M4194 – Whats Next?

PENDAHULUAN.

Dengan Covid-19 rasa2nya dunia akan hancur, mungkin sudah setengah kiamat. Apa betul? Tidak, belum kiamat, masih jauh. Malapetaka global ini bukan kebetulan, tidak berdiri sendiri tetapi ada sambungannya! Lalu What next?

ALLAH TAHU LEBIH DAHULU.

Allah itu Maha tahu dan itu termasuk tahu lebih dahulu. Pikiran manusia tidak bisa menangkap atau menjangkau pikiran atau kemampuan Allah yang ajaib dan maha besar itu, bahkan sebab Ia tahu lebih dahulu, mengenal masing2 dengan tepat, sebab itu Ia juga merencanakan lebih dahulu, luar biasa! Untuk setiap orang yang lahir baru Allah membuatkan baginya rencana yang indah dan sempurna.

Ef 2:10

Sebab kita ini buatan Allah, diciptakan di dalam Kristus Yesus untuk melaku-kan perbuatan-perbuatan baik, yang sudah disiapkan Allah sebelumnya, supaya kita menjalaninya. (KJI)

1Kor 12:6

Dan ada berbagai-bagai perbuatan ajaib, tetapi Allah yang sama yang membuat semuanya di dalam semua orang. (KJI)

dan itu juga termasuk dalam rencana global, dan rencana itu sudah ada sejak permulaan, waktu Allah menciptakan manusia.

Memang pikiran kita tidak bisa mengerti jalan pikiran Allah yang sempurna, tidak mungkin kita bisa mengenali semuanya.

Yes 55:8-9

  1. Karena pikiranKu itu bukan pikiranmu, dan juga jalanmu, bukan jalanKu, kata Tuhan.
  2. Karena seperti tingginya langit dari bumi. Begitulah jalan2Ku lebih tinggi daripada jalan2mu, dan pikiranKu (lebih tinggi) dari pikiranmu. (KJI)

Allah tahu lebih dahulu, tetapi Ia tidak menentukan lebih dahulu!

Rom 8:29

Allah mengenal terdahulu, sebab itu menentukan terdahulu (8:29-30) Sebab orang yang dikenalnya terdahulu, Ia juga ditentukanNya terdahulu menjadi serupa dengan gambar Putra-Nya, supaya Ia menjadi yang sulung di antara banyak saudara. (KJI)

Sesudah Ia tahu lebih dahulu, baru ia menentukan lebih dahulu dengan adil dan kasihNya.

Terbukti ketika ia memilih Saul, Yudas dll Ia tahu lebih dahulu bahwa mereka akan berbalik Gal 3:3-4, bahkan sudah dinubuatkan jauh2 hari sebelum Yudas lahir Maz 91:10, Yoh 13:18, tetapi Allah tetap memilih mereka, sebab pada waktu itu, pada saat itu, mereka hidup di dalam Roh, mereka memenuhi syarat untuk dipilih dan sebab itu Allah yang adil memilihnya. Tetapi nasibnya tidak ditentukan oleh Allah, melainkan ditentukan oleh keputusan dan perbuatannya sendiri.

Luk 12:57

Tidak dapat mengambil keputusan dari dirinya sendiri (12:57-59) Apakah sebabnya kamu tidak dapat memutuskan apa yang benar dari hal dirimu sendiri? (KJI)

Gal 6:7-8

  1. Jangan sesat, Allah tidak boleh diolok-olok, sebab apa yang ditabur seseorang, itu juga yang akan dituainya.
  2. Sebab ia yang menabur menurut daging-nya, akan menuai kebinasaan dari daging, dan ia yang menabur menurut Roh akan menuai hidup kekal dari Roh itu. (KJI)

Ternyata sesudah mereka jadi besar, mereka tidak setia, sebab itu Yudas mulai mencintai uang lebih daripada Allah dan Gurunya, juga Saul lebih mencintai kedudukan dan khotbah manusia lebih daripada kepujian dari Allah. Sebab itu mereka berdosa, bahkan diperbudak oleh dosa mammon atau dosa sombong dan murtad sampai mati dalam dosa dan binasa kekal (kedua orang ini bunuh diri dan binasa).

Ini salah satu bukti Allah tidak menentukan lebih dahulu, tetapi ia cinta semua orang dengan adil, juga yang sudah diketahuiNya lebih dahulu akan berkhianat, tetapi sebab adil, “pada waktu itu” ia berlayak dipilih dan ia dipilih! Biasanya kalau kita memilih, kalau sudah melihat ada gejala2 jahat atau murtad, sudah nampak waktu itu, tentu kita tidak mau memilihnya untuk pertanggungjawaban di hadapan Allah.

Allah memang juga menentukan lebih dahulu, tetapi sesudah Ia tahu lebih dahulu Rom 8:29 TL, KJI. Allah menentukan lebih dahulu untuk memanggil Saulus sejak dari dalam rahim ibunya Gal 1:15, sebab Ia sudah tahu lebih dahulu, bahwa Saulus akan bertobat dan kemudian menjadi Paulus, dan imannya terus meningkat makin berkenan pada Tuhan sampai mati.

Kita melihat contoh yang lain, yang berubah karena perbedaan terjemahan.

Yoh 17:12

Selagi Aku bersama dengan mereka di dalam dunia, Aku memelihara mereka di dalam nama-Mu. Aku sudah menjaga mereka yang Engkau berikan kepada-Ku, dan tidak ada seorang pun dari mereka yang hilang kecuali putra kebinasaan itu, supaya Alkitab digenapkan. (KJI)

Yoh 17:12

Selagi Aku bersama-sama dengan mereka itu, Aku ini memeliharakan mereka itu atas namaMu yang Engkau karuniakan kepadaKu, dan Aku sudah menjagai mereka itu, dan seorangpun tiada daripada mereka itu yang hilang kecuali anak kebinasaan itu, supaya isi Alkitab itu sampai. (TL)

Yoh 17:12

Selama aku bersama mereka, Aku memelihara mereka dalam namaMua, yaitu namaMu yang telah Engkau berikan kepadaKu; Aku telah menjaga mereak dan tidak ada seorangpun dari mereka yang binasa selain dari pada dia yang telah ditentukan untuk binasa, supaya genaplah yang tertulis dalam kitab Suci. (TB)

(TL, KJI ??? Morgan Research) = Putra kebinasaan = son of perdition).

Anak atau putra kebinasaan adalah orang yang binasa atau mati. Tetapi dalam Terjemahan Baru ini ditambahi kata “yang telah ditentukan untuk binasa, padahal dalam terjemahan lain tidak ada kata2 tambahan itu. Sebab memang Allah tidak kejam dan tidak menentukan seorang untuk dibinasakan! Ini tidak betul, sebab bertentangan dengan kebenaran Firman Tuhan di ayat lain, yang mengatakan bahwa Allah itu kasih dan adil, Ia sama sekali tidak ingin seorangpun binasa, apalagi menentukan (lebih dahulu) seorang untuk dibinasakan, itu jauh dari Allah yang kasih.

Yoh 3:16

Karena begitu Allah mengasihi dunia ini, sehingga diberikan-Nya Putra-Nya yang tunggal, supaya barangsiapa yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. (KJI)

2Pet 3:9

Tuhan tiada lambat mengenai janji itu, sebagaimana beberapa orang menganggapnya lambat, melainkan sabar menderita bagi kita, Ia tidak menghendaki seorang pun binasa, melainkan supaya semuanya sampai kepada tobat. (KJI)

Allah tidak menentukan untuk membinasakan seseorang, tetapi itu tergantung dari pilihan orang itu sendiri Luk 12:57; Allah menginginkan keselamatannya, tetapi juga itu tetap ditentukan pilihan dan kehendaknya sendiri2.

Tetapi dalam menentukan jabatan setiap anggota tubuh Kristus, sebab Allah tahu lebih dahulu keadaan setiap orang dengan tepat,maka Ia dapat menentukan jabatan apa yang paling tepat sehingga anggota tubuh Kristus itu bisa tumbuh maksimal dan bisa ber-buah2 maksimal, meskipun belum tentu orang itu mau menerima dan melakukan apa yang dikatakan Allah baginya.

Yoh 15:16

Bukan kamu yang memilih Aku, melainkan Aku yang memilih kamu dan menetapkan kamu, supaya kamu pergi, dan dapat mengeluarkan buah, dan supaya buahmu itu tinggal tetap, supaya apa pun yang kamu minta dari Bapa dalam nama-Ku, Ia dapat memberikannya kepadamu. (KJI)

Ayat ini bukan dipilih untuk keselamatan (sebab Tuhan menghendaki semua orang selamat, tetapi itu tergantung dari pilihan orang itu sendiri). Tetapi disini Allah memilihuntuk pelayanan, yaitu untuk jabatan yang paling tepat dan maksimal. Sebab itu paling baikmasing2 kita hendaknya bertanya pada Tuhan untuk jabatan masing2 dan sesudah tahu menerimanya dan menjalankannya, sebab itu yang terbaik; jangan memilih jabatan atau pelayanan sebab ingin menjadi besar, ingin kaya, terhormat dll motivasi yang tidak tulus. Tetapi lakukanlah apa yang dikehendaki Tuhan. Ini juga lebih dari bakat, sebab untuk berhasil dan berbuah tidak cukup hanya bakat, tetapi peran Allah dalam orang itu yang jelas lebih besar dari bakat atau kemampuannya.

Ada kemungkinan jabatan itu juga sesuai dengan bakat, tetapi tidak selalu demikian. Sebab itu kita harus taat lebih dari bakat atau kehendak kita sendiri, kita harus taat dan menyerah pada Tuhan Gal 2:20.Biasanya jabatan itu baru jelas sesudah rohaninya dewasa dan pada waktu itu, orang itu sudah punya penyerahan yang penuh untuk menuruti kehendak Allah.

Yoh 21:18

Sesungguh-sungguhnya Aku berkata kepadamu, ketika engkau muda, engkau mengikat pinggangmu sendiri dan berjalan kemana engkau kehendaki, tetapi ketika engkau tua, engkau akan mengulurkan tanganmu dan orang lain akan mengikatkan pinggangmu dan akan membawa engkau ke tempat yang tidak engkau kehendaki. (KJI)

Sebab itu biasanya jabatan itu baru nyata sesudah rohaninya dewasa. Tetapi tahu jabatan yang ditentukan Allah itu mutlak perlu untuk pelayanan yang berhasil dan ber-buah2 lebat, sebab kalau kita melayani dalam segi2 yang bukan jabatan kita, biasanya hasilnya sedikit atau gagal (misalnya mata kalau dipakai untuk mendengar akan mengalami sangat banyak kesukaran, bahkan bisa gagal total, tetapi kalau diperlukan untuk melihat akan mudah sukses, hasilnya indah dan bisa dilakukan dengan sukacita, begitulah kalau pelayanan yang sesuai dengan jabatannya) dan juga rohaninya akan tumbuh sampai maksimal, bahkan bisa menjadi sempurna. Coba Musa menolak jabatan dari Tuhan, ia tidak jadi sempurna. Begitu kita harus menjadi dewasa rohani, lalu bertanya dan mengerti dari Tuhan jabatan kita dan melayani sesuai jabatan dan kehendak Allah, itu paling maksimal, mulia untuk kekal.

Allah itu tahu lebih dahulu apa yang terbaik untuk setiap pribadi anak2Nya dan apa yang terbaik untuk seluruh umatNya.  Allah sudah punya rencana yang terbaik untuk umatNya (pribadi dan bersama), Ia dapat menentukan lebih dahulu, karena sudah tahu lebih dahulu. Sebab itu kita menunggu pimpinanNya, pembukaan Firman Tuhan, supaya Firman Tuhan boleh menjadi suluh pada jalan kita dan pelita bagi kaki kita Maz 119:105.

Meskipun demikian kita belum tahu semua, “what next”, sebab itu kita perlu terus menunggu pembukaan FirmanNya (yang akan dibukakan semuanya pada waktu yang tepat Mat 10:26-27) dan terus taat dipimpin Roh, sebab Roh Kudus akan berbicara dengan tepat pada waktunya untuk memimpin kita dalam hidup dan pelayanan yang terbaik!

Kemana?

Jam terus berjalan tanpa berhenti dan menyeret semua orang maju terus, mendekati saat2 akhir hidup pribadi atau bersama, biasanya juga ada hal2 yang dahsyat yang tidak terduga, yang bisa terjadi se-waktu2 (seperti dengan covid-19). Tahu “what next” atau tidak tahu, peduli atau tidak, semua orang akan diseret oleh waktu, menghadapi hal2 yang dahsyat, yang makin lama makin dahsyat. Wai kalau kita bodoh, orang bisa binasa karena kebodohannya Hos 4:6.

III. TAHU YANG AKAN DATANG.

Sampai dimana kita tahu dan mengerti Firman Tuhan, sampai disitu kita bisa mengambil keputusan dan bertindak dengan betul, sehingga bisa ber-buah2. Sebab untuk mengerti Firman Tuhan, itu dari Tuhan. Bisa mengerti itu sangat penting dan berharga.

Mat 13:11,23

  1. Ia menjawab dan berkata kepada mereka: Karena kepadamu dikaruniakan untuk mengerti rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak diberikan.
  2. Tetapi ia yang menerima benih di tanah yang baik itulah dia yang mendengar perkataan itu dan mengerti. Ia berbuah dan mengeluarkannya, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh, ada yang tiga puluh. (KJI)

Tetapi kita tidak tahu semuanya sekaligus, lalubagaimana? Kita tidak perlu kuatir, sebab ada Roh Kudus yang maumemimpin kita yang belum mengerti.

Apa yang sudah kita mengerti, harus kita taati.

Fil 3:15-16

  1. Oleh karena itu, seberapa banyak yang sempurna, marilah kita memikirkan ini, dan jikalau kamu berpikir lain dalam segala hal, Allah akan menyatakan ini kepadamu.
  2. Tetapi sampai di mana kita tiba, biarlah kita berjalan menurut peraturan itu juga dan biarlah kita memikirkan hal itu juga. (KJI)

 

Kalau toh kita belum mengerti, tinggal tetap dalam kesucian, penuh dan terus taatdipimpin Roh, menunggu suara Roh, supaya selalu berada dalam pimpinan Roh Kudus, sehingga kita tidak keliru mengambil keputusan dan bertindak! Misalnya Putra manusia Yesus tidak menjawab pertanyaan yang datang padaNya, Ia menunggu, baru sesudah Roh Kudus memberi pimpinanNya, Ia menjawabnya dan hasilnya luar biasa, kemenangan penuh Yoh 8:6-7. Kalau kita terus taat dipimpin Roh, maka pada saat tepat, Roh Kudus akan memberi pimpinan dan jawaban yang tepat bagi kita Mat 10:19, Luk 12:12. Roh Kudus tidak pernah lalai atau terlambat.

  1. IKHTISAR PERISTIWA2 YANG AKAN DATANG.

Ada beberapa patokan yang sudah kita ketahui tentang hal2 yang akan datang dan itu yang kita pegang.

  1. Sekarang.
  2. Permulaan Minggu ke-70 Daniel.
  3. Saat pengangkatan.
  4. Zaman Antikris.
  5. Perang Harmagedon pada akhir zaman Antikris, disini terjadi Kursi Pengadilan Raja.
  6. Kerajaan 1000 tahun.
  7. Dst, masuk dalam kekekalan

Sekarang. Sampai kapan hari2 ini berakhir dalam Minggu ke-70 Daniel? (Minggu ke-70 Daniel adalah 7 tahun terakhir yang dinubuatkan Daniel). Kita hanya tahu keadaan dan tanda2 zamannya, tetapi tidak tahu tanggal permulaan Minggu ke-70 Daniel.

Mat 16:3

Dan pada pagi hari: Hari ini cuaca buruk, sebab langit merah dan redup. Hai orang-orang munafik! Rupa langit dapat kamu bedakan tetapi kamu tidak dapat membedakan tanda-tanda zaman. (KJI)

Sebab itu kita harus terus ber-jaga2 dalam pimpinan Roh Kudus Mat 24:42, seperti ????

—–f5aKita berjalan dengan iman akan Firman Tuhan dan pimpinan Roh Kudus 2Kor 5:7, sebab kita tidak tahu yang akan datang Yak 4:14, Ams 27:1, Pkh 10:14b. Tetapi sekarang, inilah saat2 yang paling penting untuk memutuskan tetap tekun dan setia sampai akhir; Dan bagi yang undur atau setengah hati untuk bertobat sungguh2 sebab di hari2 yang akan datang, akan datang banyak perkara2 yang dahsyat, yang makin lama makin dahsyat sampai puncaknya waktu Minggu ke-70 Daniel datang, lalu terjadi pengangkatan. Kalau sekarang tidak sungguh2 hidup suci dan taat dipimpin Roh, maka besok akan terlambat!

——————

Patokan untuk sekarang adalah “fakta” atau peristiwa terpenting yang harus kita hadapi yaitu bertemu Tuhan!

Amos 4:12c

…………hendaklah kamu sedia akan bertemu dengan Allahmu.

Semua orang satu kali akan bertemu tuhan, baik secara pribadi atau ber-sama2 pada hari pengangkatan.

  1. Waktu mati, inilah saat pertemuan dengan Tuhan secara pribadi.
  2. Pengangkatan inilah saat pertemuan dengan Tuhan bersama yaitu dalam pertemuan dengan Tuhan di awan2.
  3. Kesempatan habis, yaitu pada waktu permulaan Minggu ke-70 Daniel yang menjadi sangat penting, sebab ini punya arti yang sama seperti kematian dan pengangkatan, yaitu hasil dari sikap dan keputusan kita sekarang sampai mati atau sampai permulaan Minggu ke-70 Daniel.

Saat ini adalah tanggal2 yang penting, yang harus menjadi patokan kita seumur hidup! Pada hari pengangkatan, kita akan bertemu Tuhan ber-sama2 (sebagai golongan 1551 – 1Kor 15:51 di dalam pertengahan Minggu ke-70 Daniel). Ini adalah orang2 beriman yang termasuk golongan Kristus II (orang2 yang masih hidup waktu Kristus datang yang kedua kalinya) ini sama dengan golongan generasi akhir zaman. Tetapi tidak semua orang beriman akan ikut pengangkatan. Sebagian besar mati, menjadi korban dosa dan kejahatan akhir zaman yang meningkat sampai puncak2nya (Wah 22:11), sebagian lagi yagn tertinggal, tidak ikut pengangkatan. Golongan Kristus II (generasi akhir zaman) terdiri dari orang beriman dan orang tidak beriman (yaitu orang dosa 1Yoh 3:10).

Orang2 beriman golongan KII terdiri dari:

  1. 1551 (= 1Kor 15:51-52, orang2 yang ikut pengangkatan).
  2. Korban dosa + kejahatan akhir zaman yang meningkat sampai puncak Wah 22:11.
  3. 1102 (= Wah 11:02) adalah orang2 beriman yang tertinggal.

Sebab itu sekarang kita harus bersedia untuk bertemu Tuhan, istimewa golongan Kristus II (generasi akhir zaman) harus bersedia penuh seperti lima gadis bijaksana Mat 12:42,44. Sikap, keputusan dan kesetiaan (ketekunan) kita sekarang menentukan nasib kita untuk kekal dalam kematian dan pengangkatan.

  1. Permulaan Minggu ke-70 Daniel.

Sekarang kita hanya tahu tanda2 atau keadaan zaman, tetapi kita tidak tahu bila tanggal permulaan Minggu ke-70 Daniel dimuali Mat 16:3 (= tanggal kedatangan Tuhan adalah 3,5 tahun kemudian) Mat 24:36. Sebab itu kita harus terus hidup ber-jaga2.

 

Mat 24:42,44

42 Sebab itu berjaga-jagalah, karena kamu tidak mengetahui jam berapa Tuhanmu akan datang.

44 Oleh sebab itu hendaklah kamu siap sedia; karena Putra manusia datang pada jam yang tidak kamu pikirkan. (KJI)

Taat sepenuhnya dipimpin Roh dan sesuai Firman Tuhan seperti lima gadis bijaksana, maka sekalipun tidak tahu, kita tidak akan keliru jalan. Tetapi kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel, kita akan tahu saatnya yang tepat. 1Tes 5:4.

Sebab itu kita (dituntut) untuk berbuat sesuai dengan apa yang sudah kita tahu, istimewa sesudah tahu, sesudah masuk Minggu ke-70 Daniel Fil 3:15-16.

Tanggal ini sangat penting, sebab:

  1. Ini berarti kita akan masuk Minggu ke-70 Daniel, yaitu masa penamatan rencana Allah.
  2. Ini adalah masa yang amat sulit, sebab Gereja harus ditamatkan, sehingga siap ikut pengangkatan. Karena itu ini berarti masa ujian akhir bersama.
  3. Pencobaan luar biasa banyaknya, tetapi kita harus bisa menang atas pawai pencobaan yang banyak dan dahsyat.
  4. Gereja meningkat sampai puncaknya, tumbuh dengan cepat, sehingga jumlah orang sempurna genap, begitu juga jumlah setiap tingkat di bawahnya genap untuk siap ikut dalam pengangkatan.
  5. Ketertiban dalam Gereja akhir zaman, sangat tinggi, sebab itu kesucian kita juga harus meningkat, supaya jangan binasa 2Kor 10:6. Inilah masa hukuman rumah Allah.
  6. Antikris akan muncul dan ini menimbulkan banyak kesukaran. Antikris dalam Minggu ke-70 I + II.
  7. Masa penampian gandum dan sekam, juga gandum dan lalang.

 

Zaman Antikris itu sebetulnya 7 tahun, sebab 3 Antikris I sudah menguasai dunia (orang dosa) sejak permulaan Minggu ke-70 Daniel, tetapi baru dalam 3,5 tahun II (= 1260 hari Wah 11:2) ia berkuasa penuh atas semua orang di seluruh dunia. Gereja yang bersedia (Ruangan Suci, yaitu orang2 yang hidup dalam kesucian dan terus taat dipimpin Roh, akan berubah dalam sekejab, ikut pengangkatan 1Kor 15:51 pada pertengahan Minggu ke-70 Daniel, tetapi orang Halaman di injak2 Antikris 3,5 tahun, inilah 3,5 tahun II sesudah pengangkatan, yaitu zaman Antikris, di mana dia berkuasa penuh.

Jadi pengangkatan terjadi tepat di tengah2 Minggu ke-70 Daniel.

Pada waktu ini 3 Antikris sudah muncul dan resmi memerintah dan menguasai dunia, ia menjadi musuh terbesar pada Gereja Tuhan, istimewa Gereja jalan sempit (Wah 12:1), sebab Gereja jalan lebar, yang setengah2 hanyut dalam tsunami dosa yang begitu besar (Wah 22:11) mereka jadi korban kejahatan dan dosa Antikris atau ikut Antikris. Tetapi Gereja yang penuh dengan Bapa, Putra dan Roh Kudus tetap menang, lebih2 dengan pertolongan pelayanan orang sempurna, bahkan orang2 beriman tumbuh dengan cepat seperti kilat Mat 24:27 (seperti kecepatan ideal Putra manusia Yesus yang dalam 3,5 tahun jadi sempurna). Apalagi orang2 yang waktu masuk Minggu ke-70 Daniel sudah meningkat tinggi dalam rohaninya, sehingga jumlah orang sempurna cepat genap. Sekarang Antikris masih tumbuh dalam izin Allah sesuai Wah 22:11. Dalam Minggu ke-70 Daniel, Antikrissudah matang dan menguasai orang dosa dan me-ngejar2 orang Halaman, tetapi orang Ruangan Suci tetap mengalahkan Antikris, sebab Tuhan ada dalam Gereja. Sesudah pengangkatan, semua orang beriman dan Gereja yang tertinggal, sepenuhnya ada dalam tangan Antikris.

Orang yang tertinggal (orang Halaman) diserahkan penuh dalam tangan Antikris Wah 13:7; mereka yang bertobat kembali dengan sungguh2 akan dianiaya sampai mati, tetapi jiwanya selamat, meskipun hanya dapat jubah putih dan daun palm, tidak ada pahala Wah 7:9. Jadi Antikris hanya berkuasa penuh 1260 hari, lalu Tuhan datang mendarat di bumi dan membinasakannya Wah 19:19-20. Iblis dipenjarakan dalam Abusos, Antikris dan nabi palsu dibuang ke Tasik api hidup2an.

Tanggal2 penting untuk umat Tuhan.

Sekarang kita harus terus ber-jaga2 seperti ligabis, bukan seperti lima gadis bodoh, sebab kita belum tahu tanggal mulainya Minggu ke-70 Daniel. Ini adalah tanggal penentuan, dan ini bukan padahari pengangkatan, pada hari itu sudah terlambat. Sebab orang yang tetap di Halaman (tidak bertobat, jatuh bangun dalam dosa) pada hari2 ini, sudah sulit (tidak mungkin) pindah jalur, sebab bedanya dengan orang yang setia dari sekarang, sudah terlalu banyak, sudah terikat dan mabuk dalam dosa, apalagi orang Kristen yang sengaja cinta dunia, ia sudah mengerti yang betul, tetapi tetap mauterikat dalam dosa dan tidak mau lagi bertobat Luk 5:39, Ibr 3:15. Juga pada tanggal ini (permulaan Minggu ke-70 Daniel), orang dunia dan orang dosa tidak terlalu sadar, matanya sudah buta, menganggap Tuhan masih lama datang, tahu2 3,5 tahun lewat dan ia tertinggal, atau sudah jadi korban kejahatan.

Kesempatan untuk ikut pengangkatan bagi generasi akhir zaman (golongan Kristus II) itu ditentukan sekarang. Sebab itu dengan jelas hal ini sudah dipesan oleh Tuhan Mat 24:42. Sesudah pengangkatan, kesempatan habis, tidak ada ulangan kesempatan, tetapi masuk zaman Antikris dan ini adalah kesempatan terakhir untuk selamat masuk Surga, sebab sudah ada dalam tangan Antikris, kalau percaya dan mau mati karena Tuhan, baru selamat. Ini untuk orang beriman yang sudah tahu, tetapi tetap keras hati 1Kor 5:5. Orang tertinggal yang bertobat kembali itu golongan 1102 (Wah 11:02) yang mati dalam aniaya Antikris. Disini hanya tinggal kesempatan sisa seperti menerusi api 1Kor 3:15. Kesempatan untuk selamat yang normal dan ikut pengangkatan hanya ada sekarang sebelum Minggu ke-70 Daniel; sebab itu dikatakan Firman Tuhan.

  1. Ini masa penampian antara gandum dan sekam Mat 3:11. Gandum akan tahan dan akan dimasukkan dalam lumbung (ikut pengangkatan). Juga yang mati sebelum Minggu ke-70 Daniel, akan bangkit dan ikut pengangkatan, tetapi sekam, tidak ada harganya (terlalu ringan seperti Belsyasar Dan 5:27). Kalau sungguh2 bertobat, masih bisa hidup, termasuk orang yang tertinggal dan masuk zaman Antikris. Ini termasuk lima gadis bodoh yang sudah penuh Roh Kudus, tetapi tidak mau terus hidup dalam kesucian dan taat dipimpin Roh. Kalau Allah yang tahu lebih dahulu itu, tahu bahwa mereka sesudah pengangkatan akan sungguh2 mau,bertobat, mereka akan di”pelihara” tidak sampai mati jadi korban dosa, sehingga mereka masih hidup, tertinggal, tetapi masih dapat kesempatan terakhir dalam zaman Antikris seperti 1Kor 5:5, Wah 13:7.

Masa 3,5 tahun I juga disebut masa hukuman rumah

Allah 1Pet 4:17, sebab umat Tuhan yang main2, dalam waktu ini akan kena penertiban yang keras 2Kor 10:6 dan mati dalam dosa seperti Ananias dan Safira dalam hujan Awal Kis 5, atau jadi korban dosa dan kejahatan di luar Gereja. Yang mau bertobat (Tuhan tahu yang sungguh2 mau), dibiarkan hidup sehingga bisa masuk dalam zaman Antikris. Disini mereka dapat selamat, kalau mau bertobat kembali sehingga diampuni dengan darah Kristus, tetapi juga darahnya sendiri dicurahkan oleh Antikris.

Ini juga disebut baptisan api Mat 3:11. Ini bukan api Roh Kudus, tetapi api ujian seperti yang dialami Putra manusia Yesus sendiri yaitu Golgota yaitu api ujian Luk 12:50. Kalau api ini sudah menyala, maka ujian itu menyala di seluruh dunia Luk 12:49, ujian akhir untuk seluruh dunia Wah 3:10. Orang2 yang bersedia yaitu ligabis akan lulus dalam ujian akhir ini (orang sempurna tidak perlu ujian lagi) dan ikut dalam pengangkatan. Memang volume pencobaan waktu ini sangat banyak dan yang menang itu seperti berjalan dalam pawai kemenangan (2Kor 2:14), dan ikut dalam pengangkatan. Orang yang tidak bersedia seperti ligabo (yang zaman sekarangpun jatuh bangun dalam dosa ber-ulang2)tidak akan tahan dalam api ujian akhir ini, ber-ulang2 jatuh bangun seperti biasanya dan tertinggal.

Nasib manusia, istimewa orang beriman itu ditentukan sekarang, bukan kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel, sudah terlambat, apalagi dalam zaman Antikris, itu sekedar kesempatan terakhir, yaitu menerusi api sengsara kematian Antikris.

Memilih nasib kekal itu sekarang, jangan tertipu iblis dan kaki tangannya. Kalau sekarang tidak memilih untuk taat, terus menang dalam kesucian dipimpin Roh,  apalagi dalam pawai pencobaan yang begitu dahsyat dalam zaman Antikris. Sebab itu jangan terlambat, ambil keputusan sekarang.

 

  1. SAAT PENGANGKATAN. Ini hanya saat kejutan, tidak ada kesempatan lagi, saat penyesalan top bagi yang sekarang main2 dan tidak sungguh2 bertobat. Mereka akan melihat ketika tanda2pengangkatan terjadi dan menyesal tanpa berhenti. Tetapi masih ada sisa kesempatan terakhir untuk yang mau bertobat, yaitu karena percaya Tuhan Yesus (bertobat), mereka mati dalam zaman Antikris.
  2. Zaman Antikris. Disini Antikris berkuasa 100% atas seluruh dunia, sebab Gereja dan Tuhan (dalam Gereja) sudah meninggalkan dunia 2Tes 2:7. Gereja sudah selesai riwayatnya, tinggal sisa2 yang tertinggal untuk masuk dalam penuaian sisa (gleanings).

Zaman ini adalah zaman orang Israel dianiaya dan hanya 144.000 orang bertahan untuk masuk dalam Kerajaan 1000 tahun. Juga orang berdosa (tidak mau di cap Antikris)yang masih punya keinginan percaya dan berbuat baik pada orang2 beriman yang tertinggal dalam aniaya Antikris, mereka ikut masuk Kursi Pengadilan Raja dan Kerajaan 1000 tahun Mat 25:31-46.

  1. Kedatangan Tuhan tahap II di atas bumi Wah 1:7. Pekerjaan penebusan, keselamatan sudah selesai. Ini tidak kita bahas panjang lebar, sebab kesempatan untuk orang percaya sudah habis dan selesai. Sesudah ini sejarahmanusia akan masuk dalam kerajaan 1000 tahun lalu kiamat, lalu Tahta Putih yang Besar dan kekekalan di dalam Surga Bumi Baru atau Tasik api.

 

KESIMPULAN.

What next, sudah diceritakan lengkap, meskipun belum terperinci. Tetapi kesempatan bagi orang beriman adalah sekarang. Juga yang mau percaya pada Tuhan Yesus, masih ada kesempatan sekarang. Kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel, sudah habis kesempatan itu, terlambat, lebih2 waktu pengangkatan, hanyalah saat sukacita yang luar biasa bagi yang ikut pengangkatan, tetapi penyesalan yang dahsyat bagi yang tertinggal, tetapi masih ada, kesempatan terakhir dalam aniaya Antikris.

Nyanyian:

Zaman sekarang berjagalah, lihat dunia bergelora, kedengaran sini-sana, banyak kabar menyatakan putuskanlah  Setia ikut Tuhan.