M4212 – Tanda – tanda Kedatangan Tuhan dan Hari Penentuan ( Bag. 2)

TANDA-TANDA KEDATANGAN TUHAN DAN HARI PENENTUAN (bag.2).

A.2. INJIL SAMPAI DI SELURUH BUMI.

Mat 24:14

Injil Kerajaan ini akan diberitakan di seluruh dunia menjadi suatu kesaksian bagi segala bangsa; maka barulah tiba kesudahan itu. (KJI)

Ini ber-sama2 dengan A3, sebab pada saat ini datang waktunya kesudahan alam. Ini tugas utama penginjil, tetapi juga semua orang beriman tersangkut di dalamnya, dan ini pasti tejadi.

Sesudah semua orang mendapat kesempatan mendengar Injil, lalu semua harus mengambil keputusan untuk nasib yang kekal (mereka yang plin-plan, termasuk yang akan binasa Wah 3:16), lalu datanglah tanggal penentuan ini.

Bagaimana kita bisa tahu kalau Injil sudahsampai di seluruh dunia?

Mencari angka2 statistik untuk ini sulit, apalagi kalau diboikot iblis.

Pada saatnya kita akan melihat banyak bukti dan tanda2 dari hal ini, yang akan ditunjukkan oleh Roh Kudus akan meyakinkan Gereja Tuhan, bahwa angka ini sudah digenapkan, maka tibalah kesudahan itu, dan masa penamatan dimulai. Maka orang2 yang sudah bersedia dan ber-jaga2, mulai “lari” dengan segala perlengkapan akhir zaman yang limpah, lari terus sampai ke atas gunung kesucian Allah.

A.3. KEKEJIAN (TOP) BERDIRI DI TEMPAT KUDUS.

Mat 24:15

Sebab itu, apabila kamu melihat kekejian yang mendatangkan kehancuran itu berdiri di tempat kudus, seperti yang disabdakan oleh nabi Daniel (siapa yang membaca, biarlah ia mengerti). (KJI)

Inilah Antikris yaitu manusia tetapi sempurna dalam dosa. Sekarang sudah ada beberapa banyak orang jatuh dalam dosa, lebih2 pemimpin2, yang meskipun jatuh dalam dosa, tetapi tetap bercokol sebagai pemimpindalam Gereja, memimpin. (Lihat tanda2 si Antikris dalam buku yang kami terbitkan, tentang Antikris).

Kejatuhan itu biasanya dalam kesombongan, perzinaan dan uang 1Yoh 2:16. Yang paling menonjol adalah kejatuhan dalam perzinaan seperti Simson, sebab ini bisa jadi berita jelek, karena orang 2 atau 3 pihak, lebih2 yang tidak malu, lalu memberitakannya di mana2.Tetapi kejatuhan dalam hal uang seringkali masih bisa ditolerir, masih dianggap normal, sebab merasa hal itu adalah manusiawi, sebab semua orang butuh uang. Siapa yang tidak perlu dan ingin uang? Apalagi kalau ia bisa mengatur dengan cerdik seperti ular, sehingga ketamakannya akan uang tidak semua diakui atau kelihatan, sebab lihai menyembunyikan jumlah besar yang haram. Bahkan beberapa mempunyai alasan yang masuk akal untukjumlah uang yang besar untuk pelayanannya (yang tidak berkenan pada Allah), dengan alasan2 “rohani” yang bisa diterima, iabisa menyaring nyamuk, tetapi menelan  unta Mat 23:24. Kejatuhan dalam uang, itu terus meningkat. Mula2 cinta uang, makin lama makin terikat sampai menyembah uang atau mammon dan akhirnya dirasuk oleh roh mammon, inilah orang yang dimeteraikan dengan roh mammon, tanda atau meterai Antikris. Orang yang dikuasai, apalagi dimeteraikan oleh roh mammon, itu menjadi musuhnya Allah Mat 6:24. Ini orang2 yang dirasuk oleh roh mammon.

Hati2. Bagaimana kita? Dalam pelajaran tentang Antikris (Buku: Antikris) diterangkan secara Alkitabiah, bahwa Justru dirasuk oleh roh mammonini adalah meterai Antikris (666 Wah 13:18, 1Raj 10:14).

Ini lawan dari Meterai Allah yang adalah Roh Kudus.

Ef 4:30

Dan jangan mendukakan Roh Kudus Allah, yang oleh-Nya kamu sudah dimeteraikan sampai hari penebusan. (KJI)

Roh mammon itu roh setan yang akan terus menumbuhkan dosa orang yang dirasuknya sampai sempurna. Orang yang sempurna dalam dosa adalah Antikris atau orang2 yang setingkat dengan Antikris dan iblis. Tetapi orang2 yang sempurna dalam dosa ini, yang sempurna kekejiannya, mereka justru tinggal tetap bercokol atau bertahta dalam Gereja Tuhan (seperti iblis dalam Gereja Pergamus, Tiatira, Sardis dll.

Orang yang tidak dipimpin Roh, seringkali tidak merasa, atau meremehkannya dan masih bisa bekerjasama bahkan mendukungnya, apalagi kalau mereka juga mendapat bagian uang. Lebih2 lagi kalau orang2 yang keji ini juga mahir dalam pengajaran, duduk di kursi Musa Mat 23:2-3, tetapi berdosa dengan emas bait Allah, Mat 23:16-17. Roh mammon ada dalam mereka dan terus menumbuhkan dosanya sampai sempurna. Banyak kali ini kurang disadari, tahu2 mereka berdiri dalam bait Allah dan jadi allahnya.

2Tes 2:3-4

  1. Jangan membiarkan seorangpun menyesatkan kamu dengan cara apapun, karena hari itu tidak akan datang kecuali terjadi kejatuhan lebih dahulu lalu manusia dosa itu dinyatakan, yaitu putra kebinasaan itu,
  2. yang melawan, dan meninggikan dirinya di atas segala sesuatu yang disebut Allah atau yang disembah, sehingga ia duduk di dalam Bait Allah sebagai allah dan menyatakan dirinya adalah allah. (KJI)

Ini sangat jahat melawan Allah, lebih2 didukung banyak orang yang menyembah lembu emas, dan bertuhankan mammon Mat 6:24, Luk 16:13. Dengan kuasa uang yang besar, ia menggerakkan banyak massa umat Tuhan yang tertipu.

Tetapi orang2 yang cinta Tuhan, yang penuh dan mahir dipimpin Roh bisa tahu dan melawannya! Dosa Ananias dan Safira dianggap ringan, tetapi karena dosa mammon ini, ia langsung mati di tempat (ini terjadi pada zaman hujan Awal dan akan lebih parah dalam zaman hujan Akhir!).  Petrus yang dipimpin Roh dapat mengenalinya dan melawannya! Kis 5:4-5. Berapa banyak orang berubah, jatuh karena uang, bahkan ikut dalam perubahan2di dunia yang digerakkan dengan roh mammon.

Begitu juga Gereja jalan lebar yang lepas dari Allah, dengan mudah digerakkan oleh roh mammon.Tetapi “Petrus” mengenali roh mammon.  Apalagi untuk mengenali mereka2 yang sudah sempurna dosanya, dan duduk di bait Allah. Orang yang dipimpin Roh akan tahu. Semua tanda2 ini tidak mudah dilihat mata jasmani, tetapi orang yang mahir dipimpin Roh akan melihat.

Jangan lupa ini terjadi di seluruh dunia bersamaan. Kita juga harus dapat membedakan 3 tingkat dosa, sehingga bisa jelas mengenali Antikris yang tersembunyi, tetapi berdiri di tempat suci dalam bait Allah.

TIGA PERISTIWA BESAR SEBAGAI TANDA PASTI KEDATANGAN TUHAN.

Yang penting:

  1. Bagaimana kita bisa mengenali 3 tanda pasti, peristiwa besar ini. Orang yang mengenali 3 peristiwa atau tanda pasti ini, akan tahu bahwa tanggal penentuan itu sudah datang (sebab sebelumnya tidak ada orang yang tahu), sehingga bisa ikut”lari”, bereaksi dengan betul danmasuk dalam rencana penamatan Allah.
  2. Tahu dahsyatnya hari penentuan ini, dimana orang yang undur, fasik dan tidak mau bertobat, pada tanggal penentuan ini tidak lagi bisa bertobat! Sebab itu mutlak perlu berubah, bertobat dan bersedia mulai sekarang, bukan nanti sesudah hari itu datang baru mau bertobat, terlambat! Supaya tidak tertipu dan jatuh pada hari penentuan itu, bertobatlah sekarang, berjalanlah di jalan Tuhan dengan Tuhan, sehingga selalu dipimpin Roh dan tetap dalam kesucian pada hari penentuan itu dan boleh ikut masuk dari golongan yang ilahi.

Hal ini tidak sulit kalau dengan tulus mau terus taat akan Tuhan mulai sekarang!  Terus berjalan dalam kesucian dan taat dipimpin Roh.

Jadi persiapan atau ber-jaga2 itu penting mulai sekarang! Mat 24:42. Kalau pada saat itu baru mau bertobat, sebab baru sadar, dan mulai mengambil sikap untuk ber-jaga2, itu sudah terlambat total, tidak bisa berubah lagi. Orang2 yang tidak mau hidup di jalan sempit, tetapi tetap di jalan lebar, ia sudah hanyut dalam arus “tsunami dosa” akhir zaman, sehingga dikuasai dan dipenuhi dengan roh2 setan; ia tidak akan peduli dengan hari penentuan itu. Tetapi yang sudah bersedia sungguh2, akan sadar waktu masuk hari penentuan itu, dan dapat melanjutkannya dengan berjalan dalam kesucian, bahkan lari dalam Roh dan ikut dalam pengangkatan. Yang tidak bersedia, itulah golongan Wai dan mereka jadi celaka, sebab kehilangan keselamatan yang besar itu.

IX.B. GOLONGAN ALLAH, YANG BER-JAGA2.

B.1. LARILAH.

Yang di Yudea lari ke gunung.

Mat 24:16

Lalu, biarlah mereka yang ada di Yudea melarikan diri ke gunung-gunung. (KJI)

 

Lari ke mana? Naik ke gunung kesucian Allah.

Maz 48:2

Besarlah Tuhan dan patutlah Ia dipuji-puji di dalam negeri Allah kami, di gunung kesucian-Nya. (KJI)

Ini orang2 yang hidup ber-jaga2 dalam kesucian dan terus taat dipimpin Roh, sebab itu waktu datang tanggal penentuan, maka mulailah penamatan rencana Allah; mereka dengan mudah dan senang hati dapat lari, naik ke gunung kesucian Allah, meneruskan pertumbuhan rohaninya dengan cepat,

Lari, bukan lagi berjalan pelan2, tetapi lari dengan cepat! Inilah pertumbuhan rohani yang biasanya berjalan dengan pelan2, biasanya pertumbuhannya diukur dengan “sudah berapa tahun”, tetapi sekarang pertumbuhan itu seperti lari dengan begitu cepat. Apa yang dahulu biasanya dicapai dalam waktu ber-tahun2, misalnya untuk bisa hidup suci, mahir dipimpin Roh, memakai tabiat yang baru, mengerti kebenaran Firman Tuhan dan terus ber-tambah2, penyerahan dll, tetapi sekarang semua itu berubah dan pertumbuhan itu terjadi dalam waktu beberapa hari saja, bukan dalam waktu ber-tahun2, tumbuhnya sangat cepat! Pertumbuhan rohani yang dahulu dicapai ber-tahun2, sekarang dicapai dalam waktu beberapa hari saja. Sebab itu tidak heran, kalau orang2 yang ber-jaga2 ini tumbuh dengan cepat, sehingga orang2 yang mencapai kesempurnaan (yang dahulu diragukan orang) sekarang terjadi dengan cepat. Dalam 3,5 tahun banyak orang menjadi sempurna begitu banyak, sehingga jumlahnya genap dan Tuhan datang!

Mengapa? Sebab sesudah tanggal penentuan, maka masa penamatan rencana Allah mulai dilaksanakan, dan semua dapat tumbuh sesuai rencana penamatan Allah.

Mengapa orang2 yang ber-jaga2 ini bisa tumbuh dengan “lari” begitu cepat?

– Rencana Allah pasti jadi.

– Fasilitas Allah lengkap, limpah, sempurna.

– Hanya untuk orang yang bersedia.

– Meniru contoh Putra manusia Yesus.

Pada waktu ini semua orang yang ber-jaga2,

semua bisa lari dengan betul dan cepat (= bertumbuh dengan cepat), sebab dalam hari2 ini fasilitas perlengkapan akhir zaman diberikan Allah dengan limpah seperti hujan Akhir, pembukaan Firman Tuhan, jabatan2 nyata bahkan ada pelayanan orang sempurna yang luar biasa, sangat ajaib dll,sehingga Gereja penuh sukacita seperti di Surga, dan “lari” itu menjadi kesukaan dan akan diselesaikan dengan cepat.

Mat 24:27

Karena sama seperti kilat keluar dari timur dan bercahaya sampai ke barat, demikian juga akan terjadi kedatangan Putra manusia. (KJI)

Kedatangan Tuhan itu terjadi dalam sedetik bersamaan di seluruh dunia. Dalam ayat ini dikatakan kedatanganNya seperti kilat dari Timur ke Barat (meskipun kilat itu cepat, kalau melompat dari Timur ke Barat itu perlu waktu(misalnya dari Jakarta ke Paris). Ini bukan berarti secara jasmani, tetapi secara rohani! (Dari Timur ke Barat itulah arah pertumbuhan kepada kesempurnaan, seperti arah dalam Kemah Suci dari Pintu Gerbang {dari Timur}, sampai Tabut {dari Barat}) dan inilah yang terjadi dengan cepat seperti kilat.

Jadi, seperti kilat itu bukan tentang peristiwa kedatanganNya yang terjadi dalam sedetik, tetapi inilah proses menunggu kedatangan Tuhan itu begitu cepat, dimulai dari saattimbul seruan Mat 25:6, Yoel 3:14 (itulah tanggal penentuan itu, dimana3 peristiwa A1,2,3 terjadi) sampai Dia datang, itu terjadi dengan cepat seperti kilat. Jadi yang dimaksud dengan kilat di sini adalah masa menunggu (3,5 tahun) itu akan berlalu dengan cepat dan orang2 yang bersedia akan tumbuh dari Timur ke Barat dalam 3,5 tahun. Ini adalah kecepatan pertumbuhan yang ideal dari Putra Manusia Yesus, yang dalam pelayanan selama 3,5 tahun menjadi sempurna. Dengan demikian orang2 yang sudah bersedia, dapat lari dengan cepat, tumbuh sampai di puncak2nya dan semua ikut dalam pengangkatan. Jumlah orang yang menjadi sempurna digenapkan, padahal sebelumnya, sampai hari ini, kita belum melihat 1 orangpun yang sempurna. (Dalam Wasiat Lama hanya ada 3 orang yang menjadi sempurna selain Putra manusia Yesus).

Kita melihat rata2 kesucian orang2 dalam Gereja akhir zaman itu tinggi sekali, sebab mereka “lari”, sehingga  jumlah orang yang sempurna akan genap (yaitu 144.000 orang, Wah 14:1).

B.2. YANG DISOTOH RUMAH JANGAN TURUN.

Mat 24:17

Biarlah orang yang ada di atas sotoh rumah, jangan turun ke bawah untuk membawa apa-apa keluar dari dalam rumahnya; (KJI)

Tidak boleh turun dari sotoh rumah untuk membawa apa2 keluar dari dalam rumahnya.

Apa artinya sotoh rumah?

Inilah tempat berdoa Kis 10:9 dan memberitakan pembukaan2 Firman Tuhan yang begitu limpah di akhir zaman Mat 10:26-27. Kalau dalam hujan Awal orang2 bertekun dalam doa, Firman Tuhan, persekutuan dan Perjamuan Suci Kis 2:42, apalagi dalam hujan Akhir, sehingga mereka tumbuh dengan begitu cepat dalam rencana Allah, sampai di puncak2nya.Jangan hanya memikirkan hal2 fana (yang di dalam rumah).

Sebab itu mereka ber-sama2 bersekutu dalam Roh dan memberitakan pembukaan2 Firman Tuhan yang baru dan lengkap, sehingga Gereja jalan sempit tumbuh dengan cepat kepada kesempurnaan (Gereja menjadi sempurna berarti jumlah yang selamat dan yang ikut pengangkatan genap dan setiap tingkat {dari tingkat Tabut sampai tingkat Pintu Gerbang}juga jumlahnya genap, dan ini adalah jumlah dari seluruh dunia).

Apa yang terjadi di sotoh rumah?

Mereka berdoa.

Kis 10:9

Pada hari berikutnya, ketika orang-orang ini dalam perjalanannya, dan sudah dekat dengan kota itu, Petrus naik ke sotoh rumah untuk berdoa kira-kira pada jam keenam tengah hari. (KJI)

Kita harus berdoa dalam Roh dan kebenaran.

Yoh 4:23-24

  1. Tetapi waktunya akan tiba dan sekarang sudah sampai, apabila penyembah-penyembahyang benar itu akan menyembah Bapa dalam Roh dan kebenaran. Karena Bapa mencari penyembah-penyembah yang demikian untuk menyembah Dia.
  2. Allah itu Roh, dan mereka yang menyembah-Nya haruslah menyembah Dia di dalam Roh dan kebenaran. (KJI)

Berdoa dalam Roh itu berarti memakai bahasa lidah, sudah diterangkan dalam khotbah M4204, tgl 19 April 2020, yaitu 1Kor 14:14,39 dll). Doa ini jadi kekuatan yang luar biasa. Sebab itu Tuhan menyuruh kita terus berdoa dalam Roh Yud 20, Ef 6:18 bahkan tanpa berhenti 1Tes 5:17, seperti asap dupa dari Mezbah Dupa Wah 5:8, Kel 30:8.

Dengan kebenaran! Tidak cukup hanya memakai bahasa lidah, tetapi juga kita harus berdiri benar di hadapan Allah. Kalau ada 2 hal ini, baru doa kita menjadi kuat. Dengan demikian

kita menjadi sangat kuat dan berkemenangan, seperti Kel 17:11. Musa berdoa dengan mengangkat 2 tangannya didukung oleh Hur (~ kebenaran, ia seorang hakim) dan Harun (~ kesucian, ia seorang imam). Kemenangannya sangat besar. Bahkan orang2 yang bisa terus berdoa dalam Roh dan kebenaran seperti ligabis, itu akan dibawa masuk dalam Ruangan Maha Suci seperti rahasia yang tersembunyi dalam Ibr 9:3-4. JUga lima gadis bijaksana yang masuk dalam Pesta Kawin Raja, bukan seperti lima gadis bodoh yang bisa berdoa dalam Roh, tetapi tidak selalu dalam kebenaran, tidak punya persediaan minyak dan mereka ditolak oleh Tuhan, mendapati pintu tertutup Mat 25:10-13.

Sebab itu orang akhir zaman tidak bisa lepas dari doa terus menerus, without ceasing, tanpa stop, dimana saja, dalam hal apa saja, kapan saja terus berdoa dalam Roh (dalam bahasa lidah) dan terus hidup dalam kebenaran (mulai dari dalam pikirannya), bukan hanya sebentar2, tetapi terus menerus hidup benar di hadapan Allah, sambil berdoa dengan bahasa lidah. Jangan berhenti berdoa dalam Roh dan kebenaran seperti asap Dupa dari Mezbah Dupa di hadapan Allah Kel 30:8, Wah 5:8, dan pedupaan inilah yang dibawa masuk dalam kesempurnaan Ruangan Maha Suci seperti dalam Ibr 9:3-4.

Luar biasa, berdoalah terus dalam Roh dan kebenaran, ini salah satu kunci kekuatan pada akhir zaman, yang diperkenan Allah. Yoh 4:23-24. Jangan berhenti berdoa dalam Roh dan hidup benar.

1Kor 14:39

Dengan demikian saudara-saudara, berusahalah untuk bernubuat dan jangan melarang orang berbicara dalam bahasa lidah. (KJI)

MEMBERITAKAN KEBENARAN FIRMAN TUHAN.

Mat 10:26-27

  1. 26. Sebab itu, janganlah kamu takut terhadap mereka, karena tidak ada sesuatu pun yang tertutup yang tidak akan dibukakan, dan yang tersembunyi yang tidak akan diketahui.
  2. Apa yang Kukatakan kepadamu dalam gelap, katakanlah itu dalam terang, dan apa yang kamu dengar di telingamu, beritakanlah itu dari atas sotoh rumah. (KJI)

Apa yang dikatakan Tuhan? Inilah rahasia Firman Tuhan, sehingga si murid bisa tumbuh seperti gurunya Mat 10:24-25. Tuhan akan memberikan rahasia2 kebenaran FirmanNya, supaya kita bisa tumbuh sampai seperti Kristus, Guru kita.

Untuk menyempurnakan Gerejanya (ingat definisi Gereja sempurna, lihat di atas), selain berdoa, juga perlu semua 7 Kebutuhan Pokok Rohani, istimewa Firman Tuhan. Setiap peningkatan rohani dalam segi2 tertentu, perlu pembukaan Firman Tuhan untuk segi itu. Kalau Roh Kudus sudah membawa kita kepada pengertian yang betul 1Kor 2:10, Yoh 16:13, maka dengan pertolongan Roh Kudus kita bisa mentaati danmengalaminya, itu berarti rohani kita akanmeningkat. Misalnya tentang berdoa dalam Roh, kesembuhan, jalan dengan iman bahkan tumbuh menjadi sempurna dll, semua itu perlu didahului dengan pengertian dari Firman Tuhan oleh Roh Kudus, baru kita bisa bertumbuh lebih lanjut. Sebab itu kita mutlak memerlukan pengertian Firman Tuhan (pembukaan2 yang baru) oleh Roh Kudus, baik langsung atau lewat hamba2Nya, istimewa lewat orang yang jabatannya guru Ef 4:11. Sampai dimana pengertian Firman Tuhan terbuka bagi kita, sampai disitu kita bisa tumbuh dan berbuah.

Mat 13:23

Tetapi ia yang menerima benih di tanah yang baik itulah dia yang mendengar Perkataan itu dan mengerti. Ia berbuah dan mengeluarkannya, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh, ada yang tiga puluh. (KJI)

Sebab itu kita harus terus bertumbuh dalam pengertian Firman Tuhan 2Pet 3:18 dan dalam semua segi, bukan hanya dalam satu segi. Seorang yang jabatannya gurupun tidak mampu mengerti seluruh kebenaran Firman Tuhan untuk tumbuh dalam semua segi, terlalu dalam dan terlalu banyak rahasia Firman Tuhan, tetapi kita semuaperlu saling melengkapi diantara para guru dan hamba2 Allah, baru dengan persekutuan dalam Roh, kita bisa saling melengkapi dan tumbuh bersama kepada kesempurnaan Yoh 17:21,23. Sebab itu kita perlu tumbuh dalam pengertian rahasia Firman Tuhan, makin lama makin banyak, terus meningkat dalam semua segi hidup, tetapi kita wajib jugamemberitakanNya, naik ke atas sotoh rumah. Ini akan dilakukan semua orang yang sudah ber-jaga2 sesudah tanggal Penentuan dari Allah. Semua orang yang ber-jaga2, sesudah masuk dalam zaman penamatan rencana Allah, akan ikut tinggal di sotoh untuk berdoa dalam Roh dan kebenaran serta memberitakan segala kebenaran Allah, lebih2 kebenaran2 Firman Tuhan dari meterai2 yang baru terbuka pada akhir zaman, yang dahulu masih tersembunyi (Dan 12:4, Mat 17:9, Luk 9:45; 12:2 dst). Ini akan dilakukan dengan bergairah oleh semua orang yang ber-jaga2, istimewa waktu masuk dalam masa penamatan rencana Allah. Naiklah ke sotoh rumah, bukan untuk meninggikan diri, mencari popularitas atau untuk maksud2 tersembunyi lainnya. Tetaplah di atas sotoh rumah, jangan tinggal di dalam rumah, di kalangan sendiri saja, tetapi naik di atas segala golongan untuk mem-bagi2 kebenaran Firman Tuhan, lebih2 tentang rahasia akhir zaman dan penyempurnaan Gereja dalam pekerjaan dan pengurapan Roh Kudus.

Orang2 yang ber-jaga2 dan dipimpin Roh, semua akan bersukacita dan saling sharing, saling mem-bagi2kan apa yang sudah dipunyai masing2, sehingga saling melengkapi dan semua bisa tumbuh ber-sama2 ke arah kesempurnaan rencana Allah yang harus dicapai Gereja akhir zaman dalam masa penamatan rencana Allah ini.

Ini adalah rencana dan kehendak Allah, istimewa dalam masa penamatan ini, semua yang sudah mendapat rahasia2 Firman Tuhan yang luar biasa ini, wajib tinggal di sotoh rumah untuk mem-bagi2kannya pada semua yang mau mendengar, yaitu semua yang ber-jaga2 dan penuh dan dipimpin Roh seperti lima gadis bijaksana. Semua orang yang seperti lima gadis bijaksana akan suka bersekutu dalam Roh dan saling mem-bagi2, sharing kebenaran Firman Tuhan dalam persekutuan Roh. Orang2 seperti ini akan mendapat pembukaan Firman Tuhan lebih banyak lagi Ams 11:24-26. Jangan turun dari sotoh, tetap disana.

Sesudah melihat tanda2 pasti, kita harus lari ke gunung, tinggal di sotoh dan jangan turun. Juga yang ke-3 (b.3), yaitu tetap bekerja di ladang.

B.3. Yang di ladang, jangan pulang mengambil pakaian.

Mat 24:18

dan biarlah orang yang ada di ladang itu, jangan pulang untuk mengambil pakaiannya. (KJI)

Dalam pelayanan ladang Tuhan yang luar biasa (istimewa dalam akhir zaman, yaitu Wah 12:1), dengan kepenuhan pekerjaan 3 Pribadi Allah, seluruh dunia menjadi 1 tubuh Kristus.

Ingat Gereja dalam penamatan rencana Allah hanya terdiri dari orang2 yang sudah bersedia, yaitu seperti lima gadis bijaksana, sudah dipisahkan total dari lima gadis bodoh dan orang2 Kristen yang suam dan fasik, sehingga Gereja akhir zaman ini menjadi luar biasa. 3 Pribadi Allah bisa bekerja dengan penuh diantara mereka yang semuanya sudah hidup ber-jaga2. Tetapi keadaannyajuga sangat tertib, sangat disiplin 2Kor 10:6, sebab setiap salah dihukum dengan keras seperti Ananias dalam Kis 5:1-11.

Saat ini tubuh Kristus global, bisa terbentuk, dalam persekutuan Roh dan saling melayani dalam Roh, sehingga tumbuh dengan cepat menjadi Gereja sempurna,yang siap diangkat Tuhan. Ini selesai dalam 3,5 tahun lalu Tuhan Yesus datang mengambil GerejaNya yang sudah siap dengan sempurna.

Beginilah yang akan terjadi sejak tanggal Penentuan itu sampai pengangkatan.

Jangan mengambil pakaian lama dalam rumah. Jangan pakai hidup atau tradisi yang lama, yang seringkali cocok untuk orang2 Kristen campuran (gandum dan lalang, gandum dan sekam, lima gadis bijaksana dan lima gadis bodoh, orang benar dan orang fasik, Abraham dan Lot dsb). Dalam masa campuran ini peraturan yang tertib dan ketat susah diterapkan atau dilakukan. Untuk bertumbuh lebih lanjut, lebih2 untuk penamatan, perlu kerjasama dan persekutuan yang murni, bukan campuran dengan dosa, tetapi ini perlu pemurnian supaya dapat terjadi peningkatan sampai tingkat2 yang sempurna.

Sebab itu sebelum masa penamatan ini, perlu ada pemisahan, sehingga tidak terganggu dan tidak di rem (disabot) oleh lalang2 yang ada di tengah2 gandum.

Kemurahan Tuhan menghendaki lalang tidak dicabut supaya bisa bertobat, berubah menjadi gandum Mat 13:30.

Tetapi kalau waktu penamatan sampai, maka terpaksa harus ada pemurnian, pemisahan antara yang mau dan yang setengah hati, antara lima gadis bijaksana dan lima gadis bodoh, antara Abraham dan Lot yang sudah melirik terus ke Sodom Gomora! Sebab itu jangan pakai pakaian lama, tetapi pakaian baru yang terus diperbarui lagi oleh Allah bagi orang2 yang ber-jaga2. Ini tidak cocok untuk orang yang setengah hati, “terlalu kejam”, tetapi sangat indah dan cocok dengan kerinduan orang2 yang mau ber-jaga2, yang hidup seperti lima gadis bijaksana.

Kalau kita mau menanggalkan pakaian lama, maka pakaian kita akan makin diperbarui dalam fasilitas akhir zaman, terus diperbarui sampai kepada kesempurnaan.

Tit 3:5

bukan oleh perbuatan-perbuatan di dalam kebenaran yang sudah kita lakukan, melainkan karena kemurahan-Nyalah Ia menyelamatkan kita, melalui pencucian kelahiran kembali (ber-ulang2, regeneration), serta pembaharuan (renewing, terus menerus diperbaharui) oleh Roh Kudus, (KJI)

Mari pakai pakaian baru yang terus diperbarui sampai akhirnya masuk dalam rencana kesempurnaan Allah.

TANDA2 DARI MASA PENAMATAN RENCANA ALLAH ADALAH:

  1. Secara rohani, kesucian semua orang dalam Gereja akhir zaman (jalan sempit) yaitu golongan Allah, meningkat dengan cepat, sehingga dikatakan bahwa semua anggota Gereja akhir zaman ini tidak mati tetapi ikut pengangkatan 1Kor 15:51, bahwa kita semua tidak akan mati. Dalam semua terjemahan TL, TB, KJI dll dikatakan hal yang sama, padhaal ini aneh, mana mungkin 100% orang ikut dalam pengangkatan, tetapi ini yang terjadi sebab pada tanggal Penentuan itu semua anggota Gereja dipisahkan dengan sempurna, golongan yang akan ikut pengangkatan dan golongan yang tidak ikut (akan mati dalam dosa atau tertinggal). Inilah keadaan Gereja akhir zaman yang betul (Gereja jalan sempit), semuanya hidup dalam kesucian dan ikut pengangkatan, sebab inilah orang2 yang sekarang mau dan sudah ber-jaga2, sehingga semua yang ber-jaga2 dengan betul (seperti ligabis), terpisah dari mereka yang tidak mau ber-jaga2. Pada saat Penentuan ini Ruangan Suci dipisah mutlak dan sempurna dari Halaman dan sesudah 3,5 tahun Ruangan Suci akan ikut pengangkatan dan Halaman diserahkan sepenuhnya dalam tangan Antikris.
  2. Secara jasmani juga nampak tidak lagi ada dosa di dalam tubuh Kristus akhir zaman ini, Gereja akhir zaman dan salah satu tandanya adalah bahwa mereka bisa hidup bersama, semua milik mereka semua, dimiliki bersama.

Jadi dalam 3,5 tahun ini, semua harta akandimiliki bersama seperti dalam hujan Awal (Dalam hujan Awal hanya untuk sesaat saja).

Kis 2:44-45

44. Dan semua yang percaya itu ada bersama dan segala barang dimiliki bersama.

45. Dan mereka menjual barang-barang dan harta miliknya, lalu dibagi-bagikannya kepada sekaliannya sesuai dengan kebutuhan masing-masing. (KJI)

Disini semua orang beriman, memiliki semua hartanya ber-sama2.

Mungkinkah hal ini terjadi, sekalipun diantara orang beriman ini sulit terjadi. Memiliki semua harta keluarga bersama saja, sudah sangat sulit, apalagi dengan semua anggota Gereja!! Kalau seorang kehilangan beberapa milyard saja sudah sangat sulit, sehingga ber-sungut2, berkelahi dan berbuat banyak dosa2 yang besar, apalagi menyerahkan seluruh miliknya untuk dipakai bersama! Mungkinkah ini? Ya, sebab Firman Tuhan pasti terjadi!Mengapa ini bisa terjadi? Sebab:

  1. Semua umat Tuhan sudah tahu dan yakin dalam 3,5 tahun lagi terjadi pengangkatan.
  2. Mereka saat ini sudah lari naik ke gunung Allah.
  3. Mereka semua yakin, sebab melihat dan mengalami semua fasilitas Allah yang heran, limpah dan sempurna dan semua sudah lari naik ke gunung Allah.

IX.C. GOLONGAN IBLIS, ORANG YANG TIDAK BER-JAGA2.

CELAKA.

Wah 12:12

Sebab itu bersukacitalah, o sorga dan kamu yang tinggal di dalamnya. Wai bagi penduduk bumi dan laut, karena Iblis sudah turun kepadamu dengan amarah yang besar, sebab mengetahui bahwa waktunya sudah singkat. (KJI)

Pada saat ini ada bumi, orang2 masih hidup di atasnya, yaitu dalam masa penamatan rencana Allah, pada akhir zaman (dalam Minggu ke-70 Daniel)

golongan orang2 yang tidak mau ber-jaga2 atau bersedia, yang hidup dalam dosa, sekalipun sudah percaya Tuhan Yesus (seperti ligabo). Sebab mereka tidak bersedia, sehingga hanyut dalam arus deras (“tsunami”) dosa akhir zaman, maka mereka termasuk golongan celaka, sebab pada tanggal Penentuan dan Pemisahan ini, mereka tidak lagi bisa berubah atau pindah jalur, tidak bisa dan tidak mau bertobat.

Lalang tetap jadi lalang, begitu juga sekam, juga ligabo atau lot semua masuk golongan celaka! Orang2 yang main2, yang mendua ini semuanya hanyut dalam aruspolarisasi dosa Wah 22:11, sehingga mereka semua (golongan yang tidak ber-jaga2 ini), pada tanggal penentuan, tetap ada dalam dosa dan ikatannya, dan sekarang makin tumbuh dengan liar dan ganas dalam dosa, makin najis sampai puncak2nya. Mereka ini adalah lawannya dari orang2 golongan yang bersedia (yang tumbuh makin suci sampai pada puncak2 gunung kesucian Allah).

Sebab itu, wai bagi orang2 yang tidak mau bersedia, celakalah mereka yang terikat dan dikuasai perkara2 dosa. Tiga Antikris yang sudah keluar, juga iblis yang marah besar (Wah 12:12) dan kawan2nya, serta semua kaki tangannya menyerang, menarik, menggoda, memaksa dengan luar biasa, sehingga orang2 beriman yang mendua dan yangundur ini, makin berdosa makin najis sampai puncaknya.

Inilah saatnya pemisahan, pemurnian, sehingga yang suci makin suci, yang berdosa makin ber-tambah2 dosanya.

C.1.a. Wai, celakalah mereka yang mengandung.

Mat 24:19

Tetapi celakalah mereka yang mengandung dan yang menyusui bayinya pada masa itu. (KJI)

Inilah golongan orang celaka (Wai) yang pertama, yaitu orang2 yang mengandung dan menyusui bayinya.

Mengandung.

Orang2 celaka ini bukan mengandung benih2 Firman Tuhan atau jiwa2 atau hal2 dari atas, tetapi mengandung penuh dengan dosa dan segala hal yang membawa kebinasaan.

Pada tanggal penentuan ini, keadaan dunia ada dalam 2 extreem, yaitu ekstrem suci atau dosa, yang sudah bertumbuh ke arahpuncak2nya. Mereka yang mengandung dosa begitu banyak, tidak lagi mau dan tidak bisa bertobat.

Seperti zaman Nuh, semua orang dalam zaman ini sudah begitu jahatnya di hadapan Allah Kej 6:5, sehingga sekalipun ada tanda2 dan mujijat yang besar (bahtera keselamatan selesai dan binatang2 dengan ajaib datang masuk menurut panggilan ilahi, masuk dalam bahtera, dan berubah jadi jinak, ini mujizat 100%); juga Nuh adalah pengkhotbah yang tekun berbicara kepada orang2 zamannya, tetapi pada saat ini, mereka tidak bisa dan tidak mau lagi bertobat, sampai akhirnya pintu tertutup, seperti sesudah 5 gadis bijak masuk Mat 25:10, Kej 7:16. Juga pintunya tertutup dan lima gadis bodoh tidak lagi bisa masuk.

Begitu juga dalam zaman Lot, mereka terang2an berzina dengan begitu keji, dan Lot menawarkan kegadisan anak2nya tanpa malu atau tertusuk perasaan hatinya Kej 19:7-8, apalagi orang2 Sodom yang sudah hangus dan terbakar perasaan hatinya Ams 14:16.

Sesudah Lot diseret keluar oleh malaikat Kej 19:16, ia tetap tidak mau bertobat dan kembali dengan Abraham dalam persekutuan yang benar, tetapi tetap mencari persekutuan dosa di Zoar, negeri kecil, tetapi dosanya sama besar dan jahatnya seperti Sodom yang harus dibakar, tetapi tidak jadi dibakar sebab Lot masuk ke dalamnya. Seharusnya Lot lari ke gunung (yang suci, yang tidak dihukum Allah), tetapi ia memilih Zoar yang sama jahatnya seperti Sodom Kej 13:13. Seharusnya Lot bisa menggarami Zoar yang jahat itu, tetapi Lot sudah tidak mau dan tidak bisa bertobat lagi, sebab itu ia tidak bisa menggarami (waktu Zoar dapat kesempatan lagi bertobat, karena Lot datang di dalamnya), tetapi ternyata Lot tidak bisa menggarami, garamnya tidak asin, justru ia hanya dalam dosa2 yang limpah sampai akhirnya binasa kekal Kej 19:17-21.

Sebab itu jangan hidup dalam dosa, sekalipun dalam pikiran (ini tempat yang tidak kelihatan! Tetapi sumber utama dari semua dosa). Kita harus merdeka dari dosa, mati lepas dari dosa, sebab orang yang plin plan dan mendua akan hanyut dalam arus dosa yang besar (Polarisasi dosa Wah 22:11), tidak akan bisa bertahan dalam hari2 akhir zaman yang dahsyat ini. Orang benarpun bisa selamat dengan susah payah, harus turut pikul salib yang besar untuk bisa selamat (tetapi kalau mau, ada hujan Akhir yang besar dan Roh Kudus pasti bisa menolong, kalau mau), apalagi orang fasik dan undur dari Tuhan, tidak akan selamat, semua hanyut, bahkan ber-tambah2 dalam dosa yang keji dan tinggi.

C.1.b. Dan menyusui bayinya.

Mat 24:19b

….dan yang menyusui bayinya pada masa itu(KJI)

Ibu dan bayinya begitu lekat jadi satu, yang tidak terpisahkan. Begitu orang2 yang hidup dalam dosa tidak akan lepas lagi dari segala “bayi”nya, yaitu hasil dan kehidupan dosanya atau proyek2kejahatan dan kekejiannya seperti zaman Nuh dan zaman Lot, sehingga semuanya binasa, tidak ada yang selamat. Ini lain dengan Nuh atau Abraham yang ber-jaga2, berbeda sekali!Sebab itu wai, celaka! Jangan punya bayi atau proyek dosa dan kejahatan, sebab ini lekat pada orang2 yang hidup dalam dosa dan ini yang menyesatkan dan membinasakan orang2 berdosa akhir zaman ini, tidak lagi bisa bertobat 1Pet 4:18.

C.2. Jangan waktu musim dingin.

Mat 24:20

Berdoalah supaya pelarianmu itu jangan terjadi pada musim dingin, atau pada hari Sabat. (KJI)

Heran, bagi orang yang ber-jaga2, hari2 itu bukan musim dingin (mereka bisa lari, bisa taatmelakukan semua Firman Tuhan, bahkan terus meningkat dalam gunung kesucian Allah). Musim dingin ini hanya bagi yang tidak ber-jaga2.

Musim dingin ini adalah keadaan rohaninya yang dingin dan ditolak Tuhan Wah 3:16. Ini jauh lebih jahat dari suam, sudah maksimalnya, sebab terang-terangan dingin, melawan Allah, sengaja tidak lagi mau bertobat.

Mereka tumbuh dengan cepat di dalam dosa2nya, dalam arus dosa akhir zaman yang dahsyat, banjir dosa. Inilah orang2 yang tidak bisa dan tidak lagi mau bertobat, keras hati dalam dosa, tingkatan dosa2nya sudah naik sampai tingkatan2 yang tinggi dan tidak mau lagi kembali Luk 5:39.

C.3. Pada hari Sabat.

Mat 24:20b

….. pada musim dingin atau pada hari Sabat (KJI)

Pada hari Sabat orang dibatasi, tidak boleh berbuat ini dan itu, sekedar yang mutlak untuk hidup. Ini orang2 beriman, sebab mereka mengenal sabat. Mereka tidak bisa berbuat apa2, padahal dalam hari2 ini ada kegerakan Roh Kudus yang luar biasa dan segala macam kelimpahan perkara2 dari atas, sebab perlengkapan akhir zaman dicurahkan Allah dengan limpah.

Bahtera Nuh didirikan, sampai akhirnya proyek penamatan Allah ini selesai! Orang2 zaman Nuh tetap tidak mau percaya. Mereka sebetulnya tahu dan kenal Tuhan, (Adam masih hidup pada waktu kakek dan bapak Nuh lahir, sesudah ditetapkan batas kemurahan Allah, umur dan kesempatannya tinggal 120 tahun lagi (keluarga),tetapi mereka terbatas seperti orang dalam hari sabat. tetapi mereka tetap tidak mau percaya. Ada sebagian orang ikut bekerja didalamnya (sebab Nuh dan 3 putranya tidak mungkin bisa membangunnya sendiri), tetapi orang2 yang ikut bekerjasama dengan Nuh (kira2 mereka diberi upah), tetapi semuanya binasa dalam air bah, sebab semuanya tidak mau percaya pada Nuh dan beritanya,meskipun tahu dan melihat dengan mata kepala sendiri apa yang dibuat Nuh dalam kesucian (tidak ikut dosa2 orang zamannya) dan dalam pimpinan Allah itu amat ajaib dan heran!

Begitu banyak orang beriman yang sudah percaya Tuhan Yesus, tetapi tumbuh dalam dosa yang makin lama makin dahsyat seperti orang zaman Nuh. Mereka semua sudah mengenal Allah, bahkan sebagian mula2 sudah percaya dan masuk Gereja, bahkan penuh Roh Kudus seperti lima gadis bodoh, tetapi kemudian mendua, suam, undur dan hanyut dalam dosa yang makin keji, tidak lagi bisa berbuat apa2, mereka seperti berada dalam hari Sabat!

Kalau kita di dalam Roh, kita ada kebebasan, bisa melakukan segala perkara dengan bebas dalam pimpinan Roh 2Kor 3:17, bahkan bisa tumbuh sampai sempurna. Tetapi orang2 ini meskipun ingin tetapi tubuhnya lemah Mat 26:41,dikuasai dosa dan ikatan iblis, sehingga dibatasi dalam segala perkara, tidak bisa taat akan Firman Tuhan yang ini dan yang itu, seperti hidup di hari Sabat, tetapi juga tidak mau bertobat, sebab hidup dalam dosa di luar Tuhan. Akhirnya orang2 ini mendapat pintu tertutup seperti pintu kapal Nuh, sekalipun belum mati, sekalipun keadaan sekitarnya belum berubah, baru sesudah itu hujan turun dan celaka itu datang per-lahan2 sampai semuanya mati dalam dosanya dan binasa kekal.

KESIMPULAN.

Segala tanda2 dan kesukaran yang terjadi hari2 ini adalah permulaan sengsara (belum datang tanda2 yang pasti pada permulaan Minggu 70 Daniel (yaitu tanggal penentuan). Meskipun begitu,  jangan hanya memikirkan hal2 yang fana seperti penyakit, bahaya kematian, wabah, kesukaran keuangan, ancaman bahaya dll, tetapi terutama pikirkanlah kematian kekal dalam Neraka Mat 10:27. Sebab itu sungguh2lah bertobat dan hidup dalam kesucian, bersedia dan ber-siap2 untuk kedatangan Tuhan, istimewa menghadapi pintu kemurahan Allah yang akan ditutup pada tanggal penentuan dan pemisahan itu!

Jadi pada akhir zaman ada tanda2 kedatangan Tuhan yang umum dan yang pasti seperti 3 tanda pasti yang dinubuatkan Firman Tuhan, tetapi sekarang belum muncul.

  1. Yerusalem dikepung.
  2. Injil sampai di seluruh dunia.
  3. Yang keji berdiri di atas bait Allah.

Sebab itu kita harus ber-jaga2 mulai sekarang, sebab kita tidak tahu bila tanda pasti ini muncul dan bila jatah hidup kita habis. Orang yang bisa dan mau ber-jaga2 seperti lima gadis bijak, pada waktu tanda2 pasti itu terjadi, yaitu pada tanggal Penentuan dan Pemisahan, maka sebab sudah bersedia dan ber-jaga2, ia akan:

  1. Dapat lari dengan cepat seperti kilat, naik ke gunung kesucian Allah,
  2. Tetap tinggal di atas sotoh untuk berdoa dan memberitakan Firman Tuhan dalam persekutuan tubuh Kristus di manapun dan
  3. Tetap tinggal di ladang, makin tumbuh dengan pesat dalam pelayanan, tidak lagi dalam pakaian cara hidup dan ibadah yang lama.

Wai bagi yang tidak bersedia, mereka akan terpisah, mereka sudah pasti akan binasa karena tidak mau ber-jaga2 dan makin ber-tambah2 dalam dosa dan kejahatannya.

Wai bagi orang2 ini:

  1. Yang mengandung dan menyusui bayi proyek2 dosa dan kejahatannya,
  2. Yang ada dalam musim dingin dan
  3. Ada pada hari Sabat, tidak lagi bisa berbuat apa2 untuk keselamatannya, tetapi hanyut dalam dosa sampai kebinasaannya.

Jangan 100% pikiran, perhatian dan waktu kita hanya untuk mendengarkan dan mengatasi yang fana. Pakai sedikitnya 50% dari semua kekuatan, pikiran dan waktu kita untuk bersedia secara rohani, bahkan kalau bisa lebih dari 50%. Bersedialah sungguh2, tebus waktu dan pakailah semua kesempatan yang ada, tebus waktu se-bisa2nya untuk bertumbuh dalam 7 KPR supaya kita tinggal dalam kesucian dalam golongan atau pihak Allah, dan terus taat melakukan kehendak Allah dipimpin Roh Kudus. Tekunlah terus berdoa dalam Roh dan limpah dengan 7 KPR*, supaya kita makin mahir berjalan dalam Roh dan disiapkan untuk hari yang mulia dan indah itu, baik secara pribadi atau bersama.

Nyanyian:

Sungguh tidak lama lagi,

Tuhan Yesus datanglah.

Hidup dalam kesucian,

berdoa dan jagalah.

*) SSS DIAM = Salib, Sekutu, Suci, Doa, Ibadat, Alkitab, Melayani.

Lebih lengkapnya lihat buku: 7 KPR.

Seperti Abraham dipisahkan dari Lot.

Kej 13:7-9

  1. Dan lagi berbangkitlah perbantahan antara segala gembala lembu kambing Abram dengan segala gembala lembu kambing Lut; maka tatkala itu orang Kanaan dan orang Ferizipun menduduki tanah itu.
  2. Maka kata Abram kepada Lut: Janganlah kiranya jadi perbantahan antara aku dengan dikau dan antara gembalaku dengan gembalamu, karena kita ini bersaudara.
  3. Bukankah sekalian tanah ini di hadapanmu? Berasinglah kiranya engkau dari padaku. Jikalau engkau pergi ke sebelah kiri, maka aku pergi ke sebelah kanan kelak, dan jikalau engkau pergi ke sebelah kanan, maka aku akan pergi ke sebelah kiri.

Pemisahan ini tidak kebetulan. Allah tahu lebih dahulu semua yang akan terjadi dan Tuhan membiarkan Abraham berpisah dari Lot. Kelihatannya Allah mendorong hati Abraham itu menentukan pemisahan itu, sebab segera sesudah berpisah, Allah langsung berfirman kepada Abraham, katanya: “Sekarang angkatlah matamu” Kej 13:14. Sebab Allah bicara dan menyatakan janjiNya bagi Abraham, tetapi Lot masuk dalam pergaulan yang jahat sekali, tetapi itu sesuai dengan selera dan keinginannya.

Kej 13:12-13

  1. Maka Abrampun diamlah di tanah Kanaan, tetapi Lut itu tinggal di dalam negeri-negeri di padang itu serta didirikannya kemahnya sampai ke negeri Sodom.
  2. Maka segala orang isi negeri Sodom itu orang jahat adanya dan orang berdosa terlalu sangat di hadapan Allah.

Sebab itu, kita bisa menyimpulkan bahwa pemisahan ini dari Allah dan sampai mati, tidak pernah bertemu lagi, (kecuali sesudah dilepaskan dari tawanan raja Kedorlaomer, tetapi Lot tetap tidak mau kembali pada Abraham. Kalau Lot mau kembali, pasti Abraham tidak akan menolak sesudah diolah dan diajar Tuhan dengan dahsyat). Jadi sekalipun sudah dilepaskan dari maut, oleh Abraham sampai 2 kali, Lot tetap tidak mau kembali kepada Abrahamn.

Inilah pemisahan, sebab sesudah sampai waktunya, masa kemurahan Allah habis, maka mereka dipisahkan. Tidak lagi terus bertengkar antara gandum dan lalang, tetapi dipisahkan Tuhan untuk selamanya. Baru sesudah pemisahan ini, se-olah2 Abraham sudah dimurnikan, dipisahkan dari campuran “lalang” maka janji Allah yang besar2 turun ke atas rumah tangganya.

Jangan undur seperti Lot, nanti terpisah dari Abraham, kalau sudah datang tanggal Penentuan dan Pemisahan itu.

Hari Pemisahan.

– antara orang yang di gunung dan di kota Mat 24:??

– antara orang yang di sotoh dan di dalam rumah Mat 24:??.

– antara orang yang di ladang dan di rumah Luk 21:??

Mereka terpisah, sehingga masing2 golongan dimurnikan dalam kesucian atau dalam kenajisan, sehingga masing2 bisa bertumbuh dengan tidak terganggu atau di-halang2i ini, baik yang suci makin suci dan yang dosa makin ber-tambah2 dosanya, sehingga masing2 golongan bisa mencapai puncak2nya dalam kesucian atau dosa.