M4066 – Lukas 1:39-56. Persekutuan Maria Dan Elizabet

LUK 1:39. MEMBUTUHKAN PERSEKUTUAN DALAM KRISTUS.

Segera sesudah lawatan malaikat itu, maka Maria langsung pergi untuk me-nemui Elizabet. Mengapa ia segera per-gi? Sebab malaikat itu memberitahu sa-tu hal ajaib tentang Elizabet dan Maria ingin bersekutu dengan Elizabet yang sama2 dilawat Tuhan dengan  heran. Orang yang sama2 dipimpin Roh dan cinta Tuhan akan senang bersekutu ber-sama2, sebab rohnya sama, apalagi malaikat Tuhan sudah menyebutkan-nya, sehingga timbul kerinduan, kebu-tuhan dan kesukaan untuk bersekutu di dalam Tuhan. Dan memang ini dibu-tuhkan, sehingga mereka bisa saling menguatkan dan tumbuh makin indah dan berkenan di hadapan Tuhan. Kita perlu bersekutu dalam Kristus, ini merupakan salah satu kebutuhan dasar orang2 suci, orang2 yang dipimpin Roh. Sebab dengan bersekutu dalam Roh kekuatan kita akan makin meningkat, saling melengkapi dan menyempurna-kan sehingga bisa tumbuh kepada ke-sempurnaan seperti persekutuan Trini-tas Yoh 17:23. Orang yang mengabai-kan persekutuan dalam Kristus, akan kehilangan, 1 bagian besar dari per-lengkapan dalam hidupnya. Tanpa per-sekutuan ini mungkin sekali Maria mengalami kegagalan2 dalam rencana Allah. Untung ia peka, taat dan mau bersekutu dengan Elizabet.

LUK 1:40-41. SALAM PERSEKUTUAN.

Waktu Elizabet mendengar salam Ma-ria, janinYohanes di dalam rahimnya melompat memberi sambutan dan Elizabet penuh dengan Roh Kudus. Kita juga punya salam persekutuan ini di dalam Roh. Bukan salam biasa, tetapi Roh Kudus yang bekerja dalam kedua pihak. Kita mengharapkan hal2 ini ma-kin nyata pada akhir zaman ini. Jangan ditambahi dgn cara2 dan usaha kita sendiri, tetapi biarlah Roh Kudus yg melekatkan kita dalam persekutuan Roh.

Jangan menerima roh yang berlain-an 2Kor 11:4, tetapi hendaklah ber-usaha dan bersekutu dalam Roh yang sama 2Kor 12:18. Luaskan terus perse-kutuan dalam Roh dan tubuh Kristus dengan saudara2 seiman lainnya.Roh Kudus sanggup memimpin dan me-ngerjakan persekutuan tubuh Kristus dalam Roh, sebab Dialah Allah yang Maha kuasa dan Penolong pribadi kita.

LUK 1:42-43. MARIA DAN PUTRANYA.

Kata2nya sama seperti malaikat, sebab memang Maria diberkati Tuhan. Ka-dang2 ada kata2 yang bertentangan, misalnya mengutuki, padahal orang itu diberkati Tuhan; itu adalah tanda jelas bahwa kata2 (nubuat) itu dari dirinya sendiri atau dari setan. Jangan takut mendengar kata2 yang terbalik. Misal-nya Musa diperkenan dan diberkati Tuhan, tetapi penghulu2 Israel me-ngata2i, bahkan mengutuki, itu jelas bukan dari Tuhan. Kita tidak perlu ta-kut, bahkan mengampuni, tetapi cerdik Mat 10:16 dan terus dipimpin Roh.  (Kadang2 kata2 dari musuh/ setan itu betul, tetapi Putra manusia Yesus atau Paulus menyuruhnya diam Mrk 1:24,25, Kis 16:17-18, sekalipun iblis ber-kata2 benar, jangan kerjasama de-ngan iblis, itu siasatnya. Kita harus me-ngenali pihak2 iblis). Dalam mengha-dapi kata2, nubuatan atau pengajar-an2 orang, kita perlu bisa membedakan dan terus dipimpin Roh, tidak cukup dengan kepintaran sendiri, sebab iblis lebih pintar dari orang pintar, tetapi Roh Kudus mengalahkannya 2Kor 6:14-18. Jangan bersekutu dengan yang salah Ef 5:11, 1Kor 5:9-11. Kita harus menggarami mereka, jangan diracuni, supaya terus tumbuh dalam rencana Allah yang betul.Waktu itu Putra ma-nusia Yesus sudah ada dalam kandung-an Maria, sejak malaikat itu datang di-suruh Allah. (Beda umur 6 bulan de-ngan Yohanes Pembaptis). Kata2 nu-buatan Elizabet (1Kor 14:3) adalah ber-kat bagi Maria dan Putranya. Dalam ilham Roh, Elizabet sudah tahu bahwa yang ada dalam rahim Maria adalah Tuhannya, Tuhan Allah yang menjadi manusia dalam rahim Maria. Jangan takut menghadapi hari2 yang sulit dan gelap di akhir zaman, sebab Roh Kudus tahu dan mana2 yang perlu sudah dinyatakan lebih dahulu pada kita, supaya kita bersedia Amos 3:7, lebih2 oleh nabi2nya (akan timbul nabi2 di akhir zaman, tetapi bukan buatan ma-nusia atau buatan sekolah manusia, te-tapi itu adalah jabatan dari Tuhan Ef 4:11).

LUK 1:44. YOHANES MELOMPAT SEBAB SALAM MARIA.

Ingat, baik Putra manusia Yesus dan Yo-hanes, keduanya itu jauh dari matang, tidak mungkin bisa berfungsi dengan betul, tetapi rohnya sudah ada dan Roh Kudus bekerja dalam rohnya. Meskipun tubuhnya belum matang sama sekali, tetapi ternyata janin Yohanes bisa melompat sukacita!

Roh Kudus bisa mengaktifkan roh-nya, tetapi pikirannya belum bisa me-ngerti. Waktu seorang mati, rohnya kembali pada Tuhan dan bisa bicara dengan Tuhan, tanpatubuhnya yang tertinggal dalam kubur. Sebab itu kita bisa memanfaatkan hubungan dengan Rohdengan ber-kata2 dalam bahasa lidah, Roh Kudus sendiri yang berkata kepada Allah dan kepada roh orang itu. (Kadang2 terhadap orang yang tidak sadar, kalau perlu, dalam pimpinan Roh Kudus, dengan bahasa Roh kita masih bisa bicara kepada roh orang itu dengan kata2 dari Roh Kudus. Pasti itu baik untuk keselamatan orang yang ti-dak sadar itu).

Hubungan Maria dan Elizabet menjadi indah, sukacita, banyak faedahnya, sebab adapekerjaan Roh Kudus di dalam keduanya.

LUK 1:45. MARIA BERBAHAGIA.

Maria percaya dan menerima kata2 Tuhan yang disampaikan oleh malaikat, ia bersukacita dan itu akan terlaksana. Betapa ajaib dan indahnya sebab hal2 yang ajaib dan luar biasa (supra natu-ral) akan terjadi Luk 11:28. Sebab itu percayalah akan Firman Tuhan, mes-kipun belum nampak dan belum ter-jadi, pasti Firman Tuhan akan jadi, tidak ada yg mustahil bagi Tuhan (ayat 37).

LUK 1:46-56. MARIA BERNUBUAT DARI TUHAN.

LUK 1:46-48. TUHAN ADIL, TIDAK MEMBEDAKAN ORANG.

Maria penuh syukur dan bersukacita memuliakan Tuhan yang baik dan adil. Tuhan mengenal orang2 yang takut akan Dia dan hidup berkenan kepada-Nya, pasti tidak rugi. Maria tahu ia sa-ngat rendah dan miskin, tidak berarti dalam masyarakat, tetapi Tuhan memi-lih dan mengangkatnya begitu tinggi dan mulia, sebab Allah adil dan baik. Ini sangat mengagumkan dan indah. Siapa saja yang mau sungguh2 hidup ber-kenan kepada Tuhan, pasti bisa dengan pertolongan Tuhan dan pasti indah di hadapan Tuhan.

Kesukaan dalam Roh Rom 14:17. Juga Putra manusia Yesus bersukacita dalam Roh Luk 10:21. Roh Kudus yang memberi sukacita, kadang2 tertawa su-kacita, tetapi ini bukan  hanya emo-sional, melainkan seluruh roh dan hi-dupnya bersukacitadi hadapan Tuhan. Mungkin juga Paulus, Silas dalam pen-jara, sebagai orang yang menderita (dipukul galah begitu dahsyat, lahir ba-tin menderita), masih bisa bersukacita, biasanya karena Roh Kudus yang mem-beri sukacita Kis 16:25. Jangan takut ber-macam2 keadaan yang makin me-nakutkan pada akhir zaman, sampai orang kena serangan jantung Luk 21:26, sebab Tuhan sudah memper-siapkan dan memperlengkapi kita lebih dari cukup.

LUK 1:49. HAL2 BESAR DARI TUHAN.

Tuhan yang membuat hal2 besar dalam Maria, bukan Maria sendiri. Banyak orang berusaha membuat perkara2 besar dari dirinya sendiri, tetapibanyak yang gagal; ada juga yang berhasil, sehingga banyak orang kagum dan ingin meniru tetapi seringkali harus menghalalkan segala cara, sebab ke-mampuan manusia itu terbatas. Justru orang yang ambisi dan ingin dibesarkan itu akan gagal, sebab kena peraturan Allah Mat 23:12 dan itu sangat pahit sperti Haman, Absalom, Korah dkk, orang2 Parisi dll. Orang yang mengerti itu tahu, justru hidup rendah hati yang berkenan kepada Tuhan, itulah kemu-liaan yang sesungguhnya. Kalau Tuhan yang membuat perkara2 yang besar bagi kita, Dia tidak pernah gagal, sebab Dia Maha tahu yang akan datang dan Maha kuasa, seperti yang dibuat Tuhan pada perawan yang kecil, rendah dan sederhana ini. Kerjakanlah semua da-lam nama Tuhan yang kudus Kol 3:17. Kalau cocok dengan Firman Tuhan dan bisa dilakukan di dalam nama Tuhan yang kudus, kerjakanlah! Orang tidak bisa mencuri atau menghalalkan segala cara dalam nama Tuhan, tetapi orang bisa menderita karena kebenaran, jadi berkat yang tulus, taat akan Firman Tuhan dengan betul dll, di dalam nama Tuhan Yesus dan itu yang berkenan pada Tuhan.

Kalau dengan tulus kita melakukan kehendak Tuhan, maka Tuhan sendiri yang akan melakukan perkara besar bagi kita dan ada garansi atau jamin-annya selama kita tetap hidup berke-nan dan dipimpin Roh.

LUK 1:50. KEMURAHANNYA BAGI YANG TAKUT AKAN DIA.

Takut bukan akan hukumannya, tetapi takut jangan sampai tidak berkenan ke-pada-Nya, sebab itu berusaha menye-nangkan-Nya. Allah itu adil Rom 11:22, kemurahan dan kekerasan, masing2 ada syarat2nya. Orang yang jatuh da-lam dosa dan tidak mau bertobat, terus keras hati, maka kekerasan dari Allah berlaku atasnya seperti Absalom, Yu-das, Saul dll. Ada yang akhirnya bertobat seperti Salomo dan Simson, tetapi sudah banyak hal2 yang indah habis lebih dahulu, rugi!

Tetapi bagi yang terus dantetap hidup benar, berkenan, akan terus mendapat kemurahan-Nya, bahkan makin ber-tambah2 dalam kemurahan Allah. Jadi indah di hadapan Tuhan itu tidak sulit, sebab sudah ada peratur-an2nya dan Allah adil, semua itu tidak berubah bagi siapapun Rom 2:11. Maria bersukacita mendapatkan pe-ngertian pengalaman dan keindahan ini. Dan Allah tidak berubah turun te-murun, bahkan sampai kekal.

LUK 1:51. KEKUATAN DARI ALLAH.

Contoh lain lagi terhadap bangsa budak (yaitu Israel di Mesir) yang ditekan dan tidak berdaya, sebab harap Tuhan dan pegang janji Allah pada Abraham, maka lengan Tuhan yang kuat dinyatakan pada bangsa budak ini Ul 5:15 (4:34; 7:19; 11:2). Tuhan tidak membedakan orang, sekalipun lemah, kecil, tidak ter-kenal, tetapi berkenan pada Tuhan, maka lengan Tuhan yang kuat akan bekerja membelanya. Jangan takut sekalipun lemah dan tidak berdaya. Orang sombong dan jemawa dengan kemampuannya yang besar dicerai-beraikan oleh Tuhan. Sebab itu hidup-lah benar, rendah hati, cocok dengan kehendak Tuhan. Jangan pusing atau gentar dengan macam2 show of force orang2 jahat; lengan Tuhan yang kuat yang akan menghadapinya, asal kita cocok se-gala2nya dengan Tuhan, tan-pa dosa dan terus taat dipimpin Roh sampai dalam sifat tabiat yang seperti Kristus dalam kasih-Nya. (Kalau ada yang salah, segera perbaiki, se-bisa2nya tetap benar).

Di-mana2 banyak umat Tuhan yang kecil dan lemah, tidak berdaya, sebab tidak membalas dan tidak mengan-dalkan kekuatannya sendiri. Tetapi ja-ngan bodoh sebab tidak mengerti dan tidak memakai lengan Tuhan yang sa-ngat kuat Maz 98:1. Bahkan lengan orang fasik yang kuat yang menggang-gunya akan dipatahkan Maz 37:17. Ja-ngan bingung, tetapi hiduplah berke-nan pada Tuhan sesuai Firman-Nya. Belajar banyak Firman Tuhan dalam pengurapan Roh Kudus dengan hati yang tulus, Tuhan akan sanggup me-nyatakan lengan-Nya yang kuat bagi kita seperti pada Maria.

LUK 1:52. NAIK TURUN ITU DARI TUHAN.

1Sam 2:6-8 (1-10) sama seperti Maria, disini Hanna yang penuh dengan Roh Kudus bernubuat hal2 besar untuk orang kecil yang takut dan tidak ber-daya, bagaimana Tuhan menjadi ke-kuatan dan kemenangannya.

Naik turun dalam dunia, apalagi dalam ladang Tuhan itu tetap diten-tukan Tuhan. Jangan ambisi, berebut kedudukan dalam pekerjaan Tuhan maupun dalam hidup se-hari2, sia2. Macam2 kuasa, kekuatan dan situasi yg dahsyat dipamerkan, tetapi jangan ter-pengaruh oleh kuasa dan kejemawa-anmanusia ini, tetapi tetap di pihak Allah dan terus taat pada pimpinan-Nya. Lebih2 sejarah menggelar orang2 besar yg menang, tetapi orang beriman kalau mau taat dipimpin Roh akan te-tap dapat perlakuan yg adil dari Tuhan! Sebab itu belajar hidup berkenan di hadapan Tuhan seperti Maria, Tuhan akan menyatakan hadirat-Nya.

LUK 1:53. ORANG LAPAR DAN ORANG KAYA.

Tentu tidak semua orang lapar yang dikenyangkan Allah dengan hal2 yang baik, tetapi orang yang menderita kare-na kebenaran. Mengapa seringkali Tu-han membiarkan umat-Nya mende-rita, bukankah Tuhan bisa mencegah? Ya! Tetapi tujuan kita bukan hidup di dunia ini, tetapi di Surga yang kekal. Dunia ini adalah tempat pengolahan. Kalau kita menderita di dunia, ini, itu untuk mengolah kita supaya tetap taat dan setia sekalipun menderita dan itu membentuk dan menumbuhkan hidup kita makin seperti Kristus. Setia waktu tidak enak itu lebih matang daripada hanya setia waktu enak saja, sebab itu tetaplah setia dan berkenan pada Tu-han dalam keadaan yang jelek bagai-manapun, itu pengolahan, sesudah lu-lus, pertolongan yang heran dari Tuhan akan datang dan kita meningkat dalam kemuliaan Allah.

Orang kaya diusirnya dengan ham-pa. Tentu ini orang kaya yang jahat, tetapi yang baik, berkenan pada Tuhan akan tetap dipelihara Tuhan. Ukuran pertolongan dan berkat Tuhan untuk di dunia, apalagi di Surga kekal, adalah Firman Tuhan Yoh 12:48. Cintailah Firman Tuhan Yoh 14:21,23.

LUK 1:54. KARENA KEMURAHANNYA.

Kemurahan Tuhan itu besar, tetapi itu bukan berarti bisa mempermainkan Allah dengan tidak bertobat Rom 2:4. Kemurahan Tuhan ituberarti, bahwa yang mula2 tidak layak, tetapi sebab maubertobat, mau berubah, masih diberi kemurahan, yaitu kesempatan ataupertolongan lagi, seperti Yunus,  Simson, anak terhilang, Niniwe, penja-hat yang di salib dll, mereka ini se-belum mati mau bertobat, masih dapat kemurahan Tuhan, tetapi kemurahan itu tentunya diukur sesuai kasusnya masing2. Simson dapat kemurahan, te-tapi matanya tetap buta dan kemudian mati; anak terhilang warisannya sudah hilang, di-sia2kan tidak dapat kembali; penjahat itu tetap mati, tetapi selamat dst. Paling baik jangan berdosa, taat dan terus berkenan pada Tuhan, maka kemurahan Tuhan baginya akan men-jadi setinggi langit Maz 57:11; 103:11; 108:5.

LUK 1:55. PERJANJIAN-NYA BAGI ABRAHAM.

Tuhan tahu lebih dahulu, bahwa ada turunan Abraham jasmani atau rohani yang akan menerima kemurahan yang besar. Tetapi turunannya yang menya-lagunakan janji Abraham lalu hidup melawan Allah, tetap celaka. Masing2 kita menentukan nasib kita sendiri2. Jangan harap nasib baik dengan mela-wan Firman Tuhan, itu mencobai Allah Mat 4:7. Sudah tahu jahat, melawan Allah, tetapi dilakukan dengan harap menjadi baik, itu dengan sengaja mem-permainkan dan mencobai Allah. Te-tapi kalau bertobat lalu memperke-nankan Allah, Tuhan masih mempunyai sisa2kemurahan baginya. Seperti Israel yang melawan Allah, satu kali masih ada keturunannya yang sungguh2 ber-tobat dan itu limpah dengan kemu-rahan Allah.

LUK 1:56. MARIA BERSEKUTU 3 BULAN DENGAN ELIZABET.

Hidup Putra manusia Yesus sebagai contoh dan jalan bagi semua orang beriman, harus melewati hidup yang paling rendah, tetapi tetap tidak be-reaksi dosa Ibr 4:15 untuk kita semua, dan Maria-Yusuf ikut serta dalam jalur itu. Tetapi Maria dan Elizabet sudah saling dikuatkan dalam pimpinan Roh Kudus dalam 3 bulan ini. Mengapa 3 bulan? Itu waktunya Yohanes akan lahir dan Maria sendiri juga harus pulang. 6 bulan kemudian ia ikut sensus di Betle-hem dan melahirkan Putranya dalam palungan di kandang. Ada banyak ke-pahitan dan penderitaan tetapi Maria dan Yusuf tahan bahkan melihat begitu banyak kemuliaan Allah dalam segala penderitaannya, sebab sudah dikuat-kan dalam persekutuan dgn Elizabet.

KESIMPULAN.

* Banyak penderitaan karena kebe-naran itu menumbuhkan Maria dalam kemuliaan yang kekal Rom 8:17-18. Justru jalan salib itu sangat efektif un-tuk pengolahan kemuliaan yang kekal.

* Tuhan bisa memakai perempuan kecil dan tidak berdaya untuk proyek yang termasuk terbesar, yaitu melahirkan dan mengasuh Juru selamat dunia selama 30 tahun! Tidak ada piala atau penghargaan, tetapi sangat indah dan mulia untuk kekal!

* Roh Kudus bekerja dengan limpah, baik dalam Maria atau Elizabet dan rencana Allah genap, bukan dengan memakai seorang raja, profesor atau tokoh besar, melainkan dengan orang kecil yang tidak berarti, tetapi roha-ninya sangat besar di hadapan Allah.

* Sebab itu belajarlah menjadi besar di hadapan Tuhan, tidak tergantung dari ukuran luar atau ukurandunia yang fana! Lebih2 untuk proyek penyempur-naan Gereja, masuklah dalam rencana Allah yang indah dan kekal.

Nyanyian: Yes 64:8.

Buatlah jalanMu dalam saya,

Tuhan Penjunan, ku tanah liat.