M4195 – Jerat Atau Kesempatan Besar Yang Tersembunyi

Luk 21:34-36

  1. Dan perhatikan dirimu sendiri, supaya jangan sampai kapan pun hatimu sarat dengan berfoya-foya, mabuk dan percintaan akan kehidupan ini, sehingga hari itu datang ke atasmu tanpa kau sadari. (TL, TB: seperti jerat).
  2. Karena seperti suatu jerat hal itu akan datang ke atas semua orang yang diam di atas seluruh muka bumi.
  3. Sebab itu berjagalah kamu dan berdoa senantiasa, supaya kamu dihitung mampu melepaskan diri dari semua perkara yang akan terjadi ini dan bisa (TB: Tahan) berdiri di hadapan Putra manusia. (KJI*)

*) KJI = King James Indonesia, hasil kerjasama LAI dan Majalah Tulang Elisa)

PENDAHULUAN.

Pandemi Covid-19 nampaknya makin lama makin berat sebab berdampak dalam semua segi. Ini tiba2, belum pernah ada, tidak terduga, dahsyat, makan korban dll, mengapa demikian?

Ini tidak kebetulan, tentu ada sebabnya, apakah ini alamiah atau kesalahan2 manusiawi dan tentu juga biasanya iblis dkk selalu ikut berperan, sebab kerinduan iblis akan membinasakan semua orang.

Yoh 10:10a

Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan. (KJI)

Tuhan sendiri selalu tahu dan mengizinkannya, tidak ada yang lepas dari kemahatahuanNya. Juga pasti ada maksud tertentu di dalamnya, yaitu sebagai:

  1. Tanda zaman.
  2. Peringatan.
  3. Kesempatan2 dan jerat2 yang tersembunyi.

MENGAPA?

Hari2 ini sangat penting untuk bersedia.

Mat 24:42

Sebab itu berjaga-jagalah, karena kamu tidak mengetahui jam berapa Tuhanmu akan datang. (KJI)

Orang yang mengerti akan melakukannya dengansungguh2, sebab di dalamnya adasesuatu yang tersembunyi yang menentukan nasib kita, sebab kita bisa mendapat:

  1. Mengerti rencana Allah yang akan datang Ams 3:7.
  2. Tahu peringatan2 dari Tuhan supaya tidak kena tipu daya, jerat iblis 2Kor 2:11.
  3. Dapat kesempatan untuk ikut rencana Allah pribadi, lokal dan global, yaitu kesempatan yang terbesar (ikut pengangkatan), sebab itu jangan sampai masuk jerat celaka dari iblis, sehingga rencana Allah bagi kita (pribadi dan global), batal sebab masuk jerat iblis, istimewa bagi yang hidup dalam dosa. Orang yang hidup dalam dosa tidak mengertidan mengabaikan atau buta, sehingga menjadi korban dosa dan kejahatan dan malapetaka ini, seperti yang disebut dalam ayat2 di atas Luk 21:24-36.

Luk 21:34-36

  1. Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan ditakluk oleh gelojoh dan mabuk dan percintaan kehidupan ini, sehingga dengan tiada disangka-sangka hari itu terentang ke atasmu seperti jerat.
  2. Karena demikianlah kelak datangnya ke atas sekalian orang yang diam di seluruh muka bumi.
  3. Tetapi berjaga-jagalah senantiasa serta berdoa, supaya kamu kuat melepaskan diri daripada segala sesuatu yang akan jadi itu, dan tahan menghadap Anak manusia (ikut dalam pengangkatan) (TL)

 

III. PANDEMI INI ADALAH:

  1. Sebagai tanda akhir zaman, bahwa:
  2. Tuhan pasti datang, danini salah satu tandanya bahwa saatnya sudah makin dekat, sebab itu bersedialah (Mat 24:42-44), jangan sampai terlambat atau masuk jerat celaka.
  3. Kemungkinan yang perlu diperhatikan.

Dari tanda2 seperti ini tentang kedatangan Tuhan yang sudah makindekat, berarti mungkin sekali kita termasuk generasi akhir zaman, yaitu orang2 yang masih hidup waktu Tuhan Yesus datang kedua kalinya. (Misalnya Tuhan Yesus datang 10 tahun lagi, maka waktu ituumur kita sekarang ditambah 10 tahun lagi, laluTuhan datang. Kalau toh umur seorang umat Tuhansudah 70 atau 80 tahun, (apalagi kalau kurang dari 70) kalau orang itu sungguh2 ber-jaga2 dan memenuhi persyaratan Tuhan, sehingga Tuhan menentukan bahwa orang itu akan ikut pengangkatan, maka ia tidak akan mati, meskipun ada sakit atau cacat, sebab Tuhan  Maha kuasa. Kita hidup di akhir zaman ini tidak kebetulan, semua sudah diperhitungkan Allah lebih dahulu, sebab ia tahu lebih dahulu lalu menentukan lebih dahulu Rom 8:29 KJI, TL (Lihat buku: “Keselamatan bisa hilang?” Tentang keselamatan itu pilihan bukan ditentukan Allah se-mata2). Kalau toh mati di dalam Tuhan, waktu Tuhan Yesus datang, mereka akan bangkit lebih dahulu dan ikut pengangkatan lebih dahulu, baru yang masih hidup ikut pengangkatan 1Tes 4:16-17*).

*) lihat banyak buku2 tentang akhir zaman dalam Website Tulang Elisa.

Kalau betul Tuhan hampir datang dan kemungkinan ini juga untuk kita, dan kita di jalur yang betul, ber-jaga2 seperti perintah Tuhan, maka kita akan ikut pengangkatan, sangat indah dan luar biasa; tetapi yang lalai, bodoh, buta, akan kehilangan kesempatan ini bahkan ada yangmasuk jerat celaka! Semua harus ber-jaga2.

 

Sebagai peringatan, bagi:

  1. Orang2 yang belum ambil putusan, percayalah pada Tuhan, tidak ada jalan selamat lain di dunia tanpa Nama Tuhan Yesus Kristus Kis 4:12, Yoh 14:6.
  2. Juga yang sudah percaya, tetapi masih setengah hati ikut Tuhan, masih hidup dalam sedikit atau banyak dosa, bertobatlah sungguh2, jangan sampai hanyut dalam arus tsunami dosa akhir zaman sehingga terlambat untuk bertobat dan masuk jerat celaka!
  3. Yang sudah sungguh2, teruskan, tingkatkan, pasti untung, sebab mati dalam Tuhan atau bisa ikut pengangkatan, tidak rugi, sebab sampai dimana kita tumbuh dalam dunia, itu menjadi ukuran kemuliaan kita untuk kekal di dalam Surga.

Ini kesempatan tersembunyi, sebab banyak orangtidak tahu rahasia ini. Yang mengerti dan dipimpin Roh bisa memakainya untuk:

  1. Bersaksi dan menjadi berkat untuk menolong orang lain yang takut,panik, bingung, belum percaya supaya selamat dalam Tuhan Yesus untuk sekarang dan sampai kekal, sekaligus pelayanan yang tulus karena Tuhan akan menumbuhkan tingkat rohani kita 2Tim 2:20-21.
  2. Juga jangan lupa, ini adalah kesempatan indah secara pribadi untuk bersedia baik2, sehingga dapat ikut dalam proyek penamatan rencana Allah, sehingga bisa masuk dalam pengangkatan. Tetapi sebab hal2 ini tersembunyi, maka juga bisa menjadi jerat celaka bagi orang yang tidak lekat dengan Tuhan; Orang yang tidak mengerti, sebab matanya kabur, ia bukan saja kehilangan kesempatan yang amat besar ini, tetapi sebab buta, ia mudah dan cepat jadi mangsa iblis dan korban dari jerat dahsyat yang tersembunyi ini. Demikianlah nasib orang2 yang tidak mengerti, apalagi hidup menurut daging, duniawi, suam, cinta dunia, sehingga lepas dari Allah, akibatnya dahsyat! Mereka masuk jerat celaka dari iblis.

Luk 21:34-36

  1. “Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan sarat oleh pesta pora dan kemabukan serta kepentingan-kepentingan duniawi dan supaya hari Tuhan jangan dengan tiba-tiba jatuh ke atas dirimu seperti suatur jerat.
  2. Sebab ia akan menimpa semua penduduk bumi ini.
  3. Berjaga-jagalah senantiasa sambil berdoa, (dalam Roh dan kebenaran senantiasa Yoh 14:23, 1Tes 5:17) supaya kamu beroleh kekuatan untuk luput dari semua yang akan terjadi itu, dan supaya kamu tahan berdiri di hadapan Anak Manusia. (TB)

Bagaimana kita bisa memakai kesempatan ini baik2dan lepas dari jerat celaka ini?

Orang yang berjalan dengan Tuhan, ber-jaga2 cinta Tuhan akan mengerti dan dengan penuh gairah akan berusaha bersedia baik2, tetapi yang lepas dari Tuhan, tidak mengerti akan makin berani (nekad) berbuat dosa, menurut kedagingan, minum anggur dunia sampai mabuk dan masuk jerat.

IKHTISAR PERISTIWA2 YANG AKAN TERJADI.

Ada beberapa patokan yang sudah kita ketahui tentang hal2 yang akan datang dan itu yang kita pegang.

  1. Sekarang.
  2. Permulaan Minggu ke-70 Daniel.
  3. 3,5 tahun sebelum pengangkatan.
  4. Saat pengangkatan.
  5. Zaman Antikris.
  6. Perang Harmagedon pada akhir zaman Antikris, disini terjadi Kursi Pengadilan Raja.
  7. Kerajaan 1000 tahun.
  8. Dst, masuk dalam kekekalan.

III. MINGGU KE-70 DANIEL.

  1. Ini adalah nubuatan nabi Daniel dari Tuhan yaitu tentang 70 Minggu Daniel (Dan 9:24-27) yang terdiri dari 3 bagian yaitu Minggu I, Minggu ke-2 sp 69 dan Minggu ke-70. Minggu 1-69 adalah nubuat yang digenapi di dalam masa2 itu, tetapi nubuatan Minggu ke-70 Daniel penggenapannya baru akan terjadi pada akhir zaman, baru digenapi pada 7 tahun terakhir dari sejarah dunia yang diakhiri dengan kedatangan Tuhan Yesus kembali (II). Nubuatan Minggu ke-70 Daniel ini seperti disimpan Allah sampai datang waktunya, baru “lonceng” nubuatan Daniel ini dijalankan lagi!
  2. Dalam 7 tahun terakhir ini terjadi penamatan rencana Allah bagi manusia (bagi Allah satu2nya yang berarti adalah manusia, bukan dunia dan isinya yang akan lenyap tanpa sisa pada hari kiamat 2Pet 3:10. Kiamat baru terjadi sesudah kerajaan 1000 tahun yang akan berlangsung sesudah Tuhan Yesus datang kedua).
  3. Dalam penamatan ini yaitu:
  4. Dalam 3,5 tahun I, Gereja akan berakhir danditamatkan lalu terjadi pengangkatan, penuaian orang beriman 1Kor 15:23. Inilah finishing dari mereka yang sudah ber-jaga2 dengan betul dan semua orang lain yang hidup dalam dosa, termasuk orang Kristen yang tidak ber-jaga2 dan hanyut dalam arus (tsunami) dosa yang dahsyat di akhir zaman Wah 22:11. Yang sudah hidup suci akan makin suci, yang sudah hidup dalam dosa akhir zaman limpah dengan dosa sampai puncak2nya dan masing2 disiapkan, finishing untuk menerima pahalanya masing2.

Wah 22:12

Lihatlah, Aku datang dengan segera, dan pahala-Ku ada pada-Ku, untuk membalas kepada tiap-tiap orang menurut perbuatannya. (KJI)

(Finishing atau penamatan itu berarti seperti membangun rumah sudah selesai, tinggal finishing terakhir, finishing, misalnya menambah kunci pintu, memasang jeruji jendela, memasang perabot2 di dalamnya, kalau bisa langsung ditempati).

  1. Antikris akan muncul dari permulaan Minggu ke-70 Daniel, tetapi hanya menang atas orang dosa (Luar Halaman) dan orang Halaman, tetapi kalah melawan orang suci (Ruangan Suci) dan orang sempurna (Ruangan Maha Suci), Antikris baru berkuasa penuh dalam 3,5 tahun II, yaitu 1260 hari sesudah pengangkatan. Ini berarti sesudah pengangkatan, Gereja atau orang2 yang bersedia (Ruangan Suci) sudah tidak ada. Disini yang masih ada adalah orang2 beriman yang tertinggal, (orang2 Halaman, yang undur) dan mereka yang bertobat kembali, diserahkan penuh dalam aniaya Antikris sampai mati Wah 11:2; 13:7. Lalu mereka ikut dalam kebangkitan susulan (gleaning); juga sejarah Israel dari Wasiat Lama akan ditamatkan pada waktu ini.

 

Ada banyak nama untuk Minggu ke-70 Daniel sebab dalam masa penamatan ini ada banyak hal2 yang akan terjadi, memang ini masa penamatan, semua ber-sama2 diselesaikan dalam waktu ini. Misalnya:

Masa baptisan api.

Mat 3:11

Sesungguhnya aku membaptiskan kamu dengan air untuk pertobatan, tetapi Ia yang datang sesudah saya, itu lebih berkuasa daripada saya. Saya tidak layak mengangkat kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan api. (KJI)

Api disini bukan api Roh Kudus, tetapi api ujian seperti dalam 1Pet 1:7. Api ini dilempar ke bumi oleh Putra manusia Yesus, sehingga menyala di seluruh bumi, Gereja akan masuk dalam baptisan api ini dan Tuhan datang.

Luk 12:49

Tuhan akan mengirim api keatas bumi (12:49-53) Aku ini datang untuk mengirimkan api ke atas bumi dan apakah yang Kukehendaki jikalau api itu sudah menyala? (KJI)

Dalam ujian akhir ini ada pencobaan yang luar biasa banyaknya. Kita akan menang atas pawai pencobaan yang banyak dan dahsyat, sebab Tuhan memberi fasilitas lengkap dan limpah untuk GerejaNya, seperti tampak dalam Wah 12:1.

Putra manusia Yesus mengalami ujian akhir di Golgota dan Ia lulus, sempurna sebagai Anak domba Allah yang tidak bercacat cela untuk korban tebusan umat manusia. Luk 12:50.

  1. Masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:7 (bedakan dengan masa hukuman dunia 1Kor 11:32).
  2. Masa penampian gandum dan sekam Mat 3:12.
  3. Masa penuaian lalang, lalu gandum Mat 13:30.
  4. Zaman Antikris yang akan muncul sepanjang Minggu ke-70 Daniel dan ini menimbulkan banyak kesukaran. Gereja hanya menghadapi 3 Antikris I (Dan 7:1-6) dan mengalahkannya, sehingga Antikris hanya menang sebagian, atas orang2 dosa dan orang Kristen Halaman. Baru dalam 3,5 tahun II, Antikris yang ke-4 (Dan 7:7), menang penuh, betul2 seluruh dunia dikuasai Antikris selama 1260 hari. Pada waktu ini, orang2 beriman yang tertinggal dan bertobat kembali, semua mati dalam aniaya antikris Wah 11:2; 13:7.
  5. Dll. Semua akan diterangkan dengan rinci dalam kesempatan lain atau lihat dari buku2nya.

ZAMAN SEKARANG.

Sampai kapan hari2 ini (zaman sekarang) akan berakhir?

Kita harus berjalan dengan iman akan Firman Tuhan dan pimpinan Roh Kudus 2Kor 5:7, sebab kita tidak tahu yang akan datang Yak 4:14, Ams 27:1, Pkh 10:14b.

Tetapi sekarang, inilah saat2 yang paling penting:

– Untuk yang sungguh2 ikut Tuhan Yesus, supaya tetap tekun dan setia sampai akhir, yaitu ber-jaga2 seperti perintah Tuhan Yesus dalam Mat 24:42.

– bagi yang undur atau setengah hati, untuk bertobat sungguh2, sebab waktu Minggu ke-70 Daniel dimulai, pada waktu itu, orang yang belum bertobat, sudah tidak bisa bertobat lagi, sudah tidak bisa pindah jalur (dari jalan lebar ke jalan sempit), sebab sudah terlambat.

Dalam hari2 yang akan datang, akan datang banyak perkara2 yang dahsyat, yang makin lama makin dahsyat sampai puncaknya waktu lonceng nubuat Daniel berjalan lagi, yaitu Minggu ke-70 Daniel datang!!Sebab bukan saja orang berdosa mencapai puncak2 dosanya, juga Antikris timbul, ber-sama2 iblis yang makin merajalela sehingga dosa dan segala macam kejahatan mencapai puncak2nya. Jangan takut, dengan Tuhan pasti menang.Sebab itu sekarangpun sudah harus menang. Kalau sekarang kalah melawan dosa, jatuh dalam dosa, lebih2 waktu Minggu ke-70 Daniel, pasti jatuh. Kalau sekarang tidak menang, belum bertobat,maka besok akan terlambat!

Patokan untuk sekarang adalah fakta bahwa semua orang satu kali harus bertemu Tuhan! yaitu:

Amos 4:12c

 …..hendaklah kamu sedia akan bertemu dengan Allahmu.

Bertemu Tuhan itu akan terjadi:

  1. Waktu mati (pertemuan dengan Tuhan secara pribadi).
  2. Waktu masih hidup, ini pertemuan dengan Tuhan ber-sama2.

Ada 3 tanggal penting yang akan terjadi pada waktu Tuhan Yesus akan datang kedua kalinya dalam Minggu ke-70 Daniel, yaitu:

  1. Tanggal Minggu ke-70 Daniel dimulai.
  2. Tanggal pengangkatan.
  3. Tanggal Kursi Pengadilan Raja atau Perang Harmagedon.

Ini 3 tanggal yang penting dalam Minggu ke-70 Daniel.

Tanggal mulainya Minggu ke-70 Daniel. Ini tanggal yang sangat penting, sebab disini sudah divonis nasib orang untuk 1551 (ikut pengangkatan) atau tertinggal dan korban karena dosa, sebab untuk pindah jalur (nasib) sudah tidak mungkin (lihat bukti di bagian VII). Nasib di dalam nomer 2 (pengangkatan) dan 3 (Kursi Pengadilan Raja, akhir Minggu ke-70 Daniel), sudah ditentukan waktu mulai masuk Minggu ke-70 Daniel dan tidak bisa berubah lagi. Nasib ini adalah hasil penuaian dari keputusan dan perbuatan masing2, sebab tidak bisa pindah jalur lagi. Ini menentukan nasib kekal semua orang yang termasuk generasi akhir zaman. Sebab itu Tuhan menekankan pentingnya ber-jaga2 sekarang Mat 24:42, bukan kalau sudah mulai Minggu ke-70 Daniel, sudah terlambat.

Bagi yang masih hidup waktu pengangkatan dan tertinggal masih ada satu kesempatan terakhir (seperti dalam 1Kor 5:5, ini secara pribadi) yaitu semua orang yang tertinggal, ber-sama2 diserahkan dalam aniaya Antikris sampai mati, ini seperti orang selamat menerusi api 1Kor 3:15.

Wah 13:7

Dan ia diperkenankan untuk berperang dengan orang-orang kudus (yang tertinggal, ini bekas orang kudus, bekas orang beriman, orang kaya dalam neraka, tetap dipanggil anak oleh Abraham yang ada dalam Surga Luk 16:25) dan mengalahkan mereka (orang yang sungguh2 hidup kudus, tidak mungkin kalah) dan kepadanya diberi wewenang atas semua suku dan bahasa dan bangsa. (KJI)

Tanggal hari pengangkatan. Kita yang masih hidup dan sudah bersedia seperti lima gadis bijaksanaakan bertemu Tuhan ber-sama2 di awan2 (inilah golongan 1551 (= 1Kor 15:51). Orang2 yang termasuk generasi akhir zaman atau golongan Kristus II, adalah semua orang yang masih hidup waktu Kristus datang kedua kalinya (termasuk juga orang2 berdosa, yang tidak sadar akan adanya pengangkatan, hanya melihat tanda2nya)

Orang2 beriman golongan Kristus II, terdiri dari:

  1. Golongan 1551 (= 1Kor 15:51-52, yaitu orang2 yang ikut pengangkatan).
  2. Orang yang menjadi korban dosa dan kejahatan akhir zaman yang meningkat sampai puncak Wah 22:11.
  3. Golongan 1102 (= Wah 11:02) adalah orang2 beriman yang tertinggal, tahu tanda2 pengangkatan tetapi tidak ikut mengalaminya.

Ini juga disebut sebagai penuaian jiwa2 (kebangkitan orang benar) yang terdiri dari 3 tahap 1Kor 15:23.

Tuhan Yesus datang II.

Inilah kedatangan Tuhan Yesus yang kedua kalinya, tahap II, menderita di bumi, untuk semua orang, semua melihat Tuhan Yesus datang.

*) Lihat lebih lanjut dan lengkap peristiwa pengangkatan ini dalam buku:

  1. Pengangkatan (kedatangan Tuhan Yesus).
  2. Tanda2 permulaan dari hari pengangkatan.
  3. Bilakah Tuhan Yesus datang kembali.
  4. Tanda2 kedatangan Tuhan Yesus.

Wah 1:7

Kedatangan Tuhan kedua, untuk umum (1:7-8) Lihatlah, Ia datang dengan awan, dan setiap mata akan melihat Dia, dan juga mereka yang menikam Dia, dan segala suku bangsa di bumi akan meratap oleh karena Dia. Ya, Amin. (KJI)

Semua orang yang masih hidup, bertemu dengan Tuhan waktu Dia datang dan terjadilah Kursi Pengadilan Raja (Mat 25:31-46) di mana orang yang tidak kena cap Antikris, yang berbuat baik, istimewa pada orang2 beriman yang tertinggal, mereka masuk dalam Kerajaan 1000 tahun sebagai manusia biasa dan masih akan disaring lagi. Mereka yang ada cap Antikris mati semua dan pemimpin2nya dihukumkan Wah 19:19-21).

Sekarang kita harus memilih untuk masuk golongan yang ikut pengangkatan, ataumasuk golongan yang tertinggal, atau orang2 beriman yang undur dan jadi korban dosa dan kejahatan, mati dalam dosa.

Hal ini ditentukan kepastiannya mulai sekarang dan sudah ditentukan waktu mulai masuk Minggu ke-70 Daniel.

Kalau waktu itu kita tetap di jalan sempit, di dalam kesucian, sudah ber-jaga2, maka kita akan melanjutkan tumbuh dalam kesucian, makin seperti Kristus dan pasti ikut dalam pengangkatan.

Tetapi kalau pada waktu itu ada di jalur salah, jalan lebar, pasti tertinggal atau mati sebagai korban dosa. Sejak waktu itu (mulai masuk Minggu ke-70 Daniel) tidak bisa lagi bertobat atau pindah jalur.

Ini adalah tanggal2 yang paling penting, yang harus kita kenali baik2, menjadi patokan bagi kita, lebih2 bagi orang2 generasi akhir zaman.

Dengan adanya tanda2 akhir zaman yang sudah mulai nampak, kemungkinan besar kita termasuk orang2 generasi akhir zaman. Sebab itu sebelum kita tahu pasti tanggal2 itu,

sekarang kita sudah harus bersedia penuh seperti lima gadis bijaksana Mat 24:42,44, sebabada kemungkinan kita bisa mendapat kesempatan yang paling indah itu, yaitu ikut pengangkatan. Itu ditentukan oleh sikap, keputusan dan kesetiaan (ketekunan) kita sekarang. Jangan sia2kan kesempatan yang besar ini.

TANGGAL PERMULAAN MINGGU KE-70 DANIEL.

Mrk 16:3

Dan mereka berkata di antara mereka sendiri: Siapakah yang akan menggulingkan batu itu dari pintu kubur bagi kita? (KJI)

Apa artinya bagi kita?

  1. Tidak ada yang tahu tanggal terjadinya.

Mat 24:36

Tetapi tentang hari dan jamnya, tidak ada seorang pun tahu, bahkan malaikat-malaikat di sorga pun tidak (ada tambahan dalam TL, TB “dan Anakpun tidak”), hanyalah Bapa-Ku saja. (KJI)

Tanggal kedatangan Tuhan akan terjadi tepat  3,5 tahun sesudah permulaan Minggu ke-70 Daniel. Kalau tahu salah satu, kita tahu yang lain, bahkan seluruh tanggal dalam Minggu ke-70 Daniel.

Tetapi sekarang kita harus tahu tanda2 atau keadaan akhirzaman, tetapi kita tidak tahu bila tanggal permulaan Minggu ke-70 Daniel dimulai

Mat 16:3

Dan pada pagi hari: Hari ini cuaca buruk, sebab langit merah dan redup. Hai orang-orang munafik! Rupa langit dapat kamu bedakan tetapi kamu tidak dapat membedakan tanda-tanda zaman. (KJI

Tetapi kalau kita sudah masuk Minggu ke-70 Daniel, kita akan tahu tanggal pengangkatan dengan tepat. Sebab Tuhan sudah berjanji bahwa bagi anak2 terang kedatangan Tuhan itu tidak berlaku seperti pencuri (tidak tahu tanggal pencuri datang dan masuk), tetapi kita akan tahu sebab kita adalah anak terang.

1Tes 5:4-5

  1. Tetapi kamu, Saudara-saudara, tidak berada di dalam kegelapan sehingga Hari itu menimpa kamu seperti seorang pencuri.
  2. Kamu semua adalah putra-putra terang dan putra-putra siang. Kita ini bukannya tergolong malam atau kegelapan. (KJI)

Kedatangan Tuhan seperti pencuri itu berarti tidak diketahui, tidak bisa diduga. Semua orang, termasuk orang beriman tidak tahu tanggal dan jam kedatangan Tuhan, sebab itu harus ber-jaga2.

Mat 24:42

Sebab itu berjaga-jagalah, karena kamu tidak mengetahui jam berapa Tuhanmu akan datang. (Ini sebelum masuk Minggu ke-70 Daniel) (KJI)

Tetapi sesudah masuk Minggu ke-70 Daniel, orang yang hidup dalam terang akan tahu, tetapi orang yang hidup dalam gelap (dalam dosa) tetap tidak tahu.

Saat itu Bapa memberitahu PutraNya dan Ia melempar api ke bumi sampai seluruh bumi menyala Luk 24:49, saat itu (mulai Minggu ke-70 Daniel) Putra sudah tahu dan itu diberitahu pada kekasih atau sahabatNya.

Yoh 15:15

Aku tidak lagi memanggil kamu hamba, sebab seorang hamba tidak mengetahui apa yang diperbuat tuannya, tetapi Aku sudah memanggil kamu sahabat, sebab segala sesuatu yang Aku dengar dari Bapa-Ku, Aku memberitahukannya kepadamu. (KJI)

Jadi anak2 terang tahu tanggal pengangkatan pada waktu sudah masuk Minggu ke-70 Daniel.Jadi pada saat ini (sesudah masuk Minggu ke-70 Daniel) semua yang akan diangkat sudah tahu tanggal kedatangan Tuhan (maksimal 3,5 tahun lagi) dan pasti semuanya gempar dan bersukacita, sungguh2 dalam hal2 rohani, sehingga tumbuh dengan cepat seperti kilat (Mat 24:27, lihat majalah Tulang Elisa nomer 90), dan ini adalah masa finishing, penamatan, untuk orang2 yang diangkat dan  ini sudah tentu, pasti waktu itu. Tetapi orang yang hidup dalam dosa jadi lima gadis bodoh, tetap ada dalam jalur dosa, jalan lebar, dan semuanya tidak bisa pindah jalur lagi. Jangan ber-jaga2 kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel, itu sudah terlambat, tetapi yang mau sungguh2 ber-jaga2 atau mau bertobat, harus sekarang, selagi kita belum tahu tanggal atau jamnya Mat 24:42 KJI.

  1. Pada tanggal ini vonis untuk semua orang di dunia ber-sama2 sudah ditentukan, sebab pada waktu ini, orang yang hidup dalam kesucian di jalan sempit dan orang yang hidup dalam dosa di jalan lebar, yang undur dari Tuhan nasibnya sudah pasti, sebab yang sudah hidup suci akan makin suci dan sudah hidup dalam dosa akan makin tumbuh dalam dosa, dan masin2 menerima upahnya sesuai dengan pilihan hidupnya.

 

  1. Ini berarti mulai masuk Minggu ke-70 Daniel yaitu masa penamatan rencana Allah.
  2. Ini adalah masa yang amat sulit, sebab ini berarti ujian akhir (terberat) untukGereja, sebab harus masuk dalam penamatan, tetapi ini kesempatan besar yang tersembunyi, yaitu ada kemungkinan atau bisa ikut pengangkatan.

PENGANGKATAN.

Tanggal pengangkatan berhubungan erat dengan semua tanggal2 dalam Minggu ke-70 Daniel, istimewa dengan tanggal mulainya Minggu ke-70 Daniel. Gereja yang diangkat adalah Gereja yang ber-jaga2, hidup dalam kesucian seperti lima gadis bijaksana. Dalam Minggu ke-70 Daniel ini Gereja meningkat sampai puncaknya, tumbuh dengan cepat sehingga jumlah orang sempurna genap, begitu juga jumlah setiap tingkat di bawahnya genap untuk siap ikut dalam pengangkatan.

Ketertiban dalam Gereja akhir zaman inisangat tinggi, sebab itu kesucian kita juga harus meningkat, supaya tidak sampai jatuh kena hukuman dan binasa 2Kor 10:6.

VII. SIKAP YANG BETUL DALAM KEADAAN SEKARANG.

– Tidak bisa pindah jalur kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel.

– Sekarang (sebelum mulai Minggu ke-70 Daniel) adalah saatnya untuk menentukan nasib di akhir zaman.

– Sekarang masih dapat bertobat, tetapi besok sesudah mati atau sesudah lonceng Daniel berbunyi sudah tidak dapat bertobat lagi, terlambat seperti orang2 Yerikho (kecuali keluarga Rahab yang mau percaya), semuanya tidak bisa bertobat lagi dan mati dalam hukuman Allah.

Kita akan melihat hal2 penting dari sekarang sampai pengangkatan. Beberapa sudah dijelaskan di atas.

VIII. DUA ATAU TIGA JALUR ?

Di dunia hanya ada 2 jalur, jalan lebar atau sempit.

Mat 7:13-14

  1. Masuklah melalui gerbang yang sesak; karena luaslah gerbang dan lebarlah jalan yang membawa kepada kebinasaan, dan banyaklah orang yang masuk melewatinya.
  2. Sebab sesaklah gerbang dan sempitlah jalan yang membawa kepada kehidupan dan hanya sedikit orang yang menemukannya. (KJI)

 

Bagi Allah, di hadapan Allah, tidak ada jalur atau jalan netral, jalur tengah atau ketiga. Yang suam, merasa netral itu sebetulnya di jalan lebar, sebab Tuhan meludahkannya keluar, tidak ada jalan netral atau tengah2 bagi Tuhan.

Wah 3:16

Jadi, oleh sebab engkau suam, dan tidak dingin ataupun panas, Aku hendak meludahkan engkau keluar dari dalam mulut-Ku. (KJI)

Kita akan melihat 2 jalur ini, yaitu:

A.1. Jalan lebar.

Orang yang hidup di jalan lebar, yaitu hidup dalam dosa, termasuk orang Kristen Halaman. (Inilah orang2 Kristen yang tidak tumbuh sebab dosa, setengah hati, cinta dunia. Mereka sudah percaya Tuhan Yesus, tetapi masih memakai hidup lama, jatuh bangun dalam dosa atau hidup cara dunia. Selalu tinggal dalam dosa sedikit atau banyak, misalnya benci, iri, zina, cinta uang, tidak mau pikul salib, dll. Semua orang2 ini hidup dalam jalan lebar, dan ini tidak diperkenan Tuhan. Kalau mereka tetap hidup dalam dosa, tidak kembali bertobat ke cara hidupjalan sempit, akhirnya waktu mati, karena dosa2nya masuk Neraka (Wah 21:27 dosa tidak boleh masuk Surga) atau waktu ber-sama2 (masih hidup) masuk ke dalam Minggu ke-70 Daniel, tidak lagi bisa pindah jalur yang benar dan akan binasa!

Mereka sekali2 ke Gereja bahkan ada yang sering dan teratur ke Gereja, atau memperhatikan Firman Tuhan seperti orang Parisi Mat 23, tetapi tidak bertobat, bahkan munafik (sudah tahu salah, sengaja tidak mau bertobat) atau tetap ter-katung2, mendua dan ini tidak berkenan pada Tuhan. Mereka tidak sadar bahwasemua dosanya membawa mereka dalam jerat celaka yang tersembunyi dari iblis, istimewa pada akhir zaman ini, tetapi mereka pasti akan terjerumus ke dalamnya, kecuali bertobat hari ini Ibr 3:15.

(contoh lain: Herodes yang suka akan Firman Tuhan yang diberitakan oleh Yohanes Pembaptis, tetapi tidak bertobat Mrk 6:20, tetap ada di jalan lebar, sebab itu akhirnya Herodes membunuh Yohanes pembaptis).

A.2. Jalan sempit. Orang yang hidup di jalan sempit, adalah orang2 yang hidup dalam kesucian, yang sudah mati lepas dari dosa Rom 6:2. Mereka cinta Firman Tuhan, tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran, mau terus pikul salib Luk 9:23 dan melakukan kehendak Tuhan Mat 7:21. Orang2 seperti ini akan tumbuh terus dalam kesucian. Ini orang2 yang waktu permulaan sudah lahir baru, yaitu berubah menjadi baru, tumbuh dari Pintu Gerbang sampai Pintu Kemah, dengan tanda darah, air dan Roh 1Yoh 5:8 (ini adalah lahir baru dengan tanda darah, yaitu sudah bertobat, mati lepas dari semua dosanya Rom 6:2 (Mezbah Korban Bakaran), tanda air yaitu menguburkan hidup lama dan bangkit dalam hidup yang baru dalam Kristus Rom 6:4 (Kolam), dan tanda Roh penuh dan terus dipimpin Roh, tidak lagi dipimpin daging Rom 8:14 (Pintu Kemah = penuh dan dipimpin Roh).

1Yoh 5:8

Dan ada tiga yang memberi kesaksian di bumi: Roh dan air dan darah dan ketiganya ini menjadi satu. (KJI)

Dan sesudah lahir baru, terus tumbuh dalam jalan sempit, sesuai Firman Tuhan dan selalu penuh dan dipimpin Roh.

Orang seperti ini punya gairah untuk menikmati 7 Kebutuhan Pokok Rohani* (SSS DIAM, yaitu:

  1. Hidup Suci,
  2. Terus pikul Salib, mau menderita karena kebenaran),
  3. berSekutu dalam Roh dalam tubuh Kristus Ef 4:3.
  4. Doa senantiasa dalam Roh dan kebenaran 1Tes 4:17,
  5. Ibadah dengan tekun dan bergairah Ibr 10:25,
  6. Alkitab “dimakan setiap hari” Mat 4:4 dan
  7. Melayani satu sama lain dalam Roh, juga pelayanan ke dalam dan ke luar.

*) Lihat buku dgn judul: “7 Kebutuhan Pokok Rohani”, ini sesuai dengan isi Ruangan Suci).

Semua 7 Kebutuhan Pokok Rohani ini bagi orang yang sehat, itu seperti makanan yang menjadi kebutuhan dan kesukaan, bukan beban yang harus dipaksakan kecuali sakit. Begitulah orang2 yang ada di jalan sempit, itu hidupdalam kesucian dipimpin Roh; orang2 ini suka menikmati 7 Kebutuhan Pokok Rohani ini. Lebih2 kalau mengalami banyak kesukaran, pencobaan dan penderitaan atau tanda2 zaman yang dahsyat, maka dengan nasehat Firman Tuhan, mereka semua yang di jalan sempit ini, taat dan bergairah, ber-jaga2 dengan betul seperti yang diminta Tuhan dalam Mat 24:42. Maka orang2 yang ada di jalan sempit ini, termasuk generasi akhir zaman (yang masih tetap hidup waktu Tuhan datang), akan ikut dalam pengangkatan; luar biasa, sangat indah, mulia untuk kekal. Tetapi kesempatan ini hanya untuk orang yang tekun, setia, ber-jaga2 di jalan sempit.

DOSA DAN KESUCIAN MENINGKAT SAMPAI PUNCAK

Wah 22:11

Orang yang tidak benar, biarlah ia terus berbuat yang tidak benar; dan orang yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan orang yang benar, biarlah ia terus mengerjakan kebenaran; dan orang yang kudus, biarlah ia terus kudus. (KJI)

Ini pasti terjadi. Dosa dan kejahatan pada akhir zaman ini terus bertumbuh dan itu nampak denganjelas dalam semua segi hidup, dan dalam zaman sekarang, kita sedang ada di dalamnya. Disini hanya ada 2 golongan yaitu orang yang tidak benar, dan orang2 dosa. Pada akhir zaman, orang2 yang hidup dalam dosa akan terus menerus ber-tambah2 dalam dosa. Orang yang benar, orang suci akan terus ber-tambah2 dalam kesucian atau kebenarannya. Dua jalur ini bertentangan dan bedanya makin lama makin besar dan akhirnya putus, tidak ada hubungan lagi, waktu dalam Minggu ke-70 Daniel.

Bandingkan dengan hari2 yang lalu, bagaimana sekarangdosa dan kejahatan tumbuh sangat cepat dalam segala segi hidup. Juga kesucian, tetapi ini tidak tampak di umum, sebab hanya mata yang celik, yang dapat pengertian dari Tuhan, yang bisa melihatnya.

Ams 20:12

Telinga yang mendengar dan mata yang melihat, keduanya itu telah dijadikan oleh Tuhan.

Mat 13:11

Ia menjawab dan berkata kepada mereka: Karena kepadamu dikaruniakan untuk mengerti rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak diberikan. (KJI)

Mrk 4:11

Dan Ia berkata kepada mereka: Kepadamu dikaruniakan untuk bisa mengetahui rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada mereka yang di luar, segala sesuatu disampaikan dengan perumpamaan-perumpamaan. (KJI)

Tumbuh dalam dosa itu seperti jalan turun, mudah, se-olah2 otomatis, sebab manusia memang condong (lebih suka) pada dosa.

Yoh 3:19

Maka inilah hukumannya bahwa terang itu sudah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih mencintai (TL, TB: Menyukai) kegelapan daripada terang itu, sebab perbuatan-perbuatannya jahat. (KJI)

Tetapi hidup suci itu seperti jalan menanjak, berat, harus usaha, harus menyangkal diri, mematikan daging, tanpa Tuhan tidak mungkin Fil 3:14.

Tetapi dengan Tuhan, lebih2 yang suka berdoa dalam Roh dan kebenaran dan selalu penuh dengan 7 Kebutuhan Pokok Rohani akan terus meningkat dalam kesucian. Ini tidak sulit, bahkan menyenangkan. Sebab orang yang berjalan dalam kesucian, hatinya akan selalu puas, sejahtera, karena sungai air hidup (dari Surga!) mengalir didalamnya kita. Ini lain daripada kesukaan dosa yang sesaat.

Yoh 4:13-14

  1. Yesus menjawab dan berkata kepadanya, Barangsiapa minum dari air ini, ia akan haus lagi,
  2. tetapi barangsiapa yang minum dari air yang akan Kuberikan kepadanya, ia tidak akan haus lagi; melainkan air yang akan Kuberikan kepadanya itu akan menjadi di dalamnya sebuah mata air yang memancar sampai kepada hidup yang kekal. (KJI)

Ibr 11:25

Ia lebih suka memilih menderita sengsara bersama-sama umat Allah, daripada menikmati kesukaan dosa sesaat. KJI)

Orang yang setengah hati, bercabang apalagi cinta (hoby) dengan dunia ini, pasti tidak tahan untuk hidup dalam kesucian di jalan sempit; Sebab orang seperti ini pasti tidak punya kuasa dari Allah, akan mudah sekali hanyut dalam arus dosa yang makin lama makin deras seperti tsunami dosa. Orang ini akan makin dalam tenggelam dalam dosa, masuk jerat iblis, sehingga makin najis. Ini terjadi di mana2, pada semua orang (kecuali orang suci dalam Kristus) dalam Minggu ke-70 Daniel di mana dosa sudah meningkat tinggi. Sebab sudahmata gelap, kebanyakan sudah terjerat di dalam dosa dan banyak yang mati menjadi korban dosa dan kejahatan.

AMBIL KEPUTUSAN SEKARANG.

Sekarang orang di jalan lebar masih mungkin bertobat sungguh2 dan pindah ke jalan sempit dengan sungguh2, bukan pura2. Kalau orang itu sungguh2 mau, mau menyangkal diri, ia bisa melakukannya, tetapi kalau Minggu ke-70 Daniel sudah mulai, hal ini sangat sulit atau mustahil, sebab2nya akan kita lihat dalam bagian VII.

Orang yang sekarang sungguh2 ikut Tuhan, masih bisa undur dan pindah ke jalan lebar seperti Yudas (karena uang), seperti Saul (karena ingin puji, hormat, kedudukan, tersinggung, iri dll) atau seperti Salomo dan Simson (karena perzinaan; Salomo dan Simson pada akhirnya, di tengah2 hukuman yang dahsyat masih mau dan bisa bertobat dengan banyak kepahitan dan penderitaan, tetapi dalam Minggu ke-70 Daniel, dimana kesukaan, pencobaan, ancaman dan godaan memuncak sesuai nubuatan Wah 22:11, maka dalam Minggu ke-70 Daniel, tidak ada lagi yang bisa bertobat, sebab2nya akan kita lihat dalam bagian VIIberikut, sebab itu jangan tunggu terlambat, dan masuk jerat celaka, bertobatlah sekarang.

Ambil keputusan sekarang untuk siap ikut pengangkatan dan tidak masuk jerat celaka yang sudah menganga di jalan lebar. Yang bisa ikut pengangkatan hanya orang yang rohaninya sudah tumbuh di jalan sempit, yaitu sesuai dengan Mat 24:42.

Yang hidup di jalan lebar akan makin hanyut dalam dosa dan masuk dalam jerat celaka yang tersembunyi, dan mereka akan:

  1. Tertinggal dan masuk zaman Antikris, atau
  2. Mati, jadi korban dosa dan kejahatan akhir zaman, yang dosanya makin meningkat sampai puncaknya.

Dalam Minggu ke-70 Daniel, tidak bisa pindah jalur.

Kalau sudah mulai masuk Minggu ke-70 Daniel, baru mau pindah jalur ke jalan sempit, tidak bisa, sudah terlambat. Orang yang sekarang sungguh2 di jalan sempit dengan setia, tekun, akan tetap tekun dan bersukacita di jalan sempit, tidak akan mau pindah jalan lebar yang celaka itu, sampai ikut pengangkatan. Mereka bisa bertahan, bahkan bersukacita, lebih2 dengan puncakhujan Akhir dan fasilitas akhir zaman dari Tuhan yang limpah.

MENGAPA ORANG TIDAK BISA BERTOBAT, PINDAH JALUR DALAM MINGGU KE-70 DANIEL?

  1. Jalan lebar dosa2nya memuncak. Disini hanya ada 2 arah, yang suci makin suci, yang najis (dosa) terus meningkat makin berdosa. Disini tidak bisa pindah lagi, kecuali sekarang sebelum Minggu ke-70 Daniel mulai.
  2. Lima gadis bodoh sekarang bisa menjadi lima gadis bijaksana, tetapi kalau sudah datang seruan mempelai datang Mat 25:6, sudah terlambat dan tidak bisa berubah jadi lima gadis bijaksana.
  3. Dari Halaman dan Ruangan Suci masih bisa keluar masuk. Tetapi kalau sudah mulai Minggu ke-70 Daniel Ruangan Suci tertutup 3,5 tahun I, lalu terangkat dalam 3,5 tahun II, Halaman dikalahkan dan dikuasai Antikris.
  4. Sekarang lalang masih bisa berubah dengan percaya, bertobat menjadi gandum, tetapi pada Minggu ke-70 Daniel (musim menuai mulai Mat 13:30), maka lebih dahulu lalang dibakar, baru gandum masuk gudang, lalang sudah tidak bisa lagi. Pada waktu ini
  5. Sekarang carang yang tidak berbuah, masih ditunggu untuk berbuah, tetapi kalau sudah sampai waktunya, carang yang tidak berbuah akan dipotong, tidak bisa dipasang kembali.
  6. Hujan Awal untuk biji, hujan Akhir untuk pohon gandum dewasa yang sudah keluar mayang (bunganya) supaya tumbuh sampai matang. Pada waktu hujan Akhir, kesempatan untuk yang baru mulai bertobat, pindah jalurbertumbuh dari permulaan, sudah tidak ada.
  7. Orang yang keras hati, akhirnya tidak mau kembali.

 

  1. TIDAK BISA PINDAH JALUR DALAM MINGGU KE-70 DANIEL.

Dalam pelajaran ini akan dibuktikan dengan 9 bukti yang besar dan jelas bahwa kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel, tidak lagi bisa pindah jalur antara jalur yang salah dan betul dan ini berarti vonis untuk hidup kekal (baik orangnya masih hidup atau mati). Lebih2 kalau orangnya masih hidup dan menyesal atau ingin berubah (sangat sulit atau) tidak mungkin lagi pindah jalur. Ini dijelaskan oleh peringatan Tuhan dalam ayat sbb:

Mat 24:42-44

  1. Sebab itu berjaga-jagalah, karena kamu tidak mengetahui jam berapa Tuhanmu akan datang.
  2. Tetapi ketahuilah ini, bahwa jikalau tuan rumah sudah mengetahui pada waktu jaga yang mana pencuri itu akan datang, pastilah ia akan berjaga-jaga dan tidak akan membiarkan rumahnya dibobol.
  3. Oleh sebab itu hendaklah kamu siap sedia; karena Putra manusia datang pada jam yang tidak kamu pikirkan. (KJI)

 

  1. Karena kita tidak tahu jam berapa Tuhan datang (KJI), kita harus ber-jaga2 untuk kedatangan Tuhan secara pribadi (= Mati) maupun secara bersama dan ini dimulai pada waktu permulaan Minggu ke-70 Daniel.
  2. Kemungkinan menjadi Generasi Akhir Zaman (GAZ).
  3. Zaman sekarang dari tanda2 zaman kita tahu (relatif) bahwa sekarang ini sudah akhir zaman Mat 16:3. Sebab itu harus bersedia, termasuk untuk kedatangan Tuhan untuk ber-sama2.
  4. Meskipun kemungkinan kita termasuk GAZ itu tidak kita ketahui jelas, bisa dari 10-90%, tetapi kita tetap harus ber-jaga2 sebab:

b.1. Kemungkinan itu bisa betul2 terjadi sebab kita tidak tahu.

b.2. Hari permulaan Minggu ke-70 Daniel itu akan masuk masa yang sangat dahsyat, baik untuk orang berdosa jadi jerat celaka yang besar.

Luk 21:34

Jagalah dirimu, supaya hatimu jangan ditakluk oleh gelojoh dan mabuk dan percintaan kehidupan ini, sehingga dengan tiada disangka-sangka hari itu terentang ke atasmu seperti jerat. (TL)

sehingga binasa kekal, kalau sekarang tidak mau bersedia.

Orang benar yang ber-jaga2 (hidup dipimpin Roh dalam Ruangan Suci) akan mendapat kesempatan besar yang luar biasa, sebab orang2 yang mau ber-jaga2 akan dapat fasilitas akhir zaman yang lengkap dan besar, sehingga bisa tumbuh dengan efisien dan cepat, meningkat se-tinggi2nya dan masuk dalam pengangkatan dalam tingkatan rohani yang tertingi yagn bisa dicapainya. Sangat indah untuk kekal. Ini kesempatan besar, jangan di-sia2kan, sebab itu harus ber-jaga2.

Kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel, ini saat finishing = penamatan, maka orang yang masuk dalam keadaan suci (di jalur jalan sempit) ia akan terus tumbuh menjadi makin suci, kesuciannya diteruskan, terus sampai tingkat yang se-tinggi2nya.

Orang yang masuk dalam dosa (biasanya ini sudah hanyut dalam tsuanmi dosa yang sudah dinubuatkan dengan Wah 22:11) dan ia akan diterus dalam dosa yang lebih besar, lebih banyak sampai akhirnya mati dalam dosa. Jadi yang suci terus makin suci, yang dosa terus makin dosa, disini tidak ada lagi kesempatan berpindah jalur (lihat sebab2 dan bukti2nya lebih lanjut).

IX.1. Finishing, penamatan untuk jalan sempit dan jalan lebar.

1.a. Orang2 di jalur jalan sempit tidak akan mau (bisa), undur kembali ke jalan lebar, sebab merekasudah teruji sejak sekarang sampai permulaan Minggu ke-70 Daniel, mereka tetap setia di jalan sempit, menikmati kesukaan Tuhan Yoh 4:13,14; 7:38; Yez 47), apalagi di dalam Minggu ke-70 Daniel yang limpah dengan fasilitas akhir zaman yang ajaib, tidak akan mau masuk jerat celaka! Kalau sejak sekarang sudah menang dan lebih dari pemenang Rom 8:31,37, maka dalam Minggu ke-70 Daniel, tidak akan kalah lagi, bahkan dalam begitu banyak pencobaan yang mengeroyoknya seperti pawai, dengan pertolongan Roh Kudus dan fasilitas akhir zaman yang limpah waktu itu, ia akan mengalami pawai kemenangan dan tidak akan undur kembali 2Kor 2:14.

1.b. Di jalan lebar tidak bisa pindah jalan sempit.

Kesukaran2 yang hebat ini mencelikkan mata kita dan mendorong untuk segera bertobat dan kembali ke jalan sempit, tetapi bagi yang ada di jalan lebar. Kalau sudah mulai Minggu ke-70 Daniel sudah terlambat, tidak bisa lagi pindah jalur jalan sempit dan masuk dalam jeratcelaka; hanya ada 2 kemungkinan: yang masih hidup ini akan tertinggal, lalu masuk dalam zaman Antikris atau yang lain mati karena menjadi korban dosa dan kejahatan, masuk jerat celaka sampai di neraka. Sebab itu berubahlah sekarang. Bertobatlah sekarang!

1.c. Hidup lama yang meningkat tidak bisa berubah.

1.c.1. Pikiran yang dari dahulu tidak bisa mengerti, semua kebenaran Tuhan hanya dianggap sebagai perumpamaan.

Mrk 4:11-12

  1. Dan Ia berkata kepada mereka: Kepadamu dikaruniakan untuk bisa mengetahui rahasia Kerajaan Allah, tetapi kepada mereka yang di luar, segala sesuatu disampaikan dengan perumpamaan-perumpamaan.
  2. Supaya dengan melihat, mereka bisa melihat tetapi tidak nampak, dengan mendengar, mereka bisa mendengar tetapi tidak mengerti, supaya mereka jangan bertobat dan diampuni dosanya. (KJI)

Sebab mereka tidak mengerti dan tidak percaya akan kedatangan Tuhan, mereja jadi ragu, sinis dan tidak bersedia.

2Pet 3:4

Sambil berkata: Di manakah janji kedatangan-Nya? Sebab sejak nenek moyang kita tertidur, segala sesuatu tetap berlangsung terus sebagaimana dari permulaan penciptaan dunia. (KJI)

Mereka tertipu segala kemanisan dunia apalagi kalau ada ancaman2.

2Kor 11:3

Tetapi saya takut, supaya jangan dengan cara apapun, pikiran-pikiranmu dirusakkan dari ketulusan yang ada di dalam Kristus, seperti si ular memperdayakan Hawa dengan tipu muslihatnya. (KJI)

Orang jalan sempit tidak tertipu 2Kor 2:11).

1.c.2. Matanya yang sudah dibutakan oleh pekerjaan iblis dan kaki tangannya, apalagi melihat jerat iblis yang menganga, yang dilihat hanya umpannya yang manis 2Kor 4:4.

1.c.3. Hatinya juga sudah suam, mendua, bercabang, sebab ada percintaan dunia sedikit atau banyak. Ia tidak merasa tertuduh atau bersalah, tidak apa2 sebab masih ke Gereja, masih menjadi orang Kristen, tetapi hatinya sudah di jalan lebar. Dari luar, tubuhnya di jalan sempit, tetapi hati dan pikirannya di jalan lebar, mungkin limpah pornografi, benci, cinta uang, duniawi, bertuhankan perut, jemawa, iri, tersinggung dll. Ia jugatidak lagi penuh dan dipimpin Roh seperti lima gadis bijaksana, tetapi masih bisa berdoa dalam Roh, masih diurapi, meskipun banyak kali sembunyi2 ada dalam perhambaan hawa nafsu dosa seperti Simson, Yudas dll Yoh 8:34, Yak 4:4,8. Karena lebih suka anggur lama, maka tidak lagi bergairah minum anggur baru, mereka ikut hanya karena ikut acara dan tradisi saja, tetapi hatinya sudah bosan atau muak akan Firman, tetapi dengan anggur lama penuh gairah dan bergembira.

Luk 5:39

Tidak seorangpun yang minum anggur lama, dengan segeranya menginginkan yang baru, sebab ia berkata: Yang lama lebih baik. (KJI)

Ini orang suam, ini “jalur tengah” yang sebetulnya adalah jalan lebar, yang akandiludahkan Tuhan keluar! Mereka tidak sadar, bahwa tidak ada jalan netral atau jalur tengah dan lebih celaka lagi adalah di dalam masa2 ini orang2 sangat takut, tidak berani mendekati Gereja yang sangat tertib dalam kesucian.

Kis 5:13

Dan sisanya, tidak seorangpun berani menggabungkan dirinya dengan mereka (yang dalam Gereja jalan sempit, ketat dan tumbuh dalam kesucian), tetapi orang banyak itu menghormati mereka. (KJI)

Mereka tidak bisa kembali, sebab ini masuk dalam masa penamatan atau finishing yang jahat makin jahat.Hatinya jadi makin keras Ibr 3:15.

1.c.4. Jalan sempit sangat tertib.

2Kor 10:6

Dan bersiap sedia menghukumkan semua ketidaktaatan apabila ketaatanmu sudah sempurna. (KJI)

Dalam Minggu ke-70 Daniel Gereja sangat meningkat, Gereja sudah hampir selesai diolah, tinggal finishing; keadaannya sangat indah, hadirat Allah, kuasa dan mujizatnya limpah. Juga sangat tertib dalam kesucian, orang yang sedikit salah, langsung kena hukum; seperti Ananias dan Safira, yang sebetulnya adalah orang2 yang “cukup baik” bahkan berani berkorban, tetapi sebab “sedikit” salah langsung mati di tempat. Ini terjadi dalam hujan Awal, apalagi dalam hujan Akhir dan masa penamatan (finishing) rencana Allah; baik dalam kesucian sangat tertib, dan semua dituntut sangat banyak (sebab Gereja sudah diberi lebih banyak Luk 12:48), sedikit dosa langsung kena hukuman. Orang2 suam seperti ini langsung kena hukum seperti Ananias dan Safira dalam hujan Awal Kis 5:1-12. Biasanya mereka lari ke Gereja yang “netral” Kis 5:13, yang tidak “terlalu ekstrem”. Dalam Gereja2 ini masihboleh sedikit2 berdosa, ini Gereja “netral”, tetapi sebetulnya Gereja jalan lebar! Wai, mereka akan jadi korban dosa dan kejahatan sampai mati atau tertinggal, tidak ikut pengangkatan, sebab tidak bisa kembali ke jalan sempit.

1.c.5. Kalau sekarang kalah, selalu bereaksi dosa, bahkan dalam masa ini (Wah 22:11 terjadi), akan makin terperosok dalam dosa dan makin besar dosanya, apalagi waktu mulai Minggu ke-70 Daniel, pencobaan, godaan, ancaman sangat tinggi, pasti gugur, tidak bisa, bahkan tidak mau kembali dalam jalan sempit. Hanya orang yang selalu menang, malah menjadilebih dari pemenang (ini jalan sempit) baru bisa tahan dan tetap menang. Begitu juga kalau pencobaan, ujian dan kesukaran makin dahsyat, akan tetap menang, bahkan mengalami pawai kemenangan dalam Minggu ke-70 Daniel (= sebab tetap di jalan sempit), sehingga akhirnya ikut dalam pengangkatan.

Sekarang sudah harus bisa menang dan harus terus menang, hidup dalam kesucian dan selalu taat dipimpin Roh, sebab kalau besok baru bertobat sudah terlambat, tidak bisa pindah jalur.

Kalau dalam pencobaan2 kecil tidak setia ikut Tuhan, terus kalah, kalau datang pencobaan besar, tentunya juga kalah, apalagi dalam menghadapi pencobaan yang memuncak di seluruh dunia, tidak akan bisa menang.

IX.2. LIMA GADIS BODOH TIDAK BISA BERUBAH LAGI MENJADI LIMA GADIS BIJAKSANA LAGI.

Sekarang semua orang yang keadaannya seperti lima gadis bodoh, kalau sungguh2 mau bertobat, mau berubah, masih bisa, yaitu dengan sungguh2 bertobat, terus menerus hidup dalam kesucian, limpah doa dalam Roh dan kebenaran terus menerus; masih bisa berubah, bahkan masih ada kemungkinan menjadi lima gadis bijaksana. Tetap ada saatnya perubahan ini tidak lagi mungkin terjadi, yaitu waktu sudah masuk Minggu ke-70 Daniel, sudah ada seruan, yaitu ada kepastian bahwa Tuhan Yesus akan segera datang

Mat 25:6-9

  1. Dan pada tengah malam adalah suatu seruan: Lihatlah, mempelai datang. Keluarlah untuk menemui dia.
  2. Lalu bangunlah semua gadis itu serta menyiapkan pelitanya.
  3. Maka yang bodoh itu berkata kepada yang bijak: Berilah kami minyakmu, karena pelita kami hendak padam.
  4. Tetapi yang bijak itu menjawab, katanya: Jangan, nanti tidak cukup untuk kami dengan kamu, lebih baik kamu pergi kepada mereka yang menjualnya, belilah untuk dirimu sendiri. (KJI)

Kalau seruan (pengumuman) mempelai datang sudah terdengar (ini adalah permulaan Minggu ke-70 Daniel, tetapi tidak semua orang bisa mendengar). Pada saat ini lima gadis bodoh tidak bisa lagi berubah menjadi lima gadis bijaksana, sebab itu mereka tertinggal. Memang mereka tidak terlalu jahat, dosanya tidak terlalu besar, meskipun kadang2 masih ada pengurapan, kadang2 masih berdoa dalam Roh, tetapi tanpa kebenaran, sebab ada dosa;Tetapi pada waktu ini sudah terlambat, tidak bisa bertobat kembali jadi lima gadis bijaksana dan ditolak, tertinggal dan mati dalam tangan Antikris.

Kalau sekarang belum mati dari hidup yang lama, tidak mungkin tiba2 waktu Minggu ke-70 Daniel lalu bertobat dan mau tumbuh dan ber-buah2, tidak bisa, butuh waktu cukup banyak (Putra manusia Yesus butuh waktu 30 tahun untuk bertumbuh sampai mulai pelayanan!). Sebab itu bertobatlah sekarang dan tumbuhlah dalam kesucian supaya selamat pada akhir zaman, pada waktu mulai Minggu ke-70 Daniel,sebab pada waktu itu tidak bisa pindah jalur!

KESIMPULAN.

Sekarang tidak mau sungguh2 hidup dalam kesucian di jalan sempit, besok sudah terlambat, baik secara pribadi, apalagi kalau Minggu ke-70 Daniel sudah mulai, orang yang tidak bertobat tidak lagi bisa pindah jalur.

Mereka yang di jalan lebar, carilah Tuhan dan bertobat sungguh2 sekarang, pindah ke jalan sempit, hidup dalam kesucian, penuh dipimpin Roh. Harus sekarang, sebab kalau besok, kalau Minggu ke-70 Daniel tiba2 datang, bisa tiba2 terlambatdan tidak lagi bisa bertobat, bahkan akan terus meningkat dalam dosa, akhirnya binasa.Yang hidup di Halaman dalam tabiat daging, harus mau mati dari hidup lama, hiduplah sepenuhnya dalam kesucian untuk Tuhan, total, habis2an untuk Tuhan saja, maka kita akan mendapatkan kesempatan yang amat besar, meskipun itu tersembunyi. Sekarang waktunya menentukan untuk sungguh2 mencari Tuhan dalam jalan sempit, maka kita akan tumbuh cukup sampai bisa mendapat kesempatan yang besar itu, ikut pengangkatan, bahkan ada sebagian kecil menjadi sempurna.

Kalau sekarang terus main2, mendua, jatuh bangun dalam dosa, apalagi terus terikat dalam dosa, se-olah2 tidak apa2, tahu2 hari itu datang sebagai jerat Luk 21:34 dan binasa tanpa bisa berubah lagi, celaka! Tidak lama lagi Minggu ke-70 Daniel akan mulai, dan bagi yang setia dan tekun hidup berkenan pada Tuhan, kesukaran2 ini akan menjadi kesempatan yang luar biasa, meskipun tidak tampak jelas, tetapi  bagi yang hidup pura2 atau tumbuh dalam dosa, hal2 ini menjadi jerat yang tersembunyi, tahu2 celaka dan tidak bisa berubah jalur lagi! Sebab itu sekarang bertobatlah! Dan yang sudah di jalan yang betul, tekun dan setialah!

IX.3. ORANG HALAMAN DAN RUANGAN SUCI TIDAK BISA PINDAH TEMPAT.

Orang Halaman itu adalah orang beriman yang jatuh bangun dalam dosa, tidak tumbuh, mendua, bercabang hatinya, sebab itu tidak sungguh2 taat pada Firman Tuhan. Sebaliknya orang yang di jalan sempit itu sungguh2 ikut Tuhan, hidup dalam kesucian dipimpin Roh dan selalu taat akan Firman Tuhan (Mat 7:21). Tuhan itu adil dan benar, pasti ada bedanya antara 2 golongan ini, sebab tidak ada yang kebetulan Mat 10:30, semua terjadi itu ada perhitungan yang teliti dan adil dari Tuhan. Sebab itu kalau mau nasib yang baik, jtaburlah yang baik, hidup dalam Ruangan Suci. Kalau terus hidup dalam Halaman hidup dan menabur menurut daging, maka pasti juga menuai akibat yang sesuai Gal 1:7-8. Sebab itu yang hidup dalam dosa, dalam Halaman, bertobatlah sekarang, jangan menunda.

Ibr 3:15

Seperti yang telah dikatakan: Pada hari ini jika kamu mendengar suara-Nya, janganlah mengeraskan hatimu seperti dalam masa pemberontakan, (KJI)

Dalam zaman sekarang orang2 Halaman (jalan lebar, hidup menurut daging) dan Ruangan Suci (jalan sempit, hidup dipimpin Roh) itu masih bisa keluar masuk, pindah2 antara Halaman dan Ruangan Suci.

Tetapi dalam Minggu ke-70 Daniel, sudah tidak bisa pindah jalur. Mengapa?

Dalam zaman sekarang orang Halaman masih bisa bertobat, tetapi kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel, tidak bisa bertobat lagi dan sebab itu tidak bisa selamat. Mengapa? Sebab:

  1. Harus dosa itu terlalu kuat dan besar (sudah dinubuatkan dalam Wah 22:11). Orang yang jatuh bangun dalam dosa, yang mendua, bercabang hatinya, minum anggur lama sampai mabuk (Luk 5:39), cinta dunia dll akan mudah terperosok dalam dosa yang lebih dalam, hanyut dalam tsunami dosa.
  2. Orang2 berdosa itu sudah ada dalam tangan iblis Yoh 8:34, dan kalau sudah melebihi batas seperti anak2 Ayub, diserahkan dalam tangan iblis dan dibunuh oleh iblis, sekalipun oleh Ayub sudah didoa syafaatkan, tetap mati, tidak bisa bertobat kembali.
  3. Perbedaan antara orang dosa dan orang suci itu sangat besar dan makin lama makin besar sebab yang dosa makin meningkat dosanya dan yang suci makin bertambah suci Wah 22:11. Sebab itu dalam hari2 itu bertobat itu sangat tidak mudah. Lebih2 sebab orang2 yang sudah biasa hidup dalam dosa dan menganggap hidup suci itu remeh dan diabaikan, kalau masih kembali dalam Gereja jalan sempit (yang dalam 3,5 tahun I masih aa), hukum2 ketertibannya sangat ketat dan keras.

2Kor 10:6

Dan bersiap sedia menghukumkan semua ketidaktaatan apabila ketaatanmu sudah sempurna. (KJI)

Setiap kesalahan kecil langsung dihukum mati seperti Ananias dan Safira dalam Kis 5:1-13. Sebab itu orang2 yang sudah biasa hidup dalam dosa, sudah jadi tabiat dan kesukaannya hidup menurut daging, tabiat sekali dan lari ari Gereja jalan sempit Kis 5:13, sebab itu sulit atau tidak mungkin lagi orang berdosa mau bertobat dalam masa penuaian ini!

Dalam zaman Antikris keadaannya lebih dahsyat dan mereka ada dalam tangan Antikris, iblis, diserahkan dalam tangan Antikris. Mereka sampai akan dibunuh Antikris, tetapi yang mau dimeteraikan Antikris, masih dipakai Antikris, tetapi banyak yang mati kena hukuman Allah (7 Meterai, 7 Sangkakala, 7 Bokor) sebab dosa2nya sudah melebihi batas. Ini keadaannya sepanjang zaman Antikris yaitu Minggu ke-70 Daniel. Ada sebagian orang beriman yang sekalipun berdosa limpah, tidak dibiarkan Allah untuk dibunuh Antikris (seperti anak2 Ayub dibiarkan Allah, bahkan diizinkan, sesuai dengan hukuman untuk perbuatan2nya). Semua ini sebab Tuhan yang tahu lebih dahulu, tahu bahwa sesudah pengangkatan mereka akan sangat menyesal dan bertobat sungguh2. Allah yang tidak ingin seorangpun binasa 2Pet 3:9, membiarkan mereka tetap hidup, iblis dan Antikris tidak bisa membunuhnya, tetapi sesudah pengangkatan, Gereja dan Tuhan dalam Gereja sudah tidak ada, mereka bebas penuh, merajalela menuruti tabiatnya yang jahat, sebab itu dengan bebas mereka membunuhnya dan memang orang2 inisudah diserahkan Allah kepada Antikris Wah 13:7. Sebab itu dalam 3,5 tahun sesudah pengangkatan, orang2 beriman yang tertinggal dan bertobat kembali, diserahkan dalam tangan antikris dan dianiaya sampai mati, tetapi jiwanya selamat seperti menerusi api 1Kor 3:15. Inilah orang2 Halaman yang masih bisa selamat sebab bertobat kembali sesudah pengangkatan, tetapi mati dalam tangan Antikris.

Jadi orang Halaman (hidup dalam dosa dan makin ber-tambah2 dalam Minggu ke-70 Daniel) itu:

  1. 7 tahun ada dalam tangan Antikris (dan iblis), tidak bisa bertobat kembali dan binasa kekal. Mereka dimeteraikan oleh Antikris, sebagian dibunuh Antikris dan banyak yang mati dalam hukuman Allah.
  2. Dalam 3,5 tahun II orang beriman yang bertobat kembali, akan mati dalam tangan Antikris, tetapi masih selamat. Inilah orang2 Halaman yang dibiarkan Allah hidup dan bertobat kembali, tetapi mati dalam aniaya Antikris.

Tuhan membedakan orang Halaman dan Ruangan Suci, ini akan menjadi maksimal, mencapai puncaknya dalam seluruh Minggu ke-70 Daniel, lebih2 dalam zaman Antikris 3,5 tahun II. Semua orang2 Halaman, habis2an dan sepenuhnya diserahkan dalam aniaya Antikris sampai mati, tetapi orang Ruangan Suci diangkat keluar dalam pengangkatan. Ini disebutkan dalam ayat berikut:

Wah 11:2

tetapi biarkanlah halaman yang di luar Bait Allah itu, jangan mengukurnya, karena ia sudah diberikan kepada orang kafir dan kota yang kudus itu akan diinjak-injak mereka empat puluh dua bulan lamanya. (KJI)

IX.4. LALANG TIDAK LAGI BISA MENJADI GANDUM.

Mat 13:28-30

  1. Lalu berkatalah ia kepada mereka: Musuh telah melakukannya. Hamba-hamba itu berkata kepadanya: Maukah tuan, kami pergi mencabutnya?
  2. Tetapi ia berkata: Tidak, supaya jangan ketika kamu mencabut lalang itu kamu juga mencabut gandum itu besertanya.
  3. Biarkanlah keduanya tumbuh bersama-sama sampai musim menuai dan pada waktu menuai saya akan berkata kepada penuai-penuai itu: Kumpulkanlah lebih dahulu lalang itu dan ikatlah dia dalam berkas-berkasnya untuk dibakar, tetapi kumpulkanlah gandum itu ke dalam lumbungku. (KJI)

Dalam Gereja ada lalang dan gandum. Tuhan melarang mencabut lalangnya. Mengapa? Sebab lalang yang mau bertobat akan berubah menjadi gandum dan selamat, sebab Allah tidak ingin seorangpun binasa 2Pet 3:9, sebab itu pada lalang diberi kesempatan supaya bertobat.

Lalang adalah orang beriman yang tidak bertobat, belum lahir baru, hanya ikut2an secara formil, tetapi tidak mau percaya atau melayani Tuhan. Lalang itu juga orang beriman yang sudah lahir baru, bahkan sudah penuh Roh Kudus tetapi undur dan murtad seperti Saul. Mereka mulai dalam Roh, tetapi kemudian berakhir dalam daging.

Gal 3:3-4

3. Sedemikian bodohkah kamu? Kamu sudah mulai di dalam Roh, sekarang kamu hendak mengakhiri di dalam daging?

4. Sia-siakah kamu menderita sedemikian banyak itu? Kalau benar, demikian itu memang sia-sia. (KJI)

Mereka semua masih dibiarkan tumbuh ber-sama2, sampai waktunya habis, yaitu datang musim menuai.

Sekarang lalang2 tidak boleh dicabut oleh Tuhan, sebab Tuhan memberi kesempatan, kalau mereka mau bertobat, akan berubah menjadi gandum dan selamat. Kesempatan ini berlangsung terus sampai musim menuai yaitu waktuMinggu ke-70 Daniel dimulai. Musim menuai berarti pemisahan antara gandum dan lalang, tidak lagi dibiarkan tumbuh bersama, tetapi dipisahkan. Gandum dan lalang dipisahkan. Dalam musim menuai tidak ada lagi kesempatan untuk lalang bisa berubah jadi gandum. Penuai itu berarti pemisahan antara gandum dan lalang dan sudah tidak mungkin berubah lagi, tinggal tunggu penuaian dari penaburan masa lalu sebagai lalang yang tidak mau bertobat. Lalang akan dibakar lebih dahulu yaitu pada masa mulai Minggu ke-70 Daniel, lalu gandum dituai dibawa masuk lumbung (= Surga) pada waktu pengangkatan.

Sekarang lalang masih bisa menjadi gandum, tetapi waktu mulai masuk Minggu ke-70 Daniel, waktunya habis, kesempatan untuk lalang bertobat habis, tetapi ini saatnya lalang dituai untuk dibakar, lalu kemudian (yaitu pada waktu pengangkatan) gandum juga dituai, masuk dalam Surga.

IX.5. POHON ARA YANG TIDAK BERBUAH.

Luk 13:7-9

  1. Kemudian ia berkata kepada pemelihara kebun anggurnya: Lihatlah, sudah tiga tahun ini, aku datang mencari buah dari pohon ara ini dan tidak menemukan apa-apa. Tebanglah, untuk apa ia mensia-siakan tanah itu?
  2. 8. Dan ia menjawab, serta berkata kepadanya: Tuan, biarkanlah ia tahun ini lagi, sampai saya menggali di sekeliling-nya dan memberi pupuk.
  3. Dan jikalau ia menghasilkan buah, baiklah, tetapi jikalau tidak, maka sesudah itu engkau bisa menebangnya. (KJI)

Begitulah pohon ara dalam kebun anggur, kalau 3 tahun tidak berbuah akan ditebang. Tetapi oleh “doa syafaat” penunggu kebun, masih mendapat lagi waktu 1 tahun. Tetapi sesudah 1 tahun, kalau tidak berbuah, akan ditebang.

Sesudah 1 tahun kesempatan berakhir, baik secara pribadi, itu berakhir waktu mati Ibr 9:27 dan ber-sama2. Kesempatan itu berakhir pada waktu mulai masuk Minggu ke-70 Daniel. Sesudah ini kalau tidak bertobat dan berbuah, langsung ditebang. Tidak lagi ada kesempatan, tidak lagi bisa bertobat, akan dipotong. Sebab itu sekarang, sekalipun kita belum tahu tanggal mulai masuk Minggu ke-70 Daniel, kita sudah harus bersedia sungguh2, masuk dalam jalan sempit, sebab di jalan sempit inilah orang beriman akan berbuah dan tidak sampai dipotong, tetapi masuk dalam keselamatan kekal. Meskipun tidak ada apa2, adalah hukum2 Allah untuk manusia untuk menabur dengan baik di dalam Roh, bukan menabur dosa dalam daging Gal 6:7-8. Sebab meskipun tidak ada apa2, tetap ada penuaian secara pribadi bagi setiap orang. Lebih2 waktu mulai Minggu ke-70 Daniel, orang2 yang tidak bertobat, pasti akan dipotong. Kalau sudah mulai masuk Minggu ke-70 Daniel itu berarti sudah selesai, hanya terjadi penamatan atau finishing, yang suci makin suci dan ikut dalam pengangkatan dan yang dosa akan makin meningkat dalam dosa akan mati dalam dosa, Gereja sebagai korban dosa dan kejahatan Antikris atau dalam hukuman Allah dalam Minggu ke-70 Daniel. korban dalam tangan Antikris Wah 22:11. Tidak bisa pindah jalur lagi, mengerti atau tidak, semua yang berdosa. Sebab itu, hari ini bertobatlah Ibr 3:15. Sebab kesempatan itu selalu ada batasnya, jangan keras hati, bertobatlah hari ini!

IX.6. BULUH DAN SUMBU YANG TIDAK BISA DIHIDUPKAN LAGI.

Mat 12:20

Buluh yang terkulai tidak akan dipatahkan-Nya dan sumbu yang berasap tidak akan dipadamkan-Nya, hingga Ia mengeluarkan hukum sampai menang. (KJI)

Buluh dan sumbu yang gagal, sebab mereka ada di jalanlebar, sekarang masih bisa diperbaiki. Tetapi ada satu saat sesudah gagal, rusak tidak bisa dipulihkan kembali, terus rusak dan binasa untuk selamanya.

Tahapan2nya adalah sbb:

Bulu tegak – terkulai:

– Mau bertobat -> dipulihkan kembali.

– Tidak bertobat -> dipatahkan.

Sumbu menyala – mati, tetapi berasap:

– mau bertobat -> menyala kembali.

– Tidak mau bertobat -> padam untuk selamanya.

Jadi ada saat2 yang jelek dan gagal, rusak, tetapi biasanya masih diberi kesempatan untuk pulih, sampai masa kemurahan Tuhan habis. Tetapi kalau sudah sampai fase terakhir, waktunya habis, tidak lagi bisa dipulihkan, baik secara pribadi dan secara masaal (bersama).

Kita harus hati2 dengan peringatan dari Firman Tuhan, supaya kalau ada yang jelek, rusak, sebab ada di jalan lebar, lekas bertobat hari ini, supaya bisa dipulihkan kembali, sebab kalau tidak, kesempatan untuk pulih itu ada batasnya, baik secara pribadi maupun masaal, yaitu waktu mulai masuk Minggu ke-70 Daniel!

BULUH YANG TERKULAI itu sudah hampir celaka dan binasa. Meskipun sudah terkulai, Tuhan tidak akan mematahkan, Tuhan masih memberi kesempatan terakhir untuk segera bertobat supaya bisa dipulihkan dan selamat!

Ini seperti orang dalam jalan lebar, keadaannya kritis dan sangat berbahaya, kalau se-waktu2 mati dalam jalan lebar, akan binasa dalam Neraka kekal. Lekas kembali sebelum habis waktu dan kesempatannya secara pribadi waktu mati atau ber-sama2 waktu mulai masuk Minggu ke-70 Daniel!

Antara terkulai dan patah, itu sama2 celakanya, tetapi kalau sudah patah, kesempatan habis, baik secara pribadi atau bersama. Sebab itu jangan terus dalam keadaan terkulai seperti di jalan lebar, setengah hidup dan setengah mati, ini sangat bahaya, bertobat sekarang, sebab waktu dan kesempatan akan habis, baik secara pribadi maupun bersama. Bertobatlah sekarang, jangan tunggu patah, tidak bisa dipulihkan lagi, keselamatannya lenyap!

JUGA SUMBUH YANG BERASAP sudah tidak menyala tinggal asap saja, masih belum dipadamkan total oleh Tuhan, masih diberi kesempatan untuk segera bertobat, bahkan hari ini! Ibr 3:15. Kalau terus me-nyia2kan kesempatan ini, tidak mau mengambil keputusan tegas untuk bertobat, kesempatan itu bisa segera lenyap, baik secara pribadi (waktu mati) atau kesempatan bersama, waktu mulai masuk Minggu ke-70 Daniel! Kita tidak tahu kapan berita kedatangan Tuhan Yesus Mat 25:6,yaitu mulai masuk Minggu ke-70 Daniel, sebab itu ber-jaga2lah, bertobat sungguh2 dan kembali dalam jalan sempit, ber-jaga2 penuh dan dipimpin Roh, supaya jangan binasa untuk kekal, jangan ditipu oleh iblis, bertobatlah sekarang. Antara padam tetapi berasap, itu sama2 celakanya, kalau tiba2 mati atau mulai Minggu ke-70 Daniel, celaka kekal. Tetapi waktu padam, tetapi berasap, masih ada kesempatan untuk bertobat, namun waktu padam tanpa asap (waktu mati atau mulai Minggu ke-70 Daniel) itu berbeda, yaitu kesempatannya sudah habis! Pasti binasa kekal.

Buluh terkulai dan sumbuh (padam) berasap, itu seperti Simson, sudah tidak berdaya apa2 lagi, tetapi masih bisa bertobat dan dinyalakan satu kali lagi lalu mati, tetapi selamat.

Buluh yang patah atau sumbuh padam dan tidak berasap lagi itu seperti Yudas, Saul, Lot, masih hidup, tetapi tidak lagi mau bertobat dan binasa kekal.

IX.7. PERUMPAMAAN PESTA KAWIN RAJA.

Mat 22:10

Maka pergilah hamba-hambanya ke simpang-simpang jalan dan mengumpulkan semua orang yang dijumpainya, baik yang jahat maupun yang baik. Maka pesta kawin itu dipenuhi dengan tamu. (KJI)

 

Ada segala macam orang (termasuk yang hina dan rendah mutunya atau yang mulia dihadapan Allah) masuk dalam  Pesta Kawin ini. Semua boleh ikut, tetapi semua yang.

tidak punya pakaian pesta kawin, (yaitu orang yang mau percaya tetapi

tidak hidup dalam kesucian, tetap jatuh bangun dalam dosa), akan dilempar keluar dan akhirnya masuk Neraka M4174 (5*).

Orang yang diundang, tetapi tidak mau datang, tidak masuk dalam pesta kawin raja ini. Orang2 yang tidak ikut pesta kawin ini adalah  Mat 22:3-6.

1). Orang2 yang jatuh dalam dosa. Memang pada akhir zaman akan ada banyak kejatuhan 1Tim 4:1.

2). Yang mula2 jadi terkemudian, sebab mulai dalam Roh, tidak setia, tidak bersedia, akhirnya berakhir dalam daging.

IX.8. ZAMAN NUH, ini seperti zaman Putra manusia Yesus.

Matius 24:37

Maka seperti zaman Nuh, sedemikian juga akan terjadi kedatangan Putra manusia. (Luk 17:26-27) (KJI)

Kej 7:9

datanglah sepasang mendapatkan Nuh ke dalam bahtera itu, jantan dan betina, seperti yang diperintahkan Allah kepada Nuh.

Binatang2 masuk dalam bahtera Nuh.

– Binatang buas dan liar berubah menjadi jinak, tidak makan daging lagi, berubah jadi pemakan rumput.

– Mereka masuk dengan sendirinya, dari dirinya sendiri. Inilah gambaran orang2 berdosa. (orang Halaman yang jatuh bangun dalam dosa itu seperti binatang 2Pet 2:22), tetapi mereka bertobat sungguh2.

Inilah keadaan akhir zaman sebelum Minggu ke 70 Daniel. Jadi binatang2 ini adalah gambaran dari orang2 dosa dan orang2 Halaman yang bertobat sungguh2, menjadi orang benar, indah, tumbuh dalam kesucian, tetapi tidak sempat tumbuh sampai ketingkat puncak, sebab perlu waktu untuk tumbuh).

Sesudah binatang2 masuk, pintu tertutup!

Sesudah pintu ditutup, hujan belum turun (ini gambaran mulai masuk Minggu ke 70 Daniel), tetapi semua orang dan binatang tidak bisa masuk lagi.

Dalam kapal mereka menunggu hujan dan banjir. Dalam waktu ini, semua binatang dan manusia di luar kapal (tidak masuk kapal) mengalami malapetaka dahsyat sampai mati semua. Inilah gambaran dari Minggu ke 70 Daniel, yaitu orang yang tidak bersedia, dosanya akan meningkat, lalu dalam Minggu ke 70 Daniel (Wah 22:11) semua akan mati dalam dosa. Sebab itu sekalipun kita belum tahu waktu, atau tanggal kedatangan Tuhan, sekarang kita sudah harus bersedia !

Mat 24:42

Sebab itu berjaga-jagalah, karena kamu tidak mengetahui jam berapa Tuhanmu akan datang. (KJI)

IX.9. KERAS HATI, AKHIRNYA TIDAK BISA BERTOBAT LAGI.

Kalau terus keras hati, lebih2 waktu dosa meningkat luar biasa Wah 22:11, maka hatinya akan makin keras sampai sempurna dalam dosa dan itu berartisekalipun ada kesempatan, bahkan meskipun diancam, mereka tetap tidak mau bertobat seperti Achab, Saul, Yudas dll. Waktu Yudas sudah keras hati, maka tidak mempan lagi dengan mujizat, tanda2, nasehat dan kasih Kristus Luk 22:48. Ia berkhianat dengan sengaja, dengan rencana dan siasat, tidak lagi bisa bertobat Mat 26:48, Mrk 14:44. Sebab itu jangan keras hati, sekarang langsung bertobat.

IX.10. MINGGU KE-70 DANIEL ADALAH WAKTU PENAMPIAN.

Mat 13:12

Karena barangsiapa yang mempunyai, kepadanya akan diberi lagi, dan ia akan mempunyainya dengan berlimpah. Tetapi barangsiapa tidak mempunyai, daripadanya akan diambil, apa saja yang ada padanya. (KJI)

Kalau sudah sampai disini, terjadi penampian antara gandum dan sekam. Ditampi berarti dipisahkan. Disini bukan waktunya untuk sekam berubah menjadi gandum dsb, ini bukan masa untuk pindah atau berubah jenis, tetapi untuk dipisahkan! Wai yang jadi sekam waktu penampian, ia akan dipisahkan, kemudian dibakar habis!