M4070 – Riwayat Maria (Bag. IV)

BAYI YESUS DALAM KAABAHLUK 2:21-24

LUK 2:21. NAMANYA DISEBUT YESUS.

Sebagai turunan Daud, sesuai dengan hukum2 Wasiat Lama, Yusuf dan Maria harus mentaati peraturan Taurat Im 12:3; bayi yang baru lahir pada hari ke-8 harus dikhatankan dan diberi nama Yesus sesuai dengan pesan malaikat itu. Kalau Allah beserta, semua akan lancar dan semua akan jadi sesuai dengan rencana dan kehendak Allah. Jangan kuatir atau ragu2. Lagi2 Maria ke-heran2an sebab semua bisa berjalan sesuai kehendak Allah seperti yang diberitakan malaikat. Bagi Maria Nama Yesus itu luar biasa, dia belum bisa mengerti semuanya, hanya sedikit saja.

Kalau kita mau mentaati hukum2 Tuhan, jangan hanya mendengar atau tahu, tetapi harus taat, baik dalam hal yang kecil dan yang besar Yak 1:22-23, maka Tuhan akan menolong kita untuk bisa menggenapi semua janji2 Allah dan semua rencana Allah yang indah akan digenapkan dalam hidup kita. Orang yang taat itu bahagia Luk 1:28 dan segala perbuatannya beruntung juga Maz 1:3 (1-2). Tidak sulit jadi orang beruntung dan punya nasib baik, sekalipun orang miskin dankecil! Taat-lah akan Firman Tuhan lebih daripada nafkah Ay 23:12. Seringkali orang ber-alasan karena nafkah, pekerjaan, se-hingga merasa tidak bersalah kalau meninggalkan ibadah, Firman Tuhan, masa teduh, bahkan kesucian; gara2 nafkah ia merasa boleh tidak taat akan Firman Tuhan, itu orang yang celaka. Tetapi yang taat akan Firman Tuhan lebih dari nafkah akan diberkati Tuhan, nasibnya akan manis dan penuh kejutan2 indah dari Tuhan.

LUK 2:22. KE BAIT ALLAH SESUDAH GENAP HARI PENYUCIANNYA.

Menurut Im 12:4-8 sesudah hari pe-nyucian si ibu (40 hari untuk anak laki2, dan 80 hari untuk anak perempuan), maka sesudah itu orangtuanya harus membawanya ke dalam Kaabah, ini peraturan Taurat Wasiat Lama. Sebab itu pada hari ke-40, Yusuf dan Maria membawa-Nya ke bait Allah di Yerusalem. Begitu orang2 beriman ha-rus mengalami baptisan Roh Kudus (sunat hati Rom 2:29 ~ Pintu Kemah) dan terus tumbuh sampai 40 hari (yaitu angka kematian daging ~ Tirai) kepada kesempurnaan. Memang ini adalah rencana atau jadwal pertumbuhan ro-hani yang diharapkan Tuhan pada setiap umat-Nya. Mulaidari percaya (la-hir baru) sampai baptisan Roh Kduus, lalu terus bertumbuh dalam pimpinan Roh sampai mati dari segala keda-gingannya dan menjadi sempurna. Ini untuk semua orang yang percaya; yang mau akan sanggup dengan pertolongan Allah Zak 4:6, Pil 4:13. Tumbuhlah, le-bih2 di akhir zaman, yang tidak tumbuh atau plin-plan akan hanyut dalam dosa yang akan meningkat sangat kuat dan hebat Wah 22:11. Ini bukan nasib atau untung2an, tetapi ditentukan dan ter-gantung dari kemauan kita masing2 yang mau taat dengan sungguh2 se-perti Yusuf-Maria Luk 12:57, sebab Roh Kudus sanggup menolong sampai ber-hasil, sebab Dialah Allah yang Maha-kuasa dan Mahabesar.

LUK 2:23. ANAK LAKI2.

Kita harus menjadi laki2 rohani. 1Kor 16:13. Dalam Wasiat Lama laki2 itu bisa dan wajib berperang, perempuan tidak Bil 1:20.

Laki2 rohani adalah orang2 yang mau pikul salib, mau berperang mela-wan daging, dosa, dunia dan iblis; Kita berperang dengan Tuhan pasti menang Rom 8:31. Setiap kali kita menghadapi pencobaan, godaan, taikan daging dan ancaman dari setan, kalau kita menang (artinya tidak jatuh atau bereaksi dosa, tetap hidup dalam kesucian dan mela-kukan kehendak Allah), maka kita me-nang dan kita tumbuh 1 tingkat lebih tinggi, begitu seterusnya setiap kali sampai akhirnya menjadi sempurna, bisa tembus Tirai masuk dalam Ruang-an Maha Suci. Jalan Tuhan adalah jalan salib dan akhir dari jalan salib itu berakhir di Golgota (ini juga sama de-ngan Tirai dalam Kemah Suci) lalu masuk dalam tempat kesempurnaan Allah. Orang yang terus tumbuh tidak semua menjadi sempurna, tetapi yang terus tumbuh, ada yang menjadi sem-purna pada akhirnya Wah 14:1. Go-longan orang2 akhir zaman yang terus tumbuh dan tetap setia sampai ke akhir, akan ikut dalam pengangkatan dan ada sebagian yang menjadi sem-purna).  Teruslah meningkat sebagai laki2 rohani, terus menang dalam se-tiap pencobaan, sehingga makin indah, makin sukacita dan terus tumbuh da-lam perkara2 baru dan besar dari Tuhan dan dalam perlindungan dan kuasa Tuhan.

LUK 2:24. KORBAN ORANG MISKIN.

Tuhan tidak membedakan orang miskin dan kaya (pintar dan bodoh, berkedudukan atau orang biasa dll), sebab itu sekalipun orang miskin, me-reka bisa membawa korban persem-bahan pada Tuhan, sebab ada korban yang kecil dan itu sama nilainya di hadapan Tuhan.

Biasanya dikorbankan 1 anak dom-ba umur 1 tahun dan 1 anak merpati atau tekukur Im 12:6-8. Tetapi kalau orangnya tidak mampu, bisa memper-sembahkan 2 anak merpati atau te-kukur. Tuhan tidak mengukur kemam-puan tetapi kemauan, asal mau, biar-pun lemah, bisa terlaksana. Yusuf, Ma-ria dan bayi Yesus, meskipun mereka tidak mampu, tetapi mau (ada kepu-tusan yang betul dan tegas Luk 12:57), maka rencana Tuhan yang gilang gemilang itu jadi dalam hidup mereka. Jangan ragu2, sekalipun2 lemah, asal sungguh2 mau, yaitu taat, maka ren-cana Allah akan jadi dalam hidupnya, bahkan terus menerus,tergantung ke-setiaan dan ketaatannya. Kalau terus taat dan tumbuh sampai ke akhir, akan terus menuju kepada kesempurnaan. Ini yang terjadi dalam hidup Maria (dan Yusuf) yang mengasuh bayi Yesus, rencana Allah betul2 jadi dengan sem-purna. Ada tanda2 kalau rencana Allah sudah genap, yaitu waktu Tuhan Yesus datang, itulahpenggenapan 3 angka ke-datangan Tuhan. (Seluruh dunia genap mendengar Injil Mat 24:14, juga jumlah yang selamat genap Rom 11:25, dan jumlah yang sempurna genap Wah 14:1). Allah tahu kemampuan dan ke-mauan kita masing2, dan ini menen-tukan nasib dan pertumbuhan kita ma-sing2; ini kesempatan bagi setiap orang yang mau sungguh2 taat dan tekun, setia sampai ke akhir.

LUK 2:25-35. NUBUAT SIMEON.

LUK 2:25. SIMEON SEORANG YANG BENAR DAN SALEH.

Lagi2 orang benar, saleh, berkenan pa-da Tuhan. Ini pada zaman Tuhan Yesus I, apalagi dalam zaman Tuhan Yesus II, akan ada banyak orang2 suci yang indah2 dan berkenan pada Tuhan. Ten-tu ceritanya tidak ada dalam dunia atau media massa duniawi, tetapi di dalam Gereja-Nya. Jangan melihat orang ber-iman di jalan lebar, tetapi yang di jalan sempit, jumlahnya akan makin banyak dan indah2 di hadapan Allah. Apa kita termasuk golongan ini, yang meningkat dalam kesucian dalam rencana pena-matan Allah ? Inilah orang2 yang di-pimpin Roh dan Roh Kudus ada di atasnya seperti Putra manusia Yesus Luk 4:1,18. Ini orang2 yang sangat indah, sebab disertai Roh Kudus. Tanpa Roh Kudus kita tidak bisa berbuat apa2 seperti rasul2 sebelum dan sesudah penuh Roh Kudus sangat berbeda! Jangan lupa, bedanya besar Zak 4:6, Kis 1:8. Sebab itu harus selalu penuh dan dipimpin Roh.

Simeon ini orang biasa, tetapi ia tahu beban2 dan tugas pribadi dari Tuhan, sangat indah dan ia bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik. Banyak orang Kristen tidak tahu apa beban dan tugas pribadinya dari Tuhan, hanya mengalir menurut arus, tidak punya arah, se-hingga hidup dan pelayanannya hanya begitu2 saja, tidak berketentuan, sebab itu pasti juga tugasnya tidak akan se-lesai, terbengkalai. Kita harus bisa ber-jalan dalam Roh dan kita akan mengerti beban dari Tuhan dan arah pelayanan kita, terus maju sampai akhirnya bisa selesai, seperti Simeon, indah, senang, puas, banyak hal2 baru dan muliadari Surga yang akan berakhir dengan pahala dan mahkota dari Tuhan untuk kekal. Simeon menunggu penghiburan bagi Israel pada kedatangan Tuhan Yesus I, tetapi Israel menolak Mesias-nya yang sudah datang.

Kita menunggu kedatangan Tuhan Yesus II, pasti datang dan kita harus bersedia baik2 supaya bisa ikut dalam rencana penamatan Allah.

LUK 2:26. PATOKAN KEMATIAN.

Semua orang akan berakhir pada kema-tian, tetapi belum tentu tugas pela-yanannya sudahs elesai; Simeon me-ngerti dan bisa menyelesaikan tugas-nya dengan baik.

Ada orang2 yang diberitahu tentang umur (kematiannya) berhubungan de-ngan tugas atau nasibnya seperti Simeon ini. Tuhan bisa melakukannya sebab Dia yang menentukan mati dan hidup kita 1Sam 2:7. (Tentu makin lama hidup, ada kesempatan lebih lama un-tuk terus tumbuh dalam rencana Allah, apalagi untuk masuk dalam rencana kesempurnaan). Jangan diberkati Tu-han, lalu makin sibuk hal2 dunia yang fana dan untuk Tuhan makin kurang, sungguh itu bodoh dan rugi besar, bahkan jadi jerat seperti Luk 12:20-21. Celaka, sebab seringkali berakhir di Neraka seperti orang kaya dalam Luk 16:23! Orang yang makin rohani itu makin rindu ke Surga Pil 1:22-23, makin terlepas dari perkara2 duniawi Gal 6:14 dan makin tekun mencari perkara2 dari Atas Kol 3:1-3, sehingga makin ber-tumbuh seperti Kristus.

Simeon tidak akan mati sampai melihat Tuhan Yesus I, tetapi sesudah itu ia akan mati. Tetapi orang akhir zaman yang akan melihat Tuhan Yesus II, tidak akan mati dan ikut dalam peng-angkatan, masuk dengan Tuhan Yesus dalam Surga dan hidup tanpa kema-tian, indah! Apalagi mereka2 yang menjadi sempurna, sangat indah dan mulia untuk kekal.

Roh Kudus akan memberi kita pengertian tentang kedatangan Tuhan dari Firman Tuhan dan keyakinan da-lam hati serta pengurapan dan ke-kuatan yang besar dari Roh Kudus untuk bisa tumbuh dengan pesat dalam kesucian di akhir zaman ini (Wah 22:11) untuk masuk dalam rencana pena-matan Allah yang gilang gemilang itu.

LUK 2:27. DIPIMPIN ROH KE BAIT ALLAH UNTUK TUGASNYA.

Ini luar biasa, di luar kemampuan manusia. Ia dipimpin roh:

  1. Pada saat yang tepat.
  2. Ke tempat yang tepat.
  3. Menemukan orang yang tepat masih belum kenal dan tidak ada janji sebelumnya.
  4. Melakukan yang tepat.
  5. Mendapat hasil yang tepat.

Beginilah orang yang bisa dipimpin Roh dalam segala seginya tepat dan men-dapat hasil yang tepat. Jangan ragu2. Ini dikerjakan dengan iman, sebab tidak bisa dengan akal (ini aneh dan mus-tahil) dan Roh Kudus yang pimpin langkah demi langkah. Juga Abraham dipimpin keluar dari Urkasdim, Daud mengambil batu menghadapi Goliat, Gideon dengan 300 orang membawa nafiri, obor dan buli2, dll. Luar biasa. Jangan ragu2, tetapi yang penting, betul2 berkenan pada Tuhan supaya bisa dipimpin Roh, bukan dipimpin daging atau keinginan2 yang sia2.

LUK 2:28. SIMEON BERHASIL DIPIMPIN ROH DAN ME-MUJI2 TUHAN.

Biasanya ada ribuan bayi lahir setiap hari di seluruh Israel dan mereka harus pergi ke bait Allah di Yerusalem. Tetapi Simeon dalam pimpinan Roh bisa menemukan bayi yang tepat, kejutan yang indah untuk Simeon juga Yusuf dan Maria. Ini tidak mungkin dengan kemampuan Simeon sendiri. Sebab itu untuk ikut dalam rencana akhir zaman kita perlu mahir hidup dipimpin Roh dan belajar dari perkara2 yang kecil atau dalam menghadapi problem2 yang datang. Tuhan sanggup menolong dengan ketepatan 100%, ajaib, indah, luar biasa. Belajar terus berjalan dalam Roh, ber-tanya2 pada Roh Kudus 1Taw 16:11 dan cocokkan dengan Firman Tuhan di dalam hadirat Tuhan.

Jangan lupa kehendak Tuhan yang harus kita taati itu, baik yang enak dan yang tidak enak, istimewa yang ber-tentangan dan sakit bagi daging, tetap taat. Jangan seperti Yunus, kalau tidak setuju, tidak dikerjakan, tetapi seperti Abraham, Ayub dll sekalipun tidak enak, tetap taat, bahkan sampai mati Pil 2:8.

Paulus waktu ditangkap di Pilipi tidak boleh menunjukkan kewargane-garaan Romawi sehingga menderita, tetapi ia melihat mujizat Allah yang luar biasa dan Gereja Pilipi terbentuk. Kalau Yusuf hanya cari enaknya menurut daging atau kehendak sendiri, ia tidak akan pernah mengalami rencana Allah yang indah2, semua jadi batal. Ingat dipimpin Roh itu di jalan sempit sesuai Firman Tuhan, dan kalau setiap kali lulus akan naik kelas sampai tingkat2 yang tertinggi. Teruslah berdoa dalam Roh dan hidup benar supaya tahan dalam jalan salib sampai semuanya selesai dengan baik sesuai rencana Allah.

LUK 2:29. SIMEON SUDAH MENYELESAIKAN TUGASNYA.

Orang yang dipimpin Roh akan selalu puas, sejahtera dan sukacita. Kita perlu belajar sampai mahir, juga 9 karunia2 Roh dan tumbuh sampai matang dan ber-buah2 oleh Roh Kudus (dibantu dengan buah Roh). Apakah Simeon menjadi sempurna? Kita tidak tahu, kalau ia tumbuh sampai sempurna, 33,5 tahun kemudian akan bangkit waktu Putra manusia Yesus mati di Golgota. Paulus rindu tugasNya selesai dan ia juga mencapainya 2Tim 4:7, sa-ngat indah.Tugas Simeon sangat pen-ting untuk menolong, menguatkan Yu-suf dan Maria (mesikipun disebutkan hanya 1 kali). Kalau sampai mereka ga-gal, wai! Tuhan mengatur semua de-ngan tepat dan tahu mempersiapkan dan menguatkan dengan tepat. Begitu kita juga harus tumbuh sampai matang, dipimpin Roh sampai bisa menyele-saikan tugas kita bagi Tuhan. Orang yang dijalan lebar pasti terhilang dan yang dipimpin Roh di jalan sempit ha-rus dengan pengertian Firman Tuhan, sehingga hidup tidak sia2, kalau perlu umurnya bisa ditambah seperti Musa sehingga ia bisa menyelesaikan tu-gasnya.

Kaleb sudah berumur 85 tahun dan sudah tua (Yus 14:10), tetapi Musa ditambah Tuhan smapai 120 tahun, masih kuat (Ul 34:7). Tuhan tahu meng-atur semua dengan tepat dan murah.

LUK 2:30. MATA YANG MELIHAT.

Ini suatu anugerah yang besar. Betapa indah mata orang2 yang bisa melihat kedatangan Tuhan dan ia juga akan diangkat. Inilah mata yang dibukakan Roh Kudus, sehingga bisa mengerti tentang rahasia kedatangan Tuhan se-perti 1Kor 15:51,52, Mat 24:27 dan rahasia pertumbuhan sampai sempur-na, sangat indah!

Mata yg dibutakan oleh perkara2 yang fana akan berkata Tuhan masih lama datang, hidupnya akan senang sampai lama, tahu2 hilang Luk 12:20-21!

LUK 2:31. DISEDIAKAN BAGI SEGALA BANGSA.

Tubuh Kristus terdiri dari segala bang-sa, baru Dia datang. Juga orang2 yang bisa bersekutu dengan segala bangsa dan macam2 orang, itu bisa melihat dan mengalami rencana Allah yg indah, tidak ada kebencian rasial atau pribadi, tetapi cintanya makin penuh seperti Kristus.

LUK 2:32. GEREJA DAN ISRAEL AKAN DIGENAPKAN.

Tuhan sudah tahu lebih dahulu bahwa Israel akan menolak Mesiasnya, tetapi sesudah Gereja selesai, maka datang-lah waktunya untuk orang Israel dan seluruh rencana Allah akan digenap-kan.

LUK 2:33. YUSUF-MARIA

KE-HERAN2AN.

Orang yang berkenan pada Tuhan dan terus dipimpin Roh, hidupnya tidak habis2nya dengan barang baru dari Tuhan, luar biasa, tidak pernah bosan, tetapi seperti Maria yang diperkenan Tuhan, sampai akhir, terus penuh de-ngan barang2 baru dari Surga, luar biasa! Simeon bercerita tentang nama Yesus dan Yusuf Maria tidak habis2an ke-heran2an dengan nama itu, lalu dengan pribadinya, bahkan sampai ma-ti dan bangkit, tidak pernah selesai hal2 baru yang dialaminya dengan begitu limpah, tidak pernah habis!

Juga kalau kita tumbuh dalam ren-cana Allah kepada kesempurnaan, itu terlalu sangat jauh dan penuh dengan perkara2 baru yang sangat ajaib, begitu indah dan sampai dimana kita mengerti sampai disitu kita akan mengalaminya, dari manusia yang lahir baru sampai menjadi seperti Kristus 2Kor 3:1.

KESIMPULAN.

Ini kesempatan yang amat besar dan indah dari Tuhan untuk setiap orang (Rom 2:11), asal kita mau mengambil keputusan, siapa saja yang mau sekalipun tidak mampu dalam segala perkara, dengan pertolongan Roh Ku-dus dan Firman Tuhan akan sanggup mencapai yang se-tinggi2nya, sampai yang tertinggi.

Kita yang harus menen-tukan dengan percaya, cinta dan penuh pengharapan. Jangan setengah hati, tetapi tekun dan setia sampai mati.

Hidup ini adalah suatu kesempatan yg sangat indah, penuh dengan perkara2 baru yang ajaib dari Surga untuk orang yang berkenan pada Tuhan seperti Maria, Yusuf, Zakaria, Elizabet, Simeon, Hanna, gembala2 dll. Jangan hidup da-lam dosa, akan hanyut dalam polarisasi dosa Wah 22:11, tetapi kalau hidup berkenan pada Tuhan, hidup ini ke-sempatan luar biasa indahnya di dalam pimpinan Roh Kudus, penuh perkara2 baru yang limpah, tidak habis2nya dan terus meningkat sampai Tuhan Yesus datang dan sampai kekal.

Nyanyian:

Hidup ini adalah kesempatan.