M4080 – Matius 2:1-23. Riwayat Maria (Bag.VII)

Ringkasan yang lalu.


Ef 2:10. Hidup dalam rencana Allah.

Untuk setiap anak2 Allah, Dia mem-punyai rencana yang teliti dan terbaik, kalau semua bisa dilakukan, orang itu akan menjadi sempurna dalam rencana Allah seperti Putra manusia Yesus, mungkin juga Yusuf-Maria bisa menca-pai seperti Putranya atau lebih sedikit.

  1. Sikon diatur Allah. Tampaknya se-mua berjalan sendiri atau menurut pikiran orang2 yang berkuasa atau orang2tertentu atau karena sikon, tetapi ternyata Allah merencanakan semua dengan tepat dan terdahulu untuk dilakukan putra2 Allah.
  2. Liku2 rencana Allah, naik turun, tidak sama untuk setiap orang, biasanya tidak dimengerti orangnya sendiri, te-tapi kalau tetap di ril Allah, akan meng-alami rencana Allah, bahkan bisa leng-kap sampai puncaknya seperti Putra manusia Yesus (mungkin juga Yusuf-Maria juga mengalami sampai pun-cak2nya selama hidupnya, atau kurang sedikit). Juga Henokh, Musa, Elia juga jadi sempurna dan orang2 “sempurna Wasiat Lama yang ikut kebangkitan sulung 1Kor 15:23.
  3. Syarat untuk bisa tetap dalam ren-cana Allah. Berjalanlah dengan Allah Kej 6:9 sesuai Firman Tuhan, dan 7 KPR dilaksanakan dengan baik dan limpah.

PEMBAGIAN MAT 2:1-23.

Mat 2:1-8. Orang majus sampai di  

                  istana Herodes.

Mat 2:9-12.  Orang Majus sampai di

tempat Mesias.

Mat 2:13-15. Keluarga Mesias lari ke

Mesir.

Mat 2:16-18. Tangisan di Rama.

Mat 2:19-23. Keluarga Mesias kembali

ke Nazaret.

MAT 2:1. ALLAH BICARA PADA ORANG MAJUS.

Pasti Allah berkenan kepada mereka (lebih kurang seperti pada Simeon, Ayub dll), sehingga bisa mengerti raha-sia ilahi yang dalam seperti kepada Simeon; dan dengan pimpinan Roh Kudus (lewat bintang) mereka bisa menemukan Juru selamat atau Mesias/ Kristus. Tanpa pimpinan Allah tidak mungkin ini terjadi.

Herodes adalah raja, tetapi Allah tidak berbicara dan tidak memimpin-nya. Semua sikon dan orang2 yang ber-sangkutan dengan mereka dikuasai  dan diatur oleh Allah. Mereka mengerti dan taat, sehingga semua terjadi de-ngan tepat menurut rencana-Nya.

Kalau kita berjalan dengan Allah, di ril Allah (ingat 7 KPR), maka jangan kuatir, tidak ada yang kebetulan, semua diatur oleh Allah, tetapi kita harus berjalan dalam pimpinan Roh Kudus. Sungguh menakjubkan, jangan bingung atau kuatir sekalipun terjadi banyak hal “simpang siur”, liku2 yang ruwet, kesukaran, ancaman dll,semua ada di dalam tangan Allah. Kalau kita berjalan tepat dipimpin Roh dalam ril Allah, kita akan bisa mengatasi semua-nya sesuai dengan rencana Allah dan mengalami rencana-Nya yang indah.

MAT 2:2. ORANG MAJUS TERSESAT SAMPAI KE HERODES.

Rupa2nya mereka salah jalan. Apakah mereka memakai akalnya untuk men-cari raja orang Yahudi di istana raja? Mereka tersesat, entah karena apa, tetapi ini menggenapi rencana Allah sehingga Herodes yang iri dan benci pada “raja baru” yang tidak dikenal, tetapi semua sadar bahwa ada Raja baru yang lahir. (Yoh 18:33,34,36,39; 19:3,2,14,19,21). Ini semua tidak kebe-tulan, sekalipun aneh atau ruwet, Tu-han mengizinkan sekaligus untuk menghukum orang Betlehem yang jahat di hadapan Tuhan, sebab Herodes hendak membunuh Raja yang baru itu, sehingga terdengar tangisan di Rama.

MAT 2:3-4. MESIAS (KRISTUS) LAHIR.

Ini berita luar biasa, dahsyat dan amat besar. Seluruh Yerusalem terkejut, se-bab mereka tahu tentang Mesias, Kristus dan mereka semua menunggu-Nya! Lalu Herodes mengumpulkan ke-pala imam dan ahli 2 Taurat. Peristiwa ini sangat besar,  sudah dinubuatkan be-ratus2 tahun sebelumnya dari ge-nerasi ke generasi, dan sekarang datang pada waktunya, pasti mereka ingat baik2 hal ini. Seharusnya dalam waktu 33,5 tahun kemudian, orang2 yg masih hidup seharusnya masih ingat, bahkan makin jelas dengan adanya tokoh “Yesus anak Maria dan Yusuf” yang sangat ajaib. Tetapi heran, me-reka seperti buta. Orang berdosa dibu-takan matanya oleh iblis, tetapi yang mau hidup benar, dicelikkan matanya seperti murid2 Tuhan dan ribuan orang lainnya, dan mereka bisa mengerti, bahkan perempuan sundal yang ber-tobat, juga mengerti Yoh 4:25-26.

MAT 2:5-6. RAJA, MESIAS, PEMIMPIN (PEMERINTAH), UMAT ISRAEL.

Nama2 ini sudah disebutkan dan me-ledak menjadi kehebohan yang besar, bahkan dari mulut imam2 dan ahli Taurat sendiri, tetapi orang yang tidak percaya, tidak mau bertobat, tetap kehilangan rencana Allah yang besar dan ajaib. Orang2 yang mau percaya dan bertobat, berkenan pada Tuhan pasti dapat berkat yang besar, seka-lipun ia seorang yang kecil, miskin dan sederhana seperti Maria.

MAT 2:7-8. RENCANA JAHAT RAJA, TIDAK BISA MENCEGAH RENCANA ALLAH.

Raja Herodes ini berkuasa mutlak dan jahat, bisa membunuh anak2 Betlehem begitu sadis dan jahat, dan tidak ada yang dapat melawannya. Orang seperti ini juga akan dapat membinasakan.  Anak sulung Maria, tetapi itu tidak mungkin terjadi, sebab ia melawan Allah dan rencana Allah dalam Mesias. Anak sulung perempuan akhir zaman yaitu tubuh Kristus global Wah 12:1, 4-5 (yaitu orang2 sempurna) lahir dengan banyak ancaman dari ular naga, tetapi rencana ini dari Tuhan, tidak mungkin dibatalkan oleh siapapun, termasuk Naga tua itu. Jangan takut atau kuatir, tetapi kita harus hidup berkenan di dalam Allah, lekat erat, berjalan dalam Roh, pasti rencana Allah yang terakhir di dalam umatNya juga akan digenap-kan, 100% sesuai rencana Allah. Maju terus dalam Tuhan, ikuti rencana Allah sesuai nubuatan Firman Tuhan, jangan takut, tetapi jangan keluar dari ril Allah dan tumbuhlah supaya makin berkenan pada Tuhan. Kehadiran orang2 Majus ke Herodes itu se-olah2 hanya memacu Herodes untuk membunuh anak2 Bet-lehem. Ini pasti bukan salah bayi Yesus, tetapi salah orang2 Betlehem sendiri.

MAT 2:9-10. DIPIMPIN BINTANG SAMPAI DI TEMPAT MESIAS.

Bintang apa ini? Kalau bintang betul itu besarnya seperti bumi, bahkan lebih. Kalau betul bintang yang biasa, seluruh tempat bayi itu hancur. Mungkin pada saat ini, bintang itu hanya satu cahaya cemerlang, barangkali juga sambungan dari bintang yang betul2 tampak di langit; tetapi yangpasti, ini adalah pimpinan Allah bagi mereka yang ten-tunya diperkenan Allah.  Tanpa pim-pinan Allah, tidak mungkin ada cerita tentang orang Majus, apalagi sampai di tempat yang tepat.

Juga ini diatur Allah untuk membuat Yerusalem terkejut dan heboh, sebab kasih Allah akan dicurahkan dalam dunia Yoh 3:16 sesuai janji Allah sejak Adam Kej 3:15.

Dan orang2 yang dipimpin Roh (= Orang Majus dipimpin bintang) itu bersukacita amat sangat. Belajar terus berjalan dalam Roh, itu membawa kita dalam rencana Allah dengan tepat, dalam perkara2 besar dari Tuhan dan penuh dengan sukacita dan sejahtera yang besar, sekalipun dalam sikon yang tegang dan menyedihkan, seperti Paulus dalam penjara di Pilipi Kis 16:25.

MAT 2:11. MENYEMBAH MESIAS DAN RAJA.

Mereka bukan anak kecil, tetapi orang bijak (Inggris: wise man), tidak akan menyembah anak kecil (2 tahun). Inilah hikmat dan pimpinan Roh yang heran. Aneh, bodoh, tetapi benar, sebab Mesias itu betul. Orang yang dipimpin Roh seringkali tampak aneh dan bodoh, tetapi ternyata akhirnya betul. 33,5 tahun kemudian hal ini nyata2 benar. Luar biasa. Orang2 yang dipimpin Roh, mendapat hikmat Allah yang besar, apa itu? Tahu rahasia ini dan berhasil di-pimpin Roh sampai bertemu dan me-nyembah serta ikut serta dalam ren-cana Allah, yaitu membantu secara jas-mani memberi biaya untuk lari ke Me-sir dengan mas, kemenyan dan mur. Luar biasa, tahu, bertemu dan ikut serta dalam rencana Allah yg besar (persembahannya, memungkinkan ren-cana lari ke Mesir jadi). Pasti mereka sangat bersukacita, juga kemudian hari dalam Surga.

MAT 2:12. RENCANA HERODES BATAL.

Mereka mengharapkan orang Majus itu kembali dengan dengan janji bohong, dan tipu daya supaya mereka mau memberitahu tempat dan tanda2 dari bayi Raja yang besar itu. Orang2 Majus ini tidak mengenal Herodes, tidak tahu rencana jahat dalam pura2nya, tetapi Allah tahu dengan tepat dan menghin-darkanmereka dari siasat Herodes, se-kalipun mereka tidak mengerti maksud Tuhan. Dengan akalnya mungkin me-reka sama sekali tidak bisa menduga rencana jahat Herodes, tetapi Tuhan tahu dan sanggup mencegahnya. Me-mang kita harus bisa berjalan dengan cara ilahi dengan pikiran Kristus (1Kor 2:16), sebab banyak hal tidak bisa dimengerti oleh pikiran biasa. Kadang2 kita memakai pikiran kita sendiri di dalam Kristus, kadang2 kita meng-hadapi siasat dan tipu daya iblis yang jauh di atas pikiran kita, yang hanya bisa dikenalidengan pikiran Kristus, sehingga kita bisa lolos dan bisa serta dalam rencana Allah yang ajaib. Sebab itu kita harus limpah dengan peng-urapan Roh Kudus seperti ligabis dan limpah dengan Firman Tuhan sampai 2 gomer. Supaya bisa mengerti rahasia Firman Tuhan yang dalam2, lebih2 tentang rencana Allah, apalagi yang sempurna dan tentang penamatan rencana Allah yang ajaib dan luar biasa.

MAT 2:13. KELUARGA MESIAS DALAM RENCANA ALLAH.

Rencana Allah itu terdiri dari bagian manusia dan bagian Allah. Bagian ma-nusia adalah hidup berkenan kepada Tuhan dan terus taat dalam pimpinan Roh. Bagian yang lain akan dikerjakan oleh Allah, seperti lari ke Mesir, sebab Yusuf-Maria tidak bisa mengerti, tidak ada alasan untuk lari ke Mesir, Yusuf-Maria tidak mengerti rencana jahat Herodes. Hal2 seperti ini adalah bagian Allah dan itu dinyatakan lewat mimpi, juga dengan memberi pengertian dan keyakinan dalam hatinya bahwa itu adalah dari Allah dan benar. Untuk orang2 seperti Simeon, Hanna, Yusuf, Maria, orang Majus, gembala dll, me-reka semua bisa mengerti rencana Allah, yang indah dan dalam;tetapi Herodes dan ahli Taurat, imam2 yang tidak percaya dan hidup dalam dosa, tidak akan mengerti dan mereka mem-punyai rencana sendiri untuk kepen-tingannya sendiri, kalau perlu mereka barumembasmi rencana Allah, apalagi di belakangnya ada iblis, musuh Allah.

Yusuf-Maria bisa mengerti, yakin lalu taat dan mereka lari ke Mesir.

Satu keluarga dalam rencana Allah. Putra manusia mengalami rencana Allah seluruhnya dengan tepat, tentu bagian permulaan hidup-Nya, waktu masih kanak2, Yusuf dan Maria yang berperan untuk melakukannya. Dengan demikian Yusuf dan Maria mengalami, melihat rencana Allah dengan penuh dalam mengasuh bayi Yesus sampai dewasa. Sebab itu bukan hanya Putra manusia Yesus, tetapi juga Yusuf-Maria mengalami semua rencana Allah dalam Putra manusia Yesus, minimum dalam 30 tahun pertama hidupNya. Sesudah itu mungkin Yusuf dan Maria juga sudah mahir dipimpin Roh melakukan semua rencana Allah. Apakah mereka juga masuk dalam golongan orang sempurna Wasiat Lama atau terangkat, kita tidak tahu sebab tidak tertulis, tetapi ada kemungkinan seperti ini, bahkan ada kemungkinan yang besar.

MAT 2:14. YUSUF DAN MARIA LANGSUNG TAAT.

Kalau mereka tidak taat atau menunda, mereka keluar dari rencana Allah, dan bagian rencana Allah yang ini batal (tidak lari ke Mesir), bahkan bisa ber-akibat seluruh rencana Allah batal, apalagi kalau Herodes berhasil mem-bunuh bayi Yesus.

Allah yang ajaib, Maha tahu, Maha kuasa, sudah menyiapkan keberang-katannya (lari) ke luar negeri tanpa Yusuf-Maria tahu, tanpa bersedia, tan-pa bisa memikirkan, tetapi rencana Allah ini tidak mustahil bagi-Nya dan semua itu betul2terjadi tepat sesuai dengan kehendak Allah.

MAT 2:15. SESUAI NUBUAT ILAHI, DARI MESIR.

Dipanggil dari Mesir, mengapa? Hos 11:1. Waktu Israel masih kecil mereka ada di Mesir (bangsa ini dila-hirkan di Mesir) Allah mengasihinya, begitu juga Putra-Nya waktu dibentuk dan ditumbuhkan (sebelum 12 tahun) dibesarkan di Mesir dan dipanggil dari Mesir). Ternyata mereka mendidik dalam Taurat lebih tepat dan lebih baik di Mesir, sehingga lahir seorang Putra 12 tahun yang sangat indah, dari Mesir. Justru dididik lebih lengkap dan tepat dalam Taurat di Mesir daripada kalau di Israel. Orang2 Israel, Nazaret tidak me-lihat Yusuf-Maria mendidik-Nya, mere-ka heran, dari mana Putra manusia Ye-sus dididik Mat 13:54. Mengapa be-gitu? Sebab di Mesir, sebagai orang asing, mereka mendidik hidupNya de-ngan ketat sebagai orang asing, dianggap ekstrem oleh orang2 Mesir (hidup tanpa dosa), tetapi mereka bisa menerima, sebab Yusuf-Maria adalah orang asing. Mungkin di Israel sulit, sebab mereka tidak bisa bertindak “sa-ngat ketat” sebab mereka akan di-anggap ekstrem oleh tetangga2nya di Israel. Juga mereka bisa hidup di Mesir, sebab ada biaya dari orang majus yang diatur oleh Tuhan. Mereka lagi mela-kukan perbuatan baik yang disiapkan Allah terdahulu, luar biasa!

MAT 2:16-18

HERODES MEMBABI-BUTA.

Herodes akhirnya tahu, orang Majus tidak mau menuruti permintaannya, ia marah membabi-buta, membunuh anak laki2 dibawah 2 tahun di Betle-hem dan daerahnya sesuai dengan penelitiannya dengan orang Majus. Iblis dan Antikris juga akan membabi-buta dengan marah membunuh orang2 yang dibencinya (anak perempuan Wah 12:1), calon2 orang beriman yang se-tiawan dalam Minggu ke-70 Daniel. Kalau kita tidak bersedia ekstra dengan Tuhan, sulit untuk bertahan pada akhir zaman, lebih2 dalam Minggu ke-70 Da-niel. Mereka yang hidup dalam dosa, tidak ada dalam rencana Allah akan menjadi korban sia2, seperti anak2 Betlehem ini.

Orang yang tidak bisa ikut dalam rencana Allah jadi korban yang dahsyat pada akhir zaman ini, seperti yang sudah dinubuatkan, baik dalam 3,5 tahun I sebelum pengangkatan, tetap ada banyak korban, lebih2 sesudah pengangkatan, semua dibinasakan total Wah 13:7, Wah 6:11 sampai jumlah yang dinubuatkan genap.

MAT 2:19-23. KEMBALI KE NAZARET.

Banyak liku2nya, tetapi semua sesuai dengan :

  1. Rencana Allah untuk kembali ke Israel pada waktu yang tepat, Bila?, mungkin mendekati 12 tahun, sesudah cukup dididik dengan “ekstrem” (= tanpa dosa Ibr 4:15). Bila anak2 Yusuf dengan Maria yang lainnya lahir? Di Mesir atau Israel? Tidak disebutkan. Mungkin lebih mudah dididik bersama dengan ketat sesuai Firman Tuhan (tanpa dosa) di Mesir.
  2. Arkhelaus menggantikan bapaknya, Yusuf takut ke sana (Betlehem?), tetapi sebab ia diingatkandalam mimpi, ia pergi ke Nazaret. Sekalipun liku2 hidup mereka ruwet, ternyata ini sesuai dengan nubuatan para nabi, sebab Allah sudah menyediakan sebelumnya terlebih dahulu.

KESIMPULAN.

Yusuf-Maria melakukan semua rencana Allah karena Putra manusia Yesus, meskipun sebagian dari rencana2 itu tidak diketahuinya.

Tetapi ternyata semua sesuai dengan rencana Allah yang indah, diketahui atau tidak, akhirnya keluarga ini menghasilkan Putra manusia Yesus, yang 100% cocok dengan rencana Allah, menjadi anak domba yang tidak bercacat-cela 1Pet 1:19.

Akan ada 144.000 orang2 pada akhir zaman yang bisa hidup seperti keluarga Mesias ini, lebih2 dalam 3,5 tahun sebelum pengangkatan. Kita harus belajar mulai sekarang, selalu berada di rel Tuhan dengan hidup berkenan pada Tuhan dan terus taat dipimpin Roh. Jangan takut kebutuhan nafkah, sekolah, kesehatan dll, Tuhan sanggup memelihara kita, tetapi carilah dahulu kerajaan Surga Mat 6:33.

Ingat perlu bersedia ekstra di hari2 terakhir ini. Banyak orang tidak mau, tidak percaya, tetapi orang yang sudah diyakinkan Tuhan, jangan melawan pimpinan Roh, supaya kita bisa lolos dari dosa dan kejahatan yang meningkat begitu dahsyat (Wah 22:11) dan bisa ikut pengangkatan, bahkan ada sebagian yang bisa ikut dalam 144.000 orang sempurna. Bersedialah. Belajar berse-dia baik2 dan ekstra dengan selalu penuh Firman Tuhan dan Roh Kudus dan dipimpin Roh dalam persekutuan tubuh Kristus, melayani menjadi garam dan terang dunia, terus taat dipimpin Roh.

Nyanyian:

Buatlah jalanMu dalam saya,

Tuhan Penjunan, ku tanah liat.