M4218 – Kita Menerima Kuasa Allah Ketika Roh Kudus Turun Ke Atas Kita

KISAH 1:8. KITA MENERIMA KUASA ALLAH KETIKA ROH KUDUS TURUN KE ATAS KITA.

ARTI PENTAKOSTA

Ini janji Tuhan yang hebat, sudah digenapi dan tetap akan digenapi di hari2 yang akan datang. Ini terjadi pada waktu Roh Kudus turun ke atas orang percaya dan menjadi saksiNya sampai ke ujung bumi. Mintalah supaya kita punya kuasa untuk hidup kudus dan bisa menjadi berkat dan menolong menyelamatkan orang lain, di sekitar kita, terus sampai ke seluruh dunia. Kalau kita mengerti dengan betul dan tulus, Tuhan tahu hati kitadan akan memberikan kuasaNya, baik waktu pertama kali Roh Kudus turun ke atas kita dan setiap kali kita membutuhkannya, terus menerus. Roh Kudus akan melimpahi kita dengan kuasaNya, sesuai dengan syarat dan kemampuan kita menerimanya untuk bertindak sesuai dengan Firman Tuhan. Ini dimulai pada hari Pentakosta. Kalau Roh Kudus turun ke atas orang beriman, seperti 120 orang di kamar loteng Yerusalem, mereka mengalami baptisan Roh Kudus dengan tanda2 yang bisa didengar Kis 2:33 (mereka berbahasa lidah Kis 2:4) dan dilihat (ini adalah reaksi pribadi dari orang2 yang mengalami perubahan yang indah, menyenangkan, mereka sangat bersukacita, sebab ini pengalaman pertama dan bentuk reaksinya sesuai dengan pribadinya masing2, ada yang tertawa, menjerit, bertepuk tangan dll Kis 2:12-13). Ini terjadi ber-ulang2 (misalnya Kis 10:44-46; 19:6 dll), sampai sekarang sudah terjadi be-ratus2 juta kali di seluruh dunia dan masih akan terjadi terus.

Kuasa ini sudah diberikan sejak dari permulaan seperti yang diterima rasul2 dan terjadi perkara2 yang besar yang memuliakan nama Tuhan Kis 2:41.

Untuk menerima baptisan Roh Kudus, ini bisa didoakan (misalnya Kis 8:14-15,17), bisa minta sendiri, jangan takut dapat roh setan, dalam Nama Tuhan Yesus, hal ini tidak mungkin terjadi Luk 11:11-12.

APA YANG TERJADI WAKTU ROH KUDUS TURUN KE ATAS KITA?

Mengapa kuasaNya diberikan pada kita? Ini tergantung dari reaksi kita.

Reaksi orang yang penuh Roh Kudus biasanya sukacita dan ingin melakukan kehendak Roh di dalamnya, inilah hidup dipimpin Roh. Maka dalam mentaati pimpinan Roh, Roh Kudus menyertai kita dengan kuasaNya. Kadang2 pimpinan Roh Kudus itu sulit atau berat untuk dilakukan, bahkan bertentangan dengan kehendak kita, tetapi kita harus tetap taat, meskipun berat, sulit, kita akan berhasil melakukannya Fil 4:13, Zak 4:6, sebab kita punya kuasa dari Roh Kudus, sehingga kita sanggup melakukannya, misalnya mengampuni orang yang menyakiti atau merugikan kita, dengan kuasa Allah kita sanggup melakukannya dengan betul, dengan segenap hati dan dengan sukacita.

Tetapi orang yang tidak maumelakukan kehendak atau pimpinan Roh, ia hanya penuh tetapi tidak berjalan dalam Roh. Ini reaksi yang salah! Kuasa Allah akan berkurang atau hilang daripadanya, juga lama2 Roh Kudus terpaksa meninggalkan orang ini yang tidak mau dipimpin Roh. Maksudnya kita dipenuhi Roh Kudus bukan sekedar untuk berdoa dengan bahasa lidah, tetapi untuk melakukan kehendak Allah, yaitu hidup dipimpin Roh. Jangan hanya penuh dan berbahasa lidah saja, tetapi terus hidup dipimpin Roh, dan untuk itu Roh Kudus akan terus menyuplai kuasaNya. Jangan ada maksud2 lain, apalagi untuk dosa atau sekedar untuk iseng dan cari nama. Kuasa diberikan untuk hidup suci dan taat dipimpin Roh untuk melakukan kehendak Allah. Ada Roh Kudus di dalam kita itu sangat luar biasa, sebab Allah yang Maha besar mau tinggal di dalam kita, itu kemurahan yang terlalu besar, sebab sebetulnya kita sangat tidak layak.

Roh Kudus memimpin kita dalam pikiran kita, kata2, sikap, perbuatan dan seluruh langkah2 hidup kita, supaya tetap suci dan berkenan pada Tuhan, taat melakukan semua kehendakNya.

BAGAIMANA HASILNYA HIDUP DIPIMPIN ROH.

KITA BISA HIDUP SUCI DI HADAPAN ALLAH dan tumbuh terus dalam ketaatan akan pimpinan Roh sesuai FirmanNya. Ini luar biasa. Tidak ada orang bisa hidup benar atau suci di hadapan Allah dengan kekuatannya sendiri, sebab ini tidak mungkin. Orang yang paling baikpun seperti gading selalu ada retaknya. Mungkin beberapa segi hidupnya baik, terpuji, tetapi selalu ada beberapa segi yang ada sedikit atau banyak dosanya, apalagi hatinya, tidak ada yang bisa mempunyai hati tanpa dosa. (Sebab bagi Allah, dosa di dalam hati itu sudah dihitung dosa Ams 23:7, Mrk 7:20-23).

Dengan kuasa Roh Kudus kita bisa hidup suci sampai dalam hati dan angan2 kita (di Mana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Dahulu, Sekarang dan Yang akan datang). Ini faedah dan keuntungan utama dari kuasa Roh Kudus yang kita terima.

DALAM MENGHADAPI PROBLEM APA SAJA, JASMANI DAN ROHANI, dengan Roh Kudus dan kuasaNya, hasilnya akan berkemenangan, selesai, beres, untung. Hidup di dunia ini penuh kesukaran dan pencobaan, lebih2 kalau masa sulit seperti sekarang. Baik secara rohani godaan, gangguan, duri2 yang terus menikam, tipu daya dan rayuan iblis, tarikan kedagingan dalam segala segi, selalu ada setiap hari. Begitu juga problem jasmani dalam segala perkara, yang rutin atau ekstra, tidak terduga, belum lagi dari kawan dan lawan, kadang2 jumlahnya orang2 yang memusuhi cukup banyak (Daud mengalami musuhnya lebih banyak dari rambutnya Maz 40:13; 69:5). Tetapi kalau Roh Kudus di dalam kita dan memimpin kita, Ia adalah Allah yang tidak mungkin kalah, gagal atau tidak sanggup, sebab itu pasti kita menang Rom 8:31,37, bahkan lebih dari pemenang. Kalau sampai tingkatan atau saat terakhir, dimana problem atau musuh sangat banyak mengeroyok ber-sama2 terus menerus, dengan dipimpin Roh Kudus, kita tetap akan selalu menang terus menerus, sehingga hidup ini bisa seperti pawai kemenangan 2Kor 2:14, luar biasa. Disertai Roh Kudus itu luar biasa, menurut pimpinanNya yang penuh hikmat ilahi yang tertinggi itu, dan kuasa Allah selalu nyata waktu kita taat akan pimpinanNya. Hasilnya:

  1. Semua problem selesai.
  2. Sakit, sembuh atau batal.
  3. Kekurangan jadi cukup.
  4. Pelayanan akan ber-buah2 oleh kuasa Allah.
  5. Menghadapi serangan, kita menang.
  6. Jalan buntu, tembus.
  7. Dan lain2, sebab Allah tidak pernah gagal atau kalah. Sebab itu kita harus selalu hidup tulus dan benar di hadapan Allah, dan penting untuk bisa peka mendengar suara Tuhan dan mau taat melakukan suara Roh dan pimpinanNya. Dengan demikian kita akan berkemenangan dalam segala perkara!

Manusia itu ahli dalam bidangnya masing2, tidak mungkin dalam banyak apalagi dalam semua bidang. Tetapi Allah itu ahli dan Maha kuasa dalam segala bidang, dalam segala sikon, dalam segala ukuran dan apa saja. Sebab itu hidup dipimpin Roh itu indah, baik dalam problem jasmani atau rohani. Tidak mungkin Roh Kudus (dan kita yang mau taat dipimpinNya) bisa gagal, kalah atau celaka! Kalau belum berhasil, terus berdoa, lebih2 dalam Roh dan kebenaran. Memang ada beberapa faktor yang perlu kita ketahui dan taati misalnya jangan bereaksi dosa, sabar menunggu pimpinan dan waktu Allah, kadang2 celaka itu mulai datang dan mulai menggigit se-olah2 Tuhan tidak datang menolong dll. Belum tentu kita mendapatkan hasil atau pertolongan sesuai dengan keinginan atau kehendak dan kemauan kita. Yusuf mengalami banyak celaka dan kepahitan dan terus menerus sampai ber-tahun2, juga Daud, Daniel, Petrus, Paulus, Yohanes dll.

Bagaimana kita bisa menang, menghadapi problem kita. Kalau Roh Kudus ada dalam kita, memimpin kita, maka kemampuan dariRoh Kudus akan tiba2 muncul dalam kita sesuai dengan kebutuhan, misalnya timbul salah satu atau beberapa buah Roh (lama2 jadi tabiat baru dari Roh Kudus juga), juga akan timbul karunia Roh,  yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita 1Kor 12:9, misalnya hikmat, iman, membedakan Roh, kuasa, kesembuhan dll, itu bisa muncul tiba2 dan cocok dengan problem kita (jangan lupa kadang2 juga harus menunggu, tetapi jangan sampai jatuh yaitu bereaksi dosa).

Juga Tuhan beri hikmat dalam pikiran, kata2 yang harus kita katakan, tindakan2 dan keputusan dengan tepat (sebab Roh Kudus tahu jawaban dan tindakan yang tepat dan kita juga akan tahu pada waktunya, asal terus taat dipimpin Roh). Baik dalam hal2 jasmani, lebih2 dalam ibadah dan pelayanan rohani, pasti bisa berhasil dengan sangat indah, tergantung dari ketaatan kita! Jangan heran, sebab Roh Kudus adalah Allah, bisa melakukan apa saja dengan sempurna, sebab itu dengar baik2 suaraNya (harus makin peka) dan taat tanpa kompromi. Kalau ragu2, tanya lagi seperti Gideon, boleh minta peneguhan, tetapi hati harus sungguh2 mau taat, sebab Tuhan tahu hati kita! Juga Roh Kudus beri sejahtera, sehingga bisa tenang, sabar, tidak kuatir dll, juga sukacita seperti Paulus, Silas dalam penjara Kis 16:25. Waktu Petrus, Yohanes dipukul di muka umum karena Kristus mereka bisa mengatasinya Kis 5:41.

Dipimpin Roh itu luar biasa asal tetap taat dengan segenap hati dan indah, sehingga kita bisa terus sukacita dan sejahtera. Janji2 Firman Tuhan diingatkan, apalagi dalam pelayanan, Roh Kudus bisa mengartikan ayat2 Firman Tuhan dengan ajaib. Hidup dipimpin Roh itu luar biasa. Sebab tidak ada orang bisa jadi seperti Allah, sekalipun hanya 1% saja, tidak bisa, tetapi kalau hidup dipimpin Roh itu bisa hidup seperti Allah, sangat luar biasa, tergantung ketaatan kita. Tetapi kita juga harus terus tumbuh dalam pengertian Firman Tuhan, sehingga buah2nya makin banyak Mat 23:23 (30, 60, bahkan 100 = sempurna). Juga semua dari 7 KPR perlu kita lakukan, sebab ini kehendak dan resep dari Firman Tuhan. Dengan demikian kita bisa menyelesaikan problem sampai lulus dan menang, bisa jadi luar biasa, sebab bukan kita yang perang, yang berusaha, yang menyelesaikan, tetapi Roh Kudus di dalam kita.

Seperti Paulus sampai masuk penjara, Ayub mengalami musibah top rangkap tiga; Daniel, Sadrakh, Mesakh, Abednego dll!

Yang ber-sungut2, menyalahkan Allah, marah pada pemimpinnya (misalnya Musa dll) akan celaka, sebab semaunya sendiri, tidak dipimpin Roh. Tetapi yang dipimpin Roh dengan taat sampai terakhir, sampai selesai, pasti akan mengalami kemenangan yang indah, puas dan sukacita. Jangan takut sakit (asal jatah umurnya masih ada, dan tidak ada dosa, dipimpin Roh, jangan takut), pasti tercegah atau sembuh. Kekurangan uang, angka (untuk ujian sekolah), problem2 dalam pelayanan dll, jangan se-kali2 kuatir, yang penting percayalah akan janji Allah dan taat dengan betul dipimpin Roh, pasti hasilnya memang atau lebih dari pemenang, atau pawai kemenangan.

 

III. LULUS DAN NAIK KELAS, TUMBUH.

Dalam segala problem, kalau kita taat dipimpin Roh, kita lulus. (Kalau problem datang karena dosa, jangan minta pimpinan Roh tetapi bertobat! Boleh minta pimpinan Roh untuk pemberesan, tetapi yang penting sungguh2 bertobat). Tetapi kalau ujian, kita harus bereaksi dengan betul, tidak bereaksi dosa dan terus taat dipimpin Roh sesuai Firman Tuhan dan tetap tidak timbul dosa apapun, juga munculnya dosa dalam hati harus dicegah, harus tetap bersih. Kalau kita lulus, kita bukan saja bisa menyelesaikan problem, tetapi naik kelas di hadapan Allah. Ini yang diharapkan Tuhan, supaya kita naik terus, tumbuh terus sehingga makin seperti Kristus! Ini sebabnya Tuhan mengizinkan banyak problem datang sekalipun kita tetap hidup benar dan berkenan pada Tuhan. Supaya kita terus lulus dan naik kelas! Lebih2 kalau ujiannya berat dan banyak, itu berarti tingkatan ujiannya lebih tinggi dan memang seharusnya demikian, terus naik kelas! Inilah yang diharap Tuhan, bukan hanya selamat (Kalau tujuan penebusan manusia hanya selamat, habis percaya, mati saja langsung masuk Surga, bukan begitu!), tetapi terus tumbuh, sampai jadi seperti Kristus 1Kor 11:1). Kita tumbuh lebih tinggi, kemuliaan kita untuk kekal di Surga juga lebih tinggi, sangat indah! Sebab itu jangan jatuh dalam pencobaan (= bereaksi dosa, dengan kata2, pikiran, perbuatan dll). Tetapi tetap suci dan taat menurut pimpinan Roh.

Kita bisa melihat perbedaan hidup dan pelayanan rasul2 (dan semua murid2 yang lain) sebelum dan sesudah penuh Roh Kudus dan dipimpin Roh, itu berbeda seperti bumi dan langit. Sebelum penuh Roh Kudus, mereka sudah percaya, sudah menjadi murid Tuhan, tetapi hanya memakai kekuatan dan pikirannya sendiri. Tetapi sesudah baptisan Roh Kudus, bukan mereka lagi, tetapi Roh Kudus yang bekerja dan memimpin mereka sehingga hasilnya luar biasa, terus menang, lulus, naik kelas setiap kali, sehingga makin lama rohaninya tumbuh makin tinggi, makin seperti Kristus!

Mereka menjadi berani, tidak takut, sejahtera, terus hidup dalam kesucian, sukacita dan ber-buah2 terus, limpah dengan segala macam tanda, mujizat, kuasa yang terus menyertainya. Bayangkan, dari tidak ada apa2,timbul kekristenan yang muncul dan berkembang sampai sekarang, makin lama makin indah, bahkan pada hujan Akhir Gereja akan disempurnakan, siap untuk diangkat bertemu Mempelai Surgawi. Kekristenan atau Gereja itu seperti tiba2 lahir waktu Pentakosta, seperti bayi yang tiba2 lahir, sudah sebagai manusia, luar biasa dan terus tumbuh sampai dewasa. Lebih2 dalam hujan Akhir di akhir zaman, Gereja akan tumbuh sampai sempurna dan diangkat.

Memang Tuhan mengizinkan untuk mengolah kita sesuai dengan tingkatan rohani kita, tetapi semua ada ukuran dan batas2nya. Paling akhir tentu ada ujian akhir baik secara pribadi untuk masing2 yang sudah tumbuh sampai tinggi rohaninya atau ujian akhir bersama sebelum kedatangan Tuhan, lebih2 dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan. Yang tahan dalam pimpinan Roh Kudus, akan lulus, naik kelas dan tumbuh makin indah, dan semua problemnya selesai dengan baik.

MENGALAMI RENCANA ALLAH.

Rencana Allah itu baik pribadi, dan ber-sama2, semua terjalin, dianyam jadi satu. Rencana pribadi tercampur dalam rencana keluarga, ini dalam rencana Gereja lokal dan seterusnya semuanya dianyam dalam rencana Gereja global. Allah begitu ajaib bisa mengombinasikan, merajut jadi satu, dan semua akan digenapkan,tidak tergantung dari sikon, hanya tergantung dari ketaatan kita. Yang mau taat dipimpin Roh akan mengalami rencana Allah, tetapi yang tidak mau akan digantikan orang lain Mat 21:43, Wah 2:5; 3:11. Jumlah orang yang akan diangkat itu sudah genap jumlahnya pada hari Penentuan, lalu dalam masa penamatan, semua tumbuh sampai maksimal dengan cepat, sehingga jumlah setiap tingkat genap, inilah Gereja yang sempurna, maka Tuhan langsung datang, luar biasa! Rom 10:25. Allah tidak pernah gagal atau batal, dantidak tergantung dari sikon dll, hanya tergantung dari ketaatan kita. Kalau semua kita taat, hari kedatanganNya akan dipercepat dan itu yang disuruh Tuhan 2Pet 3:12. Luar biasa! Kita akan mengalami rencana Allah, sekalipun dalam keadaan kesukaran yang paling besarpun, sebab seluruh keadaan dan hidup kita dalam tangan Tuhan, juga nyawa kita. Apalagi golongan 1551 (1Kor 15:51), yaitu orang2 yang akan ikut pengangkatan, tidak akan mengalami kematian dalam sikon apapun, luar biasa, bahkan segala penyakit dan cacatnya jadi sembuh, kalau masuk golongan ini. (Ini mungkin kalau kita tergolong GAZ = Generasi Akhir Zaman, yaitu yang masih hidup waktu pengangkatan, mudah2an). Sebab itu jangan hidup dengan kekuatan sendiri, tetapi hiduplah dengan segenap hati dipimpin Roh, itu cara hidup sukses jasmani dan rohani yang tiada taranya dan hasilnya diteruskan sampai kekal!

KESIMPULAN.

Orang yang lahir baru dan penuh Roh Kudus punya fasilitas dan kesempatan yang sangat besar, yaitu penuh dengan Roh Kudus dan kuasaNya! Sehingga kita tidak hanya selamat, tetapi diolah dan ditumbuhkan dalam sikon yang baik dan jelek, dalam pencobaan dan ujian yang banyak dalam keadaan apapun, sehingga masuk dalam rencana Allah yang indah. Orang yang penuh dan dipimpin Roh itu akan mengalami:

  1. Bisa hidup suci dengan pimpinan dan kuasa Roh.
  2. Dalam segala problem jasmani dan rohani, karena dipimpin Roh mengalami kemenangan yang indah, semua beres pada waktunya menurut cara2 Roh Kudus dengan segala kuasa, karunia2 dan buah Roh, sukacita dan semua kemampuan ilahi yang heran.

III. Selalu lulus, naik kelas dan terus tumbuh makin seperti Kristus.

  1. Mengalami rencana Allah yang unik dan mulia yang terus berjalan tidak tergantung dari sikon atau apapun, hanya dari ketaatan masing2 kita dengan segenap hati. Ini cara hidup yang terbaik untuk sekarang sampai kekal.

Nyanyian:

  1. Ku tahu benar, ya sungguh benar kuasa Pentakosta itu
  2. Bri kuasaMu padaku.