M4201 – Yesus Sudah Bangkit ( Yesus Hidup )

MARKUS 16:6. YESUS SUDAH BANGKIT (YESUS HIDUP).

PENDAHULUAN.

Ada banyak istilah2 yang sudah menjadi tradisi, misalnya

Jumat Agung adalah kematian Tuhan, Paskah adalah kebangkitan. Dalam Firman Tuhan, Paskah = dilewati = pass over KJ, ini terjadi di Mesir, dimana domba Paskah disembelih (= kematian Kristus, bukan kebangkitanNya) dan baru sesudah keluar dari laut Kolsom, berarti ini yang mempunyai artikebangkitan (sesudah mati 3 hari dalam kubur). Di Mezbah Korban Bakaran = Salib, Kristus mati, inilah Paskah dan sesudah di kubur 3 hari, ini seperti lewat laut Merah yang berarti seperti kolam pembasuhan (yaitu baptisan air, mengubur hidup lama yang sudah dimatikan di Mezbah (= Salib, = Paskah) itu bangkit dalam hidup baru 1Kor 10:2), dan sesudah itu baru berjalan di padang gurun, tetapi dengan tiang awan dan tiang api, dan ada manna, ada air, ada penyertaan Tuhan dan terus berjalan sampai masuk Kanaan.

Jadi lebih baik, lebih tepat di Mesir (Mezbah Korban Bakaran) lalu kebangkitan di hari Minggu.

Batu untuk tutup lubang kubur dan dimeteraikan Mat 27:66. Batu besar digulingkan (G 4351) ke kubur untuk menutup Mat 27:60, Mrk 15:46. Waktu bangkit malaikat menggulingkan batu ini G617 Mat 28:2, Mrk 16:3, Luk 24:2, lalu malaikat itu duduk di atasnya Mat 28:2. Dalam Yoh 20:1 waktu Maria Magdalena ke kubur, ia melihat bahwa batu itu sudah disingkirkan (G142) Yoh 20:1.

PERISTIWA2 YANG TERJADI WAKTU KEBANGKITAN.

  1. Kemana Putra manusia Yesus? Mereka semua tidak tahu kemana Yesus sesudah mati, dan diam dalam ketakutan. Tetapi Alkitab menceritakan apa yang terjadi sesudah mati Ibr 9:27. Pada satu saat semua orang mati akan bangkit (dalam tubuh kebangkitan = tubuh kemuliaan) Yoh 5:28-29. Ada kebangkitan orang benar dan orang berdosa. Kebangkitan orang benar terjadi pada hari kebangkitan waktu Putra manusia Yesus datang kembali 1Tes 4:16-17. Semua orang benar yang mati dalam Yesus akan bangkit, tetapi yang masih hidup, berubah dalam sekejab lalu ikut pengangkatan. Inilah orang2 Generasi Akhir Zaman yang ber-jaga2, ikut pengangkatan. orang Generasi Akhir Zaman yang tidak ber-jaga2 seperti lima gadis bodoh, akan tertinggal. Yang hidup dalam dosa akan hanyut dalam tsunami dosa dan mati, jadi korban dosa dan kejahatan.

Mereka yang sudah menjadi sempurna, langsung berubah menjadi tubuh kemuliaan,seperti Henokh dan Elia lalu naik ke Surga dalam tahta Allah, tetapi Putra manusia Yesus meskipun sudah jadi sempurna, tetap harus mati, sebab harus menjadi korban penebusan bagi dosa manusia Yoh 1:27. Tetapi sesudah 3 hari langsung bangkit, menjadi tubuh kebangkitan atau tubuh kemuliaan, tidak menunggu sampai hari kebangkitan, sebab Ia sudah menjadi Manusia yang sempurna, langsung naik ke Surga. Orang sempurna Wasiat Lama harus menunggu sampai dosanya lunas oleh darah Yesus yaitu waktu dicurahkan di Golgota, baru mereka bangkit Mat 27:52-53 (ini kebangkitan buah sulung 1Kor 15:23) dan menunggu Putra manusia Yesus bangkit, ikut masuk ke Surga. Tetapi sesudah Golgota, orang Wasiat Baru yang jadi sempurna, tanpa kematian langsung naik ke Surga (terbanyak terjadi waktu masa penamatan dalam Minggu ke-70 Daniel); Ini digambarkan oleh anak laki2 yang baru lahir dari perempuan (= Gereja akhir zaman) Wah 12:5, langsung naik ke tahta Allah, sebab mereka sudah sempurna. Ini bukan bayi atau kanak2 rohani, tetapi rohaninya sudah sempurna, sehingga bisa langsungmasuk dan duduk di tahta Allah, Ruangan Maha Suci) melalui Tirai yang sudah terbuka waktu Putra manusia Yesus mati Ibr 10:20.

  1. Pelayanan sesudah Golgota.Pelayanan sesudah kebangkitan adalah bentuk pelayanan orang sempurna, ini lain daripada pelayanan Kristus sebelum Golgota, itu untuk umum. Pelayanan orang sempurna itu seperti pelayanan Ruangan Maha Suci dan itu hanya untuk Ruangan Suci. Pelayanan Ruangan Suci (sebelum Golgota) itu seperti pelayanan Ruangan Suci (harus dalam kesucian, tulus, cocok dengan Firman Tuhan, berkenan pada Tuhan), itu bisa untuk Halaman dan Luar Halaman. Sebab itu yang dilayani Kristus sesudah kebangkitan itu hanya sedikit orang, yaitu mereka yagn sudah percaya dan mau taat pada Tuhan dalam kesucian. Jumlahnya hanya sedikit, maksimal hanya 500 orang 1Kor 15:6. Tetapi ini pelayanan yang luar biasa, ajaib, sebab dilayani dari tahta Allah seperti yang dinubuatkan dalam:

Yoh 1:51

Dan Ia berkata kepadanya, Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepadamu, Sesudah ini engkau akan melihat langit terbuka, dan malaikat-malaikat Allah naik dan turun ke atas Putra manusia. (KJI)

Ini pelayanan orang sempurna bagi tubuh Kristus yaitu orang2 dalam Ruangan Suci. Orang Halaman tidak akan tahan, bisa kena hukuman, sebab ada dosa, tidak tulus, sehingga bisa mati di tempat. Sebab itu pelayanan Kristus sesudah Golgota, hanya terbatas untuk orang2 di tingkat Ruangan Suci saja.

Pelayanan orang sempurna juga akan dilakukan oleh orang2 yang menjadi sempurna pada akhir zaman, istimewa dalam Minggu ke-70 Daniel, dan itu amat sangat menguatkan Gereja akhir zaman sehingga menjadi ajaib dan siap untuk pengangkatan. Ini adalah pelayanan Ruangan Maha Suci, hanya untuk orang2 tingkat Ruangan Suci, bukan untuk tingkat Halaman/ luar Halaman, bukan untuk orang2umum seperti pelayananNya sebelum Golgota.

Sebab itu pelayanan orang sempurna pada akhir zaman (dalam Minggu ke-70 Daniel), itu hanya untuk golongan Gereja jalan sempit yang sangat tertib dalam kesucian dan ketaatan 2Kor 10:7 (yang tidak hidup dalam kesucian atau taat akan Firman Tuhan (hidup dalam dosa), tidak akanberani dan tidak dapat ikut golongan ini, sehingga mereka pindah Gereja, keluar dari Gereja yang tertib ini, sebab kalau ada salah, bisa langsung mati di tempat seperti Ananias dan Safira Kis 5:1-12.

Kis 5:13

Dan sisanya, tidak seorangpun berani menggabungkan dirinya dengan mereka, tetapi orang banyak itu menghormati mereka. (KJI)

III. ARTI KEBANGKITAN KRISTUS BAGI KITA.

  1. Yesus bangkit, hidup, tidak lagi mati. Ia memakai tubuh kebangkitan yaitu tubuh kemuliaan Fil 3:21. Seluruh sisa tubuh waktu mati, habis, hilang, dipakai, berubah jadi tubuh kebangkitan (seperti biji yang ditanam, dipakai semua untuk menjadi kecambah yang baru tumbuh 1Kor 15:37,38 dalam bentuk tubuh yang berbeda 1Kor 15:42-44 KJI).

Hidup ini bukan hanya sekarang, masih akan bersambung dalam zaman yang akan datang, yaitu dalam alam roh dan Surga Bumi Baru yang keadaannya sama sekali berbeda dengan sekarang, tanpa kematian dan kekal dan jauh lebih baik. Murid2 terkejut sebab ternyata Yesus “masih” hidup, bisa bergaul dan hidup ber-sama2.

Dengan tubuh kebangkitan yang keadaannya lain (kekal, tidak bisa mati lagi), Ia tetap bisa bersekutu dengan murid2 dan orang lain (sampai 500 orang 1Kor 15:6), ber-cakap2, makan bersama Yoh 21:12, bisa dijamah (Yoh 20:27, Luk 24:31) bahkan Putra manusia Yesus tetap melayani dengan banyak pengajaran tentang kerajaan Allah, tanda2 dan mujizat Kis 1:2 dst, Yoh 21:22-25.

Sekalipun keadaan tubuhnya sangat jauh berbeda, sebab tembok dan pintu tertutup bisa tembus, tidak perlu rumah untuk tidur, naik ke atas di udara, bisa dengan sendirinya, tidak perlu tenaga atau helikopter dll. Ternyata mereka sudah melihat orang dari zaman yang akan datang! Kalau bisa melihat orang Mars atau bulan (kenyataannya tidak ada) itu sangat mengejutkan. Ini melihat orang yang hidup di sebrang kematian! Orang yang hidup dalam zaman yang akan datang, zaman kekekalan. Mereka melihatbentuk tubuh kemuliaan dari hidup kekal yang akan datang, luar biasa. Kalau bisa melihat hantu atau malaikat dari dunia roh, itu sudah luar biasa, apalagi melihat orang dari zaman yang akan datang sesudah kebangkitan! Ini sangat luar biasa. Jadi ada kehidupan sesudah kematian. Ada hidup yang akan datang di sebrang maut, semua orang akan bangkit (baik orang benar dan orang dosa) dan akan masuk dalam hidup yang akan datang, sesudah mati. Tentu kemuliaanNya diredam (dikurangi), supaya bisa dilihat dan berkumpul ber-sama2, kalau tidak, sebab terlalu mulia bisa pingsan atau mati! Juga Yohanes pembaptis beberapa tahun kemudian melihat lagi Putra manusia Yesus dalam tubuh kemuliaan yang heran di pulau Patmos Wah 1:12,17.

Wah 1:13

Dan di tengah-tengah ketujuh kaki pelita itu ada seorang yang seperti Putra Manusia, berpakaian sebuah jubah sampai ke kaki, dan bersabuk di dada dengan sabuk emas. (KJI)

Tetapi juga disini kemuliaan Putra manusia Yesus yang sempurna diredam, sehingga Yohanesdapat terus melihat dan mendengar kata2Nya panjang lebar tentang 7 Gereja, ia bisa tahan seperti waktu di Yerusalem.

Orang2 yang termasuk Generasi Akhir Zaman (yaitu yang masih hidup waktu pengangkatan), dan mereka sekarang sudah ber-siap2 (Mat 24:42), sehingga waktu itu termasuk dalam golongan Gereja akhir zaman yang suci dan sangat tertib 2Kor 10:6 (jalan sempit), akan juga melihat banyak orang sempurna yang naik turun dari tahta Allah melayani manusia,  sama seperti murid2 dilayani oleh Putra manusia Yesus sesudah kebangkitan.

Ini pelayanan dari tahta Allah untuk Putra manusia Yesus (Yoh 1:51), juga Yacob mengalaminya Kej 28:12. Pelayanan dari tahta Allah adalah pelayanan dari orang sempurna yang bisa masuk ke tahta Allah. Malaikat = utusan Allah, itulah orang2 sempurna yang pada akhir zaman diutus Allah dari tahtaNya untuk melayani tubuh Kristus, Gereja akhir zaman, untuk meningkatkan, mempersiapkannya, sehingga menjadi sempurna, siap untuk ikut dalam pengangkatan.

Yoh 1:51

Dan Ia berkata kepadanya, Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepadamu, Sesudah ini engkau akan melihat langit terbuka, dan malaikat-malaikat (utusan Allah, yaitu orang2 sempurna di tahta Allah) Allah naik dan turun ke atas Putra manusia (yaitu Gereja akhir zaman). (KJI)

Kita mempunyai hidup yang akan datang yang sangat indah, hanya bisa senang, gembira, tiada tangisan atau air mata dan tidak bisa mati lagi Wah 21:4. Hidup ini berlangsung untuk kekal dalam proyek2 dan rencana Allah yang indah dan selalu baru untuk kekal Wah 22:2-5. Sangat indah dan mulia. Tetapi orang yang punya hidup yang kekal itu juga mendapat faedahnya untuk hidup yangsekarang, tetap terpelihara Mat 6:33 supaya diolah sesuai rencana Allah yang ingin supaya semua kita bisa tumbuh se-tinggi2nya bahkan kalau bisa sampai sempurna. Apalagi kalau kita termasuk golongan Generasi Akhir Zaman (GAZ) yang ikut pengangkatan (sebab ber-jaga2), tidak akan mati dalam tangan Allah. Ini keadaan yang luar biasa, meskipun mengalami pencobaan sampai seperti mati (dahsyat sekali), tetapi tidak mungkin mati sebab sudah tergolong orang generasi akhir zaman yang akan ikut pengangkatan.

Juga mereka akan mengalami pelayanan orang sempurna begitu banyak pada hari2 penamatan ini, sangat tertib, suci, mulia dalam kesucian Allah, terus menang menjadi Gereja akhir zaman yang ajaib Wah 12:1.

Hidup ini bukan hanya untuk mengatasi problem2 yang kita hadapi dalam dunia sekarang yang di hadapan kita 2Pet 1:9, tetapi kita harus bisa melihat terus sampai kekal. Jangan hanya sampai untung di dunia, seperti Lazarus. Meskipun ia miskin dan melarat, tetapi tetap jujur, benar, tidak berdusta, tidak ber-sungut2 dan sungguh2 mencari Tuhan. Kelihatannya ia termasuk yang paling miskin, tetapi ternyata luar biasa di Surga mulia seperti Abraham dan untuk kekal, tetapi rugi dalam kekekalan seperti orang kaya tetangga Lazarus Luk 16:25; 12:20-21. Lebih baik rugi di dunia, tetapi untung dalam Surga, seperti Lazarus. Sebab itu kita perlu berpada dalam dunia ini dalam segala hal 1Tim 6:8, Fil 4:12-13, bahkan pakailah dunia ini seperti orang yang tidak memakai 1Kor 7:31. Apa sikap seperti ini melarat dan celaka? Tidak! Kita tidak perlu kuatir sebab Tuhan sanggup memelihara kita dengan betul dan lengkap Mat 6:33.

 

  1. Rencana Allah akan genap dengan sempurna. Memang ini sudah direncanakan Allah:
  2. Oleh kematian Kristus kita berubah menjadi orang baru, merdeka dari dosa, bisa tumbuh seperti Kristus dan penuh dengan kemenangan sebab disertai Tuhan. Ini penebusan yang digenapkan dalam kematianNya, yang membuat kita selamat, jadi orang baru, menjadianak2 Allah. Dengan kebangkitanNya, rencana Allah jadi genap, Putra manusia Yesus yang menjadi kepala dari tubuh Kristus Ef 5:23 sudah menjadi sempurna, selesai, rencana Allah genap di dalam kepala tubuh Kristus dan sekarang ditunggu kemenangan dari tubuh Kristus, sehingga musuh ditaklukkan di bawah kaki tubuh Kristus Ibr 2:8. Tetapi pasti rencana akan genap, kepalanya sudah menang, juga tubuhnya, sampai musuh ditaklukkan di bawah kaki tubuh Kristus Ef 1:22, 1Kor 15:25.Kematian dan kebangkitan Kristus menjadi 1 set lengkap dari penggenapan rencana Allah dalam Kristus, mempelai laki2 Surgawi, manusia tumbuh sampai menjadi seperti Kristus. Jadi tidak hanya kematianNya, tetapi juga ada kebangkitanNya melengkapi dan menyempurnakan rencana Allah. Rencana Allah bukan hanya selamat dan untuk hidup yang sekarang ini, tetapi supaya orang yang selamat itu tumbuh sampai menjadi Gereja yang sempurna dan mulia untuk kekal.

Apakah Gereja yang sempurna itu?

Gereja yang sempurna itu bukan berarti semua orangnya sempurna, tetapi semuanya selamat masuk Surga, tetapi dalam tingkatan kemuliaan yang ber-beda2, yaitu sesuai dengan tingkat rohani yang terakhir dalam dunia Luk 19:17. Ada yang sekedar selamat seperti menerusi api 1Kor 3:15 (seperti penjahat yang disalib Luk 23:43), terus ber-tingkat2 sampai tingkat yang tertinggi, yaitu mempelai perempuan Anak domba yang sempurna, yang akan ada di atas gunung Sion, 144.000 orang Wah 14:1. Tetapi semua tingkatan dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi akan genap jumlahnya waktu pengangkatan; inilah Gereja yang sempurna yang siap untuk ikut terangkat.

Ini kesempatan indah yang luar biasa, sebab itu jangan hanya selamat atau di perbatasan, kemungkinan jatuh dan binasa besar, naiklah lebih tinggi Fil 3:14 KJI.

Tumbuhlah dalam kesucian, penuh dengan karunia2 Roh Kudus, dengan tabiat baru sampai lengkap seperti Kristus. Juga dengan pelayanan yang sesuai dengan jabatannya masing2 sebagai anggota tubuh Kristus, termasuk jabatan pemimpin2 dalam Ef 4:11-12 dan dengan segala fasilitas lainnya, jasmani dan rohani, sehingga terus bertumbuh dalamhidup berkemenangan dan sukacita Yoh 4:14, Yez 47:1-5 sampai tingkat2 yang tertinggi.

Rencana Allah dalam tubuh Kristus.

Rencana Allah dalam pribadi masing2.

Allah membuat rencana untuk setiap pribadi, semua sama2 indah, top, sejak mulai lahir baru, sebab Allah tidak membedakan orang Rom 2:11, dengan sangat teliti dan indah Yer 29:11.

Ef 2:10

Sebab kita ini buatan Allah, diciptakan di dalam Kristus Yesus untuk melaku-kan perbuatan-perbuatan baik, yang sudah disiapkan Allah sebelumnya, supaya kita menjalaninya. (1Kor 12:6) (KJI)

Tetapi karena kebodohan, lalai dan terutama karena dosa, maka rencana Allah bisa merosot sampai jadi kecil, bahkan sampai habis atau hilang keselamatannya. Sebab itu kita harus hidup suci, taat dipimpin Roh, mengerti rencana Allah dan belajar hidup dipimpin Roh, sehingga kita betul2 mengalami seluruh rencana Allah (sedapat mungkin) sampai seperti Kristus. Secara pribadi untuk setiap anakNya itu.

Rencana Allah ber-sama2 dalam tubuh Kristus.

Rencana Allah terjalin satu sama lain, dan dirajut jadi satu dalam keluarga, dalam Gereja lokal sampai akhirnya Gerejatingkat global, dan kalau semua sudah genap, baru Tuhan datang.

Sebab itu perlu diperhatikan persekutuan dalam Roh dari semua anggota tubuh Kristus ber-sama2, mulai dari persekutuan yang kecil yaitu suami-istri, keluarga, harus betul2 terpelihara dalam kasih dan kesucian.

1Yoh 1:7

Tetapi jika kita berjalan di dalam terang, sebagaimana Ia juga ada di dalam terang, maka kita bersekutu satu sama lain, dan darah Yesus Kristus, Putra-Nya, menyucikan kita dari segala dosa. (KJI)

 

Belajar bisa bersekutu dengan baik, jangan sampai terpecah, sebba iblis akan masuk dan rencana Allah rusak, merosot atau batal dan orang yang tertipu oleh iblis akan terseret dalam rencana kebinasaan dari iblis. Belajar bersekutu dengan semua anak2 Allah terus menerus dalam kesucian dan kasih (aklau ada kasih akan ada pengampunan yang tuntas. Jangan sampai menunda atau menolak mengampuni, itu menjadi pintu masuk bagi iblis, merusak persekutuan kita dan mulai kalah!(lalang2 tidak bisa bersekutu dalam Roh, kecuali lalang2 bertobat, dan menjadi gandum; kalau tidak berubah, tetap binasa Mat 13:30, perlu dilayani sampai berubah menjadi gandum. Dalam Akhir zaman juga ada Gereja jalan lebar dan jalan sempit Wah 2-3, yang tidak bisa bersekutu ber-sama2 dalam Roh). Belajar memperluas persekutuan dalam kesucian dan kasih dengan semua orang2 di sekitar kita, sampai seluruh Gereja, bahkan antar Gereja di atas kebenaran Firman Tuhan. Ini arah yang betul sebab semua adalah anak2 Allah yang satu kali akan duduk bersama di Surga, kalau di dunia tidak bisa duduk bersama dengan manis, ada pihak2, apalagi ada kebencian, maka orang yang tidak bisa bersekutu juga tidak bisa masuk Surga, sebab di Surga tidak ada pihak2 dan kebencian!

c. Tumbuh dalam persekutuan seperti Trinitas.

Yoh 17:23

Aku di dalam mereka, dan Engkau di dalam Aku, supaya mereka disempurnakan di dalam satu persekutuan, dan supaya dunia ini mengetahui bahwa Engkau telah mengutus Aku, dan mengasihi mereka sebagaimana Engkau mengasihi Aku. (KJI)

Kita hanya bisa tumbuh jadi sempurna dalam persekutuan yang betul seperti Trinitas, persekutuan tubuh Kristus dalam Roh Fil 2:1, Ef 4:3, yaitu dalam kesucian dan kasih 1Yoh 1:7. Orang yang tidak bisa bersekutu dengan manis dalam kesucian yang tulus dan kasih, ia tidak akan bisa tumbuh, bahkan sampai ber-tahun2, tumbuhnya lambat sekali, seperti bantut. (Beberapa orang berpikir salah, asal tidak berdosa, tidak peduli dengan saudara2 yang lain, tidak bersektuu, ia merasa tidak apa2, tidak bersalah. Padahal kalau tidak bisa bersekutu itu seperti otak tidak bisa bersekutu dengan tangan, dengan mata, kaki dll, ini namanya tubuh yang lumpuh, kena stroke, tidak bisa berfungsi, tidak produktif, tidak berbuah, ini namanya sakit, kalau dibiarkan akan mati! Harus ada hubungan dan persekutuan antar anggota2 keluarga, antar anggota2 dalam Gereja, ini penting! Sebab itu kita perlu belajar bersekutu, bukan hanya berdoa, ibadah, tetapi juga bersekutu dalam salah satu dari 7 Kebutuhan Pokok Rohani! Memang ini tidak mudah bahkan kadang2 sangat sulit, sebab pengertian yang salah, tidak bersekutu bukan dosa, itu biasa2 saja. Juga dalam keluarga jasmani, mungkin hanya setengah yang bisa bersekutu dengan harmonis, apalagi di akhir zaman, banyak anak2 yang kurang ajar dan tidak bisa diatur, juga orangtua yang tidak peduli dengan anak2nya, sehingga banyak keluarga yang ter-pecah2, apalagi di akhir zaman, waktu dosa meningkat begitu liar, tidak terkendali Mat 10:21, Luk 12:52-53). Ini di dalam dunia, tetapi orang2 yang mau dipimpin Roh bisa mengampuni, bisa pikul salib, bisa hidup dalam kesucian dan mau memulai mencintai orang2 di dekatnya sesuai dengan Firman Tuhan.

Luk 10:27

Maka Ia menjawab, serta berkata: Hendaklah engkau mengasihi Tuhan Allahmu dengan segenap hatimu, dengan segenap jiwamu, dengan segenap kekuatanmu dan dengan segenap pikiranmu dan tetanggamu seperti dirimu sendiri. (KJI)

Dan tetap mengasihi meskipun ada salah paham, hal2 yang menyakiti hati, ada hal2 yang merugikan, tetap hidup suci,

tanpa reaksi dosa sehingga ada persekutuan yang manis seperti Trinitas. Memang dalam Trinitas tidak ada dosa, tetapi dalam persekutuan orang beriman, masih ada dosa, ada tusukan duri2 sengaja dan tidak, tetapi ini justru jadi pengolahan yang menumbuhkan rohani kita. Dengan persekutuan yang betul, maka pengurapan Roh Kudus makin limpah, penuh kesukaan, manis, limpah dengan berkat rohani dan jasmani Maz 133:1-3. Perlu setia dan loyalitas dalam persekutuankeluarga dan Gereja lokal. Tidak setia dan loyal itu godaan akhir zaman yang makin banyak, sebab ingin bebas, tidak mau terikat. Tetapi ini membuat rencana Allah dalam hidup pribadi, keluarga dan Gereja jadi terganggu, bahkan rusak, sehingga setiap orangnya tidak bisa tumbuh dengan baik. Tidak bisa bersekutu atau meninggalkan persekutuan itu besar ruginya, sebab ini merupakan salah satu Kebutuhan Pokok Rohani dalam tubuh Kristus. Mutlak perlu, supaya tubuh Kristus jangan lumpuh dan anggota2nya keluar dari rencana Allah!Seringkali hanya oleh sedikit salah atau sakit hati, kesetiaan ditinggalkan dan

loyalitasnya hilang dan pindah kelompok lain, pindah Gereja, dengan begitu mudah, tanpa merasa bersalah.

Kadang2 hanya karena iri, jengkel dengan seseroang dalam Gereja lalu kesetiaannya dalam Gerejaditinggalkan Ams 3:3, Mat 23:23. Jangan diabaikan, apalagi persekutuan antara Suami istri harus setia sampai mati, ini mutlak Mat 19:6. Pengecualian dalam persekutuan tubuh Kristus tidak ada kecuali karena pindah kota (tetapi persekutuan batin tetap ada dalam Kristus) atau sebab Gerejanya jadi sesat seperti Yerobeam yang menyembah berhala, sehingga orang2 Lewi meninggalkan Yerobeam dan diikuti orang2 Israel 2Taw 11:13,14,16 dll. (begitu juga orang2 yang keluar karena sadar lalu keluar dari Gereja yang salah dan sesat, yang tidak mengakui Putra manusia Yesus sebagai Tuhan dan Juru selamat dll). Peliharalah persekutuan tubuh Kristus, sekalipun ada gangguan2 dan kepahitan, jangan kalah, tetapi kalahkan segala siasat jahat dari iblis dengan menyangkal diri, mematikan daging supaya kehendak daging tidak dituruti, tetapi tetap taat menurut pimpinan Roh untuk mengampuni dan mengasihi dengan tulus dan suci.

Persekutuan tubuh Kristus dalam Roh dengan tanda2 kasih dan kesucian itu harus diperhatikan, ini salah satu kebutuhan pokok rohani, supaya rohani kita tetap hidup, sehat dan bertumbuh dengan baik. Justru dengan menyangkal diri, mematikan semua reaksi2 daging, kita akan hidup, segar, sukacita, puas dan keberkatan. Justru dengan adanya persekutuan Roh kita akan bertambah kuat, dan bisatumbuh bersama Im 26:8 dan lama2 bisa masuk golongan Gereja akhir zaman yang tertib dan suci dan masuk dalam golongan pengangkatan. Persekutuan tubuh Kristus dalam Roh itu mutlak perlu, jangan diabaikan.

Lekat dengan Tuhan. Untuk apa? Ini caranya kita tumbuh dalam rencana Allah sampai bisa mengalami semua rencana Allah, yang seringkali tidak kita ketahui kemana arahnya! Yusuf mengalami begitu banyak penderitaan yang sangat pahit, ia tidak tahu mengapa semua ini terjadi dan untuk apa? Apakah ini akan membunuhnya? Seperti yang diharapkan kakak2nya yang iri dan jengkel kepadanya. Kemana arah hidupku? apa yang harus dilakukan supaya nasibnya menjadi baik, hidup harus dibelokkan ke mana? Dengan akal kita mudah bingung dan pusing di dalam macam2 pencobaan, malapetaka dan kesukaran2, sebab itu lekatlah dengan Tuhan semua cara dalam pokok, maka kita aman dalam pimpinan tuhan. Pelihara hubungan manis dengan Tuhan dan terus dengar dan taat akan pimpinan Roh Kudus, maka jalan hiudp kita akan diarahkan dengan betul dalam rencana Allah, sekalipun naik turun, meskipun tampaknya kacau, tidak tentu, tetapi di dalam Kristus, terus taat dipimpin Roh. Memang sering tidak tahu rencana Allah, tetapi yang tinggal lekat dengan Tuhan, tahu2 mengalami rencana Allah lengkap seperti Yusuf, tahu2 mimpi yang tidak dimengerti jadi, sebab Yusuf lekat dengan Alalh dalam kesucian. Juga Daud, juga Abraham, Ishak, Yohanes, juga Daniel, Paulus, Petrus dll. Sebab itu lekatlah dengan Tuhan, maka kita akan mengalami rencana Allah dengan se-penuh2nya dan sangat indah sampai kekal.

Kita harus terus lekat dengan Tuhan dalam kebenaran dan terus taat dipimpin Roh, Rom 8:14. Dengan demikian kita bisa selalu lekat dengan Tuhan 1Kor 6:17, seperti carang dalam pokok Yoh 15:5 sehingga hidup ini betul2 tidak sendirian tetapi dengan Tuhan, Dia di dalam kita dan kita di dalam Dia dan hidup oleh Dia Yoh 6:56-57. Dengan melekat kepada Tuhan, hidup ini terus tumbuh dalam rencana Allah sampai genap. Memang tergantung dari kita apa mau terus di dalam Roh (jangan berakhir dengan daging seperti Saul dan Simson), tetapi terus tekun, setia, taat dipimpin Roh dalam rencana Allah, sampai bertemu Tuhan secara pribadi atau masaal dan ukuran rohani terakhir di dunia menjadi ukuran kemuliaan kita untuk kekal. Dengan hidup taat dipimpin Roh itu kita bisa berjalan dalam  rencana Allah yang sempurna dan heran sehingga hidup kita bukannya kita lagi, tetapi Kristus yang hidup di dalam kita Fil 1:21.

Sebab itu berusahalah untuk masuk, tinggal dan jalan dari pintu yang sempit Luk 13:24, selalu hidup dalam kebenaran, penuh dan dipimpin Roh sesuai dengan Firman Tuhan, sehingga selalu hidup dalam jalan dan rencana Allah, yaitu rencana yang terbaik daripada rencana siapapun!

Roh Kudus dicurahkan.

Yoh 7:39

Tetapi ini dikatakan-Nya tentang Roh itu, yang akan diterima oleh mereka yang percaya; karena Roh Kudus belum ada sebab Yesus belum dimuliakan. (KJI)

Dikatakan waktu itu Roh Kudus belum ada. Yang dimaksud adalah Roh Kudus versi Wasiat Baru, dibaptis dan ber-kata2 dalam bahasa lidah. Sebab sebelumnya (dalam Wasiat Lama) Roh Kudus sudah ada dalam nabi2, imam2, Simson, Daud, Saul pada permulaan dll. Ini kepenuhan Roh Kudus versi Wasiat Lama, seringkali datang dan pergi ber-kali2 seperti pada Simson. Dalam Wasiat Baru Roh Kudus tinggal terus di dalam orang itu, jadi penolong, pemimpin, penghibur yang tetap, sebagai Allah yang maha kausa. Mengapa? Apa bedanya? Sebab dalam Wasiat Lama, dosa belum sepenuhnya terhapus, hanya oleh darah binatang, tertutup sementara dan Roh Kudus tetap melihat dosa2 itu dalam hatinya, sehingga sesudah hinggap dan selesai menolong, pergi lagi, lain kali waktu diperlukan hinggap lagi (misalnya Hak 14:6,19; 15:14 dll). Sebab itu dikatakan Roh Kudus versi Wasiat Baru belum ada. Bila kepenuhan Roh Kudus versi Wasiat Baru mulai ada? yaitu sesudah Yesus dipermuliakan. Bila Yesus dipermuliakan?

Sebab sesudah Putra manusia Yesus dipermuliakan (yaitu pada hari kebangkitanNya), maka 50 hari lagi (Pentakosta = 50 hari) Roh Kudus dicurahkan. Kebangkitan Kristus itu punya arti besar, sebab sesudah mereka merdeka dari dosa, maka Roh Kudus bisa turun dan tinggal dalam hidup yang sudah disucikan.Ini sangat diperlukan, sebab tanpa Roh Kudus, tidak ada kelanjutan dari kebangkitan Kristus. Tuhan Yesus tidak tampak, tetapi Dia datang kembali oleh Roh Kudus.

Yoh 14:18

Aku tidak akan meninggalkan kamu yatim piatu; Aku akan datang kepadamu. (KJI)

Mengapa? Sebab ketiga Pribadi Allah selalu bekerjasama menjadi satu 1Yoh 5:7. Putra ada di kanan Bapa berdoa syafaat terus untuk kita 1Yoh 2:1 dan Roh Kudus tinggal dalam kita melanjutkan rencana Allah sampai genap di dalam tubuh Kristus, sesuai Firman Tuhan.

Sesudah Kristus menyelesaikan tugasNya, itu diteruskan oleh Roh Kudus yang dicurahkan, sehingga murid2 tidak sendirian, tidak menjadi piatu, tetapi setiap orang percaya mempunyai penolong pribadi untuk seterusnya.

Yoh 14:16-19

16 Maka Aku akan meminta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan Penolong yang lain kepadamu, supaya Ia boleh tinggal dengan kamu selama-lamanya.

  1. yaitu Roh kebenaran, yang dunia ini tidak dapat menerima-Nya, sebab dunia ini tidak melihat-Nya ataupun mengenal Dia, tetapi engkau mengenal Dia sebab Ia tinggal dengan kamu, dan akan ada di dalam kamu.
  2. Aku tidak akan meninggalkan kamu yatim piatu; Aku akan datang kepadamu.
  3. Sedikit waktu lagi, maka dunia ini tidak melihat Aku lagi, tetapi kamu melihat Aku, sebab Aku hidup, dan kamu akan hidup juga. (KJI)

Ini hal yang paling penting untuk meneruskkan rencana Allah dalam Kristus.

Segala rencana Allah, mulai dari rencana pribadi, kelompok kecil sampai tubuh Kristus lokal dan global, semuanya akan digenapkan dalam pimpinan Roh Kudus, sampai waktu kita habis, sampai kita bertemu kembali dengan Tuhan secara pribadi (waktu mati), atau secara bersama, tanpa kematian, ikut dalam golongan pengangkatan. Rencana Allah di dalam Gereja akan digenapkan, sehingga jumlah semuaorang yang selamat genap Rom 11:25 dan jumlah dalam setiap tingkat, dari yang paling rendah sampai yang tertinggi juga genap.

Sebab itu setiap orang beriman harus penuh dengan Roh Kudus Ef 5:18. Memang ada yang mendefinisikan penuh Roh itu terjadi waktu percaya (Ef 1:13), tetapi  Firman Tuhan berkata, bahwa itu baru terjadi pada murid2 yang sudah ber-buah2 percaya, yaitu waktu Roh Kudus turun ke atasnya, sehinggamereka ber-kata2 dalam bahasa lidah.

Kis 2:4

Maka mereka semua penuh dengan Roh Kudus dan mulai berbicara dalam lidah-lidah yang lain, sebagaimana yang diilhamkan oleh Roh kepada mereka untuk mengatakannya. (KJI)

Begitu juga murid2 di Efesus sudah percaya dan sudah dibaptis, tetapi belum penuh Roh Kudus, meskipun sudah percaya. Baru sesudah didoakan Paulus, mereka penuh dengan Roh Kudsu dan ber-kata2 dalam bahasa lidah.

Kis 19:2-7

  1. Ia berkata kepada mereka: Sudahkah kamu menerima Roh Kudus ketika kamu percaya? Dan mereka berkata kepadanya: Kami bahkan belum pernah mendengar kalau ada Roh Kudus.
  2. Dan ia berkata kepada mereka: Lalu di dalam baptisan yang manakah kamu dibaptiskan? Dan mereka menjawab: Di dalam baptisan Yohanes.
  3. Lalu kata Paulus: Sesungguhnya Yohanes membaptiskan dengan baptisan tobat, ia berkata kepada orang-orang bahwa mereka harus percaya kepada Dia yang akan datang sesudah dia, yaitu kepada Yesus Kristus.
  4. Ketika mereka mendengarnya, mereka dibaptiskan di dalam nama Tuhan Yesus.
  5. Dan ketika Paulus meletakkan tangannya ke atas mereka, Roh Kudus turun ke atas mereka, dan mereka berbicara dengan bahasa lidah dan bernubuat.
  6. Dan jumlah semua orang itu kira-kira dua belas orang. (KJI)

Jadi penuh Roh Kudus harus dengan baptisan Roh Kudus Mat 3:11. Dengan Ef 1:13 mereka dimeteraikan dengan Roh Kudus (baptisan Roh Kudus) waktu percaya, itu adalah dalam zaman ini, ada kegerakan hujan Awal yang besar, sehingga setiap orang percaya langsung juga penuh dengan Roh Kudus seperti Kornelius yang sesudah percaya langsung penuh Roh Kudus Kis 11:43-46. Sebab itu tanda baptisan Roh Kudus adalah berbahasa lidah, itu mutlak perlu. Sampai sekarang sudah lebih kurang 1 milyard orang sudah penuh dengan Roh Kudus dan berbahasa lidah (menurut hasil penyelidikan….. ). Ber-kata2 dalam bahasa lidah itu mutlak perlu,dan hasilnya itu begitu banyak. (Baca buku: 31 faedah bahasa lidah, tanya di website Tulang Elisa).Berdoa dalam bahasa lidah dan kebenaran (sebagai tanda baptisan Roh Kudus Mat 3:11, Kis 2:4) itu sangat berfaedah, bahkan mutlak perlu. Dengan kepenuhan Roh Kudus dan hidup dipimpin Roh (bukan dipimpin daging atau anggur dunia) kita menjadi anak2 Allah (Rom 8:14, ini definisi dari anak2/ putra Allah) dan menjadi kuat Zak 4:6, Fil 4:13, sehingga kita bisa dengan penuh sukacita, dan dengankuasa, dapat masuk dalam rencana Allah yang indah sampai pada penggenapan yang terakhir! Tanpa baptisan Roh Kudus murid2 jadi loyo, terus ketakutan dan tidak berdaya, tidak ada gairah dan tidak dapat meneruskan rencana kebenaran Allah. Mutlak perlu baptisan Roh Kudus, sehingga bisa hidup taat dipimpin Roh, apalagi pada akhir zaman, akan datang hujan Akhir yang akan menyelesaikan rencana Allah, yaitu penamatan/ finishing.

KESIMPULAN.

Putra manusia Yesus sudah menyelesaikan tugasNya dengan sempurna dalam kematianNya di salib sehingga kita:

  1. Ditebus dari hidup lama dalam tangan iblis, sehingga bisa merdeka dan mati lepas dari dosa,
  2. Bisa tumbuh terus seperti Kristus dalam tabiat dan hidup yang baru dalam kesucian dan taat dipimpin Roh.
  3. Dapat hidup berkemenangan yang dibuat oleh Tuhan Yesus dan diberikan pada kita 1Kor 15:57.

Ini sangat indah, tetapi masih ada lagi sambungannya, yaitu oleh kebangkitan Kristus, semuanya diteruskan, bertumbuh sampai rencana Allah genap di dalam kita, sebab:

  1. Ada kebangkitan orang benar, ada hidup kekal yang indah dan mulia. Tanpa kebangkitan, semuanya sia2 1Kor 15:16-17.
  2. Rencana Allah sudah genap dalam kelompok tubuh Kristus, dan juga akan digenapkan dan ditamatkan pada akhir zaman untuk tubuh Kristus (Minggu ke-70 Daniel). Pintu sudah terbuka oleh Kristus Ibr 10:20. Rencana Allah bagi tubuh Kristus sampai sempurna sudah tersedia dan pasti genap.Rencana Allah dalam Kristus,sudah genap dan sekarang juga digenapkan di dalam kita oleh Roh Kudus yang hidup dalam kita Ibr 2:8, sampai akhirnya kita bertemu dengan Dia secara pribadi atau bersama, luar biasa! Orang yang hidup taat dipimpin Roh, maka ia akan tetap bebas, merdeka dari dosa, bahkan tumbuh dalam tabiat dan hidup baru seperti Kristus, sehingga orang2 bisa melihat Kristus di dalamnya, sebab bukan ciri2 hidup kita lagi, tetapi ciri2 Kristus di dalam kita, dalam kesucian, kasih dengan kelimpahan hikmat, kuasa Allah dalam tabiat baru seperti Kristus (sehingga disebut Kristen, seperti Kristus Kis 11:26).

Sebaliknya orang berdosa dan orang Kristen yang jatuh bangun dalam dosa itu begitu mudah berdosa, sebab memang dikuasai dan dijajah oleh iblis dalam dosa, se-olah2 otomatis (Yak 3:19) terus berbuat dosa. Problem kecil sudah lagi jadi (sedikit atau banyak) benci, dusta, iri, menuruti hawa nafsu dalam setiap gerak dan langkahnya. (Ini ciri2 khas iblis yaitu benci (>< kasih), sombong (>< melayani dengan rendah hati seperti hamba yang mencuci kaki orang2 yang dilayani) dan menuruti hawa nafsu daging (uang, zina, dsb) 1Yoh 2:16. Orang baru bisa hidup bebas, merdeka dari dosa, tidak lagi hidup cara lama seperti iblis, tetapi cara baru seperti Kristus, tetap dalam kesucian, dalam segala pencobaan, tidak bereaksi dosa, bisa mengampuni, bisa direndahkan, bisa hidup suci sampai dalam pikirannya (MAK DSY), indah, sebab Yesus sudah bangkit untuk kita.

Nyanyian:

Yesus sudah bangkit, tinggalkan kuburan.

Kuasa kematian tak dapat menahan.

Marilah bergirang, hiduplah bagi Dia.

Tuhan sudah menang, menang untuk kita.

Hidupku bukannya aku lagi,

tapi Kristus dalamku.