M4109 – Amos 3:7. Tidak Kena Bahaya

NUBUATAN AKHIR ZAMAN.

Kita belajar bukan sebagai hoby, tetapi ini kebutuhan, sebab kita hidup dalam dunia dengan tanda2 akhir zaman Mat 16:4. Jangan sampai seperti orang za-man Nuh (dan Lot) sudah diberitahu oleh pengkhotbah orang benar yang disertai Allah yaitu Nuh 2Pet 2:5, tetapi tidak diterima, dianggap tidak masuk akal, hanya angan2nya Nuh, ekstrem dll (sebab mereka sedang maju, ba-ngun-membangun, pesta, menanam macam2 proyek baru dll Luk 17:26-30).  Tetapi tiba2 mereka masuk jerat dari tanda2 yang sudah didengarnya, na-mun ditolak! lalu mereka binasa. Kita harus melihat zaman kita dalam terang Firman Tuhan.

Nubuatan Wah 22:11 mengatakan bahwa dosa dan kejahatan akan naik sampai puncak2nya dalam Minggu ke-70 Daniel, istimewa dalam zaman Anti-kris, tetapi juga kesucian akan menca-pai puncak2nya, sehingga timbul ba-nyak orang2 yang indah dan heran di hadapan Allah di mana2. Sebab itu sekarang kita harus bersedia, bertum-buh dalam jalur yang betul, jangan plin plan nanti bisa hanyut dalam dosa yang limpah, celaka! Hanya ada 2 arus besar di akhir zaman (yaitu dari Tuhan dan dari iblis). Yang netral atau plin plan akan masuk jalur dosa Wah 3:16, sebab itu kita sudah harus punya putusan, pendirian dan sudah harus ada dalam pertumbuhan jalur kesucian!

Dalam masa sulit ini 2Tim 3:1-5. Arus dosa yang besar dan terang2an, menyeret orang dalam dosa yang ma-kin limpah dan keji.

Dosa dan kejahatan dalam segala bentuk tumbuh dengan limpah sampai puncak2 dosa sempurna. Timbul orang2 jahat seperti iblis yang sempur-na dalam dosa (ini menjadi Antikris) sehingga timbul segala jenis kejahatan dan banyak yang menjadi korban. Lewat malapetaka, kejahatan, peni-puan dll, korban2 yang akhirnya mati masuk Neraka. Tetapi orang yang tum-buh dalam jalur yang betul, makin suci, makin penuh pengurapan, hikmat dan kuasa Allah, akan terpelihara oleh Tu-han dari segala perkara yang jahat Maz 91:7, sehingga lepas dari segala bahaya.

Apa ini berlaku bagi kita dalam za-man sekarang? Macam2 bahaya jasma-ni dan rohani sudah kita dengar di hari2 yang lalu dan itu dahsyat dan ngeri, tetapi yang kita hadapi lebih dahsyat sampai puncaknya dalam Minggu ke-70 Daniel yang akan datang (berapa lama lagi? Belum tahu!). Tuhan menjanjikan umatNya bisa lepas dari segala bahaya ini.

PRINSIP2 PERTOLONGAN TUHAN DARI BAHAYA.

  1. Tuhan berperang ganti kita Kel 14:14. Jadi kita tidak berperang sendiri, kita hanya ikut pimpinan Tuhan lewat hamba2Nya, para pemimpin, dalam pimpinan Roh Kudus Rom 8:14. Orang yang punya Kristus dalam hatinya itu punya hikmat dan kuasa Allah 1Kor 1:24 dan dalam pimpinan dan kuasa-Nya, kita bisa taat dengan tepat dalam pimpinan Roh sehingga tepat dalam rencana Allah, maka Allah yang ber-perang ganti kita dan kita aman dalam perlindungan Tuhan seperti Israel menghadapi Firaun.
  2. Tanda2 orang yang dipimpin Roh itu selalu ada dalam sejahtera dan sukacita Roh Pil 4:4,7, tidak takut atau kuatir, dan tetap dalam kesucian (tidak be-reaksi dosa) dan dalam kasih Kristus, tidak membenci pada semua orang se-kitar, lebih2 yang menjahati umat Tuh-an, tetapi kita harus tetap cerdik de-ngan hikmat dan kuasa Allah, sehingga selalu dalam lindungan dan pimpinan Allah yang selalu berperang ganti kita.

Bagaimana cara mengalaminya? Itu sudah termasuk dalam orang2 yang tumbuh di jalur kesucian. Tetapi kita harus tahu, mengerti sehingga kita bisa memegang janji2 pertolongan Tuhan ini dengan iman, supaya kita bisa ber-jalan dengan iman dalam sejahtera Allah Maz 91:1-16. Sedikit penjelasan singkat sbb:

Maz 91:

  1. Kalau kita ada dalam tempat rahasia = Ruangan Suci (tidak dimengerti orang dunia/ orang Halaman), seperti ranting dalam pokok, tinggal dalam Kristus, kita tinggal dalam naungan dan perlin-dungan Allah yang Maha kuasa!
  2. Saya akan berkata bahwa Tuhan ada-lah perlindungan dan benteng saya, saya berharap pada Tuhan Allah saya.
  3. Dia akan melepaskan saya dari jerat iblis dan kaki tangannya yang ganas dan dari ber-macam2 bala yang berba-haya. Meskipun sudah hampir masuk dalam jeratnya, tetapi luput oleh Tuhan Maz 124:7.
  4. Kita ditudungi dengan bulu sayap-nya, dan terlindung di bawah kepak sayapnya. Kalau kita punya kebenaran-Nya dalam hidup kita, itu menjadi pe-risai dan tameng kita dari segala bahaya.
  5. Teror bisa jadi dalam kegelapan za-man yang tidak terduga, tetapi engkau tidak takut, juga akan panah yang men-cari korban terang-terangan di siang hari.
  6. Juga tidak takut wabah celaka dalam kegelapan yang tidak kita ketahui ataupun akan kebinasaan yang terang-terangan direncanakan dan dilakukan di siang hari untuk menghancurkan.
  7. Seribu korban dekat dengan kita, bahkan 10 ribu sudah di tempat isti-mewa (di kanan), tetapi tidak akan sampai pada orang yang ada di tempat rahasia Allah (ayat 1).
  8. (Tuhan maha kuasa dan adil) Ia ha-nya melihat dengan mataNya pemba-lasan orang-orang jahat.
  9. Tuhan yang Maha tinggi menjadi tempat perlindungan saya, Ia telah membuat tempat kediamanNya yang ajaib dan mulia.
  10. Kalau tinggal di tempat Tuhan tidak ada perkara-perkara jahat kena kepa-damu, juga bala yang besar tidak akan datang dekat tempat kediamanmu.
  11. Malaikat-malaikat Tuhan yang tidak tampak, tetapi diperintahkan untuk menjaga engkau dalam semua jalan-jalanmu (Dia sanggup).
  12. Engkau dibawa dalam tangannya, sehingga jalan kita tidak terserandung, tidak sampai jatuh celaka.
  13. Engkau akan menang dan meng-injak musuh yang dahsyat yaitu singa dan ular biludak, bahkan singa muda yang lebih kuat dan ular naga, kepa-lanya akan engkau diinjak-injak dan kalah.
  14. Sebab kita mengasihiNya sungguh-sungguh, Ia akan selalu melepaskan ki-ta, bahkan kita ditaruh di tempat tinggi, tidak bisa dicapai perkara-perkara jahat dan maut, sebab kita mengenal nama Tuhan, semua kita lakukan dalam NamaNya Kol 3:17.
  15. Kalau kita berseru-seru kepadaNya, tidak akan sia-sia, Ia akan menjawab dan Tuhan akan menyertai kita dalam segala kesukaran-kesukaran yang kita hadapi dan Ia akan melepaskan dan memuliakan kita.
  16. Ia akan memuaskan kita (tanpa kuatir atau takut) dengan umur pan-jang dengan senang dan puas (biasanya umur panjang itubanyak masalahnya) dan menunjukkan, menyatakan kesala-matanNya.

III. CARA2 MENGHADAPI DAN TERLEPAS DARI BAHAYA.

III.A. TUMBUH DALAM RENCANA ALLAH.

  1. Hidup dalam Firman Tuhan dan kua-sa Allah (Roh Kudus). Rencana Allah itu dalam jalan kesucian, tanpa kuasa Allah, kita tidak bisa hidup dalam jalan sempit dalam kesucian Allah dan tidak bisa melakukan kehendakNya dalam segenap segi hidup kita. Kalau menurut dosa atau daging, dan dunia ini, itu berarti keluar dari rencana Allah, kita lepas dari garansi pemeliharaan Allah yang heran untuk di dunia sampai kekal. Jangan keluar dari rilnya Tuhan, tetap dalam kesucian, sebab itu tekun berdoa terus dalam Roh dan hidup benar Yoh 4:23. Jangan ditipu oleh kesukaan daging dan kemuliaan dunia, tetap hidup dalam kesucian dan kasih Kristus (bukan dalam kebencian dan dosa). Tekun berdoa bahkan dengan puasa terus menerus. Jangan lupa 3 macam doa (dalam bilik, senantiasa dan ber-sama2, semua ada keindahan dan kekuatannya sendiri dan terus te-kun ber-sama2).

Bahkan seluruh jemaat dilatih ber-sama2 untukterus menerus berdoa dalam Roh dan kebenaran lewat Ke-lompok Sel masing2. Jangan menuruti daging untuk menuruti dosa, tetapi tetap hidup suci, baru doa kita ada kuasanya Yak 5:16 dan di dalam Roh (pakai bahasa lidah dalam kesucian 1Kor 14:14).

Doa dalam Roh itu adalah doa oto-matis yang luar biasa, oleh Roh Allah sendiri Rom 8:26-27, dan itu meleng-kapi dan mengisi kita dengan kuasa Luk 24:49, Kis 1:8, karunia2, membukakan Firman Tuhan yang kita “makan” setiap hari sehingga hidup ini terpelihara dan tumbuh dalam rencana Allah. Perlu tekun belajar Firman Tuhan, sebab ini yang membuat kita bisa tepat berjalan dalam rencana Allah, sebab bisa mem-bedakan yang betul dan salah, daging dan roh, kesucian dan dosa, rencana Allah dan tipu daya siasat iblis Ibr 4:12. Ambil 2 gomer, supaya kita bisa men-dapatkan Firman Tuhan dengan limpah dan lengkap Kis 20:27, sebab kita me-merlukan 66 buku Alkitab menjadi pelita kita (Pelita terdiri dari 66 bagian! Juga Meja Roti Pertunjukan terdiri dari 2 tumpuk: 66). Dengan banyak berdoa dan Firman Tuhan kita bisa melakukan Firman Tuhan sampai menjadi daging, sehingga kita bisa tumbuh terus dalam jalan dan rencana Allah yang heran, tahu yang akan datang dari Firman Tu-han dan Roh Kudus Wah 1:1-3, Ams 3:7 dan memilih tetap dalam rencana Allah (misalnya dalam Wah 22:11, 1Kor 15:51, Mat 24:7 dsb).

  1. Rencana Allah di akhir zaman. Kalau umur manusia rata2 80 tahun, maka orang2 yang hidup 80 tahun sebelum pengangkatan, itulah GAZ (Generasi Akhir Zaman), yaitu orang2 yang masih hidup waktu pengangkatan (kedatang-an Tuhan Yesus). Orang2 GAZ yang mau percaya Tuhan Yesus menjadi go-longan K2 (Kristus ke-2 atau TYII), ini sambungannya dari golongan K1 Mat 13:17, Luk 10:24. Semua yang termasuk golongan K2 ini sudah mendapat prio-ritas dan kesempatan istimewa, lebih indah dan mulia dari golongan K1. Orang2 ini kalau mau bersedia dengan baik2 (limpah 7 KPR) Mat 24:42 akan mendapat kesempatan yang luar biasa menjadi golongan 1551 (1Kor 15:51-52) yang akan ikut pengangkatan. Ada ke-mungkinan besar kita bisa termasuk golongan K2, tergantung umur kita, bisa dihitung. Apalagi Tuhan berkata bahwa kedatanganNya akan dipercepat Mat 24:22, 2Pet 3:12. Kita (dalam pim-pinan Roh) diikutsertakan untuk mem-percepat kedatanganNya dengan ikut menggenapkan 3 Angka kedatangan Tuhan (Mat 24:14, Rom 11:25, Wah 14:1).

Jangan sia2kan kesempatan ini, apalagi kalau andaikata Tuhan Yesus datang 10 tau 20 tahun lagi, bersedia-lah baik2 sebab kalau kita bisa masuk golongan 1551 itu luar biasa, juga akan lepas dari segala bahaya, sebab semua golongan 1551 tidak akan mati, lepas dari segala bahaya lahir batin dan maut. Mereka yang tidak mau bersedia baik2 seperti ligabis akan hanyut dalam “tsunami dosa” Wah 22:11 sehingga ja-tuh dan hanyut dalam dosa yang dahsyat, bisa mati dalam dosa, kalau masih tetap hidup akan tertinggal dan mendapat kesempatan terakhir dalam zaman Antikris yang sangat mengerikan Mat 24:22, sengsara yang belum per-nah ada, tiada taranya. Wai orang yang me-nyia2kan kesempatan yang seka-rang mungkin sudah ada (kalau toh orang beriman mati sesudah ber-siap2 baik2, tetap tidak rugi, sampai di mana kita tumbuh, itu jadi kemuliaan kita untuk kekal!). Tetapi kalau kita masuk golongan 1551 ada fasilitas akhir zaman yang paling lengkap dan limpah sehingga kecepatan tumbuh jadi sece-pat kilat seperti contoh yang ideal dari Putra manusia Yesus Mat 24:47, yaitu dalam 3,5 tahun Putra manusia Yesus dalam pelayanan menjadi sempurna. Masuk golongan 1551 saja sangat in-dah, sebab meskipun ada 3 Antikris (orang yang jahat sekali seperti iblis), tetapi golongan 1551 tetap menang, tidak kena bahaya seperti Maz 91 dan tumbuh dengan cepat sehingga tum-buh amat tinggi, bahkan sebagian men-jadi sempurna. Golongan 1551 akan mengalami pemeliharaan Tuhan yang luar biasa (jadi Gereja yang ajaib, mengalami zaman keemasan Gereja Wah 12:1) dan terus hidup sampai pengangkatan.

Semua penyakit dan cacat sembuh, bahkan kalau jatah umurnya habis (misalnya sudah 80 tahun) golongan 1551 tetap hidup, dapat tambahan umur untuk ikut pengangkatan. Berse-dialah sungguh2, jangan main2, atau ikut hal2 dosa yang sia2 dan mema-tikan sampai kekal.

III.B. BERSEDIA MENUNGGU TUHAN Mat 24:42.

Secara sistematis, menunggu Tuhan itu sama seperti isi Ruangan Suci (yaitu 7 KPR) kalau sudah matang bisa tembus Tirai masuk Ruangan Maha Suci, men-jadi sempurna. Kalau toh belum sem-purna, yang ber-jaga2 (golongan 1551) akan ikut pengangkatan. 7 KPR dapat disingkat dengan SSS DIAM (di kaki Tuhan Luk 10:41,42, Yes 30:7,15, Ul 33:3.

Ini cara sistematis yang mudah berdasar Alkitab untuk bisa tetap ber-jaga2 dalam Ruangan Suci, dan itutetap dalam rencana Allah yang heran.

Rinciannya adalah sbb:

  1. Suci. Ini mutlak perlu supaya bisa di-pimpin Roh, tetap dalam rencana Allah. Belajar mahir dipimpin Roh baik dalam perkara2 kecil sampai besar dan dalam menghadapi setiap perkara yang kita hadapi se-hari2.
  2. Salib. Orang yang mau pikul salib de-ngan pertolongan Tuhan, akan tidak bereaksi dosa, tetap dalam kesucian 1Pet 4:1 dan tetap dalam rencana Allah. Mau pikul salib itu adalah kuasa Allah bagi kita 1Kor 1:18. Tanpa salib Kristus tiada kesucian dan tanpa kesucian kita tidak bisa mendengar dan tidak bisa dipimpin Roh, untuk bisa tetap dalam rencana Allah yg mulia itu.
  3. Sekutu. Kita semua adalah anggota tubuh Kristus, yang harus tolong meno-long dan bekerjasama, baru bisa efektif tumbuh dengan baik dan berhasil de-ngan limpah Im 26:8. Tanpa kerjasama yang suci, tulus dalam Roh, hasilnya sangat sedikit. Bayangkan mulut yang ahli dan berpengalaman makan, kalau tanpa tangan menjadi sia2, dan tanpa mata menjadi cacat, apalagi tanpa pikiran akan mati. Kalau semua lengkap bekerjasama, maka mulut misalnya efisiensinya 100, tanpa tangan tinggal 50 dan tanpa mata tinggal 5, cacat besar. Sebab itu kita perlu kerjasama baik2, jangan saling berkelahi sehingga ter-pecah2 (dalam keluarga, kelompok, Gereja, antar Gereja) itu masuk dalam tangan dan rencana iblis untuk binasa dalam Neraka. Kalau semua bersatu, taat dipimpin Roh Ef 4:3 menurut gem-bala atau pemimpin (sesuai Firman Tu-han Ibr 13:17; jangan ber-bantah2 1Kor 11:16, jangan berkelahi dan berten-tangan 1Kor 3:3,4), maka kita ber-sa-ma2 akan tumbuh dengan cepat dalam pimpinan Roh.
  4. Doa. Bertekun berdoa dalam Roh dan kebenaran.
  5. Ibadat Ibr 10:25. Bersekutu tanpa ibadah akan gagal, perlu bertemu muka (bukan ikut kebaktian di TV) tetapi perlu bersekutu dalam Roh dan tekun ibadah. Lebih2 ibadah dengan pelayan-an jabatan (spesialisasi) itu berfaedah untuk melengkapkan orang2 suci Ef 4:11-12 untuk pertumbuhan Gereja yang arahnya sampai sempurna, ini perlu semua jabatan.
  6. Alkitab. Makan (baca dan selidiki) Firman Tuhan setiap hari di rumah dan ber-sama2. Jangan lupa perlu peng-urapan Roh Kudus supaya mengerti (Yoh 16:13) lalu taat, maka Firman Tuhan menjadi daging dan kita tumbuh dalam rencana Allah yang indah.
  7. Melayani satu sama lain dalam tu-buh Kristus dan menangkan jiwa2 baru dalam rumah, Gereja dan “panci” kita! Jiwa2 yang sekarang tidak dimenang-kan atau menolak akan sulit untuk dise-lamatkan (habis kesempatannya) wak-tu Minggu ke-70 Daniel mulai Luk 12:52-53, 1Pet 4:17-18. Juga orang2 seisi rumah Kis 16:31, jangan me-nyia2kan kesempatan yang amat ber-harga ini!

III.C. PUNCAK RENCANA ALLAH.

Dalam Minggu ke-70 rencana Allah diselesaikan yaitu golongan 1551 da-lam 3,5 tahun I (dengan pelayanan orang sempurna) dan golongan 1102 dalam 3,5 tahun II (dengan pelayanan 2 Saksi).

Tiga Pribadi Allah sudah bekerja sejak sekarang, tetapi meningkat dalam Minggu ke-70 Daniel, jangan sia2kan kesempatan ini mulai sekarang.

KESIMPULAN.

Jangan sia2kan kesempatan yang luar biasa di akhir zaman yang sudah nam-pak tanda2nya. Yang mau bersedia de-ngan baik seperti ligabis dalam 7 KPR akan masuk dalam rencana Allah dan aman dalam perlindunganNya. Sebab itu supaya aman dari segala yang jahat, lekatlah pada Tuhan, tinggal dalam tempat persembunyian Tuhan.

Nyanyian:

Aman dalam lindungan Tuhan.

Orang2 yang percaya kepadaNya.