M4119 – Luk 21:26. Menghadapi Segala Kemungkinan Bahaya

Keadaan akhir zaman ini makin lama makin dahsyat sebab dosa dan keja-hatan makin meningkat, sesuai dengan nubuatan Firman Tuhan Wah 22:11. Apa yang harus kita lakukan dalam menghadapi bahaya dan ancaman yang dahsyat, baik yang nyata dan yang masih belum jelas, tetapi pasti akan datang.

 

MASANYA. Yes 21:11.

Ada 2 kemungkinan (dicocokkan de-ngan peristiwa2 yang akan terjadi menurut nubuatan Firman Tuhan).

I.1. KEDATANGAN TUHAN MASIH JAUH.

Dalam sikon apapun, paling untung kalau bersedia sesuai dengan kehendak Tuhan Mat 24:42. Kalau Tuhan masih 100 tahun lagi baru datang, kalau kita bersedia tetap untung, sebab dengan taat bersedia kita akan bertumbuh dan sampai dimana kita tumbuh, itu menjadi ukuran kemuliaan kita dalam Surga kekal, pasti untung. Lebih tinggi kita tumbuh, Tuhan makin senang dan makin berkenan. Jangan takut dengan kesukaran dan ancaman2 bahaya, se-bab bagi orang yang cinta Tuhan, akan disertai Tuhan sehingga terpelihara dan aman.

I.2. KALAU KEDATANGAN TUHAN SU-DAH DEKAT, atau hampir masuk Ming-gu ke-70 Daniel, menurut nubuatan Firman Tuhan, keadaan akan makin dahsyat, tidak bisa dicegah lagi, seluruh dunia akan mendidih dalam bahaya dan celaka, 3 Antikris menguasai dunia dan Gereja mendapat ancaman, tekan-an dan bahaya yang besar sekali seperti perempuan dalam Wah 12 yang lari ter-biri2, dahsyat, tetapi nasib orang yang bersedia dan tidak bersedia sangat besar bedanya!

BERSEDIA.

II.1. ORANG2 YANG BERSEDIA Mat 24:42, yang sudah ada di jalur yang be-tul akan mengalami keadaan yang amat indah, ajaib, luar biasa seperti Surga di bumi, naik ke puncak2 kesucian sesuai rencana Allah, sekalipun di dunia dosa dan kejahatan meningkat luar biasa. Memang inilah keadaan akhir zaman yang sudah dinubuatkan dalam Wah 22:11.

Jadi dalam waktu ini ada 2 puncak (gunung) yaitu puncak dosa dan keja-hatan yang dahsyat dan mengerikan, tetapi juga ada puncak (gunung) kesu-cian Allah yang sangat indah, mulia dan penuh dengan kuasa. Kesukaannya amat besar, meskipun ada di tengah2 keadaan dunia yang dahsyat. Seperti api yang me-nyala2 di tengah es, aneh, tetapi ini akan nyata sesuai dengan nubuatan Wah 22:11.

Juga fasilitas akhir zaman yang dicu-rahkan Tuhan untuk Gereja yang ada di jalur yang betul itu luar biasa, maksi-mal. Seluruh rahasia Firman Tuhan ter-buka Mat 10:26-27, pengurapan tanpa batas Mat 25:4, Yoh 3:34, persekutuan yang manis global Wah 12:1. (Sekarang dalam 1 kota saja, persekutuan belum bisa manis seperti Trinitas Yoh 17:23. Tetapi pada waktu ini persekutuan dalam Roh, dalam tubuh Kristus sangat manis dan indah, dalam kasih Kristus dan dalam kesucian yang memuncak). Juga kuasa, mujizat melimpah, bahkan segala penyakit sembuh, cacat hilang, sebab ini bukan hanya tergolong sem-buh, tetapi hidupnya tanpa kematian, luar biasa dan ajaib. Perjamuan Suci dilakukan setiap hari sebab pengang-katan terjadi dalam sikon Perjamuan Suci Luk 17:37.

Juga ada pelayanan orang sem-purna yang ajaib Yoh 1:51, sehingga orang2 tumbuh dengan cepat seperti kilat Mat 24:27 (ini adalah kecepatan tumbuh yang ideal seperti Putra ma-nusia Yesus  yang dalam 3,5 tahun se-lesai tugasNya dan menjadi sempurna, meskipun lewat kematian sebab Ia menjadi domba Allah, korban tebusan untuk kita manusia). Keadaan Gereja waktu ini luar biasa, ada kesukaan yang besar, betul2 seperti Surga di bumi yang belum pernah ada, ini adalah puncak dari rencana Allah dalam umat Tuhan di dunia.

 

II.2. ORANG2 YANG TIDAK BERSEDIA.

Bedanya amat besar antara orang2 yang bersedia (di jalur yang betul) dan yang tidak bersedia (di jalur yang salah, jalan lebar).

2.b.1. Kalau kedatangan Tuhan masih lama, rata2 pertumbuhan rohani orang2 beriman yang sungguh2 berse-dia dan tidak, bedanya tidak terlalu ba-nyak, tetapi orang yang bersedia pasti tetap untung besar!

2.b.2. Kalau waktu kedatangan Tuhan sudah dekat, yaitu sudah dekat Minggu ke-70 Daniel, pertumbuhan yang suci dan yang dosa sangat cepat, sehingga perbedaan orang2 yang bersedia (tum-buh tinggi dalam kesucian) dan orang2 yang tidak bersedia, (mereka hidup da-lam dosa yang juga meningkat sangat tinggi), maka bedanya menjadi amat besar, sudah tidak mungkin bisa dise-berangi. Sebab itu orang benar yang tidak ber-jaga2 seperti Lot amat sulit diselamatkan 2Pet 4:18. Sudah limpah dan terikat dengan dosa, sehingga me-ningkat sangat tinggi dalam dosa, sulit untuk bertobat, sebab sudah kena ra-cunnya, kesukaan dosa yang sesaat Kel 32:32-33, Ibr 10:25; masih ada ke-mungkinan untuk bertobat kembali, tetapi kecil, sebab biasanya mereka tidak mau bertobat kembali Luk 5:39. Perbedaannya orang yang di jalur yang betul (yang bersedia) dengan yang tidak bersedia itu sangat jauh berbeda. Mereka yang tidak bersedia ini akan menjadi korban dan mati akibat dosa dan kejahatan yang meningkat tinggi. Keadaan betul2 sangat berbahaya dan dahsyat dan mereka yang tidak ber-sedia tidak mempunyai jaminan.

Mereka menjadi korban, karena orang hidup dalam dosa itu ada dalam tangan iblis, langsung dikuasaioleh An-tikris dan pengikutnya dalam penderi-taan yang sangat hebat. (Lebih2 yang tertinggal dalam zaman Antikris). Kor-bannya sangat banyak; Dalam Wah 6:8 dikatakan 1/4 penduduk dunia dibina-sakan oleh pekerjaan iblis lewat orang2nya. Dahsyat dan luar biasa Maz 91:7. Orang2 beriman bisa melihat kor-ban berjatuhan, 1.000 orang di kiri dan 10.000 orang di kanan dan ini terjadi di seluruh dunia.  Memang ini berbeda dengan keadaan kalau kedatangan Tu-han masih jauh, sebab perbedaan an-tara orang benar dan orang dosa tidak terlalu besar. Tetapi yang beruntung adalah mereka yang sungguh2 berse-dia, baik secara rohani dan jasmani. Sebab itu kita harus bersedia mulai sekarang.

Ambil 2 gomer manna, Firman Tu-han yang limpah, belajar ekstra dalam pengurapan Roh Kudus yang limpah dan mentaatinya. Terus berdoa senan-tiasa dalam Roh dan hidup benar, sehingga mahir berjalan dalam Roh. Ini mutlak perlu, harus bersedia baik2.

 

III. BAGAIMANA PERLINDUNGAN TUHAN.

Tuhan menjaga orang yang tinggal di pihakNya Rom 8:31, 1Yoh 4:4.

  1. Dengan aman dan sangat teliti, se-hingga rambutnya pun dihitung oleh Tuhan, tidak ada yang kebetulan Mat 10:30-31.
  2. Pencobaan tetap datang, tetapi ti-dak melebihi kekuatan 1Kor 10:13..pa

akan melebihi kekuatan kita 1Kor 10:13.

  1. Segala sesuatu akan menjadi ke-baikan bagi orang2 yang cinta Tuhan Rom 8:28.
  2. Tuhan tidak pernah gagal, Dia pasti memelihara kita yang menurut pim-pinan Roh Kudus dan FirmanNya, le-bih2 di akhir zaman 1Kor 15:51; Sebab itu kita harus bisa hidup dipimpin Roh sesuai FirmanNya.
  3. Jadi kita bisa menyerahkan segala kekuatiran kita kepada Tuhan sehingga bisa bebas kuatir sampai pengangkatan 1Pet 5:6.

 

 

  1. APA YANG HARUS KITA LAKUKAN?

Prinsipnya adalah Tuhan menjadi ke-kuatan dan kemenangan kita. Ini prin-sipnya untuk menghadapi segala ma-cam bahaya, yaitu bukan kita, tetapi Tuhan yang berperang ganti kita Kel 14:14.Sebab itu:

Dia harus ada dalam kita dan kita di dalam Dia (ini dijanjikan dalam Per-jamuan Suci), sebab itu dalam hari2 yg dahsyat waktu dekat dengan keda-tangan Tuhan, orang beriman makan Perjamuan Suci setiap hari, tentu de-ngan syarat yang betul Yoh 6:56.

Kita harus lekat pada Tuhan 1Kor 6:17 seperti ranting dalam pokok Yoh 15:5. Tanda orang yang lekat dengan betul, ia akan bersukacita menikmati 7 Kebutuhan Pokok Rohani setiap hari, terus menerus, yaitu:

Selalu di pihak Tuhan, dalam kesu-cian Rom 8:31. Ini tanda khas dari orang yang ada di dalam Tuhan, selalu di pihak Tuhan. Kalau hidup dalam dosa, hubungannya kritis atau sudah putus Yes 59:2.

Selalu taat dipimpin Roh, sebab kita tidak tahu siasat musuh, tetapi Roh Kudus tahu dengan tepat, bahkan tahu sebelumnya, sebab itu sikap dan tin-dakan Roh Kudus itu yang paling tepat dan berhasil. Lebih2 menghadapi mu-suh yang ganas dengan dusta dan tipu dayanya; dengarlah suara Roh dan taati, pasti kita bisa menang meng-hadapinya.

Hidup dengan iman 2Kor 5:7. Orang yang bertekun berdoa dalam Roh dan kebenaran akan kuat imannya. Perca-yalah akan janji2 Tuhan dan hadapi de-ngan iman, sebab ini yang menga-lahkan mereka 1Yoh 5:4.

Doa terus menerus dalam Roh dan kebenaran Yoh 4:23 sehingga minyak urapan Surgawi itu terus mengalir da-lam diri kita,  tidak pernah kering, terus ada minyak sekalipun tidak ada apa2 Zak 4:2. Ini memberi orang2 akhir za-man limpah dengan pengurapan bah-kan sampai tidak terbatas Yoh 3:30.

  1. Limpah dengan Firman Tuhan, bela-jar terus sampai mengerti semuanya dalam pimpinan Roh Kudus dan Firman Tuhan itu adalah benih2 iman Rom 10:17 yang lengkap untuk menghadapi segala problem kita. Orang yang me-ngerti Firman Tuhan itu punya pen-dirian yang kuat dan bisa lebih jelas dan lebih mudah mentaati Firman Tu-han dan ini menjadi pondasi yang te-guh, sehingga tidak akan roboh Mat 7:24-28.
  2. Tingkatkan pelayanan dalam Roh, ja-ngan dikurangi seperti hamba yang ber-jaga2 Mat 24:45-46. Justru dalam pelayanan, kita akan bertumbuh de-ngan cepat, apalagi kalau fasilitas ro-hani begitu limpah seperti hujan Akhir, pelayanan orang2 sempurna, pembu-kaan Firman Tuhan dll begitu limpah, sangat indah. Ini justru menguatkan kita. Tetap tekun dan setia dalam pelayanan mulai sekarang.
  3. Kita perlu bersekutu di dalam Roh dengan betul seperti Trinitas Yoh 17:23, sebab dengan demikian kekuat-an kita bertambah Im 26:8, sehingga kompak dan makin kuat mengahdapi bahaya.
  4. Tetap tekun beribadah, lebih2 kalau hari itu makin dekat Ibr 10:25.

Dengan cara ini kita menghadapi semua bahaya yang akan datang.

RENCANA KEDATANGAN TUHAN AKAN DIPERCEPAT. Mat 24:22.

Juga kita yang penuh dan dipimpin Roh akan ikut mempercepat dengan suka-cita dan penuh pengharapan 2Pet 3:12. Orang yang tidak mau taat dipimpin Roh, apalagi melawan, akan diganti Tuhan dengan orang yang mau Mat 21:23. Allah mengizinkan segala per-kara yang besar dan dahsyat, sesuai dengan rencanaNya, ini bukan karena Allah jahat, tetapi karena cinta. Ini ada-lah rencana Allah yang terbesar di akhir zaman. Orang yang tidak menger-ti,bodoh atau ditipu iblis mengira Allah jahat. Tetapi justru sebaliknya.

GENERASI AKHIR ZAMAN (GAZ) DAN GOLONGAN KRISTUS II.

Kalau kita masuk dalam golongan Ge-nerasi Akhir Zaman (orang yang masih hidup waktu pengangkatan) dan perca-ya Tuhan (inilah golongan KII, lawannya dari golongan KI yang kebanyakan tidak sadar Mat 13:17, Luk 10:24), kita men-dapat kesempatan khusus dari Tuhan, lahir dengan kesempatan yang amat besar (asal mengerti, tidak buta dan tuli Mat 13:16 dan mau percaya dan taat, yaitu bersedia sungguh2, pasti untung bisa mengalami rencana Allah yang terbesar sepanjang zaman).

Golongan KII ini adalah sebagian dari orang2 yang hidup 70 tahun sebe-lum pengangkatan, mereka masih ada dalam Minggu ke-70 Daniel (3,5 tahun sebelum pengangkatan) dan kalau me-reka percaya dan mau taat yaitu ber-sedia baik2 (2442), maka mereka akan ikut dalam pengangkatan dan tidak mati sama sekali (1551) 1Kor 15:51-52.

Ini kesempatan yang amat besar dan indah. Ikut pengangkatan dan tidak pernah mati? Ini berarti:

Maut adalah musuh terakhir 1Kor 15:26. Kalau sudah lulus, lolos dari mu-suh terakhir itu berarti musuh2 sebe-lumnya juga lulus! Yaitu:

  1. Dosa (upah dosa adalah maut Rom 6:23). Bisa terus hidup suci, naik sam-pai puncak2nya.
  2. Penyakit, cacat, ini juga akibat dosa, semua lulus berarti semua sembuh, sebab tidak akan mati.
  3. Bahaya, celaka, ancaman, malape-taka dll, semua ini arahnya pada ke-matian, sebab itu juga lepas, lolos dan lulus!

Jadi orang yang ikut pengangkatan, ia juga lepas dari kematian dan lulus dari segala musuh2 sebelumnya.

Sebab itu sekalipun keadaan dah-syat, bahaya, malapetaka di mana2, apalagi sikon yang teramat sangat dah-syat seperti Maz 91:7 (lebih2 di akhir zaman ini), maka kita akan lolos penuh sebab Tuhan berjanji bahwa orang2 beriman yang ikut pengangkatan tidak akan mati dan janji Tuhan pasti bisa digenapi.

VII. ZAMAN KEEMASAN GEREJA.

Wah 12:1.

Kesucian akan meningkat sangat cepat dalam pimpinan Roh, Bapa dan Putra sampai kepada puncak2nya Wah 22:11 dengan kecepatan kilat seperti kece-patan ideal Putra manusia Yesus 2427, sehingga bisa mengalami masa ke-emasan Gereja akhir zaman seperti Wah 12:1. Kuasa Allah dengan segala karunia, mujizat, tanda2, jabatan dll akan nyata dalam orang2 yang bersedia yang ada di jalur yang betul (tetapi orang2 benar seperti Lot yang ada di jalur yang salah, sulit untuk selamat, gagal seperti Lot 1Pet 4:17-18). Begitu heran dan indah keadaan orang2 yang mau bersedia di akhir zaman ini. Sekarang mungkin belum mulai Minggu ke-70 Daniel, belum dekat dengan ke-datangan Tuhan; misalnya kurang 10 atau 20 tahun, maka ini berarti masih banyak diantara kita punya kesem-patan besar untuk masuk dalam go-longan KII dan ada kemungkinan masuk golongan 1551 yang luar biasa, ajaib dan mulia ini. Sebab itu bersedialah sungguh2 dalam kesucian (MAK DSY) limpah dengan 7 KPR bahkan ekstra, maka kita akan mengalami penamatan rencana Allah yang indah dalam beberapa waktu yang akan datang!

Jadi meskipun Tuhan belum segera datang, belum masuk Minggu ke-70 Daniel, mungkin masih 10 tahun lagi, tetapi kita sudah masuk golongan KII, sebab itu berlaku sampai 70 tahun sebelum pengangkatan.

KESIMPULAN.

  1. Dalam menghadapi segala bahaya yang sudah tampak mengancam dan yang belum tampak, tetapi itu semua sudah direncanakan iblis dan orang2-nya, kita bisa menghadapinya dengan kemenangan yang penuh, kalau kita ada dalam Kristus dan Kristus ada da-lam kita, kita bersedia sungguh2 seperti 2442, betul2 dalam kesucian di jalur yang betul.
  2. Jadi yang penting sekarang:

– sudah di jalur yang betul (dipimpin Roh dan limpah 7 KPR).

– sudah bersedia ekstra.

– maka kita bisa masuk dalam golongan 1551 yang sudah disediakan Tuhan bagi golongan KII.

– Meskipun kita belum tahu kapan Tu-han datang, kita tetap aman dan un-tung dalam Tuhan.

  1. Jangan hanya melihat puncak2 (gu-nung) dosa dan kejahatan yang dahsyat dan menakutkan Luk 21:26, tetapi lihatlah (minta Roh Kudus dan Firman Tuhan mencelikkan mata rohani kita, sehingga bisa melihat puncak2 (gu-nung) kesucian yang sudah disediakan Tuhan dan pasti akan jadi kalau kita percaya dan bersedia, sebagai orang2 golongan KII bisa masuk dalam golongan 1551, bahkan sebagian bisa masuk golongan 144.000.

Nyanyian:

Zaman sekarang berjagalah,

Lihat dunia bergelora.