M4193 – Apakah Artinya Ini?

Zak 1:9

Kemudian seorang berkata: “Tuanku, apakah artinya ini?” Maka malaikat yang berbicara dengan saya itu berkata: “Saya akan menunjukkan kepadamu apa artinya ini.” (KJI)

  1. PENDAHULUAN.

Zakaria bertanya 6 kali tentang hal2 yang tidak dimengertinya (Zak 1:9,19; 4:4,11,12; 6:4), dan Tuhan menjawab, istimewa bagi umat Tuhan yang akan mengalami akhir zaman dimana rencana Allah akan ditamatkan, ada banyak hal2 baru dan penggenapan semua Firman Tuhan. Tuhan akan memberitahu lebih dahulu pada umatNya, supaya bisa bersedia.

Amos 3:7

Sahaja Tuhan Hua tiada melakukan barang suatu perkara, sebelum dinyatakannya rahasianya kepada hambanya, yaitu segala nabi-nabi.

Yoh 16:13

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran, sebab Ia tidak akan berbicara dari diri-Nya sendiri, melainkan apa saja yang didengar-Nya, itulah yang dikatakan-Nya, dan Ia akan memberitahukan kepadamu hal-hal yang akan datang. (KJI)

Misalnya tentang akan adanya pencobaan yang akan datang di seluruh dunia (global) yang akan mencobai setiap orang yang diam di bumi.

Wah 3:10

Sebab engkau sudah memelihara firman tentang kesabaran-Ku, Aku juga akan memelihara engkau dari masa pencobaan yang akan datang ke atas seluruh dunia, untuk mencobai mereka (TL: segala orang) yang diam di bumi. (KJI)

Dahulu ayat ini se-olah2 terlalu fantastis, tidak mungkin terjadi, masakan seluruh dunia akan diuji, mengalami pencobaan ber-sama2. Tetapi sekarang ternyata dengan tiba2, tanpa diduga, ada pencobaan seperti ini yang harus  dihadapi seluruh dunia, pencobaan untuk setiap orang di seluruh bumi, luar biasa!

Setiap ayat yang dinubuatkan Firman Tuhan pasti terjadi, istimewa tentang dosa, suci, Surga dan Neraka kekal!

  1. APAKAH ARTINYA PANDEMI COVID-19 INI?

Bagi dunia ini suatu malapetaka, celaka global. Bagi orang beriman, ini tidak kebetulan, tetapi suatu tanda dari Tuhan, bahwa kita sudah dekat pada kedatanganNya (meskipun tanggalnya kita belum tahu), sebab itu ber-jaga2lah. Dalam rencana Allah kita sudah sampai pada akhirnya, tetapi belum kiamat (Kiamat itu masih jauh, sesudah kerajaan 1000 tahun yang akan datang). Ini adalah salah satu tanda pasti dari kedatangan Tuhan  yang dahsyat, tetapi masih dini.

Dengan ini ada kemungkinan  bahwa kita termasuk generasi akhir zaman (orang yang masih hidup pada waktu Tuhan Yesus datang II. Misalnya Tuhan Yesus datang 10 tahun lagi (bukan nubuat!), maka pada waktu itu banyak diantara kita yangmasih hidup, dan itulah orang2 generasi akhir zaman! Tanda2 ini punya arti yang lebih besar lagi, sebab ciri2 khas dari tanda2 kedatangan Tuhan adalah:

  1. Global, terjadi di seluruh dunia.
  2. Terjadi bersamaan.
  3. Tiba2 muncul dan meningkat dengan hebat.
  4. Perkara2 yang dahsyat ini, belum pernah terjadi.

Tanda2 ini bisa terjadi dalam segala segi hidup. Kalau ada perkara2 seperti ini, itu mengingatkan umat Tuhan, bahwa ini adalah salah satu tanda kedatangan Tuhan, berarti waktunya sudah dekat. Bersedialah, hiduplah dalam kesucian, jangan keras hati dalam dosa.

III. BEBERAPA TANDA2 KEDATANGAN TUHAN.

  1. Orang suci makin suci, orang dosa makin berdosa.

Wah 22:11. Orang yang tidak benar, biarlah ia terus berbuat yang tidak benar; dan orang yang cemar, biarlah ia terus cemar; dan orang yang benar, biarlah ia terus mengerjakan kebenaran; dan orang yang kudus, biarlah ia terus kudus. (KJI)

Dosa dan kejahatan akan meningkat hebat,juga kesucian meningkat, sehingga makin lama makin jelas ada 2 pihak atau 2 golongan orang yang seperti 2 gunung dosa dan kesucian, sehingga makin lama perbedaan antara dosa dan kesucian makin jauh berbeda.

Akan ada banyak orang yang begitu suci (mendekati seperti Kristus) dan akanada banyak orang yang begitu jahat dan keji (makin seperti iblis). Dosa2 dalam sex (pornografi, homo dll), kebencian, uang, kekejaman, occultisme dll, semuanya terus meningkat.

Juga orang2 yang hidup makin suci, penuh dandipimpin Roh akan makin meningkat, tetapi ini tidak tampak oleh mata biasa, hanya orang2 yang matanya celik, ada pengurapan Roh Kudus, baru sadar bahwa juga gunung kesucian yang juga akan makin besar dan tinggi, jumlah dan tingkatnya akan genap.

Kita termasuk golongan yang mana?

Orang2 yang bersedia, apalagi yang limpah dengan 7 Kebutuhan Pokok Rohani plus, akan bertumbuh dalamgolongan yang suci ini, yaitu mereka yang akan ikut pengangkatan (kira2 750 juta orang) dan yang menjadi sempurna (jumlahnya pasti 144.000 Wah 14:1). Orang Generasi Akhir Zaman yang ber-jaga2 Mat 24:42 akan masuk dalam golongan orang2 yang akan diangkat.

1Tes 4:16-17

  1. Karena Tuhan sendiri akan turun dari surga dengan suatu sorak dengan suara Penghulu utusan dan dengan bunyi sangkakala Allah, maka yang pertama, orang-orang yang sudah mati di dalam Kristus akan bangkit.
  2. Kemudian kita yang masih hidup dan tetap tinggal, akan diangkat naik bersama-sama dengan mereka di dalam awan-awan, bertemu dengan Tuhan di udara; dan demikianlah kita akan bersama-sama dengan Tuhan senantiasa. (KJI)

Kesungguhan ibadah dan pelayanannya pasti tidak sia2, mereka akan menjadi golongan super yang luar biasa, tanpa kematian dan jadi mulia.

1Kor 15:51-52

  1. Lihatlah, saya mengatakan kepadamu suatu rahasia. Tidak semua kita akan mati, tetapi kita sekalian akan diubahkan.
  2. Dalam sesaat, dalam sekejab mata pada sangkakala terakhir. Karena sangkakala akan berbunyi, dan segala orang mati akan dibangkitkan tanpa kebinasaan, dan kita akan diubahkan. (KJI)

 

Dua golongan ini akan digenapi pada akhir zaman, justru pada hari2 kita ini.

  1. Zaman komunikasi yang dahsyat, sehingga berita2 dalam sekejab sudah “go global”! Termasuk juga berita dusta!Selain itu tanpa tatap muka, orang bisabergaul lewat HP (gadget). Ada faedah positif, tetapi juga yang negatif,bisa merusak dan menyesatkan banyak orang, banyak kali menjadi pergaulan digital yang sangat jahat 1Kor 15:33. Juga dusta bapak pembohong (hoax) Yoh 8:44, itu jadi “pandemi” yang tidak akan berhenti/ habis, dan membuat banyak kekacauan. Iblis menuai banyak dosa yang meningkat lewat zaman komunikasi ini.

*)7 Kebutuhan Pokok Rohani ini ber-sama2 dibutuhkan untuk kelangsungan hidup rohani. Disingkat SSS DIAM, yaitu:

  1. Suci, bukan hidup dalam dosa, tetapi merdeka dari dosa Yoh 8:36, Gal 5:1.
  2. Salib, mau menyangkal diri, mau menderita karena kebenaran Luk 9:23.
  3. Sekutu, mau bersekutu istimewa dalam Roh, dengan orang2 beriman lain yang cinta Firman Tuhan dan hidup dipimpin Roh (Maz 119:63), yang sama2 hidup dipimpin Roh, bukan yang hidup menuruti daging dan hawa nafsunya Rom 8:14.
  4. Doa dengan tekun dalam Roh dan kebenaran Yoh 4:23, terus menerus 1Tes 5:17.
  5. Ibadat dengan tekun, lebih2 di akhir zaman Ibr 10:25, sekalipun dalam pandemi terpaksa online.
  6. Alkitab jadi kesukaannya Maz 1:1-3, Yoh 14:21,23 dan menikmatinya setiap hari Mat 4:4.
  7. Melayani, mau menjadi garam dan terang menjadi berkat bagi orang sekitarnya Mat 5:13-16, Luk 10:27, baik di dalam Gereja atau di mana saja ia berada.

Sekarang orang bisa mendapat “kursus” untuk segala dosa lewat internet. Ini merusak banyak umat Tuhan, lebih2 orang yang baru, termasuk anak2 dan orang muda (perlu dibimbing), juga yang sudah lama, tetapibelum punya pengertian Firman Tuhan cukup. Mereka yang sudahpunya 2 gomer (limpah dengan pengertian Firman Tuhan Mat 13:11,23 dan penuh, dan dipimpin Roh Gal 5:16-17) bisa mengenali tipu daya iblis dan tidak sampai tersesat. 2Kor 2:11.

Ketakutan sampai panik menguasai banyak orang oleh ber-macam2 malapetaka dan celaka yang terjadi Luk 21:26. Ini akan makin nyata dan makin banyak di akhir zaman ini.

Timbul pelayanan orang sempurna. Ini istilah dan pelayanan yang belum banyak dikenal, tetapi akan muncul pada saat2 terakhir di akhir zaman. Sekarang belum, tetapi kita perlu tahu, sebab ini Alkitabiah dan akan menjadi salah satu pelayanan penting dalam Gereja akhir zaman Wah 12:5, dan tanda pasti dari Minggu ke-70 Daniel (3,5 tahun I); Ini indah dan luar biasa seperti pelayanan Putra manusia Yesus 3,5 tahun di dunia, bahkan pelayanan orang sempurna itu lebih dari ini (Yoh 14:12), yaitu tepatnya seperti pelayanan Kristus sesudah bangkit, itu luar biasa, lebih dari sebelumnya. Tetapi pelayanan orang sempurna ini tidak timbul tiba2, melainkan dipersiapkan sedikit demi sedikit, tetapi pasti akan ada dan memegang peran yang sangat vital pada akhir zaman ini! Ini terjadi sesudah Gereja (yaitu gambaran dari perempuan dalam Wah 12:1) melahirkan (menghasilkan) anak laki2 yang langsung terangkat ke tahta Allah (ini tempat sempurna), jadi anak laki2 itu adalahgambaran orang sempurna yang lahir dari Gereja akhir zaman sebab dapat langsung naik ke tahta Allah (tempat kesempurnaan), naik seperti Henokh, Elia langsung ke tahta Allah Wah 12:5 (bayi biasanya berarti “baru mulai”, tetapi ini tentang kelahiran sempurna, langsung naik ke tahta Allah, tempat sempurna!).

Banyak tanda2 lain yang dahulu belum pernah ada, mujizat, kesembuhan, Perjamuan suci setiap hari di rumah2, tanda ajaib, pembukaan Firman Tuhan yang penuh (Mat 10:26-27) dll.

Kita sudah mendekati semua tanda2 ini. Sebab itu jangan setengah hati, pasti celaka (Wah 3:16) tetapi yang sungguh2 ikut Tuhan Fil 1:21 selalu penuh dan taat dipimpin Roh, pasti untung besar dan dapat ikut dalam penamatan rencana Allah, dan ini  pasti akan digenapi.

BAGAIMANA REAKSI KITA.

  1. Tinggal tetap dalam Kristus Yoh 15:5, hidup dengan Allah Kej 6:9. Tentu ini berarti hidup dalam kesucian, MAK DSY (di Mana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Dahulu, Sekarang dan Yang akan datang), benar di hadapan Tuhan yang tahu semua keadaan kita sampai dalam hati dan pikiran kita. Hidup dalam Kristus adalah kunci utama, sebab kalau kita lekat dengan Allah, pasti akan tertolong dan terpelihara dengan cukup bahkan limpah. Kalau kita tinggal dalam Kristus, apapun yang terjadi di sekitar kita atau global, jangan takut, Dia cukup bagi kita untuk dan dalam segala perkara.
  2. Semua orang harus bersedia untuk menghadap Tuhan.

Amos 4:12b

… hai orang Israel, hendaklah kamu sedia akan bertemu dengan Allahmu.

Kita tidak tahu “what next?”, tetapi pasti semua akan ada akhirnya, yaitusemua orang akan bertemu Tuhan baik secara pribadi (= mati) atau ber-sama2 dalam pengangkatan, atau ber-sama2 dalam hukuman di akhir zaman seperti orang zaman Nuh, Sodom Gomora dll, sebab dosa mereka semua sudah melebihi batas, sehingga meskipun masih hidup, hukuman Allah datang ke atas mereka ber-sama2, karena dosa2nya.

Begitu juga akan terjadi di akhir zaman pada saat2 terakhir; Tetapi kita belum tahu bila saat terakhir itu, sebab itu bertobatlah sungguh2 sekarang dan tumbuh dalam kesucian, taat akan Firman Tuhan, sebab kalau saat2 terakhir itu datang, akan bertemu Tuhan, maka itu akanmenjadi kesempatan indah (kalau hidup suci, bersedia).

(masuk jerat celaka iblis, kalau tidak bertobat dan terus berkeras hati dalam dosa).

Luk 21:34-36

  1. Dan perhatikan dirimu sendiri, supaya jangan sampai kapan pun hatimu sarat dengan berfoya-foya, mabuk dan percintaan akan kehidupan ini, sehingga hari itu datang ke atasmu tanpa kau sadari. (TL,TB: sehingga dengan tiada di-sangka2, hari itu terentang ke atasmu seperti jerat)
  2. Karena seperti suatu jerat hal itu akan datang ke atas semua orang yang diam di atas seluruh muka bumi.
  3. Sebab itu berjagalah kamu dan berdoa senantiasa, supaya kamu dihitung mampu melepaskan diri dari semua perkara yang akan terjadi ini dan bisa berdiri di hadapan Putra manusia. (KJI)

Sebab itu kita harus bersedia baik2 dan tumbuh dalam kesucian dan ber-buah2.  Selain itu sebab ada kemungkinan kita termasuk golongan generasi akhir zaman, oleh karena itu kita harus ber-jaga2 ekstra, keadaan zaman ini akan makin parah, makin jahat, limpah dengan kejahatan, kesukaran, godaan dalam segala segi. Kerusakan moral, kekejian, penipuan, kekejaman, ancaman dalam segala segi hidup dll dll yang dahsyat. Kalau rohani kita tidak meningkat, kuasa Allah dan hikmatNya tidak bertambah, kita akan dilindas habis oleh segala macam kejahatan, kesukaran dan malapetaka itu. Kalau sekarang saja tidak menang atau lebih dari pemenang, apalagi besok, bisa gugur, hancur dan jatuh dalam dosa.

  1. Hidup dengan iman dipimpin Roh.

2Kor 5:7

Sebab kami berjalan dengan iman, bukan dengan penglihatan. (KJI)

Mat 8:14

Ketika Yesus tiba di rumah Petrus, Ia melihat ibu mertua Petrus terbaring sakit demam. (KJI)

Kita menerima sesuai dengan iman kita. Kalau bimbang tidak dapat apa2 Yak 1:6-7, bahkan bisa tenggelam seperti Petrus Mat 14:30.

Sebab kita menghadapi hari2 yang sangat menakutkan semua orang di seluruh dunia, bahkan mendengar dan melihat saja bisa mati kena serangan jantung.

Luk 21:27

Lalu mereka akan melihat Putera manusia datang di dalam awan-awan dengan kuasa dan kemuliaan yang sangat besar. (KJI)

Jangan takut menghadapi kesukaran2 yang mengerikan, jangan sampai putus asa, sekarang (meskipun cukup dahsyat) kita masih belum masuk Minggu ke-70 Daniel yang dahsyat itu. Masih akan datang hal2 yang lebih dahsyat, tetapi jangan takut, kita sekarang dilatih terus. Jangan kuatir, sebab tidak ada yang kebetulan bagi anak2 Allah Mat 10:30, segala kesukaran yang kita hadapi, itu tidak akanlebih dari kekuatan kita.

1Kor 10:13

Tidak ada pencobaan yang menimpa kamu kecuali yang biasa untuk manusia, tetapi Allah itu setiawan yang tidak membiarkan kamu dicobai lebih dari kemampuanmu, melainkan dengan pencobaan itu Ia juga akan mengadakan jalan keluar, supaya kamu dapat menanggungnya. (KJI)

Percayalah Tuhan sanggup menolong kita dalam segala perkara dan janji2 Allah yang kita pegang, dan percayai, itu pasti akan terjadi sesuai dengan iman kita Mat 8:13.

Terus berdoa senantiasa dalam Roh dan kebenaran 1Tes 5:17, maka Roh Kudus akan menguatkan iman kita, asal kita mau mengerti dan memegang erat2 Firman Tuhan, kita pasti menang.

Tetapi jangan mencobai Tuhan, ngawur, atau “njarak”, sebab itu dalam Pandemi ini,kita juga harus menuruti cara hidup sehat dan cara2 pencegahan yang sudah banyak disosialisasikan Pemerintah, termasuk ibadah online.

Tetapi jangan takut, sebab apa yang ditakuti itu bisa jadi Ay 3:25. Jangan sampai karena takut seperti Petrus lalu tenggelam dalam kesukaran2 ini Mat 14:26,30. Orang yang takut juga akan mudah panik dan reaksinya akan banyak ngawur, keliru, ber-lebih2 bahkan ter-balik2 dan merugikan orang itu sendiri, seperti murid2 yang ada dalam perahu sementara Petrus berjalan di atas air, Tuhan dibalik jadi hantu. Begitu seharusnya untung, malah jadi buntung, seharusnya bersukacita, nyanyi, berdoa, pakai iman, tetapi karena menuruti takut, tidak percaya, cari bantuan ke sana-sini akhirnya buntung dan celaka.

Banyak orang yang takut dan tidak ber-jaga2:

Tuhan  -> hantu.

Untung -> buntung.

Kesempatan baik -> jerat celaka.

Kalau masih kurang imannya, berdoalah kepada Tuhan.

Luk 17:5

Lalu rasul-rasul itu berkata kepada Tuhan, Tambahilah iman kami. (KJI)

Teruslah berdoa dalam Roh dan hidup benar.

Percayalah akan Tuhan, pegang Firman Tuhan, terus berdoa dalam Roh dan hidup benar, pasti untung.Kalau kita berjalan dengan Tuhan, tekun berdoa dalam Roh dan hidup benar, maka iman kita akan dikuatkan dan Tuhan sanggup memelihara kita sampai rambut dan nyawa kita!

  1. Terus tekun, tinggal di jalan Tuhan, dalam kesucian dan makin berkenan pada Tuhan, maka kita bisa mengalami seluruh rencana Allah, seperti Yusuf, Daud, Daniel dll. Jangan hanya bertahan dan berdoa, berpuasa supaya menang dan lolos, lepas dari pencobaan, jangan! Tetapi harus lebih dari itu, limpah dengan Firman Tuhan dan tekun berdoa dalam Roh dan kebenaran, terus taat dipimpin Roh, melakukan kehendak dan pekerjaan Tuhan, sehingga kita justru akan mengalami hal2 yang indah dari Tuhan. Jangan maudibatasi oleh ketakutan dan kesukaran2 hidup, pegang janji2 Firman Tuhan dan berdoa dalam Roh dan kebenaran, maka iman kita akan tumbuh, menjadi kuat oleh Firman Tuhan dan doa dalam Roh dan kebenaran (bukan dengan dosa!).Tuhan sanggup memelihara kita Mat 6:33. Belajar lebih banyak rahasia2 Firman Tuhan, sebab sampai dimana kita mengerti, sampai di sana kita tumbuh Mat 13:23. Kalau kita mengerti Firman Tuhan itu karunia Tuhan (Ams 20:12, Mat 13:11). Sebab itu kalau Tuhan sudah memberi karunia untuk mengerti, itu bukan perkara kosong, tetapi itu berarti Tuhan juga akan memberi kesempatan untuk mengalami apa yang sudah kita mengerti dari Tuhan. Seringkali kesukaran2 itu bisa berubah menjadi kesempatan yang limpah untuk pelayanan dan tumbuh, tetapi jangan karena ingin puji atau mencariperkara2 besar dengan kekuatan sendiri Rom 12:16, Yeh 5:5, Zak 4:6, tetapi pakai kesempatan dalam banyak kesukaran2 ini untuk terus makin mahir dipimpin Roh, sehingga limpah dengan perkara2 dari atas Kol 3:1-3.

Perlu kita perhatikan, bahwa dalam hari2 yang akan datang:

  1. Pencobaan akan makin berat; mau tidak mau orang akhir zaman akan menghadapi hari2 yang makin sulit bahkan top sulit, dan penuh kejahatan.

Sebab itu Tuhan menyuruh kita bersedia baik2 Mat 24:42. Kalau dosa meningkat, syarat minimum untuk bisa bertahan itu menjadi lebih berat. Kalau dahulu hanya menghadapi pencobaan seberat “5” (masih lulus), tetapi makin lama, pencobaan bisa naik sampai “12”, bahkan sampai “20” 2Tim 3:1, sehingga banyak orang gugur 1Tim 4:1. Memang harus bersedia untuk dapat menghadapi pencobaan2 yang makin berat, sebab itu rohani kita harus makin meningkat, makin penuh pengurapan dan makin mengerti rahasia2 Firman Tuhan lebih banyak sehingga dapat mengatasi pencobaan2 yang lebih berat.

  1. Generasi akhir zaman dipersiapkan untuk pengangkatan, tingkatnya makin tinggi, semuanya harus meningkat, juga kesucian dan ketertiban makin tinggi.

2Kor 10:6

Dan bersiap sedia menghukumkan semua ketidaktaatan apabila ketaatanmu sudah sempurna (KJI)

Lebih dari hujan Awal Kis 5:1-12. Ananias dan Safira salah “sedikit” hukumannya dahsyat, mati di tempat. Lebih2 pada akhir zaman ini, sebab itu yang main2, mendua, simpan dosa akan ditertibkan lebih keras, bahkan dihukumkan. Mereka yang tidak bersedia dan tidak meningkat, tidak akan tahan, lari, undur ke Gereja2 yang tidak tertib, tidak keras, yang masih membiarkan hal2 dosa, bahkan penuh dengan hal2 yang keji seperti Gereja Tiatira, Pergamus, Sardis, Laodikea yang tidak berkenan pada Tuhan. Disini iblis bertahta (Wah 2:13) dan bekerja dengan bebas, inilah Gereja2 jalan lebar.

  1. Antikris sudah muncul dalam Minggu ke-70 Daniel, bahkan ada 3 Antikris dalam 3,5 tahun I yang dengan dahsyat dan jahat menyerang Gereja, lebih2 yang di Halaman akan berguguran Dan 7:1-9. Semua anak2 Abraham yang “pasir” akan gugur dan juga 1/3 bintang Wah 12:4 golongan Halaman ini banyak jadi korban oleh pekerjaan Antikris yang jahatnya seperti iblis. Tuhan izinkan ini terjadi atas mereka yang tidak bermeterai (orang Halaman) yang tidak berjalan dalam Roh, tetapi dalam daging. Yez 9:4, 6-8 (dalam 3,5 tahun II, semua golongan yang tertinggal dan bertobat kembali akan mengalami lebih dahsyat, dalam aniaya Antikris sampai mati, tetapi selamat jiwanya Wah 11:2; 13:7). Ini sudah dimulai dalam 30 hari sebelum pengangkatan Dan 12:11, keadaan sangat dahsyat, jahat, keji, mengerikan, menjadi saringan terakhir dan puncak dari masa hukuman rumah Allah yang dahsyat.Akhir zaman ini dahsyat, tetapi ini bukan hanyamalapetaka, melainkan bagi yang lulus, yang tahan, ini menjadi kesempatan yang besar. Banyak orang ingin mengalami menjadi golongan Kristus II (= generasi akhir zaman), yang dapat bertemu dengan Kristus pada kedatanganNya yang kedua; tetapi tidak mendapatkan kesempatan itu. Ini sama seperti orang2 yang rindu hidup dalam zaman Kristus di dunia, tetapi tidak mendapat kesempatan itu.

Mat 13:17

Karena dengan sesungguhnya Aku berkata kepadamu bahwa banyak nabi- nabi dan orang-orang benar ingin melihat apa yang kamu lihat, tetapi tidak melihat; dan mendengar apa yang kamu dengar tetapi tidak mendengar. (KJI)

Sebab Gereja yang masuk dalam masa penamatan rencana Allah, sudah ber-jaga2 dengan betul, siap untuk pengangkatan. Allah memberi fasilitas akhir zaman yang lengkap dan limpah, Gereja menjadi ajaib seperti yang dinubuatkan dalam:

Wah 12:1

Tanda ajaib di langit: Perempuan dan naga (12:1-6) Dan terlihatlah suatu tanda ajaib yang besar di langit, yaitu seorang perempuan berpakaian matahari, dan bulan di bawah kakinya* dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya*. (KJI)

Bisa menjadi golongan Kristus II, itu sangat indah dan mulia. Mungkin kita atau sebagian dari kita akan

mendapat kesempatan ini. Ini kesempatan puncak dalam sejarah manusia, Gereja jadi ajaib dan akan masuk dalam golongan yang ikut pengangkatan; inilah  orang2 yang tidak pernah mati dan mengalami suasana yang indah seperti Surga, tetapi masih di bumi, masih hidup dalam daging, sangat indah, tiada taranya (akan ada 144.000 orang sempurna dan lebih kurang 750 juta orang yang akan terangkat hidup2an pada waktu Kristus datang. Iblis dan Antikris adalah musuh yang luar biasa, tetapi mereka kalah total, padahal jahatnya terang2an dan serangannya maksimal dengan kekuatan penuh. Mereka hanya mengalahkan orang2 beriman yang hidup dalam dosa, tingkat Halaman, dalam jalan lebar, sebab memang orang2 berdosa ini adalah milik iblis.

  1. SIAPA DI BALIK SEMUA INI?

Ada siapa di belakang peristiwa malapetaka Pandemiglobal ini? Tidak tahu! Secara ilmiah Covid-19, ini disebabkan karena mutasi virus, itu alamiah atau ada orang di belakangnya, kita tidak tahu.

Tetapi pasti di belakang semua yang tampak ada penyebabnya dalam dunia roh, sebab semua ada dalam tangan Allah Mat 28:18, tidak ada yang kebetulan bagi Allah yang Maha kuasa. Semua diketahui Allah (bahkan Allah tahu lebih dahulu) dan semua harus dengan izin Allah lalu algojonya adalah iblis yang terus menuntut hukuman bagi mereka yang berdosa, misalnya anak2 Ayub yang dosanya melebihi batas, setan si penuduh itu datang dan terus menuduh.

Wah 12:10

Maka saya mendengar suatu suara yang besar di dalam sorga berkata: Sekarang tibalah keselamatan dan kuasa dan kerajaan Allah kita, dan wewenang Kristus-Nya itu; Sebab sudah tercampak ke bawah penuduh saudara-saudara kita, yang menuduh mereka itu di hadapan Allah kita siang dan malam. (KJI)

Sebab waktunya sudah habis, anak2 Ayub tidak bertobat, maka mereka diserahkan pada algojo, si pembinasa ini. Dengan izin Allah, iblis membinasakan anak2 Ayub.

Jadi waktu anak2 Ayub kena angin ribut yang merobohkan rumahnya, itu disebabkan karena Allah sudah menyerahkan mereka dalam tangan iblis.

Ay 1:12

Maka firman Tuhan kepada syaitan: Bahwasanya segala sesuatu yang padanya itu adalah dalam tanganmu, sahaja jangan engkau mengedangkan tanganmu dan menjamah akan dia sendiri. Hata, maka keluarlah syaitan dari pada hadirat Tuhan. (18-19) (KJI)

Ayub tahu semua itu dari Tuhan. Doa syafaatnya gagal (setiap tahun Ayub membuat 1 mezbah bagi setiap anak2nya untuk mendoakan mereka 1 per 1). Sebab anak2nya tidak maubertobat, sekalipun sudah ditunda ber-kali2 (oleh doa syafaat bapaknya) akhirnya, sesudah waktunya habis, hukuman itu tetap datang dan semua anaknya binasa. Ini sudah diperhitungkan dengan adil dan murah, kesempatan bertobat diberi lebih banyak sebab doa syafaat Ayub, tetapi kalau orang yang didoakan tidak mau bertobat, doa syafaat jadi gagal (sama seperti Samuel berdoa syafaat bagi Saul dengan cinta dan air mata, gagal, sebab Saul keras hati, tidak mau bertobat! 1Sam 16:1). Tidak ada yang kebetulan bagi Allah dan bagi anak2Nya, semua diketahui oleh Yang Maha Tahu dan sudah diputuskan oleh Hakim yang Maha besar.

Begitu juga dalam kasus2 lainnya. Apalagi kalau seorang sudah lepas dari Tuhan, setan datang dengan bebas dan mulai menyesatkan bahkan memojokkan untuk bunuh diri seperti Saul dan Yduas selalu di belakang peristiwa2 yang terjadi ada tangan Allah dan iblis yang berlawanan. Manusia harus memilih mau ikut yang mana. Misalnya dalam kasus Achab.

1Raj 22:34

Maka pada ketika itu adalah seorang rakyat mengedangkan busurnya dengan tiada sengajanya, lalu memanah kena baginda raja orang Israel antara perhubungan baju zirha. Maka titah baginda kepada orang yang mengepalakan ratanya: Balikkanlah rata dengan tanganmu dan hantarlah akan daku keluar dari dalam peperangan, karena aku telah luka parah.

Ada orang yang memanah dengan iseng, tidak sengaja, tetapi justru Achab yang kena, tepat di sambungan baju zirah dan menyebabkan kematiannya. Padahal Achab sudah menyamar. Ini ditulis dalam Alkitab, sebab itu tidak kebetulan, tetapi ada sebabnya, kematian Achab sudah divonis oleh Allah lewat nabiNya 1Raj 22:17-18, sebab itu Achab ketakutan dan ia menyamar, tetapi Hakim yang Maha kuasa dan adil itusanggup menggenapkan vonisnya. Tentu yang mengerjakan adalah iblis, si pembunuh dan algojo, yang melakukan dengan gembira dan puas, sebab sekarang roh Achab masuk di Neraka, menjadi milik iblis dalam kerajaannya yang kekal. Ini semua tidak kebetulan!

Juga imam Eli yang jatuh lalu mati di dalamrumah yang aman, bukan jatuh di medan perang, itu tidak kebetulan, sebab ialebih cinta anak2nya yang keji daripada Tuhan. Ia tidak pernah menegur anak2nya dengan marah atau muka masam, terlalu sayang dan cinta daging.

1Sam 3:13-14,18

  1. Karena sudah Aku beritahu kepadanya, bahwa Aku akan menghukumkan orang isi rumahnya sampai selama-lamanya sebab kejahatan yang telah diketahuinya, karena pada masa kedua anaknya mendatangkan laknat atas dirinya sendiri, tiada pernah dipandangnya akan dia dengan muka masam jua.
  2. Maka sebab itu Aku telah bersumpah kepada orang isi rumah Eli, bahwa sekali-kali tiada kejahatan orang isi rumah Eli itu dihapuskan dengan korban atau dengan persembahan sampai selama-lamanya.
  3. Maka Semuelpun memberitahu kepadanya segala firman itu, sepatah katapun tiada dilindungkannya dari padanya. Lalu sahut Eli: Bahwa Ialah Tuhan; biarlah diperbuat-Nya barang yang baik kepada pemandangan-Nya!

Sekalipun sudah mendengar nubuat yang dahsyat (meskipun dari Samuel yang masih kecil, tetapi ia bisa menilai bahwa alasanNya betul), tetapi tidak menyesal atau bertobat seperti Yunus dan Niniwe, semua dianggap enteng, juga dosa dan kekejian anak2nya, maka akhirnya datanglah hukuman atas anak2nya dan Eli ikut mendapat bagian hukuman anak2nya, mati dalam sehari ber-sama2!

Belum lagi cerita Daud yang lepas dari tombak Saul atau tombak Goliat. Ini pasti bukan kebetulan. Dan ada banyak contoh lain.  Apapun yang terjadi global atau di sebelah kita, jangan takut, untuk orang beriman tidak ada yang kebetulan, tetapi semua itu akan menggenapkan Firman Tuhan, bahkan jadi kebaikan bagi orang2 yang cinta Tuhan.

Rom 8:28

Maka kita mengetahui bahwa segala sesuatu bekerja bersama-sama untuk kebaikan bagi mereka yang mengasihi Allah, yaitu bagi mereka yang dipanggil sesuai dengan tujuanNya. (KJI)

Semua yang terjadi tidak kebetulan, tetapi menjadi tuaian bagi orang yang menabur dengan betul dan berlinang air mata dalam kesucian dan hukuman bagi yang tidak mau bertobat dan melawan Allah.

Maz 125:5-6

Tetapi barangsiapa yang menyimpang kepada jalan yang bengkok, ia itu akan ditumpas oleh Tuhan serta dengan segala orang yang berbuat jahat. Biarlah kiranya selamat atas Israel!

KESIMPULAN: BAGAIMANA SIKAP KITA?

  1. Tetap lekat dengan Tuhan dalam kesucian dan taat melakukan kehendakNya dengan gairah dipimpin Roh.
  2. Apa ini? Ini bukan kebetulan, tetapi ini adalah:
  3. Tanda2 dari Allah bahwa kedatangan Tuhan sudah makin dekat, bersedialah sungguh2, jangan main2.

Ini bukan kebetulan. Kalau ada dosa segeralah bertobat. Yang sudah sungguh2, terus tingkatkan.

Peringatan untuk orang dosa, bagi yang main2, mendua, duniawi, yang tidak mau bertobat dan taat, maka celaka akan datang. Tanpa Tuhan, tidak ada pertolongan bagi kita; resiko terpaksa harus ditanggung sendiri untuk kekal. Yang percaya Tuhan, bertobat dan mencari Dia supaya selamat. Yang sudah lekat pada Tuhan, biarlah makin melekat, Dia sanggup memelihara kita sampai kekal. Orang beriman harus sadar, jangan main2, siap untuk kedatanganNya. Sekaligus ini jadi peringatan keras untuk mereka yang hidup (jatuh-bangun) dalam dosa, supaya sungguh2 bertobat. Waktunya sudah dekat. Kalau tidak bertobat, itu berarti jadi hamba dan milik iblis, akan ketakutan dan celaka, jadi korban dosa dan kejahatan dan binasa. Yang sudah tahu, tetapi keras hati Ibr 3:15 dan makin bertumbuh makin jahat, mungkin bisa jadi orang yang melawan Allah dan jadi Antikris. Sebab Antikris itu asalnya dari orang beriman yang undur dan berkhianat, seperti Yudas adalah Antikris I. 1Yoh 2:18-19.

Di dalam masa sulit ini, tersembunyi kesempatan2 ilahi yang indah2, tetapi juga jerat iblis yang mencelakakan bahkan mematikan. Sebab itu kita harus bisa mengenali semuanya dengan mata rohani yang celik dalam pimpinan Roh, sehingga kita bisa memakai kesempatan2 besar dari Allah yang indah, jangan justru masuk dalam jerat celaka si iblis.

Kesempatan ini diberikan bagi mata bisa melihat Ams 20:12 dan yang bisa mengerti karena karunia Tuhan Mat 13:11. Dalam kesempatan ini, juga ada kemungkinan untuk ikut pengangkatan. Sebab itu,teruskan sungguh2 memperkenankan Tuhan habis2an, waktunya tidak lama lagi, sangat indah untuk kekal.

Tetapi jangan lupa kesempatan yang indah ini ada dalam banyak pencobaan dan ujian sampai lulus semuanya. Kesempatan besar ini tidak muncul seperti lotre, tetapi dengan pengolahan dan harus lulus semua ujian. Seperti Abraham yang mengalami banyak ujian, sejak dari permulaan, ia disuruh keluar dari negerinya tanpa tahu ke mana, dan banyak ujian lainnya, sampai terakhirdisuruh mengorbankan anaknya, baru sesudah itu kesempatan besar itu muncul.

Daud menghadapi Goliat, itu ada resiko mati (dengan akal), tetapi ia taat dipimpin Roh, baru kesempatan besar itu nyata buahnya. Hadapi segala kesukaran2 dengan taat dipimpin Roh sehingga menang, lebih dari pemenang (Rom 8:31,37), bahkan sampai jadi pawai kemenangan 2Kor 2:14, maka kita akan mendapatkan kesempatan2 besar ini.

Pakailah selalu mata yang celik, sebab dipimpin Roh, jangan memakai mata manusiawi, dengan hikmat dan kekuatan sendiri, justru jadi takut, lari atau undur dan kehilangan kesempatan yang indah ini.

  1. Jangan takut, Tuhan memelihara kita dengan sempurna, tidak ada yang kebetulan, teruslah beribadah (meskipun online) di tengah2 banyak godaan, kesukaran, ancaman dan penderitaan, dan terus hidup dipimpin Roh sesuai Firman Tuhan. Jangan menuruti daging, pikiran, arus orang banyak dalam dosa, tetapi terus taat dipimpin Roh, jangan kuatir 1Pet 5:7.

Jangan takut.

Sebab orang yang menuruti takut akan bertindak ngawur, keliru, terbalik dan dikuasai oleh ketakutan itu sampai tenggelam imannya seperti Petrus. Tetapi jangan berani ngawur dengan kekuatan atau pikiran sendiri, sebab musuh kita iblis, pasti orang seperti ini akan kalah dan jatuh.

Jangan takut, minta pimpinan Roh Kudus.

Jangan takut, kita kehilangan kesempatan yang indah seperti Barak Hak 4:6,8-9. Sebab takut Barak membuat siasat dengan akalnya, mengajak Debora. Ia taat, tetapi memakai siasat dan akalnya sebab takut. Tuhan memberi kemenangan, tetapi terbatas, hilang kepujian dan kemuliaan dari Tuhan Hak 4:9. Kepujian dan kehormatan yang benar itu dari Tuhan Rom 2:29.

Kalau masih ada rasa takut, terus berdoalah dalam Roh, terus hidup benar, dan pegang janji2 Firman Tuhan, maka iman kita akan menjadi kuat oleh Roh Kudus Zak 4:6.