M4175 – Hakim-Hakim 3:1-12. Otniel Membebaskan 40 Tahun

HAK 3:1. ORANG ISRAEL YANG TIDAK TAHU BERPERANG.

Orang Israel yang tidak tahu perang Kanaan harus dididik untuk berani berperang melawan musuhnya bukan berdamai! Orang beriman itu adalah orang perang Ay 7:1, bukan melawan manusia, tetapi melawan iblis dan ten-taranya Ef 6:12. Jangan bersekutu de-ngan pihak iblis, tetapi berperang dan mengalahkannya! Sebab itu kita harus selalu pikul salib yaitu mematikan daging yang dipengaruhi atau dikuasai iblis; sebaliknya roh orang baru itu ada dalam pimpinan Roh Kudus Rom 8:13-14, Gal 5:16-17. Semua orang beriman harus berani berperang melawan iblis, daging, dunia dan mengalahkannya. Jangan justru dikalahkan, diperbudak oleh daging, dunia dan iblis Luk 9:23. Kita sudah percaya, jadi baru, lawan iblis terus menerus Rom 12:1; 6:6.

HAK 3:2-4. TUHAN MEMBIARKAN SEBAGIAN ORANG KANAAN UNTUK MENGOLAH ORANG ISRAEL.

Tuhan sanggup memberi kemenangan mutlak atas seluruhorang Kanaan, te-tapi tidak dilakukannya untuk meng-olah orang Israel, supaya dari kehen-daknya sendiri nyata bahwa mereka mau taat pada Allah dan melawan orang Kanaan ini.

Begitu juga kita ditaruh dalam dunia yang penuh dengan pencobaan dan perkara2 dosa, dunia yang najis dan keji. Kita harus mau memilih untuk taat dengan sungguh2 akan Firman Tuhan dan mematikan daging, dunia, iblis sehingga tetap suci dan hidup sesuai dengan kehendak Tuhan, dengan ke-mauan dan kehendak kita sendiri, ini yang berkenan pada Tuhan. Sebab itu kita dibiarkan hidup dalam dunia yang penuh dengan dosa, pekerjaan setan dan segala perkara2 duniawi, yang meskipun ada sebagian yang kita bu-tuhkan, tetapi kita bersedia mengor-bankan sebab percaya dan mau taat pada Tuhan lebih dari yang lain. Ka-dang2 kita butuh uang, keamanan, sehat, pertolongan dll. Setiap kali kita menang atas pencobaan, kita naik dan tumbuh 1 tingkat lebih tinggi, makin berkenan pada Tuhan.

HAK 3:5-7. BERBAUR DAN BERSEKUTU DENGAN ORANG KAFIR.

Orang Israel harus diasingkan dari orang2 kafir, itu namanya suci di ha-dapan Allah Kel 33:16. Begitu juga mes-kipun kita ada di tengah2 dunia, jangan bercampur dengan dosa orang2 dunia, tetapi berpisah daripada dosa2nya 2Kor 6:17, Kol 3:1-5. Kita sama2 hidup dalam dunia, memakai dunia ini, tetapi jangan kena dosanya seperti orang dunia. Dosa tidak boleh masuk Surga Wah 21:27. Sesudah percaya, ditebus dari dosa, dilepaskan dari semua ikatan dosa, supaya bisa hidup seperti Allah dan tinggal dalam kesucian dengan Tuhan untuk kekal di Surga. Hidup dalam kesucian itu indah, tetapi ini ditinggalkan Hawa dan Adam sebab tertipu iblis. Tidak semua orang mau percaya dan hidup suci. Mereka yang percaya akan hidup suci, merdeka dari dosa dan mengalami sukacita dalam Tuhan yang bersambung ke Surga.

Tetapi orang Israel mulai ber-ji-nak2an dengan orang Kanani; padahal sudah diingatkan dan dilarang oleh Tu-han Yus 23:7,12-13. Israel tidak sung-guh2 memilih Tuhan dan taat kepada-Nya, mereka melanggar hukum Tuhan dan bergaul makin erat, bahkan kawin-mengawinkan dengan orang Kanani dan kemudian menyembah baal dan hutan2 (dewa Asyera). Kita harus me-ngerti Firman Tuhan, mempunyai pen-dirian yang teguh, dan memegangnya, itulah hidup menurut Firman Tuhan dalam kesucian. Jangan ikut dengan cara2 duniawi yang limpah dengan dosa dan berhala.

HAK 3:8. DILEPAS ALLAH.

Sebab tidak taat dan menyembah allah lain, Tuhan melepaskan orang Israel sehingga dikalahkan musuhnya dan menderita dalam tangan Kusyan Risya-taim raja Aram Mesopotamia. Mereka menderita ber-tahun2 lalu ber-seru2 kepada Tuhan. Kalau Tuhan lepaskan, maka segala kesukaran datang, juga iblis yang hendak membinasakan dan mereka tidak berdaya, sebab sebelum-nya Allah yang menjaga dan meme-lihara mereka. Dengan ganas mereka dijajah, sekarang mereka baru sadar bahwa kalau menang, bahagia, itu se-bab dipelihara Allah bagi orang2 yang mau hidup suci. Seringkali orang2 baru sadar kalau celaka dan bahaya datang, karena tidak ditolong Tuhan. Tanpa Tuhan kemampuan mereka sendiri ter-batas, lebih2 iblis juga hendak mem-binasakannya.

Memang manusia belajar dari pengalaman, tetapi seringkali tipu daya iblis lebih pintardaripada pengalaman-nya. Firman Tuhan itu kebenaran yang mutlak dan sukacita yang sesungguh-nya, bukan yang palsu atau sementara seperti air dunia ini Yoh 4:14.

HAK 3:9. OTNIEL BIN KENAZ SEORANG PEMENANG.

Otniel punya iman yang kuat dan hidup berkenan pada Tuhan sehingga waktu dibutuhkan untuk mengalahkan Kiryat Safer, Otniel maju dengan Tuhan dan menang Hak 1:12-13, Yus 15:16-17. Perang itu bukan perkara kecil, itu mempertaruhkan nyawanya, tetapi de-ngan Tuhan ia menang. Kalau dipimpin Roh, Otniel tidak ragu2, ia maju ber-perang dan menang. Ini seperti Daud waktu menghadapi Goliat, Daud belum dikenal, bahkan dalam rumah bapak-nyapun ia dianggap kecil, tidak punya peran, dan tidak bisa apa2. Tetapi Daud sudah berjalan dengan Tuhan dan punya iman akan Tuhan, sehingga menang dengan luar biasa melawan singa dan beruang 1Sam 17:34-35. Begitu juga Otniel, ia berani memerangi negeri itu, sebab yakin dipimpin Roh dan ia menang (namanya diganti men-jadi Debir).

Orang yang hidup berkenan pada Tuhan dan punya iman, akan dapat memakai setiap kesempatan menjadi indah dan berkemenangan. Pada waktu ini Kaleb masih hidup dan memberikan Achsa anaknya menjadi istri dari Otniel karena mengalahkan Kiryat Safer. Tam-paknya juga Kenaz adik Kaleb masih hidup. Mengapa Israel tersesat begitu jauh padahal masih ada orang2 yang begitu indah di hadapan Allah? Dosa Israel begitu jelek sehingga Tuhan me-lepaskan mereka dalam perbudakan raja Mesopotamia? Pasti sebab ada ba-nyak orang keras hati dalam dosa. Pada waktu Yosua masih hidup, orang Israel beribadah dengan baik kepada Tuhan, juga pada waktu tua2 zaman Yusak masih hidup. Yus 24:31.Kadang2 sulit menemukan penyebabnya, tetapi ini rupa2nya, karena merekabercampur baur dengan bangsa2 Kanaan. Mula2 per-lahan2, sebab Israel adalah peme-nangan, maka mereka masih mau bercampur baur. Lama2 makin erat, sehingga kawin silang dengan bangsa kafir, ini tidak dikehendaki Tuhan, maka hal2 yang jahat itu masuk dalam Israel. Ini sudah diperingati oleh Tuhan lewat Yusak. Yus 23:7,12-13. Ini sama seperti Salomo yang menikah dengan banyak perempuan dari orang kafir, sehingga akhirnya Salomo yang begitu kuat, penuh hikmat, tetapi sebab menuruti daging dan bergaul dengan mereka dengan mesra, akhirnya rusak berat dan Tuhan marah sekali kepa-danya 1Raj 11:9. Begitu pula Israel menjadi sesat sebab bercampur de-ngan orang2 yang tidak mengenal Tu-han. Padahal sudah jelas dikatakan da-lam Firman Tuhan, bahwa kesucian (bhs. Ibrani: qodesh H6944), itu berarti dipisahkan dari bangsa2 kafir dan dosa2nya Kel 33:16. Jadi Israel sebab bercampur dengan orang Kanani, dengan dosa2 dan berhala2nya, ak-hirnya menjadi begitu keji di hadapan Tuhan.

Jadi adanya tokoh2 yang indah tidak cukup, kalau masing2 anggota si-dang Tuhan tidak tumbuh dalam iman-nya kepada Tuhan. Masing2 harus pu-nya pondasi iman yang kuat, tidak hanya pemimpin2nya Mat 7:22-28.

HAK 3:10. ROH TUHAN ATAS OTNIEL.

8 tahun mereka di bawah raja Meso-potamia dan tampaknya tidak ada se-orangpun berani mempunyai inisiatif untuk melepaskan diri dari musuhnya. Otniel dipimpin Roh, sehingga ia berani tampil, ini dari Roh:

  1. Bukan karena ingin tampil, ingin mencari puji atau merebut kedudukan, tetapi sebab dorongan ilahi oleh Roh Kudus yang ada di dalamnya. Seperti Daud tidak bisa tahan melihat Goliat menghojat Tuhan seenaknya, sebab itu Daud bangkit tanpa persiapan apapun, karena ia datang bukan untuk Goliat, tetapi untuk membawakan rantang makanan untuk kakak2nya yang men-jadi prajurit2 yang gagah perkasa, tetapi loyo waktu itu, sebab tidak dipimpin Roh! Kalau Roh Kudus memimpin kita dan kita mau taat sekalipun bertentangan dengan pera-saan hati kita, rasanya tidak enak atau segan, takut dituduh ini dan itu, tetapi kalau Roh Kudus memimpin, jangan takut, taat asal tetap tulus dan sesuai dengan Firman Tuhan, tetap rendah hati, dan untuk melakukan kehendak Tuhan saja. Se-olah2 Otniel mengang-kat dirinya sendiri langsung naik men-jadi hakim, memerintahkan orang Israel, tetapi ini dilakukan karena Roh Tuhan ada di atasnya, Roh Kudus men-dorongnya untuk melepaskan orang Israel dari kuasa raja Mesopotamia.
  2. Ini tidak mudah, masih dikuasai raja Mesopotamia, tetapi kalau kita mela-kukan dalam pimpinan Roh Kudus, maka Roh Kudus akan membuka jalan dan mengatur semuanya sehingga ren-cana Tuhan jadi, sebab itu perlu selalu penuh dan mau taat dipimpin Roh. De-ngan demikian Otniel menjadi pemim-pin, hakim bagi orang Israel.
  3. Tidak ada orang yang berani, men-jadi musuh raja Mesopotamia, sebab dalam waktu seperti ini, ini berarti ba-haya besar, yaitu menghadapi raja Mesopotamia yang menjajah Israel, tetapi Otniel yang dipimpin Roh berani mengangkat dirinya. (Juga Daud meng-angkat dirinya untuk melawan Goliat, sebab tidak ada orang yang berani menjadi musuh Goliat). Lalu Otniel bangkit dan membawa orang2 yang juga ada keberanian (digerakkan Roh Tuhan) untuk pergi berperang dengan raja Mesopotamia. Tentu Otniel harus mengatur dahulu Israel secukupnya, lalu keluar dengan satu pasukan untuk berperang melawan raja Mesopotami. Orang yang dipimpin Roh, bisa mema-kai kesempatan semacam ini dan be-rani maju untuk menghadapi musuh yang kuat, yang sudah 8 tahun men-jajah mereka. Dan Tuhan beserta Otniel sehingga menang. Ceritanya pendek sekali, hanya dalam 1 ayat, tetapi ia betul2 menang dan Israel da-pat menikmati kemenangannya itu se-lama 40 tahun dan Otniel menjadi hakim pertama di Israel waktu itu.

Juga di akhir zaman ini, jangan maju dengan pengalaman, kepintaran, ke-kuatan sendiri atau oleh dukungan ke-kuatan golongan (seperti partai2 dalam politik), tetapi dengan kuasa Roh Kudus.

Tuhan mencari Otniel2 yang penuh Roh dan mau digerakkan oleh Roh Kudus. Bahkan pada akhir zaman ini, akan muncul banyakOtniel2 di seluruh dunia, yang akan bisa bersatu di dalam Firman Tuhan Maz 119:63 dan ber-sekutu di dalam Roh Ef 4:3, memba-ngun tubuh Kristus baik dalam Gereja lokal, Sinode, kota, negeri dan sampai di seluruh dunia. Tuhan akan mem-bangkitkan Otniel2 yang terus hidup dipimpin Roh dengan iman, dan tetap rendah hati dan tekun dalam pimpinan Roh Kudus dan Firman Tuhan, sehingga timbul suatu persekutuan tubuh Kristus yang makin luas di seluruh dunia, bukan oleh organisasi (yang seringkali be-rebut2 mencari kedudukan, bahkan dengan cara2 duniawi), tetapi langsung dipimpin Roh. Dengan cara ini, dalam pimpinan Roh Kudus dan Firman Tu-han, tubuh Kristus akan terbentuk dari yang kecil dalam Gereja2 lokal, lalu kota, lalu negeri dan dunia. Maka kita akan melihat tubuh Kristus yang ajaib, yang dipimpin Roh sesuai dengan Fir-man Tuhan, seperti dalam Wah 12:1. Ini yang akan bertumbuh dengan cepat, sehingga menumbuhkan Gereja Tuhan dengan cepat, kepada rencana kesem-purnaan Allah yang ajaib, sehingga 3 angka kedatangan Tuhan digenapkan lalu Tuhan datang, tepat sesuai dengan rencana Allah. Semua sesuai Firman Tuhan, itu berarti timbul fasilitas akhir zaman yang lengkap dan limpah seperti Wah 12:1, juga jabatan2 timbul, istimewa rasul dan nabi (Ef 2:20),

HAK 3:11. 40 TAHUN SENTOSA DIPIMPIN ROH.

Mengapa Otniel bisa memimpin sam-pai ia mati, 40 tahun? Dimanakah Ka-leb, Kenaz bapak Otniel dll? Apakah 40 tahun yang indah ini karena Otniel. Memang kita melihat Otniel, tetapi sebetulnya Roh Kudus yang bekerja di dalam Otniel. Inilah hasil pekerjaan Roh Kudus dalam Gereja. Memang ada orang2 yang tampak memimpin, tetapi kalau bukan oleh pekerjaan Roh Kudus, tidak akan sanggup, akan pecah, sebab persatuan orang banyak apalagi selu-ruh dunia itu sangat sulit. Kalau 5 orang bisa bersekutu kekuatannya naik 20 kali. Kalau 10 orang bisa bersekutu, maka kekuatannya akan naik 100 kali ganda Im 26:8. Lebih besar perseku-tuan tubuh Kristus, kekuatan akan naik makin besar makin indah untuk men-capai kegenapan rencana Allah. Tetapi kesulitannya juga makin besar, se-olah2 kesulitan bersekutu itulebih be-sar dari hasil kekuatan bersama. Tetapi kalau kita semua dipimpin Roh, tunduk, taat pada pimpinan Roh, maka perse-kutuan tubuh Kristus yang besar, glo-bal, menembus segala bangsa, tradisi, negara dll, bisa terjadi seperti perse-kutuan Trinitas Yoh 17:21.

Kalau ini sudah terjadi, maka tidak lama lagi akan terjadi kedatangan Tu-han yang heran itu. Sebab itu kita perlu belajar bisa bersekutu ke arah perse-kutuan dalam Roh, persekutuan tubuh Kristus global, dengan lebih banyak orang, limpah dengan kasih dan ke-sucian dan taat penuh pada pimpinan Roh Kudus. Sebab tidak mungkin per-sekutuan tubuh Kristus global yang manis bisa terbentuk, sekalipun dengan segala cara, kemampuan dan kekuatan manusiawi.

Lagipula iblis selalu mengincar un-tuk menghancurkan, lebih2 dengan benci dan dusta ataufitnah. Tidak ada orang bisa mengalahkan iblis, tetapi dengan pimpinan Roh Kudus, iblis pasti kalah luar biasa. Kalau persekutuan tubuh Kristus sudah dipimpin Roh, kita akan mencapai perkara yang amat besar.  Memang 40 tahun. 40 = angka kematian daging, tembus Tirai, masuk dalam kesempurnaan.

Begitu pula yang akan terjadi pada akhir zaman, kalau timbul banyak Otniel2 rohani yang penuh dipimpin Roh seperti Kristus di seluruh dunia, Mat 4:1, Luk 4:1,28, maka akan jadi persekutuan tubuh Kristus global, yang akan menjadi indah dan ajaib dan 3 Pribadi Allah akan bekerja dengan penuh di dalamnya, maka Gereja akandisempurnakan dan Tuhan Yesus datang kembali, luar biasa!

Dalam ayat ini, sesudah 40 tahun, Otniel mati, sebab belum waktunya. Tetapi kalau tubuh Kristus global terbentuk di dalam Roh, maka Otniel2 yang dipimpin Roh, tidak mati, tetapi ikut dalam pengangkatan bahkan ada yang menjadi sempurna.

KESIMPULAN.

Mengapa waktu itu hanya muncul 1 Otniel? Sebab orang Israel tidak mau sungguh2 ikut Tuhan, justru hanyut dalam pergaulan dosa, penuh pe-nyembahan berhala2 dunia. (Ingat per-gaulan dalam HP, internet, itu bisa jauh lebih jahat dari pergaulan nyata, misal-nya dalam pergaulan nyata, itu sulit untuk bersekutu dengan gangster be-sar, atau perempuan sundal, atau pemabuk dll, tetapi dengan HP itu bisa terjadi dengan mudah, sebab itu timbul banyak kerusakan dalam umat Tuhan, sebab pergaulan yang sangat jahat, sehingga banyak kejatuhan). Ini harus diperhatikan, didoakan dan dinetraliser dengan pertolongan Tuhan, minta pimpinan Roh Kudus! Hubungan lewat HP dengan semua orang, istimewa yang keji2 itu salah satu tanda akhir zaman, persekutuan daging global, sehingga dosa global bisa naik sampai ke puncak!

Bagaimana caranya supaya timbul banyak Otniel di setiap tempat? Ini terjadi kalau semua kita sungguh2 ber-tobat, hidup baru dan bersedia dengan 7 KPR+ , bukan merosot seperti waktu Israel sebelum dipimpin  Otniel! Kalau ini terjadi, istimewa karena kegerakan hujan Akhir, sehingga Gereja Tuhan seperti Otniel, semua dipimpin Roh, maka Gereja bisa bersedia dengan baik, disucikan dan tumbuh, dipimpin Roh, maka akan timbul banyak Otniel di setiap tempat dalam kegerakan Roh Kudus, sehingga timbul persekutuan tubuh Kristus yang betul dan meluas sampai global, jadi indah seperti Wah 12:1 lalu Tuhan datang. Ini yang kita harapkan dan kita lakukan dalam pimpinan Roh Kudus dalam setiap per-sekutuan umat beriman, dalamGereja2 yang mau dipimpin Roh dalam jalan sempit.

Doakan, biar timbul Otniel di mana2 dan tubuh Kristus global terbentuk, sehingga di dalam pimpinan Roh Kudus 3 angka digenapkan dan Tuhan datang.

Nyanyian:

Sungguh tidak lama lagi, Tuhan Yesus datanglah