M4088 – Riwayat Maria (Bag. IX,X, Tamat)

YOH 19:25-27


MARIA DI BAWAH KAYU SALIB

YOH 19:25. PEMANDANGAN YANG SANGAT DAHSYAT.

Maria ada disini, berarti bahwa Maria terus mengikuti perjalanan dan pela-yanan Putranya, apalagi memang Dia adalah seorang yang sangat berarti dan dibicarakan siapa saja waktu itu, lebih2 bagi Maria. Maria tahu kesucian, ketu-lusan hati Putranya ini, dan tidak ber-salah sama sekali Ibr 4:15, tetapiMaria sendiri belum bisa mengerti semua liku2 hidup dan pelayanan Putranya ini, lebih2 sesudah umur 30 tahun. Seka-rang, tiba2 Putranya langsung dihukum mati di atas salib, diantara 2 penjahat besar yang memang pantas dihukum mati, padahal Putra-Nya ini sama sekali tidak ada dosa dan kejahatannya. Me-lihat Putranya dianiaya dengan luar biasa di atas salib, ini suatu hal yang sangat dahsyat baginya. Mungkin ini bagian terberat dari pedang yang me-nembus jiwanya yang dinubuatkan Simeon Luk 1:35.

YOH 19:26. PUTRA MANUSIA YESUS MELIHAT DAN BERKATA PADA MARIA DAN YOHANES.

Orang yang menderita seperti ini bia-sanya sudah tidak bisa berpikir dengan baik, sebab sangat menderita sakit luar biasa, tergantung atas paku yang ditancapkan di tanganNya pada salib. Tetapi heran, dalam penderitaan yang dahsyat, masih keluar 7 pernyataan dari atas salib dan yang diucapkan da-lam ayat ini adalah salah satu daripa-danya, untuk menyelesaikan tugasNya sebagai Anak sulung dari Maria ibuNya. Kalau toh Ia tidak berkata, tidak akan Maria ibunya menyalahkan Dia, sebab penderitaanNya yang luar biasa. Tetapi Dia harus berdiri benar di hadapan Allah. Sebab itu Putra manusia hendak membereskan tugasNya sebagai anak sebelum meninggalkan dunia ini. Ia menyerahkan ibuNya pada Yohanes, murid yang dikasihiNya dan Yohanes menerimanya ke rumahnya sendiri pada jam itu juga.

YOH 19:27. PESAN PUTRA MANUSIA KEPADA YOHANES.

Waktu Putra manusia Yesus menyuruh Yohanes menerima ibuNya, bagaimana reaksi anak2 Maria yang lain?

Bagaimana reaksi istri Yohanes dan isi rumahnya yang lain. Yohanes taat dengan menanggung semua resiko, bahkan dengan segenap hatinya. Mungkin semua bisa menerima, tetapi tidak disebutkan.Sampai kapan hal ini dilakukan, dll juga tidak diceritakan, te-tapi Yohanes melakukannya sebaik mungkin dengan segenap hatinya dan dengan tulus.

Sekarang Maria ada di rumah Yohanes. Di hari2 selanjutnya, Maria mendapat berita lebih lengkap dan langsung tentang perkembangan Putra manusia Yesus. Ada banyak be-rita2 yang ajaib sesudah kebangkitan-Nya. Tidak dijelaskan apakah Maria ikut dalam banyak peristiwa itu (pernah 1 x ada 500 orang bertemu Tuhan Yesus 1Kor 15:6 apakah Maria ikut di dalam-nya?) apalagi waktu Tuhan Yesus naik ke Surga, kemungkinan amat besar Ma-ria ikut sebab sesudah itu mereka berdoa di kamar loteng Yerusalem dan Maria ada di sana Kis 1:14.  Semua orang ini penuh Roh Kudus, juga Maria sehingga ia sekarang bisa mengerti lebih jelas tentang Putranya yang ter-nyata Mesias yang sudah menjadi kor-ban tebusan dosa bagi manusia. Roh kudus membawa kita pada segala ke-benaran Yoh 16:13. Disini juga sau-dara2 tiri Putra manusia Yesus ikut ber-sama2.

 

KIS 1:14. RIWAYAT MARIA (TAMAT).

RIWAYAT MARIA:

  1. Waktu gadis.
  2. Melahirkan Putra manusia Yesus.

III. Dengan Yusuf: Nazaret – Betlehem – Mesir – Nazaret

  1. Dengan Putra manusia Yesus:
  2. Sampai 12 tahun.
  3. Sampai 30 tahun.
  4. Sesudah 30 tahun.

 

  1. Sesudah kematian Putra manusia Yesus: Pindah ke rumah Yohanes.
  2. 3 hari, masa dalam kubur.
  3. 40 hari sesudah bangkit.
  4. Hujan Awal sesudah kenaikan, waktu Gereja mula2.
  5. Yohanes ditangkap, ke Patmos.

Maria dimana? Akhir hidupnya?

MARIA SESUDAH GOLGOTA.

Dengan pesan Putra manusia Yesus, Maria pindah ke rumah Yohanes. Ini suatu babak baru dalam hidup Maria. Tiba2 sikon Maria berubah total. Yoha-nes menjadi anak angkatnya dan tiba2 ikut pindah ke rumahnya. Tampaknya anak2 Maria yang lain bisa menerima, sebab ini pesan Putra manusia Yesus. Tidak ditulis reaksinya. Seharusnya Maria dalam sikon baru ini lebih hati2 dan terus ber-tanya2 akan Tuhan Allah, sebab tidak mudah mengalami sikon dan se-gala2nya tiba2 berubah.

  1. Tiga hari masa dalam kuburan. Ini masa yang sangat sulit bagi murid2Nya, ini masa tanda tanya. Mereka retro-speksi 3,5 tahun yang lalu, dimana pelayanan Putra manusia Yesus sangat ajaib, tetapi mengapa berakhir begitu tragis se-olah2 kalah dan kena hukum-an. Tuhan Yesus sudah mengatakan lebih dahulu 4 kali tentang kematian dan kebangkitanNya, tetapi tampaknya itu tidak berarti, sebab murid2 tidak bisa mempercayainya Mrk 16:11,14 dll. Sebab itu 3 hari ini sangat berat, masa tidak percaya, tanda tanya, bingung, linglung. Maria juga mengalami masa sulit dan sebagaimana biasanya, ia me-nyimpan semua perkara itu dalam ha-tinya Luk 2:19,51. Sekarang Maria su-dah lebih tua, sudah mengalami banyak perkara penggenapan Firman Tuhan; ia yakin Tuhan tidak pernah gagal, semua nubuatan Allah pasti genap. Pasti ia juga mendengar kata2 Putra manusia Yesus dan nubuatan tentang kebang-kitanNya mungkin sekali Maria lebih percaya daripada murid2Nya, sebab ia sudah mengalaminya selama 33,5 ta-hun, sebab itu ia menunggu. Ia pasti banyak berdoa kepada Allah. Ini masa tegang. Ini saatnya iman diuji.
  2. 40 hari sesudah kebangkitanNya. Keadaan berubah sama sekali, gelap menjadi terang yang makin lama makin terang. Murid2 yang kurang percaya sempat kembali mencari ikan seperti dahulu. Tetapi keadaan berubah sama sekali dan Putra manusia Yesus yang sempurna membuat banyak keajaiban dan banyak mengajar tengang kerajaan Surga Kis 1:3 Yohanes menjadi saksi dari banyak perbuatan dan ajaran Tu-han Yesus, inilah model pelayanan orang sempurna. Justru karena Maria tinggal di rumah Yohanes, pasti ia men-dengar semuanya dan ke-heran2an, bahkan mungkin sekali Maria ikut dan melihat Putranya yang bangkit. Ini luar biasa, lebih2 ajaran dan perbuatan2 ajaib dari “pelayanan orang sempur-na”. Hatinya pasti me-lompat2 sukacita mendengar dan melihat semua ini. Pelayanan Tuhan Yesus sesudah ke-bangkitan (40 hari) itu se-olah2 suatu kursus finishing terakhir di dunia untuk memulai era baru yang luar biasa, yaitu zaman Gereja! Ini “sekolah” yang sa-ngat penting.
  3. Sesudah pengangkatan, zaman Ge-reja mula2. Maria ikut waktu melihat pengangkatan Tuhan Yesus, lalu kem-bali ke Yerusalem dan ikut berdoa ber-sama2 10 hari sampai hari Pentakosta Kis 1:14. Maria dan saudara2 tiriNya juga ada ber-sama2 dalam 120 roang itu. Ini perhimpunan yang luar biasa. Mereka sama sekali tidak punya gam-baran bagaimana selanjutnya, bagai-mana caranya dll, tetapi mereka ber-doa terus dengan iman. Semua sudah terjadi sesuai nubuatan Firman Tuhan dan pasti yang akan datang akan juga digenapi Allah. Sebab itu waktu Petrus berdiri pada hari Pentakosta itu, ia jadi begitu kuat sebab ada dalam peng-urapan Roh Kudus dan percaya akan nubuatan Firman Tuhan yang pasti terjadi. Ia mengutib nubuatan Yoel 2:28-32, dalam Kis 2:16-21,39-40, juga Maz 16:8-11, dalam Kis 2:25-28, juga 2Sam 7:12-13, Maz 89:4-5; 110:1, da-lam Kis 2:30-36. Darimana Petrus be-lajar tentang nubuatan2 dari Wasiat Lama? Kegemparan ini meletus, sejak hari Pentakosta dan Gereja mula2 lahir. Maria ada di tengah2nya pasti dengan sukacita yang amat besar, apalagi waktu Roh Kudus dicurahkan dengan limpah dalam kamar loteng Yerusalem, pengurapan Maria makin ber-limpah2, bisa2 sampai tidak terbatas Yoh 3:34, dan pasti dengan hal ini dan kursus finishing terakhir, ia dapat mencapai lebih banyak. Sampai berapa lama Ma-ria masih hidup, ikut dalam Gereja mula2 dan sampai dimana Maria terus bertumbuh? Bagaimana keadaannya pada saat terakhir?
  4. Yohanes ditangkap dan dibuang ke Patmos. Ini tidak terjadi langsung. Dalam Kis 12:2 Yakob saudara Yohanes dibunuh dengan pedang, keadaannya makin berbahaya. Dalam Gal 2:9 Petrus, Yohanes, Yakobus masih be-rtemu dengan Paulus sesudah bertobat dan 3 tahun di Arab. Lalu bagaimana dan berapa lama selanjutnya?

Tidak ada berita lagi tentang Maria. Bagaimana akhir hidupnya? Tampaknya ia tetap setia, bahkan mungkin tumbuh terus sampai sempurna? Sebab Maria sudah penuh Roh Kudus sejak mengan-dung Juru selamat Luk 1:35. Pasti se-sudah hari Pentakosta keadaannya akan berlipat kali ganda lebih baik de-ngan pengurapan Roh Kudus yang ma-kin limpah, ia makin berkenan pada Tuhan. Tuhan mengizinkan ujian yang bear2 untuk tingkat2 rohani yang tinggi, sehingga yang lulus, tingkatnya makin tinggi dan mulia di hadapan Allah. Mungkinkah Maria jadi sem-purna dan diangkat? Kita tidak tahu dan tidak ada keterangan.

KESIMPULAN DARI RIWAYAT MARIA DAN YUSUF DALAM HUBUNGANNYA DENGAN PUTRA MANUSIA YESUS.

Ini riwayat hidup kelas 1, sangat indah. Sebab:

  1. Maria dipilih langsung oleh Allah sendiri, sebab sangat berkenan kepada-Nya Luk 1:28.
  2. Hidupnya selalu dipimpin Allah lewat malaikat, mimpi dll.
  3. Ada banyak nubuat yang meneguh-kan dari Elizabet, Simeon, Hanna, malaikat2 waktu kelahiranNya dll.
  4. Bisa mendidik anak tanpa cacat cela sampai umur 12 atau 30 tahun, ini yang paling berat dan sangat besar artinya. Sebab Maria sudah penuh dengan Roh Kudus dari mulai mengandung (Luk 1:35), sehingga dengan pertolongan Roh Kudus ia bisa mengerjakan tugas-nya dengan baik bahkan sempurna Zak 4:6, Pil 4:13.
  5. Tidak pernah didengar perbuatan2 dosa atau sikap yang tidak percaya (anak2 lain tidak percaya, padahal satu rumah, ini lebih sulit bagi Maria). Bah-kan pernah ber-sama2 mereka mencari Putra manusia Yesus untuk mencegah-nya sebab mendengar kata orang, bah-wa Putranya ini gila, kerasukan Baal-zebul,tetapi usaha mereka itu terhenti sebab kata2 Putra manusia Yesus yang aneh tentang siapa saudara2Nya Mrk 3:21.
  6. Allah selalu melindungi dan menjaga mereka sejak dari Putra manusia turun dalam kandungannya (tampaknya juga sejak Maria sendiri lahir).
  7. Mereka terus taat dipimpin Roh. Ini suatu riwayat hidup yang luar biasa, dalam rencana Allah yang Mahakuasa, tetapi Maria tetap manusia! Mungkin Maria tidak lebih atau sama dengan Musa, Henokh dan Elia.

Riwayat hidup Maria sangat indah, itu sudah direncanakan Tuhan terda-hulu. Sebab dalam hampir semua segi hidupnya, Maria dan Yusuf selalu melakukan semua perbuatan2 baik yang sudah disiapkan Allah terdahulu Ef 2:10 dan mereka tahu pimpinan Roh Kudus dan taat, sehingga semua bagian hidupnya cocok dan ada dalam rencana Allah yang indah. Sebab itu kita juga harus belajar hidup dalam rencana Tuhan. Untuk itu kita harus:

  1. Bisa membedakan jalan sempit dari jalan lebar dan tetap setia di jalan sempit dalam kesucian.
  2. Tahu membedakan perbuatan2 ma-na yang sesuai dan mana yang mela-wan Firman Tuhan dengan pimpinan Roh Kudus. Kita harus limpah dengan Firman Tuhan yang lebih tajam dari pe-dang bermata dua. Ibr 4:12, Ef 6:17. Baik dalam membedakan perkara2 rohani dari duniawi dan kedagingan. Dalam segala segi hidup kita harus bisa membedakan mana yang sesuai de-ngan Firman Tuhan dan mana yang bukan, dan hanya melakukan hal2 yang sesuai dengan Firman Tuhan, baik jasmani dan rohani.
  3. Kita harus selalu taat melakukan kehendak Tuhan dalam ibadah dan pelayanan kita. Kita harus tahu apa ja-batan atau tugas kita dalam tubuh Kristus Rom 12:4. Setiap orang punya jabatan yang ber-beda2. Kita harus menjadi garam dan terang itu adalah kehendak Tuhan Mat 5:13-16, dan ikut dalam penuaian Mat 9:37-38.
  4. Bisa membedakan dan menemukan perkara2 baik yang sudah disiapkan Allah terdahulu untuk kita lakukan, baik yang positif yang harus kita taati, misalnya Petrus bertemu dengan utus-an Kornelius dan Roh menyuruhnya pergi dan Petrus taat Kis 11:12. Ini rezeki dari Tuhan yang harus kita la-kukan Yoh 4:32-38. Lebih2 dalam me-menangkan jiwa, mempercepat keda-tangan Tuhan 2Pet 3:12 dengan meng-genapkan 3 Angka kedatanganNya, isti-mewa dengan Firman pengajaran un-tuk mematangkan gandum supaya bisa dituai. Juga dalam menghadapi hal2 yang jahat, kita harus mengalahkannya seperti Daud menemukan Goliat dan ia taat dalam pimpinan Tuhan untuk melawannya.

Dalam segala waktu dan dalam segala segi hidup kita dan dimana saja kita harus belajar mengerti kehendak Allah bagi kita dan taat akan pimpin-anNya, maka kita akan tetap tinggal dalam rencana Allah yang indah yang sudah disediakan Allah bagi kita.

Bagian terakhir dari kehidupan Maria mungkin sudah mencapai pun-cak2nya, sebab dalam hujan Awal itu ia makin dipenuhi dengan kelimpahan pengurapan Roh Kudus (pada waktu 33,5 tahun yang lalu, Maria sudah pe-nuh dengan Roh Kudus sejak Roh Kudus turun ke atasnya Luk 1:35, le-bih2 waktu bertemu dengan Elizabet dan bernubuat. Tanpa pekerjaan Roh Kudus, tidak mungkin Maria bisa me-nyelesaikan tugasnya yang sangat berat dan sulit itu.  Dalam bagian terakhir da-ri hidupnya, ia sudah berjalan dalam Roh lebih dari 35 tahun, dan sudah mengalami mungkin 4/5 dari seluruh rencana Allah, lebih2 dengan penger-tian Firman Tuhan (ditambah dengan pengajaran sesudah kebangkitan) dan pengurapan Roh Kudus yang limpah, mungkin sekali Maria bisa menyele-saikan semua rencana Allah yang sudah direncanakan Allah terdahulu baginya; Kalau ini betul, itu luar biasa dan sa-ngat indah.

Begitu juga kita harus menghadapi bagian terakhir dari rencana Allah dalam dunia ini, menjelang kedatangan Tuhan Yesus II.

Kalau kita terus di jalan Tuhan, kita akan tumbuh dengan pesat, siap untuk peristiwa atau ujian yang akan datang, sehingga terus lulus dan tumbuh. Apa-lagi untuk menghadapi hari2 yang sulit di akhir zaman ini. Kita harus ekstra bersedia Luk 21:36. Sebab orang ber-iman akan banyak yang gugur 2Tim 4:1 pada hari2 ujian akhir zaman dalam Minggu ke-70 Daniel (masa hukuman rumah Allah 1Pet 4:17,18). Sebab ba-nyak orang beriman yang tidak ber-sedia akangugur. Ayat2 peringatan ini harus betul2 dicamkan untuk meng-hadapi akhir zaman yang sudah dekat, karena akibatnya dahsyat. Ketertiban begitu ketat 2Kor 10:6 sehingga salah yang sekarang dianggap kecil sudah membuat Ananias dan Safira mati Kis 5. Kita harus betul2 disucikan dan terus tertib menurut Firman Tuhan. Orang2 yang taat akan mengalami hari2 yang indah dan ajaib, yaitu zaman keemasan bagi Gereja, sebab Gereja akan men-jadi suatu ajaib pada hari2 itu Wah 12:1, sangat indah dan luar biasa. Pekerjaan Roh Kudus dua kali ganda (hujan Akhir), limpah dengankarunia2, tanda ajaib, mujizat, juga pekerjaan Allah Bapa + Putra Allah, akan mem-buat pertumbuhan rohani yang luar biasa dan cepat, bahkan ada pelayanan orang sempurna waktu itu Yoh 1:51, seperti pelayanan Putra manusia Yesus yang luar biasasesudah kebangkitan Yoh 21:25.

Dalam 3,5 tahun sebelum peng-angkatan, Gereja yang bersedia akan mengalami keadaan yang seperti Surga di bumi, sangat indah dan mulia, belum pernah terjadi di dunia (dalam 3,5 tahun II akan ada aniaya yang dahsyat di dunia bagi orang beriman yang tertinggal dan ini belum pernah terjadi Mat 24:21, ini seperti Neraka di dunia). Sebab itu kita harus betul2 bersedia ekstra, sebab ada 2 pilihan yang belum pernah ada di dalam riwayat dunia ini sampai kiamat, yaitu yang pertama: 3,5 tahun yang begitu indah untuk Gereja yang bersedia, ini seperti Surga di bumi. Dan yang kedua:dalam 3,5 tahun sesudah pengangkatan, sengsara dan aniaya yang belum pernah ada untuk orang beriman yang tertinggal dan masih hidup, sebab tidak mau bersedia, tetapi hidup biasa2 saja atau suam, apalagi undur, semua tidak akan bisa lepas dari celaka terbesar, yang seperti Neraka di bumi, sangat dahsyat.

Demikianlah riwayat hidup Maria yang sangat indah dan manis, bahagia dan sukacita. Kita juga bisa mengalami kalau mau, sebab semua yang sungguh2 mau, Tuhan akan memberi kekuatan dan kemampuan.