M4063 – Lukas 1:26-38. Maria, Orang Kecil Dan Miskin, Tetapi Ditinggikan Allah Sangat

MARIA DARI TURUNAN DAUD.

Nama Maria berarti pemberontakan menurut bahasa aslinya, tetapi pribadi dan hidup Maria sama sekali tidak nampak ada pemberontakan. Nama sudah terlanjur diberikan.

Maria adalah anak Heli, suku Ye-huda, turunan Daud Luk 3:23 (silsilah dari Lukas). Juga Yusuf adalah anak Yacob suku Yehuda dan turunan Daud Mat 1:16-17 (silsilah di Matius).

Jadi Putra manusia Yesus adalah turunan Daud, sesuai dengan janji Allah 2Taw 21:7, Rom 1:3. Allah sanggup menggenapinya, bahkan Ia tahu lebih dahulu, bahwa janji-Nya pasti akan digenapi. Yesus anak Daud ini ditulis di mana2.

BERKENAN PADA TUHAN.

Yusuf dan Maria sangat miskin, itu tampak dari:

  1. Baju bayi (popok) pun mereka tidak mampu membeli atau menyediakan-nya, padahal ini anak pertama (Luk 2:12).
  2. Tidak mampu mencari tempat kela-hiran yang pantas, sehingga lahir dalam palungan di kandang.
  3. Korban persembahannya adalah go-longan yang paling miskin Luk 2:24. Tetapi mereka tidak punya problem hutang dan ketidak jujuran.

Selain itu ada lagi tanda lain bahwa Maria adalah seorang yang indah, meskipun ia miskin dan suaminya tidak bisa memberi apa2, tetapi Maria menjadi istri yang baik dari Yusuf, cinta dan taat kepadanya. Juga sesudah ditinggikan, ia tetap cinta dan tunduk pada suaminya yang miskin sekali. Kalau suami kecil dan miskin, lalu istrinya menghina dan melirik pada laki2 lain, itu roh persundalan dan ia cacat, tanda bahwa perempuan atau istri itu jelek, hatinya penuh dengan dosa, mungkin juga perbuatannya.

Allah itu adil, tidak membedakan orang. Meskipun Maria seorang kecil dan miskin, tidak ada namanya, tetapi Allah yang tahu tepat dan lengkap dari setiap orang, Ia tahu dan memilih, mengangkat dan memberi anugerah-Nya yang besar pada Maria. Sebab itu Maria terpilih diantara semua orang perempuan, bahkan ia didapati ber-kenan pada Tuhan untuk melahirkan Juru selamat dunia yang sudah lama di-tunggu2.

Memang Maria adalah orang yang sangat indah dan berkenan pada Tu-han, tetapi kita tidak boleh berlebihan dalam memuji dan mengangkatnya, apalagi mengkultuskan.  Itu adalah ba-gian Allah yang adil untuk mening-gikan dan memberi pahala pada waktu-nya. Kita tidak tahu semua dengan tepat, lengkap dan betul. Sebab itu kita tidak boleh mengkultuskan atau me-nyembah manusia seperti Herodes yang dihukum Allah sebab Herodes mau disembah sebagai Allah Kis 12:23.

III. MARIA BUKAN GADIS SEUMUR HIDUP.

Lebih kurang tahun 5 SM, Maria tinggal di Nazaret dan bertunangan dengan Yusuf dan pada waktu itu terjadi la-watan malaikat Luk 1:26. Sampai pada kelahiran Putra manusia Yesus, Maria hidup sebagai gadis.

Apakah Maria itu gadis terus sepanjang umur hidupnya?

Orang2 yang memuliakan, lebih2 yang berdoa kepadanya lebih suka mengkultuskan dan mengatakan bah-wa ia adalah gadis terus seumur hi-dupnya, itu tidak benar, sebab ber-tentangan dengan Firman Tuhan, yaitu Mat 1:25: Yusuf tidak menjamah Maria sampai Putra manusia Yesus lahir, baru ia menjamah Maria dan melahirkan banyak anak yang disebut dalam Alkitab, yaitu 4 laki2 dan beberapa perempuan Mat 13:55, Mrk 6:3. Tidak ada larangan Maria dan Yusuf menikah, bahkan Tuhan menyuruh Yusuf me-nikah dengan Maria Mat 1:20; Yusuf adalah suami Maria Mat 1:16, tetapi Yusuf belum menjamahnya sampai Putra manusia Yesus lahir. Jadi sama sekali tidak benar bahwa Maria adalah gadis untuk selamanya, hanya sampai melahirkan Putra manusia Yesus, sebab memang Putra manusia Yesus lahir bukan menurut kehendak daging dan darah atau kehendak seorang laki2 Yoh 1:13. Sebab itu kita tidak boleh me-ngatakan bahwa Maria adalah gadis seumur hidup, sebab Firman Tuhan tidak mengatakannya. Tetapi Putra manusia Yesus, sekalipun sebagai seorang Putra Manusia laki2, Ia tidak menikah dan tidak punya anak.

MARIA BUKAN PERANTARA DAN TIDAK BOLEH DISEMBAH ATAU BERDOA KEPADANYA.

Maria bukan perantara bagi manusia kepada Tuhan, sebab ada orang2 yang  berdoa dan menyembah pada Maria, itu salah dan melawan Firman Tuhan, sebab Firman Tuhan berkata hanya ada 1 perantara dan 1 jalan antara manusia dan Allah, yaitu Tuhan Yesus Kristus saja 1Tim 2:5, Yoh 14:6. Sebab itu orang yang memberhalakan Maria dan berdoa kepadanya, itu melawan Firman Tuhan. Sama saja kita memberhalakan Musa atau Yohanes Pembaptis, itu melawan Firman, salah dan tidak berkenan kepada Tuhan dan pasti ada akibatnya. Yang berdoa syafaat untuk kita adalah Roh Kudus Rom 8:26-27. Sebab itu jangan mengubah posisi Maria dan jangan mengkultuskan, se-bab maria adalah orang biasa, tetapi sebab taat dan menyerah, Tuhan memakainya dengan luar biasa. Tetapi orang yang berdoa kepadanya itu melawan Firman Tuhan.

LUK 1:26-38. MARIA DIPILIH UNTUK MELAHIRKAN JURU SELAMAT.

Luk 1:26. Malaikat Gabriel diutus Tuhan.

Hal ini tidak pernah terjadi kebetulan, tetapi yang dilakukan Allah itu betul2 matang dan sempurna. Sekalipun Ma-ria kecil dan miskin, tetapi suci dan ber-kenan kepada Tuhan, sehingga menarik hati Allah kepadanya dan Maria dipilih Allah pada waktu yang tepat. Jangan kuatir menunggu Tuhan. Dia tahu siapa2 yang berkenan dan Ia menunggu waktu yang paling tepat, sebab semua orang2nya perlu diolah cukup seperti Yusuf, Daud, Musa dll. Belajarlah hidup sungguh2 berkenan dan 2dipersiapkan Tuhan, itu tidak sia2 Kol 1:10.

Luk 1:27

Seorang perawan yang bertunangan

Maria hidup dalam kesucian sejak kecil. Sekalipun miskin dan kecil, tidak ada orang peduli, tetapi ia sangat peduli akan kesucian dan perkenan Allah, se-hingga sangat indah di hadapan Tuhan. Kesucian bujang dan nikah sekalipun “hanya begitu2 saja”, se-olah2 beda antara berzina dan tidak, itu hampir2 tidak terasa, tetapi pada Allah itu sangat besar, sekalipun dalam Wasiat Lama; itu berdosa kepada tubuhnya sendiri 1Kor 6:18, najis tubuh 2Kor 7:1.

Dosa orang yang sudah berzina, dan itu sejarah, tidak bisa hilang, kecuali ber-tobatlah sungguh2, sehingga dosanya dihapus dan jangan berbuat dosa lagi Yoh 8:11. Pasti bertobat itu lebih baik, tetapi paling baik seperti Maria, jangan berzina, pelihara kesucian, sekalipun kesucian dalam dunia itu hampir2 tidak ada harganya seperti di Sodom dan Lot membuangnya begitu mudah Kej 19:8. Tetapi di hadapan Tuhan itu sangat mulia dan berharga dan perawan Maria sangat dihargai, juga semua yang lain.

Luk 1:28. Maria sangat diperkenan oleh Tuhan, KJI.

Maria sangat indah di hadapan Allah diantara para perempuan.Begitu mulia, tetapi ia tidak jadi sombong, juga tetap menghormati dan menghargai suami-nya yang sama2 miskin dan kecil, tidak mencari orang yang besar sebagai ganti suaminya yang kecil ini, itu pikiran yang sangat najis dan keji bagi orang yang sangat rohani. Orang yang rohani yang takut Tuhan itu setia dalam susah atau senang, juga mereka wajib mendidik anak2nya.

Luk 1:29. Maria terkejut.

Memang orang yang takut akan Tuhan dan hidup berkenan kepada-Nya, ada saat2nya ia akanterkejut, sebab datang hal2 yang indah dari Tuhan bagi orang yang setia dan berkenan pada Tuhan. Yusuf, Daniel, Daud dll terkejut dengan penuh syukur, tetapi saudara2 Yusuf terkejut ketakutan waktu melihat Yusuf pertama kali, untung Yusuf tidak membalas. Juga Maria terkejut penuh terima kasih dan terharu. Orang yang berkenan pada Tuhan, pasti ada wak-tunya menerima penuaian yang patut, meskipun orangnya kecil, miskin, tidak punya kedudukan dll. Tuhan tidak pernah terlambat, bahkan waktu ini Maria masih sangat muda.

Luk 1:30. Perkara2 baru dari Tuhan.

Jangan takut, sebab memang ini per-kara2 baru yang indah. Kalau seorang berkenan pada Tuhan dan tumbuh, pasti ia maju terus dan masuk dalam stasiun2 baru yang indah Yer 29:11, 1Kor 2:9. Banyak orang cari hal2 baru dengan tour, cari2 di sini-sana, cari uang, pengalaman2 dan macam2 cara lainnya. Carilah pengalaman baru dari Tuhan, yaitu hidup biasa, tetapi ter-utama hidup berkenan pada Tuhan, maka pasti pada waktunya akan datang stasiun2 kecil besar, pengalaman2 baru dengan Kristus yang indah2, di dalam hidup dengan Kristus.

Itu akan berlanjut sampai Surga kekal.

Luk 1:31. Menjadi ibu Juru selamat dunia.

Ini perkara yang sangat besar, sampai terus menerus Maria me-mikir2 dalam hatinya tidak habis2, misalnya Luk 1:19,23 dan banyak  lainnya lagi. Ini se-perti orang biasa menerima roket untuk ke bulan, tidak bisa dimengerti, tetapi ini sudah jadi, Maria tidak me-ngerti, tetapi ia percaya dan taat akan Allah yang terlalu amat besar!

Orang yang tulus dan berkenan pada Tuhan, Roh Allah ada di dalamnya dan ia akan bisa mencerna semuanya ini pada waktunya, asal tetap di dalam Tuhan, sehingga perkara yang ajaib ini makin besar, makin mulia, makin indah dan ia tetap percaya dan menyerah kepada Tuhan.

Luk 1:32. Putra yang maha tinggi dan tahta Daud.

Belum selesai ditambah lagi hal2 yang fantastis dan terlalu tinggi, betul2 tidak layak. Inilah orang2 yang mau sungguh berkenan pada Allah, bukan cari muka, bukan cari puji dan hormat manusia, sebab itu semua sia2 Rom 2:29. Allah akan memberi pahala dan kemuliaan itu terlalu amat tinggi, tidak sepadan Rom 8:17-18. Mau cari perkara baru, selama di dunia, dari Tuhan itu yang betul dan terjamin dan berlanjut sam-pai kekal, luar biasa. Kalau mau diku-pas, Putra Allah yang Maha tinggi dan tahta Daud, tidak akan habis2nya, be-gitu indah & ajaib. Sebab itu hiduplah seperti Maria, “sangat berkenan pada Tuhan”.

Luk 1:33. Memerintah Yacob dan kerajaannya tidak akan berakhir.

Bagaimana hebatnya Allah, memberi-nya seorang Putra dari yang Maha Be-sar, bukan main. Kalau bisa melahirkan putra raja saja sudah luar biasa, apalagi dari yang Maha Besar. Betul2 perkara besar yang tidak akan habis dinikmati sampai kapanpun.

Mana ada kejuaraan atau kerajaan yg tidak berakhir, sedangkan hidup saja berakhir. Ini hal2 baru dan indah dari Tuhan yg bisa dinikmati tanpa akhir di dunia sampai dalam Surga kekal! Ja-ngan ragu2 untuk hidup berkenan pada Tuhan. Sebab itu jangan hidup menurut daging atau dosa, tetapi sungguh2 per-kenankan Tuhan, pasti untung sangat besar, tidak mungkin rugi.

Luk 1:34. Akal manusia tidak bisa mengerti.

Maria bertanya dengan tulus, tetapi akalnya tebatas, tidak bisa menggapai kata2 dari Tuhan atau apa saja dari Tuhan. Pikiran kita harus diganti dgn pi-kiran Kristus Rom 2:16, sebab pikiran manusiawi tidak bisa mengerti, bahkan bertentangan. Sebab itu limpahlah dengan Firman Tuhan, doa dan 7 KPR.

Maria sudah bertunangan dengan Yusuf, tetapi ia belum hidup bersama, belum mengenalnya seperti peraturan yang ada. Jangan mengecilkan per-aturan2 yang ada, lebih2 dari Firman Tuhan, sekalipun tidak ada malaikat yang tampak! Andaikata Maria sudah berhubungan dengan Yusuf padahal belum boleh, maka semua perkara yang indah itu batal, tidak jadi, betapa sayang dan celakanya! Jangan hidup menurut daging, tetapi tetap di atas mezbah, menyangkal diri, pikul salib, ini jalan yang betul, jalan sempit di dalam Tuhan, maka akan ada banyak stasiun2 yang indah, disini.

Luk 1:35. Cara ilahi, Trinitas bekerja

di dalam Maria.

Kalau kita mengalami pekerjaan Trini-tas, itu yang paling top, yaitu:

  1. Cinta Firman Tuhan dan tekun de-ngan limpah, ini Putra Allah.
  2. Selalu penuh dan dipimpin Roh, se-hingga hidupnya suci dan selalu me-lakukan kehendak Allah.
  3. Taat dalam rencana ajaib dari Allah dalam hidup kita, menurut pimpinan dan jadwal Allah, ini yang terbaik 1Kor 12:4-6. Kalau kita mengalami seperti ini, ini akan terus tumbuh dan akan ada hal2 baru yang indah dari Tuhan dan kekal, maka jiwa kita akan puas dan terpelihara dalam segala segi hidup, sangat indah, bisa2 tumbuh sampai kesempurnaan rencana Allah. Begitu yang dialami oleh Maria, luar biasa. Roh Kudus akan datang ke atasnya dan melakukan karya-Nya yang amat indah dan mulia, suatu pekerjaan yang top, indah dan mulia. Kuasa dari Yang Maha tinggi, Allah Bapa akan menaungimu, luar biasa, sedikitpun iblis atau lain2 tidak berdaya mendekat atau meng-ganggu sama sekali. Tidak ada yang berani dan bisa menjamah pekerjaan Allah sehingga terjadi kehamilan yang mulia dan luar biasa ini.

Lalu yang akan dilahirkan itu adalah yang kudus yang disebut Putra Allah. Betul2 penuh dengan kemuliaan Allah. Maria mengalami kepenuhan kemulia-an Allah. Ada beberapa orang menurut kamus Alkitab (Unger’s) menyatakan dogma asumsi tentang  Maria bahwa pada akhir hidupnya, ia diangkat ke Surga. Dalam Alkitab tidak dituliskan hal ini. Tetapi melihat pekerjaan Tri-nitas dalam Maria (seperti Wah 12:1) masih ada kemungkinan bahwa pada akhirnya ia menjadi sempurna seperti Henokh dll, tetapi tetap tidak boleh dikultuskan, tidak boleh dijadikan pe-rantara dan tidak boleh berdoa kepa-danya, hanya kepada Bapa lewat Tuhan Yesus Yoh 14:6 dan Roh Kudus yg ber-doa syafaat Rom 8:26-27. Kalau se-orang mau hidup berkenan pada Tu-han, lebih2 dalam Roh, pasti Roh Kudus menolongnya dan orang yg sungguh2 mau ada harapan bisa melakukannya, sekalipun ia seorang sederhana, kecil & miskin, itu tidak mempengaruhi Allah yg adil.

Luk 1:36. Perlu persekutuan, meskipun indah.

Sekalipun sudah beroleh anugerah yg sangat indah, kita masih perlu ber-se-kutu dalam Kristus, dalam Roh dgn orang2 yg lebih tinggi atau lebih rendah dari kita. Dengan rendah hati kita perlu bersekutu seperti Kristus membutuh-kan doa dan pertolongan murid2 yg le-bih rendah dari Dia un-tuk mendoa-kanNya Mat 26:40. Orang yang me-ninggikan dirinya akan memecah belah persekutuan dalam tubuh Kristus.

Ternyata Zakaria, Elizabet juga ada-lah orang2 yang indah di hadapan Tu-han. Orang2 seperti ini mudah ber-sekutu dalam Roh, dalam Kristus, se-hingga ber-sama2 makin ditumbuhkan, makin disempurnakan. 3 bulan Maria diterima dengan sukacita oleh Elisabet dan mereka bisa saling menguatkan, sehingga sama2 menjadi makin indah di hadapan Tuhan. Elizabet yang man-dul sangat bersukacita mendapat anak dan banyak hal2 indah terjadi berhu-bungan dengan kelahiran anaknya. Tu-han mempertemukan dengan sengaja, kadang2 dgn tidak sengaja, tetapi se-mua ini perlu persekutuan, kita saling membutuhkan di dalam Kristus. Kalau bisa bersekutu dgn betul, kita akan disempurnakan oleh persekutuan itu Yoh 17:21,23.

Luk 1:37

Tiada yang mustahil bagi Allah

Bagi kita ada banyak perkara mustahil, tetapi kalau kita mau taat dipimpin Roh, maka janji2 Tuhan yg mustahil itu menjadi “ya” di dalam Kristus 2Kor 1:20. Begitu indah di dalam Kristus, di-pimpin Roh, sehingga rencana Allah yg terindah jadi untuk masing2 kita. Sebab itu jangan mengecilkan ketaatan akan FT. Kalau hanya mendengar Firman Tu-han, tidak mau taat itu rugi & jadi rugi besar yang kekal Mt 7:21-23.

Luk 1:38. Akhirnya lulus dalam penyerahan dan ketaatan

Maria mengakui dirinya hamba, budak milik Allah dan jadilah kehendak-Nya dalam dirinya, seperti Kristus Mat 26:39, Pil 1:21. Orang yang indah2 itu sudah mahir pikul salib mematikan daging Yes 53:3. Tidak ada bantahan sama sekali, sebab itu Maria lulus dan malaikat kembali pada Allah dengan hasil lulus. Sangat indah. Kalau sudah tahu bahwa itu kehendak Tuhan, yakin, jangan ditawar lagi, tetapi taati, seperti Abraham Kej 22:1-3. Kita mengerti baik dari membaca Firman Tuhan sendiri atau diterangkan orang, atau dengan sesuatu cara yang lain, kalau sudah mengerti dengan yakin itu dari Tuhan, segera taati sesuai perintah2-Nya. Yang lulus akan jadi makin indah dan mulia (ini lain dengan doa syafaat bagi orang lain Kej 18:24).

KESIMPULAN.

Ini bagian pertama dari hidup Maria yang masih muda, begitu indah, lagi seorang perempuan muda. Betapa untung orang yang dari permulaan ber-kenan pada Tuhan, Tuhan akan sang-gup melakukan rencana-Nya yang top dan terindah. Tidak pernah ada se-orang yg betul2 benar apalagi indah di hadapan Allah yg terlupakan, sekalipun ia orang yang paling kecil dan rendah. Jangan tertipu oleh dusta dan fakta2 yang diajarkan dengan tipu dayanya oleh setan, tetapi percayalah dan ber-kenanlah pada Tuhan, pasti indah.

Nyanyian:

MenyenangkanMu, senangkanMu