M4192 – Tuhan Membedakan Orang Israel dan Orang Mesir

lanjutan

Pendahuluan.

Bela atau wabah karena virus corona (covid 19) yang tiba2 muncul pada akhir Desember 2019 lalu mewabah ke seluruh dunia dalam Jan-Feb 2020 (dst), akhirnya ditetapkan WHO tgl 12 Maret 2020 menjadi Pandemi (wabah sedunia).

Apa yang harus kita lakukan?

Secara rohani: Tetap berjalan dengan Tuhan sambil melakukan 7 KPR plus dengan bergairah.

Secara jasmani: Kerjakan semua seperti biasa dengan cara hidup sehat dan memperhatikan segala larangan dan tindakan2 pencegahan yang sudah diumumkan.

  1. Tiba2, dengan tidak di-sangka2, penyakit ini menjalar ke seluruh dunia dengan begitu cepatdan hebat, mempengaruhi seluruh segi hidup manusia di seluruh dunia. Tidak ada orang yang memperkirakan hal2 ini, tiba2 muncul dan menjadi dahsyat.
  2. Hal ini tidak berdiri sendiri, akan ada sambungannya, seperti yang dinubuatkan dalam Alkitab.

Wabah ini seperti sirene perang yang berbunyi, dan global terkejut, tergopoh hendak menyelamatkan diri sambil berusaha hendak menghadapinya. Tetapi sesudah ini akan datang lagi serangan2 berikutnya yang lebih dahsyat.

Wabah ini juga seperti ujian di sekolah, sesudah selesai, akan datang lagi ujian2 lainnya dan akan diakhiri dengan ujian akhir yang paling dahsyat Wah 3:10, sehingga seluruh dunia hancur porak poranda, dan kemudian sesudah 3,5 tahun, tahu2 orang2 beriman tiba2 keluar dari dunia, ikut dalam pengangkatan yang ajaib dan tidak masuk akal itu. Puncaknya akan datang dalam beberapa tahun mendatang (kapan? Belum tahu), sebagianbisa lulus, menang dan terangkat, tetapi yang lain, hancur dan korbannya sangat banyak; Alkitab menyebutkan angka2 korban yang fantastis, lebih dari 25% kematian, bisa sampai 40%, sangat dahsyat Wah 6:8 dll.

Pemerintah mengharap rakyat tidak takut ber-lebih2, supaya jangan panik dan ngawur, sehingga tidak timbul korban dan kerugian yanglebih banyak. Usaha2 pencegahan yang wajar, yang sudah diumumkan,wajib dilakukan, misalnya mencegah penularan, memeriksakan diri yang sakit, hidup sehat termasuk higienis, mencegah penularan, tidur cukup, makan sehat dll. Tetapi jangan ber-lebih2, apalagi menuruti hoax.Pemerintah juga melakukan tindakan2 preventif seperti melarang beberapa kapal dari luar negeri masuk dll.Orang2 yang datang dari negara yang terjangkit di karantina selama 14 hari dsb.

Apa yang diberitakan untuk pencegahan dalam masyarakat oleh pemerintah sudah cukup baik, harus kita taati seperti salaman, cuci tangan, masker bagi yang sakit, memeriksakan yang dicurigai dll, tetapi jangan panik.

  1. BALA MESIR.

Pada waktu Israel keluar dari Mesir ada 10 bala dan bala yang terakhir itu sangat dahsyat, sehingga semua anak sulung manusia dan binatang mati. Kalau rata2 setiap keluarga terdiri dari 5 orang, maka ini berarti 20% orang Mesir mati seketika, belum lagi macam2 korban dari 9 bala sebelumnya. Ini sangat dahsyat, dapat dikatakan seluruh Mesir sudah rusak dalam segala seginya (Kel 10:7).

Tetapi orang Israel yang akan keluar dari Mesir, sama sekali tidak dijamah oleh bala2 itu. Tuhan membedakan antara orang Mesir dan orang Israel.

Keluaran dan pengangkatan.

Pada waktu Minggu ke-70 Daniel *) mulai, juga akan terjadi banyak malapetaka yang dahsyat, lalu 3,5 tahun kemudian, semua orang beiman yang ber-jaga2, akankeluar dari dunia ini, ikut dalam pengangkatan. Apa yang kita alami sekarang ini (wabah covid 19) relatif sangat kecil dibandingkan dengan kerusakan dan korban karena dosa dan kejahatan yang akan makin meningkat, dan mencapai puncaknya dalam Minggu ke-70 Daniel*), sehingga bala2 dari Allah (yaitu 4 Meterai dan 4 Sangkakala) turun menghukum dunia ini sebelum pengangkatan.

*) Minggu ke-70 Daniel adalah sebuah penglihatan Daniel dari Tuhan Dan 9:24-27, yang menceritakan tentang 7 tahun terakhir dalam sejarah dunia, dimana rencana Allah ditamatkan, dan semua orang berdosa di dunia (dalam pemerintahan Antikris) binasa dalam perang Harmagedon (“Kiamat kecil”) dan hanya beberapa ratus ribu orang lolos lewat Kursi Pengadilan Raja (Mat 25:31-46) lalu memulai Kerajaan 1000 tahun sebelum kiamat yang betul.

(Lihat lebih lanjut dalam buku Minggu ke-70 Daniel).

Tetapi Tuhan membedakan orang fasik dan orang benar, orang beribadah dan yang tidak beribadah Mal 3:18, orang2 beriman yang akan ikut pengangkatan dan semua orang lain yang hidup dalam dosa (baik orang dunia dan orang beriman yang ikut hanyut dalam dosa2 dunia) seperti dahulu Tuhan membedakan orang Mesir dan orang Israel.

  1. PERBANDINGAN DENGAN MINGGU KE-70 DANIEL.

Belum semua rincian kehebatan Minggu ke-70 Daniel kita ketahui, tetapi nubuatannya sudah lengkap, tinggal menunggu Tuhan membukakan semua rahasia ini pada waktunya.

Mat 16:3

Dan pada pagi hari: Hari ini cuaca buruk, sebab langit merah dan redup. Hai orang-orang munafik! Rupa langit dapat kamu bedakan tetapi kamu tidak dapat membedakan tanda-tanda zaman. (KJI)

Hari itu sudah dekat, akhir zaman sudah datang (kita sudah tahu dan melihat tanda2nya), tetapi kita tidak tahu tanggalnya, saat Minggu ke-70 Daniel mulai (lalu 3,5 tahun kemudian, terjadi pengangkatan), sebab itu kita harus bersedia.

Mat 24:42,44

  1. Sebab itu berjaga-jagalah, karena kamu tidak mengetahui jam berapa Tuhanmu akan datang.
  2. Oleh sebab itu hendaklah kamu siap sedia; karena Putra manusia datang pada jam yang tidak kamu pikirkan. (KJI)

Sekarang masih banyak hoax tentang hal2 yang dahsyat, tetapi malapetaka dalam bala2 di Mesir begitu banyak dan nyata,  semua orang bisa melihat dengan jelas, sehingga praktis tidak ada hoax, sebab terlalu banyak dan nyata di-mana2.

Begitu juga dalam Minggu ke-70 Daniel begitu banyak malapetaka yang terjadi, sehingga setiap orang bisa menyaksikan fakta yang menakutkan sampai banyakorang yang ketakutan mengalami mati mendadak karena gagal jantung.

Luk 21:26

Orang-orang akan mengalami gagal jantung karena ketakutan, sebab menantikan hal-hal yang akan datang ke atas bumi; karena segala kuasa di langit akan digoncangkan. (KJI)

Bagaimana cara Tuhan melepaskan umatNya yang ber-jaga2 dari celaka Minggu ke-70 Daniel itu?A. SEMUA YANG IKUT PENGANGKATAN TIDAK AKAN MATI, sekalipun ada begitu banyak bahaya dan malapetaka, juga dari bahaya yang langsung ditujukan padanya oleh Antikris dan kaki tangannya), sebabdari semuanya umat Tuhan yang ber-jaga2 (Mat 24:42) dijaga dan dilepaskan Tuhan. Kalau toh kena (untuk latihan dan pengolahan) akan segera sembuh atau yang tertangkap atau dianiaya tertolong dan lepas semua oleh mujizat dan kuasa Allah yang begitu limpah pada waktu ini, apalagi ada pelayanan 144.000 orang sempurna di seluruh dunia.

Pada waktu ini tingkat rohani orang2 yang ber-jaga2, tumbuh sangat cepat, sehingga sebagian menjadi sempurna,menggenapi jumlah orang sempurna yang sudah dinubuatkan Firman Tuhan.  Allah sanggup menjaga 100% orang yang ber-jaga2, sehingga semuanya dapat ikut pengangkatan tanpa kematian, sebab itu untuk masuk dalam Minggu ke-70 Daniel, kita membutuhkan lebih dari 7 KPR yang biasa, yaitu yang istimewa, ekstra.

  1. BER-JAGA2 DENGAN 7 KPR PLUS, EKSTRA.

7 KPR yang biasa diambil dari dari rohani Ruangan Suci dalam Kemah Suci Musa di padang gurun. Inilah kehidupan dari imam2 Tuhan yang boleh masuk dan bisa tinggal dalam Ruangan Suci. Begitu kita hidup sebagai imam2 Tuhan (sesudah lahir baru, menjadi imam2 di hadapan Tuhan 1Pet 2:9, Wah 1:6) kita juga membutuhkan 7 KPR ini yaitu SSS DIAM:

  1. Bisa hidup Suci,
  2. Pikul Salib setiap hari.
  3. BerSekutu dalam Roh dalam tubuh Kristus.
  4. Doa dengan tekun dalam Roh dan kebenaran.
  5. Tekun berIbadah.
  6. Alkitab, kita makan setiap hari dari roti Firman Tuhan. Ini mutlak perlu untuk kehidupan rohani kita Mat 4:4. Jangan sampai bosan akan Firman Tuhan (karena mendua, bercabang, cinta dunia), apalagi menghina Firman Tuhan, nasibnya akan celaka seperti Eutikus Kis 20:9, apalagi seperti Israel yang muak akan manna dari Surga dan terus minta daging, bisa mati dalam bela Kiberot Taawah (Bil 11:33-34), digigit ular Bil 21:5-6, bahkan berjatuhan mati di padang gurun Bil 14:22. Biarlah Firman Tuhan menjadi kesukaan dan kenikmatan kita setiap hari.
  7. Melayani dalam Roh dan kebenaran sehingga tumbuh dengan cepat dalam Tuhan.

7 KPR ekstra itu lebih indah dan lebih mendalam, yaitu dengan:

  1. Suci, terus hidup suci di jalan sempit; jangan bereaksi dosa dalam setiap godaan dan pencobaan, tetap berkenan pada Tuhan dan tumbuh terus sampai seperti Kristus. Yang menjadi seperti Kristus sepenuhnya, itu berarti menjadi sempurna (hanya 144.000 orang).
  2. Salib, sudah mahir pikul salib, bahkan bersedia mati karena Kristus, maka tidak akan mati 1Kor 15:51. Mematikan daging itu berat, tetapi ringan kalau kita sungguh2 mau dengan Tuhan.
  3. BerSekutu, dalam Roh seperti Trinitas (Yoh 17:21,23), dengan seluruh anggota tubuh Kristus, jangan dibatasi oleh kelompok2 (komunitas) manusiawi atau duniawi (harus bisa membedakan yang rohnya lain atau sama 2Kor 11:4), sehingga bisa bersekutu dengan manis (Maz 13:1-3), bisa bekerjasama dengan sehati dalam Roh yang sama. Hasilnya kekuatannya menjadi ber-lipat2 kali ganda, sehingga bisatumbuh bersama dengan makin efektif dan cepat dengan kecepatan ideal seperti Kristus yang menjadi sempurna dalam 3,5 tahun pelayanan. Yoh 17:21,23.
  4. Doa dalam Roh dan kebenaran terus menerus seperti bernafas 1Tes 5:17, sehingga terjadi kegerakan Roh Kudus yang kuat dan ber-buah2. Pada akhir zaman, kalau tidak berdoa cara begini, dalam Roh dan kebenaran, tidak akan cukup, tidak akan tahan, dan tidak kuat.

Yoh 4:23-24

  1. Tetapi waktunya akan tiba dan sekarang sudah sampai, apabila penyembah-penyembah yang benar itu akan menyembah Bapa dalam Roh dan kebenaran. Karena Bapa mencari penyembah-penyembah yang demikian untuk menyembah Dia.
  2. Allah itu Roh, dan mereka yang menyembah-Nya haruslah menyembah Dia di dalam Roh dan kebenaran. (KJI)

Sebab bukan kita sendiri yang berdoa, tetapi ber-sama2 dengan Roh Kudus yaitu Allah yang Maha kuasa di dalam kita, berdoa dengan sehati, sehingga kita selalu ada dalam hadiratNya, dalam pimpinanNya dan semua yang kita pikir, katakan dan berbuat selalu  benar, tepat, dan luar biasa.

Rom 8:26-27

  1. Demikian juga Roh itu menolong kelemahan kita. Sebab kita tidak tahu apa yang harus kita doakan dengan sepatutnya, tetapi Roh itu sendiri bersyafaat untuk kita dengan erangan yang tidak terkatakan.
  2. Tetapi Dia yang menyelidiki segala hati mengetahui apa pikiran Roh itu, sebab Ia bersyafaat bagi orang-orang kudus sesuai dengan kehendak Allah. (KJI)

Dengan Roh Kudus, maka pengurapan kita akan terus meningkat sampai 2 kali ganda (seperti Elisa 2Raj 2:9), bahkan sampai tanpa batas.

Yoh 3:34

Karena Orang yang diutus oleh Allah itu mengatakan firman dari Allah karena kepada-Nya Allah mengaruniakan Roh dengan tidak terbatas. (KJI)

 

  1. Ibadat makin bertambah Ibr 10:25, penuh gairah, sebab sungguh2 diutamakan. Untuk bisa mengutamakan ibadah, perlu korban, sebab kita menghargainya lebih dari sekolah, bekerja, hidup sehat dll. Dalam Minggu ke-70 Daniel, lebih2 kalau sudah tahu bahwa 1260 hari lagi terjadi pengangkatan, dengan sendirinya, banyak orang yang mengerti dan yakin akan berhenti berbuat yang lain kecuali ibadah dan pelayanan dalam Roh dan kebenaran. (Tentu ini sesudah masuk Minggu ke-70 Daniel, tetapi sekarang, yang penting terus menerus dipimpin Roh).
  2. Alkitab, 2 gomer. Seperti Elia yang diberi roti dan air dari Surga dua kali.

 

1Raj 19:7-8

  1. Maka malaekat Tuhan itu datang pada kedua kalinya serta menjamah akan dia, sambil katanya: Bangunlah engkau, makanlah, karena perjalanan bagimu lagi sangat jauh.8. Maka bangunlah ia lalu makan minumlah, maka oleh kuat yang diperolehnya dari pada makanan ini (2 kali ganda) berjalanlah ia empat puluh hari empat puluh malam lamanya, sehingga sampailah ia ke bukit Allah, yaitu Horeb.

Apalagi dalam Minggu ke-70 Daniel, semua rahasia Firman Tuhan terbuka, 2 gomer pun tidak cukup menyerap semuanya kalau tidak dipimpin Roh.

 

Mat 10:26-27

  1. Sebab itu, janganlah kamu takut terhadap mereka, karena tidak ada sesuatu pun yang tertutup yang tidak akan dibukakan, dan yang tersembunyi yang tidak akan diketahui.
  2. Apa yang Kukatakan kepadamu dalam gelap, katakanlah itu dalam terang, dan apa yang kamu dengar di telingamu, beritakanlah itu dari atas sotoh rumah. (KJI)

Orang yang mengerti Firman Tuhan itu dari Tuhan, bukan karena pintar atau pengalaman.

Mat 13:11

Ia menjawab dan berkata kepada mereka: Karena kepadamu dikaruniakan untuk mengerti rahasia Kerajaan Sorga, tetapi kepada mereka tidak diberikan. (KJI)

Kalau kita dapat pengertian dari Tuhan, itu juga berarti kita mendapat kesempatan untuk mengalami apa apa yang sudah kita mengerti dari Tuhan! Orang yang mengerti akan mengalami ber-buah2 sampai 100 kali ganda = sempurna.

Mat 13:23

Tetapi ia yang menerima benih di tanah yang baik itulah dia yang mendengar perkataan itu dan mengerti. Ia berbuah dan mengeluarkannya, ada yang seratus kali lipat, ada yang enam puluh, ada yang tiga puluh. (KJI)

Dengan demikian kesempatan untuk tumbuh sampai sempurna terbuka, inilah sebabnya mengapa kesempatan ini limpah pada akhir zaman (Minggu ke-70 Daniel). Ini seperti Elia yang bisa berjalan 40 hari, 40 malam tanpa berhenti dan sampai di gunung Allah, oleh sebab roti dan air dari Surga 2 kali ganda.

40 = angka kematian daging (= Tirai terbuka, sehinggabisa melihat dan punya kesempatan untuk masuk dalam Ruangan Maha Suci yaitu menjadi sempurna!). Luar biasa, dan Elia betul2 menjadi sempurna, meskipun ia adalah orang Wasiat Lama yang sangat terbatas, tetapi ia bisa menembus Tirai, jadi sempurna sebab roti dan air dari Surga 2 kali ganda. Sebab itu tidak heran kalau jumlah orang sempurna yang sudah dinubuatkan Allah, genap dalam masa ini, sebab pengurapan tanpa batas dan pembukaan Firman Tuhan yang lengkap dan sempurna, heran dan indah sekali.

  1. Melayani dengan tulus dan segenap hati dalam Roh, lebih2 dengan jabatan yang tepat, sehingga tumbuh dalam pelayanan menjadi alat2 yang indahdari perak dan emas 2Tim 2:20-21. Apalagi dalam pelayanan ber-sama2 dengan orang sempurna yang luar biasa; Ada 144.000 “Yesus” di dunia waktu ini. Kalau ada 1 Yesus di Kanaan, maka seluruh negeri Kanaan goncang-ganjing oleh 1 Yesus, apalagi kalau ada 144.000 “Yesus” (= orang sempurna, seperti Kristus), betapa hebat dan indahnya Gereja waktu itu. Gereja betul2 jadi ajaib.

Wah 12:1

Dan terlihatlah suatu tanda ajaib yang besar di langit, yaitu seorang perempuan berpakaian matahari, dan bulan di bawah kakinya* dan sebuah mahkota dari dua belas bintang di atas kepalanya*. (KJI)

Kesimpulan dari 7 KPR adalah hidup dipimpin Roh. Ini kunci hidup Putra manusia Yesus yang tumbuh dengan kecepatan ideal.

Luk 4:1

Maka Yesus yang penuh dengan Roh Kudus, kembali dari Yordan dan dipimpin oleh Roh ke padang gurun. (Mat 4:1) (KJI)

Sebab dipimpin Roh dengan betul, maka dalam 3,5 tahun Putra manusia Yesus tumbuh dalam pelayanan dalam Roh menjadi sempurna; begitu juga pertumbuhan rohani orang yang ber-jaga2 pada hari2 ini.

Belajar bisa hidup dipimpin Roh, baik dalam pikiran (tidak membuang waktu berpikir sia2, ke sana-sini,tetapi dengan pikiran ini terus berpikir yang baik, berbicara dengan Tuhan dan dipimpin Roh, sehingga efektif), juga dalamber-kata2 dan berbuat semua dipimpin Roh dengan mahir; Inilah tanda dariorang yang limpah dengan 7 KPR.

Semua orang yang bakal terangkat sudah mahir dipimpin Roh dan sebaliknya semua yang mahir dipimpin Roh akan terpelihara dan tumbuh dalam rencana Allah yaitu ikut dalam pengangkatan.

  1. FASILITAS AKHIR ZAMAN NYATA WAKTU INI.

Hal ini jauh lebih dari hari2 ini, sebab dalam Minggu ke-70 Daniel, fasilitas itu diberikan dalam ukuran yang penuh,lengkap dan limpah di seluruh dunia, untuk penamatan rencana Allah. Dalam hari2 inipembukaan Firman Tuhan akan lengkap semuanya, pengurapan tanpa batas, tanda dan mujizat penuh, pelayanan jabatan dll, lebih2 pelayanan ber-sama2 orang sempurna yang ajaib (ingat ada 144.000 orang2 yang melayani seperti Putra manusia Yesus didunia waktu ini, luar biasa!). Sebab itu meskipun dosa dan kejahatan dan segala malapetaka limpah, juga 3 Antikris sudah muncul dan berkuasa dengan resmi di dunia waktu itu, dan hukuman Allah jatuh karena dosa melebihi batas (4 Meterai, 4 Sangkakala), tetapi Gereja tidak kena, bahkan justru menjadi sangat indah, suasananya seperti Surga di bumi dan orang2 yang sudah bersedia, tumbuh dengan cepat sampai penuh dalam masa penamatan rencana Allah ini.

III. JANJI TUHAN UNTUK SEHAT, SEMBUH DAN UMUR.

Janji Tuhan ini diulang ber-kali2 dalam banyak kasus,

  1. Sehat (3Yoh 2, Ul 7:5),
  2. Sembuh (1Pet 2:24, Kel 15:26; 23:25),
  3. Umur dalam tangan Tuhan (1Sam 2:6). Tidak mungkin terjadi sesuatu pada kita di luar kehendak Allah yang begitu teliti Mat 10:30.

Jangan lupa, semua janji Allah itu ada syaratnya, yaitu sehat rohani (lihat di atas), maka tubuh kita juga jadi sehat 3Yoh 2 (bukan sebaliknya, orang yang sehat jasmani, rohaninya masih dijajah dosa dan akan binasa, tidak sehat, kecuali percaya pada Tuhan Yesus).

Dalam Minggu ke-70 Daniel, orang2 yang akan ikut pengangkatan, bukan saja sehat, sembuh, tetapi juga sebab akan ikut pengangkatan, meskipun mengidap penyakit apapun, misalnya kanker dll, penyakit fatal, atau cacat bagaimanapun, ia akan sembuh, sebab ikut pengangkatan dan orang2 ini tidak akan mengalami kematian, karena sebab apapun.

Ini seperti Simeon yangdijanjikan Tuhan akan bertemu Kristus, andaikata pada waktu itu Simeon sakit apa saja, pasti disembuhkan dan tidak mati,bisa bertemu Kristus I Luk 2:26. Begitu juga orang yang memenuhi syaratnya (mau ber-jaga2 Mat 24:42,44). Kalau hidupnya dekat dengan kedatangan Tuhan, maka Tuhan juga akan memelihara orang2 ini, sehingga orang2 yang ber-jaga2 ini dapat bertemu Kristus di awan2, tidak akan mati oleh sebab apapun! Ini bagian Tuhan, begitu juga dalam zaman sekarang ini!

  1. CARA MENGHADAPI KESUKARAN2 HARI2 INI.

Prinsipnya hampir sama dengan Minggu ke-70 Daniel, tetapi zaman sekarang, tingkatannya memang masih bertumbuh, belum sampai di puncak seperti dalam Minggu ke-70 Daniel.

Bagian kita:

  1. Lekat dengan Tuhan Yoh 15:5, ini berarti hidup dalam kesucian, limpah (haus, sukacita dengan ) 7 KPR. Hari2 ini sebagian besar masih tetap bekerja jasmani/ sekuler seperti biasa, bukan full time, tetapi full heart untuk Tuhan dan terus lekat dengan Tuhan.
  2. Hidup berkenan pada Tuhan.

Kol 1:10

supaya kamu boleh berjalan dengan layak di hadapan Tuhan, memperkenankan (Tuhan) di dalam segala hal, berbuah-buah di dalam segala pekerjaan yang baik dan bertambah-tambah di dalam pengetahuan akan Allah, (Luk 1:28) (KJI)

Sambil terus bertumbuh bersama dalam

tubuh Kristus (bisa bersekutu dalam Roh!) dalam pimpinan Roh Kudus sampai akhirnya seperti Kristus.

  1. Hidup dengan iman.

2Kor 5:7

Sebab kami berjalan dengan iman, bukan dengan penglihatan (Rom 1:17) (KJI)

Dengan iman kita akan mendapatkan janji2 Allah, bahkan terus menang dan tumbuh sampai akhirnya menjadi seperti Kristus. Kita akan mengalami, sama seperti yang kita percaya.

Mat 8:13

Lalu Yesus berkata kepada perwira itu: Pergilah, sama seperti yang kamu percaya, jadilah bagimu. Maka hamba itu disembuhkan pada jam yang sama. (KJI)

Percayalah kalau Allah beserta kita, kita akan menang.

Bahkan kita akan menjadi lebih dari pemenang, jangan kuatir. Kita akan mendapatkan janji2 Allah sesuai dengan iman kita.

Rom 8:31,37

  1. Lalu apakah yang hendak kita katakan tentang hal-hal ini? Jika Allah di pihak kita, siapakah lawan kita?
  2. Tetapi di dalam segala hal ini, kita lebih dari pemenang, melalui Dia yang mengasihi kita. (KJI)

Dengan demikian kita tinggal dalam naungan Tuhan yang Maha kuasa dan kasih, sehingga bisa berjalan dengan kemenangan dari Tuhan, penuh hikmat, kuasa Allah dan bebas kuatir. Maz 91:1-7, Maz 23:4.

Bagian Tuhan:

Aman dalam lindungan Tuhan itu bukan karena usaha kita sendiri, tetapi ber-sama2 Tuhan, kita lekat dan berkenan pada Tuhan, maka Tuhan yang menjaga dan memelihara kita. Perbandingan usaha kita dan Tuhan itu besar bedanya, seperti kira2 20:80, sebab hampir semua adalah oleh pertolongan Tuhan. Kita tetap punya bagian, yaitu untuk tinggal dalam Kristus dan berkenan kepadaNya, inipun dengan pertolongan Roh Kudus Fil 4:13. Bagian Tuhan itu amat besar, dan menentukan. Apa bagian Tuhan?

  1. Membedakan anak2Nya yang taat dan tidak taat yang berkenan dengan orang2 berdosa yang melawan Allah. Juga ada perbedaan dengan orang beriman yang mendua atau undur dari Tuhan. 1. Tingkat permulaan.

Waktu 10 bala jatuh atas Mesir, Israel yang akan keluar dari Mesir, lolos dari semua malapetaka. Ini tingkat permulaan. Disini Israel baru mulai berjalan dengan Tuhan, tidak dituntut apa2, hanya percaya.

Luk 12:48

Tetapi yang tidak mengetahui dan melakukan perkara-perkara yang pantas untuk disesah, akan dipukul sedikit. Karena kepada orang yang diberi banyak, daripadanya dituntut banyak. Dan orang yang telah dipercayai banyak oleh mereka, dari padanya mereka akan menuntut lebih banyak. (KJI)

Sesudah ditolong dan dilepaskan dari Mesir dan dari bela2nya, mereka tumbuh lebih banyak di padang gurun, mereka juga dituntut lebih banyak. Israel yang sudah tumbuh lebih tinggi dan lebih lama di padang gurun dituntut lebih banyak. Mereka ber-sungut2 ber-kali2. Kalau sampai 9 kali, Tuhan masih belum menjatuhkan vonisnya, tetapi sesudah ber-sungut2 10x, maka hukuman Allah turun ke atas mereka, mereka tidak boleh masuk Kanaan.

Bil 14:22

Karena adapun segala orang yang telah melihat kemuliaan-Ku dan segala tanda yang telah Kuadakan di Mesir dan di padang belantara, maka yang sekarang sudah mencobai Aku sampai sepuluh kali dan yang tiada mau mendengar akan suara-Ku,

Musa salah 1 kali di air Meriba, sudah tidak boleh masuk Kanaan Ul 32:51. Israel maksimal bersalah sampai 10 kali, tetapi Musa hanya 1 kali sudah kehilangan Kanaan.

Putra manusia Yesus yang menjadi korban tebusan bagi umat manusia, tidak bersalah sama sekali, 0 kali, sebab itu Ia lepas dan tidak kena hukuman Allah dan menjadi sempurna. Tetapi sebab dijadikan salah karena memikul dosa semua manusia, Ia menerima hukuman manusia untuk menyelamatkan manusia, menjadi korban tebusan bagi manusia, Anak domba Allah yang tidak bercacat-cela, yang menjadi korban karena manusia, bukan karena salahnya sendiri.

Juga waktu di Betlehem bayi2 umur 2 tahun ke bawah dibunuh oleh Herodes, tidak semua sama nasibnya Mat 2:16-18. Bayi Yesus selamat, tetapi bayi2 di Betlehem mati dibunuh, tidak diselamatkan Tuhan, pasti ada sebabnya, seperti anak2 Ayub yang mati semua dibunuh iblis dengan izin Tuhan.

Pasti ada bedanya antara orang Mesir dan Israel, antara orang beribadah dan tidak beribadah, antara orang benar dan orang fasik.

Mal 3:18

Pada masa itu kamu akan menoleh dan melihat bedanya antara orang yang benar dengan orang fasik, antara orang yang berbakti kepada Allah dengan orang yang tiada berbakti kepada-Nya! (Kel 23:25) (KJI)

 

Waktu di Mesir, Israel dilindungi tanpa syarat (mereka hanya baru percaya Tuhan waktu Musa datang), tetapi di padang gurun dituntut, ada syarat2nya Kel 15:26. Jangan kita hanya berdoa minta tolong Tuhan, tetapi tidak memenuhi syarat2nya, bisa kena seperti orang Israel, anak2 Ayub dan anak2 Betlehem! Ada syaratnya!

Kel 15:26.

  1. Dengan sungguh2 mendengarkan Firman Tuhan (itu berarti juga taat, dengar2an Yak 1:22).
  2. Melakukan yang benar di hadapanNya, yaitu sesuai dengan Firman Tuhan.
  3. Beri telinga akan hukum2Nya.
  4. Memelihara segala syaratNya, maka segala bala yang Kujatuhkan atas Mesir 1 balapun tidak kena, Aku Tuhan Tabibmu (Yehova Rafa). (dulu tidak ada syaratnya dan tidak kena, itu waktu permulaan, sekarang ada syaratnya!).

Kel 23:25 Engkau harus berbakti pada Tuhan Allah, maka Ia akan memberkati roti dan air mu dan segala penyakit akan Kulalukan kelak dari antaramu (diambil dengan iman akan bilur Kristus 1Pet 2:24).

Jadi umat Tuhan ada yang tertolong, ada yang tidak, sebab ada syarat2 yang harus dipenuhi.

Begitu juga dalam Minggu ke-70 Daniel  ada orang yang terpelihara, ada yang tidak, ada 2 macam, yaitu:

  1. Orang2 yang tertinggal, tetapi masih hidup (ini orang2 Halaman, yang hidup menurut daging, tidak dipimipin Roh).
  2. Orang yang mati dalam dosa, sebab undur, terseret dalam arus tsunami dosa, sehingga menjadi korban dosa dan kejahatan, mereka binasa, masuk Neraka!

Yang tertinggal, tetapi masih hidup, masih ada kesempatan terakhir lewat aniaya Antikris sampai mati, kalau mau bertobat kembali dan setia sampai mati, (sebab semua yang tertinggal akan mati dalam tangan Antikris Wah 13:7) mereka masih selamat, seperti menerusi api (1Kor 3:15), sebab itu hanya mendapat jubah putih dan daum palm, tidak ada pahala dan mahkota Wah 7:9.

  1. Dipelihara dari segala bahaya yang tampak dan yang belum/ tidak tampak. Maz 91:1-16. Janji2 Tuhan itu luar biasa, sempurna dan pasti digenapkan Tuhan. Ini bagian Tuhan, pasti digenapkan.

Ini juga sama seperti orang yang ber-jaga2, waktu masuk Minggu ke-70 Daniel, Tuhan yang menggaransinya sehingga tidak mati dan ikut pengangkatan.  Sekarangpun Allah sudah tahu, siapa saja yang akan ikut pengangkatan dan orang itu juga dipelihara mulai sekarangsehingga tidak mati, sebab akan ikut pengangkatan (Kalau sudah dekat pengangkatan {kapan? Belum tahu}, maka jumlah orang2 seperti ini makin banyak). Ini seperti Elia, yang Tuhan sudah tahu lebih dahulu akan diangkat hidup2an, sekalipun ia dikejar Izebel dan diancam untuk dibunuh sungguh2 (biasanya Izebel pasti bisa membunuh siapa saja yang dikehendakinya), tetapi ini tidak mungkin terjadi sebab Allah menjaga dan memelihara Elia untuk diangkat hidup2an. Ini adalah bagian Tuhan dan Tuhan tidak mungkin gagal, 100% rencana Allah pasti jadi.

Bagian manusia bisa gagal, sebab manusia masih diolah dan harus taat sampai akhir, tetapi bagian Tuhan tidak akan gagal, pasti jadi.Dia sanggup menjaga dan memelihara orang yang ber-jaga2sampai akhir, sampai semua selesai digenapkan.Dalam zaman sekarang keadaan umat Tuhan atau Gereja sudah dewasa, akan masuk dalam kesempurnaan, sebab itu juga dituntut lebih banyak, sebab sudah lebih tinggi.Jangan masa bodoh, sebab kita harus memenuhi syarat2nya. Tuhan membedakan orang dari syarat2nya yang sudah ditentukan, seperti Kel 15:26; 23:25. Sebab itu kita harus memenuhi syaratnya, yaitu lekat dengan Tuhan, berkenan kepadaNya dan hidup dengan iman, maka kita pasti akan terpelihara, itu bagian Tuhan dan Dia pasti menggenapi janjiNya.

Sebab itu mulai sekarang kita sudah harus bersedia, seperti ligabis, sehingga tidak terseret arus dosa yang mempuncak, tetapi lolos, tidak jadi korban. Kita harus bersedia sejak sekarang sampai Dia datang. Yang sekarang tidak bersedia, akan terlambat dan akan menjadi korban dosa dan kejahatan, dahsyat!

  1. JANGAN HIDUP SEMBARANGAN, MENCOBAI TUHAN.

Kita tidak perlu takut menghadapi bahaya2 sekarang dan yang akan datang, tetapi jangan hidup sembarangan mencobai Tuhan. Apa yang baik, yang patut, yang mendatangkan kebaikan dll, hendaklah kita perbuat.

 

Fil 4:8

Akhirnya, Saudara-saudara, apa yang benar, apa yang mulia, apa yang adil, apa yang murni, apa yang molek, apa yang baik didengar, jikalau ada suatu kebajikan dan jikalau ada sesuatu yang layak dipuji, pikirkanlah hal-hal ini. (untuk dilakukan dalam pimpinan Roh Kudus) (KJI)

 

Juga jangan mencobai Tuhan dengan tindakan2 yang jemawa atau ngawur Mat 4:7. Se-olah2 semua ini dengan kuat kita sendiri, sebab semua dari Tuhan 1Kor 4:7. Betul Tuhan memelihara kitadengan sempurna, tetapi jangan hidup dengan jemawa atau ngawur, hiduplah dengan baik, bersandar penuh pada Tuhan danjadi berkat dan contoh yang baik.

Keadaan dunia akan makin buruk, sebab dosa dan kejahatan meningkat, makin lama makin kacau, timbul macam2 akibat, bahkan semua orang menghalalkan segala cara, tetapi kita harus makin mahir berjalan dalam Roh.

  1. TANDA2 ORANG YANG BERSEDIA, SEHINGGA DIPELIHARA TUHAN.
  2. Hidupnya suci, taat akan Firman Tuhan dalam hidup se-hari2, juga limpah dengan 7 KPR (ekstra). Sebab itu hidupnya akan terus dipimpin Roh sehingga ada sejahtera, tenang, bahkan masih bisa bergembira di dalam Tuhan Fil 4:4, sekalipun keadaan dunia tegang dan penuh kekuatiran (Kis 16:25).
  3. Jadi kesaksian yang baik, jadi garam dan terang di tengah2 kesukaran dunia Kis 8:4. Orang2 yang lari dari aniaya di Yerusalem (rasul2 tetap di Yerusalem), tetap bergairah menginjil dengan sukacita, meskipun penderitaan dan kerugian (harta) merekabanyak. Tetapi ternyata Tuhan melindungi mereka; lebih2 di akhir zaman ini, justru kita akan mengalami rencana Allah yang terbesar dan limpah dengan banyak kenyataan rencana Allah yang luar biasa. Lebih2 di dalam Minggu ke-70 Daniel, inilah masa penamatan rencana Allah, disinianggota2 Gereja Tuhan terus meningkat sampai rencana Allah jadi sempurna.Gereja juga akan hidup bersama dalam keuangan seperti hujan Awal Kis 2:44-45, sebab semua akan ditinggal sebentar lagi waktu pengangkatan, tetapi bukan sekarang.
  4. Ibadah makin penuh gairah, bukannya makin ketakutan dan berhenti ibadah, baik dalam zaman sekarang dan terus sampai Dia datang (sesudah itu baru ibadah berhenti, Gereja dan semuanya hancur oleh Antikris). Mengapa bisa beribadah dan pelayanan makin limpah? Sebab penuh iman percaya kepada Tuhan, serahkan semua kuatir pada Tuhan 1Pet 5:17, sehingga kita bisa bebas kuatir. Orang yang kuatir akan bantut, sebab apa yang dikuatirkannya akan jadi Ay 3:25, Bil 14:28 dan ibadah, pelayanannya terus di kejar2 dengan ketakutan, padahal Tuhan sanggupmemelihara dengan indah dan limpah

Luk 8:14

Dan yang jatuh di antara semak-semak duri, adalah mereka yang telah mendengar, terus tumbuh tetapi dicekik oleh kekuatiran, kekayaan dan kenikmatan hidup ini, dan tidak menghasilkan buah sampai sempurna. (KJI)

Dalam Minggu ke-70 Daniel, ibadah dan pelayanan seperti dalam suasana Surga; bayangkan dengan 144.000 pelayanan orang sempurna seperti Kristus di seluruh dunia. Sekarang, hadapi semua dengan iman dan kita bisa bersukacita, maka kita akan mengalami perlindungannya yang heran sesuai dengan iman dan pengertian kita Mat 13:23.

 

VII. KESIMPULAN.

  1. Bagian kita, lekat dengan pokok (hidup suci, 7 KPR), jangan takut (bersikap bebas kuatir, hidup dengan iman, bersukacita dan terus dipimpin Roh), tetapi jangan ngawur, jangan mencobai Allah. Lakukan mana yang perlu, misalnya hidup sehat, pencegahan yang perlu, lebih2 secara rohani.
  2. Bagian Tuhan membedakan anak2Nya dari orang dunia, dipelihara dengan teliti, tidak ada yang kebetulan bagi Allah yang Maha kuasa. Orang Kristen duniawi dan lalang masih bisa menjadi korban, sebab tidak memenuhi syarat2nya.
  3. Ini latihan, tanda2 Tuhan akan datang, sebab kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel, korban dari segala dosa, kejahatan dan malapetaka akan lebih dari 25%, bahkan bisa sampai 40% (Wah 6:8 dll). Sekarang kita harus menang, bahkan lebih dari pemenang, sebab ber-jaga2 dengan betul dan hidup dengan iman, maka makin lama kita makin tumbuh, bahkan menang seperti pawai kemenangan,sampai ikut pengangkatan. Sebab itu ber-jaga2lah dengan sungguh2 (Mat 24:42) yaitu 2 gomer manna, ligabis, bisa bersekutu dalam Roh dalam tubuh Kristus dan 7 KPR lainnya.

 

Nyanyian:

– Aman dalam lindungan Tuhan (B.900).

– Tak usah kutakut (B. 645).

– Janganlah takut karna Akulah sertamu (B.14).