M4073 – LUKAS 2:21-40. BAYI YESUS KE KAABAH (sambungan)

  1. Penyucian Luk 2:21-24.
  2. Simeon Luk 2:25-35.
  3. Hana Luk 2:36-38.
  4. Pulang Luk 2:39-40.

LUK 2:34

NUBUATAN TENTANG MARIA.

  1. Simeon memberkati Yusuf dan Ma-ria. Ini cocok dengan kehendak Tuhan dan akan jadi, sebab mereka hidup be-nar dan Tuhan pasti senang member-katinya. Jangan memberkati orang ja-hat atau niatnya yang jahat, seperti ibu dalam Hak 17:1-5 yang mengutuki pencuri uangnya, ternyata yang mencu-rinya adalah Mica putranya sendiri dan dikembalikan. Sebab itu si ibu mem-balik kutuknya menjadiberkat dan memberikan uangnya kembali. Mica tidak mau menerima kembali, lalu ibunya memakai 200 syikal peraknya untuk membuat berhala, ini sangat jahat. Jangan mudah memberkati atau mengutuki orang seperti orang2 yang keji ini.

Ishak memberkati Yacob dengan tidak sadar, tetapi tidak mau mem-berkati Esau lagi Kej 27:38. Orang yang mengerti dan takut akan Tuhan tidak sembarangan memberkati, apalagi mengutuki.

  1. Anak ini ditetapkan untuk keja-tuhan dan kebangkitan kembali dari banyak orang di Israel. Kalau dahulu keadaannya tidak jelas, campur baur, tetapi sesudah Kristus datang di te-ngah2nya, terjadi polarisasi yang jelas, yaitu sebagian orang setuju dan di-bangunkan (seperti murid2 dan semua orang yang percaya kepada Putra ma-nusia Yesus), tetapi mereka yang tidak percaya, melawan akan jatuh. Terjadi 2 pihak dalam orang Israel oleh pela-yanan Putra manusia Yesus Yoh 10:19-21. Sangat kontras. Mereka yang tidak percaya dan berusaha membunuh-Nya dan “berhasil”. Mereka yakin mereka “benar”, beranimengutuki dirinya dan turunannya sendiri kalau salah, tetapi ternyata mereka sungguh2 salah dan terkutuk Mat 27:23,25. Tetapi sebagian yang percaya dibangkitkan seperti 12 rasul dan orang2 yang percaya, mereka dipakai Tuhan untuk melahirkan Gereja dan memberitakan Injil sampai di seluruh dunia Mat 28:19-20, Kis 1:8.

Dimana utusan Tuhan datang, orang2 ber-pihak2an. Mengapa? Sebab orang yang diutus Tuhan itu terus terang, dan datang dengan kuasa Allah, sehingga sebagian percaya dan yang lain melawan, sehingga tampak dengan jelas pihak Allah dan iblis, di jalan lebar atau sempit. Tetapi Iblis lebih senang semua ber-sama2 menjadi satu dengan manis, sehingga akhirnya semua tepe-ngaruh oleh pergaulan dosa, daging dan keduniawian, sebab ini jalan yang lebih mudah dan disukai orang Yoh 3:19. Tetapi hamba2 Allah membawa terang, supaya orang memilih, sebab penentuan Surga-Neraka ditentukan di dunia, juga pengolahannya supaya ma-kin tumbuh seperti Kristus atau seperti iblis. Jangan tenang, “damai” dalam pembiusan iblis, tetapi harus ada keputusan, kepastian untuk memilih hidup yang kekal Luk 12:57, Yus 24:15. Hidup ini kesempatan untuk gandum (diolah) dan lalang (supaya bertobat menjadi gandum); jangan masa bodoh, ikut2an, mendua atau plin-plan, akan diludahkan keluar Wah 3:16.

Pada puncaknya dalam Minggu ke-70 Daniel, mula2 (dalam 3,5 tahun I) hukuman Allah berlaku dalam rumah Allah 1Pet 4:17, untuk yang tidak ber-tobat (seperti Ananias dan Safira dalam Kis 5), sehingga yang mau disucikan, bisa bersekutu dalam Roh dan cepat tumbuh menjadi sempurna. Sesudah pengangkatan, semua yang tertinggal, tetapi mau kembali percaya Tuhan dibi-nasakan Wah 13:7 (dalam 3,5 tahun II).

  1. Suatu tanda yang diperbantahkan. Karena tidak bisa bersatu, tidak bisa mengerti, sebab ada 2 pihak dari Allah dan dari iblis, timbulperbantahan Kis 11:2. Gelap dan terang tidak bisa bersatu 2Kor 6:14-16. Jangan terlalu se-dih, kalau ada sebagian orang2 mening-galkan kita, sekalipun kita tinggal benar di dalam Tuhan, sebab memang akan terjadi pemisahan, lebih2 kalau sudah datang saat penuaian Mat 13:30, Luk 12:51 KJI. Abraham mencintai Lot, yang mula2 orang benar 2Pet 2:8, tetapi Lotmemilih kesukaan duniawi dan tidak mau bertobat kembali, akhirnya berpi-sah untuk kekal. Jangan ber-bantah2 1Kor 11:16 minta hikmat dan kuasa Allah untuk menolong lalang dan orang yg undur, tetapi sebagian tetap tidak mau bertobat seperti Lot yg akhirnya binasa.

LUK 2:35

PEDANG MENEMBUS JIWAMU

Hati jadi sangat sakit dan sedih seperti ditusuk pedang, sebab akhirnya keta-huan pikiran orang2 yang melawan dan tidak percaya itu bertentangan.

Kadang2 tampak orangnya baik dan membela, tetapi ternyata kemudian melawan dan terjadi korban. Seperti Yudas murid-Nya sendiri yang menye-rahkan Putra manusia Yesus. Akhirnya ketahuan bahwa pikirannya lain, tidak sama, penuh dengan keinginan2 dunia-wi yang sia2, sehingga terjadi perpe-cahan dan pemisahan yang menge-rikan, yaitu untuk kekal. Kalau Roh Kudus bekerja, kalau hamba2-Nya pe-nuh pengurapan dan punya pendirian yang kuat di atas Firman Tuhan, maka akan terjadi pemisahan dan perpecah-an dan perbedaan pikirannya akan ma-kin tampak jelas. Sebab itu jangan mendua dan isi terus pikiran kita dengan perkara2 dari Atas, yaitu Fir-man Tuhan Yoh 14;23, Kol 3:1-3, se-hingga tetap hidup dengan Tuhan dalam rencana-Nya yang mulia.

LUK 2:36-38. NABIAH HANA MENEGUHKAN.

Lagi2 ada orang yang suci, tulus dan berkenan kepada Tuhan. Seorang pera-wan, menikah 7 tahun lalu jadi janda sampai umur 84 tahun dan melayani Tuhan dengan terus tinggal di bait Allah berdoa, berpuasa siang dan malam. Orang2 yang hidupnya disucikan, mu-dah bisa mengerti dan menemukan ra-hasia2 Allah yang besar seperti menge-nali Mesias, sebab di dalamnya Roh Kudus bisa bebas bekerja untuk menya-takan rahasia2 Allah 1Kor 2:10. Ia ber-syukur pada Tuhan dan ber-kata2 ten-tang Putra manusia Yesus kepada se-mua orang yang menunggu penebusan di Yerusalem. Ini perkara rohani yang besar, tetapi banyak orang menga-baikan, sebab hatinya tidak mengasihi Allah, sehingga 33 tahun berikutnya mereka tidak mengerti, menolak dan membunuh Mesiasnya yang sudah ditandai dengan banyak tanda, mujizat dan Firman Tuhan serta hidup yang berkenan kepada Tuhan.

Begitu pada akhir zaman akan ada pemisahan, perpecahan yang sangat menyedihkan akan terjadi, tetapi orang yang tumbuh dalam kesucian (Wah 22:11) akan mengerti dan masuk dalam golongan yang beruntung, ikut dalam golongan pengangkatan yang heran dan mulia. Golongan ini adalah golong-an jalan sempit, hidup dalam kesucian dipimpin Roh, terus tumbuh dalam 2 gomer kebenaran2 Firman Tuhan, bisa bersekutu dalam Roh dengan orang2 yang sama2 dipimpin Roh yang terus berdoa dalam Roh dan kebenaran, limpah dengan 7 KPR. Ini seperti Elia yang dipersiapkan untuk berjalan 40 hari 40 malam sampai di gunung Allah dan masuk dalam rencana Allah yang terbesar dan termulia.

LUK 2:39. KEMBALI KE NAZARET

Ini terjadi sesudah bayi berumur 40 hari. Ini lain dengan kembali ke Nazaret dalam Mat 2:22-23, yaitu sesudah pulang dari Mesir. Pada waktu sensus, Yusuf dan Maria berangkat dari Naza-ret rumah mereka, ke Betlehem dan sesudah selesai di Bait Allah mereka kembali ke Nazaret. Ber-ulang2 mereka kembali dan tinggal di Nazaret sesuai dengan nubuatan para nabi Mat 2:23. Orang yang berkenan pada Tuhan dan taat dipimpin Roh itu terus menerus masuk dalam rencana Allah yang heran, penuh dengan hal2 baru dan hal2 yang indah dari Tuhan sampai akhirnya. Begitu kalau kita berkenan pada Tuhan, kita akan ikut dalam ren-cana Allah mulai sekarang sampai pada akhirnya yaitu dalam rencana Allah yang termulia, bahkan untuk orang akhir zaman akan masuk dalam go-longan Kristus II (kedatangan Tuhan Yesus II) sangat indah, mulia, bahkan ada yang masuk dalam kesempurnaan. Sebab itu terus berjalan dalam Roh, baik dalam hal2 jasmani (pekerjaan, keuangan, rekreasi, makan minum dll) juga dalam hal2 rohani, selalu mela-kukan kehendak Allah dan hidup benar, baik dalam kata2 dan perbuatan, bah-kan sampai pikiran (MAK DSY = Di Mana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Dahulu, Sekarang dan Yang akan datang), sehingga bisaTinggal dalam rencana Allah itu. Bisa terus menerus tinggal dalam pimpinan Roh itu indah, sebab dengan demikian kitaterus me-nerus ada dalam rencana Allah yang mulia, sehingga Yusuf dan Maria bisa mendidik Putranya dalam kesucian dan dengan tepat sesuai dengan nubuatan dan rencana Allah. Juga kita di akhir zaman ini, berusahalah terus hidup benar dan berkenan pada Tuhan, dipimpin Roh supaya bisa terus ada dalam rencana Allah, itu hidup yang terindah dan tertinggi.

LUK 2:40. PUTRA MANUSIA YESUS TUMBUH SESUAI RENCANA ALLAH.

Ini tidak lepas dari bimbingan dan asuhan Yusuf dan Maria, sebab itu Tu-han mencari orang2 yang sangat ber-kenan kepada-Nya untuk melahirkan dan mengasuh Putra manusia Yesus. Ini perkara besar di hadapan Tuhan dan untuk kekal.

Tumbuh dan bertambah kuat dalam Roh. Banyak anak2 tumbuh dan kuat secara jasmani dan makin kuat dalam hal2 yang fana seperti sekolah, tetapi dalam hal rohani disepelekan. Kalau untuk sekolah dibiayai cukup, tetapi untuk ke Sekolah Minggu, ke Gereja di-sia2kan, sehingga rohaninya jadi le-mah, mudah diperbudak oleh dosa dan tabiat lama, selalu kalah dengan dosa, dunia dan iblis. Seharusnya kita dan anak2 kita kuat rohaninya dan bisa ber-buah2, merebut jiwa2 dari tangan iblis. Yusuf dan Maria mendidik dengan baik sehingga anaknya tumbuh dan kuat dalam Roh.

Dipenuhi dengan hikmat Allah. Hikmat dunia perlu diajarkan, tetapi jangan lupa hikmat ilahi yang kekal, dari buku hikmat yaitu Alkitab Ul 6:7, 2Tim 3:15. Berapa orangtua menelan-tarkan, mengabaikan didikan Firman Tuhan, sehingga anak2nya bodoh dan terus ditipu dunia, hawa nafsunya dan pergaulan yg jahat, yang penuh dengan dusta iblis, sehingga undur dan tumbuh dalam dosa kepada kebinasaan.

MAT 2:1-12. KUNJUNGAN ORANG MAJUS.

MAT 2:1-3. HERODES DAN YERUSALEM TERKEJUT.

Sebetulnya orang2 Yerusalem pada waktu Tuhan Yesus melayani, masih ingat hal ini, apalagi Herodes waktu di-datangi orang2 Majus, memanggil imam2 dan ahli Taurat untuk menanya-kan tentang tempat Mesias. Jadi me-reka sudah mendapat kabar bahwa Mesias sudah datang, sampai2 Kaabah heboh (nubuat Simeon dan Hana) juga berita gembala2 dan sekarang ada berita orang Majus dan Herodes. 12 tahun kemudian kaabah dihebohkan oleh pelayanan yang ajaib dari seorang anak kecil. Belum kesaksian Yohanes pembaptis, perbuatan ajaib dan ajaran Putra manusia Yesus sendiri. Banyak hal2 yang meneguhkan, tentang Me-sias, tetapi Imam2 dan orang Parisi dan orang Yahudi istimewa yang di Yeru-salem tetap tidak percaya dan mem-bunuh Mesias. Sayang, mata hatinya dibutakan sebab hidupnya munafik, tidak bertobat, sehingga ditegur te-rang2an dalam Mat 23.

MAT 2:5-8. ORANG MAJUS DI YERUSALEM.

Dalam ayat 1 dikatakan se-olah2 orang majus datang, sesudah Putra manusia Yesus lahir di Betlehem.

Bila dan dimana peristiwa kedatangan orang Majus ini terjadi?

  1. Herodes menyelidiki dengan teliti saat bintang itu tampak oleh orang2 Majus itu (tanda kelahiran Putra manu-sia Yesus), itu terjadilebih kurang 2 tahun yang lalu Mat 2:6,16.
  2. Sesudah orang Majus itu pulang, langsung Yusuf berangkat ke Mesir Mat 2:13. Itu berarti peristiwa ke Kaabah itu sudah terjadi jauh sebelumnya, waktu berumur 40 hari!
  3. Tampaknya orang Majus itu tidak bertemu bayi itudi Betlehem, sekalipun Herodes menyuruhnya ke Betlehem Mat 2:5,8, tetapi mereka berjalan menurut pimpinan bintang itu Mat 2:9-10 dan bintang itu memimpin mereka ke tempat yang tepat, sebab Yusuf dan Maria sudah pulang ke Nazaret (Luk 2:40). Jadi orang Majus itu bertemu bukan di kandang, tetapi di rumahnya di Nazaret, lebih kurang 2 tahun sesudah kelahiran-Nya.

MAT 2:9-12. PENEGUHAN DAN PERSEMBAHAN ORANG MAJUS.

Orang Majus itu mempersembahkan emas, kemenyan dan mur untuk ke-luarga miskin ini, sebab Allah yang memperlengkapi mereka untuk perja-lanan ke luar negeri dan untuk hidup-nya disana. Tuhan sanggup mencukupi kebutuhan yang manapun dari siapa-pun, sekalipun orang sederhana dan miskin seperti Yusuf dan Maria. Dalam kesukaran nafkah sebetulnya yang salah bagi orang2 beriman bukan sikon yang sulit, tetapi keadaan masing2 dan imannya. Kalau hidup berkenan, punya iman, semua akan dilengkapi dengan cukup, bahkan limpah.

Siapakah orang Majus ini? Ini bukan orang2 ahli perbintangan. Mung-kin mereka bisa melihat bintang, tetapi pengetahuannya sangat rendah. Ini zaman kuno, tidak ada alat. Mereka tidak akan bisa mengambil kesimpulan tentang lahirnya seorang Mesias. Itu hanya bisa terjadi dengan ilham Roh. Juga bintang yang begitu tinggi tidak akan bisa memimpin; tetapi ada cahaya dari Tuhan yang memimpin mereka (ingat, bintang itu besarnya seperti bu-mi, kadang2 lebih besar). Mereka ada-lah orang2 yang seperti Ayub dan te-man2nya,  orang2 benar yang berke-nan pada Tuhan sehingga tahu rahasia2 ilahi yang dalam dan indah ini.

Waktu pulang, Tuhan berbicara lagi pada mereka dalam mimpi seperti kepada Yusuf, sebab mereka juga orang benar seperti Yusuf. Tuhan tidak bisa bersekutu dengan orang dosa Yes 59:2. Ini orang2 dari Wasiat Lama yang indah di hadapan Allah.  Lebih2 dalam Wasiat Baru dan pada kedatangan Tuhan Ye-sus II akan ada banyak orang yang in-dah2 ikut serta dalam rencana pena-matan Allah dalam pengurapan dan pimpinan Roh Kudus. Betapa indah “diturunkan Allah” (lahir) pada akhir zaman ini, pasti ada hubungannya dengan rencana penamatan Allah yang hebat, besar dan mulia ini. Sebab itu hiduplah seperti Yusuf dan Maria, sangat berkenan pada Tuhan.

MAT 2:13-15. LARI KE MESIR.

Meskipun dipimpin dan diatur Allah, masih harus lari dari Herodes? Mengapa bukan Herodes yang jahat itu dibunuh saja? Sebab:

  1. Hidup di dunia ini pengolahan, bu-kan tujuan, bukan untuk hidupdengan sombong atau takabur, tetapi dengan rendah hati, sebagai hamba dan penuh penyangkalan diri sehingga daging di-matikan, tabiat baru ditumbuhkan dan kita bisa tumbuh sampai seperti Kris-tus. Orang yang ambisi, sebagai tuan, memerintah, menuruti kehendak dan hawa nafsunya itu justru bukan dari Tuhan, tetapi menuruti daging dan diolah iblis. Sebab itu kalau perlu “lari”, mengalah, jadi budak seperti Yusuf, orang yang di-kejar2 seperti Daud, sesuai pimpinan Roh, yaitu kita taat melakukannya. Juga dalam perseku-tuan orang2 rohani itu bukan orang yang mau menguasai mau menang2 tetapi melayani sebagai hamba dengan penuh penyangkalan diri Mat 20:26-28, mengampuni musuh dan memberkati, rendah hati seperti Kristus, seperti domba di pembantaian, tetapi tidak bersuara Yes 53:7. (Tetapi harus tetap mendidik dan mendisiplinkan orang2 yang jadi beban kita).
  2. Nubuatan tentang Rama digenapi Mat 2:16-18, sebab dosa orang2 Bet-lehem seperti dosa istri dan anak2 Ayub yang melebihi batas, sehingga Tuhan mengizinkan kematiannya.

Semua liku2 rencana Allah di te-ngah2 dunia yang penuh dengan dosa dan kejahatan, itu ajaib, sebab umat Tuhan tetap terpelihara sesuai dengan rencana Allah. Begitu akan terjadi pada akhir zaman yang dahsyat dan penuh dengan bahaya, bahkan banyak korban berjatuhan, tetapi orang yang memeli-harakan hidupnya berkenan, tidak jadi korban sia2 (Maz 92:7),tetapi ikut da-lam pengangkatan 1Kor 15:51-52.

Berapa lama di Mesir? Apa yang dikerjakan, di tengah2 bahaya dan ke-sukaran, tetapi tetap dalam peme-liharaan Allah; itu semua ada dalam rencana Allah yang ajaib, meskipun tidak ditulis tetapi indah (terlalu ba-nyak dan terlalu ruwet untuk ditulis). Hidup di akhir zaman, lebih2 dalam Minggu ke-70 Daniel, tanpa Tuhan tidak akan tahan dan akan hanyut dalam dosa dan menjadi korban2nya. Sebab itu kita harus ber-jaga2 ekstra, 7 KPR ekstra seperti Elia diperlengkapi ekstra. Pakailah kelimpahan rohani yg sudah disediakan Tuhan mulai seka-rang, yang akan makin ber-tambah2 dengan 7 KPR ekstra untuk masuk da-lam golongan Kristus II (golongan orang yang ikut pengangkatan).

MAT 2:19-23. KEMBALI KE NAZARET.

Herodes mati. Raja ini dahsyat, mem-bunuh bayi di bawah umur 2 tahun dan tidak ada yang berani protes atau be-rontak. Yusuf takut, juga pada peng-gantinya. Apakah Yusuf harus menung-gu Herodes mati? Tidak. Kalau sudah waktunya kembali (sebelum umur 12 tahun), maka Herodes yang tidak mau bertobat diangkat Allah, sesuai dengan waktu dan rencana Allah untuk keluarga Yusuf, bukan Yusuf menunggu Herodes mati. Jadwal Allah ada di atas se-gala2nya.

 

Hidup dalam rencana Allah. Semua terjadidalam pimpinan dan rencana Allah. Begitu juga kita harus selalu da-lam pimpinan Roh Kudus, sehingga selalu ada adalam rencana Allah yang unik. Tampaknya menderita, kalah, ditekan, tetapi sebetulnya di dalam Tuhan kita menjadi orang kuat yang mengalahkan daging untuk taat pada pimpinan Tuhan, sehingga terus lulus, naik kelas, tumbuh makin seperti Kristus. Kita orang kuat di hadapan Tuhan dan Tuhan yang menguasai dan mengatur sikon kita. Jangan lupa, hidup di dunia ini pengolahan seperti tanah liat di tangan penjunan Yes 64:8. Matikan daging, taat akan kehendak dan rencana Allah, kita diolah menjadi seperti Kristus. Juga Putra manusia Yesus hidup 33,5 tahun di dunia diolah tepat menurut kehendak dan rencana Allah dalam pimpinan Roh sampai akhirnya semua selesai, sudah genap di Golgota dengan tepat Yoh 19:30. Ja-ngan lupa sampai dimana kita tumbuh dalam pengolahan ilahi, itu menjadi ukuran kemuliaan kita untuk kekal di Surga. Terus taat dan menyerah dalam pimpinan Roh Kudus sesuai dengan Firman Tuhan, sehingga seluruh tabiat baru tumbuh sampai matang dan semua tugas dan beban dapat diselesaikan 2Tim 4:7.

Yusuf takut ke Betlehem, tempat maut, tetapi dengan pimpinan Tuhan ia kembali ke Nazaret, menggenapi nu-buatan para nabi, sesuai dengan rencana Allah.

Dalam zaman kita, lebih2 di akhir zaman, rencana Allah pasti jadi 100%. Kalau kita bisa mengerti (sahabat Allah akan mengerti Yoh 15:15), kita bisa ikut semua rencana Allah dan masuk dalam tingkat yang tertinggi, bahkan Allah menyediakan tingkat yang sempurna.

KESIMPULAN.

Hidup diperkenan Allah itu indah dan ajaib, bisa naik turun sekalipun dahsyat, tetapi ajaib, sebab terus terpelihara oleh Allah dalam rencana-Nya yang besar.

Nyanyian:

Buatlah jalanMu dalam saya,

Tuhan Penjunan ku tanah liat.