M4165 – Pengkhotbah 1:9-11. Menghadapi Perkara-Perkara Baru

Untuk manusia yang bosanan, kesuka-annya mencari perkara baru, tetapi kemudian jadi lama lagi. Tuhan berkata tidak ada barang yang baru (bagi Allah), tetapi bagi manusia masih banyak barang yang baru, yang baik dan yang jahat, sehingga seringkali jadi bingung, bahkan kacau. Tetapi kalau kita tahu rahasia Allah (yang baginya tidak ada barang baru), maka kita juga akan mempunyai kuncinya untuk mengha-dapi “barang2 baru” dengan lebih mudah dan berkemenangan.BARU.

Apa rahasia Allah tentang barang2 yang baru itu?

  1. Hal2 jasmani yang tampak. Bagi manusia itu jelas barang yang baru seperti manusia pergi bulan, komputer dan cara hidup atau dagang online. Edison dan pemenang nobel dalam fisika dan bidang lain, mereka semua menemukan barang baru sehingga dihargai sangat tinggi. Tetapi bagi Allah itu barang kuno dan manusia belum selesai menemukan dan mempelajari hal2 kuno dari Allah. Sistem komputer yang ajaib itu hanyalah pertemuan primitif dari karya Allah dalam bumi, dalam tanaman, binatang dan manusia. Alat potret yang canggih, belum bisa menyamai mata kita. Komputer yang paling maju belum bisa menyamai otak hewan apalagi otak manusia dst. Generator yang paling canggih tidak berarti jika dibandingkan dengan mata-hari. Belum ada yang bisa mengerti dan membuat tubuh kebangkitan Putra manusia Yesus, tembus tembok. Tubuh manusia yang “kuno-pun”, belum selesai dipelajari. Teori kekekalan, ma-sa tidak bisa mengerti penciptaan Allah dari tiada menjadi ada. Sebab itu apa yang akan kita lihat dan alami dalam Surga Bumi Baru itu tidak terhingga dibandingkan yang sekarang, luar biasa.
  2. Hal2 rohani yang tidak tampak.

Ini juga sudah ada dari dahulu. Ini salah satu sebab mengapa bagi Allah hal2 yang akan datang itu begitu jelas dan mudah, sebab bagi Allah itu bukan barang baru, tetapi bagi kita luar biasa. Kuncinya adalah Wah 22:11, lalu sesudah dosa melewati batas, hukum-an jatuh seperti zaman Nuh, Lot, begitu juga akan jadi pada akhir zaman waktu kedatangan Tuhan Luk 17:26,28,30.  Firman atau hukum2 Tuhan itu kekal, lengkap dan sempurna. Sebab itu kalau kita mengerti Kemah Suci, Firman Tuhan, itu adalah kunci untuk mengerti rahasia2 dari dahulu sampai rahasia2 yang akan datang sampai kekal. Ada banyak perubahan2 baru, tetapi semua itu sudah ada dalam Firman Tuhan, lebih2 dalam pembukaan oleh Roh Kudus Yoh 16:13, sebab itu supaya kita bisa bertahan bahkan berkemenangan di hari2 yang akan datang, kuncinya adalah Firman Tuhan, lekat dalam Allah.

BARU DALAM DUNIA YANG TIDAK TAMPAK. Wah 22:11.

Ini adalah kunci kemenangan untuk orang beriman. Semua dosa akan tumbuh sampai puncaknya seperti iblis, lalu hukuman datang dan akan dibuang dalam Tasik api yang kekal Wah 22:14-15. Sebaliknya semua orang beriman yang hidup dalam kesucian akan tumbuh terus menerus, sebagian men-jadi sempurna seperti Kristus (juga dalam tingkatan2 di bawahnya, tidak semua menjadi sempurna, hanya 144.000 orang), lalu semua yang lain, yang selamat dalam Kristus, akan bangkit dan masuk dalam Surga Bumi Baru yang penuh dengan rahasia ilahi yang terus menerus dibukakan sampai kekal. Keduanya akan berpisah sampai kekal, tidak bertemu lagi 1Tes 1:9. Perubahan2 baru dalam dunia, baik yang tampak dan yang tidak tampak, apalagi pada akhir zaman (akan men-capai puncak2nya). Perilaku hidup dosa yang makin jahat dan meningkat sampai sempurna seperti iblis dan itulah Antikris dan pengikutnya. Per-ubahan ekonomi, politik, sosial budaya, kebangsaan, pemerintah dll diwarnai oleh bertambahnya dosa yang sampai pada puncaknya, dahsyat! Akhirnya iblis dalam bentuk manusia yang tampak (yaitu orang2 yang jadi sem-purna dalam dosa akan hidup dan ber-edar2 dalam dunia, istimewa dalam Minggu ke-70 Daniel, yang dipimpin oleh Antikris yang jadi wakilnya iblis Dan 7. Misalnya sex (iblis dan roh2 jahat tidak punya jenis kelamin), tetapi dosa sex akan sempurna, yaitu muncul variasi2 yang keji yang disebutkan dalam Alkitab, seperti Sodom, ini sebab utama yang mewarnai puncak2 dosa Sodom sampai dibakar habis Jd 7. Sekarang sudah mulai legal di banyak negeri. Segala macam dosa dan ke-jahatan yang lain akan muncul sebagai peradaban baru yang legal, sehingga segala macam dosa makin cepat jadi sempurna dan datanglah hukumannya. Juga dalam bidang ekonomi, politik, kebangsaan dll, dan di belakang semua dosa ada iblis sebagai dalangnya yang memimpin sampai puncaknya seperti dia sendiri! Sebab itu dalam mengha-dapi kesukaran2 dalam perkara baru, kita jangan lepas dari Tuhan, sebab tanpa Tuhan, justru orang beriman akan jadi korban dan hancur dalam perubahan2 ini, tetapi dengan Tuhan kita justru masuk dalam rencana Allah yang heran, yaitu puncak2 kesucian dan kesempurnaan rencana Allah yang maha besar! Kesucian akan meningkat secara luar biasa sampai semua angka yang dinubuatkan Allah genap. Kedua golongan ini yang sempurna dan pengangkatan itu luar biasa, tidak mengalami kematian dan meng-alami hal2 ajaib dalam dunia ini (mengalami seperti Surga, tetapi masih hidup da-lam tubuh daging di dunia), dan meng-alami pengangkatan (yang sempurna diangkat lebih dahulu pada saat ma-sing2 menjadi sempurna Wah 12:5). Penggenapan dari semua rencana Allah yang ajaib, yaitu bagi orang2 yang bersedia (hidup dan tumbuh dalam Ruangan Suci) dan diberi kesempatan masih hidup pada waktu Tuhan Yesus datang (golongan Kristus II), mereka akan masuk Minggu ke-70 Daniel.

Ada 2 puncak yang saling berten-tangan dan berperang (bisa melihat dan merasakan pengaruhnya) di dalam dunia ini. Tergantung dari kita yang mau bersedia (Mat 24:42) berarti pu-nya rutinitas 7 KPR ekstra yang dicintai, itu yang bisa tahan dari serangan dan hantaman orang2 berdosa yang me-ningkat dalam dosanya. Pengaruh dan penyesatan dan kuasanya terasa me-ngenai umat Tuhan sekarang, yang hanya bisa bertahan kalau punya 7 KPR ekstra seperti Elia waktu menghadapi Izebel! Pada waktu ini, api itu sudah menyala di seluruh dunia Luk 12:49.

7 KPR ekstra itu adalah:

  1. Suci, mahir dipimpin Roh, termasuk bisa mendengar suara Roh dan terus taat, seperti Abraham waktu dalam ujian akhir, taat dan lulus. Jangan berjalan sendiri Fil 4:4,7.
  2. Salib, mahir pikul salib. Jangan sedih kalau salib lebih besar, ujian lebih berat, hadapi tanpa berdosa sehingga lulus, lolos dan terus meningkat sampai Golgota (ujian akhir, masa hukuman rumah Allah, masa penuaian).
  3. Sekutu. Bisa bersekutu dengan ma-nis seperti Trinitas Yoh 17:23, sehingga penuh sukacita dan kepuasan Maz 133:1-3 dan kuasanya limpah Im 26:8.
  4. Doa. Bisa berdoa non stop dalam Roh dan kebenaran Yoh 4:23-24, se-hingga pengurapan limpah seperti ligabis (2 tempat minyak, 2 bagian Roh Tuhan 2Raj 1:10) menuju pengurapan tanpa batas Yoh 3:34.
  5. Ibadah penuh gairah, limpah, terus limpah Ibr 10:25.
  6. Alkitab 2 gomer. Ingat Elia 1Raj 19:8. Orang2 seperti ini akan mendapatkan (dalam pimpinan Roh Kudus) pembu-kaan2 baru terus sampai lengkap Mat 10:26-27. Karena Firman menjadi da-ging (Yoh 1:14, Wah 10:10), maka orang yang cinta dan taat akan Firman Tuhan,pertumbuhannya dalam Minggu ke-70 Daniel jadi sangat cepat seperti kilat Mat 24:27. Ini tidak dipaksa, tetapi karena cinta, suka dan taat akan Firman Tuhan.
  7. Melayani. Dalam Roh, sehingga lim-pah pengurapan dan kuasa, jabatan2 akan makin nyata, baik jabatan pim-pinan Ef 4:11 atau jabatan2 dalam tubuh Kristus lainnya untuk semua anggota tubuh Kristus.

Semua ini akan dilengkapi dengan pelayanan orang sempurna dalam Minggu ke-70 Daniel Yoh 1:51; yg ha-nya bisa diterima oleh orang2 yang ber-jaga2 mulai sekarang (dalam Ruangan Suci); mereka yang tidak ber-jaga2 ha-nya kena pendisiplinan seperti Ananias-Safira dan lari daripada pekerjaan Roh Kudus yang limpah ini 2Kor 10:6, Kis 5.

III. MENGHADAPI HAL2 BARU.

Pada prinsipnya untuk menghadapi kesulitan2 akhir zaman, kita bukan hanya berusaha keluar dari kesukaran karena perubahan2 baru (dalam eko-nomi dengan cara digital, dalam kejahatan2 dan dosa yang makin me-limpah, dalam segi budaya dan pe-merintah dan politik dll yang makin menekan kesucian dan iman, bukan hanya untuk lolos, tetapi kelepasan dan kemenangan itu akan kita dapat kalau kita ber-jaga2 dan meningkat dalam rencana Allah, sehingga lulus (tidak bereaksi dosa) lolos, meningkat dalam kesucian dan dilengkapi Allah (diberkati dalam hal2 jasmani, keuangan, kese-hatan, rumah tangga dll) sehingga bisa makin bertumbuh dalam rencana penamatan Allah.

Iblis dari dahulu (dengan roh2 jahat) berusaha hendak menyerang dan menjatuhkan umat Tuhan. Sebab itu jangan hanya memusatkan perha-tian kita pada problem dan kesulitan yang tampak, tetapi lekat dengan Allah, itu kemenangan kita menghadapi se-mua kesulitan akhir zaman.

Lebih2 kalau kita sungguh2 bersedia dan tergolongan Kristus II (yang hidup sampai pengangkatan, ini anugerah Tuhan, tidak kebetulan. Semua orang beriman yang masuk golongan Kristus II dapat kesempatan untuk masuk go-longan 1551, bahkan 1401, asal sung-guh2 mau bersedia dalam Ruangan Suci seperti ligabis, dengan 7 KPR+). Orang2 seperti ini akan dipelihara khusus mulai sekarang dan dapat fasilitas istimewa dalam Minggu ke-70 Daniel, misalnya:

– dalam kesehatan, pakai iman 1Pet 2:24, lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel semua penyakit dan cacat akan sembuh.

– dalam pelayanan, ibadah dll tumbuh terus dalam 7 KPR plus.

– dalam keuangan. Ada banyak kesu-karan, jangan takut, Tuhan pelihara umatNya, tidak akan mati kelaparan, belajar berpada, baik naik atau turun. Lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel akan mengalami hal istimewa seperti Surga di bumi, luar biasa,

– Dalam semua segi hidup, cocokkan dengan Firman Tuhan, pelihara baik2 sesuai Firman Tuhan dalam pimpinan Roh Kudus, maka pertolongan Tuhan akan nyata.

Dalam menghadapi segala kesu-karan, jangan takut naik turun, atau kalau terpaksa harus mulai baru, ha-dapi dengan Tuhan. Tetapi dalam segala kesukaran2 itu kita perlu:

Periksa diri, jangan ada dosa dalam hal keuangan dan semua segi hidup lainnya.

Kalau ada dosa segera bertobat dan lakukan pemberesan supaya Tu-han kembali di pihaknya, sebab ini kunci hidup jasmani dan rohani Rom 8:31.

Kalau kita benar (berarti problem ini adalahujian), kita harus lulus dan tetap di pihak Tuhan dan tetap taat dipimpin Roh! Zaman sekarang kita harus tetap di jalan sempit (ber-jaga2, dalam Ruangan Suci), tetapi dalam Minggu ke-70 Daniel, kita harus di golongan puncak kesucian Tuhan!).

  1. Selalu lekat pada Tuhan Yoh 15:1-8. Jangan jalan sendiri. Tirulah Musa Kel 33:15-16. Tetaplah dipimpin Roh, maka kita pasti menang. Kalau toh ada gang-guan dll yang mengancam dan mem-buat kepahitan hati, jangan bereaksi dosa, ampuni orang2 yg mengganggu dan merusak, dan terus minta dan taat akan pimpinan Tuhan, maka dengan Tuhan, semua perkara2 yg celaka dan merugikan, juga dibuat Tuhan untuk jadi keuntungan bagi kita Rom 8:28.
  2. Harus mengerti perbedaan hidup rohani dan jasmani (lihat M4163). Jasmani bisa naik turun, bahkan sum-bernya bisa berhenti, sehinggaperlu ganti baru atau cari sumber yang baru, tetapi dalam hal rohani Allah tidak menghendaki naik turun atau jatuh, itu berarti binasa kalau tidak bertobat; itu bukan kehendak Allah. Meskipun jas-mani bisa naik turun, tetapi rohani harus tetap benar dan terus naik. Biasanya dalam sikon atau pencobaan yang lebih berat, justru rohani akan naik tinggi kalau lulus. Bukan kehendak Allah untuk turun apalagi sampai undur, harus tetap setia dan tekun sampai ke akhir, sehingga terus meningkat. Kalau pencobaan pribadi, lulus, kita naik lebih tinggi, begitu seterusnya setiap kali terus maju dalam rencana Allah yang heran! Kalau keadaan serba sulit di-mana2, sikon umum, sulit untuk semua, itu berarti rencana Allah untuk semua orang, apalagi kalau sudah untuk seluruh negeri dan dunia, itu berarti masa kesukaran akhir zaman, kalau lulus, bisa masuk golongan 1551 atau 1401.
  3. Jangan takut mulai baru. (Dari permulaan kita harus mengerti Firman Tuhan tentang nikah, tidak boleh mulai baru dalam nikah, cerai lalu nikah lagi, dengan alasan apapun Mat 19:5-6. Yang sudah bercerai dan masih hidup, itu berarti hidup dengan cacat Mat 12:20. Nikah lagi, itu tipu dayasetan yang besar. Juga jangan lari dari keluarga, bereskan, minta pimpinan Roh Kudus dengan kasih, kuasa dan hikmat Allah. Kalau dalam nafkah dll masih bisa mulai baru).

Jangan bolak-balik mulai baru karena salah sendiri, misalnya:

4.1. Bosan. Faktor ini selalu ada sedikit atau banyak. Kita harus menyangkal diri, dan menertibkan diri untuk tekun bekerja, jangan semaunya sendiri dan jangan menuruti perasaan bosan. Ta-han dan minta pimpinan Roh Kudus!

4.2. Berkelahi dengan teman2 sekerja sehingga suasana jelek dan tidak mau memperbaiki lalu pindah kerja, mulai baru (Begitu juga dalam Gereja, karena berkelahi jangan pindah dari Gereja yang betul, itu salah, bereskan sampai pulih).

4.3. Hidup dalam dosa (segala macam dosa) melawan Allah, bisa mengganggu apa saja dalam hidup kita. Kita harus belajar memelihara dan menjaga hu-bungan baik dengan Tuhan dan tetap dalam terang dan kesucianNya, tetapi juga dengan orang2 sekitar kita. Kalau memang ada salah, perbaiki, supaya bisa berjalan dengan Tuhan, supaya apa saja yang kita perbuat, istimewa hal2 baru, bisa berhasil Maz 1:3.

Hadapi kesulitan2 baru, kita harus masuk golongan jalan sempit, hidup dalam kesucian dan ber-jaga2 ekstra, baru bisa ditolong Tuhan. Sebab orang yang setengah hati, suam, bercabang, akan hanyut dalam tsunami dosa yang sudah mulai dan makin meningkat, sehingga tumbuh dalam dosa, undur dan jadi korban dosa dan kejahatan yang meningkat, sampai mati dalam dosa. Kalau masih hidup akan terting-gal dan masuk dalam zaman Antikris ke-4 yang dahsyat, wai!

Kalau kita berjalan dengan Tuhan, jangan kuatir, Tuhan akan tolong. Kesu-karan2 itu pengolahan dan ujian bagi kita. Kita harus berani menghadapi ujian yang lebih berat, sebab Ia ingin kita naik lebih tinggi. Minta pimpinan Roh Kudus; kalau terpaksa harus cari jalan baru, kalau sudah yakin akan pimpinan Roh Kudus, ada sejahtera dari Roh, jalan saja dengan limpah 7 KPR, Tuhan pasti pelihara. Dengar baik2 suara Roh, Tuhan berjanji akan memelihara kita Mat 6:33 sekalipun keadaan sangat sulit. Jangan takut naik turun dalam hal jasmani atau harus mulai baru seperti Ayub, Ishak dll. Kita berhasil bukan karena kekuatan, kepin-taran atau pengalaman kita, tetapi sebab disertai Tuhan Rom 8:31. Saul menguatkan angkatan perangnya dan gagal, tetapi Daud menguatkan iman-nya dan berhasil Maz 1:1-3. Musa ber-usaha dengan kekuatan sendiri, mem-bunuh orang Mesir, tetapi takut, kalah dan lari. Tetapi waktu ia melayani orang2 Israel yang lebih jahat, dengan Tuhan ia berhasil dengan luar biasa, sebab Tuhan tidak pernah gagal.

Contoh dalam riwayat hidup Ishak. Kita melihat contoh yang parah dari riwayat hidup Ishak yang ber-kali2 ter-paksa harus mulai baru.

Sumber kehidupan Ishak diganggu oleh orang2 Filistin di Gerar. Kej 26:12-33. Tetapi sebab harap Tuhan, ia bisa mulai baru ber-kali2 dan akhirnya ber-hasil. Semua ini menjadi pengolahan dan ujian baginya dan Ishak lulus.

KESIMPULAN.

Jangan takut gangguan, naik turun atau mulai baru, baik sekarang, lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel, ada banyak per-ubahan2 besar! Asal kita terus berjalan dengan Tuhan. Kita harus terus lulus dan tetap dipimpin Roh, Tuhan sang-gup menolong kita sekarang tidak akan mati kelaparan atau lain2nya. Pasti Tu-han tolong, sehingga bisa naik kembali atau usaha mulai baru bisa berhasil, baik jasmani lebih2 rohani seperti Ayub. Bahkan semua itu akan di-ubahkan Tuhan menjadi kebaikan dan keuntungan bagi kita Rom 8:28. Lebih2 kalau kita tergolong Kristus II dan bersedia baik2 dalam tingkat Ruangan Suci, kita akan mengalami hal2 istime-wa, juga pelayanan orang sempurna, sehingga masuk dalam golongan peng-angkatan (1551), bahkan sebagian jadi sempurna (golongan 1401).

Kalau belum tahu bila Tuhan datang, tetapi sekarang juga Tuhan tetap me-nolong orang yang berharap padaNya.