M4147 – 1Yohanes 4:4. Empat Kunci Menghadapi Kesukaran

PENDAHULUAN.

Sudah dinubuatkan bahwa kesucian dan dosa akan terus bertumbuh sampai puncak2 kesempurnaannya Wah 22:11, dan karena dosa ber-tambah2, maka kejahatan dan segala macam kesukaran akan bertambah limpah 2Tim 3:1-4. Semua orang mengeluh, tetapi orang beriman yang tahu kuncinya, justru bersukacita. Mengapa? Sebab dengan Tuhan, maka dalam setiap problem dan kesukaran kita akan lulus Rom 8:31, 1Yoh 4:4 dan lebih banyak kesukaran2, berarti lebih banyak lulus dan ini mem-percepat pertumbuhan rohani kita ma-suk dalam rencana penamatan Allah yang heran dan sangat indah. Jangan takut, bersukacitalah Yak 1:2, tetapi harus betul2 mahir menghadapinya sampai lulus terus menerus. Pakailah kunci2 dari Firman Tuhan, sehingga dapat terus menang bahkan jadi lebih dari pemenang Rom 8:37.

KUNCI2 MENGHADAPI MACAM2 KESUKARAN.

UNTUK ORANG DI LUAR HALAMAN, yaitu orang dosa yang belum percaya, kalau mereka mau tertolong oleh Tu-han Yesus, jalannya mudah, hanya de-ngan percaya, maka mereka akan melihat pertolongan Tuhan yang heran. Tidak perlu pusing hal2 lain, sebab ini tidak kebetulan, menjadi panggilan untuk orang berdosa supaya percaya pada Tuhan dan diselamatkan jiwanya untuk kekal, sebab inilah kerinduan Tuhan 2Pet 3;9.

TINGKAT HALAMAN.

Ini orang2 beriman yang kanak2 atau yang tidak tumbuh, terus menerus ja-tuh bangun dalam dosa, sehingga kalau timbul kesukaran, biasanya karena ada dosa, ini menjadi hajaran baginya su-paya bertobat dari segala dosa2nya. Untuk pertolongan Tuhan dalam ting-kat ini perlu mau bertobat sungguh2 sampaisemua dosa dibereskan. Kalau tidak mau bertobat, tidak akan terto-long, sekalipun berdoa sebab dosa me-mutuskan hubungan dengan Tuhan Yes 59:2 dan Tuhan tidak mau dan tidak bisa menolong Saul, Simson, Zedekia dll yang tidak mau bertobat, tidak ter-tolong dan celaka!

Harus membereskan semua dosa-nya, bertobat, maka Tuhan bisa tolong seperti Yunus, anak terhilang, Yusak di Ai dll. Harus bertobat sungguh2, Tuhan akan tolong.

III. TINGKAT RUANGAN SUCI.

Ini kesukaran untuk orang2 benar, orang yang dipimpin Roh, bagi mereka tetap ada kesukaran yang menjadi ujian (bahkan itu menjadi berkat, su-paya terus lulus dan tumbuh terus). Jangan kuatir atau takut, tidak ada yang kebetulan, tidak lebih dari ke-kuatannya 1Kor 10:13, kalau tetap di-pimpin Roh akan lulus dalam ujian, se-hingga bisa mengatasi kesukaran, bah-kan menjadi indah. Justru kita hidup di dunia ini perlu diolah, sehingga dalam banyak pencobaan ujian terus lulus dan tumbuh, sebab di Surga tidak lagi ada pengolahan, tidak lagi ada kesukaran dan ujian.

TINGKAT RUANGAN MAHA SUCI.

Ini tingkat orang sempurna, terus menang untuk selamanya. Hari2 ini belum ada (banyak dalam Minggu ke-70 Daniel) yang menjadi sempurna, tetapi ini sangat indah, pasti terus menang, tidak mungkin kalah.

TUMBUHLAH.

Dari skema ini tampak kalau kita tum-buh, dengan sendirinya kesukaran2 itu menjadi mudah, bahkan menjadi rezeki dan pengolahan untuk tumbuh, lebih2 untuk bisa ikut tumbuh dalam rencana penamatan Allah. Orang yang tidak tumbuh, tetap bayi dan minum susu terus akan dilindas dan celaka, karena kesukaran pasti bertambah banyak, tidak bisa dihindarkan. Jangan tinggal kanak2, terus jadi beban tidak bisa memikul beban, tidak bisa bertang-gungjawab sampai ber-buah2. Harus bisa menyangkal diri, pikul salib, men-derita karena Tuhan Fil 1:29, hidup ter-tib, dipimpin Roh, punya iman sehingga penuh sejahtera dan sukacita. Ini hidup yang indah, sukacita dan puas. Jangan tinggal kanak2, tumbuhlah dari rencana Allah yang sudah disediakan Tuhan bagi setiap orang beriman, maka hidup ini akan jadi sangat indah, berbunga dan ber-buah2 tidak akan menyesal dan ke-cewa, tetapi hidupnya menjadi berarti.

KESUKARAN UNTUK ORANG BERDOSA.

Tidak ada orang hidup di dunia tanpa kesukaran, bahkan bisa kena segala macam kesukaran. Ini kesempatan un-tuk melayani orang dosa, memenang-kan jiwa, menyenangkan Tuhan, sebab Tuhan cinta semua orang Yoh 3:16. Ia tidak ingin seorangpun binasa 2Pet 3:9. Justru problem, sakit, kesukaran dll, ini jadi panggilan bagi orang dosa untuk percaya Tuhan Yesus dan mereka di-tolong. Nasehati dan tawarkan perto-longan Tuhan, jangan ragu2, Tuhan sanggup menolong dalam problem apa saja. Tidak perlu syarat2 tertentu, asal mau percaya, sebab orang dosa itu belum lahir baru, belum bisa meme-nuhi satu syaratpun dari Tuhan. Jangan pusing dengan ber-macam2 syarat, se-bab dengan ini Tuhan ingin memanggil mereka untuk diselamatkan, untuk di-lahirkan baru. Jangan pusing dengan dosa2nya, jangan dibongkar semua dosa2nya, mereka belum bisa, asal mau percaya, Tuhan bisa tolong, ini panggilan bagi mereka. Juga untuk orang2 dalam keluarga, rumah, “isi panci” kita, yang belum percaya, ta-warkan pertolongan Tuhan dan jangan ragu2 mendoakan mereka. Perlu iman dari yang mendoakan, atau kalau ada iman dari mereka, salah 1 atau ke-duanya, maka kuasa Tuhan akan nyata dan ini jadi panggilan bagi orang berdosa. (Untuk Halaman dan Ruangan Suci, perlu memperhatikan baik2 dosa, kesalahan, rencana Allah dll, tetapi bagi orang berdosa, biasanya cukup asal percaya. Sebab mereka belum lahir baru, belum bisa memenuhi satu syaratpun dari Tuhan. Misalnya perempuan Kanani, ini orang kafir, Tuhan tidak mempersoalkan yang lain, dan hanya sebab percaya ia menerima kesembuhan untuk anaknya Mat 15:28. Asal mau percaya. Juga penghulu las-kar, yaitu seorang tentara Romawi Mat 8:5-13. Tuhan mengatakan bahwa be-sar imannya, bahkan lebih dari orang Israel (ayat 10), sebab itu ia tertolong, mujizat yang diharapkan terjadi, tidak dituntut syarat lain! Jangan banyak mempersoalkan dosa atau hal2 lainnya (tidak seperti orang Kristen tingkat Halaman, dosa2nya harus dibongkar), cukup asal mau percaya, lalu doakan dengan yakin atau karena imannya sendiri, maka pertolongan dari Tuhan datang dan itu menjadi panggilan ba-ginya untuk masuk dalam kerajaan Surga (selamat). Sesudah percaya, baru mereka mengalami lahir baru. Orang kusta (salah satu adalah orang Sa-maria), Tuhan menyuruh mereka pergi dengan iman kepada imam untuk me-nunjukkan dirinya sudah tahir Mat 8:3-4, dan semuanya sembuh! Doakan su-paya mereka bisa percaya dan bertin-daklah dengan iman. Ada banyak con-toh2 seperti ini, apalagi orang gila atau dirasuk setan, usir dengan kuasa Allah.

Semua umat Tuhan diharap bisa menjadi garam dan terang dunia bagi orang2 dunia. Tuhan menyertai setiap kitadengan tanda2 orang2 percaya un-tuk menyatakan kuasa Allah Mrk 16:17-18. Jangan ragu2 memakai nama Allah. Kita tidak boleh memakai nama se-orang pembesar, tetapi kita boleh me-makai nama Tuhan Yesus untuk menye-lamatkan orang berdosa dan tanda2 akan disertakan oleh Tuhan Mrk 16:20. Bahkan diantara orang kafir, mereka memakai bekas pakaian Paulus sebagai alat atau penolong untuk imannya, untuk menyembuhkan orang sakit dan mengusir setan dan berhasil Kis 19:12. Juga di Listra Kis 14:8-10, di pulau Melite banyak orang sembuh dengan iman Kis 28:9. Juga mujizat yang diadakan diantara orang kafir Kis 8:13; 14:3; 15:12; 19:11, Rom 15:19. Sebab itu jangan ragu2 menolong orang berdosa dari problemnya, asal mereka mau percaya. Doakan supaya mereka  mau percaya, sehingga tertolong, se-bab ini menjadi panggilan Tuhan ba-ginya untuk diselamatkan! Juga murid2 Sekolah Minggu bisa didorong untuk berdoa bagi orang2 sekitarnya yang belum percaya, supaya Tuhan me-nyembuhkannya, atau bisa menerima ber-macam2 pertolongan dan mujizat, supaya jiwanya diselamatkan.

Yang penting beritakan nama Ye-sus, juru selamat dunia dan Roh Kudus akan menolong sehingga mereka bisa percaya, seperti orang2 Samaria yang yakin Putra manusia Yesus adalah Juru selamat mereka juga Yoh 4:42. Ber-usaha untuk memberitakan nama Ye-sus dengan kuasa Allah 1Kor 5:4, de-ngan kesembuhan, mujizat dan ma-cam2 pertolongan. Juga untuk peker-jaan, rumah tangga, ber-macam2 pro-blem, pakai nama Tuhan Yesus Kis 4:30,10 dan pertolongan Tuhan akan datang. Pergilah memberitakan nama Yesus dengan tanda2 dan mujizat Mrk 16:20. Ini untuk orang dunia yang belum mengenal Tuhan. Jangan ragu2. Tidak diperlukan syarat2 lainnya, asal mau percaya, supaya mereka bisa menerima panggilan keselamatan itu.

Semua kita perlu pergi membe-ritakan nama Juru Selamat dunia de-ngan kuasa dan tanda2.

Jangan lupa, tetap tinggal rendah hati, jangan mencari keuntungan uang atau lainnya, kita mendapat dengan cuma2, berilah dengan cuma2 Mat 10:1,7-8.

Orang yang menginjil itu harus memenuhi beberapa syarat, seperti yang diterangkan disini, tetapi untuk orang berdosa yang mau percaya, tidak ada syarat lain kecuali percaya dan selamatkan. Tetaplah rendah hati supa-ya awet dipakai Tuhan dan tetap suci, tulus dalam segala segi hidup.

Kita harus menolong melepaskan orang dosa dengan kuasa Allah yang besar, sebab memenangkan jiwa itu adalah peperangan dengan setan2 Ef 6:18, merebut mereka dari tangan iblis dan setan2 Luk 11:20. Kita harus lebih kuat dari setan2 itu, yaitu kalau kita diisi dengan kuasa Allah, menjadi saksi yang penuh kuasa Kis 1:8, Luk 24:49, sebab itu perlu banyak doa (+ puasa Mat 17:21) supaya kita bisa menga-lahkan dan merebut jiwa2 Luk 11:21-22 dan waktu setan keluar, sakit disem-buhkan, mujizat dan tanda2 terjadi dan mereka yang lepas bisa menerima panggilan untuk percaya dan menerima Tuhan Yesus sebagai Juru Selamatnya. Kalau kita pergi 1 team, waktu seorang bicara yang lain mendukung dalam doa, atau yang di rumah terus men-dukung dalam doa, sebab ini adalah perang dengan setan2 untuk merebut tawanan2nya.

UNTUK ORANG2 DI HALAMAN, ORANG2 BERIMAN YANG TIDAK TUMBUH.

Perlu ditolong, istimewa dalam peng-gembalaan. Setiap pemimpin dalam Gereja itu adalah seorang gembala dan kita harus menggembalakannya yaitu menyelamatkan mereka (mati lepas dari dosa, merdeka) dan tumbuh rohaninyasecepatnya selama hidup di dunia.

Untuk mereka yang jatuh bangun dalam dosa atau undur, sangat penting untuk bertobat. Sebab itu minta hikmat dan kuasaNya untuk menolong mele-paskan mereka dari ikatan2 dosanya. Sebab setiap dosa itu pintu masuk bagi iblis atau sudah jadi ikatan iblis, harus dilepaskan! Lepas dari dosa itu sangat penting, bahkan itulah langkah I. Untuk orang2 beriman, Putra manusia Yesus seringkali mengatakan dosamu diam-puni, misalnya Mat 9:2, Mrk 2:5, Luk 5:20; 7:48. Kita juga, kalau yakin orang itu bertobat dan ada kesaksian Roh, kita bisa mengatakan hal yang sama Yoh 20:23. Tentu jangan berkata de-mikian pada orang yang keras hati dan Roh Kudus akan menolong kita untuk bisa membedakan hal ini sebab kalau dosanya tidak beres, celaka itu tetap tinggal, apalagi kalau dosanya terus bertumbuh melewati batas, itu bisa membunuhnya seperti orang zaman Nuh, Sodom dan anak2 Ayub yang tidak bertobat, mereka mati semua, tidak bisa lepas dari bahaya dan problemnya.

Mengapa untuk orang beriman, harus sampai bertobat sehingga men-dapat pengampunan dosa, padahal untuk orang2 dosa, terutama hanya dengan iman. Sebab orang beriman sudah percaya, sudah dilepaskan dari dosa, bisa hidup bebas dari dosa kalau mau Yoh 8:36. Kalau tetap keras hati dalam dosa, iblis dan setan2 akan bekerja keras untuk lebih mengikatnya dalam dosa dan menawannya lebih kuat Mat 12:43-45, akibatnya orang itu jadi makin jahat, makin keras sehingga akhirnya tidak mau bertobat lagi dan binasa, dan itu goal pekerjaan iblis. Sebab itu orang2 ini yang kena problem atau kesulitan, tidak ditolong sebelum mereka mau bertobat, dilepaskan dan baru sesudah itu pertolongan Tuhan nyata. Kunci dari orang2 Halaman ini adalah hajaran dan harus bertobat.

UNTUK ORANG

DALAM RUANGAN SUCI.

Dalam pencobaan, kesukaran atau ba-haya, ini menjadi ujian bagi mereka danjangan sampai bereaksi dosa, le-bih2 kalau memakai kekuatan sendiri, maka ia akan mudah jatuh dalam dosa dan problemnya makin men-jadi2. Tetapi kalau mereka tetap hidup suci, tidak bereaksi dosa dan minta pim-pinan, hikmat dan kuasa Allah, maka kita akan tetap di pihak Tuhan dan pasti menang Rom 8:31. Kita mutlak membutuhkan kuasa Roh Kudus Zak 4:6. Sebab itu teruslah berjalan dalam Roh, dipimpin Roh, jangan sampai terpancing memakai kekuatan sendiri, itu menjadi kesempatan iblis untuk mengalahkannya. Selama kita dipimpin Roh, lekat dengan Tuhan, setan tidak bisa mengalahkan 1Yoh 4:4. Memang seringkali kita harus menunggu wak-tunya Tuhan, tetapi jangan lengah, ja-ngan bereaksi dosa, tetap menunggu dalam pimpinan Roh Kudus, maka se-sudah menang penuh, kita terlepas. Kadang2 ada pencobaan rutin, terus menerus, seperti duri yang terus menerus menusuk, Tuhan belum mencabut pencobaan itu; tetapi pasti tidak lebih dari kekuatan kita. Tetap tinggal dalam pimpinan Roh Kudus da-lam kesucian, maka dengan demikian kita diolah makin sabar, makin mahir pikul salib, makin kuat mematikan da-ging, tetap mengampuni, tetap rendah hati dll. Kalau sudah saatnya, duri itu bisa dicabut, orang yang jadi penco-baan itu bisa diangkat pergi atau jadi kawan kita Ams 16:7. Jangan menya-lahkan Allah, hadapi dengan hikmat dan kuasaNya, tetap sabar dan suci sampai kemenangan itu nyata. Jangan lupa, meskipun ada pencobaan rutin (orang2 jahat atau problem yang terus ada) itu pasti tidak melebihi kekuatan kita dan justru itu akan cepat me-numbuhkan kita, sebab terus lulus be-runtun2, sehingga naiknya juga terus be-runtun2, makin indah dan mulia. Kuncinya untuk menghadapi problem untuk orang benar adalah: jangan bereaksi dosa, terus penuh dan taat dipimpin Roh, sehingga terus lulus ujian.

UNTUK ORANG YANG SEMPURNA.

Sudah pasti menang terus, sebab sudah selesai ujiannya, dan ber-sama2 dari tahta Allah, melayani orang2 dalam Ruangan Suci (yaitu orang2 yang sudah bersedia, yaitu tetap penuh dan di-pimpin Roh). Ini terutama terjadi di dalam Minggu ke-70 Daniel, 3,5 tahun I. (Lihat lebih lengkap dalam pelajaran Imam besar).

KESIMPULAN.

  1. Dengan kuasa Allah, tolonglah orang2 berdosa, sampai mereka percaya dan terlepas dari problemnya dan ini menjadi panggilan bagi mereka. Jangan ragu2 bertindak dengan iman, harus tetap hidup benar dan limpah dengan kuasa Allah oleh doa dalam Roh dan kebenaran.
  2. Kesukaran2 orang beriman yang jatuh bangun dalam dosa, sebagian besar karena hajaran dan akan le-pas, menang kalau mau sungguh2 bertobat, lepas dari dosa.

III. Bagi orang benar, dipimpin Roh, ka-lau limpah dengan ujian itu lebih untung, sehingga dengan rentetan lulus bisa tumbuh dengan rentetan yang lebih cepat, siap untuk ikut pengangkatan, bahkan ada yang menjadi sempurna.

  1. Orang sempurna tidak ada problem, tetapi selalu menjadi berkat dengan pelayanannya bagi orang2 yang ber-jaga2.

Nyanyian:

Yesus jawaban dalam hidupku.

Yesus jawaban yang kuperlu.

  1. Tabib Pembaptis, Juru slamatku, o haleluya, jawabanku.
  2. Percaya saja, trima panggilan, atau bertobat dan tertolong.
  3. Dalam ujian jangan berdosa, tiap kali lulus, kan bertumbuh.