M4215 – Mengapa Putra Manusia Yesus Pasti Datang Kembali?

KISAH PARA RASUL 1:9-11. MENGAPA PUTRA MANUSIA YESUS PASTI DATANG KEMBALI.

TUHAN YESUS NAIK DAN TURUN DALAM TUBUH KEBANGKITAN.

Dia naik sebagai Putra manusia yang sempurna, juga turun sebagai Putra manusia Yesus sempurna Luk 21:36, Wah 14:14-15. Yohanes juga melihat Putra manusia Yesus dalam penglihatannya, sesudah terangkat ke Surga Wah 1:13. Mengapa? Ini contoh bagi kita. Dia Allah menjadi manusia, kita manusiamenjadi Allah seperti Dia, sejak pengangkatan sampai kekal. Jadi di Surga kita bisa memakai roh kita yang sudah jadi anak2 Allah Yoh 1:12, tetapi kita juga bisa memakai tubuhmanusia dalam Bumi Baru seperti Kristus. Sesudah bangkit Putra manusia Yesus yang sempurna masih bisa makan roti dan ikan panggang, tetapi cara kerja tubuhnya berbeda, tidak mutlak harus makan, tetapi bisa menikmati makanan, bisa tembus tembok, naik ke atas, pindah tempat dalam sekejab dsb. Tubuh kebangkitan ini sempurna, tidak bisa sakit atau mati, tetapi kekal meskipun punya daging dan tulang Luk 24:39-43, Yoh 20:27; 21:10-13. (Boleh belajar lebih lanjut dalam buku Tubuh Nyawa Roh dan Tebus Tubuh yang kami terbitkan).

MENGAPA DIA AKAN TURUN KEMBALI.

  1. RENCANA PENEBUSAN SELESAI.

Bapa mengorbankan Putra manusia Yesus untuk menebus manusia Yoh 3:16; 1:29. Tuhan Yesus menebus kita Yes 49:26, Ay 19:25, Rom 3:24, 1Kor 1:30 dll.

Menebus berarti Putra manusia Yesus mengorbankan nyawaNya untuk keselamatan manusia, satu kali untuk semua orang Ibr 9:12. Oleh darahNya dosa kita diampuni dan dilepaskan dari segala ikatan2nya dan oleh kematianNya, hidup lama kita dikuburkan ber-sama2 Dia dan bangkit dalam hidup yang baru Rom 6:4, menjadi anak Allah Yoh 1:12 dan bisa tumbuh sampai matang dan sempurna seperti Kristus. Sesudah semua orang yang mau percaya selesai ditebus, maka Tuhan mengambil mereka semua, dibawa masuk dalam Surga.

Hasil penebusan.

Dia mati seperti 1 biji gandum dan kemudian menjadi banyak, yaitu orang2 yang percaya dan ditebus oleh Kristus. Yoh 12:24. Inilah panen pada waktu kedatanganNya.

Ada 2 macam orang2 yang dipanen. Semua yang sudah ditebus dan mati akan bangkit lalu bertemu Tuhan waktu pengangkatan. Tetapi orang GAZ (Generasi Akhir Zaman) yang masih hidup waktu Pengangkatan yang sudah bersedia seperti ligabis akan berubah dalam tubuh kemuliaan Fil 3:2 = tubuh kebangkitan dan naik dan bertemu Tuhan dalam awan2. Golongan 1551 (berdasar 1Kor 15:51, semua yang bersedia, Gereja akhir zaman) akan ikut dalam pengangkatan.

Ini adalah golongan terakhir dan khusus, yaitu semua orang yang termasuk Gereja Akhir Zaman yang di “panen” ber-sama2 sekaligus pada waktu Pengangkatan.

Sebab itu mereka ditamatkan ber-sama2 menjadi Gereja yang siap untuk diangkat. (Gereja yang siap, itu sesuai dengan rencana Allah, yaitu jumlah seluruhnya genap Rom 11:25, yang terdiri dari jumlah setiap tingkatan mulai dari Pintu Kemah (yaitu orang2 yang penuh dan dipimpin Roh) sampai Tabut. Sebab orang yang bisa berubah dalam sekejab adalah orang2 yang hidup suci dipimpin Roh senantiasa seperti ligabis; inilah orang2 yang dipimpin dan dikuasai oleh Roh Kudus, sebab Roh Kuduslah yang membangkitkan Putra manusia Yesus dari kuburan Rom 8:11, juga membangkitkan orang yang mati dalam Kristus dan orang yang masih hidup akan berubah dalam sekejab menjadi tubuh kemuliaan/ kebangkitan.

Putra manusia Yesus datang memanen jiwa2 (seperti dalam Wah 14:14-16), baik yang sudah mati akan bangkit dan yang masih hidup akan berubah, dibawa masuk dalam lumbung Allah. Waktu Putra manusia naik ke Surga, Ia baru menyelesaikan penebusan di Golgota dan kembali pada Bapa. Tetapi waktu Dia kembali, Dia akan memanen hasilnya.

  1. PENAMATAN RENCANA ALLAH. Rom 9:28 KJ. Sesudah penamatan ini selesai, baru dipanen (Tuhan Yesus datang kembali). Penamatan ini akan dilakukan dengan cepat sekali (memotong pendek atau mempercepat dalam kebenaran), yang tidak hidup benar akan terpisah, hanyut dalam arus dosa yang amat kuat dan dipisahkan, dibuang Allah seperti lalang (Mat 13:30) atau seperti membuang ikan yang jahat Mat 13:47-48. Penamatan ini, dilakukan seperti pekerjaan yang pendek (dengan segera, hanya 3,5 tahun) di atas bumi.

Sebelum dipanen, maka terjadi penamatan rencana Allah, yaitu dimulai dengan tanggal Penentuan untuk memisahkan (disortir) lalu pengolahan yaitu pemurnian dengan hujan Akhir bagi yang sudah dipisahkan supaya mencapai tingkat maksimal (bahkan sebagian menjadi sempurna), lalu dibawa masuk lumbung.

Ini dimulai pada tanggal Penentuan Yoel 3:14 dimana umat Tuhan, Gereja Tuhan:

  1. Dipisahkan antara gandum dan lalang, tidak ada kesempatan lagi untuk berubah dan
  2. Diolah, dimatangkan, yaitu gandum yang sudah keluar mayangnya. (TB: Bulir, KJ: Ear {of the corn}, dan di dalamnya akan tumbuh biji2 gandum di dalam bulir atau mayang. Inilah proses penamatan lalu datanglah waktunya untuk penuaian, yaitu Tuhan Yesus datang kembali.

Perhatikan tanggal Pemisahan (pada tanggal Penentuan), disinigandum dan lalang dipisah, ikan yang baik dan jahat dipisah, seperti juga ligabis dan ligabo terpisah, dan tidak bisa berubah lagi seperti sebelumnya (lalang bisa jadi gandum, ligabo bisa jadi ligabis dst), tetapi pada hari Pemisahan (seleksi, screening) tidak lagi bisa berubah. Sebab itu Tuhan berkata “hari ini” harus bertobat Ibr 3:15 dan bersedia, ber-jaga2 Mat 24:42, kalau tidak akan terlambat dan binasa kekal!

Hari Penebusan.

Dalam Ef 4:30 dikatakan bahwa kita diMeteraikan oleh Roh Kudus (mutlak perlu Meterai Roh Kudus yaitu baptisan Roh yaitu kepenuhan Roh Kudus yang harus dilanjutkan denganberjalan dalam Roh, dipimpin Roh terus menerus seperti ligabis) sampai pada hari penebusan. Inilah hari Penuaian yaitu kebangkitan bagi orang yang sudah mati dalam Kristus dan pengangkatan untuk Generasi Akhir Zaman yang percaya Tuhan Yesus (yaitu golongan 1551). Inilah golongan istimewa yang ditamatkan bersamaan, lalu dituai ber-sama2.

  1. RENCANA ALLAH PASTI GENAP.

Tidak tergantung dari sikon, sebab Allah Maha tahu, tahu apa yang pasti akan terjadi dengan tepat. Dan Allah Maha kuasa, bisa melakukan semua perkara tanpa terkecuali, sebab itu rencana Allah pasti jadi. Tidak ada rencana Allah yang gagal atau batal, sebab itu pasti Tuhan Yesus akan datang kembali.

III. BER-JAGA2 UNTUK KEDATANGANNYA. Mat 24:42-44.

Ada perbedaan prinsip antara semua orang yang mati sebelum pengangkatan (semua orang sejak Adam) dan yang masih hidup pada waktu pengangkatan yaitu golongan GAZ (Generasi Akhir Zaman). Tetapi sebab kita tidak tahu tanggal kedatanganNya, kita juga tidak tahu kita termasuk GAZ atau tidak. Tetapi tahu atau tidak, kita tetap mutlak harus berjaga seperti yang dipesan Tuhan. Maksudnya ber-jaga2, berarti:

TETAP SELAMAT, TIDAK SAMPAI BINASA.

  1. Tidak perlu bertobat atau pindah jalur. Kalau sekarang berdosa atau rusak rohaninya, masih bisa diperbaiki. Kalau terlambat, tidak bisa diperbaiki lagi.

Sekalipun masih hidup, seperti ligabo, tahu seruan kedatangan Tuhan Mat 25:6, tetapi sudah terpisah dan tidak bisa berubah lagi. Juga lalang, ketika datang musim menuai,  tidak bisa berubah lagi seperti hari2 yang lalu Mat 13:30.

  1. Karena sudah bersedia, sudah siap, bisa mendapat nasib yang jauh lebih baik atau terbaik (sempurna). Memang orang yang siap, yangbersedia, itu untung, tetapi yang tidak bersedia itu celaka, wai Mat 24:15-21.
  2. Tahu artinya tanggal Penentuan Yoel 3:14 atau Pemisahan Luk 12:51 dan bersedia sehingga tidak terlambat! Kita harus bisa membedakannya dengan tanggal pengangkatan, sebab tanggal Penentuan itu adalah permulaan Minggu ke-70 Daniel, berbeda lebih kurang 3,5 tahun dengan pengangkatan. Kalau sudah sampai saat pengangkatan, sudah tidak bisa bertobat, pindah jalur, atau bersedia, sudah terlambat total. Kita harus bersedia sekarang, sebab kita menghadapi 2 tanggal yang berarti terlambat yaitu:
  3. Mati, tidak bisa berubah lagi juga
  4. Tanggal Penentuan Yoel 3:4, juga tidak lagi bisa berubah!

SYARAT MINIMAL UNTUK SELAMAT.

  1. Syarat yang biasa adalah percaya Tuhan Yesus dan bebas dari dosa, (sebab dosa tidak boleh masuk Surga Wah 21:7) dan setia sampai akhir, pasti selamat.
  2. Syarat untuk Generasi Akhir Zaman adalah percaya Tuhan Yesus dan sekarang sudah bersedia, sebab Generasi Akhir Zaman akandibagi 2, yaitu yang ikut pengangkatan (golongan 1551) dan golongan yang tidak ikut pengangkatan, dan ini sudah ditentukan 3,5 tahun sebelum hari kedatangan Tuhan Yoel 3:14 yaitu pada hari Penentuan.

Jadi GAZ harus bersedia sekarang, sebab kalau sudah mati atau masuk Minggu ke-70 Daniel = tanggal penentuan, kesempatan sudah habis, tidak lagi bisa berubah atau pindah jalur, sudah terlambat, sebelum saat pengangkatan!

Syarat2 ini dalam skema Kemah Suci, tampak lebih jelas (bisa belajar dari buku Kemah Suci jilid I dan III).

  1. Syarat yang biasa untuk selamat adalah dari Pintu Gerbang (mulai masuk iman, misalnya Luk 23:43) sampai Tabut (sempurna), tetap dalam kesucian dan setia sampai terakhir.
  2. Syarat bagi Generasi Akhir zaman, ini terbagi 2 yaitu Halaman (Pintu Gerbang sampai Pintu Kemah) dan Kemah (Ruangan Suci dan Ruangan Maha Suci) Wah 11:2 (Pintu Kemah sampai Tabut). Orang2 tingkat Ruangan Suciakan ikut pengangkatan. Semua yang lain (orang dosa = Luar Halaman dan orang Halaman), akan mati dalam dosa dan yang hidup tidak ikut pengangkatan, masuk dalam zaman Antikris, di-injak2 Antikris dan mutlak penuh ada dalam tangan Antikris.

Semua orang Halaman (yang mendua, setengah hati, bercabang, suam, jatuh bangun dalam dosa, kanak2 rohani) ini akan hanyut dalam arus dosa yang dahsyat. Mereka bisa mati dalam dosa, tetapi iblis, Antikris belum berkuasa penuh atas mereka, sebab masih ada Gereja yang penuh dengan 3 Pribadi Allah di dalamnya, sehingga Antikris sangat dibatasi, tidak bisa semaunya sendiri. Tetapi sesudah Pengangkatan, semua orang yang masih hidup dalam dunia, tetapi semua orang, mati hidup ada dalam tangan Antikris Wah 13:7. Sesudah Pengangkatan yang dahsyat itu ada sebagian orang beriman yang bertobat kembali dan dibinasakan Antikris.

Jadi syarat minimum untuk GAZ adalah hidup bersedia seperti ligabis, ikut pengangkatan. Tetapi yang tinggal di Halaman akan mati dalam dosa atau tertinggal waktu pengangkatan, ini golongan celaka.

BAGAIMANA KITA BERSEDIA MULAI SEKARANG.

Bersedia seperti ligabis, yaitu terus menerus penuh dan dipimpin Roh sehingga bisa tetap siap, masuk golongan ilahi waktu hari penentuan (se-waktu2 bisa terjadi) lalu ikut dalam pengolahan, pemurnian, ujian akhir, sehingga terus tumbuh sampai maksimal. Yang terus tumbuh dalam kesucian itu aman, tetapi yang tidak tumbuh atau jatuh bangun dalam dosa, itu seperti ligabo, yang se-waktu2 kalau Tuhan datang, berada dalam keadaan sebagai ligabo, akan tertinggal.

Bagaimana kita bisa terus ber-jaga2 seperti ligabis, supaya terus tumbuh dan se-waktu2 Tuhan datang, ikut pengangkatan?

  1. TETAP LIMPAH DENGAN 7 KPR, bahkan 7 KPR plus atau ekstra yaitu:

1.1. Tetap di jalan sempit dalam kesucian 2Pet 1:10, Jd 24.

1.2. Makin mahir pikul salib 1Pet 4:1, Luk 9:23.

1.3. Bersekutu dengan tekun dalam Roh Ef 3:3, 1Yoh 1:7, Yoh 17:23.

1.4. Doa dalam Roh dan kebenaran terus menerus seperti ligabis.

1.5. Tekun ibadah Ibr 10:25, tidak tergantung sikon, tetap bersekutu dan beribadah ber-sama2 dalam Roh.

1.6. Alkitab, Firman Tuhan jadi makanan yang limpah, bahkan 2 gomer Kel 16:22.

1.7. Tekun dalam pelayanan, dalam segala sikon Mat 5:13-16 dalam kuasa dan hikmat Allah 1Kor 2:4.

7 KPR ini pada waktu penamatan tidak selesai, malah makin limpah seperti Elia makan, minum sampai 2 kali sehingga ia sampai di gunung Allah dan akhirnya terangkat jadi sempurna.

  1. MASUK GOLONGAN 1551, GOLONGAN YANG BERUNTUNG.

Orang yang tekun dan setia dalam 7 KPR, ini berarti ber-jaga2 dan bersedia, dengan sendirinya akan masuk dalam golongan orang yang beruntung (golongan ilahi) pada hari penentuan yaitu saat mulai masuk Minggu ke-70 Daniel. Dalam Mat 24:16-18 dikatakan bahwa mereka akan:

2.a. Lari naik ke gunung kesucian Allah. (Bukan lagi berjalan, tetapi lari) dengan cepat, dengan segala fasilitas Allah (dalam masa keemasan zaman Gereja Wah 12:1) bisa tumbuh secepat kilat ke arah kesempurnaan Mat 24:27. Terus meningkat dalam kesucian, bahkan ada yang jadi sempurna, Gereja siap untuk pengangkatan.

2.b. Yang di sotoh rumah tidak turun mengambil barang2 miliknya. Mereka tidak lagi terikat dengan harta miliknya, bahkan dalam hujan Akhir (seperti dalam hujan Awal) mereka hidup bersama Kis 2:44. Mereka terus bertekun berdoa dalam Roh dan kebenaran di sotoh Kis 10:9 seperti Petrus dan mengalami ber-macam2 hal dari Roh Kudus.

Juga dari sotoh, rahasia Firman Tuhan yang sudah terbuka diberitakan ke mana2, istimewa dalam Gereja global yang timbul dalam masa penamatan rencana Allah ini Mat 10:26-27. Ini keadaan Gereja akhir zaman yang bersekutu dalam Kristus dan saling tolong menolong, menguatkan sehingga bisa tumbuh bersama.

2.c. Yang di ladang tidak pulang mengambil pakaiannya.

Tetap bekerja di ladang, ikut serta dalam pelayanan. Setiap orang beriman itu anggota tubuh Kristus 1Kor 12:12,27. Setiap anggota itu punya tugasnya masing2 (tidak ada yang nganggur {itu berarti lumpuh, stroke, mau mati} tetapi keadaan Gereja akhir zaman sehat dan tumbuh terus kepada kesempurnaan) dan ada persekutuan yang erat dalam Kristus diantara semua anggota tubuh Kristus, bisa bekerjasama dan sama2 tumbuh dalam Tuhan. Jangan pakai baju yang di rumah (cara hidup lama). Pada masa penamatan Allah, kita harus memakai cara hidup yang baru, yang murni dalam kesucian, tertib sangat ketat, tumbuh dengan cepat ber-sama2 dalam rencana Allah. Sekarang kita harus sudah siap cara hidup baru dengan mahir dan dipimpin Roh sesuai Firman Tuhan, sehingga ketika tanggal penentuan itu datang, kita sudah bisa melanjutkan cara hidup baru, bukan baru bertobat dan mau belajar, itu berarti tidak bertobat, hidup dan hanyut dalam dosa, tidak bersedia, terlambat dan binasa!

  1. SIAP MASUK PENGOLAHAN DAN UJIAN AKHIR. Wah 3:10, Luk 21:34-35. Seluruh dunia akan diuji, baik orang dunia dan orang beriman. Api itu dilempar dan sudah menyala di seluruh bumi pada masa penamatan rencana Allah Luk 12:49. Sebab itu yang tidak siap akan gugur atau masuk dalam jerat iblis Luk 21:34. Kita harus siap dengan:
  2. Pondasi iman yang kuat, sehingga tidak roboh (besar) waktu datang pencobaan Mat 7:24-29.
  3. Menghadapi masa hukuman rumah Allah, kita harus siap mengalami pengolahan yang keras dan tertib (2Kor 10:6); Ini di dalam Gereja 1Pet 4:17-18.
  4. Di luar Gereja, dosa dan kejahatan memuncak, lebih2 dalam masa penamatan, batas dosa dilepas, bisa meningkat sampai sempurna sehingga timbul Antikris (orang sempurna dalam dosa) ber-sama2 dengan iblis yang marah besar Wah 12:12), ber-sama2 dengan segala kaki tangannya, orang2 yang tumbuh dalam dosa dengan bebas.

Ini menjadi pencobaan yang besar, arus tsunami dosa dan mereka yang di Halaman (bercabang, mendua) akan hanyut dan banyak yang binasa di dalamnya).

Ini menjadi masa hukuman bagi dunia 1Kor 11:32, baik sebelum dan sesudah pengangkatan.

  1. Menghadapi baptisan api, sebab semua orang beriman akan mengalaminya Mat 13:11, Luk 12:50.
  2. Siap untuk dituai Mat 13:30. Terlambat kalau waktu itu barumulai bertobat atau mau berubah seperti ligabo. Apalagi yang tetap berkeras hati jadi lalang, tidak ada kesempatan lagi.
  3. Penentuan mutu; diuji dalam api. 1Kor 3:12-15 akan jelas kentara, yang bisa terbakar oleh api hawa nafsu dosa dan yang tidak terbakar, tetap dalam kesucian. Sebab itu sekarang ini kita harus meningkat lebih dalam mutu 2Tim 2:20-21.
  4. Dalam pencobaan. Jangan cari jalan sendiri, menurut daging atau akal, hati2 jangan sampai masuk jerat iblis Luk 21:34, tetapi cari dan taat pimpinan Roh Kudus. Kita harus terus penuh dan dipimpin Roh seperti ligabis. Kalau hanya sebentar2 dipimpin Roh, sekalipun orang yang indah seperti Simson Hak 16:26, Daud 2Sam 11:1, Elia 1Raj 19:1-3 bisa takut atau jatuh dalam dosa, sebab itu teruslah ber-jaga2 dalam Roh, tetap dalam rencana Allah, jangan keluar dari jalan Allah yang indah.

KESIMPULAN.

  1. Tuhan Yesus akan datang kembali, tampaknya tidak lama lagi, kita harus bersedia, jangan tinggal dalam dosa, tetapi sungguh2 ber-jaga2, sejak sekarang Ibr 3:15. Kalau sekarang tidak bertobat Rom 2:4, waktu kemurahan Allah akan habis, baik waktu mati atau pada hari Penentuan dan jadi celaka, tidak bisa berubah lagi.Sebab semua yang tidak bersedia, masih hidup dalam dosa, di Halaman, akan hanyut dalam tsunami dosa dan binasa!
  2. Bagi yang hidup dalam kesucian, pakai kesempatan ini untuk tumbuh dalam rencana Allah yang mulia itu. Jangan tertipu iblis, sehingga tidak ber-jaga2 dan merosot ke Halaman, keluar dari rencana Allah dan binasa. Ambil keputusan untuk bersedia, sebab Tuhan Yesus pasti akan datang kembali, baik secara pribadi atau ber-sama2.

Nyanyian: Tabernakel Glori no. 469.

Berjagalah dan penuh Roh Kudus.

Jangan masuk dalam c’laka dunia.

Yang setia k’lak luput dari bahaya.

Berjagalah, t’rus penuh Roh suci.

Bagaimana pengangkatan ini terjadi?

Ada 2 jalur, yaitu: Jalur biasa, pengolahan (mati satu per satu, lalu pada hari pengangkatan, semua orang yang mati ini bangkit sekaligus dan naik ke atas bertemu Tuhan) dan jalur bersama, yaitu semua orang yang masih hidup dan ber-jaga2, tiba2 berubah ber-sama2 dan ikut pengangkatan, baik yang muda atau yang tua yang baru kenal Tuhan atau yang sudah hampir selesai diolah, semua sekaligus berubah dan terangkat.

Keadaan rohani orang baru dan orang lama, pasti berbeda, tetapi Tuhan tahu membedakan dengan betul, siapa yang termasuk yang ber-jaga2 dan memenuhi syarat untuk pengangkatan dan yang tidak, lebih2 dalam keadaan dunia yang sangat kacau dan jahat, rata2 semua orang dosanya sangat meningkat (seperti orang2 zaman Nuh dan Lot Luk 17:26,30). Kedatangan Tuhan itu tiba2 dan tidak terduga.

Apakah Allah adil mengangkat orang2 beriman ber-sama2, sebab ada yang rohaninya sudah tinggi sebab sudah kena diolah, ada yang tingkat rohaninya masih rendah, sebab baru mulai diolah, padahal itu akan menjadi ukuran kemuliaan setiap orang untuk kekal. Tentu Allah selalu adil dan maha bijak, Ia tahu tepat keadaan ini.

Dalam sesaat semua orang beriman yang ber-jaga2 langsung dipotong bersamaan untuk pengangkatan.

Jadi untuk mengangkat orang ber-sama2 (jalur bersama, jumlahnya banyak, kira2 700-800 juta orang beriman), Allah mempunyai cara persiapan yang tepat dan unik, yaitu dengan cara penamatan sebelum pengangkatan. Jadi dalam masa penamatan ini, semua orang mendapat kesempatan khusus, ekstra, untuk tumbuh dengan cepat, mencapai target hidup rohaninya, ber-sama2, dengan pengolahan khusus untuk orang beriman yang sudah ber-jaga2 untuk kedatanganNya.

Penamatan yang unik untuk Gereja Tuhan (yaitu orang2 kafir yang betobat dan diolah Allah rom 11:25; 9:25,26) dinubuatkan dalam:

Cara penamatan Allah sebelum pengangkatan.

Keadaan tingkat rohani orang2 beriman itu ber-beda2, sebab ada yang baru diolah, ada yang sudah lama diolah. Sebab itu supaya mereka bisa mengalami pengolahan yang cukup untuk mencapai target tingkat rohani yang bisa dicapai dalam keadaan biasa, maka sek,arang mereka diolah dengan penamatan khusus oleh Allah, yang dilaksanakan dengan cepat, singkat, dan efisien, sangat ideal, supaya bisa diangkat ber-sama2, yaitu dengan penamatan rencana Allah, sehingga mereka bertumbuh dengan cepat lalu ikut pengangkatan.

Rom 9:28

– karena Ia akan menamatkan pekerjaanNya

– dan memotong pendek dalam kebenaran

– sebab Tuhan akan melakukan (penamatan), pekerjaan di atas bumi (KJI rev)

Cara kerja Allah dalam penamatan rencanaNya. Ini dilakukan pada orang2 yang sudah siap ber-jaga2, ber-sama2, sekaligus, yaitu:

  1. Dimulai pada hari penentuan. Yoel 3:14. Banyak orang, banyak orang:

– di lembah Penentuan

– karena hari Tuhan sudah dekat

– di lembah Penentuan.

Penentuan ini untuk memisahkan antara orang2 yang bersedia dan tidak, sebab hanya orang yang sungguh2 bersedia bisa ikut, bisa tekun dalam pengolahan penamatan yang tertib, keras dan pendek (singkat, hanya 3,5 tahun), sebab orang2 yang bersedia ini mendapat kesempatan untuk lari menyelesaikan target tingkatan rohani sebelum pengangkatan.

Orang2 yang tidak mau bersedia (seperti lima gadis bodoh, apalagi orang2 Halaman yang mendua, bercabang hati, terus jatuh bangun dalam dosa, tidak akan tekun dalam pengolahan kilat (pendek, singkat ini), sebab mereka yang di Halaman ini (termasuk lima gadis bodoh = lima gadis bijaksana yang di Halaman) sudah hanyut dalam arus dosa yang besar (tsunami dosa) pada waktu itu (sesuai dengan Wah 22:11). Orang2 yang tidak bersedia ini sudah hanyut dalam dosa dan itu berarti ada dalam tangan iblis (ada dosa berarti pintu masuk bagi setan dan kalau terus berdosa, berarti setan terus bercokol di dalamnya, bahkan menguasai dan mengikatnya) dan kalau ini keadaannya pada tanggal Penentuan, wai, mereka akan termasuk golongan waktu, golongan celaka (Mat 24:19-20) yang tidak bisa ikut lari dalam masa penamatan rencana Allah ini, bahkan di dalam tangan iblis dan setan2, mereka ditamatkan dalam rencana iblis, ditumbuhkan dengan se-cepat2nya dalam dosa, dikuasai dan rusak dengan roh2 setan, sehingga dosa dan kejahatannya meningkat, sampai mati dalam dosa (masuk neraka) atau kalau masih hidup, tidak bisa ikut pengangkatan, tertinggal, bahkan dimeteraikan oleh Antikris, dahsyat! Sebab itu kita mutlak perlu ber-jaga2 Mat 24:42, lebih2 di akhir zaman ini.

Jadi penamatan rencana Allah ini dimulai pada tanggal Penentuan, yaitu memisahkan orang yang bisa dan boleh masuk dalam penamatan Allah dan golongan yang celaka, wai, yang tidak bisa dan tidak boleh ikut dalam rencana penamatan ini, sebab ada dalam tangan iblis, yang juga menamatkan rencana iblis di dalam orang2 Halaman (dan orang2 berdosa lainnya), terpisah dari orang2 yang ikut dalam rencana penamatan Allah.

  1. Memotong pendek.

Pengolahan dalam jatah umur masing2 (biasanya cukup panjang Maz 90:10) itu sekarang dipotong pendek, (pekerjaan Allah yang pendek, singkat) hanya 3,5 tahun. Mereka tidak lagi bisa berjalan dengan lamban atau rileks, tetapi harus lari naik ke gunung Allah.

Mat 24:16

Lalu, biarlah mereka yang ada di Yudea melarikan diri ke gunung-gunung.(KJI)

(lihat lebih lengkap pelajaran ini dalam M4214).

Tentu Tuhan memberi fasilitas khusus yang lengkap dan sempurna untuk masa penamatan akhir zaman ini. Misalnya Hujan Akhir, pelayanan jabatan, juga pelayanan orang sempurna, pengurapan yang tanpa batas (bagi lima gadis bijaksana, lima gadis bodoh tidak bisa menerimanya apalagi pada masa ini sudah hanyut dalam dosa ber-sama2 semua orang Halaman lainnya), pembukaan Firman Tuhan dengan segala macam tanda dan mujizat dll, sebab Allah sendiri, baik Bapa, Putra dan Roh Kudus bekerja penuh dalam Gereja akhir zaman yang ada di jalan sempit, yaitu dalam orang2 yang bersedia sungguh2, yang menjadi tubuh Kristus global. Kalau Tuhan memberi fasilitas yang limpah dan tinggi, Ia juga menuntut lebih banyak.

Sangat tertib dalam kesucian, tidak boleh berdosa seenaknya, sebab setiap dosa dan kesalahan dihukum keras 2Kor 10:6, lebih daripada yang terjadi dalam hujan Awal (Kis 5:1-12 Ananias dan Safira yang berdosa “kecil”, langsung mati di tempat). Ini memang syarat2 fasilitas ilahi yang limpah dan tingkat tinggi, bahkan sempurna, seperti kita lihat dalam perbedaan Musa dan orang Israel. Musa dan Harun yang bersalah hanya 1 kali di air Meriba (kesalahan “kecil” Ul 32:50-51) tidak boleh masuk Kanaan, tetapi orang Israel bersalah sampai 10 kali dan jahat2, biar kena hukuman yang sama, yaitu tidak boleh masuk Kanaan Bil 14:22-23, sebab itu orang2 yang tidak betul2 bisa hidup suci, sebab terus jatuh bangun dalam dosa, takut dan tidak berani mendekati orang2 yang sungguh2 ber-jaga2 seperti ligabis. Kis 5:13. Dalam waktu yang sangat pendek, mereka tumbuh seperti kilat, cepat, sehingga meskipun dipotong ber-sama2, mereka bisa tumbuh dengan cepat seperti kilat (Mat 24:27) lalu ikut dalam pengangkatan. Semua yang disaring, dipilih dan ditentukan ini, adalah orang yang ber-jaga2 seperti ligabis, mereka termasuk golongan 1551 (1Kor 15:51) dan semua masuk tidak ada yang mati, tetapi ikut dalam pengangkatan, luar biasa! 100% ikut pengangkatan, inilah golongan yang sudah ditentukan. Inilah orang2 yang sudah disaring dan dipilih, untuk ikut dalam proses penamatan rencana Allah yang heran sehingga semua meningkat maksimal seperti target tingkatan rohani yang bisa dicapainya, lalu sesudah selesai proses penamatan ini, mereka ikut ber-sama2 dalam pengangkatan yang heran ini.

  1. Dalam kebenaran.

Ini orang2 akhir zaman yang ber-jaga2 dan tandanya mereka tetap hidup benar di tengah2 dunia yang sangat keji, jahat dan keras hati dalam dosa (seperti orang2 zaman Nuh dan Lot Luk 17:26,30). Sebab itu kalau seorang berkata bahwa ia bersedia tetap hidup dalam dosa, maka orang itu tidak akan masuk golongan yang ditentukan untuk pengangkatan pad ahari Penentuan itu, tetapi masuk golongan Wai golongan celaka (Mat 24:19-20) yang masuk dalam rencana penamatan dari iblis, bertumbuh dengan brutal dalam dosa bahkan orang yang menjadi Antikris atau setingkat Antikris. Sebab itu ber-jaga2lah dengan sungguh2, dengan 7 Kebutuha Pokok Rohani ekstra (lihat buku 7 KPR), supaya kita betul2 lolos screening (saringan) pada hari Penentuan. Jangan menjadi Kristen babi dan anjing, yang bolak-balik disucikan, tetapi kembali lagi dalam kubangan dosa.

2Pet 2:22

Maka berlakulah ke atas mereka itu seperti amsal yang benar ini: Anjing berbalik kepada muntahannya sendiri, dan babi yang sudah dimandikan, kembali berkubang di dalam lumpur. (KJI)

Justru dalam zaman yang jahat di akhir zaman ini, kia harus makin meningkat dalam kesucian, bukan jatuh bangun dalam dosa,apalagi menjadi “yang najis yang berdiri di bait Allah” seperti Mat 24:15.

Ada 2 puncak di akhir zaman, yaitu puncak yang suci dan puncak kenajisan dosa (Wah 22:11).

Dan orang2 yang ada dalam jalan ke puncak yang suci inilah yang dianggap benar dan dalam tanggal Penentuan itu akan masuk dalam golongan penamatan dari Allah, yang akan tumbuh dengan cepat seperti kilat dan semuanya akan ikut dalam pengangkatan.

  1. Pekerjaan penamatan yang singat.

Sebab Tuhan akan melakukan pekerjaan yang pendek. Ini sangat pendek, singkat, tetapi semua tumbuh sampai maksimal, bahkan ada yang sampai menjadi sempurna. Waktu yang pendek yaitu 3,5 tahun ini adalah ukuran waktu yang ideal dari pertumbuh Putra manusia Yesus sampai sempurna.

Tingkat rohani kita akan tumbuh dengan cepat dalam pelayanan 2Tim 2:20-21. Contoh yang ideal adalah Putra manusia Yesus yang diizinkan untuk mulai pelayanan keluar pada umur 30 tahun, dan menjadi sempurna dalam waktu yang singakt yaitu lebih kurang 3,5 tahun. Ini ukuran pertumbuhan ideal dan cepat dan ini menjadi patokan ukuran dalam masa penamatan rencana Allah. Tentu tidak setiap orang bisa tumbuh dengan cepat, tetapi mereka yang sungguh2 bersedia dan sedang tumbuh dalam jalan sempit di akhir zaman ini seperti lima gadis bijaksana. Orang2 ini dapat tumbuh dengan cepat dalam masa penamatan rencana Allah (seperti Mat 24:16-18) sehingga segera sesudah penamatan, ikut serta dalam pengangkatan yang heran itu.

  1. Di bumi.

Penamatan ini bukan terjadi di Surga atau dalam alam berzakh, tetapi di bumi, itu berarti selagi kita hidup. Jadi sesudah tanggal Penentuan, di bumi, orang2 masih hidup, baik yang mengalami penamatan dari Allah untuk masuk dalam pengangkatan atau penamatan dari iblis untuk membangunkan kerajaan iblis yaitu kerajaan Antikris pada Minggu ke-70 Daniel ini lalu dibinasakan Allah dalam penghukuman kekal di neraka! Jadi penamatan ini terjadi selagi hidup di dunia, tetapi sudah tidak bisa pindah jalur, pindah dalam penamatan pihak yang lain. Sekarang, sebelum hari Penentuan, sebelum masa penamatan orang yang sadar masih bisa bertobat dari semua dosa2 dan kelemahannya dan kerjakanlah hari ini juga, sekarang! Ibr 3:15. Orang yang sudah dalam jalur ilahi yang betul, yang penuh dan dipimpin Roh, nikmatilah jalur bahagia ini dalam sejahtera dan kesukaanNya setia dan terus tekund alam kesucian dan ketaatan setia sampai ke akhir.

  1. Sesuai rencana Allah.

Rencana Allah adalah menyelamatkan, menebus manusia yang mau. Jadi ada 2 jenis manusia dalam rencana Allah, yaitu:

6.1. Yang mau percaya dan taat, ber-jaga2 sehingga selamat, baik yang mati dalam Kristus dan yang masuk golongan generasi akhir zaman dan mau ber-jaga2 akan masuk dalam golongan yang akan ditamatkan Allah.

6.2. Orang dosa dan orang beriman yang suam, atau bercabang hatinya, mereka hanyut dalam dosa, keras hati, tidak mau bertobat, sebab itu dibuang keluar pada tanggal Penentuan, mereka masuk dalam golongan iblis yang dimatatkan oleh iblis sesuai rencananya, memperbesar kerajaan iblis untuk melawan Allah.

Dengan penamatan ini Allah akan menyelesaikan rencanaNya yaitu Gereja siap untuk diangkat sehingga jumlah semuanya dan jumlah dalam setiap tingkat genap lalu ikut pengangkatan. Sesudah rencana penamatanNya genap, Gereja sudah diangkat, maka dalam bagian selanjutnya, diantara orang beriman yang tertinggal masih ada sisa2 yang mau bertobat dan itu diserahkan dalam tangan iblis dan Antikris untuk dibinasakan tubuhnya supaya yang setiap sampai mati masih selamat seperti menerusi api aniaya Antikris 1Kor 3:15; 5:5, Wah 13:7.

Jadi dalam penamatan rencana Allah, semua rencana Allah genap, sehingga Gereja selesai dan mulailah saatnya untuk orang Israel Rom 11:25. Ini selesai dalam perang Harmagedon dan Kerajaan 1000 tahun perhentian mulai.

Tambahan.

Dipotong.

Siapakah umat Tuhan yang dipotong?

  1. 12 macam + ikut jahat dibuang ~ lalang.
  2. Tidak ber-jaga2 dengan betul, dalam jalur jalan lebar, hidup dalam dosa, tidak ada kebenaran.
  3. Yang setia sampai mati. Tetapi ini belum mati, bahkan masih jauh. Tetapi Tuhan tahu, yang segenap hati untuk Tuhan Luk 10:27, Fil 1:21, tidak punya reserve untuk dunia, dosa dengan tulus, Tuhan kuatkan dan masuk golongan Allah. Yang setengah nanti diludahkan. Tuhan tahu. Yang hatinya tulus, penuh cinta Tuhan, akan ikut golongan Tuhan.

Tuhan butuh keputusan yang tulus dan segenap hati, Tuhan yang beri kekuatan Fil 4:13, Zak 4:6.