M4216 – Dunia Berubah, Kita?

IBRANI 13:8. DUNIA BERUBAH, KITA?

APA?

Allah tidak berubah dari kekal sampai kekal, tetapi bagi kita, Ia mempunyai banyak rencana yang mulia dan ini pasti jadi (yang lalu sudah terjadi dan yang akan datang juga pasti akan jadi). Perubahan dari Allah itu yangpaling besar, dari tidak ada menjadi ada Ibr 11:3, bahkan dari gelap jadi terang, jelek jadi bagus, lebih2 orang berdosa menjadi orang benar, suci dan sempurna seperti Dia sendiri. Ini rencana Allah yang penuh kasih dan adil, tetapi semua tergantung dari kita yang mau percaya, taat kepadaNya dan ikut dalam rencanaNya.

Dunia selalu berubah, baik dengan cara evolusi (sedikit demi sedikit) maupun dengan revolusi (mendadak) seperti pandemi ini. Ini tampak dari sejarah yang lalu dan fakta yang sekarang kita hadapi dan dunia akan terus berubah dalam segala seginya, juga karena pengaruh dari alam roh.

Manusia.

Kita bukan mesin, kita juga bisa berubah dari diri kita sendiri, meskipun sangat terbatas. Perubahan lebih besar kalau kerjasama dengan Allah atau dengan iblis (tidak ada kombinasi, Allah tidak mau, iblis mau, tetapipenuh siasat).  Kalau kita mau percaya pada Tuhan dan taat, kita akan diubah oleh Allah menjadi lebih tinggi dan lebih indah untuk kekal. Tetapi kalau seorang tidak percaya dan tidak mau taat pada Allah, iblis secara halus dan penuh tipu daya akan berusaha keras mengubah orang ini (kalau dalam zaman Antikris terang2an dan dengan paksa), akhirnya akan jadi bejat, rusak dan binasa dalam Neraka, tetapi di dunia biasanya masih bisa makan umpan manis dari iblis yaitu kesukaan dosa yang sesaat Ibr 11:25.

DI BELAKANG LAYAR, dari dunia yang tidak kelihatan, ada 2 kuasa yang mempengaruhi dunia dan isinya.

Allah yang maha besar dengan kasih, adil dan benar berusaha mengubah semuanya menjadi indah dan Dia menguasai seluruh dunia dalam tanganNya 1Kor 10:26, Rom 13:1, sebab Dia Allah yang maha kuasa Kej 17:1; 28:3 sampai Wah 19:15; 21-22, ada lebih dari 50 ayat yang menyatakan bahwa Tuhan Allah kita itu Maha kuasa! Juga Dia Maha tahu, adil dan benar serta kasih adanya. Sebab itu Ia bisa memelihara kita dengan teliti, sehat, sembuh, umur dan segala keperluan jasmani dan rohani ada dalam tanganNya dengan begitu heran dan teliti sampai rambutpun jumlahnya ada dalam pemeliharaanNya Mat 10:30. Sebab itu tidak ada barang kebetulan bagi Allah dan orang yang percaya, sehingga kita tidak perlu kuatir sama sekali. Keadaan sekarang dan ancaman karena akibat pandemi ini mengancam di seluruh dunia, tetapi tidak ada yang kebetulan dan semua ada dalam tangan Allah. Jangan takut. Dia tidak tampak, tetapi Dia ada dan Maha besar!

Iblis dengan kuasa yang terbatas, juga ada dan bekerja keras di balik setiap peristiwa, tanpa libur. Ia memang adalah bapak dan penguasa dari orang2 dosa 1Yoh 3:10, Yoh 8:34. Memang ada lebih banyak orang dosa (di jalan lebar), meskipun semua ada dalam tangannya, tetapi Allah tetap berkuasa di atas semuanya, juga di atas iblis dan seisi dunia ini. Jangan takut Allah di dalam kita lebih besar dari semua yang ada di dalam dunia Rom 8:31, 1Yoh 5:4. Iblis bekerja dengan cerdik dan lihai tetapi penuh dengan dusta dan tipu daya, pencuri dan pembunuh yang kejam dan ganas Yoh 10:10; 8:44. Ia bekerja keras untuk mendirikan kerajaannya dan dengan jemawanya ia hendak melawan kerajaan Allah. Sebab itu ia merebut dan membinasakan manusia. Sekalipun manusia mati dalam dosa, se-olah2 hilang, itu tetap jadi miliknya untuk kekal dalam Neraka, untuk ber-sama2 melawan Allah. Wai yang jatuh ke tangan penipu dan pembunuh yang tiada taranya dan kekal itu.

UNTUK APA BELAJAR TENTANG DUNIA YANG BERUBAH INI?

Begitu banyak perubahan2 dalam dunia ini, meskipun Allah tahu dan mengizinkan, tetapi di baliknya ada banyak tipu daya dan jerat iblis. Sebab itu dalam menghadapi banyak perubahan ini, jangan sampai kita masuk dalam jerat iblis Luk 21:34.

Jangan sampai karena menuruti daging, apalagi kalau tidak mengerti rencana dan siasat iblis (2Kor 2:11; 11:3) seperti Hawa, bisa termakan umpan manis, tetapi membinasakan jiwa untuk kekal. Jangan sampai masuk jerat iblis dalam banyak perubahan2 ini dengan segala akibatnya yang mengacaukan dunia. Misalnya jadi malas, menuruti daging (Yoh 3:19) baik dengan kata2 dan perbuatan, ikut memakai kesempatan2 yang jahat dan keji dari iblis dalam keuangan, menghalalkan segala hal, jadi pencuri dan penipu, menuruti godaan kedagingan dll, sehingga rohani jadi rusak. Semua ini diizinkan Allah terjadi untuk menjadi ujian dan pengolahan bagi kita, semua ada maksud baik bagi orang yang percaya dan cinta pada Tuhan Rom 8:28 (misalnya penyakit bagi anak2 Allah itu hajaran, atau hukuman atau ujian, juga kematian itu wajar karena jatah umur habis seperti Elisa yang sakit sampai mati 2Raj 13:14, tetapi juga bisa karena hukuman Allah seperti 10 pengintai Bil 14:37). Jadi tidak ada yang kebetulan. Sebab itu kalau kita hidup benar di hadapan Tuhan, kita tidak perlu takut menghadapi segala macam perubahan yang dahsyat yang mengacaukan dunia ini, asal jangan bereaksi dosa, sehingga masuk jerat setan.

Jadi justru dalam segala perkara yang jahat atau baik yang kita alami, temukanlah rencana Allah yang indah bagi kita, pasti ada! Misalnya gara2 masuk penjara, Yusuf menjadi mulia dalam istana Firaun. Begitu juga Petrus dan Paulus. Daniel, Sadrakh, Mesakh, dan Abednego dalam pencobaan mengalami kemuliaan Tuhan yang heran. Juga Gideon, Yefta dll yang mengalami perubahan2 yang dahsyat justru mengalami pengalaman indah2 dan tumbuh rohaninya.

Jangan takut akan perubahan2 yang bisa merugikan, kalau kita tidakbereaksi dosa dan menghadapinya sesuai pimpinan Roh dalam kesucian dengan hikmat dan kuasa Allah, maka kita bisa mendapatkan banyak hal2 yang indah dari Tuhan. Belajar lebih mahir dipimpin Roh dan makin mengerti kebenaran Firman Tuhan, bisa memenangkan jiwa,bisa bersekutu bersama dalam Roh (dan limpah 7 Kebutuhan Pokok Rohani lainnya) dll. Dengan demikian dalam segala perubahan2 dunia yang terjadi; jangan sampai masuk jerat iblis, tetapi justru mendapat faedah rohani dan jasmani,sehingga kita makin tumbuh, diolah Tuhan secara unik (Tuhan bisa mengolah dengan segala perkara), asal kita tetap dipimpin Roh dalam kesucian dan selalu hidup dan bereaksi sesuai Firman Tuhan.

III. PERUBAHAN JASMANI DAN ROHANI.

Segala peristiwa dan perubahan itu tidak kebetulan, semua Tuhan izinkan dengan adil, tetapi juga menjadi faedah dan berkat bagi orang yang cinta Tuhan.

Tetapi seringkali kita tidak mengerti dan tidak langsung melihat faedahnya dan hubungannya dengan rencana Allah, tetapi pasti ada. Sebab rencana Allah pasti ditamatkan, Gereja akan siap untuk diangkat, semua akan genap dan Tuhan Yesus pasti datang. Sebab itu bersedialah baik2 menghadapi segala perubahan, sebab tidak ada yang kebetulan dansemua dikuasai oleh tangan Tuhan.

Jangan bingung dengan berita2 yang seringkali juga hoax dari iblis untuk meneror manusia dan mau mengail di air keruh buatannya Wah 22:11.

Dosa dan kesucian akan sama2 meningkat, jangan sampai rohani kita tidak meningkat di tengah2 dosa yang meningkat, sebab meskipun ada banyak perubahan2 dahsyat, rencana Tuhan pasti tetap jadi bagi orang yang mau taat dipimpin Roh. Ingat seperti Yusuf dll.

Menghadapi perubahan2 ini, kita seperti masuk dalam air bah yang mau menghanyutkan dan menenggelamkan atau seperti masuk dalam api yang mau membakar habis Yes 43:1-2, tetapi jangan takut, Dia sanggup menolong dan melepaskan kita dengan cara2 yang unik.

Justru perubahan2 ini, lebih2 yang jahat mengolah kita makin mahir dipimpin Roh dalam menghadapi problem2 yang membingungkan dan mengacaukan pikiran manusia! Baik wabah, atau kerusakan2 dalam bidang ekonomi. Berapa banyak perusahaan besar di seluruh dunia tutup dan bangkrut, berapa banyak PHK selama wabah ini dan masih bisa makan korban terus, tetapi jangan lupa tidak ada yang kebetulan.

Juga akan ada banyak meterai2 Firman Tuhan yang dibuka, sehingga kita mendapatkan kekuatan dan terang dari kebenaran Firman Tuhan yang baru terbuka Dan 12:4. Sebab itu jangan lupa terus tekun berdoa dalam Roh, tekun belajar Firman Tuhan (bukan bingung dan menyerah putus asa), tetapi makin tekun mencari perkara2 dari Atas Kol 3:1-4.

Kadang2 Ia lambat menolong, tetapi tidak pernah terlambat, asalkan jangan lupa, kita harus lulus dalam semua pencobaan dan ujian ini. Jangan bereaksi dosa, baik dengan mulut kita, perbuatan dan hati kita, jangan timbul dosa. Perhatikan hal yang tampaknya sepele, tetapi ini kunci emas untuk menghadapi segala macam perubahan yang dahsyat ini. Perhatikan istimewa mulut dan corong mulut kita (HP, WA, medsos dll yang menjadi corong pengeras suara dari mulut!). Jangan memberitakan fakta2 dahsyat,apalagi diberi penekanan yang membuat orang jadi takut, putus asa dan stress. Orang yang berkata, harus bicara sebagai Allah, mengeluarkan Firman Allah!

1Pet 4:11

Jika seorang berbicara, hendaklah ia berbicara seperti firman Allah (as the oracles of God, sebagai suara Allah, kata2 dari Allah). Jika seorang melayani, hendaklah dengan kemampuan yang diberikan Allah, supaya Allah dapat dimuliakan di dalam segala sesuatu melalui Yesus Kristus, yang kepada-Nyalah pujian dan kuasa sampai selama-lamanya. Amin. (KJI)

Boleh bicara, tetapi seperti Allah yang bicaramengatakan fakta2 (jangan hoax), tetapi yakinkan janji2 Tuhan, supaya tetap percaya, sehingga orang harap dan percaya pada Tuhan, tidak takut. (Misalnya: tidak ada yang kebetulan, ada Tuhan tidak perlu takut, tetapi jangan ngawur, jangan mencobai Tuhan, tetapi harus dipimpin Roh, rencana Allah tetap jadi dll). Kalau tidak bisa bicara seperti Allah, Tuhan lebih baik diam daripada menjadi mulut atau corongnya iblis. Kalau iblis bicara, meyakinkan orang akan datang2 sampai takut, sampai marah pada Tuhan, mencela Tuhan, putus asa dll reaksi yang jelek, ini orang yang bicara seperti iblis. Contohnya waktu 10 pengintai menyampaikan berita tentang Kanaan; Yosua, Kaleb bicara seperti Allah, Kanaan itu indah, jangan takut, pasti menang dst.

Bil 13:30

Maka pada masa itu dipertetapkan Kaleb akan hati orang banyak itu di hadapan Musa, katanya: Baiklah kita berangkat naik dengan tiada takut dan mengalahkan dia, karena sesungguhnya cakaplah kita.

Tetapi 10 pengintai bicaranya seperti iblis, orang jadi takut, menangis, putus asa, minta balik ke Mesir, menyalahkan Musa dan Allah, bahkan berontak melawan Allah.

Bil 13:31-33

  1. Tetapi kata segala orang yang telah berjalan sertanya (10 pengintai): Tiada boleh kita mendatangi bangsa itu, karena mereka itu lebih kuat dari pada kita.
  2. Maka demikian disampaikannya kabar yang jahat dari pada negeri yang telah diintainya itu, katanya kepada bani Israel: Adapun negeri yang telah kami lalui itu, ia itu suatu negeri yang makan orang isinya, dan akan bangsa yang telah kami lihat dalamnya, ia itu semuanya orang tinggi besar belaka;
  3. dan lagi kami melihat di sana orang pahlawan, bani Enak turun-temurun orang pahlawan, maka pada pemandangan kami adalah kami seperti belalang juga, dan kepada pemandangan mereka itu kamipun demikian.

Inilah hasil dari 10 pengintai yang bicara seperti iblis, istri jadi ribut, marah, berontak sebab ketakutan, putus asa. Akhirnya 10 pengintai yang membuat kacau 2 juta umat Tuhan, dihukum mati dengan bala! Bil 14:37.

Jadi, kita harus tahu bahwa pasti akan ada banyak perubahan2 dalam dunia, seiring dengan peningkatan dosa dan kesucian, dan segala proyek Allah dan proyek iblis, juga macam2 usaha manusia, semua bercampur, tetapi kita harus bisa membedakan dengan jalan dipimpin Roh dan supaya tetap ikut dalam rencana dan proyek Allah. Dan kalau bicara, bicaralah seperti Allah yang bicara! Seperti Yusak dan Kaleb 1Pet 4:11. Dari mulut ini jangan keluar kata2 dari iblis, juga jangan kombinasi, itu tidak patut Yak 3:11-12. Apalagi kalau banyak kata2 dari iblis seperti 10 pengintai yang membuat orang menjadi takut, bingung, kacau, putus asa, tidak ada kata2 seperti Allah bicara, yang menguatkan iman dan menunjukkan jalan keluarnya.

Jangan salah pakai mulut kita supaya jangan sampai menuai celaka dari mulut ini!

Ingat, harus lulus ujian, baik dengan hati, mulut dan perbuatan, maka kita akan menemukan hal2 indah dari Tuhan dan tumbuh rohaninya juga bisa memenangkan jiwa, supaya semuanya memuliakan Tuhan.

BATAS2 ITU AKAN LENYAP.

Hal ini akan terjadi secara jasmani dan rohani.

Secara jasmani, bahaya virus covid-19 tidak tahu batas, ia merajalela ke sana-sini lewat penghubung apa saja. Apalagi lewat internet, rasa2nya tidak lagi ada batas, mau pergi ke mana2 saja, yang baik dan yang jahat dan di mana saja tidak lagi ada batas. Juga ideologi, falsafah, keyakinan, dosa, keinginan2 daging (benci, iri, dendam, LGBT, ingin akan uang dll) dan segala kesukaan dosa yang sesaat dll, semua menyerbu melewati semua batas,ke seluruh dunia. Sebab itu hal2 yang keji, jahat, ekstrim, teroris dll bisa menyebar ke mana2. Segala dosa dan kejahatan meluas tembus segala arah. Lebih2 karena roh2 setan ikut serta menumpangi bahkan mengemudikannya, sehingga segala dosa meluas menembus segala batas. Satu kali Antikris yang begitu jahat dan keji akan muncul dan herankaki tangannya sudah ada di seluruh dunia, sebab ada kegerakan roh2 jahat di seluruh dunia menyebarkansegala macam dosa dan kekejian itu ke mana2 sehingga menular dan merajalela ke seluruh dunia.

Kalau melihat kenyataannya sekarang ini, tidak mungkin muncul satu penguasa dunia, sebab dunia ter-bagi2 dalam banyak blok yang bertentangan satu sama lain. Tetapi lewat kegerakan roh setan yang menyebarkansegala macam dosa, dan pikiran2 jahat dengan umpankenikmatan daging dan digerakkan roh2 setan, maka hal2 itu akan mendapat tempat dalam hati banyak orang yang tumbuh dalam dosa,melewati segala batas budaya dan perbedaan2 lainnya. Kalau Minggu ke-70 Daniel mulai, akan muncul Antikris yang menguasai seluruh dunia, meskipun Gereja yang penuh dengan hadirat Tuhan masih ada di tengah2nya, sebab kedua puncak itu akan datang Wah 22:11. Waktu dosa terus meningkat, roh2 jahat makin merajalela, akan ada banyak orang di jalan lebar yang dipenuhi roh jahat, membuat persekutuan roh jahat yang menguasai banyak orang lintas segala batas, bahkan sampai masuk Gereja jalan lebar yang sesat Mat 24:15, 2Tes 2:4.

Roh2 sombong, jemawa seperti Absalom, Saul dll bekerja di mana2. Juga roh2 perzinaan seperti yang bekerja dalam orang2 zaman Nuh, Salomo, Izebel dll, apalagi roh mammon, cinta uang ada pada banyak orang, sehingga segala macam2 batas bisa ditembus. Gara2 uang, Yudas bisa sekongkol dengan musuh Gurunya, yaitu para imam, orang Parisi dll. Ada tangan2 yang kuat yang menghubungkan orang dosa di seluruh dunia yaitu tangan roh2 setan dan roh Antikris itu sudah keluar ke seluruh dunia 1Yoh 2:18.

Secara rohani, satu kali jugaakan muncul tubuh Kristus global dengan persekutuan dalam Roh limpah dengan kesucian dan perkara2 dari Surga. Akan ada kegerakan Roh Kudus yang akan mempersekutuan orang beriman, mulai dalam  keluarga, lalu kelompok2 kecil dalam Gereja, antar Gereja, antar Sinode, antar negara bahkan sampai global, semua orang2 suci bersekutu dalam Roh Kudus menembus batas2 Gereja2 dan Sinode2 bahkan dunia. Orang2 yang penuh dan dipimpin Roh Yoh 1:33, ini yang akan bersekutu dalam Roh Ef 4:3, Fil 2:1, 1Kor 12:12-13, 2Kor 13:13. Roh Kudus akan bekerja dalam orang2 yang hidup dalam kesucian yang sungguh. Tuhan Yesus dan Paulus menegur bersekutu dengan roh yang lain Luk 9:55, 2Kor 11:4. (Roh setan semua adalah roh2 najis dengan macam2 kenajisannya).Sekalipun ada banyak perbedaan2, orang2 kudus kalau sudah dipimpin Roh, akan bisa bersekutu dalam Roh dan Firman Tuhan (yang meterainya makin terbuka), menjadi tubuh Kristus global. Ini akan nyata dalam masa penamatan rencana Allah (sejak 3,5 tahun) sebelum pengangkatan. (Jangan keliru, tembok2 Gereja tetap ada, tidak berubah, sebab batas2 tanggungjawab tetap ada, seperti Yoh 17:12, 10:3-5,Luk 15:4, Ibr 13:7,17, Kel 18:21 dll. Masing2 harus setia di Gerejanya masing2, kecuali Gerejanya sesat atau menjadi sesat. Tetapi persekutuan dalam Roh ini bisa melewati tembok2 Gereja dengan kasih dalam kesucian).

Betapa indah kalau umat Tuhan bisa hidup dipimpin Roh, lalu ber-sama2 bersekutu dalam Roh mulai dari keluarga, Gereja, Sinode, kota, negeri, bahkan sampai global (antara Gereja2 jalan sempit yang hidup oleh kesucian); Ini seperti umat Tuhan ber-sama2 dipimpin oleh tiang awan dan tiang api di padang gurun. (Israel jadi satu dipimpin tiang awan dan tiang api, tetapi masing2 tetap ada dalam seksi2, bagian2nya sampai rumah bapaknya masing2). Juga hikmat dan kuasa Allah melimpah, sehingga Yarden tembus bahkan sampai masuk dalam negeri Perjanjian!

Tetapi kalau orang2 sudah mahir berjalan dalam Roh, maka mereka akan bisa bersekutu dalam Roh ber-sama2.Persekutuan itu akan makin meluas melebihi batas dan faedahnya akan nyata, bisa saling menguatkan, melayani, mengisi, melengkapi dst sehingga kekuatan tubuh Kristus bisa berlipat kali ganda sampai 10.000 kali Im 26:8, dan iblis, Antikris dan orang2nya sudah begitu kuat menguasai seluruh dunia, tetap akan kalah, sebab tubuh Kristus bisa bersekutu dalam Roh dan limpah dengan segala kekuatan dari Firman Tuhan, doa dalam Roh dan kebenaran dll 7 KPR. Sejak permulaan, sekalipun seorang diri kalau ada Roh Kudus dari kita, kita akan mennag melawan iblis atau Antikris atau siapa saja Rom 8:31, 1Yoh 5:4. Tetapi kalau umat Tuhan sudah bisa bersekutu dalam Roh seperti Bapa, Putra dan Roh Kudus Yoh 17:21-23, 1Yoh 5:7, maka kita juga akan disempurnakan dalam satu persekutuan, yaitu persekutuan Roh.

Yoh 17:23

Aku di dalam mereka, dan Engkau di dalam Aku, supaya mereka disempurnakan di dalam satu persekutuan, dan supaya dunia ini mengetahui bahwa Engkau telah mengutus Aku, dan mengasihi mereka sebagaimana Engkau mengasihi Aku. (KJI)

Betapa mengerikan kalau kita membaca bahwa seluruh dunia akan dikuasai oleh iblis dan Antikris secara penuh sesudah pengangkatan. Tetapi persekutuan tubuh Kristus dalam kesucian dan kasih 1Yoh 1:7 juga akan meluas dan mengalahkan segala pekerjaan iblis dan Antikris, sebab Allah ada di dalamnya. Persekutuan tubuh Kristus akan melewati segala batas sampai semua perkara2 besar dari Surga yang sudah direncanakan akan jadi, lalu Gereja siap untuk pengangkatan.

Gereja yang siap, punya 144.000 orang sempurna dan ini tidak mudah (sekalipun ini hanya lebih kurang 0,005% dari jumlah orang beriman di dunia). Tubuh Kristus tidak akan bisa genap jumlahnya atau siap untuk pengangkatan kalau tidak bisa bersekutu dengan manis seperti 1Yoh 5:7, Yoh 17:21-23. Tidak cukup bersekutu biasa, apalagi secara organisasi, itu banyak kelemahan dan kekurangannya.

Jangan lupa memelihara persekutuan sejak permulaan adalah keluarga dalam kesucian dan kasih di dalam Tuhan, sebab ini dasarnya. Seluruh isi rumah harus bersekutu dalam Kristus, dalam Roh.

Yus 24:15b

… jikalau kamu memperbanyakkan sembahyangmu sekalipun, tiada juga Aku mendengar; bahwa tanganmu berlumurkan darah.

Orang yang meremehkan dan membiarkan anak2nya, atau menantunya tidak taat, apalagi kalau sudah dikuasai roh durhaka (Ef 2:1), maka roh durhaka itu akan terus bekerja dan menguasai anak itu. Lebih2 waktu masuk penamatan rencana Allah, anak2 seperti ini yang tidak bisa diatur, ia juga akan jadi sangat jahat, membunuh, merusak, menyesatkan, menjadi malapetaka besar dalam keluarga, sebab waktu itu roh setan bekerja penuh di dalamnya Luk 12:51-53. Setiap orangtua harus bisa memerintahkan dan mengatur isi rumahnya baik2, sebab ini suatu cacat, apalagi pelayan2 Tuhan.

1Tim 3:4

seorang yang memerintahkan seisi rumahnya dengan baik dan yang anak-anaknya taat kepadanya dengan segala hormat. (KJI)

Jangan meremehkan anak2 yang tidak bisa diatur, tidak mau menurut, tidak mau berbakti ber-sama2 dalam satu Gereja. Kalau ini diremehkan, iblis akan pakai kesempatan ini dan akhirnya menjadi malapetaka yang amat besar dan waktu itu (dalam Minggu ke-70 Daniel, masa penamatan) sudah terlambat!

Anak   dibiarkan           roh durhaka                roh iblis

tidak ———–> melawan ————> pemberontak ————> perpecahan

taat                                                    M70D       pembunuhan

menyebutkan

KESIMPULAN.

Dunia pasti berubah terus, karena dosa dan kesucian sama2 meningkat, lebih2 oleh dosa kerusakan dan celaka makin dahsyat. Juga ada faktor Allah yang punya rencana yang besar dan faktor iblis dan faktor manusia, meskipun terbatas, bisa menjadi alatnya Allah atau iblis.

Untuk menghadapi perubahan2 itu, kita harus makin mahir dipimpin Roh, bukan menurut daging atau akal kita, tetapi semua dalam pimpinan Roh Kudus. Hiduplah seperti ligabis! Ini kuncinya!

Kita akan melihat perubahan2 dunia sesuai dengan nubuatan Firman Tuhan, tetapi jangan takut dan mulai sekarang kita sudah harus bersedia dalam kesucian dan taat dipimpin Roh melakukan kehendak Tuhan sesuai Firman Tuhan. Cocokkan semua dengan Firman Tuhan dan mahir dipimpin Roh, sebab Roh Allah yang akan bergerak di seluruh dunia dalam kesucian, kebenaran dan sukacita yang indah dari Tuhan. Masih banyak perubahan2 besar menuju akhir dunia ini (insya Allah akan kita pelajari lagi), tetapi prinsip2 yang suci, yang sesuai Firman Tuhan,  sudah harus menjadi cara hidup kita, yaitu terus penuh dan dipimpin Roh dalam segala perkara, sehingga kesukaan dan sejahtera dan kemenangan dariTuhan selalu memimpin kita menghadapi semua perubahan2 itu.

Nyanyian:

– Serta Tuhan ku jalan dalam pimpinanNya

– Sungguh kurasa kekuatanMu ya Allah.

Di dalam diriku, Kau nyatakan diriMu.

S’bagai tiang awan siang hari,

Tiang api di malam hari.