M4068 – Riwayat Maria (Bag. III)

MAT 1:18. YUSUF MENDAPATI MARIA HAMIL.MATIUS 1:18-25. PROBLEM SEBELUM KELAHIRAN.

Padahal Yusuf dan Maria masih bertu-nangan dan mereka belum hidup ber-sama. Tentu Yusuf menjadi bingung.

Bilakah problem ini terjadi? Apakah sebelum Maria ke Elizabet atau sesu-dahnya. Tampaknya ini sesudahnya, sebab:

  1. Maria langsung pergi ke Elizabet sesudah dilawat malaikat.
  2. Yusuf belum melihat tanda2 hamil sebelum Maria pergi ke Elizabet, baru 3 bulan sesudah itu atau lebih lama lagi.

MAT 1:19. YUSUF TIDAK MEMBALAS.

Pada waktu ini orang yang tertunangan itu statusnya seperti suami-istri, tetapi belum boleh hidup bersama, sampai diresmikan. Yusuf sangat terkejut; apa-kah ia sudah menanyakan pada Maria. Mungkin ia bertanya dan dijawab Amria bahwa kehamilannya itu dari Roh Kudus (ayat 18), sesudah  dilawat malaikat. Apakah terjadi tanya jawab, perbantahan atau perdebatan?

Tidak disebut, mungkin tidak, tetapi Yusuf yang tidak dapat mengerti, hen-dak menceraikannya dengan senyap supaya jangan Maria dipermalukan, sekalipun Yusuf “dikhianati”, pasti ia sangat susah dan menderita, tetapi ia tidak mau membalas. Disini tampak kebaikan hati Yusuf yang sudah dike-tahui Allah dan sebab itu ia sudah di-pilih-Nya. Ini orang yang taat akan Firman Tuhan dan berkenan pada Tu-han Rom 12:19. Ampuni dan berkati musuh Mat 5:44 biar Tuhan sendiri yang membalas. Ada musuh berarti kesempatan meningkat lagi 1 tingkat kalau lulus, karena tidak membalas, mengampuni dan memberkati seperti Kristus (Luk 23:34).

MAT 1:20-21. PENJELASAN MALAIKAT.

Dengan jelas malaikat menjelaskan, tetapi tidak bisa dimengerti olehakal, tetapi Yusuf mau percaya dan meneri-ma, tentu ia harus menyangkal diri.

Disuruh memberi nama Yesus, yaitu pelepas dosa, suatu nama yangtiada taranya, sebab hanya Tuhan Yesus yang bisa melepaskan dari dosa dan Neraka.

MAT 1:22. SUDAH DINUBUATKAN DALAM YES 7:14; 9:5,6; 11:1-2.

Ini dari Allah, sebab Allah tahu lebih dahulu dan sudah menentukan dan menubuatkannya. Iblis dan siapapun tidak bisa melakukan seperti Allah. Ini saat yang paling baik dan tepat. Allah itu Maha kuasa dan Maha tahu dan pasti semua jadi dengan tepat. Juga tentang Surga dan kedatanganNya, pasti semua akan jadi, bersedialah baik2 bahkan ekstra, akan ada keun-tungan dan kesukaan yang sangat besar dan mulia, pasti datang saatnya.

MAT 1:23. IMMANUEL.

Suatu nama yang berkemenangan, sebab kalau Allah beserta kita, tidak ada yang bisa mengalahkan Rom 8:31. Pernyataan ini di tengah2 pencobaan besar bagi Yusuf, Yusuf percaya dan menang atas daging, dunia dan iblis. Juga kita bisa mengalami perkara yang besar, sebab dengan penebusan Tuhan Yesus kita disucikan dan disertai Allah dalam segenap hidup kita, bisa hidup menang, bahkan lebih dari pemenang Rom 8:37, luar biasa.

MAT 1:24-25. YUSUF TAAT.

Sekalipun aneh, tidak masuk akal dan ajaib, Yusuf taat penuh, sebab ia se-orang yang juga berkenan pada Tuhan. Ia tetap menyangkal diri sampai kela-hiran Mesias. Allah juga sudah tahu lebih dahulu bahwa Yusuf akan taat, sebab itu ia dipilih dan ditetapkan Rom 8:29. Juga masing2 kita yang mau ambil keputusan dan taat, Allah tahu dan Ia mempunyai rencana pribadi yang indah bagi kita. Jangan menajiskan hidup ini, taat sungguh2, pasti untungnya jauh lebih besar daripada penderitaannya Rom 8:17-18.

Maria tinggal diam, Tuhan yang berperang gantinya, Tuhan yang meng-hadapi semua problemnya Kel 14:14. Begitu juga dalam menghadapi banyak problem, jangan pakai kekuatan sen-diri, tetapi menyerah dan taat menurut pimpinan Roh Allah. Orang yang ber-usaha sendiri bisa menjadi lelah, takut, bingung, marah, jatuh dalam dosa dan keluar (batal) dari rencana Allah. Sebab itu belajarlah menyerah dan taat di-pimpin Roh, itu akan membawa hasil yang terbaik dan terbesar. Problem yang sangat besar dan ruwet ini bisa diselesaikan dengan senyap, tanpa ber-kelahi dan Yusuf-Maria bisa saling men-cintai kembali dengan manis,sejahtera dan penuh keajaiban.

LUK 2:1-20. KELAHIRAN JURU SELAMAT.

LUK 2:1-3. TIDAK ADA YANG KEBETULAN.

Berpergian waktu hamil tua, suatu perjalanan yang tidak memungkinkan. Ini peristiwa besar dan merepotkan, baik waktu, tenaga, biaya dan bahaya. Tentu kalau bisa lebih baik tidak pergi, tetapi ini suatu keharusan. Tampaknya mereka tidak ber-sungut2 sekalipun sangat merepotkan dalam segala segi-nya, berjalan jauh waktu hamil tua. Kita harus belajar terus hidup dalam se-jahtera dan kesucian dan berharap pada Tuhan saja. Ternyata Allah dapat mengatur semuanya dengan ajaib dan tepat. Jangan ber-sungut2 atau ber-eaksi dosa menghadapi peristiwa2 yang memaksa kita harus melakukannya Mat 10:30. Tetaplah dalam sejahtera Allah dipimpin Roh, jangan sampai bereaksi salah dalam sikon apapun, sebab Tuhan tidak pernah gagal mengatur semua-nya, termasuk sikon kita, sampai dalam tingkat kaisar yang membuat “gara2” ini, Tuhan tetap bisa mengatur dan menguasai semuanya.

LUK 2:4-5. YUSUF-MARIA TAAT.

Ternyata mereka berasal dari Betlehem dan Juru selamat juga lahir di Betle-hem, cocok dengan nubuatan Allah ribuan tahun yang lalu! Mic 5:1, Mat 2:5-6, Yoh 7:42. Seringkali kita berpikir sampai ruwet, tetapi kalau kita mau dipimpin Roh, maka semua sudah diatur, bahkan ditentukan Allah menja-di kebaikan bagi orang2 yang cinta Tuhan Rom 8:28. Belajar mengerti ke-hendak Allah dan taat, maka segala se-ginya akan ikut serta dan diatur dalam rencana Allah yang indah untuk kita. Bersyukur saja dan terus taati pimpinan Roh sesuai dengan Firman Tuhan.

LUK 2:6-7. KELAHIRAN YANG PALING MELARAT.

Ternyata Maria saatnya melahirkan. Tidak disebutkan apakah mereka memanggil bidan, sebab Yusuf tidak punya pengalaman. Tetapi Juru sela-mat dunia lahir, luar biasa, sebab ada tangan Allah di atas mereka! Jangan kuatir, terus berharap pada Tuhan saja. Kelahiran ini:

  1. Dalam perjalanan, lebih sulit,
  2. Di kandang,
  3. Ditaruh di palungan,
  4. Dibungkus kain lampin,
  5. Perlengkapan sangat sederhana dan kotor, di kandang.

Seringkali  dalam keadaan yang pa-ling rendah, paling bawah, tetapi Allah menyertainya dan semua bisa berjalan dengan baik. Biasanya kita selalu ber-usaha sebaik mungkin, tetapi kalau toh terbatas, jangan berkecil hati sebab Tuhan yang akan memelihara dan menjaga semuanya. Jangan malas, te-tapi harus berpada sambil terus ber-harap Tuhan. Yusuf, istimewa Maria terus belajar berpada, sekalipun ini proyek kehendak Allah dan diberitakan oleh malaikat, tetapi begitu miskin dan melarat, dimana Allah yang Maha be-sar? Maria tidak kecewa atau menye-sal, tetapi terus bersyukur, sehingga tidak sampai berdosa dan tetap ber-kenan pada Tuhan. Orang2 yang rohani bisa berpada dan berharap pada Tuhan, tidak sampai jatuh dalam dosa.

LUK 2:8-20. GEMBALA2 DATANG.

LUK 2:8. GEMBALA2 DIPILIH ALLAH.

Tuhan tidak membedakan orang dan dapat memilih orang2dari segala lapis-an masyarakat (juga orang Majus dipilih).

Gembala2 yang sangat sederhana, tetapi berkenan pada Allah mendapat kesempatan yang besar dan mulia. Begitu mulia dan adil Allah kita, hidup-lah berkenan pada-Nya pasti hidup ini akan menjadi indah. Jangan berdosa, jangan menuruti tabiat lama, apalagi orang2 yang sudah banyak mengerti Luk 12:48 hendaklah hidupnya makin indah dan menyenangkan Tuhan.

Yusuf-Maria tidak tahu segala seluk beluknya; mereka hanya dipenuhi ke-jutan2 indah dari Allah. Mereka hanya menggenapi bagiannya, yaitu hidup berkenan pada Tuhan.

LUK 2:9-10. KABAR BAIK, TETAPI ORANGNYA SEDERHANA.

Luar biasa, kelahiran-Nya diberitakan banyak malaikat, sesuatu yang tiada taranya. Simson, Yohanes dll kelahiran-nya diberitakan malaikat, tetapi disini disertai perayaan yang Maha besar dan Maha agung (ayat 13). Gembala2 ini sangat terkejut, tetapi penuh sukacita, sebab ini kabar baik, kesukaan yang besar bagi segala bangsa. Keselamatan dan pahala kita di Surga itu luar biasa besarnya, tetapi Yusuf-Maria dan Pu-tranya sangat sederhana, namun mere-ka tidak kecewa. Jangan menuntut per-kara2 besar di hadapan manusia Yer 45:5, Rom 12:16, tetapi carilah per-kara2 besar di hadapan Allah. Semua orang (sekalipun orang kecil seperti gembala2) bisa mendapatkan perkara2 besar di dalam Kristus. Jangan takut meskipun sederhana, tetapi kalau membutuhkan hal2 yang besar, Tuhan bisa menyediakannya dengan baik2, tidak dengan ribut (misalnya kebutuh-an Yusuf dan Maria waktu ke luar negeri, pada saat yang tepat disediakan Tuhan. Orang yang menuntut perkara2 yang besar, biasanya jatuh dalam jerat cinta uang dan banyak jerat2 yang dah-syat, yang kadang2 mengambil nya-wanya juga seperti Yudas, Gehazi. Orang yang tidak bisa berpada itu akan mudah masuk jerat dan rusak hidup-nya, bahkan sampai kekal di Neraka. Carilah perkara2 yang besar di hadapan Tuhan, memperkenankan Tuhan.

LUK 2:11-12. YESUS JURU SELAMAT.

Juru selamat ini bisa mengubah se-gala2nya dari neraka sampai Surga, dari anak iblis sampai menjadi anak Allah, di dunia sampai Surga, luar biasa, penuh sukacita dan kemenangan. Tetapi riwa-yat hidup Juru selamat dan Yusuf-Maria itu penuh penderitaan. Orang yang di-pilih Allah itu orang yang bisa men-derita, bahkan sampai mati, tetapi ti-dak berdosa, tidak ber-sungut2, tidak melawan. Ini orang pilihan yang mau taat sampai mati seperti Kristus Fil 2:8. Banyak orang mau dipakai Tuhan de-ngan heran, tetapi tidak semua mau menderita dalam segala segi, sehingga gagal dan batal. Ini bukan berarti seng-sara itu menderita, tetapi justru suka-cita Mat 5:10-12. Luar biasa indahnya seperti Surga, sebab yang lebih penting adalah hidup dalam kesucian hasil penebusan Juru selamat kita. Jangan takut salib, itu justru hidup sentosa dan bahagia Mat 11:28-30.

LUK 2:13-14. DAMAI DIANTARA ORANG YANG DIPERKENAN-NYA.

Heran, malaikat2 tidak bisa menyanyi damai bagi semua orang, tetapi hanya diantara orang yang diperkenan-Nya. Perkara indah, besar dan mulia, ter-nyata tidak semua orang mau, masih ada yang tetap menuruti daging dan dusta iblis. Sebab itu belajar mengerti Firman Tuhan baik2 dengan hati yang sungguh2 mau percaya, supaya jangan bodoh dan ditipu iblis, tetapi kita men-dapatkan perkenan Allah dan kemu-liaan yang begitu besar dan mulia un-tuk kekal. Memang harus dengan salib, sebab orang yang setia dalam senang itu belum tentu bisa setia terus sampai ke akhir, tetapi yang mau dan bisasetia dalam sengsara itu sungguh2 setia, tetap tahan dan bisa setiasampai mati. Tuhan izinkan penderitaan salib itu untuk membuktikan niat yang betul dan untuk terus menumbuhkan sampai ke akhir, bahkan sampai sempurna. Belajar sungguh2 berkenan dan setia sampai mati Wah 2:10.

LUK 2:15-16. GEMBALA2 PERCAYA DAN PERGI KEPADA JURU SELAMAT.

Dengan sungguh2, tulus, dan sederha-na mereka pergi dan menemukan bah-wa berita malaikat itu benar. Allah tidak pernah berdusta, baik dalam dunia (sekalipun ada penderitaan dan pencobaan), lebih2 dalam kekekalan.

Bagi gembala2, berita ini adalah suatu mujizat, kemuliaan, tetapi juga  paradox. Tidak bisakah Allah yang mempunyai Surga dan bumi, Pencipta semesta, melahirkan Juru selamat dalam istana? Bisa, tetapi justru Juru selamat ini juga contoh dan jalan untuk orang yang paling kecil dan paling cela-ka, asal mau percaya, bisa selamat dan mulia untuk kekal. JUga contoh bagi orang yang sungguh2 setia dan taat sekalipun menderita sampai mati. Se-bab itu mereka mengalami ujian berat, tetap tetap lulus. Yg penting bukan me-wahnya, tetap sukacita, kepuasan dan sejahtera dengan Allah sampai kekal.

LUK 2:17-18. MUJIZAT BESAR UNTUK ORANG KECIL.

Ini mujizat besar yang diterimaorang kecil (gembala, suatu kedudukan yang dihinakan orang Mesir Kej 46:34), sebab itu semua orang bisa menerima-nya termasuk orang besar asal ber-kenan pada Tuhan. Orang yang tidak bisa lepas dari perkara2 besar dan me-wah dunaiwi, itu akan terjerat banyak dosa percintaan perkara2 yang fana, tetapi orang yang sungguh2 berkenan pada Tuhan itu bisa berpada dan tidak tergantung dari perkara2 besar dunia-wi, sehingga bisa tetap dalam kesucian, berkenan pada Tuhan dalam segala perkara, sehingga bisa dipakai Tuhan. Jangan terjerat oleh perkara2 yang fana ini, tetapi lekatlah dengan Tuhan.

LUK 2:19-20. PERKARA BARU DAN BESAR BAGI ORANG YANG DIPERKENAN.

Maria ke-heran2an akan berita dan pengalaman baru yang luar biasa. Tidak ada perantara yang bisa menolong, lebih2 mereka orang miskin, tidak bisa membayar, tetapi semua terjadi karena Tuhan yang adil memberikannya kepa-danya. Untuk memikirkan sampai bisa mengerti, tidak habis2nya Maria dan Yusuf me-mikir2kan hal besar yang ti-dak terduga. Maria melahirkan anak (dalam keadaan celaka ini) ternyata sangat mulia. Orang yang berkenan pa-da Tuhan akan puas, sukacita, tumbuh terus dalam banyak hal2 baru dari Tuhan, meskipun keadaannya, tampak-nya tidak memungkinkan.

LUK 2:21-24. BAYI YESUS DALAM KAABAH.

LUK 2:21. NAMANYA DISEBUT YESUS.

Sebagai turunan Daud, sesuai dengan hukum2 Wasiat Lama, Yusuf dan Maria harus mentaati peraturan Firman Tu-han; bayi Maria pada hari ke-8 harus dikhatankan dan diberi nama Yesus sesuai dengan pesan malaikat itu dan menurut hukum Taurat. Kalau Allah beserta, semua akan lancar dan jadi sesuai dengan rencana dan kehendak Allah. Jangan kuatir atau ragu2. Lagi2 Maria ke-heran2an sebab semua bisa berjalan sesuai kehendak Allah seperti yang diberitakan malaikat.

Kalau kita mau mentaati hukum2 Tuhan, jangan hanya mendengar atau tahu, baik yang kecil dan yang besar Yak 1:22-23, maka Tuhan akan me-nolong kita untuk bisa menggenapi se-mua janji2 Allah dan rencana Allah yang indah akan digenapkan dalam hidup kita. Orang yang taat itu bahagia Luk 1:28 dan segala perbuatannya beruntung juga Maz 1:3-4. Tidak sulit jadi orang beruntung dan punya nasib baik, sekalipun orang kecil! Taatlah akan Firman Tuhan lebih daripada naf-kah Ay 23:12. Seringkali orang ber-alasan karena nafkah, pekerjaan, sh-eingga boleh meninggalkan ibadah, Firman Tuhan, masa teduh, bahkan kesucian, itu orang yang celaka. Tetapi yang taat akan Firman Tuhan lebih dari nafkah akan diberkati Tuhan.

LUK 2:22. SESUDAH GENAP HARI PENYUCIANNYA, KE BAIT ALLAH.

Menurut Im 12, anak laki2 usia 40 hari, anak perempuan usia 80 hari harus disucikan dalam Kaabah, ini peraturan Taurat Wasiat Lama. Sebab itu pada hari ke-40, Yusuf dan Maria membawa-Nya ke bait Allah di Yerusalem (ini lambang kesempurnaan Allah). Begitu orang2 beriman harus mengalami bap-tisan Roh Kudus (sunat hati Rom 2:29 ~ Pintu Kemah) dan terus tumbuh sam-pai 40 hari, yaitu kematian daging ke-pada kesempurnaan ~ Tirai. Memang ini adalah rencana atau jadwal per-tumbuhan rohani yang diharapkan Tuhan dari percaya (lahir baru) sampai baptisan Roh Kduus, lalu terus hidup dipimpin Roh sampai mati dari segala kedagingannya dan menjadi sempurna. Ini untuk semua orang, yang mau akan sanggup dengan pertolongan Allah. Tumbuhlah, lebih2 di akhir zaman, yang tidak tumbuh akan hanyut dalam dosa yang meningkat Wah 22:11. Ini bukan nasib atau untung2an, tetapi tergantung dari kemauan kita dengan sungguh2 Luk 12:57, sebab Roh Kudus siap menolong sampai berhasil.

LUK 2:23. ANAK LAKI2.

Kita harus menjadi laki2 rohani, yaitu bisa dan mau berperang 1Kor 16:13, Bil 1:20,22 dll. Ini orang2 yang mau pikul salib, memerangi daging, dosa, dunia dan iblis, dengan Tuhan pasti menang. Setiap kali menang kita tumbuh 1 ting-kat, begitu seterusnya sampai menjadi sempurna, tembus Tirai. Jalan Tuhan adalah jalan salib dan berakhir di Gol-gota, setia sampai mati dan masuk dalam kesempurnaan rencana Allah (kecuali golongan akhir zaman akan ikut pengangkatan dan penyempur-naan).  Terus meningkat, makin indah, makin sukacita dan tumbuh dalam per-kara2 besar dari Tuhan dalam perlin-dungan dan kuasa Tuhan.

 

LUK 2:24. KORBAN ORANG MISKIN.

Biasanya dikorbankan 1 anak domba umur 1 tahun dan 1 anak merpati atau tekukur, tetapi kalau tidak mampu, bisa 2 anak merpati atau tekukur. Tuhan tidak mengukur kemampuan tetapi kemauan, asal mau, biarpun lemah, bisa terlaksana.

Yusuf, Maria dan bayi Yesus, meskipun mereka tidak mampu, tetapi mau, maka rencana Tuhan yang gilang gemilang itu jadi dalam hidup mereka. Jangan ragu2, sekalipun le-mah, asal sungguh2 mau, yaitu taat, maka rencana Allah akan jadi dalam hidupnya sampai sempurna. Ini yang terjadi dalam hidup Maria (dan Yusuf) yang mengasuh bayi Yesus, rencana Allah betul2 jadi dengan sempurna. Dari pihak Allah jumlah yang direnca-nakan Allah akan genap (seluruh dunia mendengar Injil Mat 24:14, juga yang selamat genap Rom 11:25, dan jumlah yang sempurna genap Wah 14:1). Allah tahu kemampuan dan kemauan ma-sing2, ambil keputusan dengan tegas Yus 24:15, ini kesempatan bagi setiap orang yang mau sungguh2 taat.

KESIMPULAN.

Ini kesempatan, ambil keputusan, siapa saja yang mau sekalipun tidak mampu dalam segala perkara, dengan perto-longan Roh Kudus dan Firman Tuhan akan sanggup mencapai yang tertinggi. Kita yang harus menentukan dengan percaya, cinta dan penuh pengharapan. Jangan setengah hati, tetapi tekun dan setia sampai mati.

Nyanyian:

Hidup ini adalah kesempatan.