini pada akhir hari ke-6 dan itu berarti sudah pada akhir rencana Allah, hampir tamat. Semua peristiwa akhir zaman, peristiwa2 penamatan rencana Allah itu terjadi dalam Minggu ke-70 Daniel, yaitu: 7 tahun terakhir, sebelum Putra manusia Yesus datang ke dunia yang kedua kalinya (dalam 2 tahap). Sesudah ini, rencana Allah tamat. Penamatan (finishing)rencana Allah Rom 8:29 ini dikerjakan dalam Minggu ke-70 dengan cepat dan tuntas, baik untuk Gereja, dunia dan Israel, lalu masa perhentian dimulai (dalam kerajaan 1000 tahun).

Sesudah itu kiamat dan selesailah rencana Allah bagi manusia di dunia, mulailah Surga Bumi Baru (untuk orang2 benar bersama Allah untuk kekal) dan Tasik Api (= lake of fire, tempat iblis, roh2 jahat dan orang2 dosa) untuk kekal (Neraka yang ada sampai kiamat, akan dilemparkan ke dalam Tasik api ini Wah 20:13-15 (death and Hell were cast into the lake of fire KJ, KJI). Kedua golongan ini yaitu Surga Bumi Baru dan Tasik api tidak akanbertemu lagi atau bersentuhan, sekalipun dalam pikiran, terpisah untuk kekal.

2Tes 1:9

Mereka itu akan menderita pengrusakan kekal yang akan datang, dijauhkan dari hadirat Tuhan dan dari kemuliaan kuasa-Nya, (KJI)

Hadirat Allah itu tidak terbatas, dimana saja Allah bisa sampai lihat Maz 134. Tetapi sesudah Allah membuat Surga Bumi Baru, maka itu dibuatNya terpisah sama sekali dari hadirat Allah, tidak lagi bisa bertemu untuk kekal se-lama2nya, dahsyat. Tetapi juga tidak apa2, biasa, sebab sudah keluar dari ingatan semua untuk kekal.

Menjelang Minggu ke-70 Daniel.

Inilah garis waktu di tempat kita sekarang berada, sedang menunggu datangnyaMinggu ke-70 Daniel (yaitu penamatan rencana Allah) mulai! Kita tidak tahu tanggalnya, tetapi zamannya kita tahu, yaitu hari2 ini adalah akhir zaman bagian terakhir Mat 16:3 (tetapi kita tidak bisa memakai patokan tahun 2020, sebab ada beberapa banyak hitungan yang tidak tepat, hanya kira2 saja, sehingga penghitungan tahun kita sekarang tidak bisa menjadi patokan yang tepat). Allah tidak pernah terlambat sedikitpun, semua rencana Allah, juga apa yang diketahuiNya telebih dahulu, pasti akan terjadi tepat seperti apa yang dikatakan Firman Tuhan.

Yang paling  penting bagi kita sekarang adalah sungguh2 ber-jaga2 Mat 24:42-44, yaitu seperti lima gadis bijaksana, yang hidup dalam tingkat Ruangan Suci (rutin dalam kesucian di hadapan Allah dan dipimpin Roh dengan ciri2 dari Ruangan Suci adalah 7 KPR). Kalau kita selalu ber-jaga2, dipimpin Roh dalam kesucian, maka kalau se-waktu2 Minggu ke-70 Daniel mulai, kita sudah siap untuk ditamatkan, supaya bisa masuk dalam pengangkatan. Kalau sekarang kita tidak siap, maka pada waktu Minggu ke-70 Daniel mulai, kita sudah terlambat, tidak lagi bisa bersedia untuk bisa ditamatkan bagi pengangkatan. (Sebab itu jangan siap untuk tanggal pengangkatan, itu sudah terlambat sekali, tetapi siap untuk se-waktu2 masuk dalam permulaan Minggu ke-70 Daniel).

A.1. Macam2 persiapan untuk penamatan.

Ada banyak hal yang terjadi disini, dikerjakan Allah supaya kita siap masuk dalam masa penamatan, untuk ikut pengangkatan.

Misalnya Polarisasi Wah 22:11, hujan Akhir, tanda2 kedatangan Tuhan (yang umum dan yang pasti), penampian dan Surga bumi akan digoncang-gancingkan sekali lagi, lalu timbul bagian B, siap untuk masuk proses penamatan rencana Allah dalam Minggu ke-70 Daniel, untuk ikut dalam pengangkatan.

A.2. Masa penampian selesai.

Dalam masa ini (sebelum masuk Minggu ke-70 Daniel) yang terpenting adalah umat Tuhan yang semula campuran heterogen, lalu sesudah disaring, ditampi, menjadi 2 bagian yang homogen, tetapi bertentangan satu sama lain, yaitu gandum dan sekam, dosa dan kesucian, Halaman dan Ruangan Suci, lima gadis bodoh dan lima gadis bijaksana dll. Oleh masa persiapan ini (kita tidak tahu sampai kapan), terjadi 2 golongan yang murni (homogen) seperti yang diceritakan dalam Yer 24:1-3. Biasanya buah ara campuran ada ber-sama2 dalam satu keranjang. Tuhan Yesus itu melihat hal yang lain, yaitu ada 2 keranjang buah ara, yang buah2nya ini sangat baik dan yang lain buah2nya sangat jahat. Sesudah waktunya habis, kemurahan habis, seperti zaman Nuh, Sodom (ditunjukkan Tuhan pada Abraham), Niniwe, Israel, Yehuda dll, maka datanglah tanggal Penentuan, maka umat Tuhan terbagi dua seperti keranjang buah ara yang campuran (mula2) lalu jadi 2 keranjang buah ara yang baik dan jahat, dan masing2 ditamatkan  dengan cara yang berbeda. Yang bersedia sungguh2, menjadi golongan 1551 yang akan ikut pengangkatan. Yang tidak bersedia, yang hidup dalam dosa akan menjadi makin jahat, akan tertinggal dalam pengangkatan atau mati dalam dosa.

Jadi saat2 sebelum mulai Minggu ke-70 Daniel, itu sangat penting untuk kita, supaya kita sungguh2 bersedia. Hal ini ditekankan Tuhan Yesus ber-kali2, misalnya dalamMat 25:13 supaya mulai sekarang kita sudah harustermasuk golongan orang2 yang berkenan pada Tuhan seperti buah ara yang sangat baik (rutin dalam kesucian dan terus taat dipimpin Roh), kalau tidak akan celaka kekal (juga sebagian masuk zaman Antikris). Berjagalah sekarang untuk masuk Minggu ke-70 Daniel, sebagai golongan yang berkenan pada Tuhan, bukan ber-jaga2 untuk hari pengangkatan, itu sudah sangat terlambat.

3,5 tahun I Minggu ke-70 Daniel.

Disini sudah ada pemisahan tetap, umat Tuhan menjadi 2 bagian homogen.

Pemisahan itu sangat penting, sebab itu diceritakan dalam Alkitab dalam lebih dari 15 cara, supaya kita betul2 diingatkan, sebab kalau luput, keuntungan dan kemuliaan yang amat besar itu juga luput selamanya.Sebab kalau sudah terpisah dengan permanent, tidak lagi bisa pindah, tetap ada digolongan yang homogen, yang suci atau yang dosa.

Dalam  finishing ini terjadi pemurnian dan pertumbuhan yang cepat Rom 9:28. Sebab pada masa penamatan ini, semua umurnya tiba2 dipotong pendek, tinggal 3,5 tahun, tetapi tumbuhnya dipercepat, sehingga mencapai tingkatan yang direncanakan semula (seperti sebelum dipotong, se-olah2 umurnya tidak dipotong Mat 24:27.

Ini juga disebut masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17.

Juga disebut ujian akhir bersama untuk Gereja dan seluruh dunia Wah 3:10 atau baptisan api Luk 12:49, yaitu masa Pemurnian.

Gereja mengalami hujan Akhir dan mendapat fasilitas akhir zaman yang lengkap dan penuh, sebab Bapa, Putra, Roh Kudus, pelayanan orang sempurna, pelayanan jabatan dll, semua untuk menyempurnakan Gereja supaya siap diangkat dalam keadaan rohani yang se-tinggi2nya (definisi Gereja sempurna). Sebab itu pada waktu ini Gereja mengalami zaman keemasan, seperti Surga di bumi, yaitu diantara orang2 yang bersedia dalam Gereja yang bersedia.

Dunia (termasuk orang beriman yang undur, yang keluar di Halaman sebab terseret Polarisasi dosa dan kesucian) mengalami 4 Meterai dan 4 Sangkakala (dari 7 bala Allah atas dunia), sehingga keadaan makin kacau, dahsyat, celaka dan banyak yang mati dalam dosa.

3,5 TAHUN II.

Ini dimulai dengan 30 hari sebelum pengangkatan Dan 12:11, lalu terjadilah pengangkatan (diceritakan tersendiri dengan lengkap dengan tanda2 yang khas).

Juga terjadi kebangkitan orang benar waktu pengangkatan yang digambarkan seperti panen besar 1Kor 15:23.

Antikris IV juga mulai muncul (+ nabi palsu) dengan segala tindakan2nya yang paling dahsyat dan merajalela di seluruh dunia. Belum pernah ada orang yang jahat seperti ini danmenguasai seluruh dunia selama 1260 hari dan Gereja yang tertinggal (Halaman) di-injak2 sampai habis Wah 11:2; 13:7. Meskipun ada 2 Saksi, mereka hanya dapat menguatkan iman orang2 yang tertinggal, tetapi  orang beriman yang bertobat kembali, tetapbinasa dalam tangan Antikris. Begitu juga bala2 hukuman dari Allah digrojok (dicurahkan dengan hebat) yaitu 3 Meterai, 3 Sangkakala dan 7 Bokor. Dunia ini betul2 seperti Neraka di dunia, sementara itu di Surga ada Kursi Pengadilan Kristus (pembagian pahala) dan Pesta Kawin Anak Domba yang paling top indahnya dalam sejarah manusia, luar biasa kesukaan dan kemuliaannya. Pengolahan dan pengolahan ataupergumulan orang beriman sudah selesai waktu pengangkatan dan sekarang sudah masuk kekekalan yang indah tanpa air mata dan kematian!

KERAJAAN 1000 TAHUN.

Ini didahului oleh kedatangan Tuhan Yesus II (inilah tahap II) langsung masuk dalam perang Harmagedon yang sudah dipersiapkan oleh iblis, Antikris, nabi palsu dan semua pengikut Antikris, sangat dahsyat dan hebat persiapannya, tetapi perangnya tidak berarti, langsung kalah oleh pedang (kata2) yang keluar dari mulut Raja segaja raja dan Tuhan segala tuan. Akibatnya semua ditangkap dan manusia dihukum mati (Kursi Pengadilan Raja), lautan mayat, suatu kiamat kecil  pada permulaan Kerajaan 1000 tahun (kiamat yang betul2 ada di akhir Kerajaan 1000 tahun).

Dari dunia yang lolos lebih kurang 2 kali 144.000 orang Israel dan orang kafir yang tidak ada cap Antikris, masuk dalam kerajaan 1000 tahun sebagai penduduknya, lalu mulailah Kerajaan 1000 tahun perhentian di dunia sekarang ini. Keadaannya lebih indah dari Eden, sebab Tuhan dan orang2 suciNya memerintah dan dalamdunia, praktis tidak lagi ada dosa atau akibatnya, sebab diperintahkan dengan tongkat besi.

Orang2 suci disini sudah teruji, sudah masuk fase kesukaan yang kekal dan penduduknya aman, sejahtera, sukacita dalam pemerintahan Kristus dan orang2 suciNya (diceritakan lengkap dalam buku Kerajaan 1000 tahun).

KEKEKALAN.

Kerajaan 1000 tahun diakhiri dengan perang Gog dan Magog, manusia yang lahir dan hidup dalam kerajaan 1000 tahun, dalam zaman ideal ini belum diuji, sebab itu pada akhir kerajaan 1000 tahun iblis dkk dilepas menjadi ujian bagi orang yang lahir dan hidup dalam kerajaan 1000 tahun; sebagian tetap setia, sebagian gagal, ikut iblis, terjadi perang Gog dan Magog, semua yang ikut iblisdibinasakan, tetapi yang setia tetap selamat. Lalu muncul Tahta Putih yang Besar, Surga Bumi Lama dibinasakan, kebangkitan orang dosa yang masuk dalam pengadilan Tahta Putih yang Besar dan kemudian dibuang dalam Tasik api dengan semua roh2 yang jahat (iblis cs, Antikris, nabi palsu dan semua roh2 jahat). Semua yang benar ikut Allah dalam Surga Bumi Baru untuk kekal. Tasik api dan Surga Bumi Baru terpisah untuk kekal tanpa bisa bertemu lagi sekalipun dalam pikiran, jauh dari hadirat Allah, tidak bisa masuk lagi dalam hadirat Allah 2Tes 1:9 (padahal hadirat Allah itu tidak ada batasnya Maz 139). Inilah akhir dari pembagian zaman Allah untuk manusia.

Selanjutnya, pokok2 dalam P1-9 diperlukan untuk bisa mengerti rahasia akhir zaman (termasuk rahasia untuk tumbuh sampai sempurna).

P.1. Macam2 penafsiran waktu pengangkatan.

Ini tentang Pre, Mid dan Post Tribulation (lihat selengkapnya dalam khotbah nomer M4236, 12 Agt 2020). Salah mengerti bisa mempengaruhi persiapannya dan akibatnya bisa sangat merugikan. Sudah dibuktikan bahwa Mid yang cocok dengan Firman Tuhan. Mid berarti: sebelum pengangkatan ada masa penamatan, yang tidak bersedia, tidak bisa ikut penamatan dan akan ketinggalan. (Kalau Pre Trib, se-olah2 tidak perlu bersedia, tidak ada tanda apa2 (seperti misalnya Mat 24, ada 3 tanda pasti)lalu se-waktu2 Tuhan datang, tidak begini). Juga tidak mungkin Post, sebab orang2 yang benar dan yang akan ikut pengangkatan, tidak mungkin dikalahkan dan di-injak2 Antikris Wah 11:2.

P.2. Dua tahap kedatangan Tuhan, bukan 1 tahap dan berbeda waktu 3,5 tahun (M4238, 19 Agt 2020). Jangan spekulasi atau main2, kalau tidak bersedia, pasti tertinggal, tidak ada ulangan, akibatnya untuk kekal.

P.3. Generasi Akhir Zaman (GAZ).

Yaitu orang2 yang masih hidup pada waktu Tuhan Yesus datang kembali; ini bukan kebetulan, tetapi khusus diberikan pada orang2 tertentu, sebab Allah tahu lebih dahulu. (Disebut juga Golongan Kristus II, dibandingkan dengan orang2 yang hidup pada waktu Kristus datang pertama kali di dunia menjelma menjadi manusia yaitu golongan Kristus I Luk 10:24, ada lebih kurang 18 perbedaan antara tahap I dan II. Tahap I untuk orang yang bersedia (lima gadis bijaksana) suatu pengharapan yang berkat, begitu indah, bertemu dengan Tuhan di awan2. Tetapi pada tahap yang kedua Ia datang sebagai Hakim dan menghukum orang2 berdosa yang melawan Tuhan dan dosanya begitu meningkat, dan semua dibinasakan karena dosa2nya). Mereka yang sungguh2 bersedia seperti lima gadis bijaksana dapat menggunakan kesempatan yang besar ini untukbisa ikut pengangkatan = golongan 1551, (1Kor 15:51,52). Ini orang2 yang bersedia, lalu (pada tanggal Penentuan, yaitu pada permulaan Minggu ke-70 Daniel) jadi golongan 1551 yaitu orang2 yang ikut pengangkatan,bahkan ada sebagian jadi sempurna yaitu golongan 1402 (Wah 14:02). Tetapi yang tidak bertobat sungguh2, undur Kis 5:13 dari Gereja jalan sempit yang sangat tertib dan keras 2Kor 10:6 dan hanyut dalam arus tsunami dosa yang dahsyat (Wah 22:11)dan ikut tumbuh dengan cepat sampai puncak2 dosa, inilah golongan orang Kristen Halaman yang akan ketinggalan dan dikuasai Antikris, dianiaya, di-injak2 sampai mati Wah 11:2, tertinggal dan masuk zaman Antikris = golongan 1102 (Wah 11:2).

P.4. Israel dan Gereja. Israel menolak Tuhan Yesus, kesempatan diberikan pada Gereja. Sesudah Gereja selesai, diangkat, baru kesempatan untuk orang Israel jasmani diberi lagi dalam kerajaan 1000 tahun.

Untuk Israel ada 2 hal yang sangat menarik perhatian, yaitu:

  1. Bait Allah akan selekasnya dibangun, ini sesuai dengan nubuatan dalam Mat 24:32. Ini adalah tanda2 yang penting, punya arti besar, sebab ini berarti sudah dekat waktunya. Kalau pohon ara bertunas, itu berarti waktunya bagi Israel sudah mulai Rom 11:25-26. Minggu ke-70 Daniel adalah masa peralihan antara zaman Gereja dan zaman Israel, yang disini saling tumpang tindih. Kalau ini terjadi, berarti waktunya sudah dekat. Pemulihan Israel berarti sesuai nubuatan Allah, kalau Mezbah sudah didirikan seperti 1Raj 18:30. Mezbah baru bisa berdiri kalau bait Allah dibangun, sebab mezbah ada di dalamnya, salah satu tanda akan masuk Minggu ke-70 Daniel kalau bait Allah dengan mezbahnya dibangun, tanda zaman Israel dimulai. Pembangunan bait Allah sudah lama dirindukan Israel. Dengan kata lain hal sangat sulit atau mustahil sebab dikira tempatnya ada di lokasi tempat suci agama lain, sehingga rasanya tidak mungkin. Tetapi archeologi yang terakhir mengatakan, tempatnya adalah di Halaman di depannya; sehingga masih mungkin membangunnya sebab tidak mengganggu atau merobohkan tempat orang lain. Semua persiapan, peralatan, calon2 imam dan ibadahnya sudah disediakan. Kita tunggu saatnya, sebab waktunya untuk Israel adalah sesudah Gereja diangkat. Tampaknya sudah dekat sekali, tinggal beberapa tahun atau bulan?
  2. Israel akan berdamai dengan musuhnya yaitu bangsa2 Arab Dan 9:27a. Mereka akan membuat perjanjian untuk 7 tahun. Ini mungkin sekali akan cepat terjadi sebab hari2 ini sudah dibuat perjanjian Israel dan Arab dan kapal terbang Israel sudah menderita di tempat mereka mulai tanggal 31 Agt 2020, ini mencabut boikot atas Israel selama 48 tahun. Kita tunggu bila perjanjian 7 tahun itu akan dibuat, jangan lupa kita sudah harus bersedia dengan betul seperti lima gadis bijaksana (pada pertengahan perjanjian itu akan dibatalkan sepihak oleh musuh; Semua negara2 Arab akan ingkar janjinya, lalu terjadi perang, mereka menyerang dan mengalahkan Israel dan dibantai habis2an ber-sama2 orang beriman yang tertinggal dan korbannya jauh lebih besar dari semua yang pernah terjadi Dan 9:27b. Hampir semua Israel dibinasakan sisa hanya 144.000 yang lepas dari Antikris. Bersedialah baik2, tampaknya sudah dekat, hanya tinggal beberapa tahun! Dan 9:27c. Kalau sekarang tidak bersedia, pasti terlambat. Hidup suci (ingat di Mana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Dahulu, Sekarang, dan Yang akan datang) limpah dengan 7 KPR dalam kepenuhan dan pimpinan Roh Kudus maka kita akan siap se-waktu2 pada tanggal Penentuan akan masuk golongan 1551 dan itu berarti pasti semua ikut pengangkatan!

P.5. Tebus tubuh, jadi tubuh kemuliaan. Rom 8:23, E 4:30, Luk 21:28 (lihat buku “Tubuh, Nyawa, Roh).Waktu percaya Tuhan Yesus, roh kita sudahditebus. Tetapi orang luar, atau tubuh kurungan tempat kita diam di dunia ini, belum ditebus. Tetapi  yang setia sampai akhir akan mengalami penebusan tubuh waktu Tuhan Yesus datang (yang mati bangkit, yang masih hidup berubah, mengalami tebus tubuh). Ini juga terjadi waktu sebagian orang beriman menjadi sempurna. Tubuh- daging yang belum ditebus ini selalu menarik kita kepada dosa, menurut hawa nafsu daging, sehingga sering timbul pergumulan antara daging dan roh Gal 5:16-17. Kita harus selalu menurut Roh dan mematikan daging.Tetapi dengan demikian justru tubuh daging ini jadi sekolah bawaan untuk rohani kita, menjadi latihan dan pengolahan. Kalau kita penuh dan dipimpin Roh, kita akan lulus terus, naik kelas, sehingga rohani kita tumbuh makin tinggi dan pada hari pengangkatan mengalami tebus tubuh, tubuh kurungan ini berubah menjadi tubuh kemuliaan (seperti tubuh Putra manusia Yesus waktu bangkit), sangat indah, mulia, tidak bisa sakit atau mati, tidak bisa jadi tua, tetap muda, tidak lagi dikuasai hukum2 alam dll dan iniuntuk kekal dalam kesukaan abadi.

P.6. Tiga angka kedatangan Tuhan digenapi, yaitu:

  1. Seluruh dunia mendengar Injil, jumlahnya genap Mat 24:14.
  2. Jumlah orang yang selamat genap. Rom 11:25.
  3. Jumlah orang yang sempurna genap, 144.000 Wah 14:02, lalu Tuhan Yesus datang kembali.

P.7. Lima tahap dari 7 Gereja akhir zaman.

Dalam Wah 2-3 diceritakan tentnag keadaan Gereja akhir zaman dalam 7 bentuk yang oleh Putra manusia Yesus dengan penampilan yang berbeda daripada waktu hidup di dunia sebagai gembala yang baik. Disini Putra manusia Yesus yang sempurna dengan sikap yang tertib, tegas dan keras mengolah Gereja untuk dipersiapkan untuk ditamatkan dalam rencana Allah lalu ikut dalam pengangkatan pada waktu Tuhan Yesus datang kembali.

Tujuh Gereja itu bisa dibagi dalam Gereja2 jalan lebar dan jalan sempit, masing2 dengan kekurangan dan kesalahannya.

Gereja jalan sempit (Efesus, Smirna, Filadelfia), jalan lebar (Laodikea, Tiatira, Pergamus dan Sardis). Kadang2 Gereja tinggal kanak2 atau jatuh bangun dalam dosanya. Ada juga yang tertinggal dalam taraf penginjilan, tidak mau tumbuh dalam pengajaran, sehingga jadi kanak2 yang minum susu Ibr 5:11-14. Harus bertobat sungguh2 meninggalkan tabiat kanak2 dan langsungkan kepada kesempurnaan Ibr 6:1. Berita Injil tetap perlu (sebelum masuk Minggu ke-70 Daniel sudah harus jadi dewasa dan matang), tetapi harus ada pengajaran. Jangan hanya jadi tempat rekreasi, cocok dengan selera orang muda, orang banyak, Kristen duniawi, yang bercabang hatinya dll. Jangan cari Gereja yang cocok dengan telinga dan selera sendiri 2Tim 4:3-4. Tetapi cari dan tumbuhkan Gereja masing2 supaya cocok dengan selera Tuhan, sesuai Firman Tuhan dan dipimpin Roh. Kalau Gereja menuruti selera orang muda, orang banyak di jalanlebar akan besar daya tariknya dan penuh orangnya, tetapi itu Gereja jalan lebar. Gereja yang betul itu di jalan sempit, dipimpin Roh, mati dari kehendak sendiri, dari daging, tetapi hidup bagi Kristus. Jadi jangan menurut selera Allah, Tuhan Yesus dan Roh Kudus! Dalam kesucian, taat dipimpin Roh, limpah dengan sungai air hidup dan 7 Kebutuhan Pokok Rohani dalam kegerakan Roh Kudus. Inilah Gereja yang ber-jaga2 yang akan masuk dalam golongan 151 dan bisa ikut pengangkatan.

Ada 5 tahap persiapan Gereja akhir zaman.

Ini terjadi menjelang dan sampai masuk 3,5 tahun I Wah 2,3, yaitu:

Tahap 1. Gereja campuran, gandum dan lalang tumbuh bersama. Ini Gereja sepanjang zaman Mat 13:28-29.

Tahap 2. Gereja terpisah, terpecah, dari Heterogen menjadi dua macam Gereja yang Homogen suci atau dosa seperti Yer 24:1-3, seperti lima gadis bijaksana dan lima gadis bodoh (termasuk yang setengah hati, undur di Halaman dan luar Halaman). Dengan jelas ditunjukkan dalam Wah 2-3 Gereja terbagi dalam 2 bagian (jalan lebar dan jalan sempit) yang makin lama makin meningkat sampai puncak2nya, yaitu makin suci makin seperti Kristus dan yang makin najis, penuh dosa, makin seperti dunia dan kemudian seperti malaikat terang dalam Gereja 2Kor 11:13-15 seperti orang Parisi yang sangat beribadah, tetapi munafik, seperti pemuda yang “rohani” tetapi cinta uang, seperti kuburan putih dll. Tetapi mereka yang suci makin suci seperti Kristus.

  1. Muncul tubuh Kristus global yang murni, homogen yang sangat ketat dalam kesucian dan berkenan pada Allah, semua akan ikut dalam proses penamatan, jadi golongan 1551 yang siap untuk pengangkatan.
  2. Gereja menjadi sempurna, tumbuh dengan cepat sampai jumlah dari setiap tingkat (dari tingkat Ruangan Suci, bukan Halaman) genap, bahkan juga tingkat yang sempurna (ada 144.000 orang).
  3. Gereja diangkat, golongan yang lain tertinggal (golongan 1102), masuk zaman Antikris.

7 Gereja akhir zaman akan mengalami 5 tahap di atas, sehingga tampak jelas perbedaan Gereja2 akhir zaman yang termasuk Gereja jalan sempit dan lebar sesuai dengan penamatan rencana Allah.

P.8. Kesempurnaan.

Rahasia yang dibukakan Allah untuk umatNya Ams 3:7 itu juga rahasia untuk tumbuh menjadi sempurna. Akan ada hujan Akhir, sehingga ada kegerakan Roh Kudus yang luar biasa dan semua yang bersedia akan penuh dengan minyak Roh Kudus dan mahir dipimpin roh seperti lima gadis bijaksana. Ini yang akan tumbuh terus dengan lurus ke arah kesempurnaan. Juga ada pelayanan orang sempurna, pelayanan jabatan, suasana yang indah dan sangat tertib, lebih2 hadirat Allah Bapa, Putra dan Roh Kudus yang luar biasa, sehingga Gereja mengalami masa keemasannya. Memang ini rencana Allah, semua tumbuh sampai top puncak rencana Allah, suasananya seperti Surga sekalipun masih di dunia ldalam tubuh manusiawi.

 

Firman Tuhan akan dibukakan semua, tidak ada yang tersembunyi dan itu diberitakan ke mana2 dari sotoh Mat 10:26-27 akan ada persekutuan dalam Roh yang begitu indah, sehingga tubuh Kristus global terbentuk dan semua akan tumbuh dengan cepat sampai maksimal dalam 3,5 tahun, sehingga mencapai target rencana Allah, sekalipun waktunya dipotong pendek dengan singkat Rom 9:28.

Mereka yang bersedia lalu masuk golongan 1551 ini akanpunya kesempatan masuk dalam rencana penamatan Allah top, tidak pernah mati, ikut pengangkatan dan mengalami zaman keemasan Gereja atau Surga di bumi.

Ini adalah rencana Allah sendiri Mat 5:48, Yoh 10:35, 1Kor 11:1, bukan rencana manusia, sebab bagi manusia ini mustahil, terlalu fantastis. Baru dalam masa penamatan akan timbul banyak orang sempurna, yaitu mereka yang sudah bersedia dan meningkat sangat tinggi dalam kesucian dan diperkenan Allah, mendekati tingkat “Tirai”. Maka dalam

masa Penamatan orang bisa tumbuh ekstra cepat dan lebih tinggi sebab fasilitas akhir zaman yang top Wah 12:1. Dalam Wasiat Lama hanya dicatat 2 yang tidak mati, tetapi yang ikut kebangkitan sulung (orang sempurna Wasiat Lama) ada lebih banyak. Dalam Minggu ke-70 Daniel jumlahnya genap yaitu 144.000 orang sempurna ditambah orang2 yang ditamatkan dalam rencana Allah meningkat makin tinggi, jumlahnya mungkin lebih kurang 700-800 juta orang.Meskipun sebagian besar belum sempurna, tetapi tumbuh terus makin tinggi, mendekatinya itu juga sangat indah, mulia untuk kekal.

P.9. Babel.

Babel adalah kerajaan iblis diantara orang berdosa, dengan bentuk dan model ber-macam2, tetapi semua dalam dosa dan dikendalikan iblis, dari tingkat rendah sampai tinggi yaitu waktu dosa manusia melebihi batas dan hukuman Allah turun, misalnya dalam zaman Nuh, Sodom, Niniwe dll. Sesudah Nuh, Babel muncul dan dihukum Allah Kej 17:4-9 dll dan dalam Wah 17:1-18 tampak Babil ini seperti perempuan sundal Babel, mempelai Antikris yang akhirnya dibakar sendiri oleh Antikris Wah 17:11. Inilah sistem manusiawi yang melawan Allah. Mula2 dalam Wasiat Lama jadi musuh Israel, kemudian dalam Wasiat Baru jadi musuh Gereja, lawan dari mempelai Anak domba Allah. Anak2 iblis bersukacita dan berebutan dalam Babel ini, tetapi akhirnya dimakan dagingnya dan dibakar sampai mati oleh Antikris sendiri, apalagi nanti di Tasik api!