M4062 – Tanda-Tanda Orang Yang Berjalan Dengan Tuhan

ARTINYA.Tuhan bekerjasama dan meneguhkan hamba2-Nya dengan tanda2.

Dalam Ibr 2:4 Allah menjadi saksi bagi umat-Nya yang melakukan ke-hendak-Nya, dengan menyatakan tan-da2, mujizat2, ber-bagai2 kuasa dan karunia2 Roh Kudus menurut kehen-dak-Nya sendiri. Hal ini penting untuk masing2 kita dan menjadi kesaksian bagi orang lain di sekitarnya. Allah itu hidup, berkuasa danmenggenapkan janji2-Nya dalam kita dengan segala macam tanda2 seperti yang dikatakan ini. Kita memerlukan hal ini, sebab itu kita harus tahu syarat2nya dan tahu bagaimana bentuk tanda2 penyertaan Tuhan, sekaligus sebagai tanda bahwa kita sudah berjalan dengan betul di ril rencana Allah, sehingga rohani kita bertumbuh terus, dan kita juga terus bertumbuh dalam rencana Allah dan akhirnya banyak yang sampai di puncak yang indah.

SYARAT2 BERJALAN DENGAN TUHAN.

Syarat2nya adalah: Tinggal dalam Kris-tus seperti Yoh 15:5. Ini berarti hidup suci dipimpin Roh dan memang setiap orang beriman, putra2 Allah itu se-harusnya hidup demikian Rom 8:14, sehingga nyata ada tanda2 yang me-nyertainya dan tumbuh dalam rencana Allah yang indah.

Inilah hidup baru dan benar, lepas dari hidup lama dalam dosa. Ini syarat minimum bagiorang beriman untuk bisa terus berjalan dengan Tuhan.

  1. Jangan ada dosa, apalagi ikatan2 do-sa dalam segi apapun. Misalnya benci, zina (pornografi), sombong, sakit hati, tiada ampun, ambisi bertuhankan perut, duniawi dll. Juga jangan bereaksi dosa, sehingga tidak berdosa lagi, tetapi tetap hidup dalam kesucian, mati lepas dari dosa Rom 6:1-2, 2Pet 1:10. Kita harus memelihara diri 1Yoh 5:18. Patokan praktis adalah MAK DSY (di Mana saja, dalam hal Apa saja, Kapan saja, Dulu, Sekarang dan Yang akan datang). Tentu kita harus selalu menyangkal diri, yaitu pikul salib mematikan daging, sehingga menang atas daging, dosa, dunia dan iblis. Juga kita harus hidup baru seperti Kristus. Ini syarat minimum. Simson tetap hidup dalam dosa, tetapi ternyata Tuhan masih menyertai dengan tanda2 yang heran, mengapa? Ini adalah kemurahan Tuhan bagi Simson, tetapi terbatas. Waktu ia tetap berzina de-ngan Delila sampai 4 kali, maka Roh Kudus terpaksa meninggalkannya dan Simson menjadi orang biasa, ia di-tangkap dan dibinasakan dengan dah-syat. Jangan mempermainkan kemu-rahan Allah, akibatnya dahsyat Rom 2:4.
  2. Melakukan kehendak Allah Mat 7:21 sebab hidup benar saja tidak cukup. Kakak dari putra yang ter-hilang itu sudah hidup benar dan melakukan tugasnya, tetapi ia tidak mau melakukan kehendak bapaknya untuk menerima adiknya yang ber-tobat, ini salah! Luk 15:28-30.

Lakukan kehendak Allah dalam segenap segi hidup kita, bukan menu-rut kehendak kita sendiri! Memang ini juga tergantung dari pengertian kita akan Firman Tuhan, sehingga kita tahu kehendak Tuhan Ef 5:17, Mrk 12:24. Kalau seorang tidak mengerti kehendak Tuhan baginya, itu orang yang bodoh dan ia tidak akan bisa melakukan kehendak Tuhan, apalagi kalau iblis menipu dan membujuknya, sehingga ia tidak melakukan kehendak Tuhan, tetapi kehendaknya sendiri atau lebih parah lagi kehendak daging atau ke-hendak iblis yang dianggapnya kehen-daknya sendiri. Kalau kita hidup benar dan terus melakukan kehendak Tuhan, Dia akan selalu ada dengan kita 1Pet 3:12, Rom 8:31.

III. TANDA2 ORANG YANG BERJALAN DENGAN TUHAN.

  1. Suara Roh. Setiap orang beriman yang lekat dengan Tuhan seperti Yoh 15:5, terus berjalan dengan Tuhan, maka ia akan bisa mendengar suara Roh Mrk 4:23. Kalau kita lekat dengan Tuhan, akan ada hubungan baik de-ngan Tuhan, makahati kita tidak menyalahkan kita 1Yoh 3:21, dan biasanya kita bisa sering mendengar suara Tuhan. Sebab itu, segera ada waktu, berdoa terus-menerus tanpa stop 1Tes 5:17, lebih2 dengan bahasa lidah (ini doa dalam Roh 1Kor 14:14). Kalau kita berdoa denganlimpah dalam Roh 1Kor 14:18 (ini akan memudahkan kita hidup penuh dan dipimpin Roh) Yoh 4:23.

Saul tidak hidup benar, sebab itu sama sekali tidak ada suara Tuhan kepadanya lagi 1Sam 28:6. Sebaliknya sekalipun Samuel masih kecil, tetapi sebab tulus dan sungguh2, Tuhan bicara kepadanya bahkan limpah 1Sam 3 dst. Jadi kalau tidak ada suara Tuhan itu berarti sudah tidak berjalan dengan Tuhan lagi.

  1. Dipimpin sejahtera dan sukacita Roh Pil 4:4,7, Rom 14:17.

Ini adalah tanda disertai Tuhan yang mudah dan sedap, sebab kalau ada sejahtera dan segala waktu bisa bersukacita dalam Tuhan, itu tanda rohani yang sehat dan disertai Tuhan. Jangan hanya harap mujizat2 besar terjadi dalam hidup kita, tetapi setiap saat, setiap hari tidak ada sejahtera dan sukacita Roh, ini tidak berjalan dengan Tuhan. Sejahtera adalah tanda yang penting dan besar dalam hidup kita, yaitu kalau kita terus berjalan dalam rilnya Tuhan, maka hidup ini akan tumbuh, dan dalam rencana Allah akan ada stasiun2 yang makin indah dan besar terjadi dalam hidup kita. Dengan Allah kita akan melakukan hal2 besar menurut ukuran AllahMaz 60:14, istimewa besar di hadapan Tuhan (misalnya bisa terus hidup suci, bisa memenangkan jiwa, bisa menjadi berkat pada orang2 di sekitar kita, bisa berpada, dalam segala hal dll, ini perkara2 besar di hadapan Allah, bukan hanya kalau dapat uang banyak, pangkat naik, menjadi juara dalam dunia dll perkara besar menurut ukuran dunia. Perhatikan, perkara2 besar menurut Allah (kekal) dan dunia (fana) seringkali tidak sama, misalnya Salib itu hina bagi dunia, tetapi mulia bagi Allah. Kalau perlu Tuhan juga bisa memberi perkara2 besar dalam dunia. Misalnya: Yusuf menjadi besar dalam istana Firaun, tetapi ia tetap besar di hadapan Allah, yaitu suci, rendah hati, mengampuni, taat pada pimpinan Tuhan dst.Kadang2 orang besar dan sempurna di hadapan Allah seperti Henokh, tetapi tidak populer seperti Musa! Jadi, kalau berjalan dengan Allah dengan betul, pasti ada sejahtera. Kalau hati tidak sejahtera, kita harus segera periksa diri, apa sebabnya? Berdoalah, kalau dengan sungguh2 kita bertanya (artinya kalau ada salah mau segera memperbaiki, bukan seperti Saul yang tidak mau taat 1Sam 28:6), maka Roh Kudus pasti akan menya-takannya. (Kadang2 karena tubuh ku-rang sehat, karena sakit, misalnya gangguan pada jantung, atau minum obat tidur, penenang dll bisa terasa tidak enak atau gelisah. Tetapi kalau kita berdoa lagi dan hati kita tidak menyalahkan kita 1Yoh 5:21, kita bisa membedakannya dan akan ada sejah-tera Allah).  Bisa juga karena takut, sebab imannya kecil atau undur dari Tuhan. Kalau hati kosong, susah, ge-lisah, kecewa dsb, itu berarti ada sesuatu tidak berkenan pada Tuhan, termasuk reaksi2 dosa. Semua harus dibersihkan.

Sejahtera dan sukacita Tuhan itu bisa diillustrasikan seperti bunyi kereta api lewat di sambungan ril, sehingga sepanjang perjalanan ada bunyi: dek..dek… terus menerus. Kalau kita terus hidup dalam rilnya Tuhan, itu indah, terus ada sejahtera Allah dan akan mengalami rencana Tuhan yang makin lama makin mulia.

  1. Hidup berkemenangan. Rom 8:37. Setiap kali ada godaan, pencobaan, problem, tidak sampai jatuh dalam dosa, tidak bereaksi dosa, tetapi tetap hidup suci dan bisa mengatasinya dengan baik dalam pimpinan Roh. Bisa hidup suci dan menang dalam setiap pencobaan, problem itu tanda disertai Tuhan. Ini hidup yang indah.
  2. Bisa menikmati 7 KPR sebagai kebu-tuhan rohani, seperti kita butuh ma-kan, minum, tidur, mandi, bergerak dll Yoh 15:5. Bukan dipaksa atau dengan ber-sungut2, ini tanda rohani sehat, sedang berjalan dengan Tuhan.
  3. Ada pengurapan Roh Kudus Mat 25:2-4, baik dalam pelayanan maupun di luar pelayanan dalam hidup se-hari2 dan pekerjaan sekuler, tetap ada sejahtera, sukacita, suara Roh, bisa terus berhubungan dengan Tuhan, tidak takut atau kuatir. (ingat ligabo hanya ada minyak dan menyala kalau melayani, di luar, tidak ada minyak = pengurapan). Biasanya kalau ada pengurapan kita bisa punya jawaban dari Roh Kudus Mat 10:19 atau pim-pinan untuk bersikap, berkata, ber-tindak menghadapi orang atau pe-ristiwa2 yang sulit.

Kita juga bisa menjalin hubungan baik dengan orang dekat (dalam per-nikahan, keluarga, dalam kelompok kecil, dan orang2 di Gereja), maupun dengan orang luar, kita bisa menyam-but mereka dengan kasih Rom 15:7, 1Pet 4:8,9 bisa menjadi berkat dengan tulus karena Kristus Kis 20:35, bisa menggarami mereka, bukannya dira-cuni sehingga bereaksi dosa atau ketularan keinginan2 dosa atau sikap perbuatan dosa.

  1. Tanda2 yang nyata dalam tubuh kita, yaitu bisa hidup sehat, terpelihara dan sembuh dari penyakit2, ini mudah tampak sebagai mujizat. Ini dijanjikan banyak ayat2 dalam Firman Tuhan seperti 1Pet 2:24, 1Yoh 2, Mat 10:1, Mrk 16:17-18, Kel 15:26. Kalau belum sembuh, selidiki, tanya Tuhan, pegang Firman Tuhan dan berdoa terus dan berdoa lagi sampai sembuh. Kadang2 kesembuhan itu menyusul seperti 10 orang kusta baru sembuh waktu mereka berjalan pulang Luk 17:14, sesudah mencuci matanya di Siloam Yoh 9:7. Jangan putus asa, ini janji Tuhan, percaya dan jadilah seperti imanmu. Bahkan perempuan yang me-leleh darah itu mencabut sendiri kesembuhannya dari Tuhan Yesus dengan iman Mat 9:20-21, Mat 14:36 atau hanya dengan potongan2 kain bekas tubuh Paulus dan orang itu sembuh Kis 19:12.
  2. Dicukupi Tuhan dalam nafkah, pekerjaan, sekolah dll Mat 6:33, baik dalam ukuran biasa atau limpah, ter-gantung dari kemampuan masing2 Ams 30:8. Pertolongan Tuhan belum tentu langsung jadi besar (menurut ukuran dunia). Tuhan beri yang terbaik, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan-nya “menanggung uang”. 8. Lepas dari bahaya, jalan buntu terbuka, dll Maz 91:7. Kalau seorang berjalan dengan Tuhan, pasti ada pertolongan dari Tuhan sesuai dengan kebutuhan, iman dan rencana Tuhan.
  3. Dan lain-lain.

CATATAN:

Orang benar tidak selalu jalan dengan mujizat, tetapi selalu dengan Tuhan. Kalau jalan dengan Tuhan, waktu perlu ada mujizat Tuhan akan membe-rikannya, bahkan Petrus minta berjalan di atas air dan Tuhan memberinya Mat 14:28. Semua tanda2 ini akan muncul kalau seorang berjalan dengan Tuhan.

Jangan menilai tanda2 berjalan dengan Tuhan hanya dariperkara2 besar yang bisa masuk koran.  Kalau perlu, Tuhan bisa dan akan memberinya. Dia sanggup, tetapi semua tanda2 berjalan dengan Tuhan itu bisa jadi, bahkan kita membutuhkannya terus menerus setiap hari seumur hidup kita, lebih2 kesucian, sejahtera, sukacita, urapan, iman yang bertumbuh dll. Kalau ini ada, maka kita bisa setia sampai mati dan terus tumbuh dalam rencana Allah yang besar, meskipun mungkin tidak besar bagi dunia dan tidak masuk koran! Pengalaman Simeon dalam hi-dupnya sampai bertemu Juru selamat, Hanna dll, itu tidak berarti bagi umum, tetapi itu perkara besar di hadapan Allah. Juga Daud yang duduk me-re-nung2kan Firman Tuhan seperti dalam Maz 1:1-3 itu perkara yang amat besar dan mulia di hadapan Allah, tetapi tidak berarti bagi dunia. Kalau kita rendah hati, suci, setia dan cinta istri kita, di rumah rukun, bisa berdoa, beribadah dengan sukacita dll itu hal2 kecil bagi dunia, apalagi kalau tidak kaya, tidak ada gunanya masuk koran, tetapi indah di hadapan Allah. Justru ini tanda2 penting berjalan dengan Tuhan. Jangan hanya mencari mujizat, tetapi mencari Tuhan. Dapat mujizat belum tentu berkenan kepada Tuhan, tetapi kalau dapat Tuhan, berkenan pada Tuhan, Tuhan juga akan memberi mujiat, misalnya:

Israel mengalami mujizat luar biasa di Mesir (tidak kena 10 bala) lewat laut Kolsom, Firaun dan tentaranya mati (dan banyak lainnya), itu perkara yang sangat besar sampai seluruh Kanaan tahu dan gemetar, bahkan sampai 40 tahun kemudian di Yeriko, mereka masih gemetar karena perkara yang besar ini, tetapi Israel tidak diper-kenan Allah, Musa berjalan dengan Tuhan, tetapi Israel melawan Allah. Mujizat yang dilakukan Allah pada saatnya itu indah, tetapi tanda orang yang berjalan dengan Allah, bukan hanya dari mujizat2 besar, tetapi bisa hidup dalam kesucian, ada sejahtera, ada pengurapan seperti ligabis dst. Jangan seperti orang Israel yang sangat banyak mujizatnya, tetapi melawan Allah. Ini yang harus kita perhatikan.

Percayalah dan harapkan pertolongan Allah. Bagi Allah tidak ada batas, Dia Mahakuasa dan tidak ada yang mus-tahil bagiNya Luk 1:37, Ay 42:2. Sebab itu pertolongan Allah itu bisa melebihi segala batas, sebab tidak ada yang mustahil bagi-Nya.

Kita boleh mengharapkan perkara yang ajaib dan mujizat dari Tuhan sesuai dengan janji Tuhan, percayalah, akan jadi sesuai dengan iman kita Mat 8:13, tidak ada yang mustahil bagi Allah Luk 1:37, Ay 42:2. Tetapi jangan kece-wa kalau Tuhan memakai cara lain untuk menolong kita, sesuai dengan kehendak-Nya Ibr 2:4. Kadang2 tidak ada mujizat besar, namun Petrus, Paulus yang di penjara dan kalah, tidak berdaya, tidak menyesal, mereka tetap berharap akan Tuhan dan hidup de-ngan sejahtera, bahkan bisa menyanyi Kis 16:25; 12:17. Biarlah semua tanda2 ini mengikuti kita senantiasa sesuai dengan kehendak dan rencana Allah Mrk 16:20.

Tetapi jangan menuntut perkara2 besar Yer 45:5, Maz 131:1, Rom 12:16, Bil 16:28, tetapi carilah pimpinan Roh Kudus, itu yang paling tepat, kita harus mengerti dan taat, maka Tuhan akan bekerja tanpa batas sesuai dengan kehendak dan rencana-Nya.

Seringkali kita tidak tahu bagaimana Tuhan menolong kita. Bahkan Elisa yang membangkitkan 2 orang, ia sendiri sakit dan mati 2Raj 13:14. Sebab itu rencana Allah baginya. Paulus dan Silas sampai dipukuli dan dipasung, siap untuk mati. Mereka tidak tahu dan tidak menuntut Tuhan untuk mela-kukan mujizat besar. Apa yang ke-mudian Tuhan lakukan untuk Paulus, Petrus itu ajaib, tetapisama sekali tidak bisa mereka mengerti, cara2nya tidak diketahui sebelumnya, tidak sesuai dengan pikiran mereka, tetapi akhirnya pertolongan Tuhan yang ajaib tetap datang. Cara Tuhan menolong Morde-khai dan umat Tuhan (dalam kitab Ester) tidak masuk akal dan tanpa mujizat, hanya peristiwa demi peris-tiwa yang biasa, tetapi mereka tertolong dengan ajaib. Sebab itu kalau belum ada mujizat, jangan berkecil hati, tetap hidup suci dengan sejahtera dalam jalan salib. Sekalipun kita harus menderita karena Tuhan (asal hidup suci dan sejahtera, dipimpin Roh, jangan takut!). Terus ikuti pimpinan Roh Kudus.

SIKAP ORANG YANG BERJALAN DENGAN ALLAH.

Jangan sikap dan cara hidup kita ter-gantung dari mujizat dan pertolongan Tuhan menurut rencana dan kehendak kita sendiri! Berjalanlah dengan Tuhan dan terus mencari dan menurut pim-pinan-Nya.Percayalah tidak ada yang kebetulan Mat 10:30, tidak melebihi kekuatan kita 1Kor 10:13 dan Tuhan pasti beserta dan melindungi kita sesuai dengan kehendak dan rencana-Nya Rom 8:31. Kebanyakan pimpinan Tuhan itu hanya untuk sepenggal jalan di depan kita dan selanjutnya terus menunggu pimpinan Roh berikutnya dan kita harus terus taat dipimpin Roh dengan iman Rom 1:17. Kita harus tetap hidup dalam kesucian, terus ber-jalan dengan sejahtera  menurut pim-pinan Roh. Seringkali Putra manusia Yesus juga tidak tahu apa yang harus dilakukannya, misalnya dalam Yoh 8:6, sehingga Ia menulis di tanah tanpa bisa menjawab apa2, sambil berdoa sampai Bapanya memberi jawaban pada-Nya, baru ia menyampaikan kata2 Bapa-Nya itu.

Yusuf lebih kurang 17 tahun dianiaya menjadi hamba, difitnah masuk penjara, jauh dari orangtua dan keluarga, bisa menderita batin, tidak ada mujizat terjadi, meskipun demikian selama 17 tahun ia tetap setia dan taat, sebab selalu berjalan dengan Tuhan seperti Nuh, baru akhirnya ada hal2 indah dalam rencana Allah.

Juga karunia2 Roh yang diberikan Roh Kudus pada kita, itu bukan menu-rut kehendak kita, tetapi menurut kehendak Roh sendiri 1Kor 12:11. Bagian kita adalah hidup benar dan berjalan dengan Tuhan, melakukan kehendak-Nya, hidup untuk Kristus. Bagian Tuhan adalah menyertai kita dengan cara2-Nya sendiri, dengan hikmat, kuasa atau mujizat atau jalan biasa, semua menurut kehendak Allah saja. Kita hidup dengan iman akan Tuhan Rom 1:17, 2Kor 5:7. Tuhan pasti tidak meninggalkan orang2 yang ber-jalan dengan Dia. Kadang2 doa kita seperti tidak dijawab, apalagi kalau kita berdoa dengan salah, menurut kehendak kita sendiri Yak 4:3.

Putra manusia sebagai manusia minta lepas dari cawan sengsara, tetapi Bapa tidak setuju, namunIa menyerah dan tetaptaat dengan segenap hati sampai mati Mat 26:39. Jangan mendikte Allah, bukan kehendak kita, tetapi biarlah kehendak Tuhan yang jadi, itu rencana Allah yang terindah.

Allah punya rencana sendiri dan itu yang terbaik. Misalnya dalam Hujan-awal, rasul2 dan banyak orang beriman taat sampai mati syahid. Tetapi dalam Hujan-akhir lain lagi rencana Allah, orang yang taat akan dipelihara sampai tidak mati, ikut pengangkatan dan ini jadi bagian orang beriman sebelum pengangkatan, bahkan sebelumnya sudah diketahui oleh Tuhan siapa saja yang akan ikut pengangkatan dan mereka semua pasti terpelihara sehingga bisa ikut pengangkatan.

KESIMPULAN.

Orang biasa, tetapi berjalan dengan Tuhan, dipimpin Roh itu menjadi luar biasa, lebih dari normal, supra natural Maz 60:14, tetapi belum tentu besar menurut ukuran dunia. Misalnya kelahiran Juru selamat dunia, kecil bagi manusia ditaruh dalam kandang.

Tuhan itu kasih, pasti yang terbaik diberikan bagi orang yang cinta Tuhan sesuai dengan kemampuan dan ke-taatan masing2, sangat indah. Jangan kuatir. Tumbuhlah terus dalam rencana Allah yang indah dengan berjalan dengan Tuhan, maka tanda2 akan mengikuti orang yang berjalan dengan Tuhan Mrk 16:20.

Nyanyian:

Jalan serta Yesus, setiap langkah.

Ku akan merasa cintaNya Allah.