M4200 – Arti Kematian Putra Manusia Yesus

ARTI DAN FAEDAHNYA. Rom 5:8.

Karena Allah cinta isi dunia, sehingga diberikannya PutraNya Yoh 3:16 (Putra manusia Yesus adalah Allah, Bapa kekekalan dllYes 9:5) menjelma menjadi manusia seperti kita Ibr 2:14-17 menjadi korban penebusan untuk:

  1. Menebus manusia dari dosa (Yoh 1:29) dari tangan iblis Wah 1:18. Dengan demikian orang yang mau percaya Tuhan Yesus ditebus dari dosa, sehingga berubah dari orang lama menjadi orang baru, berubah dari anak iblis menjadi anak Allah 1Yoh 3:10, dari neraka pindah ke Surga.
  2. Menjadi jalan dan contoh bagi kita Yoh 14:6. Sebagai Putra manusia yang tidak berdaya, dari nol, tetapi tumbuh sampai menjadi sempurna, sehingga kita yang sudah ditebus, bisa meniruseperti Kristus (1Kor 11:11) dan Bapa (Mat 5:48, Yoh 10:35) sampai jadi sempurna.
  3. Dia menang untuk kita, sehingga

dengan Tuhan kita jadi pemenang, lebih dari pemenang Rom 8:31,37, bahkan hidup dalam pawai kemenangan 2Kor 2:14.

BAGAIMANA PUTRA MANUSIA MENYELESAIKAN TUGASNYA.

Pada waktu Ia mati, Iamenyelesaikan tugasNya dengan sempurna, secara jasmani dan rohani.

Secara jasmani Yoh 19:28-30. Sebagai manusia, Ia memerlukan kebutuhan2 pokok jasmani untuk hidup dan yang terakhir dilakukan adalah minum, lalu mati. Dalam lebih kurang 33,5 tahun Ia hidup sebagai manusia seperti kita, dan menjadi sempurna, berubah jadi tubuh kemuliaan sesudah bangkit Fil 3:21.

Secara rohani.

  1. Putra manusia Yesus tahu, tugasNya sudah selesai Yoh 19:28. Titik kesempurnaan sebagai manusia itu terjadi pada waktu Ia mati, tetapi sesaat sebelumnya, Ia sudah tahu. Bagi kita di akhir zaman, sesaat sebelum Dia datang, kita sebagai anak2 terang akan tahu saatnya, sebab kita tidak dalam gelap 1Tes 5:4. Ini saat2 finishing atau penamatan yaitu sesudah masuk Minggu ke-70 Daniel. Sekarang belum tahu, sebab itu bersiap dan ber-jaga2lah Mat 24:42,44, jangan terlambat, tebus waktu, sebab waktunya pendek dan terbatas.
  2. Teriakan pada Allah. Eli2, lama Sabahtani. Mat 27:46, Mrk 16:34. Ini berarti: AllahKu2, mengapa Engkau meninggalkan Aku. Mengapa Ia berteriak demikian?

Sebab dosa semua manusia dari segala zaman ditumpahkan atas Putra manusia Yesus, sehingga Ia menjadi dosa karena kita dan ditinggalkan Allah, itu suatu keadaan yang sangat dahsyat.

Begitu dahsyat ia menanggung dosa kita semua, tetapi ini menjadi penebusan dosa bagi orang yang percaya pada Tuhan Yesus Kristus. Sejak saat ini, orang yang percaya pada Tuhan Yesus, mati lepas dari dosa dan akibatnya Rom 6:2 (Juga orang Wasiat Lama yang masih memakai darah binatang, dilepaskan dari penjaranya Ef 4:8.

  1. Teriakan kepada Bapa Mrk 16:37, Luk 23:46. Sebagai Putra yang diutus BapaNya, sesudah menyelesaikan tugasNya sebagai Putra Manusia (keilahianNya ditinggalkan di Surga Fil 2:7), maka sekarang ia menyerahkan RohNya kepada BapaNya.
  2. Sudah selesai Yoh 19:30. Begitu indah dan mulia, Ia menyelesaikan tugasNya untuk menyelamatkan kita dan menjadi contoh bagi kita supaya bisa tumbuh sampai sempurna seperti Dia sendiri dan Bapa. Sebab itu jangan buang waktu, tetap tinggal dalam kesucian, selesaikanlah tugas dan beban kita. Ini seperti Paulus yang setia sampai mati dan sudah menyelesaikan tugas dan bebannya Kis 20:24, 2Tim 4:6-7 lalu siap menghadap Tuhan.

Tanda dari Bapa.

  1. Seluruh dunia gelap 3 jam, dari jam 12.00 sampai jam 03.00 siang (jam Alkitab: jam 06.00 sampai 09.00) Mat 27:45-46, Mrk 16:33, Luk 23:44. Kegelapan ini menunjukkan bahwa dosa segenap manusia dari segala zaman ditanggung oleh Putra manusia Yesus. Sesudah 3 jam selesai, kembali menjadi terang. Mengapa perlu 3 jam? Tidak disebutkan dalam Alkitab, tetapi mungkin 3 adalah angka Allah, sebab menebus manusia dan mengolahnya sampai sempurna adalah pekerjaan 3 Pribadi Allah ber-sama2 (Wah 12:1), sehingga gelap berubah menjadi terang bagi yang mau percaya.
  2. Tirai bait Allah pecah Mat 27:51-53, Mrk 15:38, Luk 23:45. Tirai adalah pemisah Ruangan Suci dan Ruangan Maha Suci (= kesempurnaan). Sesudah penebusan manusia selesai, maka sekarang jalan kembali ke tahta Allah, pintu kepada kesempurnaan sudah terbuka Ibr 10:19-20, orang percaya bisa masuk.

Keselamatan manusia selesai dikerjakan, sebab itu

kubur terbuka, terjadi kebangkitan. Tidak semua orang mati bangkit, hanya kubur orang Wasiat Lama yang sudah tumbuh sampai sempurna, tetapi sebab darah binatang yang dipakai belum diganti darah Kristus, mereka masih tertahan (kecuali yang dengan iman diangkat Ibr 11:5). Inilah kebangkitan sulung, mereka menunggu Putra manusia Yesus bangkit, lalu ikut naik ke Surga 1Kor 15:23. Luar biasa! Di dunia hanya nampak Putra manusia Yesus mati, tetapi seluruh alam yang tidak tampak juga goncang-ganjing. Pekerjaan penebusan manusia sudah digenapkan, tinggal pengolahannya 2.000 tahun lagi, lalu finishing dalam 7 tahun terakhir. Bagi kita sekarang sudah tersedia

jalan keselamatan yang lengkap sampai menjadi sempurna seperti Kristus dan Bapa oleh pekerjaan Roh Kudus. Jangan sia2kan kesempatan yang besar ini, termasuk selamat, bisa hidup suci, bahkan tumbuh sampai seperti Kristus dan penuh kemenangan ilahi.

III. BEBAS, LEPAS, MERDEKA DAN TUMBUH SEPERTI KRISTUS.

Kita sudah merdeka dari jajahan dosa oleh Putra manusia Yesus Yoh 8:36, Gal 5:1, bukan lagi anak iblis, tetapi jadi anak Allah 1Yoh 3:10. Percaya dan nikmati kesempatan ini, untuk bisa hidup suci dan makin suci. Pasti bisa, sebab sudah ditebus lengkap. Hidup seperti ini indah, lekat dengan Kristus seperti carang pada pokok Yoh 15:1-8. Ini hidup yang sejahtera, gembira, bahagia sekalipun di tengah2 dunia yang penuh dosa dan segala akibatnya. Jangan ditipu oleh iblis, dunia dan daging, seperti Hawa sehingga hidupnya jadi celaka. Kita bisa hidup suci MAK DSY (di Mana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Dahulu, Sekarang dan Yang akan datang), bahkan terus meningkat sampai seperti Kristus dan Allah Bapa Mat 5:48. Kalau toh mati, akan pindah pulang ke Surga (sekarang bisa hidup dalam suasana Surga, tetapi masih berada di tengah2 suasana dunia yang kotor, najis dan celaka ini). Sebab itu karena ada pencobaan dari dunia, masih mungkin ada orang beriman yang tidak ber-jaga2, yang bodoh, yang setengah2, masih bisa jatuh dalam dosa dan pasti jadi kacau dan “sakit” rohaninya, tidak normal lagi; Sebab itu kalau toh jatuh dalam dosa, segera bertobat hari ini Ibr 3:15, minta pemulihan dari Tuhan dan jaga jangan sampai jatuh kembali. Sebab itu pelihara 7 Kebutuhan Pokok Rohani supaya bisa tetap dalam suasana Surga yang indah, sekalipun masih hidup dalam dunia yang limpah dengan dosa. Secara ringkas 7 KPR adalah SSS DIAM:

  1. Suci, tinggal dalam kesucian, pasti bisa, sudah lunas, bebas, merdeka, jangan ditipu dan disesatkan iblis.

Minta baptisan Roh dan belajar hidup dipimpin Roh, maka kita bisa hidup suci dan terus berkemenangan sebab dikendalikan Roh Kudus seperti Kristus Mat 4:1, dalam kuasa, hikmat dan kesukaanNya Rom 8:14.

  1. Salib. Harus mau pikul salib Luk 9:23, itu indah, manis, bukan pahit, tetapi bagi yang mau, justru menjadi kesukaan dan kemegahannya Gal 6:14, Mat 11:28-30.
  2. Bersekutu dalam Roh itu manis dan penuh berkat Maz 133:1-3. Jangan ada dosa, ampuni dan pikul salib!
  3. Doa terus menerus dalam Roh dan kebenaran, maka sungai air hidup Surga sudah bisa mengalir dalam hidup kita, sangat menyegarkan Yoh 4:14; 7:38, Yez 47:1-5. Jangan berhenti Yak 5:16, 1Tes 5:17.
  4. Ibadah dengan tekun dan setia sekalipun online Ibr 10:25, justru sekarang ini kesempatan untuk “makin banyak bersekutu di akhir zaman ini”.
  5. Alkitab harus “dimakan” untuk kelangsungan hidup rohani Mat 4:4, baik dari live streaming dan membaca sendiri dalam Alkitab (dan buku2 pelajaran Firman Tuhan) sambil berdoa dipimpin Roh. Justru ini kesempatan untuk mendapatkan 2 gomer, sebab sudah waktunya!
  6. Melayani, jadi garam dan terang Allah di mana saja kita berada Mat 5:13-16. Ini saatnya kita tumbuh dengan cepat dan efektif dalam pelayanan 2Tim 2:20-21. Doakan yang sakit, takut, kekurangan, celaka, dalam bahaya, lebih2 yang terikat dalam dosa. Minta hikmat dan kuasaNya, menangkan jiwa, tolong yang lemah, kuatkan supaya tumbuh. Juga dengan pertolongan2 jasmani.Ini kesempatan tumbuh dalam golongan yang ber-jaga2 dan ikut pengangkatan, yang tumbuh dengan luar biasa.

MENIRU KRISTUS, CONTOH DARI SURGA. 1Kor 11:1.

Dia hidup sebagai Putra manusia dan berhasil (juga ada banyak orang dalam Wasiat Lama, meskipun Allah menyediakan yang top bagi kita. Perhatikan janji Allah ini dalam Ibr 11:39-40. Mengapa demikian? Sebab kita menerima lebih banyak dari mereka, yaitu darah Kristus sejak Golgota,  baptisan Roh Kudus dan penyertaanNya, Alkitab yang lengkaptermasuk dengan nubuatan2 dan jabatan2 yang muncul dan menjadi matang di hari2 ini, serta persekutuan tubuh Kristus dalam Roh yang heran itu dll. Kristus sudah memberi contoh, tiru dan tumbuhlah kepada kesempurnaan seperti Kristus, meskipun yang betul2 sempurna hanya 144.000, tetapi masih  banyak kesempatan untuk tingkatan2 yang mulia dan heran di bawahnya.

KEMENANGAN KRISTUS UNTUK KITA. 1Kor 15:57.

Putra manusia Yesus sudah menang sampai sempurna. Ia sendiri tidak membutuhkan kemenangan ini, sebab sebagai Allah, Ia sudah menang, bahkan maha menang, Ia ada di atas semuanya. Tetapi Ia menang sebagai Putra manusia untuk kita, kemenanganNya itu diberikan kepada kita, kita yang membutuhkan, supaya kita bisa menang seperti Kristus, bahkan sampai puncak2 kemenangan.

Menang, sebab disertai Allah Rom 8:31.

Sekarang kita sudah harus menjadi pemenang. Sebab kalau sekarang kalah, apalagi besok, sebab di hari2 yang akan datang serangan, gangguan, malapetaka, godaan dan ancaman dari dosa dan kejahatan itu terus meningkat sampai puncak2nya. Ini pasti akan terjadi seperti yang sudah kita lihat, bahkan akan terus memuncak sebab sudah dinubuatkan dalam Firman Tuhan Wah 22:11. Sebab itu sekarang ini, kita mutlak sudah harus jadi pemenang. Dan ini wajar bagi kita sekarang, sebab caranya mudah, yaitu kalau Allah beserta kita. Kita harus terus menerus hidup dalam kesucian, supaya bisa dipegang Allah dengan tangan kanan kebenaranNya.

Yes 41:10

Janganlah takut karena Akulah sertamu. Janganlah bimbang, karena Akulah Allahmu, Aku menguatkan engkau. Ya, Aku akan menolong engkau. Ya, Aku akan memapah engkau dengan tangan kanan kebenaranKu. (KJI)

Kalau kita tidak hidup benar, tangan kanan Allah tidak bisa memegang kita. Tangan kanan Allah hanya memegang orang2 yang hidup benar dan itu sudah disediakan bagi setiap orang yang percaya, pasti bisa menang Yoh 8:36 dll. Sebab itu sekarang mutlak harus bisa menang.

Jadi kita bisa hidup sebagai pemenang, sebab:

  1. Hidup benar, sehingga Allah beserta kita, kita terus dipegang oleh tangan kanan kebenaran Allah.
  2. Tidak melebihi kekuatan kita. 1Kor 10:13a. Pencobaan apapun yang datang atas kita itu tidak kebetulan, itu diizinkan Allah yang Maha kuasa (ia menguasai seluruh dunia dan isinya) dan tidak akan melebihi kekuatan kita.
  3. Tuhan sudah menyediakan jalan keluar, jalan kemenangan 1Kor 10:13b.

Kalau kita tetap di pihak Allah, pasti menang, sebab Allah bukan saja mengizinkan pencobaan itu datang, tetapi Allah juga sudah menyediakan jalan lepas yang 100% berhasil kalau kita tetap di pihak Dia.

  1. Selalu taat dipimpin Roh, melakukan kehendak Allah. Jangan mengecilkan, meremehkan problem atau pencobaan kecil seperti Israel mengecilkan Ai dan kalah Yus 7:3,5. Kalau kalah, lalu jatuh dalam dosa, maka iblis masuk dan menghancurkan lebih lanjut sampai hancur total. Sebab itu perang atau problem kecil atau besar, tetaplah bergantung, berharap dan taat akan pimpinaNya senantiasa. Jangan sampai kalah, tetapi harus menang. Kalau kalah, segera bertobat, perbaiki, meskipun ada resikonya, dan harus segera kembali jadi pemenang.

Lebih dari pemenang. Rom 8:37.

Karena dosa, kejahatan terus meningkat, maka pencobaan dan problem akan datang be-runtun2 dan jauh lebih banyak. Tetapi jangan kuatir, sebab Tuhan sudah tahu lebih dahulu dan sudah mempersiapkan lebih dahulu. Meskipun musuh dan pencobaan lebih banyak, dengan Tuhan kita akan tetap menang, bahkan menjadi lebih dari pemenang. Tuhan sudah menyiapkan kita untuk hari2 yang akan datang yang makin dahsyat.

  1. Pawai kemenangan. 2Kor 2:14. Untuk sampai pada puncak kemenangan dan kesempurnaan, maka ujiannya juga makin berat. Ujian SMP tidak akan menghasilkan ijazah SMA, apalagi sarjana. Begitu juga secara rohani, kalau kita harus makin meningkat seperti Kristus, maka ujiannya juga makin berat, makin banyak. Sebab itu Tuhan mengizinkan pencobaan dan celaka, musuh dll, bukan saja datang ber-tubi2 begitu banyak, bahkan dalam Minggu ke-70 Daniel (saat orang suci makin suci sampai sempurna, saat penamatan), maka segala problem, malapetaka, serangan2 itu luar biasa banyaknya seperti mengeroyok kita dari mana2 setiap saat. Tetapi Tuhan tetap adalah pemenang mutlak dan dengan Tuhan kita juga tetap menjadi pemenang meskipun serangan dan pencobaan amat sangat banyak (dalam Minggu ke-70 Daniel). Kita tetap menang, maka hidup kita yang selalu diperangi itu juga selalu menang, sehingga jalan hidup kita itu seperti pawai kemenangan. Ini adalah keadaan dalam Minggu ke-70 Daniel, sebab 3 Antikris ber-sama2 dengan pengikutnya roh2 setan dan orang2nya, mereka sudah keluar menghadang dan menyerang orang2 suci. Tetapi kita tetap menang dengan limpah sehingga jalan hidup ini jadi pawai kemenangan. Inilah saatnya banyak orang masuk dalam tingkat kesempurnaan, sehingga jumlahnya genap pada saat ujiannya juga memuncak, yaitu dalam Minggu ke-70 Daniel.

Jangan lupa erat bersekutu dalam Roh, yang makin meluas sampai keluar batas Gereja, Sinode, negara, sehingga sampai tingkat global. Ini membuat kekuatan kita meningkat luar biasa Im 26:8. Juga makin mahir dipimpin Roh dengan kelimpahan pembukaan Firman Tuhan dan pengurapan Roh Kudus yang 2 kali ganda, maka kita akan terus menang, jadi lebih dari pemenang, bahkan berjalan dalam pawai kemenangan masuk dalam golongan orang2 yang akan ikut pengangkatan. Ingat 7 KPR plus termasuk Perjamuan Suci setiap hari sampai di rumah2, lebih limpah dari pada hujan Awal Kis 2:46.

Ini semua sudah direncanakan Allah dan pasti genap, asal kita tetap tinggal dalam jalur kemenangan ini di dalam Kristus.

KESIMPULAN.

Tuhan Yesus sudah menyelesaikan sampai sempurna tugas dan hidup sebagai contoh bagi kita. Jalan sudah terbuka sampai tahta Allah. Inilah yang kita peringati dari kematian Putra manusia Yesus, sehingga kita juga bisa menyelesaikan tugas dan beban kita bahkan juga dengan terus bertumbuh sampai jadi sempurna seperti Kristus, paling sedikit masuk golongan pemenang untuk ikut dalam pengangkatan.

Nyanyian:

Menanglah2, ikut Tuhan menanglah.

Menanglah, pasti menanglah,

Yesus ku yang membri

pada ku kuasaNya,

Orang yang percaya pasti menang trus.

– Dalam nama Yesus 2x ada kemenangan.