M4191 – Keluaran 11:5-7. Tuhan Membedakan Orang Israel Dan Orang Mesir

Pendahuluan.

Secara akal pemerintah mengharap rakyat tidak takut ber-lebih2, sehingga panik dan ngawur, sehingga timbul kor-ban dan kerugian lebih banyak. Usaha2 pencegahan yang wajar, wajib dilaku-kan, misalnya hidup sehat termasuk ti-dur cukup, makan sehat dll. Tetapi ja-ngan ber-lebih2, apalagi menuruti hoax. Pemerintah juga melakukan tin-dakan2 preventif seperti melarang ka-pal dari luar negeri masuk bersandar di Surabaya, dan Semarang (Kompas, 3 Maret 2020). Orang2 yang dari negara yang terjangkit di karantina selama 14 hari dsb.

Apa yang diberitakan untuk pence-gahan dalam masyarakat oleh peme-rintah sudah cukup baik, harus kita taati seperti salaman, cuci tangan, masker bagi yang sakit, memeriksa yang dicurigai dll, tetapi jangan panik.

BALA MESIR.

Pada waktu Israel keluar dari Mesir ada 10 bala dan bala yang terakhir itu sangat dahsyat, sehingga semua anak sulung manusia dan binatang mati. Kalau rata2 setiap keluarga terdiri dari 5 orang, maka ini berarti 20% orang Mesir mati seketika, belum lagi ma-cam2 korban dari 9 bala sebelumnya. Ini sangat dahsyat, dapat dikatakan seluruh Mesir sudah rusak dalam segala seginya (Kel 10:7).

Keluaran dan pengangkatan.

Pada waktu Minggu ke-70 Daniel mulai, juga akan terjadi banyak malapetaka yang dahsyat, lalu 3,5 tahun kemudian semua orang beiman yang ber-jaga2, akankeluar dari dunia ini, ikut dalam pengangkatan. Apa yang kita alami sekarang ini (wabah covid 19) relatif sangat kecil dibandingkan dengan keru-sakan dan korban karena dosa dan kejahatan yang makin meningkat dan juga bala2 (4 Meterai dan 4 Sangka-kala) yang akan menghukum dunia ini sebelum pengangkatan.

Tetapi Tuhan membedakan orang fasik dan orang benar, orang beribadah dan yang tidak beribadah, orang Mesir dan orang Israel, istimewa yang ber-kenan pada Tuhan dari yang melawan dan putus hubungan dengan Tuhan.

PERBANDINGAN

DENGAN MINGGU KE-70 DANIEL.

Kita belum tahu semua rincian kehe-batan Minggu ke-70 Daniel, tetapi nu-buatan sudah banyak, tinggal tunggu Tuhan membukakan semua rahasianya pada waktunya. Hari itu sudah dekat, tetapi kita tidak tahu tanggalnya Mat 16:3, sebab itu harus bersedia Mat 24:42,44. Sekarang masih banyak hoax, tetapi malapetaka dalam Minggu ke-70 Daniel itu betul2 fakta yang menakut-kan sampai mendengarnya saja, orang yang sakit jantung, bisa langsung mati Luk 21:26.

Bagaimana cara umat Tuhan yang ber-jaga2, bisa terlepas dari celaka Minggu ke-70 Daniel itu?A. Semua yang ikut pengangkatan tidak akan mati sekalipun ada begitu banyak ba-haya dan malapetaka, juga dari bahaya yang langsung ditujukan padanya, (oleh Antikris dan kaki tangannya). Pada waktu ini tingkat rohani orang2 ini tumbuh sangat cepat, sehingga seba-gian menggenapi jumlah yang sempur-na. Dan  Allah sanggup menjaga orang yang ber-jaga2 100%, sehingga ikut pengangkatan tanpa kematian.

  1. Ber-jaga2 dengan 7 KPR plus, ekstra, yaitu:
  2. Suci, bisa hidup suci, bahkan tumbuh terus makin seperti Kristus.
  3. Salib, sudah mahir, bahkan bersedia mati karena Kristus, tetapi tidak akan mati 1Kor 15:51.
  4. BerSekutu, dalam Roh seperti Tri-nitas, dengan seluruh anggota tubuh Kristus di manapun (bisa membedakan yang rohnya lain 2Kor 11:4), sehingga bisa kerjasama dengan sehati dan manis, dan kekuatannya ber-lipat2 kali ganda Yoh 17:21,23.
  5. Doa dalam Roh dan kebenaran, de-ngan pengurapan yang terus mening-kat sampai 2 kali ganda (seperti Elisa 2Raj 2:9), bahkan sampai tanpa batas Yoh 3:34; 4:23,24.
  6. Ibadat makin bertambah Ibr 10:25, penuh gairah, apalagi kalau sudah tahu bahwa 1260 hari lagi terjadi peng-angkatan, dengan sendirinya, banyak orang yang mengerti dan yakin akan berhenti berbuat yang lain kecuali ibadah dan pelayanan dalam Roh dan kebenaran.
  7. Alkitab, 2 gomer. Seperti Elia yang diberi roti dan air dari Surga dua kali 1Raj 19:8, semua rahasia Firman Tuhan terbuka Mat 10:26-27, maka kesem-patan untuk tumbuh sampai sempurna terbuka Mat 13:23.
  8. Melayani dalam Roh, lebih2 dengan jabatan yang tepat sehingga tumbuh menjadi alat2 dari perak dan emas 2Tim 2:20-21, lebih2 dalam pelayanan ber-sama2 dengan orang sempurna yang luar biasa; Ada 144.000 “Yesus” di dunia waktu ini, Gereja betul2 jadi ajaib Wah 12:1.

Kesimpulan dari 7 KPR adalah hi-dup dipimpin Roh. Ini kunci hidup Pu-tra manusia Yesus yang tumbuh de-ngan kecepatan ideal,dalam 3,5 tahun menjadi sempurna, begitu juga per-tumbuhan rohani orang yang ber-jaga2 pada hari2 ini.

Belajar bisa hidup dipimpin Roh, baik dalam pikiran (tidak membuang waktu berpikir sia2, tetapi dengan pi-kiran ini terus berbicara dengan Tuhan dan dipimpin Roh, sangat efektif), juga dalamber-kata2 dan berbuat semua dipimpin Roh dengan mahir, tanda dari orang yang limpah dengan 7 KPR.

Semua orang yang bakal terangkat sudah mahir dipimpin Roh dan seba-liknya semua yang mahir dipimpin Roh akan terpelihara dan tumbuh dalam rencana Allah yaitu ikut dalam peng-angkatan.

  1. Fasilitas akhir zaman nyata waktu ini, lengkap dan limpah di seluruh du-nia, untuk penamatan rencana Allah. Yaitu: pembukaan Firman Tuhan pe-nuh, pengurapan tanpa batas, tanda mujizat penuh, pelayanan jabatan dan pelayanan orang sempurna yang ajaib (ingat ada 144.000 orang2 yang mela-yani seperti Putra manusia Yesus! Di dunia waktu ini, luar biasa!). Sebab itu meskipun dosa dan kejahatan dan segala malapetaka limpah dan hukum-an Allah jatuh karena dosa melebihi batas (4 Meterai, 4 Sangkakala), tetapi Gereja tidak kena, bahkan justru men-jadi sangat indah, seperti suasana Sur-ga di bumi dan orang2 yang sudah bersedia, tumbuh sampai penuh dalam masa penamatan rencana Allah ini.

III. JANJI TUHAN UNTUK SEHAT, SEMBUH DAN UMUR.

Janji Tuhan ini diulang ber-kali2 dalam banyak kasus,

  1. Sehat (Ul 7:5),
  2. Sembuh (1Pet 2:24, Kel 15:26; 23:25),
  3. Umur dalam tangan Tuhan (1Sam 2:6). Tidak mungkin terjadi sesuatu pada kita di luar kehendak Allah yang begitu teliti Mat 10:30.

Jangan lupa, semua janji Allah itu ada syaratnya, yaitu sehat rohani (lihat di atas), maka tubuh kita juga jadi sehat 3Yoh 2 (bukan sebaliknya).

CARA MENGHADAPI KESUKARAN2 HARI2 INI.

Prinsipnya hampir sama dengan Minggu ke-70 Daniel, tetapi tingkatan-nya memang masih bertumbuh, belum sampai di puncak seperti dalam Minggu ke-70 Daniel.

Bagian kita:

  1. Lekat dengan Tuhan Yoh 15:5, ini berarti hidup dalam kesucian, limpah (haus, sukacita dengan ) 7 KPR. Hari2 ini kita tetap bekerja jasmani/ sekuler seperti biasa, sebab tidak semua disu-ruh full timer oleh Tuhan.
  2. Hidup berkenan pada Tuhan Kol 1:10, Luk 1:28 sambil terus bertumbuh bersama dalam tubuh Kristus (bisa ber-sekutu dalam Roh!) dalam pimpinan Roh Kudus sampai seperti Kristus.
  3. Hidup dengan iman 2Kor 5:7, Rom 1:17. Percayalah kalau Allah beserta kita, kita akan menang Rom 8:31,37, bahkan menjadi lebih dari pemenang, jangan kuatir. Kita akan mendapatkan janji2 Allah sesuai dengan iman kita Mat 8:13.Dengan demikian kita tinggal dalam naungan Tuhan yang Maha kua-sa dan kasih, sehingga bisa berjalan dengan kemenangan dari Tuhan, pe-nuh hikmat, kuasa Allah dan bebas kuatir. Maz 91:1-7, Maz 23:4.

Bagian Tuhan:

Aman dalam lindungan Tuhan itu bu-kan karena usaha kita sendiri, tetapi ber-sama2 Tuhan, kita lekat dan ber-kenan pada Tuhan, maka Tuhan yang menjaga dan memelihara kita. Perban-dingan usaha kita dan Tuhan itu besar bedanya, seperti kira2 20:80, sebab hampir semua adalah oleh pertolongan Tuhan. Kita tetap punya bagian, yaitu untuk tinggal dalam Kristus dan ber-kenan kepadaNya, inipun dengan per-tolongan Roh Kudus Fil 4:13. Bagian Tu-han itu amat besar, apa bagian Tuhan?

  1. Membedakan anak2Nya yang taat dan berkenan dengan orang2 dosa; Juga ada perbedaan dengan orang beriman yang mendua atau undur dari Tuhan. Waktu 10 bala jatuh atas Mesir, Israel yang akan keluar dari Mesir lolos. Ini permulaan Israel akan ber-jalan dengan Tuhan, tidak dituntut apa2, hanya percaya Luk 12:48. Se-sudah diberi pertolongan inidan tum-buh lebih banyak, juga dituntut lebih banyak. Israel yang 10 kali ber-sungut2 di padang gurun binasa dan tidak boleh masuk Kanaan Bil 14:22. Musa 1 kali salah di air Meriba juga tidak boleh ma-suk Kanaan Ul 32:51. Israel maksimal bersalah sampai 10 kali, tetapi Musa hanya 1 kali sudah kehilangan Kanaan. Juga waktu di Betlehem bayi2 umur 2 tahun ke bawah dibunuh oleh Herodes, tidak semua sama nasibnya Mat 2:16-18. Bayi Yesus selamat, tetapi bayi2 di Betlehem mati dibunuh, tidak disela-matkan Tuhan, pasti ada sebabnya, seperti anak2 Ayub yang mati semua dibunuh iblis dengan izin Tuhan.

Pasti ada bedanya antara orang Mesir dan Israel, antara orang ber-ibadah dan tidak beribadah, antara orang benar dan orang fasik Mal 3:18, Kel 23:25. Waktu di Mesir, Israel dilin-dungi tanpa syarat (mereka hanya baru percaya Tuhan waktu Musa datang), tetapi di padang gurun dituntut ada syarat2nya Kel 15:26. Jangan kita hanya berdoa minta tolong Tuhan, tetapi tidak memenuhi syarat2nya, bisa kena seperti orang Israel, anak2 Ayub dan anak2 Betlehem! Ada syaratnya!

Kel 15:26.

  1. Dengan sungguh2 mendengarkan Firman Tuhan (itu berarti juga taat, dengar2an Yak 1:22).
  2. Melakukan yang benar di hadapan-Nya, yaitu sesuai dgn Firman Tuhan.
  3. Beri telinga akan hukum2Nya.
  4. Memelihara segala syaratNya, maka segala bala yang Kujatuhkan atas Mesir 1 balapun tidak kena, Aku Tuhan Tabibmu (Yehova Rafa). (dulu tidak ada syaratnya dan tidak kena, itu waktu permulaan, sekarang ada syaratnya!).

Kel 23:25 Engkau harus berbakti pada Tuhan Allah, maka Ia akan memberkati roti dan air mu dan segala penyakit akan Kulalukan kelak dari antaramu (diambil dengan iman akan bilur Kristus 1Pet 2:24).

  1. Dipelihara dari segala bahaya yang tampak dan yang belum/ tidak tam-pak. Maz 91:1-16. Janji2 Tuhan itu luar biasa, sempurna dan pasti digenapkan Tuhan. Ini bagiannya Tuhan, pasti dige-napkan. Ini juga sama seperti orang yang ber-jaga2, waktu masuk Minggu ke-70 Daniel, Tuhan yang mengga-ransinya sehingga tidak mati dan ikut pengangkatan (bahkan kalau waktunya sudah dekat, sekarangpun sudah ada orang2 yang diketahui Allah akan ikut pengangkatan dan orang itu juga dipe-lihara mulai sekarangsehingga tidak mati, sebab akan ikut pengangkatan). Seperti Simeon dijanjikan Tuhan akan bertemu Kristus, sekalipun sakit apa saja, pasti sembuh dan bisa bertemu Kristus I Luk 2:26. Begitu juga orang yg memenuhi syaratnya (Mat 24:42,44), kalau waktunya sudah dekat, juga akan bertemu Kristus II di awan2, tidak mati.

Bagian manusia bisa gagal, sebab manusia masih diolah dan harus taat sampai akhir, tetapi bagian Tuhan tidak akan gagal, pasti Dia sanggup menjaga dan memelihara kita. Dalam zaman sekarang keadaan umat Tuhan atau Gereja sudah dewasa, akan masuk dalam kesempurnaan, sebab itu jangan masa bodoh, harus memenuhi syarat2-nya. Tuhan membedakan orang, ada syaratnya seperti Kel 15:26; 23:25. Sebab itu penuhi syaratnya, yaitu lekat dengan Tuhan, berkenan kepadaNya dan hidup dengan iman, maka kita pasti akan terpelihara, itu bagian Tuhan dan Dia pasti menggenapi janjiNya.

Dalam Minggu ke-70 Daniel juga ada orang yg terpelihara, ada yang ti-dak, yaitu orang2 yg tertinggal (cukup banyak, orang2 Halaman, yang hidup menurut daging, tidak dipimipin Roh).

Waktu dosa meningkat tinggi, orang2 yang main2 dan undur, terseret dalam arus tsunami dosa, dan jadi korban dosa dan kejahatan ini, binasa! Orang yang mati dalam dosa, binasa, masuk Neraka!Yang tertinggal, tetapi masih hidup, masih ada kesempatan terakhir lewat aniaya Antikris sampai mati, kalau mau bertobat kembali dan setia sampai mati, (sebab semua yang tertinggal akan mati dalam tangan Antikris Wah 13:7) mereka masih se-lamat, seperti menerusi api (1Kor 3:15), tetapi hanya mendapat jubah putih dan daum palm, tidak ada pahala dan mahkota Wah 7:9. Sebab itu mulai sekarang kita sudah harus bersedia, seperti ligabis, sehingga tidak terseret arus dosa yang mempuncak, tetapi lo-los, tidak jadi korban. Kita harus ber-sedia sejak sekarang sampai Dia da-tang. Yang sekarang tidak bersedia, akan terlambat dan jadi korban dosa dan kejahatan, dahsyat!

JANGAN HIDUP SEMBARANGAN, MENCOBAI TUHAN.

Kita tidak perlu takut menghadapi ba-haya2 sekarang dan yang akan datang, tetapi jangan hidup sembarangan men-cobai Tuhan. Apa yang baik, yang pa-tut, yang mendatangkan kebaikan dll, hendaklah kita perbuat Fil 4:8 dan jangan mencobai Tuhan dengan tin-dakan2 yang jemawa dan ngawur Mat 4:7 sebab semua dari Tuhan 1Kor 4:7. Betul Tuhan memelihara kitadengan sempurna, tetapi jangan hidup dengan jemawa atau ngawur, hiduplah dengan baik, jadi berkat dan contoh yang baik.

Keadaan dunia akan makin buruk, sebab dosa dan kejahatan meningkat, makin lama makin kacau, timbul ma-cam2 akibat, bahkan semua orang menghalalkan segala cara, tetapi kita harus makin mahir berjalan dalam Roh.

TANDA2 ORANG YANG BERSEDIA, SEHINGGA DIPELIHARA TUHAN.

  1. Hidupnya suci, taat akan Firman Tu-han, berkenan pada Tuhan. Sebab itu hidupnya akan terus dipimpin Roh se-hingga ada sejahtera, tenang, bahkan masih bisa bergembira di dlm Tuhan Fil 4:4, sekalipun keadaan dunia tegang & penuh kekuatiran (lebih dari Kis 16:25).
  2. Jadi kesaksian yang baik, jadi garam dan terang di tengah2 kesukaran dunia Kis 8:4. Orang2 yang lari dari aniaya di Yerusalem (rasul2 tetap di Yerusalem), tetap bergairah menginjil dengan suka-cita, meskipun penderitaan dan keru-gian (harta) merekabanyak. Tetapi ter-nyata Tuhan melindungi mereka; lebih2 di akhir zaman ini, justru kita akan mengalami banyak berkat Tuhan yang luar biasa. Lebih2 di dalam Minggu ke-70 Daniel, sebab ini masa penamatan rencana Allah!Gereja dalam Minggu ke-70 Daniel juga akan hidup bersama dalam keuangan seperti hujan Awal Kis 2:44-45, sebab semua akan ditinggal sebentar lagi waktu pengangkatan.
  3. Ibadah makin penuh gairah, bukan-nya makin ketakutan dan berhenti iba-dah, baik dalam zaman sekarang dan terus sampai Dia datang. Mengapa bisa beribadah dan pelayanan makin lim-pah? Sebab penuh iman percaya ke-pada Tuhan, serahkan semua kuatir pada Tuhan 1Pet 5:17, sehingga kita bisa bebas kuatir. Orang yang kuatir akan bantut, sebab apa yang dikua-tirkannya akan jadi Ay 3:25, Bil 14:28 dan ibadah, pelayanannya terus di kejar2 dengan ketakutan Luk 18:14; padahal Tuhan sanggupmemelihara de-ngan indah dan limpah. (Apalagi dalam Minggu ke-70 Daniel, ibadah dan pela-yanan seperti dalam suasana Surga, bayangkan dengan 144.000 pelayanan orang sempurna seperti Kristus di seluruh dunia). Sekarang, hadapi se-mua dengan iman dan kita bisa bersu-kacita, maka kita akan mengalami per-lindungannya yg heran sesuai dengan iman dan pengertian kita Mat 13:23.

VII. KESIMPULAN.

  1. Bagian kita, lekat dgn pokok (hidup suci, 7 KPR), jangan takut (bersikap be-bas kuatir, hidup dengan iman bersu-kacita dan terus dipimpin Roh), tetapi jangan ngawur, jangan mencobai Allah, mana yg perlu, lakukan misalnya hidup sehat, pencegahan yg perlu, lebih2 se-cara rohani, bisa melayani dalam kuasa dan pengurapan yg makin limpah.
  2. Bagian Tuhan membedakan anak2-Nya dari orang dunia, dipelihara de-ngan teliti, tidak ada yang kebetulan bagi Allah yang Maha kuasa. Orang Kristen duniawi dan lalang masih bisa menjadi korban, sebab tidak memenu-hi syarat2nya.
  3. Ini latihan, tanda2 Tuhan akan da-tang, sebab kalau sudah masuk Minggu ke-70 Daniel, korban dari segala dosa, kejahatan dan malapetaka akan lebih dari 25%, bahkan bisa sampai 40% (Wah 6:8 dll). Sekarang kita harus menang, sebab ber-jaga2 dengan betul dan hidup dengan iman, maka makin lama kita makin tumbuh dan keme-nangan kita makin besar, sampai ikut pengangkatan. Sebab itu ber-jaga2lah dengan sungguh2 (2442) yaitu 2 gomer manna, ligabis, bisa bersekutu dalam Roh dalam tubuh Kristus dan 7 KPR lainnya.

Nyanyian:

– Aman dalam lindungan Tuhan (B. 900)

– Tak usah kutakut (B. 645)

– Janganlah takut karna Akulah sertamu (B.14).