M4224 -Kemah Terakhir Di Padang Gurun

YOSUA 3:13-14. KEMAH TERAKHIR DI PADANG GURUN.

Yos 3:13-14

  1. Maka akan terjadilah, selekasnya tapak kaki Imam2 yang membawa Tabut Tuhan, yaitu Tuhan segenap bumi, akan tinggal di dalam air Yordan, maka air Yordan akan diputuskan dari air yang turun dari atas, dan akan berdiri menjadi suatu timbunan.
  2. Maka jadilah, ketika bangsa itu berpindah dari kemah2nya untuk menyeberang Yordan dan Imam2 yang membawa Tabut Perjanjian di hadapan bangsa itu. (KJI)

FASE PADANG GURUN BERAKHIR.

Isrel membongkar kemahnya, ini kali terakhir di padang gurun dan akan masuk negeri Perjanjian lewat Yordan. 40 tahun mengembara di padang gurun berakhir disini dengan tiba2, dalam sesaat. Semua kita akan tiba2 sampai pada saat seperti ini, terakhir dalam padang gurun dunia, lalu masuk fase baru, yaitu menyeberang Yordan, tetapi masih hidup dalam tubuh manusiawi ini. Juga kita dalam masa Penentuan, lalu masuk fase yang baru, fase penamatan, lebih kurang 3,5 tahun baru kemudian terangkat, berubah dalam tubuh kemuliaan. Yang perlu dan sangat penting diperhatikan adalah sebelumnya, yaitu sekarang ini sebelum saat menyeberang sungai Yordan, sebab ini menentukan nasib kita selanjutnya.

Hal yang paling penting dalam masa sekarang adalah:

  1. Bersedia sesuai Mat 24:42,44.
  2. Hidup sebagai lima gadis bijaksana.
  3. Tumbuh dalam tingkatan Ruangan Suci.
  4. Bisa melihat Tabut.

Mat 24:42.

Sebab itu berjaga-jagalah, karena kamu tidak mengetahui jam berapa Tuhanmu akan datang. (KJI)

Kita harus sungguh2 bersedia dalam kesucian dipimpin Roh, jangan main2, jangan seperti orang menunggu kerata api di stasiun sambil membuang waktu. Justru kita harus bisa melihat tujuannya yaitu Tabut dan menebus waktu sehingga selalu dalam keadaan siap untuk kedatangan Tuhan dan sementara itu terus tumbuh, bukan maju mundur, atau mendua, tetapi siap, bersedia dengan segenap hati, sehingga akibatnya orang seperti ini akan terus tumbuh dan ber-buah2 dalam kesucian.

  1. Mat 25:2-4. Hidup bersedia itu seperti lima gadis bijaksana, bukan seperti Lima gadis bodoh. Bedanya itu adalah punya minyak persediaan, selain dalam pelita yang menyala. Dimana saja, dalam hal apa saja dan kapan saja selalu penuh dengan pengurapan Roh Kudus dalam kesucian.

Ini seperti pelita yang terhubung dengan 2 pohon zaitun yang terus mengalirkan minyaknya tanpa berhenti ke tempat minyak dari pelita itu, sehingga pelita itu tidak pernah kekurangan minyak, sebab terus disupply oleh 2 pohon zaitun di sebelahnya Zak 4:2-3. Jangan seperti Simson, kalau tidak ada musuh, ia berzina, sehingga akhirnya batas waktu kemurahan Tuhan habis, Roh Kudus meninggalkan dia dan tamatlah riwayatnya.

  1. Terus tumbuh dalam tingkatan rohani dalam Ruangan Suci. Ini orang yang hidup bersukacita dengan kelimpahan 7 KPR, yaitu:

3.1. Hidup dalam kesucian dipimpin Roh. Rom 8:14, Mat 4:4

3.2. Terus berjalan dalam salib Luk 9:23, Gal 6:14.

3.3. Terus bersekutu dalam Roh Ef 4:3, Fil 2:1.

3.4. Berdoa senantiasa dalam Roh 1Tes 5:17, Jd 20 (doa dengan bahasa lidah 1Kor 14:14) dan kebenaran.

3.5. Ibadat makin bergairah, baik dalam kelompok kecil dan kelompok besar Ibr 10:25, Kis 2:46.

3.6. Tekun bersukacita dalam belajar Firman Tuhan Mat 4:4, dan terus bertumbuh dalam pengertian2 yang ada, lebih2 yang baru 2Pet 3:18.

3.7. Dengan gairah dan penuh pengurapan dan pimpinan Roh melayani sebagai garam dan terang dunia, baik dalam Gereja atau sekitarnya.

  1. Bisa mengerti dan melihat Tabut berjalan di depannya, yang menunjukkan jalan dalam masa2 yang sulit ini, tetapi berkemenangan (menang Rom 8:31,37; lebih dari pemenang; pawai kemenangan 2Kor 2:14, bahkan terus menang sampai musuh terakhir yaitu maut 1Kor 15:26, dan ini berarti masuk dengan pasti dalam golongan 1551 pada hari penentuan, waktu kaki imam2 yang mengangkat Tabut dicelup dalam air sungai Yordan).

Jadi mengerti tentang kesempurnaan rencana Allah (meskipun tidak semua jadi sempurna, tetapi terus meningkat sampai tingkatan2 tinggi yaitu sempurna atau di bawahnya) dan ini akan memimpin kita dengan tepat kepada tujuan dari Allah, dan efisien di akhir zaman ini.

LAHIR BARU DAN LAHIR SEMPURNA.

Di laut Merah, air terbelah dan berdiri di kiri-kanan darijalan yang dibuka Tuhan. Di Yordan air limpah dalam satu sisi dan kering di sisi lain.

Keduanya mujizat Allah. Apa bedanya? Laut merah adalah mujizat lahir baru, tetapi Yordan adalah mujizat lahir sempurna.

1Yoh 5:18

Kita mengetahui bahwa setiap orang yang dilahirkan dari Allah tidak berbuat dosa; tetapi dia yang lahir dari Allah memeliharakan dirinya dan si Jahat tidak menjamahnya. (KJI)

Ini orang yang lahir sempurna, tentu ini tingkatnya lebih tinggi dari lahir baru, yaitu menjadi seperti Kristus.

XIII. YORDAN MELUAP DI MUSIM MENUAI.

Yus 3:15

Maka ketika mereka yang membawa Tabut sampai di Yordan dan kaki imam2 yang membawa Tabut dicelup pada tepi air itu (sebab seluruh tepi Yordan senantiasa meluap dalam setiap musim menuai). (KJI)

Air Yordan meluap.

Sebelum Israel lewat, Yordan sudah meluap Yos 3:15.

Air ini meng-halang2i Israel masuk negeri Perjanjian. Air ini menceritakan tentang dosa yang me-luap2, yaitu dosa yang sampai pada puncak2nya di akhir zaman sebelum Minggu ke-70 Daniel mulai (sebelum Israel lewat Yordan). Tetapi umat Tuhan yang tumbuh dalam kesucian kepada kesempurnaan, pasti akan dapat berjalan lewat air atau dosa yang meluap itu, dengan pertolongan Tuhan yang heran.

Kita sudah melihat Wah 22:11 digenapi terus setahap demi setahap dan pada saat penentuan, waktu kaki imam2 yang membawa Tabut, dicelup dalam air sungai Yordan, maka air itu terpisah menjadi 2, yaitu  yang satu melimpah sampai kota Adam, yang lain kosong, habis, kering sampai ke Tasik asin. Ini adalah nubuatan tentang dosa dan kesucian yang sama2 mencapai puncaknya pada saat yang menentukan ini (kaki Imam masuk sungai Yordan), yaitu tanggal Penentuan.

Air meluap pada musim panen.

Pada akhir zaman ada musim menuai dari dosa seperti dalam Mat 13:30. Pada waktu ini dosa meningkat tinggi, dan lalang yang tidak mau “bertobat” (berubah) jadi gandum, pasti sudah hanyut ikut dalam dosa, lalu dipotong dan dibakar habis (juga orang2 beriman yang mendua, bercabang, semua jatuh dan hanyut dalam arus tsunami dosa yang dahsyat.

Mengapa Tuhan mengizinkan dosa meningkat luar biasa? Ini menjadi ujian bagi semua orang di dunia Wah 3:10, Luk 21:35. Semua akan kena dan jatuh dalam dosa, kecuali yang hidup dalam kesucian dipimpin Roh, seperti lima gadis bijaksana yang ber-jaga2, seperti rumah dengan pondasi yang kuat, tidak akan roboh dalam air yang melimpah pada musim menuai ini, tetapi lulus, tetap suci dan masuk dalam golongan 1551 yang akan ikut pengangkatan.

 

Suci itu ada yang belum teruji, seperti Adam-Hawa selagi di Eden, sebelum dicobai. Tetapi waktu dicobai mereka jatuh.Orang yang hidup di dalam dunia yang penuh dosa, tetapi tetap hidup suci, itu suci yang sudah teruji. Ujian atau pencobaan itu ada yang ringan, ada yang berat, kalau lulus, hasilnya juga, kesucian yang ber-tingkat2, sehingga akhirnya dalam pencobaannya yang dahsyat sampai di puncaknya, kalau lulus, kesuciannya juga sempurna. Inilah kesucian yang teruji.

Pencobaan oleh:

Lulus

Dosa biasa —————————–> Hidup suci

Lulus

dosa yg lebih jahat —————-> Makin suci

Lulus

dosa sampai ke Puncaknya ———–> Sempurna

Sudah teruji

Sebab itu Tuhan mengizinkan dosa meningkat sampai sempurna, itu menjadi ujian bagi orang2 yang sudah tumbuh sampai puncak2 tertinggi dan kalau lulus berarti mereka juga menjadi sempurna.

XIV. YORDAN TERBELAH DUA DAN ISRAEL MENYEBERANG.

Yos 3:16

Maka air yang turun dari atas, berdiri dan meningkat menjadi timbunan sampai jauh ke kota Adam yang ada di sebelah Zaretan dan (air) yang turun ke arah laut di padang, yaitu laut Asin gagal (H8552) dan diputuskan, lalu bangsa itu menyeberang tepat di hadapan Yerikho. (KJI)

Dua sisi Yordan yang bertentangan.

Dalam Yos 3:16 air berhenti karena ada Tabut, tidak bisa lewat, se-olah2 dibendung, tetapi tidak ada bendungannya, sebab ini ditahan oleh kuasa Allah dari Tabut itu.

Ada 2 sisi di Yordan, yang satu kering, yang lain meluap sampai ke kota Adam! (Turunan Adam H121 Kej 5:1). Ini ajaib. Air biasanya rata, tetapi sekarang bisa bersebelahan dengan keadaan yang sangat berbeda! Pada satu sisi penuh sampai ber-timbun2, sisi yang lain kering sama sekali.

Air atau dosa dalam dunia, dalam jalan lebar mencapai puncaknya, tetapi Gereja Tuhan kering dari dosa, bebas dari dosa bahkan sempurna seperti Kristus; Jadi bukan hanya dosa tidak ada, juga sumber dosa yaitu tubuh daging, sudah tidak ada, sudah mati sama sekali. Daging sudah dimatikan total (= Tirai) dan masuk dalam kesempurnaan. Ini betul2 puncak penggenapan Wah 22:11 dan banyak orang sempurna (kesuciannya penuh) muncul dalam masa penyempurnaan rencana Allah.

Jadi waktu Tabut masuk Yordan, airnya lebih dari meluap, ber-timbun2 sampai ke hulu, ke kota Adam. Ini menceritakan puncak tertinggi dosa pada waktu penamatan dalam dosa dalam Minggu ke-70 Daniel, istimewa dalam 3,5 tahun II zaman Antikris.

Air meningkat sampai kota Adam.

Air terus meningkat sampai kota Adam. Kota Adam menceritakan tentang dunia yang penuh dengan turunan Adam yaitu orang dosa. Pada saat seperti ini, dosanya meningkat terus sampai puncak2nya, istimewa di akhir zaman dalam masa penamatan rencana Allah. Ini diizinkan Allah sekaligus menjadi pencobaan dan ujian bagi umat Tuhan dan yang lulus berarti rohaninya meningkat, bahkan beberapa banyak sampai menjadi sempurna.

Zaretan.

Hanya disebut satu kali saja disini, dengan keterangan: “Di sebelah kota Adam”.

Apa artinya? Kalau kota Adam adalah generasi Adam I, orang dosa, tidak percaya, maka Zaretan yang ada sebelahnya, yang juga kena pengaruh banjir besar yang meliputi sampai kota Adam, sama2 kebanjiran. Inilah golongan orang dekat Adam yang tidak ikut dalam pengangkatan (yang ikut pengangkatan adalah golongan Adam terakhir). Golongan Zaretan adalah orang yang sudah percaya, tetapi kembali hidup dalam dosa, undur, merekahanyut sebab mendua, apalagi yang murtad. Ini semua adalah orang2 Zaretan, dekat dengan golongan Adam meskipun sudah pernah jadi anak Allah, orang suci, tetapi kemudian undur atau mendua, Wai! Sebab itu jangan main2 hidup di akhir zaman ini, sungguh2lah bersedia, sebab yang suci akan makin suci dan yang dosa akan makin berdosa! Wah 22:11. Golongan tengah atau netral, yang mendua akan masuk golongan Zaretan yang ikut kena banjir dosa dan tidak ikut dalam golongan yang diangkat.

Sisi lain dari Yordan, airnya kering.

Peristiwa ini belum pernah terjadi, di mana satu bagian (sisi) sungai Yordan jadi kering sampai airnya habis sama sekali, padahal disisi yang lain tertimbun begitu banyak dan sampai jauh ke hulu.

Kalau air bertimbun sampai kota Adam di dalam Zaretan, tetapi yang kering itu terus sampai Tasik asin (laut mati). Luar biasa.

Apa artinya? Ini adalah tingkatan Tirai.

Ini keajaiban penggenapan rencana Allah yang mustahil bagi mansuia. Air yang di satu sisi ber-timbun2 begitu banyak sampai ke kota Adam dekat Zaretan, tetapi di sisi yang lain itu kering sama sekali, habis, tidak ada air sama sekali, bersih! Kering, tanpa air sama sekali. Ini betul2 disucikan, mutlak suci (yang sempurna) dan semua yang lain, juga sudah teruji dalam kesucian, tidak akan berdosa lagi di Surga untuk kekal!

Tubuh daging, sumber dosa, mati sepenuhnya.

Ini rencana Allah dan ini pasti genap. Tumbuhlah terus, mulai sekarang, mati lepas dari dosa dan terus tumbuh sampai akhirnya total kering dari dosa, bahkan daging, sumber dosa dimatikan. Ini diceritakan juga dalam:

Rom 6:6

Karena mengetahui hal ini, bahwa manusia lama kita sudah disalibkan bersama dengan Dia, supaya tubuh dosa dibinasakan, sehingga sejak itu kita tidak lagi melayani dosa. (KJI)

Biasanya tubuh daging hanya dikatargeokan (= dibuat jadi tidak berdaya). Sekarang bukan hanya dibuat tidak berdaya, tetapi mati penuh, total, tidak bisa bangkit kembali, ini berarti sempurna dalam kesucian; tubuh daging sudah mati sepenuhnya. Jadi dalam penamatan rencana Allah, tubuh daging bukan hanya di katargeo, tetapi sekarang betul2 mati total untuk selamanya. Jadi orang itu menjadi sempurna (sesudah lahir sempurna 1Yoh 5:18), sehingga iblis tidak lagi menjamahnya, tidak lagi ada pencobaan atau ujian, sebab sudah teruji sampai sempurna dalam kesucian.

Tidak ada kehidupan di tasik Asin.

Di dalam Tasik asin tidak ada ikan dll bisa hidup, tidak ada kehidupan sebab asin. Begitu juga dalam golongan 1551 yang sudah ditentukan pada tanggal Penentuan (waktu kaki imam2 yang membawa Tabut masuk Yordan), sudah tidak ada kehidupan daging lagi, sehingga dalam masa penamatan, Gereja Tuhan waktu itu (tubuh Kristus global Wah 12:1) sangat tertib dalam kesucian, sehingga sedikit dosa sudah dihukum keras 2Kor 10:6 seperti kasus Ananias dan Safira dalam Hujan Awal Kis 5:1-11 (masih di dunia). Ini proses penamatan, penyempurnaan tanpa ada dosa dan hidup kedagingan. Jadi tidak ada kehidupan dalam daging diantaraorang2 yang ditamatkan ini (finishing). Sebab itu mereka tumbuh dengan sangat cepat seperti kilat Mat 24:27(dengan kecepatan ideal seperti Putra manusia Yesus, yang dalam 3,5 tahun pelayanan langsung menjadi Putra manusia yang sempurna). Begitu juga dalam masa penamatan ini, tumbuhnya begitu cepat, sehingga jumlah orang yang sempurna terlalu amat banyak, 144.000 Wah 14:1, padahal dalam 6000 tahun sebelumnya hanya 4 orang yang sempurna dan lagi buah sulung kebangkitan Rom 8:23, Mat 27:52-53, tetapi jumlahnya sedikit.Keadaan Gereja dalam penamatan ini luar biasa indahnya. Kanaan dengan satu Putra manusia Yesus  saja sudah luar biasa, apalagiada 144.000 orang seperti Putra manusia Yesus Yoh 14:12, betul2 dunia menjadi seperti Surga di bumi, tetapi hanya diantara orang2 yang diperkenan Tuhan Luk 2:14, yaitu orang2 golongan 1551, sangat indah, mulia, senang dan bahagia. Sebab itu bersedialah sekarang, jangan terlambat tetapi ikut masuk golongan 1551 pada hari Penentuan itu!

Siap berperang dengan Yerikho.

Sesudah mereka menyeberang, mereka sampai di depan Yerikho dan siap untuk berperang (Yos 4:12-13), yang sebentar lagi akan direbut, juga dengan ajaib. Ini semua adalah bagian2 dari penamatan yang akan dilakukan dengan ajaib. Israel berperang dengan orang2 Kanani, tanpa kesukaran, semua dikalahkan dan Kanaan (yang sekarang menjadi negeri Perjanjian), dipusakai oleh orang2 Israel, sangat indah. Peperangan merebut Kanaan adalah gambaran dari masa penamatan yang masih di dunia, masih ada pergumulan, tetapi sangat tertib dan ketat tetapi pasti menang, (dalam hujan Awal ada juga kasus2 seperti Ananias dan Safira, juga dalam penamatan, sebab masih di dunia, ada orang2 “jalan lebar” yang mencoba masuk dalam jalan sempit.

PENYEBERANGAN SUNGAI YORDAN SELESAI.

Yos 3:17

Maka Imam2 yang membawa Tabut Perjanjian Tuhan, berdiri teguh di atas kekeringan di tengah2 Yordan dan orang2 Israel menyeberang di atas kekeringan sampai seluruh bangsa lewat sampai habis dari Yordan. (KJI)

Imam2 dengan Tabut berdiri teguh di tengah Yordan.

Imam2 yang mengangkat Tabut berdiri teguh di tengah2 sungai Yordan ini sebagai:

  1. Tanda patokan.
  2. Jaminan bagi penyeberangan.

 

  1. Tanda patokan untuk penyeberangan. Orang2 Israel dengan yakin lewat di dekatnya sampai ke seberang. Seperti Tabut yang berdiri teguh, demikianlah janji2 Allah tentang pengangkatan, tentang kesempurnaan, tentang penamatan rencana Allah dll, semua itu berdiri teguh, semua akan digenapi, tidak akan batal Luk 1:37; 21:33. Sebab itu kalau kita mengerti, percaya dan memegangnya, kita akan mengalaminya Mat 13:23, 2Raj 2:10. Sebab itu perlu bisa melihat, mengerti patokan akhir zaman dan rahasiapenyempurnaan dari Firman Tuhan, bukan dari ramalan segala orang atau tafsiran yang liar. Roh Kudus akan menolong kita untuk dapat mengerti kebenaran Allah Yoh 16:13, 1Kor 2:10. Sebab itu belajar terus baik2 Firman Tuhan, bahkan seluruh kebenaran Firman Tuhan, lebih2 tentang “Tabut” (rahasia kesempurnaan dan akhir zaman).
  2. Jaminan penyeberangan. Air itu takut dan taat akan Tabut, tidak berani bergerak melampaui Tabut sehingga air itu ber-timbun2 ke Hulu sampai kota Adam dekat Zaretan. Jangan takut, sekalipun yang kita lihat banyak ancaman dan kekacauan, tetapi semua peristiwa dunia, lebih2 peningkatan dosa dan kejahatan akan tunduk dan taat pada Firman Tuhan, tidak mungkin melawan Firman. Misalnya ada banyak rencana Antikris, iblis dan kaki tangannya yang sangat mengerikan, mengancam Gereja Tuhan, tetapi jangan takut atau kuatir, semua air itu, satu tetespun tidak ada yang berani atau dapat melewati Tabut, semua akankembali sampai ke hulu, jauh sampai kota Adam dekat Zaretan.

Bangsa Israel menyeberang sampai habis semuanya.

Seluruh bangsa Israel dalam pimpinan Yosua, semua ikut menyeberang sampai habis, tidak ada satupun yang tertinggal. Semua yang masuk golongan 1551 (ayat 14), yaitu mereka yang bersedia, hidup sebagai lima gadis bijaksana, tumbuh dalam kesucian dan bisa melihat Tabut, semua akan ikut menyeberang, ikut dalam proses penamatan (finishing Rom 9:28, penyempurnaan) dan sesudah itu semua akan ikut pengangkatan.

Sebaliknya yang tergolong lima gadis bodoh, orang Kristen yang mendua dll semua mati dalam dosa atau waktu pengangkatan tertinggal (yang bertobat kembali sesudah pengangkatan, akan dianiaya Antikris sampai mati dan kalau tetap setia sampai mati, masih bisa selamat seperti menerusi api 1Kor 3:15; 5:5). Semua orang2 ini tidak ada satupun yang bisa ikut pengangkatan, sebab sesudah orang2 yang bersedia (lima gadis bijaksana) ditentukan  pada hari Penentuan (Yoel 3;14, Mat 25:6) untuk masuk golongan 1551, maka semua orang lain yang tidak ikut masuk golongan 1551, tidak ada yang ikut pengangkatan. Wai! Sebab itu jangan bertobat besok2, tetapi hari ini Ibr 3:15, sekarang, dan terus menunggu dalam kesucian seperti lima gadis bijaksana. Jangan buang kesempatan hari2 ini, sebab kita masih butuh waktu untuk diuji dan tumbuh sebagai lima gadis bijak,sehingga bisa masuk golongan 1551.

Air Yordan kembali melimpah.

Sesudah semua menyeberang dan Tabut keluar dari Yordan, tiba2 air yang ber-timbun2 itu dengan buas dan liar, ganas, bergemuruh kembali memenuhi seluruh sungai Yordan, sehingga Yodan kembali me-luap2. Inilah keadaan sesudah pengangkatan, sebab yang menahan iblis dan Antikris sudah tidak ada lagi (Tabut + Imam2, yaitu Gereja dan Allah di dalamnya sudah meninggalkan dunia) 2Tes 2:7. Sebab itu iblis dengan kemarahan yang besar, kembali menguasai dunia dengan sangat bengis dan kejam, keadaannya seperti Neraka. Sekaranglah waktunya dunia menjadi seperti Neraka di dunia dan semua orang beriman, tanpa ampun dibinasakan, lebih2 yang bertobat kembali!) Wah 13:7. Sebab semua kuasa ada dalam tangan Antikris dan iblis dan inilah arti nubuat sungai Yordan kembali meluap sesudah Israel dalam pimpinan Yosua, semua selesai menyeberang.

KESIMPULAN.

Jangan takut melalui jalan baru, sekalipun belum pernah mengalaminya asal setiap hari berjalan dengan Allah, penuh dan terustumbuh dipimpin Roh. Tuhan akan membukakan semua Meterai FirmanNya, kita akan tahu rencana Allah yang ajaib dan akan mengalami rencana Allah, yaitu bagi orang2 yang ber-jaga2 seperti lima gadis bijaksana dan masuk dalam golongan 1551. Orang2 ini akan masuk dalam masa penamatan rencana Allah lalu ikut pengangkatan.

Bagian kita hanya jalan setiap hari dengan Kristus, dipimpin Roh seperti generasi II Israel, sehingga terus maju dan bertumbuh dalam Kristus. Kemudian pada waktunya, pada permulaan Minggu ke-70 Daniel, pada tanggal Penentuan, akan masuk jadi golongan 1551 yang pasti ikut pengangkatan sesudah proses penamatan.Kuasa Tuhan cukup untuk sekarang, besok sampai Dia datang. Jangan hidup dalam dosa, tetapi terus dalam kesucian dipimpin Roh, pasti akhirnya akan sampai, rencana Allah akan genap.

 

Nyanyian:

Serta Tuhan kujalan dalam pimpinanNya,

Lewat jalan yang baru,

yang b’lum kujalani.

Sandar Firman kuasaNya, s’perti buta tuli

Meningkat makin tinggi, jalan dengan Tuhan (sampai Tuhan datang).